MATA KULIAH FONETIK II B PERTEMUAN KESEBELAS

 

Selasa, 1 Juni 2021

 

Assalamualaikum wr. wb.

Sebelum mengikuti rincian bahan ini bacalah basmalah. Marilah kita bersyukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat dan hidayah. Doa kita semoga wabah bisa berlalu dan perkuliahan bisa tatap muka di semester depan.

Langkah yang dilaksanakan untuk pertemuan kesebelas ini sebagai berikut.

Pertama, bacalah buku Fonetik (halaman 43 s.d. 53). Pembahasan mengenai bunyi kontoid (konsonan).

Kedua, setelah itu latihan melafalkan bunyi kontoid secara terpisah-pisah sambil merasakan gerakan alat ucap Anda. Selama Anda tidak bisa merasakan apa-apa, artinya ada masalah dalam diri Anda. Latihan terbaik dilakukan berulang-ulang sampai Anda merasakan ada alat artikulasi yang mengelola arus udara dari paru-paru di daerah artikulasi.

Ketiga, hafalkan deskripsi bunyi kontoid. Satu-satu bunyi dirasakan dan dihafalkan daerah artikulasi, titik artikulasi, dan bergetar tidaknya pita-pita suara. Urutan deskripsi bunyi kontoid: (i) konsonan, (ii) posisi artikulasi, (iii) cara artikulasi, (iv) titik artikulasi, dan (iv) bergetar tidaknya pita suara. Kontoid (konsonan) artinya yang dideskripsikan itu bunyi konsonan. Posisi artikulasi artinya daerah dihambatnya arus udara. Cara artikulasi artinya cara yang dipakai untuk menghambat arus udara. Titik artikulasi artinya alat ucap tempat artikulasi. Bergetar tidaknya pita suara artinya saat melafalkan bunyi tersebut pita suara bergetar atau tidak bergetar. Seluruhnya harus bisa dirasakan saat melafalkan bunyi-bunyi. Keunggulan calon guru bahasa mampu merasakan saat melafalkan sehingga diharapkan bisa melayani siswa saat mengadakan latihan melafalkan bunyi bahasa.

Keempat, kerjakan soal latihan (halaman 52-53) secara tertib dan dikumpulkan melalui email: abw186@ums.ac.id

Kelima, sebagai bukti Anda sudah melaksanakan perkuliahan kesebelas (a) buat satu kalimat yang isinya berupa harapan kepada satu teman sekelas, bahwa pertemuan keduabelas akan Anda ajak kerjasama (ditulis dalam komentar di lama/blog ini) dan (b) mengirimkan jawaban langkah keempat (secara email).

 

Materi

Bunyi kontoid (konsonan)

Apabila direnungkan, bunyi bahasa itu tidak terbatas jumlahnya. Belajar tentang bunyi bahasa itu tidak bermanfaat bila hanya bertujuan menghitung jumlah bunyi bahasa. Sangat bermanfaat bila mengetahui karakteristik setiap bunyi, bisa melafalkan bunyi sesuai alat ucap, mahir dalam melatih siswa melafalkan bunyi bahasa. Guru bahasa Indonesi bertanggung jawab terhadap kemahiran melafalkan bunyi bahasa anak didiknya.

Kemahiran bertutur lisan bisa juga dimanfaatkan saat menjalankan berbagai profesi yang membutuhkan kemampuan berlisan. Bayangkan, seorang guru di depan kelas tidak bisa berkualitas dalam melafalkan bunyi bahasa, pasti tugas sebagai guru profesional terganggu. Oleh karena itu, sebelum Anda menjadi guru benar-benar sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Bunyi kontoid itu dihasilkan dengan adanya proses hambatan arus udara yang mengalir dari paru-paru. Secara garis besar ada dua yaitu bersuara dan tidak bersuara, karena diprosesnya ada getaran pita suara. Perhatikan posisi pita suara: terbuka lebar untuk bernafas biasa. Terbuka sedikat untuk menghasilkan bunyi bersuara. Terbuka lebar untuk menghasilkan bunyi tidak bersuara. Selanjutnya ada bunyi nasal dihasilkan dengan proses ada sedikit arus udara yang mengalir di rongga hidung (nose cavity) dan bunyi oral artinya ada hambatan di daerah artikulasi.

Amatilah gambar alat ucap manusia (halaman 32) secara seksama! Ada 25 daerah artikulasi yang menentukan kualitas bunyi bahasa. Penutur yang tidak mengikuti daerah artikulasi saat melafalkan bunyi bahasa mengakibatkan bahasa lisan tidak berkualitas.

Contoh saat melafalkan bunyi [p] : konsonan, rapat lepas tiba-tiba, hambat letup bilabial, tak bersuara. Bibir kondisi tertutup rapat, lalu ada udara yang diletupkan secara tiba-tiba, dan tidak ada getar di pita suara. Bila bibir tidak berposisi seperti itu, maka bunyi yang terdengar tidak berkualitas. Coba Anda melafalkan [p] dengan serius agar hasil bunyi tersebut berkualitas. Bibir bergerak dan tidak boleh kaku.

Cobalah seluruh bunyi kontoid sehingga benar-benar Anda mampu melafalkan seluruh bunyi dengan berkualitas. Semangat berlatih, kemandirian berlatih, dan mengajak teman berkolaborasi dalam saling mengoreksi bunyi yang Anda lafalan bisa dilaksanakan.

Pertemuan kesepuluh mengenai bunyi vokoid (vokal) dan pertemuan kesebelas mengenai bunyi kontoid (konsonan) menjadi satu kesatuan dalam rangka kehebatan Anda melafalkan bunyi bahasa Indonesia.  

Selamat belajar. Selamat berlatih. Selamat merasakan, menikmati, dan memahami setiap bunyi yang dilafalkan. Selamat bekerja sama dengan teman sekelas.  Semoga aktivitas Anda mendapatkan ridho Allah swt.

Marilah mengakhiri perkuliahan ini dengan membaca hamdallah.  Wassalamualaikum wr. wb.  (Agus Budi Wahyudi).

Komentar

  1. Nama : Yuni Diyan Dari
    Nim : A310200058
    Kelas : 2B

    Bagi saya kelompok adalah cara kerja yang terdiri dari beberapa orang, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, setiap anggota saling bekerja sama supaya tercapai tujuan yang diinginkan. Maka dari itu, saya berharap untuk teman sekelas saya yang akan menjadi rekan dalam tugas kelompok yang akan mendatang bisa saling melengkapi dalam mengerjakan tugas kelompok, dan bisa mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab tanpa harus disuruh atau dipaksa agar bisa mengerjakan tugas secara maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang ingin saya ajak kerjasama yaitu Hafida Rochani

      Hapus
  2. Nama: Hafida Rochani
    NIM: A310200053
    Kelas: 2B

    Saya berharap kepada teman sekelas yang akan menjadi satu kelompok dengan saya, bahwa pada pertemuan berikutnya dapat di ajak kerjasama dan berdiskusi dengan baik serta penuh tanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan, bisa saling membantu dan selalu semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang saya ajak kerjasama yaitu Yuni Diyan Dari.

      Hapus
  3. Nama : Finka Rahmawati
    Nim : A310200063
    Kelas : 2B

    Saya berharap terhadap teman sekelas yang menjadi bagian kelompok dengan saya bisa bekerjasama, berdiskusi, dapat menghargai pendapat satu sama lain, toleransi satu sama lain serta menyelesaikan tugas dengan tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang ingin saya ajak bekerjasama yaitu Raden Roro Ramadhanty Putri Khoirunissa.

      Hapus
  4. Nama: Raden Roro Ramadhanty Putri Khoirunissa
    NIM: A310200062
    Kelas: 2B

    Harapan kepada teman sekelas saya, kelompok belajar merupakan upaya mencapai tujuan bersama dengan kerjasama semua akan lebih mudah, walaupun dengan pemikiran, pendapat, dan ide yang berbeda-beda. Namun hal tersebut bukan menjadi penghambat tetapi akan menjadi suatu kesatuan dalam upaya mengembangkan beberapa pendapat menjadi suatu kesimpulan yang dapat disepakati. Sangatlah penting kepada semua anggota kelompok untuk menyuarakan pendapat-pendapatnya. Selain itu, tanggungjawab terhadap pembagian tugas dan bisa mengatur waktu dengan baik juga hal yang penting. Semoga semua turut aktif dalam bekerjasama. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang ingin saya ajak bekerjasama yaitu Finka Rahmawati

      Hapus
  5. Nama : Zulfa Mabila Herman
    NIM : A310200077
    Kelas : 2B


    Saya berharap terhadap teman sekelas yang akan menjadi bagian kelompok dengan saya dapat berdiskusi dengan baik, menghargai pendapat dan saran yang lain, saling membantu apabila ada kesulitan, dan menyelesaikan tugas dengan sikap tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang akan bekerja sama dengan saya adalah Wahyu Mardaning Hardiyanti

      Hapus
  6. Nama : Bayu Dwi Nugroho
    Nim : A310200086
    Kelas : 2B

    Saya berharap kepada teman sekelas yang akan menjadi satu kelompok dengan saya bisa saling melengkapi dalam mengerjakan tugas, saling berdiskusi dengan baik, sama-sama menghargai pendapat dan saran yang lain, saling membantu, dan menyelesaikan tugas dengan sikap tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman yang akan bekerja sama dengan saya nantinya yaitu Hasna Rofifah, Nim A310200093. Saya berharap kita bisa bekerja sama dengan baik dan maksimal.

      Hapus
  7. Nama: Meisyifa Triandiva
    NIM: A310200064
    Kelas: IIB

    Saya berharap kepada siapapun yang nanti akan sekelompok dengan saya, semoga kita bisa memberikan hasil yang semaksimal mungkin dalam mengerjakan tugas yang akan diberikan nanti, dan semoga dengan adanya kelompok, kita bisa lebih mengenal satu sama lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang ingin saya ajak yaitu, Ismi Azizah.

      Hapus
  8. Nama : Wahyu Mardaning Hardiyanti
    NIM : A310200065
    Kelas : II B

    Saya berharap terhadap teman sekelas saya, semoga dapat bekerja sama dengan baik, menerima pendapat satu sama lain dan aktif dalam berdiskusi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang akan bekerja sama dengan saya adalah Zulfa Mabila Herman

      Hapus
  9. Nama : Eka Dewi Mardiana
    NIM : A310200076
    Kelas : 2.B

    Saya berharap kepada teman sekelas yang akan menjadi kelompok saya, dalam berdiskusi agar dapat bekerja sama dan bisa saling tukar pemikiran mengenai materi yang akan di bahas dengan tanggung jawab, dan apabila menemukan kendala atau kesulitan dapat diselesaikan secara bersama sama untuk mencari jalan keluar terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang ingin saya ajak kerjasama yaitu Latifah Nurul Kasanah, Nim A310200052

      Hapus
  10. Nama : Nessa Mariska Nurfita Sari
    NIM : A310200096
    Kelas : 2B

    Saya berharap kepada teman sekelas yang kelak akan menjadi kelompok saya, semoga kegiatan diskusi yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan penuh tanggung jawab, serta dapat saling menghargai antar pendapat yang disampaikan tiap anggota, sehingga diskusi dapat dilakukan secara maksimal dan penuh semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang akan bekerja sama dengan saya yaitu Dewi Astuti

      Hapus
  11. Nama : Bernicha Andria Dewanti
    NIM : A310200083
    Kelas: IIB

    Harapan saya kepada satu teman sekelas yang nantinya menjadi teman sekelompok bersama dengan saya, semoga selalu diberi kesehatan sehingga dapat menjalankan kerja sama yang sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan berkelompok dengan Dinda Cholifah, NIM A310200068

      Hapus
  12. Nama: Fuad Hanafi
    Nim : A310200060
    Kelas: 2B

    Saya berharap kepada teman sekelas saya yang nanti akan menjadi salah satu kelompok dengan saya, agar selalu bersemangat dan senantiasa mempersiapkan materi perkuliahan dengan baik mulai dari saat ini juga, agar dalam berdiskusi nanti dapat berjalan dengan baik dengan saling membantu dan bekerjasama serta sesuai dengan apa yang kita harapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang saya ajak kerjasama dengan saya yakni Frianando Erlangga Nim A310200056, semoga saat bekerjasama dengan saya kita selalu bersemangat serta mendapatkan hasil yang baik dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Nama : Dewi Astuti
    Nim : A310200099
    Kelas : 2B
    Saya berharap kepada teman sekelas saya yang akan menjadi salah satu anggota kelompok, agar dapat berdiskusi dengan baik, dapat saling membantu dalam mempersiapkan materi, kemudian tidak egois agar semuanya berjalan lancar, dan juga selalu semangat dan antusias dalam bekerja sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas saya yang akan bekerjasama dengan saya yaitu Nessa Mariska Nurfita Sari NIM A310200096

      Hapus
  15. Nama : Falia Amaranila Maharani
    Nim : A310200082
    Kelas : 2B

    Saya berharap kepada teman-teman sekelas, khususnya kepada siapapun nanti yang menjadi teman satu kelompok saya. Semoga kita nanti dapat berdiskusi dengan baik serta saling menerima pendapat satu sama lain. Dapat memahami karakter dan kondisi satu sama lain, dan dapat bekerja dengan kompak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang akan bekerja sama dengan saya adalah Mega Ayu Lestari

      Hapus
  16. Nama: Latifah Nurul Kasanah
    NIM: A310200052
    Kelas: II B

    Harapan saya untuk teman-teman sekelas yang nanti akan menjadi patner atau teman kerja sekelompok untuk bisa bekerja sama dengan baik dan penuh tanggungjawab. Selain itu, bisa sling menghargai pendapat anggota satu dnegan anggota lainnya, dan dapat mencari solusi saat menemukan kendala dalam mengerjakan tugas secara bersama-sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang ingin saya ajak bekerja sama adalah Eka Dewi Mardiana, NIM A310200076 semoga bisa bekerja sama dengan baik. Terima kasih.

      Hapus
  17. Nama : Ismi Azizah
    NIM : A310200074
    Kelas : 2B

    Harapannya untuk teman yang nantinya akan menjadi rekan kerjasmaa saya, untuk dapat bersatu, bertanggung jawab, tidak egois, kita saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dan persoalan. Good luck kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang saya ajak kerjasama yaitu Meisyfa Triandiva
      Terimakasih

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Nama : Hasna Rofifah
    NIM : A310200093
    Kelas : IIB

    Kepada teman-teman, khususnya kepada anda yang nantinya akan menjadi rekan satu kelompok bersama saya. Saya sangat berharap aktivitas diskusi kelompok nantinya akan dilakukan dengan penuh semangat, penuh rasa tanggung jawab, juga dilakukan dengan sikap saling menghormati satu sama lain. Saya juga sangat menghargai berbagai pendapat juga kerja keras yang nantinya akan dilakukan sebagai sebuah tim. Supaya tujuan akhir dari aktivitas ini bisa terlaksana dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekan kerja kelompok saya adalah Bayu Dwi Nugroho dengan NIM A310200086.

      Hapus
  20. Nama: Athifah Mulyananda W.L
    NIM: A310200087
    Kelas: 2B

    Harapan untuk teman sekelas sya yang nantinya akan menjadi satu kelompok dengan saya untuk bisa diajak berdikusi dan bekerja sama dalam mengerjakan tugas dan bisa bersama-sama menyelesaikan masalah agar kita bisa mendapatkan nilai yang maksimal.

    BalasHapus
  21. Nama: Dinda Cholifah
    NIM: A310200068
    Kelas: II B

    Saya berharap kepada teman-teman yang nantinya akan menjadi satu kelompok dengan saya untuk bisa bekerja sama dengan baik, bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan dan berusaha dengan semaksimal mungkin dalam mengerjakan tugas tersebut. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman yang saya maksud yang ingin saya ajak bekerja sama adalah Bernicha Andria Dewanti. Semoga kita bisa bekerja sama dengan baik. Terima kasih.

      Hapus
  22. Nama : Dian Pratiwi Mustikaningrum
    NIM : A310200085

    Harapan saya kepada teman-teman yang nantinya akan menjadi satu tim atau kelompok dengan saya, saya harap dapat bekerja sama dengan baik, bertanggung jawab atas tugas masing-masing dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakannya. Terimakasih

    BalasHapus
  23. Nama : Aprilia Dwi Hastuti
    NIM : A310200061
    Kelas : II B

    Saya berharap kepada teman sekelas yang nantinya menjadi kelompok diskusi, semoga diskusi dapat berjalan dengan lancar dan dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang saya ajak untuk menjadi teman diskusi yaitu Putry Ayu Cahyani. Harapan saya semoga dapat bekerjasama dengan sebaik-baiknya.

      Hapus
  24. Nama : Deni Surya Pratama
    NIM : A310200069
    kelas : 2B

    Harapan saya kepada teman yang nantinya menjadi kelompok saya dipertemuan berikutnya, semoga kita dapat berkerja sama, secara aktif, dan dapat memberikan gambaran-gambaran yang nantinya dapat memudahkan kita dalam membahas materi yang diberikan sehingga dapat menyelesaikannya dengan maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman yang ingin saya ajak untuk bekerja sama kali ini adalah Hanifah Fitriyani, harapan saya semoga dapat bekerja sama dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

      Hapus
  25. Nama : Hanifah Fitriyani
    NIM : A310200070
    Kelas : 2B

    Harapan saya kepada teman sekelas hang nantinya akan menjadi kelompok diskusi, saya berharap seluruh anggota kelompok dapat berpartisipasi dengan baik, melakukan tugasnya dengan baik, serta bekerjasama dalam menyelesaikan tugas tersebut sebaik mungkin. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman yang akan bekerja sama dengan saya nantinya yaitu Deni Surya Pratama. Saya berharap kita bisa bekerja sama dengan baik dan maksimal.

      Hapus
  26. Nama : Aida Fitriani
    NIM : A310200091
    Kelas : 2B

    Saya berharap kepada teman sekelas saya yang akan menjadi salah satu anggota kelompok,agar dapat berdiskusi dengan baik,bekerjasama dalam menyelesaikan tugas sebaik mungkin,dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang ingin saya ajak bekerjasama yaitu Annisa Fitriana. Saya berharap kita bisa bekerja sama dengan baik dan maksimal.

      Hapus
  27. Nama : Norma Nirmana Apriliadhani HP
    NIM : A310200098
    Kelas : II B

    Saya berharap kepada teman sekelas yang akan menjadi kelompok saya untuk dapat bertanggung jawab atas tugas kelompok, aktif berdikusi, dan berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan tugas tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang akan saya ajak kerja sama adalah Affri Sasanti Dwihana dengan NIM A310200092.

      Hapus
  28. Nama : Yoga Riyanda
    Nim : A310200084
    Kelas : ll B

    Saya berharap teman sekelas saya yang menjadi salah satu kelompok dapat bertanggung jawab atas tugas kelompok apabila di beri tugas masing masing dapat mengerjakan dengan baik , saling bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik , aktif dalam berdikusi , saling menghargai apabila ada perbedaan pendapat dalam berkerjasama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman yang ingin saya ajak kerjasama yaitu Fauziah Umi Latifah Nim: A310200057

      Hapus
  29. Nama: Annisa Fitriana
    NIM: A310200095
    Kelas: II B

    Harapan saya kepada teman satu kelas yang satu kelompok dengan saya bisa diajak kerja sama, berpartisipasi, dan berdiskusi dengan baik dan aktif serta penuh tanggung jawab. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang ingin saya ajak kerja sama adalah Aida Fitriani

      Hapus
  30. Nama : Alegra Akbar Yogantara
    NIM : A310200073
    Kelas : II B

    "Harapan saya untuk teman kelompok yang akan mendatang, semoga kita semua dapat bekerja sama dengan baik sebagai tim dengan penuh tanggung jawab, aktif dalam menciptakan hal baru, serta yang terpenting saling menghargai, sehingga kita menghasilkan sebuah karya yang maksimal."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang akan bekerja sama dengan saya adalah Soleh Sundava_A310200078

      Hapus
  31. Nama : Mega Ayu Lestari
    NIM : A310200100
    Kelas : ll B

    Saya berharap kepada teman sekelas yang nantinya akan satu kelompok dengan saya pada pertemuan berikutnya, saya harap bisa bekerja sama dengan penuh rasa tanggung jawab dan saling membantu satu sama lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang saya ajak kerja sama yaitu Falia Amaranila Maharani

      Hapus
  32. Nama: Ahnafa Nur Anggoro
    NIM: A310200055
    Kelas: 2B

    Saya harap kepada teman kelas saya yang satu kelompok dengan saya nanti, saya harap bisa bekerja sama dengan penuh tanggung jawab, aktif dalam berdiskusi, dan saling membantu satu sama lain

    BalasHapus
  33. Nama: Affri Sasanti Dwihana
    Nim: A310200092
    Kelas : II B

    Saya berharap kepada teman kelas saya yang satu kelompok dengan saya nanti, saya harap mereka bisa diajak bekerja sama dengan baik dan penuh tanggung jawab dengan apa yang sudah menjadi tugas meraka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang ingin saya ajak untuk kerja sama dalam kelompok yaitu Norma Nirmana Apriliadhani HP

      Hapus
  34. Nama : Fauziah Umi Latifah
    Nim : A310200057

    Saya berharap kepada teman sekelas saya yang nanti akan menjadi salah satu kelompok dengan saya, agar selalu bersemangat dan senantiasa mempersiapkan materi perkuliahan dengan baik mulai dari saat ini juga, agar dalam berdiskusi nanti dapat berjalan dengan baik dengan saling membantu dan bekerjasama serta sesuai dengan apa yang kita harapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang ingin saya ajak kerjasama yaitu Yoga Riyanda, Nim : A310200084

      Hapus
  35. Nama : Laras Kinasih
    NIM : A310200054
    Kelas : B

    Harapan saya kepada teman sekelompok saya yang akan mendatang, semoga kita dapat bekerja sama dengan baik dan juga dapat tanggung jawab dalam hal berdiskusi, juga dapat saling menghargai sesama ketika saling menyuarakan pendapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang ingin saya ajak kerjasama yaitu Abidah Ulul 'Azmi NIM A310200094

      Hapus
  36. Nama : Abidah Ulul 'Azmi
    NIM : A310200094
    Kelas : II B

    Harapan kepada anggota kelompok agar saling menghargai satu sama lain dan bertanggung jawab dengan apa yang telah di sepakati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang ingin saya ajak kerjasama yaitu Laras Kinasih NIM A310200054

      Hapus
  37. Nama : Frianando Erlangga
    NIM : A310200056

    Harapan saya kepada teman sekelas, kelompok belajar merupakan upaya mencapai tujuan bersama dengan kerjasama semua akan lebih mudah, walaupun dengan pemikiran, pendapat, dan ide yang berbeda-beda. Agar dalam berdiskusi nanti dapat berjalan dengan baik dengan saling membantu dan bekerjasama serta sesuai dengan apa yang kita harapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang saya ajak kerjasama dengan saya yakni Fuad Hanafi, NIM : A310200060, semoga saat bekerjasama dengan saya kita selalu bersemangat serta mendapatkan hasil yang baik dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

      Hapus
  38. Nama: Devi Yolanda
    NIM: A310200071

    Harapan saya kepada teman sekelompok saya agar saling bertanggung jawab, saling menghargai satu sama lain, dan juga saling membantu jika ada permasalahan. Semoga dapat berkerjasama dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman satu kelas yang ingin saya ajak kerjasama yaitu Athifah Mulyananda W L, NIM A310200087

      Hapus
  39. Nama : Junita Arliniwaty
    NIM : A310200067

    Saya berharap kepada teman
    sekelas yang akan menjadi satu kelompok dengan saya bisa saling melengkapi dalam mengerjakan tugas, saling berdiskusi dengan baik, sama-sama menghargai pendapat dan saran yang lain, saling membantu, dan menyelesaikan tugas dengan sikap tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang ingin saya ajak bekerjasama yaitu Dian Pratiwi, NIM :
      A310200085

      Hapus
  40. Nama: Putri Ayu Cahyani
    Nim: A310200081

    Saya berharap kepada teman sekelas yang kelak akan menjadi kelompok saya, semoga kegiatan diskusi yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman sekelas yang ingin saya ajak bekerjasama yaitu Aprilia Dwi Hastuti, NIM :
      A310200061

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.