PLP 2 JULI - AGUSTUS 2021

 SELAMAT DATANG


Assalamualaikum w. wb.

    Program PLP 2 untuk minggu pertama --pola 1, 2, dan 3 berkonsentrasi menyusun desain yang disesuaikan dengan kondisi Anda masing-masing.

A. Merancang Desain

    Desain Pembelajaran dibuat sehingga dalam pelaksanaan nanti Anda bisa melakukan dengan tertib dan baik. Setiap rancangan desain terdapat tiga siklus (minimal), lebih boleh. Perhatikan Anda mengajar minimal 4 (empat) kali.

B. Penjelasan Siklus

    Pelaksanaan ada tiga siklus (minimal): Siklus 1, 2, dan 3.

Bagian Per Siklus

Siklus 1

Kegiatan: pertama do artinya Anda melaksanakan desain yang sudah dibuat.

Kegiatan: kedua refleksi artinya Anda mengadakan peninjauan, penilaian, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang perlu dikembangkan dan mana yang perlu dipertahankan dalam pelaksanaan.

Kegiatan: ketiga redo artinya melaksanakan kembali desain yang Anda sempurnakan.

Begitu sampai tiga siklus (minial/boleh lebih), setiap pelaksanaan direkam sebagai bukti --wujud video. Laporan dalam wujud video ada.

Setiap Anda melaksanakan siklus-siklus hedaknya Anda sudah persiapan untuk mengumpulkan data sebaik-baiknya. Data-data yang dikumpulkan secara baik --untuk pembuatan artikel ilmiah dan bisa untuk membuat karya yang diajukan HAKI.


Mahasiswa yang menentukan Pola 1 pun boleh atau bebas, bila Anda mampu berkreasi dan menciptakan karya yang bisa diHAKIkan. Sifat merdeka bagi Anda untuk berkemajuan dan tidak terkekang dalam berkreasi.

Selanjutnya, mempersiapkan diri merencanakan topik untuk artikel jurnal dan untuk cipta HAKI.

Tulislah desain yang Anda persiapkan!

(a) Topik

(b) Sub topik

(c) Satu sub topik yang Anda pilih.

(d) Indikator yang digunakan untuk mencapai sub topik yang Anda pilih!

Anda bisa membaca buku Keterampilan Menulis (Wahyudi, dkk. 2015).

Anda bisa menggunakan pedoman PKM.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan saat menempuh mata kuliah mikroteacing. 

Tulislah hasil rancangan Anda dengan memberikan komentar di sini!


Wasalamualaikum wr. wb.

Agus Budi Wahyudi


Komentar

  1. Belum ada yang berunjuk-hasil kinerja, ya. Tetap semangat dan selalu sehat, senang, bahagia.

    BalasHapus
  2. Gaya Belajar Siswa SMK YPI saat PMB Daring dengan Metode Saintifik Learning: Peningkatan Minat Belajar.

    Tiga sub topik
    1. Gaya Bahasa Siswa SMK YPI
    2. PMB Daring Metode Saintifik Learning
    3. Peningkatan Minat Belajar

    BalasHapus
  3. Topik= Pembelajaran Dalam Jaringan

    Sub Topik=
     Respon Siswa terhadap Pembelajaran dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 5 2021/2022
     Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi
     Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19

    Sub Topik Yang Dipilih=
     Respon Siswa terhadap Pembelajaran dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 5 2021/2022

    Indikator=
     Tugas siswa yang tidak segera dikumpulkan
     Tugas yang dikerjakan masih terdapat kesalahan dan jarang semua jawaban bisa benar
     Orang tua yang tidak mendampingi anak belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. RESPONSIBILITAS SISWA SMP N 5 SKA TERHADAP PBM DARING PADA MASA COVID-19

      a. Bagaimana pelaksanaan PBM Daring pada masa Covid-19 di SMP N 5 SKA?
      b. Bagaimana respon siswa ... pada tatap muka maya/virtual?
      c. Bagaimana respon sisw ... . pada tugas dari guru?

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Problematika Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 2 Surakarta .

    Sub topik :
    1. Pelaksanaan pembelajaran daring
    2. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran daring
    3. Solusi pemecahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Topik tersebut sifatnya umum. Pilih atau angkat yang unik, menarik, dan spesifik berhubungaan dengan PJJ BI Masa Pandemi Covid-19 di MAN 2 SKA.

      Misal:
      Ada model yang hasil kreasi guru untuk mengatasi masalah tertentu.
      Ada strategi khusus pada saat RPP tertentu.
      Ada hal yang istimewa dalam PJJ khusus yang dilakukan guru BI.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Baik Pak Agus .
      Kalau judulnya saya ganti " Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X MAN 2 Surakarta"
      Bagaimana ngih pak ?

      Hapus
    4. Bisa. Sajikan yang istimewa dari penerapan MPDL tersebut.

      Hapus
    5. Baik Pak Agus . Terimakasih 🙏🏻

      Hapus
  6. Peserta yang lain? Mengapa tidak memanfaatkan forum ini?

    BalasHapus
  7. Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Penerapan Pendidikan Karakter di Era Pandemi Covid-19

    Tiga sub topik:
    - Permasalahan yang terjadi selama pembelajaran.
    - PBM dengan metode Saintifik Learning.
    - Peningkatan karakter peserta didik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat judul.
      Inti masalah: sistem homeschooling yang Anda lakukan bagaimana?
      Keunggulan dan kelemahan yang sudah dilaksnakan, selanjutnya bagaimana Anda mengatasi kekurangan yang timbul.

      Hapus
  8. Evektifitas Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa di Madrasah Tsanawiyah dengan Metode Saintifik Learning.

    Tiga sub topik
    1. Efektifitas Pembelajaran Daring
    2. Pembelajaran dengan Metode Saintifik Learning
    3. Tingkat Pemahaman Siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ejaan dalam penulisan judul. Terlalupanjang judulnya.Pilih kata yang menarik pembaca.
      Ada inovasi apa?
      Ada kreasi apa?
      Ada inspirasi apa?
      Hal yang unik yang lahir dalam pelaksanaan plp.
      Bukan seperti skripsi yang tidakmenarik secara keterbacaan.

      Hapus
    2. Baik Pak, kalau judulnya saya ganti "
      Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia". Bagaimana nggih pak?

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Topik
    Implementasi Perangkat Pembelajaran Melalui Model Community Of Inquiry untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Teks Pidato Persuasif SMP

    indikator:
    1. PMB dengan model pembelajaran Community Of Inquiry
    2. Efektifitas model pembelajaran Community Of Inquiry pada materi teks pidato persuasif terhadap hasil belajar
    3. perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Community Of Inquiry.

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel itu yang tidak terlalu berat. Boleh saja hanya satu topik yang sangat menarik, yang berkait dengan langkah Anda di lokasi plp.

      Hapus
  11. Angkatlah hal yang bernilai baru.
    Angkatlah hal yang memang data ada dalam pelaksanaan plp.
    Hindari menggunakan buku sumber yang berlebihan.
    Hindari menggunakan topik yang sudah pernah dikerjakan orang lain. Sudah tidak menarik di baca.

    BalasHapus
  12. Pengaruh Pemberian Kuis pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X

    Tiga Sub Topik
    1. Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik
    2. Pemanfaatan Media Pembelajaran
    3. Respon Peserta Didik Kelas X Terhadap Kuis Virtual

    BalasHapus
  13. Inovasi Penggunaan Bahasa Singkatan dalam Teks Iklan Baris Bahasa Indonesia Kelas 8

    Indikator:
    1. Efektivitas penggunaan bahasa singkatan dalam iklan Baris
    2. Inovasi bahasa singkatan baru yang lebih kekinian dalam iklan

    BalasHapus
  14. ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA TERHADAP GURU SELAMA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN
    APLIKASI CLASSROOM KELAS XI SMK NEGERI 4 KLATEN


    Indikator :
    1. Penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN 4 KLATEN
    2. Kesantunan berbahasa yang digunakan siswa dengan prinsip sopan santun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.