PLP 2 JULI - AGUSTUS 2021
SELAMAT DATANG
Assalamualaikum w. wb.
Program PLP 2 untuk minggu pertama --pola 1, 2, dan 3 berkonsentrasi menyusun desain yang disesuaikan dengan kondisi Anda masing-masing.
A. Merancang Desain
Desain Pembelajaran dibuat sehingga dalam pelaksanaan nanti Anda bisa melakukan dengan tertib dan baik. Setiap rancangan desain terdapat tiga siklus (minimal), lebih boleh. Perhatikan Anda mengajar minimal 4 (empat) kali.
B. Penjelasan Siklus
Pelaksanaan ada tiga siklus (minimal): Siklus 1, 2, dan 3.
Bagian Per Siklus
Siklus 1
Kegiatan: pertama do artinya Anda melaksanakan desain yang sudah dibuat.
Kegiatan: kedua refleksi artinya Anda mengadakan peninjauan, penilaian, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang perlu dikembangkan dan mana yang perlu dipertahankan dalam pelaksanaan.
Kegiatan: ketiga redo artinya melaksanakan kembali desain yang Anda sempurnakan.
Begitu sampai tiga siklus (minial/boleh lebih), setiap pelaksanaan direkam sebagai bukti --wujud video. Laporan dalam wujud video ada.
Setiap Anda melaksanakan siklus-siklus hedaknya Anda sudah persiapan untuk mengumpulkan data sebaik-baiknya. Data-data yang dikumpulkan secara baik --untuk pembuatan artikel ilmiah dan bisa untuk membuat karya yang diajukan HAKI.
Mahasiswa yang menentukan Pola 1 pun boleh atau bebas, bila Anda mampu berkreasi dan menciptakan karya yang bisa diHAKIkan. Sifat merdeka bagi Anda untuk berkemajuan dan tidak terkekang dalam berkreasi.
Selanjutnya, mempersiapkan diri merencanakan topik untuk artikel jurnal dan untuk cipta HAKI.
Tulislah desain yang Anda persiapkan!
(a) Topik
(b) Sub topik
(c) Satu sub topik yang Anda pilih.
(d) Indikator yang digunakan untuk mencapai sub topik yang Anda pilih!
Anda bisa membaca buku Keterampilan Menulis (Wahyudi, dkk. 2015).
Anda bisa menggunakan pedoman PKM.
Anda bisa menggunakan bahan-bahan saat menempuh mata kuliah mikroteacing.
Tulislah hasil rancangan Anda dengan memberikan komentar di sini!
Wasalamualaikum wr. wb.
Agus Budi Wahyudi
Siap, Pak.
BalasHapusBelum ada yang berunjuk-hasil kinerja, ya. Tetap semangat dan selalu sehat, senang, bahagia.
BalasHapusGaya Belajar Siswa SMK YPI saat PMB Daring dengan Metode Saintifik Learning: Peningkatan Minat Belajar.
BalasHapusTiga sub topik
1. Gaya Bahasa Siswa SMK YPI
2. PMB Daring Metode Saintifik Learning
3. Peningkatan Minat Belajar
Lanjutkan sesuai dengan arahan.
HapusBaik Pak 🙏
HapusTopik= Pembelajaran Dalam Jaringan
BalasHapusSub Topik=
Respon Siswa terhadap Pembelajaran dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 5 2021/2022
Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi
Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19
Sub Topik Yang Dipilih=
Respon Siswa terhadap Pembelajaran dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 5 2021/2022
Indikator=
Tugas siswa yang tidak segera dikumpulkan
Tugas yang dikerjakan masih terdapat kesalahan dan jarang semua jawaban bisa benar
Orang tua yang tidak mendampingi anak belajar
RESPONSIBILITAS SISWA SMP N 5 SKA TERHADAP PBM DARING PADA MASA COVID-19
Hapusa. Bagaimana pelaksanaan PBM Daring pada masa Covid-19 di SMP N 5 SKA?
b. Bagaimana respon siswa ... pada tatap muka maya/virtual?
c. Bagaimana respon sisw ... . pada tugas dari guru?
Peserta PLP yang lain?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusProblematika Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 2 Surakarta .
BalasHapusSub topik :
1. Pelaksanaan pembelajaran daring
2. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran daring
3. Solusi pemecahannya
Topik tersebut sifatnya umum. Pilih atau angkat yang unik, menarik, dan spesifik berhubungaan dengan PJJ BI Masa Pandemi Covid-19 di MAN 2 SKA.
HapusMisal:
Ada model yang hasil kreasi guru untuk mengatasi masalah tertentu.
Ada strategi khusus pada saat RPP tertentu.
Ada hal yang istimewa dalam PJJ khusus yang dilakukan guru BI.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusBaik Pak Agus .
HapusKalau judulnya saya ganti " Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X MAN 2 Surakarta"
Bagaimana ngih pak ?
Bisa. Sajikan yang istimewa dari penerapan MPDL tersebut.
HapusBaik Pak Agus . Terimakasih 🙏🏻
HapusPeserta yang lain? Mengapa tidak memanfaatkan forum ini?
BalasHapusSistem Homeschooling sebagai Penunjang Penerapan Pendidikan Karakter di Era Pandemi Covid-19
BalasHapusTiga sub topik:
- Permasalahan yang terjadi selama pembelajaran.
- PBM dengan metode Saintifik Learning.
- Peningkatan karakter peserta didik.
Lihat judul.
HapusInti masalah: sistem homeschooling yang Anda lakukan bagaimana?
Keunggulan dan kelemahan yang sudah dilaksnakan, selanjutnya bagaimana Anda mengatasi kekurangan yang timbul.
Evektifitas Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa di Madrasah Tsanawiyah dengan Metode Saintifik Learning.
BalasHapusTiga sub topik
1. Efektifitas Pembelajaran Daring
2. Pembelajaran dengan Metode Saintifik Learning
3. Tingkat Pemahaman Siswa
Ejaan dalam penulisan judul. Terlalupanjang judulnya.Pilih kata yang menarik pembaca.
HapusAda inovasi apa?
Ada kreasi apa?
Ada inspirasi apa?
Hal yang unik yang lahir dalam pelaksanaan plp.
Bukan seperti skripsi yang tidakmenarik secara keterbacaan.
Baik Pak, kalau judulnya saya ganti "
HapusEfektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia". Bagaimana nggih pak?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTopik
BalasHapusImplementasi Perangkat Pembelajaran Melalui Model Community Of Inquiry untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Teks Pidato Persuasif SMP
indikator:
1. PMB dengan model pembelajaran Community Of Inquiry
2. Efektifitas model pembelajaran Community Of Inquiry pada materi teks pidato persuasif terhadap hasil belajar
3. perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Community Of Inquiry.
artikel itu yang tidak terlalu berat. Boleh saja hanya satu topik yang sangat menarik, yang berkait dengan langkah Anda di lokasi plp.
HapusAngkatlah hal yang bernilai baru.
BalasHapusAngkatlah hal yang memang data ada dalam pelaksanaan plp.
Hindari menggunakan buku sumber yang berlebihan.
Hindari menggunakan topik yang sudah pernah dikerjakan orang lain. Sudah tidak menarik di baca.
Pengaruh Pemberian Kuis pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X
BalasHapusTiga Sub Topik
1. Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik
2. Pemanfaatan Media Pembelajaran
3. Respon Peserta Didik Kelas X Terhadap Kuis Virtual
Inovasi Penggunaan Bahasa Singkatan dalam Teks Iklan Baris Bahasa Indonesia Kelas 8
BalasHapusIndikator:
1. Efektivitas penggunaan bahasa singkatan dalam iklan Baris
2. Inovasi bahasa singkatan baru yang lebih kekinian dalam iklan
ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA TERHADAP GURU SELAMA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN
BalasHapusAPLIKASI CLASSROOM KELAS XI SMK NEGERI 4 KLATEN
Indikator :
1. Penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN 4 KLATEN
2. Kesantunan berbahasa yang digunakan siswa dengan prinsip sopan santun