FONOLOGI III E, PERTEMUAN KEENAM

 FONEM SEGMENTAL BAHASA INDONESIA:

FONEM KONSONAN

 Assalamualaikum wr. wb.

       Perjumpaan yang unik ini –yaitu melalui jejaring teknologi ini semoga tetap memberikan semangat bagi diri untuk menekuni bidang fonologi. Perjumpaan ini kali keenam. Kali kelima mengenai fonem segmental bahasa Indonesia: fonem vokal. Perjumpaan ini mengenai fonem konsonan.

       Marilah kita membaca basmalah bersama-sama. Pembahasan mengenai fonem bahasa yang secara umum fonem dibedakan menjadi dua, yaitu fonem segmental dan fonem suprasegmental. Pembagian ini berdasarkan segmentasi/pemilahan-pemilahan. Fonem segmental, ya fonem yang bisa disegmentasikan.

       Fonem konsonan tidak memiliki potensi pembentuk sukukata dalam arti harus dikaitkan dengan fonem vokal. Fonem vokal memiliki potensi membentuk silabus, yang seringkali ditandai dengan +sil. Maksudnya, foenm vokal itu mampu berdiri sendir dalam membentuk silaba (sukukata).  Contoh: fonem /u/ pada kata usap yang merupakan kata bersukukata dua /u/ - /sap/. Fonem /u/ memiliki potensi membentuk sukukata dengan berdiri sendiri.

       Permasalahan berlanjut dengan wujud kata yang saat kekinian digunakan para penutur bahasa Indonesia. Bagaimana dengan penggunaan kata yang seringkali dijumpai dalam bermedia sosial? Misal kata kenapa ditulis dengan knp. Secara palafalan diucapkan dengan lengkap, namun tertulis hanya tiga fonem konsonan saja --/knp/. Berdasarkan struktur fonem tetap berstruktur /KKK/. Hal ini menjadi persoalan yang menarik dalam bidang fonologi. Apalagi bila ditambah dengan contoh yang sebenarnya <ng>, <ny> mengalami perubahan penulisan menjadi <g> dan <y> saja. Perubahan begini: dengan ditulis dng berubah lagi dengan dgmenyanyi ditulis mnyny berubah dengan myy.

       Seperti yang sudah dibahas dalam pertemuan kelima bahwa fonem segmental bisa diklasifikasi. Fonem segmental dalam bahasa Indonesia bisa diklasifikasi yaitu pertama, fonem vokal, kedua, fonem konsonan, dan ketiga, fonem semivokal. Fonem segmental khusus fonem konsonan selanjutnya dibahas secara khusus.

    Fonem konsonan dihasilkan melalui arus udara yang keluar dari rongga paru-paru (lungs mengalami hambatan. Hambatan terjadi di daerah titik artikulasi. Fonem konsonan diproduksi melalui adanya arus udara yang mengalir dari paru-paru mengalami hambatan ketika keluar dari paru-paru. Hambatan terjadi di daerah artikulasi (titik artikulasi). Hambatan arus udara ini melibatkan tiga faktor, yaitu keadaan pita suara (vocal chords), penyentuhan alat ucap yang satu dengan yang lain (artikulator aktif ke artikulator pasif), dan cara persentuhan alat ucap.

      Artikulator aktif bergerak dalam menghasikan fonem bahasa. Contoh: ujung lidah, daun lidah, bagian lidah belakang, bibir bawah, dan gigi bawah. Daerah atau titik artikulasi yang disentuh dinamakan daerah artikulator (artikulator pasif). Contoh: bibir atas (upper lib), gigi atas (upper teeth), gusi (alveolae, alveolar) bagian atas, langit-langit keras (hard palate), langit-langit lunak (soft palate).

       Penamaan fonem konsonan berdasarkan artikulator yang bekerja (artikulator aktif). Misal:

Labio-bibir bawah.

Apiko-ujung lidah.

Lamino-daun lidah.

Dorso-bagian belakang lidah.

Radiko-bagian akar lidah.

 

 

Selanjutnya diikuti dengan titik artikulasi yaitu daerah yang disentuh artikulator aktif.

Misal:

-labial bibir atas.

-dental gigi atas.

-alveolar gusi.

-palatal langit-langit keras.

-velar langit-langit lunak.

-uvular anak tekak.

 

      

       Fonem konsonan juga diperhatikan mengenai cara artikulasi atau artikulator mendekati daerah artikulasi, dan bagaimana udara keluar dari mulut yang disebut dengan istilah cara artikulasi. Berdasarkan cara artikulasi ini fonem bahasa dapat dibedakan menjadi. Misal: fonem hambat, fonem frikatif, fonem lateral, fonem nasal, fonem getar.

 

Penjenisan fonem konsonan

       Sajian berikut ini mengenai fonem konsonan. Ada beberapa dasar yang digunakan dalam mengelompokkan fonem bahasa.

a. Berdasarkan keadaan (posisi) pita suara

Fonem konsonan bersuara dihasilkan dengan keadaan pita suara hanya terbuka sedikt sehingga terjadilah getaran pada pita suara.

Misal: /b/, /d/, /j/, /g/.

       Selanjutnya mengenai konsonan takbersuara. Fonem konsonan tidak bersuara dihasilkan dengan keadaan pita suara terbuka agak lebar sehingga tidak ada getaran pada pita suara. Misal: //p/, /t/, /c/, /k/. Konsonan bersuara dan konsonan takbersuara sebagai hasil pengelompokkan berdasar keadaan pita suara.

 

b. Berdasarkan tempat artikulasi.

Konsonan bilabial yaitu bibir bawah bergerak merapat ke bibir atas.

Fonem konsonan oral dengan udara keluar melalui rongga mulut.

Fonem Konsonan labiodental dengan menggerakkan bibir bawah ke gigi atas.

Konsonan lemino-alveolar dengan menggerakkan daun lidah menempel pada gusi.

Konsonan dorso-velar dengan menggerakkan pangkal lidah dan langit-langit lunak.

 

c. Berdasarkan cara artikulasi

(1) konsonn hambat/letupan/plosif/stop yaitu artikulator menutup sempurna aliran udara sehingga udara berhenti di balakang tempat hambatan itu. Kemudian penutupan itu di buka secara tiba-tiba sehinga terjadi letupan. /p/, /t/, /k/, /b/, /d/, /g/.

(2) konsonan frikatif/geseran yaitu artikulator aktif mendekati artikulator pasif dengan membentuk celah sempit. /f/, /s/, /z/

(3) konsonan paduan/afrikat yaitu gabungan antara hambat dan fikatif/geseran, /c/ dan /j/

(4) konsonan sengau/nasal yaitu artikulator menghambat arus udara melalui mulut  dan membiarkannya mengalir melalui rongga hidung. /m/, /n/, /ň/, /ŋ/.

(5) konsonan getaran/trill yaitu artikulator aktif melakukan kontak beruntun dengan artikulator pasif sehingga getaran berulang-ulang terjadi. /r/.

(6) konsonan sampingan/lateral yaitu artikulator aktif menghambat aliran udara pada bagian tengah mulut, dan membiarkan udara keluar melalui samping lidah. /l/.

(7) konsonan hampiran/semivokal, aproksiman yaitu artikulator aktif dan pasif membantuk ruang yang mendekati posisi terbuka, misal dalam pembentukan fonem vokal tetapi tidak cukup sempit untuk menghasilkan konsonan geseran. /w/ dan /y/.

        Setelah memahami fonem vokal dan fonem konsonan, maka Anda sudah mampu menganalisis satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia terdiri atas beberrapa fonem. Misal:

       supaya terdiri atas KV-KV-1/2KV terdapat tiga fonem konsonan.

       jendela terdiri atas KVK-KV-KV terdapat empat fonem konsonan.

       sengketa terdiri atas KVK-KV-KV terdapat empat fonem konsonan.

 

        Fonem akan bergabung dengan fonem yang lain dalam rangka membentuk struktur fonem yang disebut dengan sukukata. Misal: pola kanon yaitu KV : ma-na-la-gi (KV-KV-KV-KV). Pola seperti ini disebut dengan pola kanonik.

       Sekali lagi, bahwa pembahasan mengenai fonem sudah berhubungan dengan fonem vokal (pada perkuliahan kelima) dan fonem konsonan (pada perkuliahan keenam). Minggu depan pembahasan dilanjutkan pada fonem semivokal.

        Sebagai tanda keaktivan Anda dalam mengikuti perkuliahan ini, silakan mengisi komentar dengan sebuah kalimat motivasi yang Anda buat sendiri. Semoga pembahasan kali ini mendatangkan manfaat bagi kita. Mari kita akhiri dengan membaca hamdalah bersama-sama.

 

Wassalamualaikum wr. wb.,

 

Agus Budi Wahyudi

  

Komentar

  1. Alhamdulillah. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama: Mona Mutiara Dewi
    NIM: A310190220
    Kelas: 3E
    Berusahalah sampai kamu lelah, kelak lelahmu pasti akan menghasilkan apa yang kamu impikan.

    BalasHapus
  2. Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih atas penjelasannya pak🙏

    Nama: Agnesya Mayang Hernanda
    Nim: A310190201

    Motivasi :
    Belajarlah dari masa lalu, karena masa lalu merupakan perjalanan untuk menuju masa depan yang lebih baik, tetap fokus pada tujuan jangan pernah menyerah jika masih mampu untuk berusaha, tidak ada kata berhenti untuk terus berusaha hingga mencapai apa yang kita tuju.

    BalasHapus
  3. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh Nama:Himmah Khofifah
    Nim:A310190200
    Kelas: 3E
    Kata motivasi
    Perjalanan ini masih panjang,tak patut untuk menyerah sekarang
    Jika kamu lelah, maka ingatlah kembali apa tujuanmu
    Bangun semangatmu,Ayo kita berjuang.

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, baik pak. Terima kasih atas materi yang telah disampaikan.

    Nama : Maya Krisna Ari Murti
    NIM : A310190217
    Kelas : 3E

    * Motivasi *

    "Hidup penuh pilihan, apa yang kamu pilih hari ini akan menentukan masa depanmu. Pilihlah yang dapat membuatmu menjadi pribadi lebih baik. Maka jangan berhenti sebelum selesai, dan lakukanlah yang terbaik."

    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Wa'alaikummussalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih pak, atas materi yang telah disampaikan.
    Nama : Aprilia Kartika Sari
    Nim : A310190187

    " jangan memaksakan diri untuk berubah, kamu sempurna bahkan dengan kekuranganmu "

    BalasHapus
  6. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik, Pak. Terima kasih atas materi yang telah disampaikan.

    Nama : Revivalindra Anandari Swastihayu
    NIM : A310190192
    Kelas : 3E

    * Motivasi *

    "Jika emban tugasmu terlalu berat artinya kau orang yang mampu menyelesaikannya.

    Namun dalam kasus lain, gerobak yang bebannya melewati batas maka rodanya akan terjebak. Sama halnya seperti kehidupan."

    Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, baik pak, terimakasih atas materi yang disampaikan.

    Nama: Anindya Avinka Putri
    NIM: A310190181

    Kalimat Motivasi:
    Jadilah hitam dan gelap, tidak terpahami dan tidak meminta untuk dipahami.

    BalasHapus
  8. Nama : Fadhila Hazna Fitriani
    NIM : A310190194
    Kelas : 3E
    “Tetap tumbuh dan mekarlah dengan cantik. Seperti bunga yang tetap tumbuh dan mekar, meski harus tumbuh di antara belukar berduri”

    BalasHapus
  9. Waalaikumsalam Warahmatullahiwabarokatuh

    Nama : Fadhila Dwi Juliyanti
    Nim : A310190225
    Kelas : 3E

    Kata Motivasi:
    Rencana yang matang membuat hidup kita memiliki tujuan yang jelas. Jika kau ingin sukses serahkan rencanamu kepada tuhan, maka terlaksanalah segara rencanamu dengan di ikuti berusaha berdoa dan terus belajar!

    BalasHapus
  10. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Baik, terima kasih atas materinya pak.

    Nama: Rifiana Febriyanti
    Nim: A310190197
    "Jangan pernah menyerah, selalu berusaha berbuat baik dan yang terpenting tetaplah istiqomah"

    BalasHapus
  11. Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Terima kasih pak agus atas materi hari ini yang sudah disampaikan.Semoga Pak Agus diberi kesehatan agar tetap bisa memberikan ilmu dan pengalaman kepada kami.Aamiin

    Motivasi hari ini "Tetaplah menjadi versi terbaikmu karena orang lain tidak membutuhkan proses perjuanganmu"

    BalasHapus
  12. Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Terima kasih atas penyampaian materinya Pak.

    Nama : Laila Fitriana Abbar
    NIM : A310190215
    Kelas : Fonologi 3E

    "Ketika kamu gagal meraih cita-cita. Sedih boleh, namun harus bangkit kembali. Cobalah untuk meraih cita-cita yang lain".

    BalasHapus
  13. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh. Baik pak terimakasih atas ilmunya.

    Nama: Miftaqul Janah
    Nim: A310190195
    Kelas: 3E

    -Motivasi-
    Ternyata tahun 2020 ini mengajarkan kita untuk lebih dewasa. Dewasa dalam menyikapi hidup, dewasa disegala situasi atau pun masalah, dewasa untuk mencintai diri sendiri ternyata jauh lebih penting.
    .
    .
    Jika sampai saat ini ada yang merasa 'hidupku belum berguna untuk orang lain,' perlu diingat kawan setidaknya kamu tak merepotkan/mengganggu orang lain itu sudah luar biasa.
    .
    .
    Kujadikan huruf patah-patah ini untuk menepuk pundakmu kawan. Serayaku ingin berkata "Hidup hanya sekali, maka jadilah insan yang berarti"....❤️

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terima kasih atas materi yang telah bapak sampaikan.

    Nama : Aisyah Evatiana Ramadhayanti
    NIM : A310190224

    “Yakinlah dan percaya diri, karena hidup ini adalah apa yang kamu jalani, bukan yang mereka lakukan dan mereka inginkan.”

    BalasHapus
  15. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terima kasih atas materi yang telah disampaikan Pak.

    Nama: Tito Gamas Listyanto
    NIM: A310190205
    Kelas: 3E

    Motivasi:
    Masa depan seperti keindahan senja, jika kamu hanya diam tanpa usaha menatapnya, kamu akan kehilangan sesuatu yang sangat berharga.

    BalasHapus
  16. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Zora Meilina Kartikasari
    NIM: A310190222
    Kelas : 3E

    Jangan hanya doakan apa yang kamu impikan, tapi juga kerjakan apa yang kamu doakan.

    BalasHapus
  17. Wa'alaikummussalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih pak, atas materi yang telah disampaikan.
    Nama : Natasya Febriyanno
    NIM : A310190207
    Kelas : 3E

    "Do'a mu yang mana, usahamu yang keberapa. Kau tak tahu mana yang akan membuahkan hasil. Tugasmu hanya satu diantara keduanya ; Perbanyaklah"

    BalasHapus
  18. Waalaikumsalam Wr. Wb. Baik terimakasih pak
    Nama : Tasya Oktavia Nawastuti
    Nim :A310190183
    Kelas : 3E

    Orang yang lemah tidak mampu memaafkan. Memaafkan adalah ciri orang yang kuat. Daun yang jatuh tak pernah membenci angin dan teruslah berbuat kebaikan.

    BalasHapus
  19. Walaikumsalam wr.wb
    Baik Pak, Terima Kasih

    Nama : Dian Aprilia Lestari
    Nim : A310190190

    Disaat kamu sedang bermalas-malasan, diluar sana banyak orang yang sedang berjuang meraih cita-citanya. Maka bekerja keraslah untuk menjadi baik dan bekerjalah lebih keras agar menjadi yang terbaik.

    BalasHapus
  20. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih atas penyampaian materinya pak.

    Nama : Nabila Hasna Salsabila
    Nim : A310190223
    Kelas : 3E

    Motivasi hari ini

    "Kita tidak akan bisa menghindari suatu masalah, namun kita bisa merubah bagaimana cara memandang dan menerimanya, kita buat hati kita sekebal mungkin, kita buat hati kita sekuat mungkin. Setelah kita merasa terpuruk jangan lupa bangkit lagi. Masih ada beberapa orang yang ingin melihat kita bisa, bangkit dan kembali menebarkan senyum. Kita kuat! "

    BalasHapus
  21. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik pak, terimakasih atas materi yang telah disampaikan🙏🏻

    Nama : Farhana Ifrida
    NIM : A310190193

    Semakin dewasa semakin sering tersungkur, tidak apa namanya juga proses asal jangan lupa untuk selalu bersyukur. Mengeluh boleh tapi ingat untuk kembali berproses.

    BalasHapus
  22. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terima kasih atas materi yang telah disampaikan Pak.

    Nama : Siska Yuniar Arumning Tyas
    Nim : A310190188
    Kelas : 3E

    Motivasi :
    Hidup bukan tentang menjadi yang tercepat,terkuat atau yang terhebat. Melainkan tentang menjadi diri sendiri.

    BalasHapus
  23. Nama : Mei Wahyu Lestari
    Nim : A310190199
    Motivasi:
    Keberhasilan akan berbanding lurus dengan kontribusi kita .

    BalasHapus
  24. Waalaikumsalam wr wb.
    Nama: Nur Aini Indarwati
    NIM: A310190185
    Motivasi
    "Lakukan apa yang menurutmu bisa membuatmu bahagia, selagi itu tidak merugikan orang lain, lakukanlah".

    BalasHapus
  25. Nama: Shella Gita Cahyani
    Nim: A310190208

    Motivasi
    “Lupakanlah siapapun yang pernah berusaha untuk menyakitimu, jangan coba untuk membalasnya karena itu tak ada bedanya antara dirimu dengan dia. Lebih baik ambil pelajaran berharga yang bisa diambil dari rasa sakit yang kamu rasakan.”

    BalasHapus
  26. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik pak, terima kasih.

    Nama : Amalia Ayu Hapsari
    NIM : A310190204

    "Jangan malu untuk mengucapkan terimakasih dan maaf kepada siapapun. Tanpa mereka, diri ini bukan apa-apa. Kunci kehidupan yang abadi adalah berdoa, berusaha dan bersyukur. Bersyukur bisa menjadi titik tertinggi seseorang dalam menikmati pemberian Tuhan"

    BalasHapus
  27. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terima kasih atas materi yang telah disampaikan Pak.

    Nama : Yoga Akbar Setia Putra
    Nim : A310190210
    Kelas : 3E

    Motivasi: Jangan pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba

    BalasHapus
  28. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih atas materi yang telah disampaikan pak.
    Nama : Isnaeni Nurmalia
    NIM : A310190191
    Kelas : 3E

    "Dalam hidup kita harus belajar menerima perbedaan. Karena tidak semua yang kamu suka harus dipertahankan, dan tidak semua argumenmu harus dimenangkan."

    BalasHapus
  29. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.. baik pak

    Nama : Diana Maratus Solikhah
    NIM : A310190203

    Motivasi hari ini :
    Hidup itu keras
    Maka hadapilah
    Jangan pernah takut
    Orang yang memiliki mental miskin adalah orang yang berkata "bagaimana jika aku gagal?"
    Dan orang yang memiliki mental kaya sdalah orang yang berkata "lihatlah kesuksesanku!"
    Pada dasarnya orang yang sukses adalah orang yang berani mencoba dan tidak takut akan kegagalan
    Orang yang tidak mau mencoba karena ia takut gagal adalah orang yang tidak akan berhasil meraih kesuksesan

    BalasHapus
  30. Nama: Winda Dwi Lestari
    NIM: A310190209

    Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Terima kasih atas materi yang telah disampaikan.

    Motivasi:
    Tubuh dan jiwa, teruslah tabah. Boleh rehat jika lelah, namun jangan lupa ‘tuk lanjutkan langkah. Teruslah maksimalkan usaha, sembari melangitkan doa. Yakin, semua tak ada yang sia-sia.

    BalasHapus
  31. Waalaikumsalam warahmatulahi wabarakatuh, terimakasih atas materi yang telah disampaikan pak
    Nama : Sri Rahayu Nurjanah
    NIM : A310190206
    Kelas : 3E
    Motivasi : " KENALI DIRIMU, CARI TITIK LEMAHMU, TUTUPI DENGAN KELEBIHANMU, TUNJUKKAN KERENDAHAN HATIMU".

    BalasHapus
  32. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih atas materi yang telah disampaikan pak.

    Nama: Ikhtiar wahyu k.
    NIM: A310190198
    "Ketika sudah tercapai batas jenuhmu, cobalah tuk rehat dan mencari peluang lain. Karena kesuksesan adalah sebuah keberuntungan dan keberuntungan adalah buah dari doa dan kerja keras. Lalu ketika semangatmu mulai pulih lekas berlarilah pada apa yang sudah menunggumu"

    BalasHapus
  33. Nama: Intan jawanJa safitSa
    Nim: A31a310190213

    Waalaikumsalam wr.wb, terimakasih atas materi yang di sampaikan pak.

    Motivasi:
    “ berhenti menyalahkan perubahan, dan jadilah manusia berguna bagi orang orang sekitar “

    BalasHapus
  34. Wa'alaikumsalam
    Nama : Yusuf Farchan
    Nim : A310190189
    Kelas :3 E

    Motivasi : Kehidupan yang sesungguhnya bukan suatu tujuan tetapi impian, karena kehidupan adalah bagaimana kita belajar menjadi insan yang bermanfaat bagi sekitar dan impian bagi semua kalangan

    BalasHapus
  35. waalaikumsalam wr wb.
    Nama:Arista Octavia
    Nim: A310190184
    Kelas: 3E

    Motivasi: Seberat apapun yang dihadapi jangan pernah menjadi rapuh

    BalasHapus
  36. Waalaikumsalam wr.wb
    NAMA: Fajar Abdi Wianata
    NIM: A310190221
    KELAS: E

    Motivasi: jangan berhenti bermimpi karena semua berawal dari mimpi

    BalasHapus
  37. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh terimakasih atas materi yang telah disampaikan pak.

    Nama : Anggraini Syukma Ika Wardani
    Nim : A310190219
    Kelas : 3E
    Motivasi :
    " Belajar berdiri tegak seperti Hujan yang kehadiranya selalu dirasa menyusahkan, datang kembali seperti Malam yang hadirnya selalu diharapkan untuk pergi, tetap tenang seperti Air walaupun banyak gangguan yang menyerang. Memberika semangat hidup seperti Matahari, belajar menjadi Senja yang kehadirannya selalu di tunggu - tunggu, dan belajar menjadi Bintang walau kehadirannya yang indah selalu diabaikan."

    BalasHapus
  38. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Nurvita Amelia Rahayu
    Nim : A310190214
    Kelas: E

    Kebesaran sebenarnya dapat ditemukan dalam hal hal kecil yang terkadang kita lewatkan.

    BalasHapus
  39. Nama : Dimas Yoga Adi Pratama
    Nim : A310190202

    Bermimpi lah besar dan beranilah gagal.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.