SKRIPSI SEMESTER VIII 2020

a. Pastikan Anda sudah memilih judul di laman skripsi!
b. Pastikan Anda sudah konsultasi via e-mail secara intens!
c. Pastikan Anda sudah memiliki judul yang mantap!
d. Jangan melewatkan kesempatan/waktu yang tersedia!

Komentar

  1. Skripsi memerlukan perhatian penuh dari penulis. Sungguh-sungguh itulah yang bisa menjadikan skripsi yang dibuat bisa selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan. Kelemahan yang seringkali dialami adalah penulis hanya melaksanakan kegiatan penulisan skripsi.

    Pertama, sadar bahwa penulisan skripsi baru pada semester VII saat menempuh mata kuliah seminar proposal. Sebaiknya, 'kesadaran' sudah tumbuh pada saat semester IV yaitu saat menempuh mata kuliah metode. Mahasiswa memahami bahwa metode penelitian yang dipelajari sangat penting sebagai modal pengetahuan saat melakukan penelitian. PKM, ikut tim penelitaian PID yang kalaboratif dengan dosen, dan saat menempuh mata kuliah seminar proposal peneitian.

    Kedua, memiliki kelemahan memahami konsep-konsep yang harus diterapkan dalam proses penulisan skripsi, mulai dari (a) hal filosofis saat berkegiatan di ranah ilmu pengetahuan; konsep ontologis, epistemologis, dan aksiologis sebagai hakikat proses pengetahuan yang diselenggarakan. (b) jenis penelitian yang dilakukan --apakah penelitian kualitatif atakah penelitian kuantitatif? (c) keakuratan dalam merumuskan masalah penelitian. (d) keakuratan menyusun tujuan penelitian. c dan d ini biasanya sudah mengalami kekacauan. Penulis seringkali sudah menulis bab IV Hasil dan Pembahasan --padahal di rumusan masalah dan tujuan penelitian belum jelas. (e) data dan sumber data --data yang dikumpulkan/disediakan/disipakan dan akan dianalissis selanjutnya untuk meraih tujuan yang telah dirumuskan. Sumber data tidak dicari secara menyakinkan dan realiabel --kadangkala hanya seadanya.
    Ketiga, kemahiran bernalar dengan bahasa, menyusun untaian topik demi topik dalam aliner. Menata serangkaian alinea dengan tujuan naskah yang ditulis dalam laporan penelitian skripsi bisa dibaca secara logis dan sistematis.
    Keempat, penguasaan dalam menerapkan aturan penulisan bahasa Indonesia. Kini digunakan sebagai pedoman adalah Pedoman Umum Ejaan Bahassa Indonesia --peneliti masih menggunakan tulisan sesuai dengan apa adanya yang dikuasai selama ini. Selama proses belajar di SD, SMP, dan SMA ejaan dianggap sebagai pengekang proses berbahasa bukan sebagai pedoman atau petunjuk yang dituruti untuk menghasilkan tulisan yang berwibara.
    Kelima, penulisan skripsi bukan kegiatan instan (yang cepat rampung), namun menuntut berbagai keterampilan yang sudah diwujudkan dalam diri penulis selama proses kuliah. Hal inilah beberapa hal yang perlu saya ingatkan pada kesempatan ini.

    Mudah-mudahan bisa menjadi bahan renungan dan segera dalam waktu yang singkat setiap penulis skripsi di akhir masa perkuliahannya mencari kemahiran untuk menambal kondisi yang bolong-bolong saat ini.

    Usaha yang keras, aktivitas-aktivitas pembentuk kemahiran yang diperlukan untuk penulisan skripsi yang dilakukan bersungguh-sungguh akan menghasilakan sukses yang diimpikan.


    BalasHapus
  2. PENELITIAN

    Ya. Laporan skripsi dibuat berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Bukan penelitian yang belum dilakukan.

    Bila belum melakukan penelitian, maka apa yang ditulis dalam laporan penelitian? Oleh karena itu, pahami kegiatan penelitian secara mendalam.

    BalasHapus
  3. PENELITIAN

    Ya. Laporan skripsi dibuat berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Bukan penelitian yang belum dilakukan.

    Bila belum melakukan penelitian, maka apa yang ditulis dalam laporan penelitian? Oleh karena itu, pahami kegiatan penelitian secara mendalam.

    BalasHapus
  4. PEMAHAMAN TENTANG DATA DAN SUMBER DATA

    Peneliti memecahkan masalah melalui usaha mengumpulkan data. Hal ini bila data dianalisis digunakan sebagai bukti bahwa masalah bisa diselesaikan dan tujuan tercapai.


    Kenali sumber data secara baik sebelum mengumpulkan data. Identitas sumber data dicermati. Sumber data tidak asal mengambil tetapi melalhi pertimbangan yang mantab.

    BalasHapus
  5. Skripsi yang baik itu adalah yang selesai ditulis! Buktikanlah dengan semangat bahwa Anda bisa menuliskan secara berkualitas!

    Daun pepaya rasa pahit sekali
    Pahit diminum untuk obat tubuh
    Bertahun upaya rasanya pedih sekali
    Pedih terhapus raih gelar sarjana penuh

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Tujuan seperti itu. Ada teman Anda yang belum sempat menengok web skipsi ums.

      Hapus
  7. Pastikan Anda sudah terdaftar dalam laman skripsi ums!
    Apabila teman-teman Anda ada yang belum informasikanlah kepadanya mengenai pengkatifan laman skripsi ini secara daring!

    Selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan teruslah mengerjakan skripsi agar bisa selesai tepat waktu. Semangat dan sabar menghadapi wabah virus corona itulah pemertahanan diri dan wujud keberhasilan bersama menghalau virus corona.

    BalasHapus
  8. Salam

    Semoga semua dalam kondisi sehat wal afiat.
    Hari Senin sesuai dengan jadwal perkuliahan sebagai saat bermanfaat untuk berskripsi. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik-baiknya.
    Kemudahan Anda itulah yang menjadi kesepatakan.
    Anda bisa menggunakan laman blogspot, wa, atau pun email.
    Semua sarana menyesuaikan dengan diri, tidak sebaliknya sarana yang membelenggu diri.

    Marilah isi hari-hari menjelang dan masa Ramadhan dengan produktivitas diri dalam berkarya.
    Kesabaran dan ketabahan dalam menerima suasana pandemi Corona menjadi modal sukses kehidiupan diri di masa depan.

    Salam.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.