MATA KULIAH FONETIK II A PERTEMUAN KESEBELAS

 

Selasa, 1 Juni 2021

 

Assalamualaikum wr. wb.

Sebelum mengikuti rincian bahan ini bacalah basmalah. Marilah kita bersyukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat dan hidayah. Doa kita semoga wabah bisa berlalu dan perkuliahan bisa tatap muka di semester depan.

Langkah yang dilaksanakan untuk pertemuan kesebelas ini sebagai berikut.

Pertama, bacalah buku Fonetik (halaman 43 s.d. 53). Pembahasan mengenai bunyi kontoid (konsonan).

Kedua, setelah itu latihan melafalkan bunyi kontoid secara terpisah-pisah sambil merasakan gerakan alat ucap Anda. Selama Anda tidak bisa merasakan apa-apa, artinya ada masalah dalam diri Anda. Latihan terbaik dilakukan berulang-ulang sampai Anda merasakan ada alat artikulasi yang mengelola arus udara dari paru-paru di daerah artikulasi.

Ketiga, hafalkan deskripsi bunyi kontoid. Satu-satu bunyi dirasakan dan dihafalkan daerah artikulasi, titik artikulasi, dan bergetar tidaknya pita-pita suara. Urutan deskripsi bunyi kontoid: (i) konsonan, (ii) posisi artikulasi, (iii) cara artikulasi, (iv) titik artikulasi, dan (iv) bergetar tidaknya pita suara. Kontoid (konsonan) artinya yang dideskripsikan itu bunyi konsonan. Posisi artikulasi artinya daerah dihambatnya arus udara. Cara artikulasi artinya cara yang dipakai untuk menghambat arus udara. Titik artikulasi artinya alat ucap tempat artikulasi. Bergetar tidaknya pita suara artinya saat melafalkan bunyi tersebut pita suara bergetar atau tidak bergetar. Seluruhnya harus bisa dirasakan saat melafalkan bunyi-bunyi. Keunggulan calon guru bahasa mampu merasakan saat melafalkan sehingga diharapkan bisa melayani siswa saat mengadakan latihan melafalkan bunyi bahasa.

Keempat, kerjakan soal latihan (halaman 52-53) secara tertib dan dikumpulkan melalui email: abw186@ums.ac.id

Kelima, sebagai bukti Anda sudah melaksanakan perkuliahan kesebelas (a) buat satu kalimat yang isinya berupa harapan kepada satu teman sekelas, bahwa pertemuan keduabelas akan Anda ajak kerjasama (ditulis dalam komentar di lama/blog ini) dan (b) mengirimkan jawaban langkah keempat (secara email).

 

Materi

Bunyi kontoid (konsonan)

Apabila direnungkan, bunyi bahasa itu tidak terbatas jumlahnya. Belajar tentang bunyi bahasa itu tidak bermanfaat bila hanya bertujuan menghitung jumlah bunyi bahasa. Sangat bermanfaat bila mengetahui karakteristik setiap bunyi, bisa melafalkan bunyi sesuai alat ucap, mahir dalam melatih siswa melafalkan bunyi bahasa. Guru bahasa Indonesi bertanggung jawab terhadap kemahiran melafalkan bunyi bahasa anak didiknya.

Kemahiran bertutur lisan bisa juga dimanfaatkan saat menjalankan berbagai profesi yang membutuhkan kemampuan berlisan. Bayangkan, seorang guru di depan kelas tidak bisa berkualitas dalam melafalkan bunyi bahasa, pasti tugas sebagai guru profesional terganggu. Oleh karena itu, sebelum Anda menjadi guru benar-benar sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Bunyi kontoid itu dihasilkan dengan adanya proses hambatan arus udara yang mengalir dari paru-paru. Secara garis besar ada dua yaitu bersuara dan tidak bersuara, karena diprosesnya ada getaran pita suara. Perhatikan posisi pita suara: terbuka lebar untuk bernafas biasa. Terbuka sedikat untuk menghasilkan bunyi bersuara. Terbuka lebar untuk menghasilkan bunyi tidak bersuara. Selanjutnya ada bunyi nasal dihasilkan dengan proses ada sedikit arus udara yang mengalir di rongga hidung (nose cavity) dan bunyi oral artinya ada hambatan di daerah artikulasi.

Amatilah gambar alat ucap manusia (halaman 32) secara seksama! Ada 25 daerah artikulasi yang menentukan kualitas bunyi bahasa. Penutur yang tidak mengikuti daerah artikulasi saat melafalkan bunyi bahasa mengakibatkan bahasa lisan tidak berkualitas.

Contoh saat melafalkan bunyi [p] : konsonan, rapat lepas tiba-tiba, hambat letup bilabial, tak bersuara. Bibir kondisi tertutup rapat, lalu ada udara yang diletupkan secara tiba-tiba, dan tidak ada getar di pita suara. Bila bibir tidak berposisi seperti itu, maka bunyi yang terdengar tidak berkualitas. Coba Anda melafalkan [p] dengan serius agar hasil bunyi tersebut berkualitas. Bibir bergerak dan tidak boleh kaku.

Cobalah seluruh bunyi kontoid sehingga benar-benar Anda mampu melafalkan seluruh bunyi dengan berkualitas. Semangat berlatih, kemandirian berlatih, dan mengajak teman berkolaborasi dalam saling mengoreksi bunyi yang Anda lafalan bisa dilaksanakan.

Pertemuan kesepuluh mengenai bunyi vokoid (vokal) dan pertemuan kesebelas mengenai bunyi kontoid (konsonan) menjadi satu kesatuan dalam rangka kehebatan Anda melafalkan bunyi bahasa Indonesia.  

Selamat belajar. Selamat berlatih. Selamat merasakan, menikmati, dan memahami setiap bunyi yang dilafalkan. Selamat bekerja sama dengan teman sekelas.  Semoga aktivitas Anda mendapatkan ridho Allah swt.

Marilah mengakhiri perkuliahan ini dengan membaca hamdallah.  Wassalamualaikum wr. wb.  (Agus Budi Wahyudi).

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama : Fani Devikasari
    NIM : A310200004

    Teruntuk teman yang satu kelompok dengan saya, semoga kita dapat bekerja sama dengan baik kedepannya,saling bertukar ilmu pengetahuan,saling amanah dalam memgerjakan tugas kelompok,saling membantu, dan saling bermanfaat bagi satu sama lain.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nama :Garnis Al Widyatri
    Nim :A310200031
    Kelas :2A

    Untuk teman sekelompok saya nanti, saya harap kita dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Saling membantu jika ada kesulitan satu sama lain, kompak berdiskusi tentang materi yang telah diberikan, dan aktif dalam mengajukan pendapat-pendapat agar kelompok kita mendapatkan nilai yang maksimal.

    BalasHapus
  5. Nama : Fachrunnisa Asshidiq
    Nim : A310200046

    Untuk teman-teman satu kelas yang nanti satu kelompok dengan saya tetap Semangat dan jaga kesehatan, jaga kekompakan, semoga tugas bisa dikerjakan dengan baik dan lancar.

    BalasHapus
  6. Nama : Rifky Dhimas N
    NIM : A310200020

    Harapan saya bagi teman-teman yang sekelompok dengan saya bisa saling membantu, bisa jaga mood dan tidak ada yang merasa paling jago

    BalasHapus
  7. Nama : Ahmad Sani Saefur Rohman
    Nim : A310200042

    Harapan saya Untuk teman yang sekelompok satu kelas dengan saya semoga kedepanya agar kita jadi lebih kompak dan saling mbantu hingga solid lagi dalam solidaritas nya sehingga dapat tercapai sebuah tujuan yang baik kedepanya

    BalasHapus
  8. Nama : Kurniati Ayu Ningsih
    NIM : A310200044

    Untuk teman-teman satu kelompok saya tetap semangat jaga kesehatan dan semoga kita bisa bekerja sama dengan baik dan saling membantu.

    BalasHapus
  9. Nama : Tifani Puspa Kristalliana
    NIM : A310200014

    untuk teman-teman yang satu kelompok dengan saya, saya berharap kita bisa bekerja sama dengan baik, saling membantu, selalu kompak, dan saling memberi semangat. Dan tetap menjaga komunikasi untuk kedepannya.

    BalasHapus

  10. Nama : Fitri Nur Hayati
    NIM : A310200034
    Saya berharap kepada teman saya Ainun Qolbi M.F, semoga dipertemuan keduabelas nanti kita bisa menjadi partner kerjasama yang solid, bertanggung jawab dengan tugas masing-masing, selalu kompak dalam mengerjakan tugas yang di berikan dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain.

    BalasHapus
  11. Nama : Aliffia Khoirinnisa
    Nim : A310200003

    Harapan saya untuk teman-teman kelompok saya nanti agar dapat saling bekerjasama, berperan aktif, dan bersemangat mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  12. Nama: ZamZam Nurahman
    NIM: A310200028


    Semoga teman saya mampu saling bergandengan tangan, meredakan ego, serta menjalin hubungan yang hangat antar sesama.

    BalasHapus
  13. Nama : Arinda Oktaviyana Sari
    Nim : A310200007

    Untuk teman teman saya nanti, satu kelompok dengan saya, saya harap kita bisa saling membantu satu sama lain dan kerja sama nya yang kompak. membantu temannya yang kesulitan dan bersemangat mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  14. Nama : Ari Diah Nur Ayuni
    Nim : A310200041

    Harapan saya untuk teman sekelompok saya nanti semakin semangat dan kompak kedepanya, sehingga dapat diajak kerja sama dengan baik dalam tugas kelompok dan bertanggungjawab atas tugas yang diberikan.

    BalasHapus
  15. Nama: Rohadatul Aisy Agung Fauziah
    Nim: A310200001

    Harapan saya untuk teman yang sekelompok dengan saya nanti bisa saling membantu jika ada kesulitan, kompak berdiskusi tentang materi yang telah diberikan, dan aktif bekerja sama dalam kelompok.

    BalasHapus
  16. NAMA : M. ALIP SAMSUDIN KABUT
    NIM : A310160082
    KELAS : 2A

    Harapan saya untuk teman kelompok nantinya yaitu bisa saling kompak, solid, aktif dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  17. Nama : Febrian Fahry Ihkwani
    Nim : A310200023

    Saya berharap kepada teman sekelas yang akan kerja sama kelompok nantinya dengan saya bisa bertanggung jawab, disiplin, amanah, kompak,dan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat waktu.

    BalasHapus
  18. Nama : Eva Abripda Pristiawati
    Nim : A310200011

    Harapan saya untuk teman sekelas yang nantinya akan sekelompok dengan saya nanti dapat bekerja sama dengan baik, saling membantu, dan dapat mengerjakan tugas yang diberikan nanti dengan lancar

    BalasHapus
  19. Nama : Akbar Duta Pamungkas
    Nim : A310200013

    Harapan saya bagi partner saya satu kelompok semoga bisa menjadi partner yang solid dan semoga dapat menjadi partner yang bertanggungjawab.

    BalasHapus
  20. Nama : Ath Thaariq Rahma Syahrita
    NIM : A310200045

    Saya berharap untuk teman sekelas yang nanti akan sekelompok dengan saya, saya berharap bisa kompak, saling membantu, dapat kerja sama satu sama lain agar tugas yang diberikan dapat terselesaikan secara bersama.

    BalasHapus
  21. Nama: Muhamad Arif Purwantoro
    NIM: A310200030
    Kelas: 2A

    Saya berharap kepada teman sekelas yang akan menjadi satu kelompok dengan saya dapat di ajak kerjasama dan berdiskusi dengan baik serta penuh tanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan bisa saling membantu serta selalu semangat.

    BalasHapus
  22. Nama: Hilmy Aditya Nugraha
    Nim:A310150029

    Untuk teman sekelompok saya, mohon dengan sangat untuk kita saling kompak, dan saling bekerja sama saat berdiskusi nantinya, dan bertanggung jawab saat mengerjakan soal yang di beri dosen.

    BalasHapus
  23. Nama : Nurjanah
    NIM : A310200049

    Untuk teman sekelas yang nanti menjadi satu kelompok dengan saya, saya harap kita dapat bekerja sama dengan baik, saling mensuport dan membantu, dan meredakan ego agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

    BalasHapus

  24. Nama: Ainun Qolbi M.F
    NIM: A310200022
    Kelas: 2A

    Untuk temanku Fitri Nur Hayati Jika kita satu kelompok semoga kita dapat berkerjasama dengan baik dan saling bantu membantu dengan anggota kelompok.

    BalasHapus
  25. Nama : Nindya Puspita Dewanti
    NIM : A310200005
    Kelas : 2A

    untuk teman sekelas, yang nantinya menjadi satu kelompok dengan saya, saya harap kita dapat bekerja sama dengan baik, saling mensuport dan membantu satu sama lain, dan meredakan ego agar dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik.

    BalasHapus
  26. Nama : Siti Nur Khasanah
    NIM : A310180118
    Kelas : 2A

    Untuk teman-teman sekelas yang termasuk dalam kelompok saya, saya harap dapat mengerjakan secara bersama-sama dan saling menguntungan dan juga penuh semangat.

    BalasHapus
  27. Nama : Arinda Risky R
    NIM : A310200027
    Kelas : 2A

    Saya harap saya dan teman kelompok dapat bersemangat dalam mengerjakan tugas dengan baik.

    BalasHapus
  28. Nama : Aulia Nisatul Arifah
    NIM : A310200024
    Kelas : 2A

    Saya berharap kepada teman satu sekelas yang akan menjadi kelompok saya dalam berdiskusi dapat bekerja sama dengan baik dan bisa saling tukar pemikiran mengenai materi yang akan di bahas serta tidak lepas atas tanggung jawabnya. Apabila terdapat kendala atau kesulitan dapat diselesaikan secara bersama-sama

    BalasHapus
  29. Nama :Fahesta Sonia Adistiyani
    NIM :A310200018

    Saya berharap Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, setiap anggota kelompok harus bisa bekerja sama dan saling bahu-membahu untuk menyelesaikan tugas dengan baik

    BalasHapus
  30. Nama:Tiara anggun safitri
    Nim:A310200035
    Saya berharap mendapat teman kelompok yang semangat agar mengerjakan tugas dengan baik

    BalasHapus
  31. Nama : Isyti Maunun Indras Safitri
    Nim : A310200039
    Kelas : ll A

    Saya berharap kepada teman yang akan kerja sama kelompok nantinya dengan saya bisa melakukannya dengan baik, bertanggung jawab, profesional dalam melakukan tugas dan selalu amanah, dan dapat menyelesaikan tugas tanpa melewati batas waktu yang telah diberikan.

    BalasHapus
  32. Nama : Cahyaning Ridho Tulaini
    NIM : A310200038
    Kelas : 2A

    Saya berharap dalam diskusi kelompok bisa selalu menjadi rekan kerja sama yang baik, kompak, bertanggung jawab, dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas/masalah yang ada serta selalu mengkomunikasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas kepada kelompoknya.

    BalasHapus
  33. Nama: Endah Setiyowati
    NIM: A310200036
    Kelas: 2A

    Saya berharap teman sekelas saya selalu kompak dan menyenangkan. Dalam mengerjakan tugas kelompok saya berharap teman-teman mau saling berdiskusi dan bertukar pikiran serta bertanggung jawab dengan apa yang akan dikerjakan.

    BalasHapus
  34. Nama : Yusuf Rozin
    NIM : A310200040
    Kelas : 2A

    Saya berharap kepada siapapun yang nanti akan sekelompok dengan saya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan menjaga kesehatan maka kita bisa memberikan hasil yang semaksimal mungkin dalam mengerjakan tugas yang akan diberikan nanti, dan semoga dengan adanya kelompok, kita bisa saling bertukar pikiran dan pendapat.

    BalasHapus
  35. Nama: Fera Cindy Ardila
    NIM: A310180192
    Kelas: 2A

    Harapan saya untuk teman sekelompok, semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiat serta diberikan kemudahan dalam mengerjakan tugas-tugas yang akan diberikan dan dapat melakukan kerja sama dengan baik.

    BalasHapus
  36. Nama : Fanesa Narulita
    Nim : A310200043
    Kelas : 2A

    Harapan saya untuk teman kelompok satu kelas semoga dapat kompak dan bisa menyelesaikan tugas fonetik dengan baik.

    BalasHapus
  37. Nama : Fanesa Narulita
    Nim : A310200043
    Kelas : 2A

    Harapan saya untuk teman kelompok satu kelas semoga dapat kompak dan bisa menyelesaikan tugas fonetik dengan baik.

    BalasHapus
  38. Nama: Rika Purwanti
    Nim: A310170053
    Kelas: 2A

    Teruntuk teman sekelompok saya nanti, saya berharap kita bisa bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Siap bertukar pikiran dan pendapat, agar menemukan jawaban yang paling tepat, sehingga akan memperoleh nilai yang teramat 'baik'.

    BalasHapus
  39. Nama : Cahaya Rahmadika Firdaus
    NIM : A310200016
    Kelas : 2A

    Harapan saya terhadap teman-teman yang tergabung dalam satu kelompok dengan saya, semoga dapat terjaga kekompakannya, solidaritas dan saling membantu untuk mengerjakan sebuah permasalahan, saling mengemukakan pendapat dan saling aktif berpartisipasi dalam kelompok.

    BalasHapus
  40. Nama : agung arifin
    Nim : A310200006
    Kelas : 2a

    Untuk temen sekelompok saya ini bukn hanya harapn tapi jg anjuran kekompakan adalah hal yg pertama harus di terapkan

    BalasHapus
  41. Nama : Erin Arindha
    Nim : A310200033
    Kelas : 2A

    Harapan saya kepada teman-teman kelompok nantinya bisa saling bekerja sama, bertanggung jawab atas tugas masing masing, saling support dan harus semangat.

    BalasHapus
  42. Nama : Rohman ustad diyanta
    Nim : A310200021
    Harapan saya terhadap teman sekelompok saya nantinya semoga dapat bertanggung jawab atas tugasnya dan saling membantu agar terciptanya kerjasama kelompok yang baik

    BalasHapus
  43. Nama : Nur Lailatul Hibatullah Trisnanda
    NIM : A310170030
    Kelas : 2.A

    Saya berharap kepada teman sekelas yang nantinya akan satu kelompok dengan saya pada pertemuan berikutnya, saya harap bisa bekerja sama dengan penuh rasa tanggung jawab dan saling membantu satu sama lain.

    BalasHapus
  44. Nama: Dewi Agustina
    NIM: A310180105
    Kelas: II A

    Harapan saya untuk teman sekelas yang nanti jika ada tugas kelompok lebih kompak dan cekatan dalam mengerjakan tugas

    BalasHapus
  45. Nama: Ratna Puspaningrum
    NIM: A310180101
    Kelas: II A
    Harapan saya terhadap teman sekelompok, agar dapat bekerjasama dan kompak dalam menyelesaikan tugas supaya memperoleh hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  46. nama : Luqman Ihsannur Khoir
    nim : A310180099
    Kelas : IIA
    harapan saya terhadap kelompok saya semoga di dalam satu kelompok bisa saling kompak dan saling membantu berkerja sama dengan tujuan yang sama serta sungguh-sungguh

    BalasHapus
  47. Nama : Nuskhatul Huwaida Umi Astutik
    NIM : A310180100
    Kelas : II A

    Saya berharap teman kelompok dapat menjalin kerja sama yang baik, penuh semangat serta bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh Dosen dengan baik

    BalasHapus
  48. Nama : Sindy Salsabila
    NIM : A310200029
    Kelas : 2A

    Untuk teman-teman yang satu kelompok dengan saya, semoga kita dapat bekerja sebagai tim yang baik dan menjaga komunikasi satu sama lain agar tidak terjadi kesalah pahaman.

    BalasHapus
  49. Nama : Sindy Salsabila
    NIM : A310200029
    Kelas : 2A

    Untuk teman-teman yang satu kelompok dengan saya, semoga kita dapat bekerja sebagai tim yang baik dan menjaga komunikasi satu sama lain agar tidak terjadi kesalah pahaman.

    BalasHapus
  50. Nama : Lala Kartika Sandra
    NIM : A310170017
    Kelas: 2A

    Teruntuk teman sekelompok, semoga kita dapat saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas supaya memperoleh hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  51. Nama : Mahesa Agam Perbawa
    Nim : A310200012
    Kelas : 2A

    Harapan saya kepada teman-teman kelompok nantinya bisa saling bekerja sama, dan semangat serta memahami satu sama lain

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.