FONOLOGI III C, PERTEMUAN KEENAM

 FONEM SEGMENTAL BAHASA INDONESIA:

FONEM KONSONAN

 Assalamualaikum wr. wb.

       Perjumpaan yang unik ini –yaitu melalui jejaring teknologi ini semoga tetap memberikan semangat bagi diri untuk menekuni bidang fonologi. Perjumpaan ini kali keenam. Kali kelima mengenai fonem segmental bahasa Indonesia: fonem vokal. Perjumpaan ini mengenai fonem konsonan.

       Marilah kita membaca basmalah bersama-sama. Pembahasan mengenai fonem bahasa yang secara umum fonem dibedakan menjadi dua, yaitu fonem segmental dan fonem suprasegmental. Pembagian ini berdasarkan segmentasi/pemilahan-pemilahan. Fonem segmental, ya fonem yang bisa disegmentasikan.

       Fonem konsonan tidak memiliki potensi pembentuk sukukata dalam arti harus dikaitkan dengan fonem vokal. Fonem vokal memiliki potensi membentuk silabus, yang seringkali ditandai dengan +sil. Maksudnya, foenm vokal itu mampu berdiri sendir dalam membentuk silaba (sukukata).  Contoh: fonem /u/ pada kata usap yang merupakan kata bersukukata dua /u/ - /sap/. Fonem /u/ memiliki potensi membentuk sukukata dengan berdiri sendiri.

       Permasalahan berlanjut dengan wujud kata yang saat kekinian digunakan para penutur bahasa Indonesia. Bagaimana dengan penggunaan kata yang seringkali dijumpai dalam bermedia sosial? Misal kata kenapa ditulis dengan knp. Secara palafalan diucapkan dengan lengkap, namun tertulis hanya tiga fonem konsonan saja --/knp/. Berdasarkan struktur fonem tetap berstruktur /KKK/. Hal ini menjadi persoalan yang menarik dalam bidang fonologi. Apalagi bila ditambah dengan contoh yang sebenarnya <ng>, <ny> mengalami perubahan penulisan menjadi <g> dan <y> saja. Perubahan begini: dengan ditulis dng berubah lagi dengan dgmenyanyi ditulis mnyny berubah dengan myy.

       Seperti yang sudah dibahas dalam pertemuan kelima bahwa fonem segmental bisa diklasifikasi. Fonem segmental dalam bahasa Indonesia bisa diklasifikasi yaitu pertama, fonem vokal, kedua, fonem konsonan, dan ketiga, fonem semivokal. Fonem segmental khusus fonem konsonan selanjutnya dibahas secara khusus.

    Fonem konsonan dihasilkan melalui arus udara yang keluar dari rongga paru-paru (lungs mengalami hambatan. Hambatan terjadi di daerah titik artikulasi. Fonem konsonan diproduksi melalui adanya arus udara yang mengalir dari paru-paru mengalami hambatan ketika keluar dari paru-paru. Hambatan terjadi di daerah artikulasi (titik artikulasi). Hambatan arus udara ini melibatkan tiga faktor, yaitu keadaan pita suara (vocal chords), penyentuhan alat ucap yang satu dengan yang lain (artikulator aktif ke artikulator pasif), dan cara persentuhan alat ucap.

      Artikulator aktif bergerak dalam menghasikan fonem bahasa. Contoh: ujung lidah, daun lidah, bagian lidah belakang, bibir bawah, dan gigi bawah. Daerah atau titik artikulasi yang disentuh dinamakan daerah artikulator (artikulator pasif). Contoh: bibir atas (upper lib), gigi atas (upper teeth), gusi (alveolae, alveolar) bagian atas, langit-langit keras (hard palate), langit-langit lunak (soft palate).

       Penamaan fonem konsonan berdasarkan artikulator yang bekerja (artikulator aktif). Misal:

Labio-bibir bawah.

Apiko-ujung lidah.

Lamino-daun lidah.

Dorso-bagian belakang lidah.

Radiko-bagian akar lidah.

 

 

Selanjutnya diikuti dengan titik artikulasi yaitu daerah yang disentuh artikulator aktif.

Misal:

-labial bibir atas.

-dental gigi atas.

-alveolar gusi.

-palatal langit-langit keras.

-velar langit-langit lunak.

-uvular anak tekak.

 

      

       Fonem konsonan juga diperhatikan mengenai cara artikulasi atau artikulator mendekati daerah artikulasi, dan bagaimana udara keluar dari mulut yang disebut dengan istilah cara artikulasi. Berdasarkan cara artikulasi ini fonem bahasa dapat dibedakan menjadi. Misal: fonem hambat, fonem frikatif, fonem lateral, fonem nasal, fonem getar.

 

Penjenisan fonem konsonan

       Sajian berikut ini mengenai fonem konsonan. Ada beberapa dasar yang digunakan dalam mengelompokkan fonem bahasa.

a. Berdasarkan keadaan (posisi) pita suara

Fonem konsonan bersuara dihasilkan dengan keadaan pita suara hanya terbuka sedikt sehingga terjadilah getaran pada pita suara.

Misal: /b/, /d/, /j/, /g/.

       Selanjutnya mengenai konsonan takbersuara. Fonem konsonan tidak bersuara dihasilkan dengan keadaan pita suara terbuka agak lebar sehingga tidak ada getaran pada pita suara. Misal: //p/, /t/, /c/, /k/. Konsonan bersuara dan konsonan takbersuara sebagai hasil pengelompokkan berdasar keadaan pita suara.

 

b. Berdasarkan tempat artikulasi.

Konsonan bilabial yaitu bibir bawah bergerak merapat ke bibir atas.

Fonem konsonan oral dengan udara keluar melalui rongga mulut.

Fonem Konsonan labiodental dengan menggerakkan bibir bawah ke gigi atas.

Konsonan lemino-alveolar dengan menggerakkan daun lidah menempel pada gusi.

Konsonan dorso-velar dengan menggerakkan pangkal lidah dan langit-langit lunak.

 

c. Berdasarkan cara artikulasi

(1) konsonn hambat/letupan/plosif/stop yaitu artikulator menutup sempurna aliran udara sehingga udara berhenti di balakang tempat hambatan itu. Kemudian penutupan itu di buka secara tiba-tiba sehinga terjadi letupan. /p/, /t/, /k/, /b/, /d/, /g/.

(2) konsonan frikatif/geseran yaitu artikulator aktif mendekati artikulator pasif dengan membentuk celah sempit. /f/, /s/, /z/

(3) konsonan paduan/afrikat yaitu gabungan antara hambat dan fikatif/geseran, /c/ dan /j/

(4) konsonan sengau/nasal yaitu artikulator menghambat arus udara melalui mulut  dan membiarkannya mengalir melalui rongga hidung. /m/, /n/, /ň/, /ŋ/.

(5) konsonan getaran/trill yaitu artikulator aktif melakukan kontak beruntun dengan artikulator pasif sehingga getaran berulang-ulang terjadi. /r/.

(6) konsonan sampingan/lateral yaitu artikulator aktif menghambat aliran udara pada bagian tengah mulut, dan membiarkan udara keluar melalui samping lidah. /l/.

(7) konsonan hampiran/semivokal, aproksiman yaitu artikulator aktif dan pasif membantuk ruang yang mendekati posisi terbuka, misal dalam pembentukan fonem vokal tetapi tidak cukup sempit untuk menghasilkan konsonan geseran. /w/ dan /y/.

        Setelah memahami fonem vokal dan fonem konsonan, maka Anda sudah mampu menganalisis satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia terdiri atas beberrapa fonem. Misal:

       supaya terdiri atas KV-KV-1/2KV terdapat tiga fonem konsonan.

       jendela terdiri atas KVK-KV-KV terdapat empat fonem konsonan.

       sengketa terdiri atas KVK-KV-KV terdapat empat fonem konsonan.

 

        Fonem akan bergabung dengan fonem yang lain dalam rangka membentuk struktur fonem yang disebut dengan sukukata. Misal: pola kanon yaitu KV : ma-na-la-gi (KV-KV-KV-KV). Pola seperti ini disebut dengan pola kanonik.

       Sekali lagi, bahwa pembahasan mengenai fonem sudah berhubungan dengan fonem vokal (pada perkuliahan kelima) dan fonem konsonan (pada perkuliahan keenam). Minggu depan pembahasan dilanjutkan pada fonem semivokal.

        Sebagai tanda keaktivan Anda dalam mengikuti perkuliahan ini, silakan mengisi komentar dengan sebuah kalimat motivasi yang Anda buat sendiri. Semoga pembahasan kali ini mendatangkan manfaat bagi kita. Mari kita akhiri dengan membaca hamdalah bersama-sama.

 

Wassalamualaikum wr. wb.,

 

Agus Budi Wahyudi

  

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakaatuh
    Baik, terima kasih atas penjelasannya Pak.

    Nama : Sinta Tri Noviana
    NIM: A310190129
    "Jangan berhenti untuk melangkah, karena langkahmu akan menjadi jalan akan kesuksesanmu. Ayo jemput takdir yang lebih baik lagi."

    BalasHapus
  4. Waalaikumsalam wr wb
    “ berhenti menyalahkan perubahan, dan jadilah manusia berguna bagi orang orang sekitar “

    BalasHapus
  5. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Lia Safitri
    NIM: A310190096
    "Mencoba dan Terus Berusaha dalam menggapai Impian, Perkuat dengan Doa, Bismillah Bisa".

    BalasHapus
  6. Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakaatuh
    Baik pak, terimakasih atas penjelasannya

    Nama : Fitri Ana Desi Wulandari
    Nim : A310190108
    "Jangan pernah menyerah ketika kita masih mampu berusaha. Tidak ada kata berakhir sampai kita berhenti mencoba. Terus mencoba sampai semesta menentukan garis kehidupan kita"

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Waalaikumsalam warahmatullahi wa'barakatuh
    Baik pak terimakasih atas penjelasannya


    Nama: Wahyuni
    Nim: A310190097
    "Jangan insecure karena kuliah dikampus swasta. Berlian tetap berlian. Apapun itu, dimana pun itu berjuang tetaplah berjuang. Raise your head! Ini hidupmu. Kamu pemeran utamanya. Jangan dengarkan mereka yang membuatmu jatuh dan terpuruk, kamu juga tak perlu banyak menyangkal. Cukup bungkam mereka dengan kesuksesanmu. Ingat, sukses tidaknya kamu, kamu yang akan menikmati. Your only make yourself! Warna almetmu tidak bisa menjadi patokan kesuksesanmu. Masa depanmu ada di tanganmu sendiri, bukan mereka, bahkan nama besar kampusmu!"

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Waalaikumsalam wr.wb
    Baik pak. Terima kasih atas penjelasannya

    Nama : Ririn Dewi Karmila
    NIM : A310190092

    " Menyerahlah !.
    Maka jangan pernah bermimpi kau akan menjadi sukses"

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Wa'alaikumussalam warahmatullahi Wabarakaatuh.
    Baik pak terimakasih atas ilmunya hari ini.

    Nama Budhi Arti Laras Sukmawati
    NIM A310190128

    "Kamu beruntung, kamu bisa.
    Jangan lupa tersenyum dan bersyukur"

    BalasHapus
  13. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik, terima kasih atas materi dan penjelasannya, Pak

    Nama : Melati Yuana
    NIM : A310190094

    "Dekatlah dengan buku! Dari buku maka kamu akan mendapat banyak ilmu. Sebab ingatlah, bahwa ilmu mampu meninggikan derajatmu."

    BalasHapus
  14. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik,terima kasih atas materi dan penjelasannya, pak

    Nama : Zani Tri Widiatama
    Nim : A310190112

    "Janganlah pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan.

    BalasHapus
  15. Waalaikumsalam wr.wb, terimakasih pak atas penjelasannya.

    Nama : Muhammad yusuf
    NIM : A310190098

    "Tetaplah hidup di dunia yang mungkin tidak mengharapkan kehadiran mu, tetaplah bermimpi walaupun kau tahu itu hanyalah mimpi. Maka dari itu bangun bangkit dan berusahalah berjalan lalu berlari, juga tanamkan kepercayaan bahwa ada bagian dari dunia untuk dirimu.
    Meskipun sedikit meskipun itu sulit."

    BalasHapus
  16. Wa'alaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih atas materi yang diberikan

    Nama: Murwaning Tyas Hapsari
    NIM: A310190135
    Kelas: 3/C

    "Ketika kamu mau mempelajari tentang kegelapan, kamu tidak akan pernah bisa jika kamu mempelajarinya sambil membanjiri dengan cahaya."

    BalasHapus
  17. Walaikumsalam , terimakasih atas materinya pak

    Nama : Lola adea Estevania
    Nim : A310190117

    "Kita adalah orang hebat karena masih bisa bertahan hingga detik ini , jadi tolong jangan pernah menyerah kepada kehidupan"

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik,terima kasih atas materi dan penjelasannya, pak

    Nama : Clarissa Salsabila Ifany Sari
    Nim : A310190132

    " Orang pesimis selalu melihat kesulitan dalam kesempatan, Orang optimis selalu melihat kesempatan dalam kesulitan"

    BalasHapus
  20. Waaalaikumsalam warahmatullahiwabarakatuh, terimakasih atas materi dan penjelasanya.

    Nama : Aldo Putra Pamungkas
    NIM: A310190109

    "JANGAN INSECURE ! ,Daripada nanti terluka"

    BalasHapus
  21. Wa'alaykumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh, baik terima kasih atas penjelasan materinya pak.

    Nama : Aulia Sofia Nur Fadilah
    NIM : A310190125
    Kelas : 3C

    "Tidak semua yang kita inginkan harus selalu menjadi kenyataan, bukan? Terkadang, harus ada hati yang perlu dikorbankan agar ia tahu bagaimana rasanya bertahan ketika ujian datang menerjang. Pun terkadang, harus selalu ada hati yang tidak melulu terbawa perasaan agar ia tahu apa itu yang namanya perjuangan. Tenang saja, akan tercipta rasa bahagia setelah sekian lama kamu lelah dalam berjuang." -aulia sofia

    BalasHapus
  22. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Baik, terima kasih atas materinya pak.

    Nama: Mei Rista Irdafani
    NIM: A310190131
    Kelas: 3C

    "Bersyukurlah apapun keadaanmu, dan jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain".

    BalasHapus
  23. Wa'alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh
    Baik, terimakasih atas materinya pak.

    Nama : Chika Maulina
    Nim : A310190102
    Kelas : 3C

    "Jangan cepet merasa puas dengan apa yang kita miliki"

    BalasHapus
  24. Waalaikumsalam wr.wb
    Terimakasih atas materinya, pak

    Nama: Keren Pujaning Jati
    NIM: A310190120
    Kelas: 3 C

    "Berbagilah, dan jangan mengharap agar kamu dibalas dengan yang lebih baik.
    Maafkanlah, meski kamu disakiti.
    Memberilah, dan jangan mengharap agar kamu diperlakukan sama."

    BalasHapus
  25. Waalaikumsalam wr.wb
    Terimakasih atas materinya, pak

    Nama :Desy Luvita Sari
    NIM : A310190103
    Kelas : 3C

    " Harapan adalah tiang yang menyangga dunia"

    BalasHapus
  26. waalaikumsalam wr.wb
    Terimakasih Pak atas materi untuk pertemuan kali ini

    Nama : Ramadhani Putri Utami
    Nim : A310190100
    Kelas : 3C

    "Bermanfaatlah untuk orang lain, namun jangan marah jika orang memanfaatkanmu karena itu menandakan kamu lebih unggul dari orang ini. Tetap tanamkan jiwa ikhlas dan selalu bersyukur."

    BalasHapus
  27. Waalaikumsalam wr.wb. Terimakasih atas materinya pak.

    Nama : Azzahro Fitri Luhuringtyas
    Nim : A310190104
    Kelas : 3C

    "Tetap menjadi baik karena ketika kamu ingin dikelilingi orang baik kamu harus menjadi baik dahulu untuk orang yang kamu kelilingi agar nantinya bisa selalu menebarkan vibes positif untuk siapapun yang berada didekatmu"

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakatuh. Terima kasih atas penjelasannya pak

    NAMA : Miftah Asyrofi Muhtar
    NIM A310190126

    "Urip kui kudu Murup!" Hidup itu harus banyak bermanfaat untuk orang lain

    BalasHapus
  30. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terima Kasih atas materinya pak.

    Nama : Ulya Nurul Alimah
    NIM : A310190093

    "Telan saja pahit dan kerasnya hidup
    proses pendewasaan memang menyakitkan"

    BalasHapus
  31. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik pak terima kasih

    Nama : Nila Safitri
    NIM :A310190127
    " Bekerja keraslah hingga apa yang kamu inginkan terlihat mudah dan murah untuk kau dapat"

    BalasHapus
  32. Waalaikumsalam wr.wb. Terima kasih atas materinya pak.

    Nama : Sekar Chandra Sulistyowati
    NIM : A310190123

    "Harus tetap semangat, bersyukur, nggak boleh nyerah dengan keadaan. Ingat! masih ada orang tua yang harus dibahagiakan"

    BalasHapus
  33. Waalaikumussalam wr.wb, baik, terimakasih atas materinya pak.

    Nama : Yeyen Syafitri
    Nim : A310190116

    "Tidak perlu berfikir kamu adalah orang yang paling susah. Ingat! Tuhan memberi cobaan pada hambanya sesuai dengan kemampuan hamba itu sendiri. Belajarlah bersyukur, karna nanti kamu akan merasakan nikmatnya hidup dengan penuh syukur."

    BalasHapus
  34. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik pak terima kasih

    Nama : Mellyonisa Athariq Samsulhadi
    NIM : A310190134

    "merasa bersalah akan masa lalu itu tak apa, kemudian jadikan kesalahan itu menjadi suatu pelajaran yang membuat keadaan lebih baik dalam menghadapi segala hal agar tidak kembali jatuh dalam lubang yang sama." ~ sesuatu yang telah di tetapkan oleh Allah untuk kita, akan tetap menjadi hak milik kita. Karena Allah tidak akan biarkan itu menjadi milik orang lain.

    BalasHapus
  35. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih.

    Nama : Anggit Dwi Loventi
    Nim : A310190121
    Kelas : 3C

    " Saat kamu merasa keadaan sedang tidak memihakmu dan kamu berpikir untuk menyerah, yang perlu kamu lakukan hanyalah peluk dirimu erat dan katakan bahwa kamu bangga dengan dirimu yang sekarang karena manusia dituntut untuk menjalani kehidupan yang nyata bukan sempurna"

    BalasHapus
  36. waalaikumsalam wr.wb
    baik pak, terimakasih.

    Nama : M Daffa Radjendra
    Nim : A310190099
    Kelas : 3C
    "Tetaplah hidup walaupun dunia ini membencimu, dengan begitu kau akan menjadi lebih kuat daripada sebelumnya"

    BalasHapus
  37. Waalaikumsalam wr.wb
    Baik pak. Terima kasih atas penjelasannya

    Nama : Fathia Gurnita Damayanti
    NIM : A310190095

    " Sertakan Allah dalam segala urusanmu :) "

    BalasHapus
  38. Wa’alaikumussalam Wr.Wb pak
    Baik pak. Terima kasih atas penjelasannya

    Nama : Anggun Sita Dewi
    NIM : A310190133
    “Kejar apa yang pantas kamu kejar, Tinggalkan apa yang tidak pantas ,Jangan mempersulit keadaan untuk lebih maju kedepan..”

    BalasHapus
  39. Waalaikumsallam wr.wb
    Baik pak. Terimakasih

    Nama : Yogi Arga Jalu Pratama
    Nim : A310190124

    " Jangan pernah menyerah ketika kamu jatuh/terpuruk, bangkit dan teruslah berusaha, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil "

    BalasHapus
  40. Waalaikumsalam wr.wb

    Nama : Zurisa Evana
    Nim : A310190122

    Iri dan dengki hanya membuat hati menjadi gelap dan membutakan pikiran, maka rubah rasa insecure diri menjadi rasa bersyukur atas nikmat yang dimiliki.

    BalasHapus
  41. Waalaikumsallam wr.wb
    Baik pak terimakasih

    Nama : Siti hastutik
    Nim : A310190114

    "Berhentilah jadi tiruan kapan kau mau jadi panutan jika terus ngikutin orang"

    BalasHapus
  42. Nama : BERLIAN IZZA FACHRUDDIN
    Nim : A310190111
    Kelas : 3/C

    Jika Anda ingin sukses, carilah seseorang yang telah mencapai hasil yang Anda inginkan dan menyalin apa yang mereka lakukan dan Anda akan mencapai hasil yang sama.

    BalasHapus
  43. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Syahrizal Hanif Fatkhurrohman
    Nim: A310190110

    " Selalu Berusaha dengan disertai ikhtiar dan tawakal niscaya Allah tidak akan melupakan hambanya "

    BalasHapus
  44. Nama : Pramesti Grahita Utami
    NIM : A310190130

    "Berjuanglah melanjutkan hidup untuk orang-orang yang mencintaimu dan untuk memperbanyak amalan baikmu"

    BalasHapus
  45. Devita Dwi Ramawati
    A310190105

    Waalaikumsalam wr wb
    “ berhenti menyalahkan perubahan, dan jadilah manusia berguna bagi orang orang sekitar “

    BalasHapus
  46. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Irvan Nova Ananda
    Nim : A310190113
    "Apapun yang terjadi saat ini teruskan perjuanganmu, percaya diri, tawakal dan berserah diri seberat apapun perjuanganmu tuhan dan semesta selalau bersamamu."

    BalasHapus
  47. Nama : Tri Wahyulita Nurhalimah
    Nim : A310190119

    "Hidup itu bukan tentang mendapatkan apa yang kita impikan, namun tentang menghargai apa yang kita miliki dan bersabar atas apa yang kita impikan."

    BalasHapus
  48. Nama : Ade Fian Bayu Aji Saputra
    Nim : A310190091

    "Jika melakukan sesuatu, jangan lupakan DUIT.
    Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakal"

    BalasHapus
  49. Nama : Mohammad Shofyan Athoillah
    Nim : A310190115

    "Ciptakan seribu impian, karena jika 1 impian mu tidak bisa kamu gapai, masih ada impian lain yang bisa kamu gapai, ingat kejarlah impianmu meski harus gagal berkali kali, karena di saat kita gagal, kita jadi tau, apa kekurangan diri kita sehingga kita bisa membenahinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.