MATA KULIAH FONETIK 2021 KELAS D PERTEMUAN PERTAMA

 

FONETIK PERTEMUAN PERTAMA: KONTRAK BELAJAR

 

Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdullillah kita bersyukur kepada Allah swt. yang telah memberikan kesempatan dan kenikmatan sampai hari ini. Mudah-mudahan dalam situai pandemi ini semua dalam kondisi baik, tetap semangat, dan berfokus diri belajar terus-menerus.

 

KONTRAK KULIAH

MATA KULIAH: FONETIK               

SEMESTER: II

SKS: 2            

MATA KULIAH WAJIB

PENGAMPU: Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

email Agus.B.Wahyudi@ums.ac.id

 

 

KEHADIRAN/MENGIKUTI KULIAH

a. Keaktivan dalam mengikuti PBM, yang dilaksanakan melalui aplikasi WA, blogspot.com, email. fb, dan instagram.

b. Keaktivan sesuai dengan kelas –walaupun kadangkala ada yang mengikuti materi secara keseluruhan.

c. Jumlah kehadiran 75% dari jumlah perkuliahan –perhatikan tabel pertemuan 1 s.d. 16.

d. Tugas dikerjakan dengan baik. Tugas mencantumkan nama lengkap dan alamat email yang resmi dari UMS.

e. Saat berkomunikasi secara tertulis menggunakan bahasa baku.

 

Buku Referensi

Buku wajib Fonetik.

Kordinasikan secara klasikal dan boleh memfotokopi di Koperasi FKIP UMS. Buku sebagai bacaan pengayaan bisa, yang lain yang disebutkan dalam daftar pustaka buku tersebut.

 

Catatan: Apabila ada perubahan, maka diinformasikan dalam pelaksanaan PBM.

 

 

Pelaksanaan perkuliahan secara online

1

WA –bis  grup/ bisa individual, instagram,dan  fb. Sesuai sifat umpan balik.

Instagram Agus Budi wahyudi

2

Blogspot –keaktivan Anda, komentar tugas (cadangan dikirim ke email)

untuk pembacaan materi, keaktivan caranya, Jagadabdjad@blogspot.com

3

e-mail,  Agus.B.Wahyudi@ums.ac.id

4

schoology (khusus untuk UTS dan UAS)

 

 

Nilai diperoleh dari komponen

 

1.  Ujian UTS tulis. Materi ujian sampai materi pertemuan tengah semester. 30%

2.  Ujian UAS tulis. Materi seluruh materi dalam buku wajib. 35%

3. Tugas 25%

4. Keaktivan 10%

 

Unsur lain yang teridentifikasi ada penilaian

1. Kerajinan kuliah, termasuk umpan balik saat kuis (ada dua kali kuis).

2. Kerajinan dalam mengerjakan umpan balik..

3. Ujian UTS tulis dan UAS.

 

MATERI

 

 

                                                                     I.            Pengertian Fonetik

 

 

 

                                                              II.            Objek Kajian Fonetik

 

 

 

                                                                       III.            Hakikat Bunyi

 

 

 

                 IV.            Bunyi Bahasa, dan Cara Mengkaji Bunyi Bahasa

 

 

 

                                                          V.            Manfaat Belajar Fonetik

 

 

 

                                                                        VI.            Jenis Fonetik

 

 

 

                                           VII.            Proses Produksi Bunyi Bahasa

 

 

 

                                                          VIII.            Alat Ucap Manusia

 

 

 

                                                    IX.            Fungsi Alat Ucap Manusia

 

 

 

                                          X.            Bunyi Segmental Bhasa Indonesia

 

 

 

                             XI.            Bunyi Suprasegmental Bahasa Indonesia

 

 

 

 XII.            Deskripsi Bunyi Segmental (Vokoid dan Diftong) Bahasa Indonesia

 

 

 

 XIII.            Deskripsi Bunyi Segmental (Kontoid) Bahasa Indonesia

 

 

 

             XIV.            Konsep Transkripsi, Translate, dan Transliterasi

 

 

 

                                XV.            Transkripsi Fonetis Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 


 

 

Buku Sumber

1.           Chaer, Abdul.1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

2.           Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

3.           Lubis, A. Hamid Hasan. 1991. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

4.           Marsono. 1986. Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada Unversity Press.

5.           Pateda, Mansoer. 1990. Linguistik (Sebuah Pengantar). Bandung: Angkasa.

6.           Samsuri. 1983. Analisis Bahasa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

7.           Verhaar, J.W.M. 1983. Pengantar Linguistik. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada UP.

8.           Verhaar, J.W.M. et al. 2000. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada UP.

9.            Wahyudi, Agus Budi. 2013. Fonetik. Surakarta: Bukutujju

 

Silakan Anda mempersiapkan dengan baik sehingga PBM yang diikuti mendatangkan penguasaan fonetik secara optimal.

 

 

Wassalamualaikum wr. wb.

 

 

Pengampu,

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.

 

 

 

Gambaran umum perkuliahan fonetik

 

Fonetik

Ilmu yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa

 

Istilah yang dipakai bunyi bahasa/bunyi

yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

Phonetics

 

Materi kuliah

1 s.d 8

>>>>> 

1

2

3

4

5

6

7

8  UTS mahasiswa yang ujian dihitung hadir dalam presensi

>>>>> 

9

10

11

12

13

14

15

16 UAS mahasiswa dihitung hadir dalam presensi

Materi kuliah

9 s.d. 15

 

 

 

 

Posisi bidang fonetik dalam linguistik.

Fonetik jelas menjadi cabang linguistik yang dipelajar dalam bidang kebahasaan.

 

 

Perhatikan posisi fonetik sebagai cabang linguisti (ilmu bahasa).

Fonetik itu bersama fonemik dipelajari dalam bidang fonologi.

 

 

 

 

 

Fonologi è

Fonetik dan Fonemik

 

 

 

 

 

 

Sintaksis

 

Salah satu cabang linguistik yang mempelajari  bunyi bahasa (fonetik)  dan fonem bahasa (fonemik)

 

 

Linguistik (linguistics) = Ilmu bahasa

 

 

 

Nama mata kuliah

Fonetik (Phonetics)

 

 

Morfologi

 

 

 

 

 

 

 

Semantik

PROSES MENGIKUTI KULIAH FONETIK

 

Pertemuan Pertama Kontrak Kuliah

Pedoman mengikuti kuliah pertama

Langkah pertama: Siapkan diri Anda dengan sebuah kalimat yang mengandung komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonetik.

Langkah kedua: Bacalah kontrak kuliah yang tertulis di http://Jagadabjad.blogspot.com

Langkah ketiga: Bacalah secara cermat setiap point yang terdapat dalam kontrak kuliah.

Langkah keempat: Tulislah komitmen Anda di bagian komentar yang ada di blogspot.

Langkah kelimat: Persiapkanlah diri Anda mengikuti pertemuan kedua minggu depan. Persiapan yang dilakukan yaitu membaca buku Fonetik bab 1 dan bab 2.

 

Catatan: Hendaknya setiap mahasiswa melaksanakan dengan tertib.

 

Pengampu,

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.


 

JADWAL KULIAH

 

Senin

Ruang

Jam

KodeMk

Nama Matakuliah

Pengampu

Kelas

Kode Akses

CHALL3-2

1-2

IND10832

Fonetik

Agus Budi Wahyudi, Drs. M.Hum

C

https://jagadabdjad.blogspot.com/

CHALL3-2

3-4

IND10832

Fonetik

Agus Budi Wahyudi, Drs. M.Hum

D

https://jagadabdjad.blogspot.com/

C0206

13-16

IND80234

SKRIPSI

Agus Budi Wahyudi, Drs. M.Hum

G

Selasa

Ruang

Jam

KodeMk

Nama Matakuliah

Pengampu

Kelas

Kode Akses

CHALL3-2

1-2

IND10832

Fonetik

Agus Budi Wahyudi, Drs. M.Hum

A

https://jagadabdjad.blogspot.com/

CHALL3-2

3-4

IND10832

Fonetik

Agus Budi Wahyudi, Drs. M.Hum

B

https://jagadabdjad.blogspot.com/

 

 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya berkomitmen untuk mengikuti kelas Fonetik dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Fadhilah Rohayati
      NIM: A310200152
      Saya berkomitmen untuk mengikuti kelas Fonetik dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Identitas belum ada!
      Nama: ....
      NIM: ...
      Komitmen: tidak boleh sama dengan teman!

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Saya Endah Setiyowati NIM A310200036, berkomitmen untuk mengikuti kelas Fonetik dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  7. Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik, dan mengerjakan tugas yang diberikan dosen pembimbing dengan baik dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  8. Fani Devikasari
    A310200004
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti kelas Fonetik dan mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  9. Muhamad Arif Purwantoro
    NIM : A31020030

    Saya siap berkomitmen mengikut mata kuliah Fonetik dan siap melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dengan baik.

    BalasHapus
  10. Nama: Rohadatul Aisy Agung Fauziah
    NIM: A310200001

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik, dan akan melaksanakan tugas yang diberikan dengan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Ari Diah Nur Ayuni
    A310200041
    Saya siap berkomitmen untuk meningikuti kelas fonetik dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab

    BalasHapus

  13. Nama: Fitri Nur Hayati
    NIM. : A310200034
    Kelas : A
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik, dan melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik dan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  14. Nama : Rida Nuraini Hasanah
    NIM : A310180001
    Saya siap berkomitmen dan melaksanakan tugas mata kuliah Fonetik dengan baik.

    BalasHapus
  15. NAMA : MUHAMMAD IBADIL GHOFFAR
    NIM : A310200047
    KELAS : A
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dan mengerjakan tugas semaksimal mungkin

    BalasHapus
  16. Nama: Lala Kartika Sandra
    NIM:A310170017
    Saya berkomitmen untuk belajar dengan lebih baik dan rajin selayaknya tugas seorang mahasiswa, agar dapat memahami materi Fonetik dengan maksimal.

    BalasHapus
  17. Nama : Kurniati Ayu Ningsih
    NIM : A310200044
    Saya siap berkomitmen dan melaksanakan tugas mata kuliah Fonetik dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  18. Nama : Cahyaning Ridho Tulaini
    NIM : A310200038
    Siap berkomitmen untuk mengikuti dan melaksanakan tugas mata kuliah Fonetik dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  19. Nama: Hafida Rochani
    NIM: A310200053
    Kelas: B
    Saya siap berkomitmen mengikuti mata kuliah Fonetik dan mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik.

    BalasHapus
  20. Nama : Aulia Nisatul Arifah
    Nim : A310200024
    Saya Siap berkomitmenuntuk mengikuti kelas fonetik dan melaksanakan tugas-tugas yang di berikan dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  21. Nama: agung adifin
    Nim : A310200006
    Kelas : A
    Saya siap berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dan mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Nama : Nafi'atur Rizqiyah
    NIM : A310200104
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti dan melaksanakan tugas mata kuliah Fonetik dengan baik dan bertanggungjawab.

    BalasHapus
  24. Pramudya Ashya Novika Utami (A310200115)

    Saya siap berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan bersungguh-sungguh.

    BalasHapus
  25. Nama : Larasati Indah Pratiwi
    NIM : A310200150

    Saya siap untuk mengikuti perkuliahan fonetik dengan jujur dan baik.

    BalasHapus
  26. Pak Agus dalam kesempatan ini menjadi dosen pengampu.
    Perhatikan kata 'tugas' yang Anda gunakan.
    Kata yang kita pilih adalah umpan balik.
    Umpan balik yang lengkap dan paling bagus, maka nilai yang dicapai bisa maksimal.

    BalasHapus
  27. Nama : Nindya Dwi Puspita
    NIM : A310200125

    Saya berkomitmen untuk bertanggung jawab selama mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonetik dan mengerjakan segala tugas demi mencapai tujuan pembelajaran sebaik mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Revisi : Saya berkomitmen untuk bertanggung jawab selama mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonetik dan mencapai tujuan pembelajaran sebaik mungkin dengan adanya umpan balik.

      Hapus
  28. Nama Risma Aistisya
    N I M A310200101
    Saya siap berkomentar untuk mengikuti dan melaksanakan tugas mata kuliah fonetik dengan baik dan bertanggung jawab

    BalasHapus
  29. Nama : ERNAWATI
    NIM : A310200105
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dan mengerjakan tugas dengan baik serta penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ralat
      Nama: ERNAWATI
      NIM : A310200105
      Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dan mengerjakan umpan balik dengan baik serta penuh tanggung jawab.

      Hapus
  30. Nama: Diza Luthfiani
    NIM : A310200124

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dan melaksanakan tugas dengan baik dan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  31. Nama : Winda Ary Kusumawardhani
    NIM : A310200135

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dan melaksanakan tugas dengan baik dan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Revisi : Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dan melaksanakan tugas dengan baik, ikhlas, bertanggung jawab dan semaksimal mungkin.

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Saya
    Nama: ZamZam Nurahman
    NIM: A310200028
    Kelas: A
    Siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik, dan melaksanakan perintah yang diberikan dengan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  34. Nama : Fayza Swandari
    NIM : A310200155
    Saya siap berkomitmen mengikuti pembelajaran mata kuliah fonetik dan mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Revisi : Saya siap berkomitmen mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonetik dan memberikan umpan balik dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab.

      Hapus
  35. Nama: Sausan Dhani Nur Amirah
    NIM: A310200153
    Kelas: PBSI D

    Saya berkomitmen untuk mengikuti perkuliahan mata kuliah fonetik dengan baik. Dalam mengikuti pembelajaran, maupun pengerjaan tugas yang diberikan. Kemudian berusaha menerima maupun memberikan umpan balik sebaik mungkin dari mata perkuliahan ini.

    BalasHapus
  36. Nama : Indah Khasanah
    NIM : A310200156

    Mampu mempelajari bahasa, khususnya bahasa Indonesia lebih mendalam adalah salah satu target pencapaian saya, oleh karena itu kesempatan untuk dapat mempelajari fonetik yang merupakan bagian dari ilmu bahasa akan saya pergunakan dengan sebaik-baiknya agar banyak pengetahuan yang dapat saya terima. Maka saya berkomitmen akan bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab dalam mengikuti proses pembelajaran dan berusaha menyerap sebanyak mungkin ilmu yang akan saya dapatkan.

    BalasHapus
  37. Nama : Frida Ariyani
    Nim : A310200107

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik, dan siap mengerjakan tugas dengan baik dan maksimal,

    BalasHapus
  38. Nama : Berlianing Megarizki
    NIM. : A310200165

    Saya berkomitmen akan mengikuti pembelajaran Fonetik dengan baik dan sungguh-Sungguh dan akan mengerjakan tugas dengan semaksimal mungkin

    BalasHapus
  39. Nama : Marista Bela Octaviana
    Nim : A310200177

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Nama: Muhammad Malik Saputro
    NIM: A310200169

    Saya siap berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan baik. Dalam pembelajaran dan tugas akan saya kerjakan dengan baik, tanggung jawab, dan semaksimal mungkin

    BalasHapus
  42. Nama : Indra Ardhana
    NIM : A310200174
    Kelas : D

    Saya berkomitmen akan selalu bersungguh-sungguh dalam melaksanakan seluruh kewajiban dan tanggung jawab Saya sesuai dengan arahan dari dosen pengampu.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Nama : Isnaini Nurjanah
    NIM : A310200195
    Saya siap berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan baik dan bersungguh -sungguh. Dan mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  45. Nama : Dian Risky Hadianti
    NIM : A310200158

    Saya siap berkomitmen dalam mengikuti mata kuliah fonetik dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu

    BalasHapus

  46. Nim : A310200167
    kelas : D
    Saya siap mengikuti pelajaran fonetik yang diampu bapak Agus dengan bersungguh-sungguh. dan saya berkomitmen pada diri saya sendiri untuk mengikuti mata kuliah fonetik secara baik dan tertib. saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengikut mata kuliah foentik dari awal hingga akhir. Semangat :)

    BalasHapus
  47. Nama: Raindini Citra Handayani
    NIM: A310200176

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik pada semester 2 yang diampu oleh bapak Agus Budi Wahyudi dan melaksanakan segala kriteria penilaian yang telah disebutkan dalam kontrak belajar, yaitu memahami materi yang disampaikan, aktif selama proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), mengerjakan semua tugas yang akan diberikan, serta menjawab soal-soal UTS dan UAS dengan maksimal dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  48. Nama : Khaafidhatul Kalaamiyah
    NIM : A310200151

    Saya siap berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan baik. Dalam pembelajaran dan tugas akan saya kerjakan dengan baik, tanggung jawab dan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  49. Nama : Prasasti Mahir Gustami
    NIM : A310200189
    Kelas : D

    Saya berkomitmen akan mengikuti pembelajaran fonetik dengan sebaik-baiknya, mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan, dan mengikuti setiap kegiatan pembelajaran dengan baik dan tertib.

    BalasHapus
  50. Nama : Alriana Saras S.B
    NIM : A310200161
    Komitmen : Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik dan benar dan melaksanakan tugas atau perintah yang diberikan kepada saya dengan rasa penuh tanggungjawab.

    BalasHapus
  51. Nama : Rena Murdianti
    NIM : A310200180

    Saya berkomitmen akan mengikuti pembelajaran Fonetik dengan baik dan sungguh-sungguh, mengerjakan tugas dengan semaksimal mungkin

    BalasHapus
  52. Nama: Yeppi Apriliany
    NIM: A310200178

    Saya siap dan berkomitmen mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik, bersungguh-sungguh, dan mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan arahan dari dosen pengampu.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Nama: Fajar Marentino
    NIM :A310200183
    Kelas : D

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah dengan baik dan tertib, serta bertanggung jawab dengan penuh dalam pembelajaran maupun pengerjaan tugas.

    BalasHapus
  55. Nama : Pratiwi Yulia Saputri
    NIM : A310200190
    Kelas: D PBSI

    Saya siap berkomitmen dan melaksanakan tugas mata kuliah Fonetik dengan baik.

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Nama : Marista Bela Octaviana
    Nim : A310200177

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  58. Nama : Fitri Anisa
    Nim : A310200181

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti proses pembelajaran mata kuliah fonetik dengan bersungguh-sungguh, dan akan mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  59. Nama : Nisa Alfiya
    NIM : A310200187

    Saya siap berkomitmen dalam mengikuti mata kuliah Fonetik ini dengan penuh tanggung jawab dan mengikuti semua arahan yang akan diberikan kepada dosen dengan baik dan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  60. Nama : Dimas Noval Pratama
    Nim : A310200186
    Kelas : D

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan bersungguh-sungguh, mengikuti peraturan yang telah dibuat, dan penuh tanggung jawab. Terimakasih

    BalasHapus
  61. Nama : Berlianing Megarizki
    NIM. : A310200165
    Saya berkomitmen untuk mengikuti pembelajaran Fonetik dengan baik dan sungguh-sungguh, mengerjakan tugas dengan baik dan semaksimal mungkin

    BalasHapus
  62. Nama : Munika Nendriyani
    NIM : A310200166
    Kelas : D

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan bersungguh-sungguh, mengikuti peraturan yang telah dibuat,dan penuh tanggung jawab, Terimakasih

    BalasHapus
  63. Nama : Anggun Oktavia
    NIM : A310200192
    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik dan siap untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dalam mata kuliah fonetik dengan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  64. Nama :Nurhana Lisna Linwati
    Nim : A310200191

    Saya berkomitmen akan bersungguh sungguh mengikuti mata kuliah fonetik , mengerjakan tugas dengan baik , dan menaati peraturan yang sudah ada.

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Nama : Rindy Aswin Pertiwi
    NIM : A310200196
    Kelas : D PBSI

    Saya berkomitmen mengikuti dan melaksanakan tugas mata kuliah Fonetik dengan bersungguh-sungguh sesuai dengan arahan dosen pembimbing.

    BalasHapus
  67. Nama : Alriana Saras S.B
    NIM : A310200161
    Komitmen : Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik dan benar dan melaksanakan tugas atau perintah yang diberikan kepada saya dengan rasa penuh tanggungjawab.

    BalasHapus
  68. Nama : Ananda Nur Aprilia Ika Widyaningsih
    NIM : A310200154
    Kelas : D
    Saya berkomitmen dan siap untuk mengikuti perkuliahan mata kuliah Fonetik dengan baik dan bertanggung jawab dalam mengikuti proses pembelajaran.

    BalasHapus
  69. Nama: Thoriq Ilham Kurniawan
    NIM: A310200157

    Saya siap berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan baik. Dalam pembelajaran dan tugas akan saya kerjakan dengan baik

    Dengan menaati peraturan dengan dosen maupun pembimbing

    BalasHapus
  70. Nama : Shelvia Ariesta Nabila
    Nim : A310200159
    Komitmen : Saya berkomitmen untuk mengikuti dan melaksanakan mata kuliah Fonetik dengan baik, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab serta menyelesaikam tugas yang diberikan dosen pengampu sesuai batas waktu yang telah ditetapkan. Saya siap menerima teguran jika saya mengalami kesalahan dan siap bertanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya siap mengikuti segala aturan dan tata tertib dalam pembelajaran mata kuliah Fonetik di semester 2 ini

      Hapus
  71. Nama : Raya Fareza
    Nim : A310200173
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti perkuliahan yang di ampu oleh bapak Agus Budi Wahyudi, memberikan umpan balik sebisa dan sebaik mungkin, hadir dalam perkuliahan, dan melaksanakan tanggung jawab saya sebagai mahasiswa sebaik baiknya.

    BalasHapus
  72. Nama : Muhammad Rizqi Riyadi
    NIM : A310200172
    Komitmen : Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik dan mengerjakan tugas yang diberikan dosen pengampu dengan maksimal dan penuh tanggung jawab

    BalasHapus
  73. Nama: Renalita Adesyah Putri Darmadi
    NIM: A310200185
    KELAS: D

    Nama: Renalita Adesyah Putri Darmadi
    NIM: A310200185
    Kelas: D

    saya akan berkomitmen dalam mengikuti mata kuliah fonetik ini dan saya siap untuk mengikuti mata kuliah fonetik pada semester 2 ini, yang akan saya lakukan dengan menyertakana niat . Agar bisa diterapkan dalam kehidupan. dan dengan sungguh saya akan mengikuti pembelajaran maupun tugas yang akan diberikan

    BalasHapus
  74. Nama: Rifa Dwi Hamidah
    NIM: A310200170

    Saya berkomitmen akan mengikuti dan melaksanakan pembelajaran mata kuliah fonetik dengan bersungguh-sungguh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan: Dengan mengerjakan tugas-tugas secara maksimal, memahami dan mematuhi segala kontrak belajar dengan baik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran mata kuliah fonetik.

      Hapus
  75. Nama: Ghozali Guntoroadi
    Nim: A310200188
    Komitmen: Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik dengan baik dan siap mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  76. Nama : Andhie Raihan Fathur Rozi Sumarno
    Nim : A310200193

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik dengan baik dan mengerjakan tugas dengan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  77. Nama : Erisa Faridatul Maghfiroh
    NIM : A310200160
    Kelas : D

    Saya siap dan berkomitmen untuk mengikuti pembelajaran mata kuliah fonetik dengan baik, memberikan umpan balik dengan bertanggung jawab, dan mengikuti tata tertib yang diberikan oleh dosen pengampu.

    BalasHapus
  78. Nama: Ariza Ulatul Wardah
    NIM: A310200163
    Komitmen: Saya siap mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonetik dan menyetujui pernyataan yang ada pada kontrak kuliah yang telah disebutkan di atas dan berusaha menjalankannya dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  79. Nama : Ailsa Nabila
    Nim : A310200171
    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik sesuai arahan dosen pengampu dengan penuh rasa tanggung jawab.

    BalasHapus
  80. Nama :Munika Nendriyani
    NIM : A310200166
    Kelas : D
    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan bersungguh-sungguh,siap mengerjakan tugas dengan baik dan semaksimal mungkin .dan fikiran manusia adalah sumber daya fundamental kita.

    BalasHapus
  81. Nama : Fadhilah Rohayati
    NIM : A310200152
    Saya berkomitmen untuk mengikuti kelas Fonetik dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  82. Nama : Dini Pancawati Permatasari
    NIM : A310200168
    Kelas : D

    Saya siap berkomitmen dan bertanggung jawab untuk mengikuti perkuliahan mata kuliah fonetik dan berusaha mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya, semaksimal mungkin, serta bersungguh-sungguh.

    BalasHapus
  83. Nama : Khaafidhatul Kalaamiyah
    NIM : A310200151

    Saya siap mengikuti pembelajaran mata kuliah fonetik dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

    BalasHapus
  84. Nama : Safitri Anasari
    NIM : A310200175

    Saya siap berkomitmen untuk menjalankan dan mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonetik dengan saksama dan siap mengerjakan tugas maupun perintah yang diberikan bapak Agus Budi Wahyudi dengan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  85. Nama: Ariza Ulatul Wardah
    NIM: A310200163
    Komitmen: Saya siap mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonetik dan menyetujui pernyataan yang ada pada kontrak kuliah yang telah disebutkan di atas dan berusaha menjalankannya dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  86. Nama: Rahayu Widiyaningsih
    Nim: A310200194
    Komitmen: saya akan siap mengikuti kegiatan pembelajaran mata kuliah fonetik dengan sungguh sungguh dan mengerjakan tugas dengan semaksimal mungkin, juga saya menyetujui kontrak kuliah yang sudah dituliskan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

    BalasHapus
  87. Nama : Istikawati
    Nim : A310200179

    Saya sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia siap menjalankan komitmen mengikuti mata kuliah Fonetik dengan tertib, mengikuti aturan, mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh, dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  88. Nama : Atika Puspita Dewi
    NIM : A310200182
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan baik dan dengan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  89. Nama : Khaafidhatul Kalaamiyah
    NIM : A310200151

    Komitmen :
    Saya berkomitmen untuk mengikuti pembelajaran mata kuliah fonetik dengan penuh semangat dan tanggung jawab, dan berusaha untuk memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.

    BalasHapus
  90. Nama : Wigati Hidayana Fajri
    NIM : A310200162
    Kelas : D

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik dengan tanggung jawab sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan dan berusaha semampu mungkin untuk memberikan yang terbaik

    BalasHapus
  91. Nama : Wigati Hidayana Fajri
    NIM : A310200162

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah ini dengan bersungguh-sungguh dan dengan rasa tanggung jawab.

    BalasHapus
  92. Nama : Deni Surya Pratama
    NIM : A310200069
    Kelas : B

    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik, dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen pembimbing dengan baik dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. Nama : Eva Abripda Pristiawati
    Nim : A310200011
    Kelas : A
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik dengan penuh tanggung jawab dan bersungguh-sungguh.

    BalasHapus
  95. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  96. Nama : Akbar Duta Pamungkas
    NIM : A310200013
    Kelas :A

    Saya berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan bersungguh-sungguh serta penuh tanggung jawab atas kesepakatan yang ada.

    BalasHapus
  97. Nama : Annisa aprilia
    Nim :A310180022
    Kelas :A
    Saya berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan bersungguh -sungguh dan penuh tanggung jawab

    BalasHapus
  98. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  99. Nama : Fachrunnisa Asshidiq
    Nim : A310200046
    Kelas : A
    Saya berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan bersungguh-sungguh, dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu dengan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  101. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  102. Nama : Junita Arliniwaty
    NIM : A310200067
    Kelas : B
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik dengan penuh tanggung jawab dan bersungguh-sungguh.

    BalasHapus
  103. Nama : Ainun Qolbi Munawarotul Fitri
    NIM : A310200022
    Kelas : A

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah Fonetik dengan bersungguh - sungguh dan mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin.

    BalasHapus
  104. Nama : Siti Nur Khasanah
    NIM : A310180118
    Kelas : A
    Saya berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan sungguh-sungguh dan mengerjakan tugas-tugas dari dosen pengampu dengan penuh tanggung jawab dan tepat waktu.

    BalasHapus
  105. Nama : Fahesta Sonia Adistiyani
    NIM :A310200018
    Kelas :A

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik dengan bersungguh - sungguh dan mengerjakan tugas dengan baik dan benar

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. Sindy Salsabila
    A310200029

    Saya berkomitmen untuk mengikuti mata kuliah fonetik dengan bersungguh - sungguh dan mengerjakan tugas dengan baik dan benar

    BalasHapus
  109. Nama : Risqi dewi Nuraini
    NIM : A310200059
    Prodi : FKIP PBSI UMS
    Kelas : 2B
    Waalaikumsalam warahmatullaahi wabarakatuh
    Saya siap mengikuti mata kukiyah fonetikdengan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  110. Nama : Risqi dewi Nuraini
    NIM : A310200059 <
    Prodi : FKIP PBSI UMS
    Kelas : 2B
    Waalaikumsalam warahmatullaahi wabarakatuh
    Saya siap mengikuti mata kukiyah fonetikdengan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  111. Nama: Laras Kinasih
    NIM: A310200054
    Prodi: FKIP PBSI UMS
    Kelas : B
    Saya berkomitmen untuk mengikuti kelas Fonetik dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  112. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  113. Nama : Fauziah Umi Latifah
    Nim : A310200057
    Prodi : FKIP PBSI UMS
    Kelas : 2B
    Saya berkomitmen mengikuti mata kuliah fonetik dengan bersungguh-sungguh, dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu dengan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  114. Nama : Aida Fitriani
    NIM : A310200091
    Kelas : B

    saya berkomitmen untuk mengikuti dan melaksanakan mata kuliah fonetik dengan sungguh-sungguh,baik,dan bertanggung jawab. Dengan mengerjakan tugas secara maksimal,memahami materi yang disampaikan,dan mematuhi kontrak belajar supaya mencapai tujuan pembelajaran.

    BalasHapus
  115. Nama: Dinda Cholifah
    NIM: A310200068
    Kelas: B
    Saya siap mengikuti perkuliahan semester genap dengan mata kuliah Fonetik dengan penuh tanggung jawab dan menjalankan tugas yang diberikan dengan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  116. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  117. Erin Arindha
    A310200033
    Saya siap berkomitmen untuk mengikuti kelas Fonetik dan mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh pembimbing dengan baik dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  118. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  119. Nama : Aprilia puspa
    NIM : A310190106
    Kelas : D

    Saya berkomitmen akan mengikuti pembelajaran fonetik dengan sebaik-baiknya, mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan, dan mengikuti setiap kegiatan pembelajaran dengan baik dan tertib.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.