FONOLOGI KELAS III B PERTEMUAN TERAKHIR

   

FONOLOGI IIIA/B/C/D 2021: PERTEMUAN KEENAM BELAS


Assalamu’alaikum wr. wb.,

Rasa syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya sehingga sampai saat ini kita diberi kesehatan. Semoga semangat, jiwa ingin sukses selalu melekat dalam diri Anda.

 Anda sudah mengikuti perkuliahan Fonologi. Fonologi dalam perkuliahan ini disejajarkan dengan konsep fonemik. Fonem (bunyi bahasa yang fungsional) dikaji dari segi fungsinya, yaitu “mampu membedakan makna”.

Identitas


Nama Mata Kuliah: Fonologi

Kode Mata Kuliah :  IND030202

MK Prasyarat         : Pernah mengikuti perkuliahan Fonetik

SKS                           : 2 (dua)

MK Wajib

Kuliah/resposi/tutorial

 

CPMK

1. mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik (ilmu bahasa).

a. memiliki motivasi, minat, sikap, dan mampu memberikan gambaran jelas bidang fonologi.

b. menemukan, mengutip, dan menjelaskan konsep fonologi.

c. mengenali fonem (phoneme) bahasa sebagai objek kajian fonologi yang berbeda dengan bunyi bahasa (phone).

2. mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan, dan semivokal.

a. menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia.

b. menentukan fonem segmental (vokal, konsonan, dan semivokal) dalam bahasa Indonesia.

c. mendeskripsikan fonem segmental dalam bahasa Indonesia.

3. mampu memahami struktur fonem dalam suku kata (silabel), pemenggalan kata, dan penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

a. menemukan struktur fonem dalam suku  kata.

b. menentukan suku kata dan jenisnya

c.  melakukan pemenggalan kata berdasarkan suku kata dan penulisan kata (sudut morfologis dan ejaan).

d. melaksanakan penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. mampu memahami peristiwa perubahan fonem dalam bahasa Indonesia.

a. menjelaskan kaidah pengucapan bahasa Indonesia

b. menemukan perubahan fonem dalam bahasa Indonesia.

c. menentukan jenis-jenis perubahan fonem (pergantian, pergeseran, dan permutasi) dalam kata.

5. mengenal sistem tulisan

a. mengenali sistem tulisan (ejaan/ortografis) bahasa Indonesia.

b. mengenali sejarah tulisan di dunia.

c. mengali jenis sistem tulisan di dunia.

 

 

Sumber materi perkuliahan:  Materi yang disajikan per pertemuan dan buku fonologi yang bisa Anda jangkau. Handout Fonologi

Nilai: 

a. Ujian Mid Semester

b. Ujian Akhir Semester

c. Tugas /kejujuran

d. Kehadiran/keaktivan

 

Model Perkuliahan: a. Tatap muka (luring) dan b. Daring (geogle meet, wa grup, dan blogspot).

 


Persiapan Ujian Akhir Semeter

Pertama: pahami seluruh materi yang sudah diberikan dalam perkuliahan. Ujian tertulis dilaksanakan secara on-line sesuai petunjuk panitia ujian.

Kedua: cek kembali tugas-tugas yang Anda kerjakan! 

Bila ragu-ragu, maka bisa mengirimkan tugas secara individual (seluruh tugas yang sudah Anda kerjakan).  


 

Selama Anda mengikuti perkuliaha Fonologi apakah Anda merasakan berat? Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan berat! Bagaimanakah Anda mengatasinya?

Sebutkan hal-hal yang Anda rasakan meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi di Semester III ini!

Komentar Anda silakan ditulis sesuai dengan kelas Anda! Semoga yang Anda pelajari selama ini menjadi bekal sebagai calon guru bahasa Indonesia yang unggul. 

Baiklah, marilah kita tutup dengan membaca hamdalah. Wassalamualaikum wr. wb.

Sukoharjo, 5 Januari 2022


Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

 

Komentar

  1. Nama: Dinda Cholifah
    NIM: A310200068
    Selama perkuliahan Fonologi hal yang terkadang memberatkan bagi saya adalah ketika diberikan tugas kelompok pada saat pembelajaran daring, ada kalanya teman sekelompok saya kurang bisa diajak bekerja sama. Biasanya saya mengatasinya dengan memberikan arahan hal-hal apa yang harus dilakukan dengan pembagian tugas. Walau terkadang memberatkan, tetapi adanya tugas kelompok juga meringankan bagi saya, karena bisa saling bertukar pendapat saat mengerjakan sebuah proyek.

    BalasHapus
  2. Nama : ErnaWati
    NIM : A310200105
    Selama perkulihan Fonoologi menurut saya tidak ada hal yang memberatkan bagi saya pribadi, karena setiap tugas yang diberikan masih termasuk dalam batas wajar dan tidak memberatkan bagi saya sebagai mahasiswa. Hal-hal yang menurut saya meringankan dalam mengikuti perkuliahan Fonologi semester 3 ini adalah ketika dilaksanakannya presentasi tugas kelompok secara luring di kampus sehingga para mahasiswa dapat aktif berdiskusi mengenai materi perkuliahan.

    BalasHapus
  3. Nama: Finka Rahmawati
    Nim. : A310200063
    Selama pelajaran Mata kuliah Fonologi yang memberatkan bagi saya yaitu tugas kelompok disaat daring, dengan adanya tugas kelompok daring mempersulit mahasiswa untuk mengerjakan dan berkomunikasi secara baik. Dengan tugas kelompok yang diberikan saya dan teman teman saya mengatasinya dengan saling berkabar untuk menanyakan sampai mana penyelesaian dan memberikan porsi tugas yang sama setiap anggotanya. Hal yang meringankan bagi saya di dalam pelajaran fonologi yaitu ketika dilaksanakan luring atau tatap muka, suasana yang mendukung dengan diadakannya presentasi dan tanya jawab secara luring karena adanya interaksi secara langsung.

    BalasHapus
  4. Nama : Norma Nirmana Apriliadhani HP
    NIM : A310200098
    Kelas : III B

    Selama perkuliahan Mata Kuliah Fonologi, Alhamdullilah saya sendiri tidak ada hal yang memberatkan. Akan tetapi, kadang-kadang perkuliahan daring membuat saya sedikit bingung dalam menangkap informasi. Sedangkan pasa saat perkuliahan dilaksanakan secara luring, menurut saya menyenangkan. Karena bisa bertemu dengan teman-teman dan Pak Agus. Pak Agus pun menjelaskan materi yang terkadang terdapat gurauan juga sehingga informasi yang disampaikan juga lebih mudah dipahami. Menurut saya, kuliah Fonologi lebih efektif dilakukan dengan luring.

    BalasHapus
  5. Nama : Bernicha Andria Dewanti
    NIM : A310200083

    Selama pembelajaran Fonologi, tidak ada hal yang begitu memberatkan bagi saya pribadi. Hanya saja terkadang saya mengalami kesulitan dalam memahami dan mencermati materi. Dengan begitu, saya bisa berkomunikasi dan bertanya kepada teman yang lain serta saya memanfaatkan referensi atau sumber lain untuk mengatasi kesulitan saya.
    Hal-hal yang bisa meringankan dalam pembelajaran Fonologi menurut saya yaitu pembebasan dalam mencari referensi, Pak Agus yang selalu menyempatkan untuk memberikan penjelasan materi baik saat daring dan luring, serta perkuliahan luring yang menyenangkan dan alhamdulillah berjalan lancar.

    BalasHapus
  6. Nama : Nessa Mariska Nurfita Sari
    NIM : A310200096

    Selama saya mengikuti perkuliahan fonologi, menurut saya tidak terasa begitu memberatkan, hanya saja ketika daring terkadang saya merasa sulit memahami materi yang diberikan, untuk mengatasi biasanya saya bertanya kepada teman atau membaca ulang materi yang telah diberikan. Hal yang meringankan perkuliahan fonologi yaitu saat luring, karena Pak Agus dapat menyampaikan materi secara langsung dan dengan cara yang mudah dipahami, pembelajaran juga berlangsung sangat menyenangkan. Terima kasih atas ilmu yang telah Pak Agus berikan selama satu semester.

    BalasHapus
  7. Nama : Eka Dewi Mardiana
    Nim : A310200076
    Kelas : 3.B

    Selama perkuliahan fonologi di satu semster ini, Alhamdulillah saya pribadi tidak merasa berat atau pun terbebani dengan mata kuliah fonologi. Mungkin sedikit pada saat dilaksanaakan pembelajaran Fonologi secara daring membuat saya sedikit kebingungan atau pun sedikit kurang jelas untuk menangkap informasi informasi yang telah di berikan mengenai pembelajaran fonologi, serta terkadang sangat terkesan menjenuhkan. Akan tetapi pada saat perkuliahan luring menurut saya sangat menyenangkan, karena bisa tatap muka secara langsung dan bisa bertanyaa langsung mengenai pembelajaran fonologi dan saya bisa berbagi pengalaman pada teman teman dan bapak Agus. Dan Menurut saya sendiri untuk mata kuliah fonologi lebih menyenangkan apabila dilaksanakan secara luring langsung karena pak agus dalam menyampaikan materi fonologi diselingi dengan senda gurau sehingga kita semua tidak merasa menjenukan dibandingkan dengan perkuliahan daring. Dan serta ilmu yang didapatkan pada saat perkuliahan luring lebih jelas, bermakna dan sangat mudah untuk di pahami.

    BalasHapus
  8. Nama : Frida Ariyani
    NIM : A310200107

    Selama saya mengikuti perkuliahan fonologi, menurut saya tidak terasa begitu memberatkan, hanya saja ketika daring terkadang saya merasa sulit memahami materi yang diberikan, untuk mengatasi biasanya saya bertanya kepada teman atau membaca ulang materi yang telah diberikan. akan tetapi ketika perkuliahan fonologi yaitu saat luring, karena Pak Agus dapat menyampaikan materi secara langsung dan dengan cara yang mudah dipahami, sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  9. Peserta yang lain ditunggu komentar Anda!

    BalasHapus
  10. Nama: Raden Roro Ramadhanty Putri Khoirunissa
    NIM: A310200062

    Menurut saya hal yg memberatkan pada saat perkuliahan fonologi yakni saat mencari referensi materi yang ternyata dari semua referensi diinternet tersebut tidak sesuai dengan maksud Bapak dosen, padahal kami sudah semaksimal mungkin tapi diinternet ditampilkan materi yang berbeda dari materi yang dimaksud terutama saat mendapat tugas kelompok secara daring yang mengharuskan mahasiswa mencari tambahan referensi materi karena materi belum sepenuhnya diberikan. Untuk mengatasinya, kami sekelompok atau saya pribadi memperhatikan penjelasan lebih lanjut saat materi tersebut dibahas agar dapat memahami dengan baik.
    Hal yang meringankan perkuliahan fonologi yakni saat perkuliahan secara luring karena lebih terasa jelas dan puas dalam memperhatikan penyampaian materi dan merasa puas karena kesempatan untuk tanya jawab juga semakin banyak yang tentu dapat menjawab kebingungan dalam memahami materi

    BalasHapus
  11. Nama : Deni Surya Pratama
    NIM : A310200069

    Bagi saya pribadi perkuliahan fonologi itu tidak begitu susah, hanya saja pada awal-awal harus lebih membaca lebih dari satu kali, perkuliahan dengan metode seperti daring memang kurang efektif, mau bertanya sama teman kadang mereka juga tidak faham. Tetapi pada waktu dilaksanakan secara luring perkuliahan terasa senang akan materinya, Bapak Agus menjelaskan materi sedemikian rupa sehingga mahasiswa lebih mudah memahami. Saya ucapkan terima kasih pak atas ilmu yang diberikan pada mata kuliah fonologi kali ini.

    BalasHapus
  12. Nama : Hanifah Fitriyani
    NIM : A310200070
    Kelas : 3B

    Selama pembelajaran fonologi menurut saya tidak ada yang memberatkan, hanya saja jika ada tugas sulit menjangkau jawaban melalui internet karena tidak semua jawaban terdapat di dalam internet. Untuk mengatasinya, saya mencari di sumber lain seperti buku dan tidak mengandalkan dari internet saja.
    Hal yang meringankan saat pembelajaran fonologi yakni Pak Agus menjelaskan materi tersebut secara detail baik secara langsung maupun tidak langsung serta memberikan modul untuk bahan pembelajaran.

    BalasHapus
  13. Nama : Hasna Rofifah
    NIM: A310200093

    Selama mengikuti perkuliahan Fonologi disemester ini saya merasakan banyak manfaat, meskipun ada beberapa hal yang memberatkan selama perkuliahan terutama saat adanya peralihan perkuliahan dari daring ke perkuliahan luring. Mahasiswa mulai harus membangun sikap dan kebiasaan baru dan membuang kebiasan jelek selama perkuliahan daring, juga membangun interaksi antar teman mahasiswa tidaklah mudah bagi sebagai orang. Akan tetapi saya tetap mencoba memberikan yang terbaik selama perkuliahan ini, untuk itu saya sangat banyak belajar dari perkuliahan ini. Sedangkan hal-hal yang menurut saya meringankan perkuliahan ini adalah karena banyaknya teman-teman mahasiswa yang saling mendukung satu sama lain, kinerja masing-masing dari teman-teman mahasiswa, juga pemberian materi dan pesan bermanfaat dari Bapak Agus yang sangat saya hormati, membuat setiap pertemuan perkuliahan menjadi lebih bermakna.

    BalasHapus
  14. Nama : Dewi Astuti
    NIM : A310200099

    Selama mengikuti perkuliahan fonologi semester ini kesulitan yang saya hadapi hanya pada referensi yang diperlukan pada saat kerja kelompok atau individu, karena terkadang di internet tidak sesuai sama apa yang di sampaikan oleh Pak Agus. Tetapi, meskipun demikian saya berusaha semaksimal mungkin agar hasil kerja saya memuaskan. Apalagi pada saat daring untuk memahami materi yang diberikan sangat sulit dan dengan begitu saya harus memahami materi dengan sangat teliti agar paham. Untuk perkuliahan secara luring sendiri saya merasa sangat menyenangkan dan lebih efektif dibandingkan kuliah daring, karena materi yang disampaikan lebih mudah dipahami dan tidak membosankan pada saat mengajar. Terima kasih kepada Pak Agus telah memberikan ilmunya kepada kami semua pada semester 3 ini.

    BalasHapus
  15. Nama : Wahyu Mardaning Hardiyanti
    NIM : A310200065

    Selama saya mengikuti perkuliahan Fonologi, tidak terasa memberatkan, hanya saja ketika daring terkadang saya sulit memahami materi dan tugas, untuk mengatasinya saya akan bertanya pada teman dan membaca kembali buku atau referensi lain. Hal yang meringankan perkuliahan Fonologi adalah ketika kuliah dilaksanakan secara luring, karena dapat berkomunikasi dengan teman dan Pak Agus secara mudah dan penyampaian materi dapat lebih dipahami. Terimakasih Pak Agus atas ilmunya di semester 3 ini.

    BalasHapus
  16. Nama : Yuni Diyan Dari
    Nim : A310200058

    Selama perkuliahan satu semester ini saya rasa tidak merasa terbebani dengan kuliah luring ataupun daring, hanya saja jika berkelompok terkadang kurang efektif bagi saya, karena tidak semua mahasiswa mampu bekerja sama dan bertanggung jawab dengan tugasnya masing masing. Untuk mengatasi masalah tersebut, saya dan teman teman membagi tugas tiap anak dan jika ada yang kurang faham baru didiskusikan bersama-sama.

    BalasHapus
  17. Nama : Zulfa Mabila Herman
    NIM : A310200077

    Selama mengikuti mata kuliah fonologi ini, sebenarnya ada beberapa yang terbebani. Saat daring, banyak kendala yang sering terjadi seperti sinyal yang buruk hal itu membuat pembelajaran daring tidak nyaman dan materi yang disampaikan menjadi tidak begitu paham. Jadi untuk mengatasi nya harus mencari solusi agar ketika perkuliahan daring sinyal tidak buruk. Lalu kemudian, jika luring menurut saya tidak terbebani di mata kuliah fonologi ini, karena dosen dapat menyampaikan secara langsung dan jelas.

    BalasHapus
  18. NAMA : RISMA AISTISYA
    N I M : A310200101

    Selama perkuliah secara daring itu hanya ada sedikit kendala mengenai sinyal jadi saat melakukan meet terkadang terputus putus suaranya jadi penyampaian yang di berikan kurang jelas. Kemudian pembelajaran yang di lakukan secara luring menurut saya tidak ada kenadala karena penyampaian materi yang di berikan sudah sangat jelas.

    BalasHapus
  19. Nama : Ismi Azizah
    NIM. : A310200074

    Selama mengikuti perkuliahan daring fonologi yang memberatkan adalah dalam penguasaan materi. Terkadang kurang bisa memahami isi teks, situasi membosankan. Cara mengatasinya dengan membaca ulang atau bertanya pada teman.
    Hal yang meringankan bagi saya, senang mengikuti perkuliahan secara luring. Karena bisa bertemu dengan teman - teman, bisa mendengarkan materi secara langsung, situasi juga lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  20. Nama : Abidah Ulul 'Azmi
    NIM : A310200094

    Selama mengikuti perkuliahan fonologi, hal yang memberatkan bagi saya adalah mengenai materi pada mata kuliah fonologi yang beberapa masih belum mampu saya mengerti. Adapun keringanan selama menempuh perkuliahan fonologi adalah karena bisa bertemu dan merasakan langsung pembelajaran bersama secara luring sehingga lebih memotivasi untuk belajar fonologi secara praktik dan penjelasan materi lebih mudah dipahami.

    BalasHapus
  21. Nama : Affri Sasanti Dwihana
    NIM : A310200092
    Kelas : 3 B

    Selama pembelajaran Mata Kuliah Fonologi, Alhamdullilah tidak ada hal yang memberatkan menurut saya. Tetapi, kadang-kadang perkuliahan daring membuat saya sedikit bingung dalam menangkap informasi dan susah memahami materi yang disampaikan. Sedangkan saat perkuliahan dilaksanakan secara luring, menurut saya menyenangkan. Karena bisa bertemu dengan teman-teman dan dosen yang pada saat menjelaskan materi terkadang dengan gurauan sehingga informasi yang disampaikan lebih mudah dipahami. Menurut saya, kuliah Fonologi lebih efektif dilakukan dengan luring, karena saat luring materi lebih mudah dipahami dan para mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar.

    BalasHapus
  22. Nama: Putri Ayu Cahyani
    Nim: A310200081
    Selama pelajaran Mata kuliah Fonologi yang memberatkan bagi saya yaitu tugas kelompok disaat daring, dengan adanya tugas kelompok daring mempersulit mahasiswa untuk mengerjakan dan berkomunikasi secara baik. Sedangkan saat perkuliahan dilaksanakan secara luring, menurut saya menyenangkan. Karena bisa bertemu dengan teman-teman dan dosen yang pada saat menjelaskan materi terkadang dengan gurauan sehingga informasi yang disampaikan lebih mudah dipahami.

    BalasHapus
  23. Nama: Fuad Hanafi
    NIM: A310200060

    Alhamdulillah, selama perkuliahan Fonologi saya merasa senang dan mengenai tugas-tugas kelompok pun dapat berjalan dengan baik dan sesuai hasil yang diharapkan, semoga disemester depan dapat mengikuti perkuliahan dengan lebih baik, dan tetap konsisten dalam belajar ilmu bahasa dan sastra di PBSI ini. Aamiin.

    BalasHapus
  24. Nama : Junita Arliniwaty
    NIM : A310200067

    Alhamdulillah selama perkuliahan Fonologi lancar dan mengenai materi terkadang ada yang tidak saya mengerti tetapi saya mencoba untuk mencari. Untuk tugas selama ini tidak pernah memberatkan dan menambah wawasan. Semoga kedepannya saya bisa menjadi lebih baik lagi dan konsisten dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung.

    BalasHapus
  25. Nama : Bayu Dwi Nugroho
    Nim : A310200086
    Kelas : 3B

    Selama perkuliahan fonologi selama ini, saya rasa pada saat dilaksanakan pembelajaran Fonologi secara daring membuat saya kebingungan atau pun kurang jelas untuk menangkap materi yang telah di berikan, serta terkadang sangat membosankan. mata kuliah fonologi lebih bagus dilaksanakan secara luring langsung karena ilmu yang didapatkan pada saat perkuliahan luring lebih jelas, dan mudah untuk di pahami.

    BalasHapus
  26. Nama : Soleh Sundava
    NIM : A310200078

    Assalmualaikum wr.wb saya Soleh Sundava selama mengikuti perkuliahan Fonologi saya tidak merasa berat, pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan lancar.

    Mungkin ada hal-hal yang berat menurut saya seperti perkuliahan yang dilakukan secara daring membuat saya kurang begitu memahami materi yang disampaikan dan terasa menjenuhkan.

    Cara mengatasi hal yang membuat saya berat seperti tidak begitu memahami materi yaitu dengan mengulangi membaca dan mempelajari materi yang sudah disampaikan, mencari sumber belajar atau referensi baru sekaligus bertanya dan berdiskusi bersama teman-teman.

    Sekian dari saya, Terima kasih kepada kepada Pak Agus atas ilmu yang sudah bapak berikan, semoga dapat bermanfaat bagi kami calon guru kedepannya, Aamiin. Mohon maaf jika selama perkuliahan ada perkataan maupun perbuatan yang salah dari kami. Terima kasih Bapak Agus.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.