MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII C PERTEMUAN KEENAM

  JENIS MAJALAH SEKOLAH  

 

Assalamualaikum wr. wb.

Puji syukur selalu kita panjatkan kepada Allah swt.  Marilah selaturahmi ini kita awali dengan membaca basmallah bersama-sama. 

Awal pembahasan kali ini, marilah diamati kondisi yang sedang menelikung dunia pendidikan --sekolah-sekolah seakan mati suri. Gedung menjulang sepi siswa. Terlihat beberapa guru saja yang melaksanakan tugas harian dengan penuh kewaspadaan terhadap Covid-19. 

Sekolah-sekolah dalam situasi pandemi Covid-19 tidak menyelenggarakan tatap muka, bahkan bisa dibayangkan aktivitas publikasi di sekolah. apakah bertahan untuk diselenggarakan? Apakah mengalami nasib dihentikan untuk waktu yang belum bisa diprediksi? Kodisi ini tentu saja memberikan kesadaran bahwa publikasi sekolah mau tidak mau tetap berjalan walau kondisi dalam kesulitan. Mungkin, untuk memikirkan bisa dilaksanakan, tetapi untuk merealisasi dalam wujud terbitan sekolah menjadi kegiatan yang tidak memungkinkan.

Kondisi seperti ini membutuhkan jawaban yang memberikan kemungkinan bagi siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran bahasa di luar jam tatap muka –yang kini daring. Publikasi majalah sekolah memang menjadi aktivitas ekstrakurikuler. Ada dua pilihan (a) dihentikan walaupun tidak bisa ditentukan kapan lagi harus dilaksanakan. Hal ini juga sama dengan beberapa sekolah yang memang tidak pernah menyelenggarakan publikasi sekolah. Publikasi  sekolah bisa dijadikan tolok ukur sekolah berkualitasn dan sekolah yang kualitas sedang-sedang saja. (b) mengadakan aktivitas publikasi sekolah walaupun dalam situasi yang sangat sulit. Guru pembina memiliki semangat yang dapat menembus kebuntuan dalam situasi pandemi.

Majalah sekolah memang bermacam-macam –sesuai dengan buku MMS. Sekolah tidak memungkinakan menerbitkan majalah cetak. Majalah dinding juga mengalami hal yang sama. Guru pembina masih memungkinkan untuk mempublikaasikan majalah stof map dan majalah satu halaman.

Bagaimana menurut Anda!? Mampukah diri Anda melakukan terobosan dengan tetap menghidupkan publikasi sekolah yang berupa majalah stof map dan majalah satu halaman? Kedua jenis majalah ini sebenarnya bisa memberikan selingan kepada siswa saat belajar jarak jauh. Sekolah masih bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh siswa.

Kesempatan yang baik ini gunakanlah untuk ‘mencipta majalah stof map dan majalah satu halaman’. Pilih salah satu saja! Tema yang diangkat dalam majalah tersebut: (a) perasaan siswa terhadap pandemi Covid-19. (b) belajar jarak jauh aku tidak suka. Majalah yang diciptakan secara kelompok. Setiap kelompok empat orang. Majalah dibuat versi digital. Nama majalah dibuat yang menarik bagi pembaca seusia anak SMP. Gunakan bahasa Indonesia dalam menghadirkan ciptaan di majalah tersebut. Kirimkan kreasi kelompok Anda ke e-mail.

Majalah cetak sangat sulit dijangkau dalam suasana seperti ini, maka guru pembina majalah ditantang untuk menghadapi situasi seperti ini.

Saya mengharapkan selalu bersemangat! Mudah-mudahan Anda dalam keadaan tetap semangat, walaupun dalam komunikasi tertulis. Marilah kita akhiri dengan membaca hamdallah bersama. Alhamdullilah.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

 

 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama Majalah : "Pena Pendidikan" Kreatif, inovatif, inspiratif

    Anggota Kelompok:
    1. Septian Hestining Tyas A310170108
    2. Yaniar Dwi Pramesti A310170111
    3. Leliana Prihantari A310170112
    4. Mia Rosalinda A310160124

    BalasHapus
  3. Judul majalah: Cermat (Cerdas, Mandiri, Terampil)

    Nama Kelompok:
    1. Weni Sayekti Putri (A310170121)
    2. Chindy Ajeng Permata (A31170133) 
    3. Yessy Primadani T.D (A310170142)
    4. Miftah Izza'aturrohman (A310170147)

    BalasHapus
  4. Judul Majalah: Mekarsa (Media Karya Siswa)

    Nama Kelompok:
    1. Meidy Agsita Putri (A310170136)
    2. Laely Nor Sofiyana (A310170143)
    3. Niken Thalia Ayupradani (A310170144)
    4. Firstima Julian Sukmawati (A310170149)

    BalasHapus
  5. Majukatif (Majalah Edukasi dan Inspiratif)

    Nama kelompok :
    Siti wahyu caristina (A310170113)
    Annisa Wulandari (A310170116)
    Ridha Fitriani (A310170122)
    Rahma Nurmala Ainin (A310170134)




    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Majalah: NARASI (Naungan Wicara Siswa)

    Anggota Kelompok:
    1. Jeni Nur Cahyati (A310170109)
    2. Chandra Gupta N.K.S (A310170117)
    3. Ninda Dwi Astuti (A310170125)
    4. Febri Setiani (A310170130)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Majalah: Aksara (Anak Solid, Kreatif, dan Gembira)

    Anggota kelompok:
    1. Opie Octaviana Sari (A310170127)
    2. Endah Riski Kartini (A310170128)
    3. Sri Budi Utami (A310170132)
    4. Eko Purnomo (A310170150)

    BalasHapus
  10. Majalah pendidikan : KITA ( Kreatif Tampil, dan Aktif)

    Anggota Kelompok :
    1. Tyan Siwi Pawestri (A310170119)
    2. Novita Dwi Cahyani (A310170126)
    3.Lovena Ayu Irianti (A310170131)
    4.Erfin Nindyastuti (A310170138)

    BalasHapus
  11. Judul Majalah : Gerhana

    Anggota Kelompok :
    1. Wan Ferry Fadhendra (A310170141)
    2. Ocfitasari Aditian (A310170153)
    3. Atriana Devi (A310170155)
    4. Mahendra (A310170156)

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Majalah : Fumayo

    Anggota Kelompok:
    1. Ifan Risky Anugera (A310170148)
    2. Uswatun Khasanah (A310170152)
    3. Erry Widya Kustanti (A310170154)

    BalasHapus
  14. Judul majalah : Denting Meja

    Anggota kelempok:

    1. Krisna Ari Subakti (A310170114)
    2. Damar Kurniawan (A310170118)
    3. Seto Aji Santoso (A310170120)
    4. Amirul Indra Buana Akbar (A310170135)

    BalasHapus
  15. Judul Majalah : KOMUDITAS (Komunikatif, Mandiri, Berprestasi)

    Anggota kelompok :
    1. Agus Setyawan (A310170151)
    2. Anwar Rofian (A310170145)
    3. Prastian (A310130150)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.