FONOLOGI III A PERTEMUAN TERAKHIR

  

FONOLOGI IIIA/B/C/D 2021: PERTEMUAN KEENAM BELAS


Assalamu’alaikum wr. wb.,

Rasa syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya sehingga sampai saat ini kita diberi kesehatan. Semoga semangat, jiwa ingin sukses selalu melekat dalam diri Anda.

 Anda sudah mengikuti perkuliahan Fonologi. Fonologi dalam perkuliahan ini disejajarkan dengan konsep fonemik. Fonem (bunyi bahasa yang fungsional) dikaji dari segi fungsinya, yaitu “mampu membedakan makna”.

Identitas


Nama Mata Kuliah: Fonologi

Kode Mata Kuliah :  IND030202

MK Prasyarat         : Pernah mengikuti perkuliahan Fonetik

SKS                           : 2 (dua)

MK Wajib

Kuliah/resposi/tutorial

 

CPMK

1. mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik (ilmu bahasa).

a. memiliki motivasi, minat, sikap, dan mampu memberikan gambaran jelas bidang fonologi.

b. menemukan, mengutip, dan menjelaskan konsep fonologi.

c. mengenali fonem (phoneme) bahasa sebagai objek kajian fonologi yang berbeda dengan bunyi bahasa (phone).

2. mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan, dan semivokal.

a. menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia.

b. menentukan fonem segmental (vokal, konsonan, dan semivokal) dalam bahasa Indonesia.

c. mendeskripsikan fonem segmental dalam bahasa Indonesia.

3. mampu memahami struktur fonem dalam suku kata (silabel), pemenggalan kata, dan penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

a. menemukan struktur fonem dalam suku  kata.

b. menentukan suku kata dan jenisnya

c.  melakukan pemenggalan kata berdasarkan suku kata dan penulisan kata (sudut morfologis dan ejaan).

d. melaksanakan penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. mampu memahami peristiwa perubahan fonem dalam bahasa Indonesia.

a. menjelaskan kaidah pengucapan bahasa Indonesia

b. menemukan perubahan fonem dalam bahasa Indonesia.

c. menentukan jenis-jenis perubahan fonem (pergantian, pergeseran, dan permutasi) dalam kata.

5. mengenal sistem tulisan

a. mengenali sistem tulisan (ejaan/ortografis) bahasa Indonesia.

b. mengenali sejarah tulisan di dunia.

c. mengali jenis sistem tulisan di dunia.

 

 

Sumber materi perkuliahan:  Materi yang disajikan per pertemuan dan buku fonologi yang bisa Anda jangkau. Handout Fonologi

Nilai: 

a. Ujian Mid Semester

b. Ujian Akhir Semester

c. Tugas /kejujuran

d. Kehadiran/keaktivan

 

Model Perkuliahan: a. Tatap muka (luring) dan b. Daring (geogle meet, wa grup, dan blogspot).

 


Persiapan Ujian Akhir Semeter

Pertama: pahami seluruh materi yang sudah diberikan dalam perkuliahan. Ujian tertulis dilaksanakan secara on-line sesuai petunjuk panitia ujian.

Kedua: cek kembali tugas-tugas yang Anda kerjakan! 

Bila ragu-ragu, maka bisa mengirimkan tugas secara individual (seluruh tugas yang sudah Anda kerjakan).  


 

Selama Anda mengikuti perkuliaha Fonologi apakah Anda merasakan berat? Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan berat! Bagaimanakah Anda mengatasinya?

Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi di Semester III ini!

Komentar Anda silakan ditulis sesuai dengan kelas Anda! Semoga yang Anda pelajari selama ini menjadi bekal sebagai calon guru bahasa Indonesia yang unggul. 

Baiklah, marilah kita tutup dengan membaca hamdalah. Wassalamualaikum wr. wb.

Sukoharjo, 5 Januari 2022


Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

 

Komentar

  1. Nama : Aulia Nisatul Arifah
    NIM : A310200024
    Kelas : 3A
    Alhamdulillah selama perkuliahan Fonologi satu semester ini saya tidak merasa terbebani, namun terkadang saat pembelajaran secara daring saya merasa sedikit merasa kebingungan dengan materinya, dari kebingungan tersebut saya mencoba untuk bertanya kepada teman dan juga mencari bahan untuk dipelajari mandiri melalui Internet. Pada saat pelaksanaan kuliah secara luring pak Agus dalam menyampaikan materi sangat jelas sehingga tidak terkesan menjenuhkan, serta ilmu yang disampaikan pada perkuliahan luring lebih mudah dipahami serta terkesan sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  2. Nama : Muhamad Arif Purwantoro
    NIM : A310200030
    Kelas : 3A

    Selama perkuliahan Mata Kuliah Fonologi satu semester ini, alhamdullilah saya tidak merasa terbebani, tetapi ada beberapa kendala dalam pelaksanaan perkuliahan secara daring yang membuat saya sedikit kebingungan untuk menangkap materi yang diberikan, serta terkadang perkuliahan daring terkesan membosankan perkuliahan daring saya rasa kurang efektiff, tetapi saya mengatasinya dengan sering membaca dan memahami kembali materi yang dikirim kan bapak Agus lewat Blognya. Sedangkan pada saat perkuliahan luring saya sangat antusias dan saya rasa lebih efektif dan menyenangkan, karena bisa bertanya langsung dan lebih aktif dalam perkuliahan. Menurut saya mata kuliah fonologi lebih menyenangkan apabila dilaksanakan secara luring karena pak Agus dalam menyampaikan materi bisa sangat jelas dan dimengerti jika dilakukan dalam pertemuan tatap muka apabila ada yang belum dimengerti tentang materi yang disampaikan bisa bertanya langsung kepada teman maupun bapak Agus Budi Wahyudi. Ilmu yang didapat pada perkuliahan luring juga lebih mudah dipahami dan di mengerti sehingga saya lebih suka perkuliahan dilakukan secara luring tidak daring.

    BalasHapus
  3. Nama : Cahyaning Ridho Tulaini
    NIM : A310200038
    Kelas : 3A

    Selama saya mengikuti perkuliahan Fonologi tidak merasakan berat, hanya saya merasakan kurang paham untuk materi ketika daring, cara saya mengatasi hal tersebut dengan membaca lagi materi yang sudah bapak Agus berikan di blogspot.
    Saya merasakan meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi di semester III ini ketika luring, karena selain mendapatkan materi dengan jelas, saya juga mendapatkan banyak ilmu yang bapak Agus berikan ada kritik dan saran ketika presentasi kelompok.

    Terima kasih pak Agus, atas bimbingannya selama satu semester ini🙏🏻

    BalasHapus
  4. Nama : Ahmad Sani Saefur Rohman
    Nim : A310200042
    Kelas : 3A

    alhamdulillah dan terima kasih atas bimbingannya dan ilmunya selama perkuliahan Fonologi satu semester ini saya tidak merasa terbebani, namun terkadang saat pembelajaran secara daring membuat saya merasa sedikit kebingungan dengan materi maupun penjelasannya, sehingga saya mempelajari lebih ekstra. menurut saya ketika merasa terbantu ketika melakukan pertemuan secara luring dikampus menjadi lebih jelas dan mengerti materi yang disampaikan selain mendapatkan materi dengan jelas, saya juga mendapatkan banyak ilmu yang bapak Agus budi wahyudi berikan ada kritik dan saran ketika presentasi kelompok. sehingga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dari kami.

    terima kasih atas bimbingan dan pengetahuan yang anda berikan selama satu semester ini, semoga bermanfaat di saat yang akan mendatang.

    BalasHapus
  5. Nama : Fani Devikasari
    NIM : A310200004
    Kelas : 3A

    Saya merasa enjoy dan tidak terbebani saat mengikuti perkuliahan fonologi.Akan tetapi,apabila perkuliahan dilakukan secara daring saya kurang memahami materi.Saya mengatasinya dengan membaca materi berulang kali.
    Saya merasa mendapat keringanan saat perkuliahan dilakukan secara luring karena materi lebih jelas dan mudah dipahami.
    Terima kasih atas ilmunya yang sudah diberikan kepada saya.Jazzakallahu khoir🙏

    BalasHapus
  6. Nama: Hafida Rochani
    NIM: A310200053
    Kelas: A

    Alhamdulillah, selama mengikuti perkuliahan Fonologi di semester III ini tidak merasakan sangat berat, akan tetapi ada juga materi-materi perkuliahan yang belum dapat dipahami. Saya mengatasinya dengan cara mencari materinya di buku, di internet, dan bisa bertanya kepada teman-teman. Maka dari itu, semoga kedepannya perkuliahan dapat dilakukan secara luring 100%, agar perkuliahan lebih maksimal lagi. Terimakasih atas ilmu yang telah pak Agus berikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

    BalasHapus
  7. Nama: Latifah Nurul Kasanah
    NIM: A3110200052
    Kelas: 3A

    Alhamdulillah selama mengikuti perkuliahan fonologi saya tidak merasa terbebani. Akan tetapi, ada beberapa faktor salah satunya ketika perkuliahan dilaksanakan secara daring itu akan sedikit menyulitkan bagi saya untuk mempelajari sebagain materi dan dalam mengerjakan tugas kelompok yang terkadang terkendala dalam hal komunikasi yang kurang lancar. Cara saya mengatasinya dengan bertanya kepada teman dan mendiskusikannya bersama-sama.
    Terima kasih kepada Pak Agus atas bimbingannya selama 1 semester ini, semoga ilmu yang bapak berikan bisa bermanfaat.

    BalasHapus
  8. Nama : Endah Setiyowati
    NIM : A310200036
    Kelas : 3A

    Selama perkuliahan Mata Kuliah Fonologi satu semester ini, alhamdullilah saya pribadi tidak merasa terbebani, tetapi kadang kala perkuliahan daring membuat saya sedikit kebingungan untuk menangkap informasi yang telah diberikan, serta terkadang terkesan menjenuhkan. Akan tetapi pada perkuliahan luring sangat menyenangkan, karena bisa bertanya langsung dan berbagi pengalaman pada teman-teman dan bapak Agus. Menurut saya mata kuliah fonologi lebih menyenangkan apabila dilaksanakan secara luring karena pak Agus dalam menyampaikan materi diselingi dengan senda gurau sehingga tidak menjenuhkan, serta ilmu yang didapat pada perkuliahan luring lebih bermakna dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  9. Nama : Fachrunnisa Asshidiq
    NIM : A310200046
    Kelas : 3A

    Alhamdulillah selama perkuliahan fonologi satu semester ini bisa lancar alhamdulillah, dan kendala nya mungkin ada tugas-tugas yang terkadang sulit dipahami, tetapi dengan kesulitan itu membuat saya lebih ingin tahu bagaimana maksud dari tugas tersebut secara detail dengan mencari informasi dari berbagai sumber dan dapat memahaminya. Sehingga banyak ilmu-ilmu baru yang dapat saya pelajari di fonologi semester 3 ini.

    BalasHapus
  10. Nama: Ainun Qolbi M.F
    NIM: A310200022
    Kelas: 3A

    Selama perkuliahan semester ini, saya mengalami kendala seperti kurang pahamnya materi. saya mengatasi kendala tersebut dengan mecari referensi-referensi yang ada dan bertanya kepada teman-teman yang sudah paham akan materi yang sedang dijelaskan dengan melakukan hal tersebut alhamdulillah saya dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik.

    BalasHapus
  11. Nama : Febrian Fahry Ihkwani
    NIM : A310200023

    Selama perkuliahan Fonologi satu semester ini, alhamdulillah saya tidak merasa terbebani sama sekali. Selama perkuliahan, materi yang disampaikan oleh Bapak Agus Budi Wahyudi bisa diterima, karena beliau menyampaikan materi dengan baik. Hanya saja yang menjadi kendala saya pribadi, ketika perkuliahan dilaksanakan secara daring, terkadang sinyal kurang mendukung sehingga saya sedikit tertinggal, tetapi alhamdulillah saya bisa mengatasinya. Oleh karena itu, saya lebih menyukai ketika perkuliahan fonologi dilaksanakan secara luring daripada daring. Untuk selebihnya, tidak ada hal-hal yang memberatkan. Pak Agus dosen yang ramah dan suka menyampaikan lelucon-lelucon sehingga membuat perkuliahan tidak membosankan.

    BalasHapus

  12. Nama : Fitri Nur Hayati
    NIM : A310200034
    Kelas : 3A
    Alhamdulilah perkulihan Fonoologi menurut saya tidak ada hal yang memberatkan bagi saya pribadi, dan setiap tugas yang diberikan untuk mengerjakan waktunya yang cukup Dan masih termasuk dalam batas wajar. tidak memberatkan bagi saya, Hal-hal yang menurut saya meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi ini itu ketika ada tugas kelompok semua anggota bisa ber kerjasama dengan anggota lain pada Saat presentasi tugas kelompok secara luring di kampus para mahasiswa dapat aktif berdiskusi mengenai materi perkuliahan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.