FONETIK II C HAFALAN BUNYI KONTOID PERTEMUAN KETIGABELAS

 

Assalamualaikum wr. wb.

Marilah kita selalu bersyukur atas nikmat sehat dan sempat yang telah diberikan Allah swt. Pertemuan ketigabelas ini mengenai: Deskripsi Bunyi Kontoid: Hafalan. Materi ini ada kaitan dengan perkuliahan ke-9, ke-10, ke-11, dan ke-12 mengenai: Bunyi segmental dalam bahasa Indonesia:  bunyi vokoid (vokal) dan kontoid (konsonan).

Petunjuk:

Pertama, hafalkan deskripsi bunyi kontoid secara baik dan mandiri.

Kedua, setelah merasa hafal pilih teman Anda --yang sudah disebut dalam komentar perkuliahan kesebelas-- sebagai penilai hafalan bunyi kontoid.

Ketiga, Anda minta nilai yang sudah dilaksanakan teman.

Keempat, lembar nilai ada pada halaman  73-74 buku Fonetik.

Keempat, kumpulkan lembaran tersebut secara klasikal dalam bentuk satu file (dalam flashdisk).

Kelima, hafalan terhadap deskripsi bunyi segmental (vokoid dan kontoid) merupakan bekal dalam memperdalam bidang linguistik yang lain.

Keenam, berikan komentar Anda di blogspot tentang “ungkapan kegembiraan bahwa kuliah tetap menarik” dan laksanakan secara tertib-jujur serta bertanggung jawab.

 

Materi bunyi kontoid  (konsonan) bisa dibaca secara cermat dalam buku Fonetik. Semoga Anda lancar melaksanakan latihan dan mampu menghasilkan hafalan deskripsi bunyi bahasa secara optimal.

 

Alhamdulillah. Wassalamualaikum wr. wb.

Senin-Selasa, 14-15  Juni 2021

 

 

 

 

 

Komentar

  1. Nama : ERNAWATI
    NIM : A310200105
    Kelas : 2C
    Saya merasa bahagia karena perkuliahan fonetik begitu menarik, tidak hanya mengerjakan tugas yang berisi soal-soal saja tetapi kita juga diharuskan untuk berdiskusi dan saling berintraksi meskipun hanya dilakukan secara daring.

    BalasHapus
  2. Nama : Pramudya Ashya Novika Utami
    NIM : A310200115
    Kelas : 2C

    Saya merasa bahagia karena perkuliahan fonetik sangat menarik dan asyik. Saya bisa berdiskusi dengan teman tentang fonetik dan membahasnya bersama.

    BalasHapus
  3. Nama: Dinda Nur Rahmawati
    Nim: A310200109
    Kelas: 2C

    Saya merasa bahagia karena perkuliahan fonetik dalam pembelajaranya tidak menegangkan, tetap berjalan lancar menarik dan santai tetapi tidak santai banget. Standar. Dan dalam pembelajatan fonetik di adakanya pembelajaran tugas individu dan berdiskusi degan teman tetap berjalan dengan lancar walaupun dengan cara daring.

    BalasHapus
  4. Nama: Azkia Fildza Zhafarina
    NIM: A310200127
    Kelas: II C
    Saya merasa bahagia karena perkuliahan begitu menarik, kita dapat berbagi pendapat satu sama lain saat berdiskusi, menerima hafalan teman dan menghafal.

    BalasHapus
  5. Nama : Frida Ariyani
    Nim : A310200107
    Kelas : II C
    Saya merasa bahagia karena perkuliahan fonetik begitu menarik, kita tetap dapat berdiskusi dengan teman walaupun secara daring

    BalasHapus
  6. Nama : Yulia Nurlayly A
    Nim : A310200144
    Kelas : II C

    Saya merasa senang mengikuti perkuliahan fonetik, meskipun di rumah tetapi materinya menarik diikuti.

    BalasHapus
  7. Nama: Ellen Austin
    NIM: A310200132
    Kelas: 2C

    Saya merasa bahagia karna perkuliahan fonetik ini menarik dan membuat kitaberinteraksi langsung dengan teman walaupun hanya melalui virtual, tetapi kita tetap bisa menghafal bersama.

    BalasHapus
  8. Nama : Lanjar Widyaningsih
    Nim : A310200136
    Kelas : 2C
    Saya merasa bahagia karena mempelajari fonetik sangat menarik, walaupun pembelajarannya dilakukan secara virtual.

    BalasHapus
  9. Nama: Diza Luthfiani
    NIM: A310200124
    Kelas: IIC

    Saya merasa bahagia karena perkuliahan fonetik sangat menarik walaupun dilakukan secara daring/virtual

    BalasHapus
  10. Nama: Dwi Nurfitasari
    NIM: A310200121
    Kelas: II. C

    Saya merasa bahagia mengikuti mata kuliah fonetik dan bisa berdiskusi dengan tema-teman untuk bertukar pemikiran atau pendapat. Walaupun perkuliahan diadakan secara daring.

    BalasHapus
  11. Nama : Anisyah Febiola
    Nim : A310200147
    Kelas : 2C

    Saya senang mengikuti mata kuliah fonetik dan bisa berdiskusi dengan teman-teman. Walaupun pembelajaran nya dilakukan secara daring.

    BalasHapus
  12. Nama : Risma Aistisya
    N I M : A310200101
    Kelas : 2C
    Saya merasa bahagia belajar fonetik, Saya bisa berdiskusi dengan teman-teman mengenai fonetik, meski pembelajaran di lakukan secara daring.

    BalasHapus
  13. Nama: Helma Riana
    NIM: A310200118

    Saya merasa bahagia karena perkuliahan fonetik sangat menarik. Walaupun pembelajaran dilaksanakan secara daring, tidak membosankan sama sekali. Saya dapat berdiskusi dengan teman yang lain.

    BalasHapus
  14. Nama : Akbar Maulana
    N I M : A310200114
    Kelas : II C

    Saya merasa bahagia belajar fonetik, Saya bisa berdiskusi dengan teman-teman mengenai fonetik, meskipun pembelajaran di lakukan secara daring.

    BalasHapus
  15. Nama : Nurlita Cahyani
    NIM : A310200137
    Kelas : II C

    Menurut saya belajar fonetik itu sangat menarik, karena kita tidak hanya mempelajari materi saja akan tetapi kita juga dapat mempraktekkannya langsung, kita juga dapat berdiskusi bersama teman untuk saling bertukar pendapat dan pikiran untuk memperdalam materi fonetik.

    BalasHapus
  16. Nama: Melani Regita Putri
    NIM :A310200117

    Saya bahagia dan senang belajar fonetik. Walupun pembelajaran fonetik rada susah tetapi pembelajarannya sangat menarik. Meskipun pembelajarannya daring . Semoga pandemi segera berlalu dan bisa kuliah segera luring

    BalasHapus
  17. Nama: Fachrul Ramadhan
    NIM : A310200131
    Kelas : 2C
    Saya senang belajar fonetik, karena ilmu fonetik dapat langsung dipraktikkan sendiri. Saya berharap perkuliahan fonetik dapat berlangsung secara offline.

    BalasHapus
  18. Nama : Hanifa Chyntya Intan Purwaningsih
    Nim : A310200146
    Kelas : C
    Saya senang belajar fonetik karena dapat menambah pengetahuan yang tidak saya ketahui. Semoga pandemi segara berakhir sehingga perkuliahan dapat berlangsung secara tatap muka.

    BalasHapus
  19. Nama : Desy Praditasari
    NIM : A310200123
    Kelas : 2C

    Saya senang mengikuti perkuliahan fonetik yang menarik. Selain itu dapat menambah wawasan pengetahuan dan dapat berdiskusi dengan teman-teman walaupun masih dilaksanakan secara daring.

    BalasHapus
  20. Nama : Nafi'atur Rizqiyah
    NIM : A310200104
    Kelas : 2C

    Saya senang dan bersemangat mengikuti perkuliahan fonetik. Dengan belajar fonetik, saya bisa mengetahui bunyi bahasa walaupun masih secara daring.

    BalasHapus
  21. Nama : Divia Faradila
    NIM : A310200141
    Kelas : II C

    Saya merasa senang dan sangat bersemangat mengikuti belajar fonetik, meskipun pembelajarannya dilakukan secara daring. Dengan belajar fonetik, saya bisa menambah pengetahuan saya tentang fonetik secara mendalam. Saya juga bisa bertukar pikiran dan pendapat dengan teman-teman saya melalui kegiatan diskusi dalam mata kuliah fonetik ini

    BalasHapus
  22. Nama : Nofiko Azalea Inzaghi
    NIM : A310200102
    Kelas : IIC

    Saya merasa senang dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah fonetik ini, dengan belajar mata kuliah ini menjadi tau lebih mendalam tentang hal yang diajarkan dalam mata kuliah fonetik ini. Dan saya merasa senang juga ketika bisa melalukan diskusi kelompok bersama teman, karena dapat bertukar ilmu dan wawasan

    BalasHapus
  23. Nama : Hayyu Annaafi Warida Putri
    NIM : A310200128
    Kelas : II C
    Saya merasa sangat senang dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah fonetik, karena pembelajaran ini sangat menyenangkan dan juga bisa mengetahui lebih dalam tentang pelajaran fonetik. Saya juga merasa senang ketika mendapat tugas diskusi kelompok bersama teman karena bisa saling bertukar ilmu dan wawasan satu sama lain.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Nama : Dela Oktaviona Surahya
    Nim. : A310200126
    Kelas. : II C

    Saya merasa senang bisa mengikuti mata kuliah fonetik, karena saya mendapatkan banyak penetahuan. Selain itu tugas-tugas yang diberikan membantu saya dalam hal memahami materi, tugas kelompok melatih saya untuk dapat berdiskusi dengan baik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.