MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII B, A, C, D, DAN E KEENAM LAPORAN
Assalamualaikum wr. wb,
Silakan dilaporkan di bagian ini. Susunan redaksi Papirus, rubrik majalah Papirus, dan topik Majalah Papirus!
Tidak harus urut kelas. Bisa berdasarkan kelas yang lebih dahulu selesai mengadakan rapat redaksi.
Terima kasih.
Wassalamualaikum wr. wb.
Topik Kelas B
BalasHapusPendidikan di Indonesia : Mendekatkan Siswa Dengan Sarana Teknologi
Susunan draf redaksi papirus kelas B yang meliputi:
1. Pelindung
-
2. Penasihat
-
3. Pimpinan Umum
- Muhammad Dwi Juliyanto
4. Wakil Pimpinan Umum:
- Tedy Adrianto
5. Pemimpin Redaksi:
- Muhammad Sukma Aji
6. Redaktur Pelaksana
- Devi Lestari
7. Redaktur
- Shindy Tresna Vinansih
8. Sekretaris :
- Yunita Mandasari
- Vera Jati Kusuma
9. Bendahara :
- Khoyiroh Novita Sari
- Intan Devita Sari
10. Editor:
- Nanda Yulianti
- Ayu Nur Kartika
- Varoah Nurul
- Noor Rizza Larasati
11. Fotografer
- Ardha
- Dian Lestari
- Putri
12. Reporter :
- Dwi Agung
- Nurita
- Anisa
- Mia
- Dea Narsima
-Tuti
- Ariyani
- Triyanti
- Kharina
(berlaku untuk semua anggota)
13.Iklan dan Pemasarani:
- Indi
- Bagas
-miftakul
- Marisa
- Tika
- Wulan
- Rizqi
- Eti
14. Redaksi fiksi
- Hesti
- Riska Komariyah
- vina
15. Layout
- Karisma Bani
- Dyah Ayu Arini
- Awalia Nurheni
- Fitri wahyu ningrum
- Suci rahma dhany
- Diah Parmasih
- Pangestuti Siska
16. Produksi dan Distribusi
- Sekar
- Ginanjar Wahyu Utomo
- Ferdi Hamid Romadhon
Rubrik
1. Artikel Utama
Memberikan pemahaman teknologi yang berkembang hingga saat ini, memberikan aplikasi yang sering digunakan atau efisien untuk pembelajaran.
2. TOKOH INSPIRATIF
Memberikan ulasan tokoh dalam dunia teknologi. Misalkan memberikan informasi pembuat facebook atau informasi yg lainnya.
3. Galeri
Hal ini mungkin lebih memberitahuan kegiatan mahasiswa FKIP ketika melakukan kegiatan PLP atau microteaching.
4. Kabar terkini
Memberikan berita dengan mengangkat tema perkembangan dunia pendidikan dimasa pandemi.
5. Rubrik Pengetahuan
Berisi tentang ilmu-ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan. Misalnya : bagaimana perkembangan teknologi dalam pendidikan, dampak positif dan negatif penggunaan teknologi.
6. Rubrik tips/cara
Rubrik ini berisi tentang cara-cara atau tips-tips yang bermanfaat bagi peserta didik. Misalnya : cara penggunaan teknologi dalam pendidikan
7. SASTRA
Rubrik ini memuat tulisan dari mahasiswa baik berupa cerpen maupun anekdot.
8. Opini
Rbrik ini berisi tentang pendapat atau gagasan dari penulis mengenai tema yang sedang diangkat majalah.
9. Rubik Gaya Belajar
Berisi penjelasan gaya belajar yang dapat dilakukan dalam pembelajaran daring
10. TTS (Teka Teki Silang)
11. Resensi
Rubrik ini berisikan ulasan mengenai suatu buku atau film bisa juga keduanya penulis merekam keebihan dan kekurangan.
12. Rubrik edukasi
Contoh rubrik edukasi misalnya :
a. Tajuk rencana
b. Artikel pendidikan
c. kutipan pendapat tokoh tentang pendidikan
13. Pena Redaksi: Salam dari redaksi (Bisa dari Pimpinan Redaksi)
14. Feature adalah tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau bahkan peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca.
15. Rubrik Iklan Layanan Masyarakat: Kata mutiara, peribahasa yang sesuai tema, cerita pendek, dan Anekdot.
16. Pengantar
Memberikan wawasan menyeluruh mengenai isi majalah
17. Wawancara
Rubrik ini menyajikan reportase terkait dengan tema yang bersangkutan kepada tokoh tertentu yang berkaitan dengan tema yang disajikan. (Minimal ada 10 pertanyaan).
18. Gaya Hidup
Berisi tentang berbagai aktivitas dan pernak-pernik dari siswa yang sedang berkembang atau ingin dikembangkan. Diutamakan untuk aktivitas yang kreatif dengan berbagai inovasi.
Teknologi
19. Sebisa mungkin dihubungkan dengan teknologi yang berhubungan dengan tema atau perkembangan teknologi terbaru dan bermanfaat. Diperbanyak dengan ilustrasi dan grafis.
20. Bahasa
Rubrik ini bisa diisi dengan rubrik-rubrik ringan seputar fenomena bahasa Indonesia. Tema yang diangkat pun bebas. Dibuat untuk memberikan ruang kreativitas lebih pada kru redaksi.
21. Kesehatan
Rubrik ini berisi tentang lingkup kesehatan dapat berupa keadaan kesehatan saat ini dan pemahaman perihal kesehatan dalam kehidupan.
22. Keagamaan
Berisi mengenai topik-topik keagamaan. Bisa keagamaan tertentu maupun pembahasan keagamaan secara keseluruhan.
A. Susunan Redaksi Kelas C
BalasHapusPelindung : Dr. Yakub Nasucha, M. Hum
Penasihat : Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum
Pimpinan Umum :Damar Kurniawan
Wakil Pimpinan Umum: Eko Purnomo
Pimpinan Redaksi: Niken Thalia Ayupradani
Sekretaris : 1. Erry Widya Kustanti
2. Annisa Wulandari
Bendahara : 1. Novita Dwi Cahyani
: 2. Rahma Nurmala Ainin
Editor Bahasa : 1. Amirul Indra Buana Akbar, 2. Dwanda Mahardika, 3. Ocfitasari Aditian, 4. Agus Setyawan, 5. Leliana Prihantari, 6. Laely Nor Sofiyana, 7. Yaniar Dwi Pramesti, 8. Erfin Nindyastuti
Editor Sastra : 1. Anwar Rofian, 2. Tedian, 3. Ninda Dwi Astuti, 4. Septiyan Hestining Tyas, 5. Febri Setiani, 6. Prastian
Editor gambar : 1. Miftah Izza ‘A, 2. Ifan Risky Anugera, 3. Seto Aji Santoso, 4. Endah Riski Kartini
Reporter : 1. Meidy Agsita Putri, 2. Firstima Julian Sukmawati, 3. Lovena Ayu Irianti, 4. Tyan Siwi Pawestri, 5. Mahendra, 6. Opie Octaviana Sari
Periklanan : 1. Ridha Fitriani, 2. Mia Rosalinda, 3. Rusmida Taput, 4. Siti Wahyu Charistina
Setting &Layout : 1. Jeni Nur Cahyati, 2. Chandra Gupta N.K.S, 3. Sri Budi Utami, 4. Uswatun Khasanah, 5. Wan Ferry Fadhendra
Distributor : 1. Silvania Maydyawati, 2. Atriana Devi, 3. Weni Sayekti Putri, 4. Yessy Primadani Tungga Dewi, 5. Chindy Ajeng Permata, 6. Krisna Ari Subakti
B. Tema atau topik yang dipilih:
Topik 2 “Kreativitas Siswa selama Belajar Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19”.
C. Rubrikasi Majalah Papirus
1. Kulon
2. Kreasi dan Kolaborasi
3. Ruang dan Jaringan
4. Opini
5. Profil ( Dosen dan Mahasiswa Berprestasi)
6. Wajah Bahasa Kampus
7. Kesehatan (Tips dan Trik dari Mahasiswa)
8. Resensi Film
D. Di dalam penyusunan susunan redaksi murni dari siswa, sedangkan guru sebagai pembina, dan kepala sekolah sebagai penasehat. Dalam hal ini bertujuan untuk memberikan tanggung jawab kepada siswa di dalam membuat redaksi majalah sehingga mereka dapat berkreasisesuai dengan bakat dan kemampuannya, apabila siswa dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kurang paham maka mereka dapat berkonsultasi dengan guru sehingga terdapat hubungan kerja sama dalam penyusunan redaksi yang akan memperoleh hasil yang maksimal.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusA. SUSUNAN REDAKSI KELAS 7D
BalasHapus-Pelindung: Dr. Yacub Nasucha, M.Hum
-Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum
-Pimpinan Umum: Danu Denri
-Wakil Pemimpun Umum: Nurul
-Pimpinan Redaksi: Aulia Umami
-Sekretaris: Dini, Devi
-Bendahara: Desy, Nadia
-Editor bahasa: Arini, Murni, Dinar, Fatah, Amy, Melisa
-Editor sastra: Tina, Harun, Aisyah, Mia, Hanif
-Editor gambar: Aditya, Putri, Gema, Ludiya, Nur arifah, Astry.
-Reporter: Ardina, Alda, Ani, Dika, jayanti,
-Periklanan: Siska, khafida, Nabila, Mahendra, Oldri, Vina
-Setting & Layout: Ratna, Vitria, Salma, Asti, Ikke, Anthori
-Distributor: Neneng, Nanda, Diah, Emma, Nurul Arifin
B. RUBRIK MAJALAH PAPIRUS
1. Tajuk Rencana/Editorial
Rubrik ini berisi tentang opini dari redakrur media.
2. Profil
Rubrik ini berisi tentang profil tokoh dan prestasi.
3. Cerita Inspiratif
Rubrik yang berisi tentang cerita inspiratif yang membangun.
4. Ilmiah
Rubrik ini berisi tentang informasi seputar alam seperti, planet, tanaman, hewan, dsb.
5. Resensi
Rubrik ini berisi tentang resensi film/buku.
6. Linguistik
Rubrik ini berisi tentang pembahasan seputar Bahasa Ildonesia.
7. Traveling
Rubrik ini berisi tentang informasi tempat wisata.
8. News
Rubrik ini berisi tentang berita terkini lokal maupun mancanegara.
9. Puisi
Rubrik ini berisi kumpulan puisi mahasiswa.
10. Cerpen
Rubrik ini berisi karya cerpen mahasiswa.
11. Aneka Tips
Rubri ini berisi aneka cara dan tips melakukan, mengerjakan atau membuat sesuatu.
12. Religi
Rubrik ini berisi informasi seputar topik keagamaan.
13. Permainan
Rubrik ini berisi tentang permainan yang dapat mengasah otak seperti, TTS, permainan kata, dsb.
C. TOPIK MAJALAH PAPIRUS
Belajar di Rumah Terpaksa Karena Covid-19
HASIL DISKUSI KELAS A
BalasHapusUmpan Balik Hasil Diskusi 1
A. Siswa Mendominasi Redaksi dan Guru Sebagai Pemimpin
Siswa lebih mendominasai sebagai redaksi, dan guru sebagai pembina atau pembimbing. Dengan begitu siswa dapat mengembangkan dan berfikir aktif dan kreatif, Artinya,hal-hal yang bisa dilakukan siswa antara lain seperti menuangkan ide,kreatifitas,rancangan konsep dsb perwujudannya harus sesuai bimbingan dan persetujuan guru.
B. Hanya Guru yang Memiliki Keahlian Redaksi
Tidak semua guru terlibat dalam penyusunan redaksi. Yang terlibat dalam penyusunan redaksi hanya guru yang mempunyai keahlian dan pengalaman untuk membimbing atau memberi arahan siswa dalam menyusun redaksi. Memiliki keahlian disini yaitu yg sudah mengetahui dan mengerti sistematis keredaksian.
Umpan Balik Hasil Diskusi 2
HapusA. Susunan Redaksi Kelas A
Kelas A MMS ini ada 51 mahasiswa, akan dibagi kedalam 14 susunan draf redaksi papirus yang meliputi:
1. Pelindung : Dr. Yakub Nascuha, M.Hum
2. Penasihat : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
3. Pimpinan Umum : Nurul Hidayat
4. Wakil Pimpinan Umum : Irma Eka Ariyani
5. Pimpinan Redaksi : Wikan, Tiarasani, Yunia Nuring
6. Sekretaris : Eka Putri, Nur Lailatul, Dwi Anita , Caroline
7. Bendahara : Resti, Vina Adi tama
8. Editor Bahasa : Rinda, Dewi, Lutfi , Nur Hidayah, Afifah Eska, Anggisya
9. Editor Sastra : Rizka, Yuli, Annisa Billa, Ariani, Annida, Yustika Indrijati
10. Editor Gambar : Anas Puspita, Giri Ashari , Dyah Indah, Nurin, Niken, Eza
11. Reporter : Haryono, Ferrydiana, Nabila R, Rindita W. Lala, Nauval, Martha, dan Bayu
12. Periklanan: Januar, Wiwin Winarsih, Rahma Eka
13. Setting & layout : Aru, Anggota : Novia , Rika, Henika, Malisa
14. Distributor : Muhammad Anas, Ermira, Dyah, Aisyah, Risma, Dina
B. Tema/Topik
Topik 5 (Efektifkah Belajar Jarak Jauh Via Daring?)
Karna di masa pandemi ini hampir segala aspek dilakukan dgn cara daring. Termasuk jg pendidikan. Namun daring khususnya dalam bidang pendidikan belum tentu sudah terlaksana dgn baik dan maksimal, dan apa output yg diharapkan belum tentu sudah sesuai. Nah ini yg menjadi topik menarik untuk dikaji lebih dalam. Mengingat, banyak sekali bukti nyata baik dari orang tua siswa, siswa itu sendiri, atau bahkan dari tenaga pendidik yang masih mengeluhkan ketidakefektifan pbm jarak jauh via daring. Banyak hal yg bisa dikaji dan dikembangkan. Shg menurut kami, bahan yg dapat ditulis utk kemudian dikemas menjadi sebuah karya majalah lebih berragam.
C. Rubrikasi
1. Pengantar redaksi (Rubrik Opini)
2. Isi bahasan berita (Rubrik Informasi dan Berita) :
a. Pelaksanaan pembelajaran di Indonesia sekarang ini
b. Minat belajar
c. Respon dari orang tua terhadap pembelajaran sekarang ini
d. Efektifkah pelaksanaan pembelajara berdasarkan pelaksanaan,minat belajar siswa dan respon orang tua.
3. Rubrik hiburan berisi puisi,cerpen,pantun,komik, potret kecil
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHASIL DISKUSI KELAS E
BalasHapusTopik Kelas E
Pendidikan Karakter
A. Susunan Redaksi Kelas 7E
1. Pelindung:
Dr. Yakub Nasucha, M. Hum
2. Penasihat:
Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum
3. Pimpinan Redaksi:
Ahmad Rizki
4. Wakil Pempimpin Umum:
Wiwik Istichomah
5. Pimpinan Redaksi:
Diah Fitriani
6. Sekertaris:
Ira Putri Suryaningrum
7. Bendahara:
Annisa Tiara Kusuma
8. Editor Bahasa dan Sastra:
- Nur Indah Tri Ramadhani
- Fitri Radianti
- Prihasti Nur Kinanti
- Meilani Dina Pangestika
- Puput Surya
9. Editor Gambar:
- Candra Ristanto
- Rifanda Yulianto
- Firman Fajar Asrori
- Bingar Zullan
10. Reporter:
- Bunga Lidinta Putri
- Rini Nurhanifah
- Cindy Aulia
- Tobi Saputra
11. Periklanan:
- Windi Dian Safitri
- Usniatul Muna
- Putri Hapsari
- Kresna Setyawan
12. Setting & Layout:
- Winda Islamiati Herman
- Nana Oktavia
- Chika Octavionita Sion Putra
- Andre Rizki Bachtiar
13. Distributor:
- Mahendra Aziz Purwanto
- Any Novita saru
- Ferdilansa Syafiq
B. Rubrik Majalah Papirus
1.Salam redaksi
Tulisan sederhana sebagai sapaan redaksi kepada para pembaca yang terletak diawal halaman majalah yang berisikan uraian singkat mengenai judul dan tema majalah.
2.Tajuk Utama
Memberikan pemahaman mengenai pengertian pendidikan karakter.
3.Tokoh Inspiratif
Memberikan ulasan mengenai pendidikan karakter dalam konsep pemikiran pendidikan ki hajar dewantara.
4.Rubrik pengetahuan
Berisikan ilmu-ilmu pengetahuan mengenai manfaat penerapan pendidikan karakter di indonesia serta penguatan pendidikan karakter pada masa pandemi covid-19.
5.Opini
Isi tulisan berupa pendapat penulis mengenai tema majalah yang diangkat.
6.Resensi
Dimbil dari resensi film-film tentang pendidikan karakter pada zaman dahulu maupun film-film pada masa kini.
7.Sastra
Memuat karya mahasiswa berupa puisi/pantun/quotes/cerpen