MATA KULIAH FONETIK II C PERTEMUAN KESEBELAS

 

Senin, 31 Mei 2021

 

Assalamualaikum wr. wb.

Sebelum mengikuti rincian bahan ini bacalah basmalah. Marilah kita bersyukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat dan hidayah. Doa kita semoga wabah bisa berlalu dan perkuliahan bisa tatap muka di semester depan.

Langkah yang dilaksanakan untuk pertemuan kesebelas ini sebagai berikut.

Pertama, bacalah buku Fonetik (halaman 43 s.d. 53). Pembahasan mengenai bunyi kontoid (konsonan).

Kedua, setelah itu latihan melafalkan bunyi kontoid secara terpisah-pisah sambil merasakan gerakan alat ucap Anda. Selama Anda tidak bisa merasakan apa-apa, artinya ada masalah dalam diri Anda. Latihan terbaik dilakukan berulang-ulang sampai Anda merasakan ada alat artikulasi yang mengelola arus udara dari paru-paru di daerah artikulasi.

Ketiga, hafalkan deskripsi bunyi kontoid. Satu-satu bunyi dirasakan dan dihafalkan daerah artikulasi, titik artikulasi, dan bergetar tidaknya pita-pita suara. Urutan deskripsi bunyi kontoid: (i) konsonan, (ii) posisi artikulasi, (iii) cara artikulasi, (iv) titik artikulasi, dan (iv) bergetar tidaknya pita suara. Kontoid (konsonan) artinya yang dideskripsikan itu bunyi konsonan. Posisi artikulasi artinya daerah dihambatnya arus udara. Cara artikulasi artinya cara yang dipakai untuk menghambat arus udara. Titik artikulasi artinya alat ucap tempat artikulasi. Bergetar tidaknya pita suara artinya saat melafalkan bunyi tersebut pita suara bergetar atau tidak bergetar. Seluruhnya harus bisa dirasakan saat melafalkan bunyi-bunyi. Keunggulan calon guru bahasa mampu merasakan saat melafalkan sehingga diharapkan bisa melayani siswa saat mengadakan latihan melafalkan bunyi bahasa.

Keempat, kerjakan soal latihan (halaman 52-53) secara tertib dan dikumpulkan melalui email: abw186@ums.ac.id

Kelima, sebagai bukti Anda sudah melaksanakan perkuliahan kesebelas (a) buat satu kalimat yang isinya berupa harapan kepada satu teman sekelas, bahwa pertemuan keduabelas akan Anda ajak kerjasama (ditulis dalam komentar di lama/blog ini) dan (b) mengirimkan jawaban langkah keempat (secara email).

 

Materi

Bunyi kontoid (konsonan)

Apabila direnungkan, bunyi bahasa itu tidak terbatas jumlahnya. Belajar tentang bunyi bahasa itu tidak bermanfaat bila hanya bertujuan menghitung jumlah bunyi bahasa. Sangat bermanfaat bila mengetahui karakteristik setiap bunyi, bisa melafalkan bunyi sesuai alat ucap, mahir dalam melatih siswa melafalkan bunyi bahasa. Guru bahasa Indonesi bertanggung jawab terhadap kemahiran melafalkan bunyi bahasa anak didiknya.

Kemahiran bertutur lisan bisa juga dimanfaatkan saat menjalankan berbagai profesi yang membutuhkan kemampuan berlisan. Bayangkan, seorang guru di depan kelas tidak bisa berkualitas dalam melafalkan bunyi bahasa, pasti tugas sebagai guru profesional terganggu. Oleh karena itu, sebelum Anda menjadi guru benar-benar sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Bunyi kontoid itu dihasilkan dengan adanya proses hambatan arus udara yang mengalir dari paru-paru. Secara garis besar ada dua yaitu bersuara dan tidak bersuara, karena diprosesnya ada getaran pita suara. Perhatikan posisi pita suara: terbuka lebar untuk bernafas biasa. Terbuka sedikat untuk menghasilkan bunyi bersuara. Terbuka lebar untuk menghasilkan bunyi tidak bersuara. Selanjutnya ada bunyi nasal dihasilkan dengan proses ada sedikit arus udara yang mengalir di rongga hidung (nose cavity) dan bunyi oral artinya ada hambatan di daerah artikulasi.

Amatilah gambar alat ucap manusia (halaman 32) secara seksama! Ada 25 daerah artikulasi yang menentukan kualitas bunyi bahasa. Penutur yang tidak mengikuti daerah artikulasi saat melafalkan bunyi bahasa mengakibatkan bahasa lisan tidak berkualitas.

Contoh saat melafalkan bunyi [p] : konsonan, rapat lepas tiba-tiba, hambat letup bilabial, tak bersuara. Bibir kondisi tertutup rapat, lalu ada udara yang diletupkan secara tiba-tiba, dan tidak ada getar di pita suara. Bila bibir tidak berposisi seperti itu, maka bunyi yang terdengar tidak berkualitas. Coba Anda melafalkan [p] dengan serius agar hasil bunyi tersebut berkualitas. Bibir bergerak dan tidak boleh kaku.

Cobalah seluruh bunyi kontoid sehingga benar-benar Anda mampu melafalkan seluruh bunyi dengan berkualitas. Semangat berlatih, kemandirian berlatih, dan mengajak teman berkolaborasi dalam saling mengoreksi bunyi yang Anda lafalan bisa dilaksanakan.

Pertemuan kesepuluh mengenai bunyi vokoid (vokal) dan pertemuan kesebelas mengenai bunyi kontoid (konsonan) menjadi satu kesatuan dalam rangka kehebatan Anda melafalkan bunyi bahasa Indonesia.  

Selamat belajar. Selamat berlatih. Selamat merasakan, menikmati, dan memahami setiap bunyi yang dilafalkan. Selamat bekerja sama dengan teman sekelas.  Semoga aktivitas Anda mendapatkan ridho Allah swt.

Marilah mengakhiri perkuliahan ini dengan membaca hamdallah.  Wassalamualaikum wr. wb.  (Agus Budi Wahyudi).

Komentar

  1. Nama : Frida Ariyani
    Nim : A310200107

    Harapan untuk satu teman sekelas yang akan saya ajak kerja sama adalah tetap tanggung jawab dalam kondisi apapun.

    BalasHapus
  2. Nama : Nurlita Cahyani
    NIM : A310200137
    Kelas : II C

    Saya berharap pada teman saya yang akan saya ajak untuk menjadi rekan kerja sama semoga nantinya kita dapat menyelesaikan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dapat mengoreksi kesalahan satu sama lain serta turut berkontribusi dalam menyelesaikan pemecahan masalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Nurlita Cahyani
      NIM : A310200137
      Kelas : II C

      Saya berharap pada teman saya (Helma Riana NIM A310200118) yang akan saya ajak untuk menjadi rekan kerja sama semoga nantinya kita dapat menyelesaikan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dapat mengoreksi kesalahan satu sama lain serta turut berkontribusi dalam menyelesaikan pemecahan masalah.

      Hapus
  3. Nama : ERNAWATI
    NIM. : A310200105
    Kelas. : 2C

    Saya berharap teman-teman PBSI kelas 2C selalu kompak dan semangat, sehingga dipertemuan selanjutnya kita dapat bekerjasama dengan baik dan penuh tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : ERNAWATI
      NIM. : A310200105
      Kelas. : 2C

      Saya berharap kepada teman saya ( Ellen Austin, NIM: A310200132) semoga kita selalu kompak dan semangat, sehingga dipertemuan selanjutnya kita dapat bekerjasama dengan baik dan penuh tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

      Hapus
  4. Nama: Diza Luthfiani
    NIM : A310200124
    Kelas : 2C

    Saya berharap dalam diskusi kelompok teman-teman bisa bekerja sama dengan baik, bertanggung jawab, dan saling membantu dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Diza Luthfiani
      NIM: A310200124
      Kelas: IIC

      Saya harap kepada teman saya (Hayyu Annafi Warida, NIM A310200128) bisa menjadi rekan kerja sama dengan saya dengan baik, penug tanggung jawab, dapat mengkoreksi satu aama lain dan dapat mencari solusi dalam setiap kesulitan saat diskusi.

      Hapus
  5. Nama : Lanjar Widyaningsih
    Nim : A310200136
    Kelas : 2C

    Saya berharap teman-teman selalu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

    BalasHapus
  6. Nama : Pramudya Ashya Novika Utami
    NIM : A310200115
    Kelas : 2C

    Saya berharap di pertemuan kedua belas, teman-teman saya dapat diajak kerja sama dalam hal kerja kelompok. Saya harap semua dapat berkontribusi dalam diskusi maupun dalam hal pembagian tugas. Saya harap tidak ada yang merasa keberatan dalam melaksanakan kerja kelompok demi mencapai tujuan dan kepentingan bersama. Saya harap teman-teman selalu sehat agar bisa selalu mengikuti kegiatan kerja kelompok. Saya harap semua memiliki rasa tanggungjawab untuk andil dalam kegiatan secara besar. Jika ada kesulitan, saya harap semua bisa mengkomunikasikannya agar masalah cepat diselesaikan. Semoga kita dapat menyelesaikan tugas dengan maksimal dengan adanya kerja sama ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Pramudya Ashya Novika Utami
      NIM : A310200115
      Kelas : II C

      Saya berharap kepada teman saya Yulia Nurlayly A (A310200144) dapat bekerja sama dengan maksimal bersama saya untuk tugas selanjutnya. Semoga kita bisa saling berdiskusi dan mengoreksi satu sama lain.

      Hapus
  7. Nama : Hayyu Annaafi Warida Putri
    NIM : A310200128

    Saya berharap teman - teman dalam diskusi atau apapun itu bisa selalu menjadi rekan kerja sama yang baik, kompak, bertanggung jawab, dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas/masalah yang ada

    BalasHapus
  8. Nama : Melani Regita Putri
    NIM : A310200117
    Kelas : II C

    Harapan untuk teman teman kelas II C. Saya berharap disaat kerja kelompok dapat bekerja sama dengan baik dan tidak hanya satu atau dua orang saja yang bekerja tetapi semua ikut berkontribusi terhadap tugas tersebut dan bertanggung jawab dengan tugas yang sudah di bagi dan disepakati bersama. Jika ada kesulitan dalam menberjamen kita bisa berdiskusi bersama mencari jalan keluar bersama

    BalasHapus
  9. Nama : Divia Faradila
    NIM : A310200141
    Kelas : II C

    Saya berharap di pertemuan kedua belas nanti teman sekelas saya dapat bekerja sama dengan baik saat dalam kelompok, baik itu saat pembagian tugas ataupun saat pengerjaan tugas. Selain itu, saya juga berharap teman sekelas saya dapat bertanggungjawab dan amanah terhadap tugas yang diberikan dan disepakati bersama, serta selalu mengkomunikasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas.

    BalasHapus
  10. Nama: Okky Putri R
    NIM: A310200149

    Saya sangat berharap teman satu kelas saya bisa diajak kerja sama dengan baik, dan saling mendukung memberi semangat kepada teman yang lain, dan tidak mementingkan diri sendiri:))).

    BalasHapus
  11. Nama: Nimah Puji Lestari
    NIM : A310200143
    Kelas : II C

    Saya berharap pada pertemuan selanjutnya teman satu kelas saya dapat diajak bekerja sama dengan baik saat mengerjakan tugas kelompok dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadanya dengan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  12. Nama : Winda Ary Kusumawardhani
    NIM : A310200135
    Kelas : II C

    Saya berharap di pertemuan selanjutnya teman-teman dapat diajak kerja sama dengan baik dalam kerja kelompok. Bertanggung jawab dan saling membantu dalam mengerjakan tugas.

    BalasHapus
  13. Nama : Nafi'atur Rizqiyah
    NIM : A310200104
    Saya berharap temen satu kelas saya dapat diajak kerja sama dengan baik dalam tugas kelompok dan bertanggungjawab atas tugas yang diberikan.

    BalasHapus
  14. Nama : Nofiko Azalea Inzaghi
    NIM : A310200102
    Kelas : II C

    Saya berharap kepada teman-teman kelas II C dipertemuan berikutnya yaitu pertemuan ke-12 semakin kompak dalam hal kerja kelompok karena salah satu cara menjaga kekompakan, yaitu dengan membuat setiap anggota memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugasnya masing masing, dan berusaha untuk bisa menerima kelebihan dan kekurangan setiap anggotanya.

    BalasHapus
  15. Nama :Ajeng Lintang Lutfi'ah
    Nim : A310200113
    Kelas :2C

    Saya berharap supaya teman-teman lebih bersemangat lagi di pertemuan berikutnya, dan lebih bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan.

    BalasHapus
  16. Nama : Dinda Nur Rahmawati
    Nim : A310200109
    Kelas : 2C

    Harapan saya suapaya temen- temen dalam melaksanakan kelompokkan jangan sampai limit nya komunikasi, karena komunikasi lah yang menjadikan kekompakan dalam berkelompok, dan menjadikan suasana kelompok tidak tegang.

    BalasHapus
  17. Nama : Helma Riana
    NIM : A310200118
    Kelas : II C

    Saya berharap kepada teman-teman kelas IIC yang akan menjadi teman kelompok saya agar dapat bekerja sama dengan baik dan penuh tanggung jawab. Apabila menemukan kendala dapat diselesaikan bersama-sama untuk mencari jalan keluar terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Helma Riana
      NIM : A310200118
      Kelas : II C

      Saya berharap kepada teman kelas saya (Dwi Nurfitasari NIM: A310200121) yang akan saya ajak menjadi teman kelompok saya agar dapat bekerja sama dengan baik dan penuh tanggung jawab. Apabila menemukan kendala dapat diselesaikan bersama-sama untuk mencari jalan keluar terbaik.

      Hapus
  18. Nama : Desy Praditasari
    NIM : A310200123
    Kelas : 2C

    Saya berharap kepada teman sekelas yang akan saya ajak kerja sama nantinya bisa bertanggung jawab,kompak,dan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat waktu.

    BalasHapus
  19. Sebut nama teman Anda secara lengkap.

    BalasHapus
  20. Nama: Dina Putri Kinasih
    NIM: A310200111
    Kelas: II C

    Saya berharap pada pertemuan keduabelas nanti teman teman bisa diajak berdiskusi dan melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab serta bisa mengerjakan dengan kompak.

    BalasHapus
  21. Nama: yulia nurlayly a
    NIM: A310200144
    Kelas: II C

    saya berharap kedepannya kelas 2c dapat melaksanakan tugas bersama secara kompak disertai tanggung jawab.

    BalasHapus
  22. Nama: Dwi Nurfitasari
    NIM: A310200121
    Kelas: II C

    Saya berharap kepada teman sekelas saya ( Nurlita Cahyani NIM: A310200137) yang akan menjadi teman diskusi saya, sehingga kita bisa saling tukar pemikiran mengenai materi yang akan dibahas dengan tanggung jawab. Dan bisa menyelesaika kendala atau kesulitan secara bersama-sama.

    BalasHapus
  23. Nama : Anastasya Hasna R
    Nim : A310200134
    Saya berharap agar kami mahasiswa dari kelas 2C selalu diberikan kesehatan sehingga untuk pertemuan pembelajaran virtual selanjutnya bisa terlaksana dengan baik dan saling membantu sama lain . Tidak lupa juga semoga kami bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan bapak/ibu dosen

    BalasHapus
  24. Naman : Risma Aistisya
    NIM : A310200101
    Kelas : IIC

    Saya berharap mahasiswa kelas 2c tetap kompak dalam pembelajaran terutamanya tugas kelompok.

    BalasHapus
  25. Nama : Anisyah Febiola
    Nim : A310200147
    Kelas : IIC

    Saya berharap teman-teman mahasiswa 2c semakin semangat dan kompak kedepannya, dalam pembelajaran individu maupun kelompok.

    BalasHapus
  26. Nama: Azkia Fildza Zhafarina
    NIM: A310200127
    Kelas: II C
    Saya berharap kepada teman saya yang akan saya ajak untuk menjadi teman kelompok pada pertemuan ke-12 , semoga kita bisa mengerjakannya dengan baik, dan sadar akan kewajibannya dalam kelompok.

    BalasHapus
  27. Nama:Akbar Maulana
    NIM:A310200114
    Kelas: II C

    Saya berharap kepada teman-teman kelas C bisa menjadi lebih kompak dan bisa bekerja sama dengan baik pada pertemuan berikutnya, semoga semua diberikan kemudahan dan dn bisa saling membantu.

    BalasHapus
  28. Nama: Bryan Braga Widya Anur'Adha
    NIM: A310200148
    Kelas: II C
    Harapan saya untuk teman-teman kelas C, semoga selalu mempunyai kesadaran yang tinggi dalam bekerja sama serta bertanggung jawab atas kelompoknya.

    BalasHapus
  29. Nama: Fachrul Ramadhan
    NIM : A310200131
    Kelas: II C

    Saya berharap kepada teman saya yang bernama Bryan Braga Widya Anur'Adha dengan NIM A310200148 berkenan untuk saya ajak kerja sama pada pertemuan keduabelas perkuliahan Fonetik yang akan datang.

    BalasHapus


  30. Nama : Dela Oktaviona Surahya
    Nim : A310200126
    Kelas : II C

    Saya berharap teman sekelas saya ( Hayyu Annafi W.P dengan nim A310200128) yang akan menjadi teman diskusi saya dipertemuan selanjutnya dalam mata kuliah Fonetik. Somoga bisa bekerja sama dengan baik dan dapat mengumpulkan tepat waktu.

    BalasHapus
  31. Nama : Riza Nur Azizah
    Nim : A310200103

    Saya berharap kepada teman teman kelas 2C semakin kompak dan semangat dalam pembakaran kelompok maupun individu.dan semoga lebih baik kedepannya lagi.

    BalasHapus
  32. Nama : Dias Azizah
    Nim : A31200120

    saya berharap kepada teman teman 2C semaki kompak dalam mengerjakan kelompok yang dikasih kepada dosen

    BalasHapus
  33. Nama : Hanifa Chyntya Intan Purwaningsih
    Nim : A310200146
    Saya berharap kepada teman-teman sekelas semoga semakin kompak dan bertanggung dalam menyelesaikan tugas baik itu individu ataupun kelompok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Hanifa Chyntya Intan Purwaningsih
      Nim : A310200146
      Saya berharap kepada teman sekelas saya (Anisyah Febiola Nim : A310200146) semoga semakin kompak dan bertanggung dalam menyelesaikan tugas baik itu individu ataupun kelompok.

      Hapus
    2. Nama : Hanifa Chyntya Intan Purwaningsih
      Nim : A310200146
      Saya berharap kepada teman sekelas saya (Anisyah Febiola Nim : A310200147) semoga semakin kompak dan bertanggung dalam menyelesaikan tugas baik itu individu ataupun kelompok.

      Hapus
  34. Nama : Tajuz Zahwa
    Nim : A310200145

    Saya berharap teman-teman sekelas semoga semakin kompak dan semakin solid serta paham akan tanggung jawab sebagai mahasiswa agar bisa kooperatif dan selalu bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok

    BalasHapus
  35. Nama: Ellen Austin
    NIM: A310200132

    harapan saya bersama teman-teman sekelas yaitu semoga kita dapat segera bertemu dan berkenalan secara langsung, tetap jaga kekompakan dan saling memotivasi,sekian terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Ellen Austin
      NIM. : A310200132
      Kelas. : 2C

      Saya berharap kepada teman saya ( Ernawati, NIM: A310200105) semoga kita selalu kompak dan semangat, sehingga dipertemuan selanjutnya kita dapat bekerjasama dengan baik dan penuh tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

      Hapus
  36. Nama : Salma Trisya Pitaloka
    NIM :A310200130

    Saya berharap teman-teman selalu bertanggung jawab dan selalu kompak dalam berdiskusi, juga membantu teman yang kesulitan dalam memahami materi.

    BalasHapus
  37. nama : Mochamad Ozie Pratama Putra
    NIM : A310200138

    Saya berharap kepada teman saya (Tajuz Zahwa, NIM: A310200053) yang bekerja sama dalam pertemuan berikutnya agar bisa bekerja sama dengan baik dan kompak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.