FONETIK II D HAFALAN BUNYI KONTOID PERTEMUAN KETIGABELAS

 Assalamualaikum wr. wb.

Marilah kita selalu bersyukur atas nikmat sehat dan sempat yang telah diberikan Allah swt. Pertemuan ketigabelas ini mengenai: Deskripsi Bunyi Kontoid: Hafalan. Materi ini ada kaitan dengan perkuliahan ke-9, ke-10, ke-11, dan ke-12 mengenai: Bunyi segmental dalam bahasa Indonesia:  bunyi vokoid (vokal) dan kontoid (konsonan).

Petunjuk:

Pertama, hafalkan deskripsi bunyi kontoid secara baik dan mandiri.

Kedua, setelah merasa hafal pilih teman Anda --yang sudah disebut dalam komentar perkuliahan kesebelas-- sebagai penilai hafalan bunyi kontoid.

Ketiga, Anda minta nilai yang sudah dilaksanakan teman.

Keempat, lembar nilai ada pada halaman  73-74 buku Fonetik.

Keempat, kumpulkan lembaran tersebut secara klasikal dalam bentuk satu file (dalam flashdisk).

Kelima, hafalan terhadap deskripsi bunyi segmental (vokoid dan kontoid) merupakan bekal dalam memperdalam bidang linguistik yang lain.

Keenam, berikan komentar Anda di blogspot tentang “ungkapan kegembiraan bahwa kuliah tetap menarik” dan laksanakan secara tertib-jujur serta bertanggung jawab.

 

Materi bunyi kontoid  (konsonan) bisa dibaca secara cermat dalam buku Fonetik. Semoga Anda lancar melaksanakan latihan dan mampu menghasilkan hafalan deskripsi bunyi bahasa secara optimal.

 

Alhamdulillah. Wassalamualaikum wr. wb.

Senin-Selasa, 14-15  Juni 2021

 

 

 

 

 

Komentar

  1. Nama : Khaafidhatul Kalaamiyah
    NIM : A310200151
    Kelas/Prodi : 2D/PBSI

    Kuliah secara luring itu sangat asik karena bisa bertemu dosen dan teman teman secara langsung.

    BalasHapus
  2. Nama : Wigati Hidayana Fajri
    NIM : A310200162

    Dengan kuliah saya terlatih untuk memecahkan masalah secara mandiri serta semakin memabah wawasan.

    BalasHapus
  3. Nama: Sausan Dhani Nur Amirah
    NIM: A310200153
    Kelas: 2D

    Adanya kuliah secara luring membuat komunikasi dengan teman-teman berjalan lebih lancar. Begitu menyenangkan dapat saling mengeskrpresikan diri secara langsung.

    BalasHapus
  4. Nama : Istikawati
    NIM : A310200179

    Kuliah luring sangatlah menggembirakan karena komunikasi antara dosen dan mahasiswa sangatlah aktif dan jelas, selain itu dapat bertemu dengan mahasiswa kelas lain-lain.

    BalasHapus
  5. Nama : Isnaini Nurjanah
    Nim : A310200195
    Kelas : 2D

    Kuliah secara luring sangat menyenangkan dan seru, karena kita bisa berinteraksi langsung dengan teman" dan bapak ibu dosen, dan dapat memahami materi yang disampaikan

    BalasHapus
  6. Nama: Renalita Adesyah Putri Darmadi
    NIM: A310200185
    Kelas: 2D

    Walaupun kuliah dilaksanakan dengan luring, namun dalam pelaksanaannya tetap masih kompeten, serta dapat membuat mahasiswa/mahasiswi menjadi lebih bertanggung jawab atas tugas yang diberikan serta mengatur waktu belajar

    BalasHapus
  7. Nama : Pratiwi Yulia Saputri
    NIM : A310200190
    Kelas : 2 D

    Saya senang bisa bertemu secara langsung dengan dosen dan teman-teman setelah sekian lama lewat perkuliahan luring. Bisa saling bertukar cerita dan ilmu selama masa pandemi ini.

    Juga berterima kasih karena dengan pertemuan luring ini kami dapat saling meberikan warna baru untuk memandang dunia perkuliahan secara lebih positif lagi.

    BalasHapus
  8. Nama : Nisa Alfiya
    NIM : A310200187
    Kelas : 2D

    Kuliah secara luring bisa membuat kita untuk beradaptasi dengan suasana kuliah, orang" baru, dan juga para dosen, tentu kita juga bisa belajar secara langsung dengan dosen dan melihat proses belajar yang baik seperti apa, kita juga lebih bisa bertanggung jawab terhadap tugas dan mengatur waktu kita sendiri dengan baik.

    BalasHapus
  9. Nama : Anggun Oktavia
    NIM : A310200192
    Kelas : 2D

    Kuliah secara daring selama perkuliahan terkadang mahasiswa/mahasiswi mengalami kendala pada jaringan tetapi dengan perkuliahan daring ini kuliah masih terasa menyenangkan karena dapat dilakukan di mana saja dan juga saat perkuliahan luring kami di ajarkan untuk lebih fokus lagi dalam mendengarkan dan memahami mata perkuliahan karna kami langsung bertatap muka secara langsung oleh pengajar atau dosen tersebut.

    BalasHapus
  10. Nama : Nurhana Lisna Linawati
    Nim : A310200191
    Kelas : 2D

    Kuliah fonetik secara daring menyenangkan dan menarik , bisa belajar secara mandiri dan juga berdiskusi bersama teman. Kuliah luring sungguh berkesan bisa berjumpa dengan temen-teman dan dosen secara langsung , bisa sharing bersama teman satu sama lain.

    BalasHapus
  11. Nama : Shinta Puspita Sari
    Nim : A310200167
    Kukiah fonetik secara daring maupun luring sama sama menyenangkan, karena kalau luring bisa bertemu dengan kawan dan dosen, sedangkan daring kita tidak perlu ke kampus dan tidak boros akan bensin👍

    BalasHapus
  12. Nama: Raindini Citra Handayani
    NIM: A310200176
    Kelas: 2D

    Saya sangat bersyukur dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di UMS. Meskipun pandemi belum berakhir, sehingga kegiatan perkuliahan masih dilaksanakan secara daring, namun hal itu tak menjadi halangan dalam menjalani proses pembelajaran dan tetap menarik karena semangat dari para dosen dan teman-teman yang masih terjaga demi kebaikan di masa depan.

    BalasHapus
  13. Nama : Atika Puspita Dewi
    NIM : A310200182
    Kelas : 2D

    Perkuliahan tetap menarik walwalau dilaksanakan secara daring maupun secara luring semua ada kelebihan dan kekurangan masing - masing baik secara luring maupun daring.

    BalasHapus
  14. Nama : Fayza Swandari
    NIM : A310200155
    Kelas : 2D

    Perkuliahan tetap menyenangkan karena dilaksanakan secara kompeten dan tertib sehingga mahasiswa dan dosen dapat menyelenggarakan perkuliahan dengan baik. Selain itu perkuliahan juga dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan sehingga mahasiswa dapat memahami mata kuliah dengan baik dan merasakan manfaatnya.

    BalasHapus
  15. Nama : Indah Khasanah
    NIM : A310200156
    Kelas : 2 D

    Dalam menghadapi dunia yang sedang dilanda pandemi ini banyak penyesuaian yang terpaksa harus dilakukan, salah satunya penyesuaian dalam perkuliahan. Meskipun awalnya terasa tidak asyik namun akhirnya saya bisa menyesuaikan, saya jadi mencoba beberapa hal dan keterampilan baru yang sebelumnya belum pernah saya lakukan, dan itu sangat menyenangkan karena dengan itu saya mendapatkan ilmu baru.

    BalasHapus
  16. Nama : Safitri Anasari
    NIM : A310200175
    Kelas : 2 D

    Kuliah luring maupun kuliah tidak luring akan tetap sama-sama mengesankan untuk para mahasiswa, luring maupun tidak luring mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan semua itu tergantung bagaimana kita bisa membuat perkuliahan itu menjadi menarik dan menyenangkan dan dibalik itu semua terdapat juga hikmah yang dapat diambil.

    BalasHapus
  17. Nama : Prasasti Mahir Gustami
    NIM : A310200189
    Kelas : 2D

    Perkuliahan daring maupun luring sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan juga memiliki kesan tersendiri bagi masing-masing mahasiswa

    BalasHapus
  18. Nama : Ananda Nur Aprilia Ika Widyaningsih
    NIM : A310200154
    Kelas : ll D

    Perkuliahan dengan sistem luring maupun tidak luring memiliki sisi menyenangkannya masih-masing karena yang terpenting kita menikmati waktu yang dilalui dengan rasa senang meskipun ada kendala ketika melaksanakan perkuliahan tersebut.

    BalasHapus
  19. Nama : Andhie Raihan Fathur Rozi Sumarno
    Nim : A310200193
    Kelas : 2D

    Perkuliahan sistem luring dan tidak luring memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing,dan juga memiliki cerita masing"

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Nama: Ariza Ulatul Wardah
    NIM: A310200163
    Kelas: PBSI 2D

    Perkuliahan yang dilaksanakan secara online maupun offline memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Walaupun begitu, tetapi menurut saya keduanya sama-sama menarik dan menggembirakan untuk dilakukan. Karena tujuan utama kita belajar adalah untuk mencari ilmu dan mencari ilmu dapat di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, dan melalui media apa saja. Kunci utamanya adalah menjalaninya dengan senang, syukur, dan ikhlas.

    BalasHapus
  22. Nama : Dian Risky Hadianti
    NIM : A310200158
    Kelas : 2D

    Saya sangat senang dengan perkuliahan ini, meskipun dilaksanakan secara daring namun tetap dilaksanakan dengan penuh semangat, tertib, dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  23. Nama : Raya Fareza
    Nim : A310200173
    Di era pandemi ini pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu dengan daring atau dari jarak jauh, walaupun dengan daring perkuliahan dapat dilaksanakan dengan baik, lancar dan tertib karena mempunyai sistem pembelajaran yang paten, dan materi yang disampaikan pun terjelaskan.

    BalasHapus
  24. Nama : Dini Pancawati Permatasari
    NIM : A310200168
    Kelas : 2D

    Kuliah cukup menyenangkan dan menarik baik daring maupun luring. Keduanya sama-sama dapat berkomunikasi atau berinteraksi dengan teman lainnya. Selain itu keduanya juga mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dalam menjalani perkuliahan baik secara luring maupun daring harus mempunyai semangat dan rasa bertanggung jawab.

    BalasHapus
  25. Nama :Fitri Anisa
    Nim : A310200181

    Perkuliahan tetap menarik dan menggembirakan, meskipun dilakukan secara daring. Perkuliahan yang dilaksanakan secara luring maupun daring tetap terlaksana dengan baik dan memiliki kekurangan maupun kelebihan masing-masing.

    BalasHapus
  26. Nama : Rena Murdianti
    NIM : A310200180
    Kelas : 2D

    kuliah luring sangat menyenangkan dan seru bisa mengenal teman secra langsung dan bertemu dosen dengan menerangkan materi lebih jelas.

    BalasHapus
  27. Nama: Rifa Dwi Hamidah
    NIM: A310200170
    Kelas: 2D

    Perkuliahan tetap berjalan komunikatif dan menarik walaupun dilaksanakan secara daring. Proses pembelajaran saat kelas online tetap terlaksana secara sistematis dan interaktif. Adanya akses kuota sumbangan dari pemerintah selama pandemi pun amat membantu mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan. Tak bisa dipungkiri, bahwa perkuliahan secara daring membuat baik dosen maupun mahasiswa dapat melaksanakan proses perkuliahan dengan efektif dan efisien.

    BalasHapus
  28. Nama : Muhammad Rizqi Riyadi
    NIM : A310200172
    Kelas : 2 D

    Perkuliahan secara daring tetap berjalan menyenangkan tetapi lebih baik jika dilakukan secara luring karena dapat bertemu dengan teman dan dosen

    BalasHapus
  29. Nama: Yeppi Apriliany
    NIM: A310200178
    Kelas: 2D

    Kuliah itu asyik ketika dilaksanakan secara luring maupun daring, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

    BalasHapus
  30. Nama : Marista Bela Octaviana
    Nim : A310200177
    Kelas : 2D

    Kuliah secara daring maupun luring tetap menyenangkan dan asik karena tujuan berkuliah yaitu untuk mencari ilmu dan membuat kita berpikir secara kritis

    BalasHapus
  31. Nama : Berlianing Megarizki
    NIM. : A310200165
    Perkuliahan secara luring sebenarnya lebih efektif dan menyenangkan dibandingkan dengan perkuliahan secara daring, tetapi dengan adanya pandemi covid 19 mengharuskan untuk melakukan perkuliahan secara daring.

    BalasHapus
  32. Nama: Muhammad Malik Saputro
    NIM: A310200169

    Kuliah secara daring tentunya tidak sama dengan kuliah secara luring. Selama perkuliahan daring kita hanya bisa berjumpa dengan teman secara virtual dan menerima materi dari dosen yang disampaikan melalui zoom atau gmeet. Tapi bagi saya itu tetap menarik minat kita agar kita mencari lebih banyak lagi informasi di internet karena materi baru yang disampaikan.

    BalasHapus
  33. nama: Indra Ardhana
    NIM: A310200174

    perkuliahan luring atau daring sama-sama menyenangkan, keduanya memiliki dampak positif maupun negatif pada saat ini.

    BalasHapus
  34. Nama : Shelvia Ariesta Nabila
    NIM : A310200159
    Kelas : D
    Prodi : PBSI

    Menurut Saya, kuliah daring terdapat sisi positif dan negatifnya masing-masing. Apabila positifnya dapat melatih para mahasiswa untuk mengoperasikan perangkat lunak seperti Ms.Word, Ms. Excel, Ppt, dll, dan mahasiswa pun dapat belajar mandiri lewat youtube maupun lainnya dengan cara yang disukai. Selain itu, perkuliahan daring juga dapat mengenalkan kia berbagai aplikasi seperti zoom, gmeet, discord yang sebelumnya Sma belum sempat mengenal sama sekali. Kita juga semakin mahir dalam hal teknologi, berbeda dengan zaman dahulu. Tetapi juga terdapat sisi negatif diantarannya pertemuan antar teman terbatas, kurangnya semangat belajar, karena hanya lewat laptop maupun hp. Tidak bisa bertemu langsung dengan dosen dan teman. Biasanya mahasiswa kurang fokus dengan kuliahnya, karena ada beberapa mahasiswa yang kuliah sambil kerja maupun bisnis online. Oleh karena itu, kita tetap mensyukuri semua ini, harapannya semoga kuliah bulan depan dilakukan secara luring agar dapat mengikuti perkuliahan secara nyata.

    BalasHapus
  35. Nama : Erisa Faridatul Maghfiroh
    NIM : A310200160
    Kelas : 2D

    Kuliah daring menarik karena dalam berkuliah dari saya belajar membagi waktu. Namun kuliah luring tentu lebih menarik lagi karena dapat berpartisipasi dan interaktif antara teman dan kepada dosen.

    BalasHapus
  36. Nama : Fadhilah Rohayati
    NIM: A310200152

    Kuliah daring cukup menarik karena kita dapat mengetahui teknologi teknologi yang sebelumnya belum pernah dipelajari atau dipraktikan secara langsung itu dapat membuat pengalaman baru dan menambah ilmu tentang iptek hanya saja masih sering terjadinya permasalahan seperti jaringan yanh tidak mendukung akan menjadi kendala diperkuliahan daring. kuliah luring sangatlah menarik karena kita belajar secara langsung tatap muka jadi kita bisa bertemu dengan teman teman kita yang sejurusan maupun yang beda jutusan kita juga bisa shering secara langsung dan kita juga bisa bertemu dosen pembbing secara langsung.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.