FONOLOGI KELAS III D PERTEMUAN TERAKHIR

   

FONOLOGI IIIA/B/C/D 2021: PERTEMUAN KEENAM BELAS


Assalamu’alaikum wr. wb.,

Rasa syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya sehingga sampai saat ini kita diberi kesehatan. Semoga semangat, jiwa ingin sukses selalu melekat dalam diri Anda.

 Anda sudah mengikuti perkuliahan Fonologi. Fonologi dalam perkuliahan ini disejajarkan dengan konsep fonemik. Fonem (bunyi bahasa yang fungsional) dikaji dari segi fungsinya, yaitu “mampu membedakan makna”.

Identitas


Nama Mata Kuliah: Fonologi

Kode Mata Kuliah :  IND030202

MK Prasyarat         : Pernah mengikuti perkuliahan Fonetik

SKS                           : 2 (dua)

MK Wajib

Kuliah/resposi/tutorial

 

CPMK

1. mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik (ilmu bahasa).

a. memiliki motivasi, minat, sikap, dan mampu memberikan gambaran jelas bidang fonologi.

b. menemukan, mengutip, dan menjelaskan konsep fonologi.

c. mengenali fonem (phoneme) bahasa sebagai objek kajian fonologi yang berbeda dengan bunyi bahasa (phone).

2. mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan, dan semivokal.

a. menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia.

b. menentukan fonem segmental (vokal, konsonan, dan semivokal) dalam bahasa Indonesia.

c. mendeskripsikan fonem segmental dalam bahasa Indonesia.

3. mampu memahami struktur fonem dalam suku kata (silabel), pemenggalan kata, dan penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

a. menemukan struktur fonem dalam suku  kata.

b. menentukan suku kata dan jenisnya

c.  melakukan pemenggalan kata berdasarkan suku kata dan penulisan kata (sudut morfologis dan ejaan).

d. melaksanakan penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. mampu memahami peristiwa perubahan fonem dalam bahasa Indonesia.

a. menjelaskan kaidah pengucapan bahasa Indonesia

b. menemukan perubahan fonem dalam bahasa Indonesia.

c. menentukan jenis-jenis perubahan fonem (pergantian, pergeseran, dan permutasi) dalam kata.

5. mengenal sistem tulisan

a. mengenali sistem tulisan (ejaan/ortografis) bahasa Indonesia.

b. mengenali sejarah tulisan di dunia.

c. mengali jenis sistem tulisan di dunia.

 

 

Sumber materi perkuliahan:  Materi yang disajikan per pertemuan dan buku fonologi yang bisa Anda jangkau. Handout Fonologi

Nilai: 

a. Ujian Mid Semester

b. Ujian Akhir Semester

c. Tugas /kejujuran

d. Kehadiran/keaktivan

 

Model Perkuliahan: a. Tatap muka (luring) dan b. Daring (geogle meet, wa grup, dan blogspot).

 


Persiapan Ujian Akhir Semeter

Pertama: pahami seluruh materi yang sudah diberikan dalam perkuliahan. Ujian tertulis dilaksanakan secara on-line sesuai petunjuk panitia ujian.

Kedua: cek kembali tugas-tugas yang Anda kerjakan! 

Bila ragu-ragu, maka bisa mengirimkan tugas secara individual (seluruh tugas yang sudah Anda kerjakan).  


 

Selama Anda mengikuti perkuliaha Fonologi apakah Anda merasakan berat? Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan berat! Bagaimanakah Anda mengatasinya?

Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi di Semester III ini!

Komentar Anda silakan ditulis sesuai dengan kelas Anda! Semoga yang Anda pelajari selama ini menjadi bekal sebagai calon guru bahasa Indonesia yang unggul. 

Baiklah, marilah kita tutup dengan membaca hamdalah. Wassalamualaikum wr. wb.

Sukoharjo, 7 Januari 2022


Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

 

Komentar

  1. Nama : Safitri Anasari
    NIM : A310200175

    Selama pembelajaran mata kuliah Fonologi baik itu daring maupun luring, menurut saya sendiri tidak ada hal yang begitu memberatkan bagi saya pribadi, semuanya masih standar dan wajar. Jikalau ada materi yang kurang paham atau susah untuk dimengerti dan pak Agus menerangkan lagi itu sudah cukup dimengerti alhamdulillah.
    Dan hal-hal yang meringankan dalam mata kuliah Fonologi menurut saya adalah pada saat luring mata kuliah Fonologi bapak Agus menerangkan materi dengan cermat dan hal itu memudahkan saya untuk memahami materi tersebut, tentunya bapak Agus selaku pengampu mata kuliah Fonologi ini juga selalu memudahkan untuk dapat mencari referensi-referensi tugas baik itu individu maupun kelompok yang dapat diambil dari sumber manapun tentunya hal itu membuat saya menjadi lebih banyak mencari dan membaca pada artikel/jurnal, hal ini tentu akan menambah pengetahuan saya.

    BalasHapus
  2. Nama : Rindy Aswin Pertiwi
    Nim : A310200196

    Selama mengikuti perkuliahan Fonologi baik secara daring maupun luring untuk saya pribadi tidak merasa keberatan,materi yang telah disampaikan secara daring bisa dipahami,dan jika ada materi yang membuat saya bingung saya biasanya akan membaca berulang dan mencari referensi lain sampai saya paham.Hal-hal yang meringankan dalam mengikuti perkuliahan fonologi yaitu materi yang ada di Blog bisa dijadikan sebagai rangkuman per bab nya,dan ketika dilaksanakan tugas kelompok dan semuanya bisa diajak untuk berbagi tugas,sehingga tugas yang telah diberikan bisa selesai dengan tepat waktu.

    BalasHapus
  3. Nama: Ariza Ulatul Wardah
    NIM: A310200163
    Kelas: PBSI 3D

    Mohon maaf bapak sebelumnya. Saya izin memberikan tanggapan dari beberapa pertanyaan yang bapak Agus sampaikan.

    Selama Anda mengikuti perkuliahan Fonologi apakah Anda merasakan berat? Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan berat! Bagaimanakah Anda mengatasinya?
    Alhamdulillah selama saya mengikuti perkuliahan Fonologi ini saya tidak merasa keberatan. Justru saya sangat mengapresiasi mata kuliah ini karena penjelasan yang Bapak Agus sampaikan alhamdulillah bisa diterima dengan baik walaupun saya hanya bisa bergabung (secara daring) ketika tatap maya melalui Google Meet, selebihnya saya bergabung melalui Grup Whatsapp.
    Jadi, antisipasi yang bisa saya lakukan agar saya tidak merasa berat dengan mata kuliah ini adalah dengan:
    ▪︎Mempersiapkan diri sebelum kuliah berlangsung, bisa dengan mempersiapkan materi dan buku catatan.
    ▪︎Selalu berpikir positif dan yakin bahwa ilmu yang akan disampaikan adalah ilmu yang bermanfaat untuk sekarang dan berkelanjutan dan saya membutuhkan itu.
    ▪︎Serta menanggapi penjelasan yang telah diberikan guna menambah pemahaman dan meluruskan pemahaman saya terhadap materi yang belum benar-benar saya pahami. Dengan begitu, saya akan mendapat jawaban dari bapak Agus secara tepat dan tidak bingung ketika kelas telah selesai.


    Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi di Semester III ini!
    Hal-hal yang saya rasakan meringankan dalam mengikuti perkuliahan semester III ini adalah
    ▪︎Yang pertama, berasal dari materi yang bapak Agus berikan mudah diakses dan dipelajari kembali. Referensi tambahan dari buki fonologi juga sangat membantu dalam belajar karena dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami.
    ▪︎Yang kedua, dari penjelasan bapak Agus sewaktu bertatap maya juga mudah dipahami dan saya sangat mengapresiasi kehadiran bapak yang selalu tepat waktu dan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi kami.
    ▪︎Dan yang tidak kalah meringankan menurut saya adalah bapak Agus selalu mengingatkan kami tentang tugas setiap pekannya dan mereview kembali materi yang telah bapak sampaikan.

    Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada bapak Agus atas segala ilmu yang telah bapak berikan kepada kami. Terima kasih atas semangat yang telah bapak contohkan. Mohon maaf bapak, jika dalam tindak tutur kami ada yang kurang berkenan di hati bapak. Sekali lagi, terima kasih bapak Agus. Doa terbaik untuk pak Agus.

    BalasHapus
  4. Nama: Pratiwi Yulia Saputri
    NIM: A310200190

    Izin menjawab beberapa pertanyaan yang bapak Agus sampaikan..

    Selama pembelajaran mata kuliah Fonologi, Alhamdulillah saya kurang begitu merasa berat namun saya perlu sedikit mengajak diri saya sendiri untuk memahami lebih dalam mengenai mata kuliah ini dibanding mata kuliah lain.

    Hal-hal yang berat mungkin terjadi karena kurang pemahaman saya pribadi terhadap materi tersebut, biasanya untuk mengatasinya saya bertanya kepada teman yang saya kira mampu dan paham serta bisa menyampaikan materi tersebut secara lebih lugas agar lebih mudah untuk saya cerna dan terima.


    Beberapa hal yang meringankan adalah ketika bapak Agus bercerita dan/atau menyampaikan ilmu baru di kelas secara luring maupun daring sehingga saya bisa menemukan beberapa kalimat yang mengesankan dan mencatatnya di buku (ini bagian yang ringan namun dalam menurut saya).

    Cukup dari saya
    Kurang lebihnya mohon maaf
    Terima kasih pak Agus atas segala ilmu yang bapak berikan, mudah-mudahan bernilai ibadah di hadapan Allah swt Aamiin Allahumma Aamiin

    BalasHapus
  5. Nama : Fitri Anisa
    NIM : A310200181

    Alhamdulillah selama mengikuti perkuliahan Fonologi saya tidak merasa berat, pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan lancar.

    Mungkin ada hal-hal yang berat menurut saya seperti perkuliahan yang dilakukan secara daring membuat saya kurang begitu memahami materi yang disampaikan dan terasa menjenuhkan.

    Cara mengatasi hal yang membuat saya berat seperti tidak begitu memahami materi yaitu dengan mengulangi membaca dan mempelajari materi yang sudah disampaikan, mencari sumber belajar atau referensi baru sekaligus bertanya dan berdiskusi bersama teman-teman.

    Beberapa hal yang meringankan selama perkuliahan fonologi bagi saya yaitu ketika perkuliahan yang dilaksanakan secara luring atau tatap muka langsung, ketika perkuliahan luring Bapak Agus menyampaikan dan menjelaskan materi dengan seru, asik dan dilengkapi sendau gurau sehingga membuat saya tertarik dan mudah memahami materi.

    Jadi menurut saya perkuliahan fonologi entah itu daring maupun luring tidak memberatkan bagi saya, Alhamdulillah perkuliahan berjalan lancar. Namun bagi saya perkuliahan lebih asik ketika dilaksanakan luring atau tatap muka langsung.
    Sekian dari saya, Terima kasih kepada kepada Pak Agus atas ilmu yang sudah bapak berikan, semoga dapat bermanfaat bagi kami calon guru kedepannya, Aamiin. Mohon maaf jika selama perkuliahan ada perkataan maupun perbuatan yang salah dari kami. Terima kasih Bapak Agus.

    BalasHapus
  6. Nama : Marista Bela Octaviana
    Nim : A310200177

    Dalam proses pembelajaran mata kuliah fonologi, baik online maupun offline, menurut saya pribadi, tidak ada yang terlalu ribet, dan semuanya terstandarisasi dan wajar. Jika ada materi yang kurang dimengerti atau sulit dipahami, Pak Argus akan menjelaskannya kembali, masih bisa dimengerti, alhamdulillah.
    Menurut saya, hal yang memudahkan saya di kelas fonologi adalah ketika kelas fonologi offline, Pak Agus menjelaskan materi dengan cermat, sehingga memudahkan saya dalam memahami materi. Perorangan maupun kelompok, bisa ambil dari sumber manapun tentunya biar saya cari dan baca lagi artikel/jurnal yang pasti akan menambah pengetahuan saya.

    BalasHapus
  7. Nama : Isnaini Nurjanah
    Nim : A310200195
    Selama mengikuti kelas fonologi saya merasa tertarik untuk mempelajarinya , tetapi dikarena kan online jadi materi yang disampaikan kurang paham, dan ketika offline menjadi lebih paham dan mengerti lagi. Terimakasih pak Agus atas bimbingannya dan dengan sabar memberikan materi kepasa kami

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama : Prasasti Mahir Gustami
    Nim : A310200189

    Selama mengikuti perkuliahan saya tidak mengalami kesulitan dan merasa nyaman dan mudah mengikuti perkuliahan dengan baik dan lancar. Dan penyampaian materi juga sangat jelas. Terimakasih pada pak Agus atas waktu dah materi yang telah diberikan

    BalasHapus
  10. Nama : Anggun Oktavia
    NIM : A310200192

    Selama mengikuti perkuliahan mata kuliah fonologi baik daring maupun luring tidak ada permasalahan dalam pembelajaran sehingga dapat mengikuti perkuliahan dengan baik dan lancar. Materi yang disampaikan oleh Pak Agus sudah jelas dan dapat dipahami. Dalam perkuliahan daring lebih menarik dikarenakan dapat berkomunikasi langsung saat berdiskusi dan saling bertukar pikiran satu sama lainnya sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan.
    Sekian dari saya, terima kasih kepada pak Agus atas materi dan bimbingan yang telah diberikan dengan penuh kesabaran dan sangat bermanfaat sekali ilmu yang diberikan oleh pak Agus.

    BalasHapus
  11. Nama : Nurhana Lisna Linawati
    Nim    : A310200191

    Selama perkuliahan daring maupun luring untuk mata kuliah fonologi tidak ada yang memberatkan bagi saya. Karena ilmu yang diberikan selama ini berguna dan disampaikan dengan jelas. Materi yang diberikan banyak sumber dan refernsi jadi mata kuliah fonologi satu semester ini cukup mudah dipahami. Alhamdulillah selama perkuliahan fonologi juga bisa mengikuti materinya dengan baik , serta penjelasan maupun materi yang mudah dipahami. Mungkin ada beberapa hal kendala yang tidak paham tetapi saya mengatasinya dengan mencari informasi lebih yang ada agar kendala yang ada terselesaikan.
    Terima kasih pak bimbingan pembelajaran selama 1 semester ini dan ilmu yang bermanfaat banyak materi yang didapat dari pak agus sangat bermanfaat untuk kami.

    BalasHapus
  12. Nama : Atika Puspita Dewi
    NIM : A310200182

    Selama perkuliahan daring maupun luring tidak ada hal yang memberatkan bagi saya. Saya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan alhamdulilah lancar. Walaupun menurut saya untuk penyampaian materi lebih jelas ketika perkuliahan luring, namun hal tersebut bukan menjadi suatu masalah serius untuk saya terus belajar. Terima kasih untuk bapak Agus yang telah mendampingi satu semester ini semoga ilmu yang bapak berikan bisa bermanfaat untuk saya kedepannya.

    BalasHapus
  13. Nama: Raindini Citra Handayani
    NIM: A310200176
    Kelas: 3D

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, mohon maaf pak Agus, saya izin menanggapi pertanyaan terkait evaluasi pembelajaran mata kuliah Fonologi selama satu semester ini.

    Selama Anda mengikuti perkuliahan Fonologi apakah Anda merasakan berat? Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan berat! Bagaimanakah Anda mengatasinya?
    Alhamdulillah selama saya mengikuti perkuliahan Fonologi baik secara daring maupun luring tidak merasa keberatan dan insyaAllah materi yang selama ini disampaikan oleh pak Agus dapat saya pahami dengan baik.

    Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi di Semester III ini!
    Banyak sekali hal-hal yang dapat meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi di semester ini, mulai dari materi yang rutin diposting secara tepat waktu dalam blog sudah cukup lengkap, buku bahan ajar karangan pak Agus juga dapat menunjang untuk memahami materi perkuliahan. Selain itu, pemaparan dari pak Agus saat jam perkuliahan juga terbilang efektif dan mudah dipahami.

    Terima kasih pak Agus atas dedikasinya dalam membimbing kami para mahasiswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan Fonologi. InsyaAllah ilmu yang bapak berikan dapat bermanfaat bagi kami sebagai bekal untuk menjadi guru Bahasa Indonesia yang baik dan profesional seperti bapak.

    BalasHapus
  14. Nama : Istikawati
    NIM : A310200179
    Kelas : 3D

    Selama saya mengikuti perkuliahan Fonologi, saya sama sekali tidak merasakan keberatan, justru saya sangat senang karena pertama kalinya kuliah tatap muka yang pertama kali di semester 3. Jika teman-teman lainnya merasa keberatan, saya memiliki solusi yaitu mendengarkan lagu yang ada unsur pengucapan bunyi, misalnya lagu Balonku yang vokalnya diganti o.

    Saya mendapatkan keringanan karena mempelajari materi fonologi mengenai cara mengucapkan bunyi dengan benar dan jelas. Selain itu, Yang terhormat Bapak Agus sangat baik dalam pembelajaran, beliau menjelaskan materi dengan cara peta konsep seperti digambar sambil menjelaskan, sehingga saya lebih mudah menerima dan memahami materi. Terimakasih Bapak Agus atas bimbingannya, semoga ilmu yang Bapak berikan ke saya bermanfaat didunia dan akhirat.

    BalasHapus
  15. Nama: Erisa Faridatul Maghfiroh
    NIM: A310200160
    Kelas: 3D - PBSI

    Izin menyampaikan jawaban mengenai pertanyaan bapak Agus Budi Wahyudi
    Perkuliahan fonologi yang saya ikuti selama satu semester ini tidak ada yang memberatkan. Bapak Agus selaku pengampu mata kuliah fonologi membersamai kami dalam perkuliahan. Interaksi dari bapak selaku dosen dan kami saat luring memberikan kesan yang baik dan menyenangkan bagi saya.

    Saya merasa senang dapat mengikuti perkuliahan bapak Agus. Hal-hal yang menurut saya meringankan seperti materi yang selalu diunggah di blogspot sehingga dapat diakses dan dipelajari kapan saja. Lalu buku ajar mata kuliah fonetik semester sebelumnya juga sangat membantu dan memberi gambaran mengenai mata kuliah fonologi semester ini. Materi yang disampaikan beliau mudah dipahami dan memberikan poin-poin yang terfokus. Bapak Agus menjelaskan pembelajaran dengan menarik yang sering pula disisipi motivasi-motivasi dan cerita-cerita mengesankan bagi saya. Terima kasih banyak bapak Agus telah memberikan ilmunya kepada kami dan bimbingan selama semester tiga ini.

    BalasHapus
  16. Nama. : Berlianing Megarizki
    NIM. : A310200165
    Menurut saya pribadi selama mengikuti perkuliahan Fonologi baik secara daring maupun luring tidak merasa merasa keberatan, baik dari menerima materi yang telah disampaikan ataupun penugasan. Pembelajaran secara luring menurut saya lebih efektif karena jika ada materi yang belum dipahami bisa langsung ditanyakan.Hal-hal yang meringankan dalam mengikuti perkuliahan fonologi yaitu materi yang akan dipelajari sebelum jadwalnya sudah dikirim di Blog yang bisa dijadikan sebagai rangkuman per bab nya,dan ketika dilaksanakan tugas kelompok dan semuanya bisa diajak untuk berbagi tugas,sehingga tugas yang telah diberikan bisa selesai dengan tepat waktu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.