MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII B, A, C, D, DAN E, KELIMA

MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH

REDAKSI: TUGAS REDAKSI PAPIRUS 

 

Assalamualaikum wr. wb,

Marilah kita awali dengan bacaan basmalah bersama-sama. Bismillahi rahman nirahim.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah swt yang telah memberikan karunia sehingga kita sehat dan sempat melaksanakan pembelajaran melalui jaringan. Semoga Anda dalam kondisi ria dan gembira, walaupun ada beberapa kerikil kecil yang menghalangi perjumpaan secara langsung.

Alhamdullillah,  perkuliahan keempat secara klasikal telah dibicarakan dan direncanakan (a) susunan redaksi majalah Papirus, (b) rubrik-rubrik yang direncanakan dipublikasikan di majalah, dan (c) pembagian tugas redaksi Papirus.

 Sekarang perhatikan secara satu persatu! Siapa dan ditugasi redaksi di bidang apa? Silakan laporkan susunan redaksi dengan menggunakan penulisan yang lengkap/ragam formal per kelas.

Wujud hasil musyawarah kelas berupa (a) susunan redaksi Papirus, (b) susunan rubrikasi yang akan dipublikasikan dalam majalah Papirus. Bersama ini pula, (c) tentukanlah tema dari majalah Papirus yang akan diterbitkan oleh kelas Anda!

Topik bisa diangkat sendiri masing-masing kelas. Topik bisa memilih salah satu topik berikut ini!

Topik 1 Belajar di Rumah, Terpaksa karena Covid-19

Topik 2 Kreativitas Siswa selama Belajar Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19

Topik 3 Pendidikan di Indonesia: Mendekatkan Siswa dengan Sarana Teknologi

Topik 4 Pendidikan Karakter, Mengapa Tidak?

Topik 5 Efektifkah Belajar Jarak Jauh Via Daring?

(Topik yang sudah dipilih stu kelas tidak boleh dipilih kelas yang lain. Umpan balik a, b, dan c diunggah di blogspot.com ).

 

Apabila di kelas Anda sudah terpilih Pimpinan Umum Redaksi Papirus, maka selanjutnya rapat redaksi dibawah pengelolaan pimpinan. Selamat berapat redaksi sehingga dihasilkan kesepakatan yang unggul.

 

Akhirnya, dalam mempersiapkan sebuah majalah Papirus diperlukan kemampan manajerial! Masing-masing anggota redaksi hendaknya mendukung kerja pimpinan secara memadai.

Semoga semuanya lancar dalam mengadakan rapat redaksi Papirus (kelas A, B, C, D, dan E).

 

Marilah kita akhiri pertemuan ini dengan memaca hamdalah bersama-sama.

Wassalamualaikum wr. wb.,

 

 

 

 

 

Komentar

  1. HASIL DISKUSI KELAS A

    Umpan Balik Hasil Diskusi 1

    A. Siswa Mendominasi Redaksi dan Guru Sebagai Pemimpin

    Siswa lebih mendominasai sebagai redaksi, dan guru sebagai pembina atau pembimbing. Dengan begitu siswa dapat mengembangkan dan berfikir aktif dan kreatif, Artinya,hal-hal yang bisa dilakukan siswa antara lain seperti menuangkan ide,kreatifitas,rancangan konsep dsb perwujudannya harus sesuai bimbingan dan persetujuan guru.

    B. Hanya Guru yang Memiliki Keahlian Redaksi

    Tidak semua guru terlibat dalam penyusunan redaksi. Yang terlibat dalam penyusunan redaksi hanya guru yang mempunyai keahlian dan pengalaman untuk membimbing atau memberi arahan siswa dalam menyusun redaksi. Memiliki keahlian disini yaitu yg sudah mengetahui dan mengerti sistematis keredaksian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umpan Balik Hasil Diskusi 2

      A. Susunan Redaksi Kelas A
      Kelas A MMS ini ada 51 mahasiswa, akan dibagi kedalam 14 susunan draf redaksi papirus yang meliputi:

      1. Pelindung : Dr. Yakub Nascuha, M.Hum

      2. Penasihat : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.

      3. Pimpinan Umum : Nurul Hidayat

      4. Wakil Pimpinan Umum : Irma Eka Ariyani

      5. Pimpinan Redaksi : Wikan, Tiarasani, Yunia Nuring

      6. Sekretaris : Eka Putri, Nur Lailatul, Dwi Anita , Caroline

      7. Bendahara : Resti, Vina Adi tama

      8. Editor Bahasa : Rinda, Dewi, Lutfi , Nur Hidayah, Afifah Eska, Anggisya

      9. Editor Sastra : Rizka, Yuli, Annisa Billa, Ariani, Annida, Yustika Indrijati

      10. Editor Gambar : Anas Puspita, Giri Ashari , Dyah Indah, Nurin, Niken, Eza

      11. Reporter : Haryono, Ferrydiana, Nabila R, Rindita W. Lala, Nauval, Martha, dan Bayu

      12. Periklanan: Januar, Wiwin Winarsih, Rahma Eka

      13. Setting & layout : Aru, Anggota : Novia , Rika, Henika, Malisa

      14. Distributor : Muhammad Anas, Ermira, Dyah, Aisyah, Risma, Dina

      B. Tema/Topik
      Topik 5 (Efektifkah Belajar Jarak Jauh Via Daring?)
      Karna di masa pandemi ini hampir segala aspek dilakukan dgn cara daring. Termasuk jg pendidikan. Namun daring khususnya dalam bidang pendidikan belum tentu sudah terlaksana dgn baik dan maksimal, dan apa output yg diharapkan belum tentu sudah sesuai. Nah ini yg menjadi topik menarik untuk dikaji lebih dalam. Mengingat, banyak sekali bukti nyata baik dari orang tua siswa, siswa itu sendiri, atau bahkan dari tenaga pendidik yang masih mengeluhkan ketidakefektifan pbm jarak jauh via daring. Banyak hal yg bisa dikaji dan dikembangkan. Shg menurut kami, bahan yg dapat ditulis utk kemudian dikemas menjadi sebuah karya majalah lebih berragam.

      C. Rubrikasi
      1. Pengantar redaksi (Rubrik Opini)
      2. Isi bahasan berita (Rubrik Informasi dan Berita) :
      a. Pelaksanaan pembelajaran di Indonesia sekarang ini
      b. Minat belajar
      c. Respon dari orang tua terhadap pembelajaran sekarang ini
      d. Efektifkah pelaksanaan pembelajara berdasarkan pelaksanaan,minat belajar siswa dan respon orang tua.
      3. Rubrik hiburan berisi puisi,cerpen,pantun,komik, potret kecil

      Hapus
  2. HASIL DISKUSI KELAS E

    Topik Kelas E
    Pendidikan Karakter

    A. Susunan Redaksi Kelas 7E
    1. Pelindung:
    Dr. Yakub Nasucha, M. Hum
    2. Penasihat:
    Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum
    3. Pimpinan Redaksi:
    Ahmad Rizki
    4. Wakil Pempimpin Umum:
    Wiwik Istichomah
    5. Pimpinan Redaksi:
    Diah Fitriani
    6. Sekertaris:
    Ira Putri Suryaningrum
    7. Bendahara:
    Annisa Tiara Kusuma
    8. Editor Bahasa dan Sastra:
    - Nur Indah Tri Ramadhani
    - Fitri Radianti
    - Prihasti Nur Kinanti
    - Meilani Dina Pangestika
    - Puput Surya
    9. Editor Gambar:
    - Candra Ristanto
    - Rifanda Yulianto
    - Firman Fajar Asrori
    - Bingar Zullan
    10. Reporter:
    - Bunga Lidinta Putri
    - Rini Nurhanifah
    - Cindy Aulia
    - Tobi Saputra
    11. Periklanan:
    - Windi Dian Safitri
    - Usniatul Muna
    - Putri Hapsari
    - Kresna Setyawan
    12. Setting & Layout:
    - Winda Islamiati Herman
    - Nana Oktavia
    - Chika Octavionita Sion Putra
    - Andre Rizki Bachtiar
    13. Distributor:
    - Mahendra Aziz Purwanto
    - Any Novita saru
    - Ferdilansa Syafiq

    B. Rubrik Majalah Papirus
    1.Salam redaksi
    Tulisan sederhana sebagai sapaan redaksi kepada para pembaca yang terletak diawal halaman majalah yang berisikan uraian singkat mengenai judul dan tema majalah.
    2.Tajuk Utama
    Memberikan pemahaman mengenai pengertian pendidikan karakter.
    3.Tokoh Inspiratif
    Memberikan ulasan mengenai pendidikan karakter dalam konsep pemikiran pendidikan ki hajar dewantara.
    4.Rubrik pengetahuan
    Berisikan ilmu-ilmu pengetahuan mengenai manfaat penerapan pendidikan karakter di indonesia serta penguatan pendidikan karakter pada masa pandemi covid-19.
    5.Opini
    Isi tulisan berupa pendapat penulis mengenai tema majalah yang diangkat.
    6.Resensi
    Dimbil dari resensi film-film tentang pendidikan karakter pada zaman dahulu maupun film-film pada masa kini.
    7.Sastra
    Memuat karya mahasiswa berupa puisi/pantun/quotes/cerpen

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.