MATA KULIAH FONETIK II D PERTEMUAN KESEBELAS

 

Senin, 31 Mei 2021

 

Assalamualaikum wr. wb.

Sebelum mengikuti rincian bahan ini bacalah basmalah. Marilah kita bersyukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat dan hidayah. Doa kita semoga wabah bisa berlalu dan perkuliahan bisa tatap muka di semester depan.

Langkah yang dilaksanakan untuk pertemuan kesebelas ini sebagai berikut.

Pertama, bacalah buku Fonetik (halaman 43 s.d. 53). Pembahasan mengenai bunyi kontoid (konsonan).

Kedua, setelah itu latihan melafalkan bunyi kontoid secara terpisah-pisah sambil merasakan gerakan alat ucap Anda. Selama Anda tidak bisa merasakan apa-apa, artinya ada masalah dalam diri Anda. Latihan terbaik dilakukan berulang-ulang sampai Anda merasakan ada alat artikulasi yang mengelola arus udara dari paru-paru di daerah artikulasi.

Ketiga, hafalkan deskripsi bunyi kontoid. Satu-satu bunyi dirasakan dan dihafalkan daerah artikulasi, titik artikulasi, dan bergetar tidaknya pita-pita suara. Urutan deskripsi bunyi kontoid: (i) konsonan, (ii) posisi artikulasi, (iii) cara artikulasi, (iv) titik artikulasi, dan (iv) bergetar tidaknya pita suara. Kontoid (konsonan) artinya yang dideskripsikan itu bunyi konsonan. Posisi artikulasi artinya daerah dihambatnya arus udara. Cara artikulasi artinya cara yang dipakai untuk menghambat arus udara. Titik artikulasi artinya alat ucap tempat artikulasi. Bergetar tidaknya pita suara artinya saat melafalkan bunyi tersebut pita suara bergetar atau tidak bergetar. Seluruhnya harus bisa dirasakan saat melafalkan bunyi-bunyi. Keunggulan calon guru bahasa mampu merasakan saat melafalkan sehingga diharapkan bisa melayani siswa saat mengadakan latihan melafalkan bunyi bahasa.

Keempat, kerjakan soal latihan (halaman 52-53) secara tertib dan dikumpulkan melalui email: abw186@ums.ac.id

Kelima, sebagai bukti Anda sudah melaksanakan perkuliahan kesebelas (a) buat satu kalimat yang isinya berupa harapan kepada satu teman sekelas, bahwa pertemuan keduabelas akan Anda ajak kerjasama (ditulis dalam komentar di lama/blog ini) dan (b) mengirimkan jawaban langkah keempat (secara email).

 

Materi

Bunyi kontoid (konsonan)

Apabila direnungkan, bunyi bahasa itu tidak terbatas jumlahnya. Belajar tentang bunyi bahasa itu tidak bermanfaat bila hanya bertujuan menghitung jumlah bunyi bahasa. Sangat bermanfaat bila mengetahui karakteristik setiap bunyi, bisa melafalkan bunyi sesuai alat ucap, mahir dalam melatih siswa melafalkan bunyi bahasa. Guru bahasa Indonesi bertanggung jawab terhadap kemahiran melafalkan bunyi bahasa anak didiknya.

Kemahiran bertutur lisan bisa juga dimanfaatkan saat menjalankan berbagai profesi yang membutuhkan kemampuan berlisan. Bayangkan, seorang guru di depan kelas tidak bisa berkualitas dalam melafalkan bunyi bahasa, pasti tugas sebagai guru profesional terganggu. Oleh karena itu, sebelum Anda menjadi guru benar-benar sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Bunyi kontoid itu dihasilkan dengan adanya proses hambatan arus udara yang mengalir dari paru-paru. Secara garis besar ada dua yaitu bersuara dan tidak bersuara, karena diprosesnya ada getaran pita suara. Perhatikan posisi pita suara: terbuka lebar untuk bernafas biasa. Terbuka sedikat untuk menghasilkan bunyi bersuara. Terbuka lebar untuk menghasilkan bunyi tidak bersuara. Selanjutnya ada bunyi nasal dihasilkan dengan proses ada sedikit arus udara yang mengalir di rongga hidung (nose cavity) dan bunyi oral artinya ada hambatan di daerah artikulasi.

Amatilah gambar alat ucap manusia (halaman 32) secara seksama! Ada 25 daerah artikulasi yang menentukan kualitas bunyi bahasa. Penutur yang tidak mengikuti daerah artikulasi saat melafalkan bunyi bahasa mengakibatkan bahasa lisan tidak berkualitas.

Contoh saat melafalkan bunyi [p] : konsonan, rapat lepas tiba-tiba, hambat letup bilabial, tak bersuara. Bibir kondisi tertutup rapat, lalu ada udara yang diletupkan secara tiba-tiba, dan tidak ada getar di pita suara. Bila bibir tidak berposisi seperti itu, maka bunyi yang terdengar tidak berkualitas. Coba Anda melafalkan [p] dengan serius agar hasil bunyi tersebut berkualitas. Bibir bergerak dan tidak boleh kaku.

Cobalah seluruh bunyi kontoid sehingga benar-benar Anda mampu melafalkan seluruh bunyi dengan berkualitas. Semangat berlatih, kemandirian berlatih, dan mengajak teman berkolaborasi dalam saling mengoreksi bunyi yang Anda lafalan bisa dilaksanakan.

Pertemuan kesepuluh mengenai bunyi vokoid (vokal) dan pertemuan kesebelas mengenai bunyi kontoid (konsonan) menjadi satu kesatuan dalam rangka kehebatan Anda melafalkan bunyi bahasa Indonesia.  

Selamat belajar. Selamat berlatih. Selamat merasakan, menikmati, dan memahami setiap bunyi yang dilafalkan. Selamat bekerja sama dengan teman sekelas.  Semoga aktivitas Anda mendapatkan ridho Allah swt.

Marilah mengakhiri perkuliahan ini dengan membaca hamdallah.  Wassalamualaikum wr. wb.  (Agus Budi Wahyudi).

Komentar

  1. Nama : Yeppi Apriliany
    NIM : A310200178
    Kelas : 2D

    Saya berharap kepada teman sekelas yang akan menjadi anggota kelompok saya dapat bekerja sama serta bertanggungjawab terhadap tugas yang akan diberikan pada pertemuan keduabelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berharap kepada Berlianing Megarizki dapat bekerja sama serta bertanggungjawab terhadap tugas yang akan diberikan pada pertemuan keduabelas.

      Hapus
  2. Nama : Wigati Hidayana Fajri
    NIM : A310200162

    Harapan untuk teman saya tetap menjaga semangat, saling membatu dan berkerja sama.

    BalasHapus
  3. Nama : Isnaini Nurjanah
    Nim : A310200195
    Kelas : II D

    Saya berharap dipertemuan selanjutnya teman yang akan menjadi kelompok saya dapat bekerjasama dan bertanggung jawab secara baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berharap Renalita Adesyah Putri Darmadi dapat bekerjasama dengan saya dalam pertemuan selanjutnya dengan baik san bertanggung jawab

      Hapus
  4. Nama : Fitri Anisa
    NIM : A310200181


    Saya berharap pada pertemuan keduabelas nanti, teman-teman yang akan menjadi kelompok saya dapat berkontribusi dan bekerja sama secara maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Fitri Anisa
      NIM : A310200181

      Saya berharap pada pertemuan keduabelas nanti, Marista Bela Octaviana yang akan menjadi kelompok saya dapat berkontribusi dan bekerja sama secara maksimal.

      Hapus
  5. Nama : Indah Khasanah
    NIM : A310200156
    Kelas : II D

    Hai, dipertemuan selanjutnya nanti mari sama-sama belajar, saling berbagi pemahaman, dan berdiskusi sehingga kita bisa lebih akrab sebagai teman serta pemahama Keilmuan fonetik kita menjadi lebih dalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (Revisi)

      Nama : Indah Khasanah
      NIM : A310200156
      Kelas : II D

      Fayza Swandari, pada pertemuan selanjutnya nanti mari sama-sama belajar, saling berbagi pemahaman, dan berdiskusi sehingga kita bisa lebih akrab sebagai teman serta pemahama keilmuan fonetik kita menjadi lebih dalam.

      Hapus
  6. Nama : Marista Bela Octaviana
    Nim : A310200177
    Kelas : 2D

    Harapan saya untuk pertemuan ke duabelas nanti, teman sekelas yang akan menjadi kelompok saya semoga dapat bekerja sama dan mempunyai tanggung jawab masing-masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Marista Bela Octaviana
      Nim : A310200177
      Kelas : 2D

      Harapan saya untuk pertemuan ke duabelas nanti, Fitri Anisa yang akan menjadi kelompok saya, semoga dapat bekerja sama dan mempunyai tanggung jawab masing-masing

      Hapus
  7. Nama. : Berlianing Megarizki
    NIM. : A310200165
    Kelas. : 2D

    Saya berharap untuk pertemuan selanjutnya agar kerjasamanya tetap dijaga dan terus semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama. : Berlianing Megarizki
      NIM. : A310200165
      Kelas. : 2D

      Saya berharap untuk pertemuan selanjutnya agar kerjasamanya tetap dijaga dan terus semangat. Teruntuk Yeppi Apriliany semoga bisa berkerjasama dengan baik dalam satu tim.

      Hapus
  8. Nama : Nurhana Lisna Linawati
    Nim    : A310200191
    Kelas  : 2D

    Saya berharap kepada teman yang akan menjadi satu kelompok bisa mengerjakan tugas bersama dengan baik dan saling bekerjasama serta mampu berkomitmen mengerjakan dengan sungguh-sungguh agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berharap kepada teman saya anggun oktavia jika menjadi satu kelompok bisa mengerjakan tugas bersama dengan baik dan saling bekerjasama serta mampu berkomitmen mengerjakan dengan sungguh-sungguh agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

      Hapus
  9. Nama : Munika Nendriyani
    NIM : A310200166

    Harapan saya semoga teman yang akan saya ajak kerjasama bisa dapat berkerja sama dengan baik, bertanggung jawab, saling membantu, mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  10. Nama : Ananda Nur Aprilia Ika Widyaningsih
    NIM : A310200154
    Kelas : II D

    Harapan saya untuk teman-teman pada pertemuan yang akan datang jika kita kerja kelompok. Semoga kita dapat berkontribusi satu sama lain, saling bekerja sama, dan saling bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Ananda Nur Aprilia Ika Widyaningsih
      NIM : A310200154
      Kelas : II D

      Harapan saya untuk Safitri Anasari pada pertemuan yang akan datang jika kita kerja kelompok. Semoga kita dapat berkontribusi satu sama lain, saling bekerja sama, dan saling bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan

      Hapus
  11. Nama: Anggun Oktavia
    NIM: A310200192
    Kelas: 2D

    Saya berharap kepada teman yang akan menjadi kelompok saya dapat bekerja sama secara tanggung jawab dan dapat membantu satu sama lain sehingga memudahkan dalam melaksanakan tugas kelompok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Anggun Oktavia
      NIM: A310200192
      Kelas: 2D PBSI

      Harapan saya kepada Nurhana Lisna Linawati dipertemuan selanjutnya dapat bekerja sama secara tanggung jawab dan dapat membantu satu sama lain sehingga memudahkan dalam melaksanakan serta menyelesaikan tugas kelompok.

      Hapus
  12. Nama: Sausan Dhani Nur Amirah
    NIM: A310200153
    Kelas: 2D

    Semoga teman-teman kelas 2D dapat menyampaikan pendapatnya ketika berdiskusi atau sekadar bertukar pikiran, berbagi tugas dan saling membantu ketika kerja kelompok, tidak melepas tanggung jawab dan sadar akan pentingnya kerja sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (Ralat)

      Nama: Sausan Dhani Nur Amirah
      NIM: A31020153
      Kelas: 2D

      Semoga Khaafidhatul Kalaamiyah bisa menjadi teman dalam penugasan pertemuan berikutnya, dapat diajak berdiskusi atau sekadar bertukar pikiran, berbagi dan saling menolong dalam pengerjaan tugas kelompok, tidak lepas tanggung jawab, serta mampu diajak berkomunikasi dengan baik.

      Hapus
  13. Nama : Fayza Swandari
    NIM : A310200155
    Kelas : II D

    Harapan saya kepada teman-teman yang akan satu kelompok dengan saya di masa mendatang, semoga dapat saling bekerja sama mengerjakan tugas, aktif dalam berdiskusi terkait jalan keluar terbaik untuk tugas, dan tidak melepaskan tanggung jawab yang diemban masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (Revisi)

      Harapan saya kepada Indah Khasanah, semoga dapat saling bekerja sama mengerjakan tugas, aktif dalam berdiskusi terkait jalan keluar terbaik untuk tugas, dapat diandalkan untuk saling menolong, dan tidak melepaskan tanggung jawab yang diemban masing-masing.

      Hapus
  14. Nama : Shinta Puspita Sari
    Nim : A310200167
    Kelas : D

    saya berharap semoga teman satu kelas saya bisa diajak kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok secara baik dan bertanggung jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Revisi

      Atika Puspita Dewi, Saya berharap semoga dipertemuan keduabelas kita bisa bekerjasama serta mengerjakan tugas kelompok dengan baik dan penuh tanggungjawab

      Hapus
  15. Sebut nama teman Anda secara lengkap.

    BalasHapus
  16. Nama : Khaafidhatul Kalaamiyah
    NIM : A310200151
    Kelas : 2D

    Saya berharap kepada Sausan Dhani Nur Amirah, semoga dipertemuan keduabelas nanti kita bisa menjadi partner kerjasama yang solid, bertanggung jawab dengan tugas masing-masing, dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama: Raindini Citra Handayani
    NIM: A310200176
    Kelas: 2D

    Ariza Ulatul Wardah, saya berharap, semoga kita dapat saling bekerja sama, saling mendukung, saling melengkapi satu sama lain, serta dapat menjadi tim yang solid dan selalu berkonstribusi semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  19. Nama : Dian Risky Hadianti
    NIM : A310200158
    Kelas : 2D

    Rifa Dwi Hamidah, saya berharap semoga dipertemuan selanjutnya kita bisa bekerja sama dengan baik, bertanggung jawab, dan saling membantu dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Nama: Rifa Dwi Hamidah
    NIM: A310200170
    Kelas: 2D

    Saya berharap kepada Dian Risky Hadianti, semoga di pertemuan berikutnya, kita dapat saling responsif dalam berdiskusi, menyelesaikan tugas dengan kerja sama yang baik dan bertanggung jawab, serta saling menolong dan saling mendukung dalam pengerjaan tugas kelompok.

    BalasHapus
  22. Nama : Muhammad Rizqi Riyadi
    NIM : A310200172
    Kelas : 2D

    Harapan saya semoga teman-teman dapat bekerja sama dengan baik dan juga bertanggung jawab

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama : Pratiwi Yulia Saputri
    NIM : A310200190
    Kelas : 2 D

    Saya berharap kepada Rindy Aswin Pertiwi dapat menjadi teman kelompok saya sehingga kita dapat mengerjakan tugas-tugas secara bersama dibarengi sikap tanggung jawab dan saling mengerti.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  25. Nama : Rindy Aswin Pertiwi
    NIM : A310200196
    Kelas : 2D

    Saya berharap,semoga temen sekelompok bisa saling mutualisme,bisa berdiskusi,dan menyelesaikan tugas kelompok dengan baik.

    BalasHapus
  26. Nama : Rindy Aswin Pertiwi
    NIM : A310200196
    Kelas : 2D

    Saya berharap,semoga temen sekelompok bisa saling mutualisme,bisa berdiskusi,dan menyelesaikan tugas kelompok dengan baik.

    BalasHapus
  27. Nama : Rena Murdianti
    NIM : A310200180
    Kelas : II D

    saya berharap teman-teman bisa bekerja secara kompak, penuh tanggung jawab sehingga tugas yang diberikan dapat terselesaikan dengan baik dan maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berharap kepada Nisa Alfiya semoga bisa bekerja secara penuh tanggung jawab dan kompak, sehingga tugas yang diberikan dapat terselesaikan dengan baik dan maksimal.

      Hapus
  28. Saya berharap kepada teman semoga bisa bekerja secara kompak, bekerja bersama, berdiskusi dengan baik agar pembelajaran berjalan dengan lancar

    BalasHapus
  29. Nama: Ariza Ulatul Wardah
    NIM: A310200163
    Kelas: PBSI 2D

    Harapan saya ke depannya untuk teman-teman semua, semoga tetap kompak, tetap solid, dan saling menjaga kerja sama yang baik serta teruntuk Raindini Citra Handayani, semoga pada pertemuan selanjutnya kita bisa menjadi tim yang baik yang bisa saling melengkapi kekurangan dan mampu memberikan manfaat untuk pendidikan kita kedepannya.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Nama : Safitri Anasari
    NIM : A310200175
    Kelas : II D

    Harapan saya untuk teman sekelompok yaitu dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik agar tugas kelompok bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya miskomunikasi, serta dapat aktif dalam keikutsertaan pembahasan dan penugasan kelompok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (Revisi)

      Nama : Safitri Anasari
      NIM : A310200175
      Kelas : II D

      Harapan saya untuk Ananda Nur Aprilia Ika Widyaningsih yaitu dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik agar tugas kelompok bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya miskomunikasi, serta dapat aktif dalam keikutsertaan pembahasan dan penugasan kelompok.

      Hapus
  32. Nama : Fadhilah Rohayati
    NIM :A310200152
    Kelas : II D PBSI

    Harapan saya ke depannya untuk teman-teman semua, semoga tetap kompak, saling mengingatkan dan saling menjaga kerja sama yang baik serta semoga pada pertemuan selanjutnya kita bisa menjadi tim yang baik yang bisa saling melengkapi kekurangan dan mampu memberikan manfaat.

    BalasHapus
  33. Nama: Thoriq Ilham Kurniawan
    NIM: A310200157
    Kelas: PBSI 2D

    Harapan saya ke depannya untuk teman-teman semua, semoga tetap kompak, tetap solid, dan saling menjaga kerja sama yang baik.

    BalasHapus
  34. Nama : Rahayu Widiyaningsih
    Nim : A310200194
    Kelas : 2D

    Saya berharap di pertemuan selanjutnya kita bisa bekerja sama lebih baik dan saling membantu dalam perkuliahan

    BalasHapus
  35. Nama : Shelvia Ariesta Nabila
    NIM : A310200159
    Kelas : 2D

    Harapan :
    Saya berharap pada pertemuan keduabelas dan kedepannya, semoga teman-teman kelas D lebih semangat dalam belajar fonetik, bisa bekerja sama dengan baik, menjaga silaturahmi melalui grup whatsaap kelas, selalu mengingatkan jika terdapat kesalahan dll. Walaupun saat ini perkuliahan diadakan secara daring, tetapi kita harus tetap semangat belajar, berdo'a, dan ikhtiar agar bulan depan yaitu bulan Juli menjadi bulan yang indah, dan dimulainya perkuliahan tatap muka. Ketika kita tekun, berusaha, dan semangat dalam belajar, insyaallah hasil akan mengikuti kita dan dapat memperoleh nilai maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. REVISI
      Nama : Shelvia Ariesta Nabila
      NIM : A310200159
      Kelas : 2D

      Harapan :
      Saya berharap kepada fadhilah rohayati untuk pertemuan keduabelas dan kedepannya, semoga lebih semangat dalam belajar fonetik, bisa bekerja sama dengan baik, menjaga silaturahmi melalui grup whatsaap kelas, selalu mengingatkan jika terdapat kesalahan dll. Walaupun saat ini perkuliahan diadakan secara daring, tetapi kita harus tetap semangat belajar, berdo'a, dan ikhtiar agar bulan depan yaitu bulan Juli menjadi bulan yang indah, dan dimulainya perkuliahan tatap muka. Ketika kita tekun, berusaha, dan semangat dalam belajar, insyaallah hasil akan mengikuti kita dan dapat memperoleh nilai maksimal.

      Hapus
  36. Nama : Erisa Faridatul Maghfiroh
    NIM : A310200160
    Kelas : 2D

    Harapan saya pertemuan depan dapat bekerjasama dengan penuh semangat, dapat menjaga kekompakan dan berdiskusi secara maksimal dengan teman yang akan diajak bekerjasama.

    BalasHapus
  37. nama : indra ardhana
    nim : A310200174
    kelas : 2D

    harapan saya semoga teman-teman dapat menyelesaikan tanggung jawab masing-masing secara baik serta maksimal agar bermanfaat bagi semuanya.

    BalasHapus
  38. Nama : Atika Puspita Dewi
    NIM : A310200182
    Kelas : 2D

    Saya berharap untuk pertemuan kedepannya bisa saling bekerja sama denhan baik dan bisa meningkatkan komunikasi untuk kedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Atika Puspita Dewi
      NIM : A310200182
      Kelas : 2D

      Saya berharap untuk pertemuan kedepannya bisa bekerja sama dengan Shinta Puspita Sari dan bisa saling bekerja sama dengan baik dan penuh tanggung jawab.

      Hapus
  39. Nama : Nisa Alfiya
    NIM : A310200187
    Kelas : 2D

    Saya berharap kepada Rena Murdianti agar kita dapat menjadi kelompok yang dapat bekerjasama dengan baik dan dapat berkomunikasi dengan baik kedepannya agar pengerjaan tugas kelompok dapat dilakukan secara maksimal.

    BalasHapus
  40. Nama : Prasasti Mahir Gustami
    Nim : A310200189
    Kelas: 2D

    Saya berharap kepada Rahayu Widiyaningsih pada pertemuan selanjutnya dapat berkerja sama dengan baik dan selalu kompak. Dan bisa mengerjakan tugas dengan baik dan maksimal.

    BalasHapus
  41. Nama : Rahayu Widiyaningsih
    Nim : A310200194
    Kelas : 2D

    Saya berharap kepada prasasti Mahir Gustami pada pertemuan selanjutnya dapat bekerjasama dengan baik, bisa bertukar pendapat dengan profesional, dan semoga bisa menyelesaikan tugas bersama secara maksimal.

    BalasHapus
  42. Nama: Renalita Adesyah Putri Darmadi
    NIM: A310200185
    KELAS 2D

    Saya berhadap kepada suadari Isnaini Nurjanah dalam pengerjaan tugas secara kelompok, dapat bekerjasama dengan baik, melaksanakan tugas yang telah dibagikan, dan senantiasa merangkul setiap anggota agar mereka melaksanakan tugasnya dengan baik.

    BalasHapus
  43. Nama : Istikawati
    NIM : A310200179
    Kelas : 2D

    Harapan saya untuk pertemuan keduabelas yaitu saya mendapatkan teman kelompok yang mau diajak kerja sama secara sungguh-sungguh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. REVISI
      Nama : Istikawati
      NIM : A310200179
      Kelas : 2D

      Harapan saya untuk pertemuan keduabelas yaitu saya mendapatkan teman kelompok yang mau diajak kerja sama secara sungguh-sungguh yaitu Saudari Ariza Ulatul Wardah.

      Hapus
  44. Nama: Muhammad Malik Saputro
    NIM: A310200169
    Kelas: PBSI/2D

    Harapan saya, untuk Andhie Raihan Fathur Rozi Sumarno, di pertemuan selanjutnya semoga kita bisa bekerja sama sebagai kelompok dan bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang diberi.

    BalasHapus
  45. Nama : Andhie Raihan Fathur Rozi Sumarno
    NIM : A310200193
    Kelas : PBSI/D

    Harapan saya,untuk Muhammad Malik Saputro dipertemuan selanjutnya semoga kita bisa bekerja sama sebagai kelompok dan bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang diberi

    BalasHapus
  46. Nama : Fajar Marentino
    NIM : A310200183
    Kelas : 2D

    Saya berharap untuk kedepannya seluruh anggota kelas bisa bertanggung jawab dengan rekan kelompoknya agar pembelajaran bisa mendapatkan hasil yang maksimal

    BalasHapus
  47. Nama : Dini Pancawati Permatasari
    NIM : A310200168
    Kelas : 2D

    Harapan saya kepada Alriana Saras pada pertemuan kedua belas agar dapat saling bekerja sama dan berkomunikasi secara aktif dan kompak untuk mengerjakan tugas dengan bersungguh-sungguh.

    BalasHapus
  48. Nama : Alriana Saras S.B
    NIM : A310200161
    Kelas : 2D

    Harapan saya untuk Dini Pancawati Permatasari pada pertemuan selanjutnya adalah semoga kita bisa bekerja sama dalam segala hal dengan baik dan saling sportif dalam melalukan atau mengerjakan suatu tugas dengan baik dan benar. Semoga kita juga bisa sama-sama bertanggungjawab.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.