FONOLOGI KELAS III C PERTEMUAN TERAKHIR

   

FONOLOGI IIIA/B/C/D 2021: PERTEMUAN KEENAM BELAS


Assalamu’alaikum wr. wb.,

Rasa syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya sehingga sampai saat ini kita diberi kesehatan. Semoga semangat, jiwa ingin sukses selalu melekat dalam diri Anda.

 Anda sudah mengikuti perkuliahan Fonologi. Fonologi dalam perkuliahan ini disejajarkan dengan konsep fonemik. Fonem (bunyi bahasa yang fungsional) dikaji dari segi fungsinya, yaitu “mampu membedakan makna”.

Identitas


Nama Mata Kuliah: Fonologi

Kode Mata Kuliah :  IND030202

MK Prasyarat         : Pernah mengikuti perkuliahan Fonetik

SKS                           : 2 (dua)

MK Wajib

Kuliah/resposi/tutorial

 

CPMK

1. mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik (ilmu bahasa).

a. memiliki motivasi, minat, sikap, dan mampu memberikan gambaran jelas bidang fonologi.

b. menemukan, mengutip, dan menjelaskan konsep fonologi.

c. mengenali fonem (phoneme) bahasa sebagai objek kajian fonologi yang berbeda dengan bunyi bahasa (phone).

2. mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan, dan semivokal.

a. menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia.

b. menentukan fonem segmental (vokal, konsonan, dan semivokal) dalam bahasa Indonesia.

c. mendeskripsikan fonem segmental dalam bahasa Indonesia.

3. mampu memahami struktur fonem dalam suku kata (silabel), pemenggalan kata, dan penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

a. menemukan struktur fonem dalam suku  kata.

b. menentukan suku kata dan jenisnya

c.  melakukan pemenggalan kata berdasarkan suku kata dan penulisan kata (sudut morfologis dan ejaan).

d. melaksanakan penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. mampu memahami peristiwa perubahan fonem dalam bahasa Indonesia.

a. menjelaskan kaidah pengucapan bahasa Indonesia

b. menemukan perubahan fonem dalam bahasa Indonesia.

c. menentukan jenis-jenis perubahan fonem (pergantian, pergeseran, dan permutasi) dalam kata.

5. mengenal sistem tulisan

a. mengenali sistem tulisan (ejaan/ortografis) bahasa Indonesia.

b. mengenali sejarah tulisan di dunia.

c. mengali jenis sistem tulisan di dunia.

 

 

Sumber materi perkuliahan:  Materi yang disajikan per pertemuan dan buku fonologi yang bisa Anda jangkau. Handout Fonologi

Nilai: 

a. Ujian Mid Semester

b. Ujian Akhir Semester

c. Tugas /kejujuran

d. Kehadiran/keaktivan

 

Model Perkuliahan: a. Tatap muka (luring) dan b. Daring (geogle meet, wa grup, dan blogspot).

 


Persiapan Ujian Akhir Semeter

Pertama: pahami seluruh materi yang sudah diberikan dalam perkuliahan. Ujian tertulis dilaksanakan secara on-line sesuai petunjuk panitia ujian.

Kedua: cek kembali tugas-tugas yang Anda kerjakan! 

Bila ragu-ragu, maka bisa mengirimkan tugas secara individual (seluruh tugas yang sudah Anda kerjakan).  


 

Selama Anda mengikuti perkuliaha Fonologi apakah Anda merasakan berat? Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan berat! Bagaimanakah Anda mengatasinya?

Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi di Semester III ini!

Komentar Anda silakan ditulis sesuai dengan kelas Anda! Semoga yang Anda pelajari selama ini menjadi bekal sebagai calon guru bahasa Indonesia yang unggul. 

Baiklah, marilah kita tutup dengan membaca hamdalah. Wassalamualaikum wr. wb.

Sukoharjo, 5 Januari 2022


Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

 

Komentar

  1. Nama : Khaafidhatul Kalaamiyah
    NIM : A310200151

    Selamat perkuliahan fonologi Alhamdulillah saya tidak tidak merasa berat atau pun terbebani. Mungkin sedikit, pada saat pembelajaran Fonologi secara daring. Meskipun demikian, saya sangat senang karena matkul fonologi merupakan salah satu matkul kesukaan saya. Apalagi dosen pengampunya, yaitu bapak Agus Budi Wahyudi yang sangat ramah. Dan menurut saya pembelajaran Fonologi lebih efektif ketika dilaksanakan secara luring daripada daring.
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Nama : Nurlita Cahyani
    NIM : A310200137
    Kelas : 3C

    Selama perkuliahan Mata Kuliah Fonologi satu semester ini, alhamdullilah saya pribadi tidak merasa terbebani, tetapi kadang kala perkuliahan daring membuat saya sedikit kebingungan untuk menangkap informasi yang telah diberikan, serta terkadang terkesan menjenuhkan. Akan tetapi pada perkuliahan luring sangat menyenangkan, karena bisa bertanya langsung dan berbagi pengalaman pada teman-teman dan bapak Agus. Menurut saya mata kuliah fonologi lebih menyenangkan apabila dilaksanakan secara luring karena pak Agus dalam menyampaikan materi diselingi dengan senda gurau sehingga tidak menjenuhkan, serta ilmu yang didapat pada perkuliahan luring lebih bermakna dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  3. Nama: Helma Riana
    NIM: A310200118
    Kelas: C

    Selama perkuliahan Fonologi satu semester ini, alhamdulillah saya tidak merasa terbebani sama sekali. Selama perkuliahan, materi yang disampaikan oleh Bapak Agus Budi Wahyudi bisa diterima, karena beliau menyampaikan materi dengan baik. Hanya saja yang menjadi kendala saya pribadi, ketika perkuliahan dilaksanakan secara daring, terkadang sinyal kurang mendukung sehingga saya sedikit tertinggal, tetapi alhamdulillah saya bisa mengatasinya. Oleh karena itu, saya lebih menyukai ketika perkuliahan fonologi dilaksanakan secara luring daripada daring. Untuk selebihnya, tidak ada hal-hal yang memberatkan. Pak Agus dosen yang ramah dan suka menyampaikan lelucon-lelucon sehingga membuat perkuliahan tidak membosankan.

    BalasHapus
  4. Nama: Dinda Nur Rahmawati
    Kelas: 3C
    NIM : A310200109

    Alhamdulilah, yang saya rasakan selama perkuliahan fonologi tidak terbebani dengan tugasnya. Dalam pembelajaran dilakukan dengan santai tapi tidak santai sekali. Pembelajaran tetap ketangkap walau pun dilaksanakan daring pada waktu kemarin. Dan juga pernah di adakan luring dan saya senang mengikuti mata kuliah fonologi tersebut dan tidak ada rasa hal yang membuat terbebani.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Nama: Azkia Fildza Zhafarina
    NIM: A310200127
    Kelas: C
    Alhamdulillah selama perkuliahan Fonologi satu semester ini saya tidak merasa terbebani, namun terkadang saat pembelajaran secara daring saya merasa sedikit bingung dengan materinya, namun dari kebingungan tersebut saya mencoba untuk bertanya kepada teman dan juga mencari bahan untuk dipelajari mandiri. Saat pembelajaran secara luring itu menyenangkan karena kita bisa bertemu secara langsung, berbagi pendapat, materi yang disampaikan lebih mudah untuk dipahami, dan selalu diselingi oleh candaan dari bapak Agus.

    BalasHapus
  6. Nama : Tajuz Zahwa
    NIM : A310200145

    Selama perkuliahan fonologi Alhamdulillah saya tidak tidak merasa terbebani tugas
    tetapi kadang saya sulit untuk memahami materi dikarenakan semester ini mulai diterapkan sistem blended learning yang setengah daring dan setengah luring , yang mengharuskan saya adaptasi dengan sistem baru inimungkin itu saja yang saya rasakan selama melakukan perkuliahan fonologi dalam semester ini

    BalasHapus
  7. Nama: Dwi Nurfitasari
    NIM: A310200121
    Kelas: C

    Selama mata kuliah Fonologi satu semester ini Alhamdulillah dapat berjalan dengan baik dan tidak menemukan kendala. Selama perkuliahan, Bapak Agus Budi Wahyudi sudah memberikan materi dan menjelaskan degan baik sehingga dapat diterima dan dipahami. Menurut saya perkuliahan lebih efektif dilakukan secara luring daripada daring. Karena pada saat perkuliahan daring materi sulit dipahami menyeluruh karena terdapatnya beberapa kendala susah signal. Sedangkan jika perkuliahan dilakukan secara luring akan lebih efektif karena dapat berkomunikasi secara langsung dan berdiskusi secara langsung dengan pak Agus dan teman-teman.

    BalasHapus
  8. Nama : Winda Ary Kusumawardhani
    NIM : A310200135
    Kelas : C

    Alhamdulillah selama perkulihan Fonoologi menurut saya tidak ada hal yang memberatkan bagi saya pribadi, karena setiap tugas yang diberikan termasuk dalam batas wajar dan tidak memberatkan bagi saya sebagai mahasiswa. Namun, dalam pembelajaran daring masih membuat saya bingung dalam menerima materi. Oleh karena itu, menurut saya lebih efektif apabila perkuliahan dilakukan secara luring.

    BalasHapus
  9. Nama : Ananda Nur Aprilia Ika Widyaningsih
    NIM : A310200154

    Selama mengikuti perkuliahan fonologi menurut saya tidak ada hal yang memberangkatkan sama sekali. Saya sangat menikmati adanya perkuliahan fonologi. Karena perkuliahan dilakukan secara daring sehingga membuat saya sedikit bingung karena materi yang disampaikan terkadang tidak bisa saya cerna dengan baik. Saya harap perkuliahan nantinya bisa dilakukan dengan cara tatap muka, sehingga perkuliahan akan berjalan dengan efektif.

    BalasHapus
  10. Nama : Anastasya Hasna
    Nim : A310200134

    Alhamdulillah yang saya rasakan pada semester 3 ini lebih efektif karena pembelajaran sudah bisa dilaksanakan secara luring. Materi fonologi yang disampaikan bapak Agus sudah cukup jelas , dan tugas-tugas yang diberikan pada kami tidak cukup membebani. Terimakasih untuk pak Agus selaku dosen mata kuliah fonologi, semoga kedepannya dapat memberikan pembelajaran kami dengan metode yang lain agar pembelajaran bisa aktif.

    BalasHapus
  11. Nama : Nimah Puji Lestari
    NIM : A310200143
    Selama perkuliahan fonologi semester 3 ini saya tidak merasa terbebani akan tugas/ mteri perkuliahan yang diberikan. Pembelajaran yang dilakukan pun tidak membosankan, saya sangat merasa nyaman ketika perkuliahan fonologi secara luring karena materi lebih mudah saya terima dibandingkan dengan perkuliahan daring. Semoga perkuliahan segera dapat dilaksanakan secara luring secara efektif.

    BalasHapus
  12. Nama: Ellen Austin
    NIM: A310200132

    Alhamdulillah selama perkuliahan fonologi tidak merasa berat. Dan alhamdulillah selama perkuliahan fonologi bersama pak agus itu menyenangkan, materi yang disampaikan juga dapat dipahami dengan baik. Terimakasi banyak pak agus telah membimbing kami di mata kuliah fonologi.

    BalasHapus
  13. Nama : Fayza Swandari
    NIM : A310200155

    Selama perkuliahan Fonologi di semeseter tiga ini Alhamdulillah saya tidak merasa berat atau terbebani sama sekali. Selama perkuliahan, pembelajaran dilakukan secara menyenangkan sehingga materi-materi perkuliahan dapat diterima baik oleh saya. Walaupun terkadang beberapa materi membingungkan karena dilakukan secara daring, tetapi untuk keseluruhan saya dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. Terima kasih banyak untuk Pak Agus yang telah banyak membimbing selama ini, semoga kedepannya perkuliahan dapat dilakukan secara lebih efektif dan maksimal.

    BalasHapus
  14. Nama: Sausan Dhani Nur Amirah
    NIM: A310200153

    Saya tidak merasa terbebani selama mengikuti perkuliahan Fonologi. Menurut saya, dengan mengikuti perkuliahan secara luring mampu memaksimalkan dalam pemaparan sekaligus memahami materi yang disampaikan. Perkuliahan juga dirasa lebih hidup dan interaktif dibanding secara daring.
    Terima kasih Pak Agus atas ilmu yang sudah diberikan dan juga berkenan berbagi cerita yang memotivasi.

    BalasHapus
  15. Nama : Dela Oktaviona Surahya
    Nim : A310200126

    Selama mengikuti perkuliahan ini, saya tidak merasa terbebani. Dalam mengikuti perkuliahan fonologi ini saya merasa senang karena materi disampaikan secara santai dan menarik, tidak merasa bosan, materi dapat diterima dan mudah dipahami. Terima kasih Pak Agus untuk ilmu yang telah diberikan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.