FONOLOGI III D, PERTEMUAN KEENAM

 FONEM SEGMENTAL BAHASA INDONESIA:

FONEM KONSONAN

 Assalamualaikum wr. wb.

       Perjumpaan yang unik ini –yaitu melalui jejaring teknologi ini semoga tetap memberikan semangat bagi diri untuk menekuni bidang fonologi. Perjumpaan ini kali keenam. Kali kelima mengenai fonem segmental bahasa Indonesia: fonem vokal. Perjumpaan ini mengenai fonem konsonan.

       Marilah kita membaca basmalah bersama-sama. Pembahasan mengenai fonem bahasa yang secara umum fonem dibedakan menjadi dua, yaitu fonem segmental dan fonem suprasegmental. Pembagian ini berdasarkan segmentasi/pemilahan-pemilahan. Fonem segmental, ya fonem yang bisa disegmentasikan.

       Fonem konsonan tidak memiliki potensi pembentuk sukukata dalam arti harus dikaitkan dengan fonem vokal. Fonem vokal memiliki potensi membentuk silabus, yang seringkali ditandai dengan +sil. Maksudnya, foenm vokal itu mampu berdiri sendir dalam membentuk silaba (sukukata).  Contoh: fonem /u/ pada kata usap yang merupakan kata bersukukata dua /u/ - /sap/. Fonem /u/ memiliki potensi membentuk sukukata dengan berdiri sendiri.

       Permasalahan berlanjut dengan wujud kata yang saat kekinian digunakan para penutur bahasa Indonesia. Bagaimana dengan penggunaan kata yang seringkali dijumpai dalam bermedia sosial? Misal kata kenapa ditulis dengan knp. Secara palafalan diucapkan dengan lengkap, namun tertulis hanya tiga fonem konsonan saja --/knp/. Berdasarkan struktur fonem tetap berstruktur /KKK/. Hal ini menjadi persoalan yang menarik dalam bidang fonologi. Apalagi bila ditambah dengan contoh yang sebenarnya <ng>, <ny> mengalami perubahan penulisan menjadi <g> dan <y> saja. Perubahan begini: dengan ditulis dng berubah lagi dengan dgmenyanyi ditulis mnyny berubah dengan myy.

       Seperti yang sudah dibahas dalam pertemuan kelima bahwa fonem segmental bisa diklasifikasi. Fonem segmental dalam bahasa Indonesia bisa diklasifikasi yaitu pertama, fonem vokal, kedua, fonem konsonan, dan ketiga, fonem semivokal. Fonem segmental khusus fonem konsonan selanjutnya dibahas secara khusus.

    Fonem konsonan dihasilkan melalui arus udara yang keluar dari rongga paru-paru (lungs mengalami hambatan. Hambatan terjadi di daerah titik artikulasi. Fonem konsonan diproduksi melalui adanya arus udara yang mengalir dari paru-paru mengalami hambatan ketika keluar dari paru-paru. Hambatan terjadi di daerah artikulasi (titik artikulasi). Hambatan arus udara ini melibatkan tiga faktor, yaitu keadaan pita suara (vocal chords), penyentuhan alat ucap yang satu dengan yang lain (artikulator aktif ke artikulator pasif), dan cara persentuhan alat ucap.

      Artikulator aktif bergerak dalam menghasikan fonem bahasa. Contoh: ujung lidah, daun lidah, bagian lidah belakang, bibir bawah, dan gigi bawah. Daerah atau titik artikulasi yang disentuh dinamakan daerah artikulator (artikulator pasif). Contoh: bibir atas (upper lib), gigi atas (upper teeth), gusi (alveolae, alveolar) bagian atas, langit-langit keras (hard palate), langit-langit lunak (soft palate).

       Penamaan fonem konsonan berdasarkan artikulator yang bekerja (artikulator aktif). Misal:

Labio-bibir bawah.

Apiko-ujung lidah.

Lamino-daun lidah.

Dorso-bagian belakang lidah.

Radiko-bagian akar lidah.

 

 

Selanjutnya diikuti dengan titik artikulasi yaitu daerah yang disentuh artikulator aktif.

Misal:

-labial bibir atas.

-dental gigi atas.

-alveolar gusi.

-palatal langit-langit keras.

-velar langit-langit lunak.

-uvular anak tekak.

 

      

       Fonem konsonan juga diperhatikan mengenai cara artikulasi atau artikulator mendekati daerah artikulasi, dan bagaimana udara keluar dari mulut yang disebut dengan istilah cara artikulasi. Berdasarkan cara artikulasi ini fonem bahasa dapat dibedakan menjadi. Misal: fonem hambat, fonem frikatif, fonem lateral, fonem nasal, fonem getar.

 

Penjenisan fonem konsonan

       Sajian berikut ini mengenai fonem konsonan. Ada beberapa dasar yang digunakan dalam mengelompokkan fonem bahasa.

a. Berdasarkan keadaan (posisi) pita suara

Fonem konsonan bersuara dihasilkan dengan keadaan pita suara hanya terbuka sedikt sehingga terjadilah getaran pada pita suara.

Misal: /b/, /d/, /j/, /g/.

       Selanjutnya mengenai konsonan takbersuara. Fonem konsonan tidak bersuara dihasilkan dengan keadaan pita suara terbuka agak lebar sehingga tidak ada getaran pada pita suara. Misal: //p/, /t/, /c/, /k/. Konsonan bersuara dan konsonan takbersuara sebagai hasil pengelompokkan berdasar keadaan pita suara.

 

b. Berdasarkan tempat artikulasi.

Konsonan bilabial yaitu bibir bawah bergerak merapat ke bibir atas.

Fonem konsonan oral dengan udara keluar melalui rongga mulut.

Fonem Konsonan labiodental dengan menggerakkan bibir bawah ke gigi atas.

Konsonan lemino-alveolar dengan menggerakkan daun lidah menempel pada gusi.

Konsonan dorso-velar dengan menggerakkan pangkal lidah dan langit-langit lunak.

 

c. Berdasarkan cara artikulasi

(1) konsonn hambat/letupan/plosif/stop yaitu artikulator menutup sempurna aliran udara sehingga udara berhenti di balakang tempat hambatan itu. Kemudian penutupan itu di buka secara tiba-tiba sehinga terjadi letupan. /p/, /t/, /k/, /b/, /d/, /g/.

(2) konsonan frikatif/geseran yaitu artikulator aktif mendekati artikulator pasif dengan membentuk celah sempit. /f/, /s/, /z/

(3) konsonan paduan/afrikat yaitu gabungan antara hambat dan fikatif/geseran, /c/ dan /j/

(4) konsonan sengau/nasal yaitu artikulator menghambat arus udara melalui mulut  dan membiarkannya mengalir melalui rongga hidung. /m/, /n/, /ň/, /ŋ/.

(5) konsonan getaran/trill yaitu artikulator aktif melakukan kontak beruntun dengan artikulator pasif sehingga getaran berulang-ulang terjadi. /r/.

(6) konsonan sampingan/lateral yaitu artikulator aktif menghambat aliran udara pada bagian tengah mulut, dan membiarkan udara keluar melalui samping lidah. /l/.

(7) konsonan hampiran/semivokal, aproksiman yaitu artikulator aktif dan pasif membantuk ruang yang mendekati posisi terbuka, misal dalam pembentukan fonem vokal tetapi tidak cukup sempit untuk menghasilkan konsonan geseran. /w/ dan /y/.

        Setelah memahami fonem vokal dan fonem konsonan, maka Anda sudah mampu menganalisis satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia terdiri atas beberrapa fonem. Misal:

       supaya terdiri atas KV-KV-1/2KV terdapat tiga fonem konsonan.

       jendela terdiri atas KVK-KV-KV terdapat empat fonem konsonan.

       sengketa terdiri atas KVK-KV-KV terdapat empat fonem konsonan.

 

        Fonem akan bergabung dengan fonem yang lain dalam rangka membentuk struktur fonem yang disebut dengan sukukata. Misal: pola kanon yaitu KV : ma-na-la-gi (KV-KV-KV-KV). Pola seperti ini disebut dengan pola kanonik.

       Sekali lagi, bahwa pembahasan mengenai fonem sudah berhubungan dengan fonem vokal (pada perkuliahan kelima) dan fonem konsonan (pada perkuliahan keenam). Minggu depan pembahasan dilanjutkan pada fonem semivokal.

        Sebagai tanda keaktivan Anda dalam mengikuti perkuliahan ini, silakan mengisi komentar dengan sebuah kalimat motivasi yang Anda buat sendiri. Semoga pembahasan kali ini mendatangkan manfaat bagi kita. Mari kita akhiri dengan membaca hamdalah bersama-sama.

 

Wassalamualaikum wr. wb.,

 

Agus Budi Wahyudi

  

Komentar

  1. Nama: Azizah Manikandini
    NIM: A310190168

    Wa'alaikumsalam wr wb

    Sebagai umpan balik, saya akan menuliskan sebuah motivasi

    Siapapun bisa menjadi apapun, seperti kepompong yang dapat berubah menjadi kupu-kupu, nikmati proses untuk mencapai hasil yang sepadan.

    BalasHapus
  2. Nama : Riska Sriwulan
    NIM : A310190176
    Kelas : III D

    Dirimu yang bersinar
    Jiwamu yang berharga
    Cintailah itu
    Cintailah dirimu

    BalasHapus
  3. Nama : Qoshirotu Thorfi Iftinan
    NIM : A310190154

    Wa'alaikummussalam warrahmatullah wabarakatuhu. Terima kasih pak, atas materi yang telah disampaikan.

    Berikut umpan balik dari saya,

    "Ada kalanya lelah, ada kalanya pasrah. Tapi ingat jangan pernah menyerah. Bukan karena kamu lemah, tapi karena kamu belum yakin kalau kemampuanmu bukan sekedar remah-remah."

    BalasHapus
  4. Waalaikumsalam, wr.wb
    Baik, terima kasih atas materinya pak

    Nama : Annisa Triskia
    Nim : A310190171

    Kata Motivasi :
    Saya percaya jalan setiap orang menuju kesuksesannya itu berbeda-beda, kita bisa berencana seindah mungkin tapi Allah SWT yang akan mengatur jalan yang terbaik dari-Nya untuk kita.

    BalasHapus
  5. Wa'alaikummussalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih pak, atas materi yang telah disampaikan.

    Nama : Adelia Noer Karisma
    Nim : A310190151

    Berikut umpan balik dari saya:

    "Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya, jangan lelah dalam menutut ilmu (mencari ilmu). Libatkan lah segala urusan mu dengan sang khalik. Karena ia sebaik-baiknya pemberi."

    BalasHapus
  6. Wa'alaikummussalam warrahmatullah wabarakatuhu. Terima kasih pak, atas materi yang telah disampaikan. 

    Nama: Sukraheni Dwita M
    Nim: A310190142

    " Tegarlah seperti batu karang,yang terus terkena ombak tapi tetap kuat ,jangan mudah menyerah"

    BalasHapus
  7. Nama : Virda Dyah Rahmayanti
    Nim : A310190161
    Kelas : III D

    Kegagalan hari ini bukan ujung dari segalanya, bangkit dan raih bintang mu di esok hari. Jangan sampai jatuh karena dirimu sendiri.

    BalasHapus
  8. waalaikumsalam wr wb, baik pak terima kasih atas materi yang telah disampaikan 🙏

    Nama : Fitri Aulianisa Madini
    NIM : A310190170

    Jika kita bahagia, kita tidak akan ada energi untuk membenci orang lain apalagi secara berlebihan.

    BalasHapus
  9. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih atas materinya Pak.

    Nama : Aprilia Putri Kusuma
    NIM : A310190159
    Kelas : 3D

    "Tutuplah telingamu, jangan dengarkan mereka! Kita hidup bukan untuk menyenangkan mereka. Jadilah dirimu sendiri!"

    BalasHapus
  10. Waalaikumsalam Wr.Wb
    Nama: Wulan Katrisna
    Nim: A310190155

    Umpan balik dari saya

    Motivasi:
    " Tidak usah terang sekali, cukup belajar menjadi cahaya walau yang kecil. Tidak usah menjadi Hebat, cukup belajar menjadi orang yang terus bermanfaat"

    BalasHapus
  11. Nama : Anggita Rahmawati Putri
    Nim : A310190136

    Motivasi :
    Hidup itu bukan tentang mendapatkan apa yang kita impikan, namun tentang menghargai apa yang kita miliki dan bersabar atas apa yang kita impikan.Jangan pernah menyerah ketika kita masih mampu berusaha. Tidak ada kata berakhir sampai kita berhenti mencoba. Terus mencoba sampai semesta menentukan garis kehidupan kita

    BalasHapus
  12. Nama : Ardika Nugraha
    NIM : A310190140
    Kelas : III D

    Selama dan sejauh apapun kamu hidup dan melangkah ingatlah siapa yang membuat mu bisa hidup dan melangkah.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam, wr.wb
    Baik, terima kasih atas materinya pak

    Nama : Elsa Noventiana Nur Afni
    Nim : A310190160

    "Jangan berhenti ketika lelah, Berhentilah ketika selesai."

    BalasHapus
  15. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh baik, terima kasih atas materi hari ini pak

    Nama: Enggar Meilishia Nugrah S
    Nim :A310190141

    Kata-kata motivasi
    "Jika suatu saat kamu merasa lelah akan hidup dan kamu ingin sekali untuk menyerah, ingatlah betapa berharganya dirimu dan masih banyak orang di sekeliling mu yang menyayangi mu".

    BalasHapus
  16. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh baik, terima kasih atas materi hari ini pak

    Nama: Muhammad Fajar Aji Prakosa
    Nim: A310190172

    “Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru.”

    BalasHapus
  17. Wa'alaikumussalam wr.wb, terima kasih pak

    Nama: Syulin Kinanthi
    NIM: A310190139
    Kelas: D

    " Jangan lupa berterima kasih pada dirimu karena sudah bertahan sejauh ini dan juga berterima kasih lah pada dirimu karena tetap kuat dan sabar disaat kau hampir menyerah. "

    BalasHapus
  18. Nama : Syifa Fiqri Azizah
    Nim : A310190157
    Kelas : IIID

    Hiduplah sesuai bagaimana yang kamu ingin, jangan hidup dibawah tuntutan orang lain tentangmu. Karena orang lain hanya dapat melihat apa yang terjadi, namun tidak benar-benar mengerti dan memahami.

    BalasHapus
  19. Nama : Ira Rizki Septiana
    NIM : A310190175
    Kelas : D

    "Bekerja keraslah hingga barang yang mahal terlihat murah dan jadilah seperti oksigen,tidak terlihat namun sangat dibutuhkan"

    BalasHapus
  20. Waallaikumsalam.wr.wb

    Nama: Rendi Nur Alim
    NIM : A310190167

    "Tak perlu banyak basa-basi , ikuti jejak langkah mu untuk mencapai mimpi"

    BalasHapus
  21. Wa'alaikumsalam wr.wb. Terima kasih atas materi yang telah disampaikan.

    Nama : Anggara Tiyo Pratama
    NIM : A310190158
    Kelas : D

    "Setiap aktivitias atau tindakan yang baik adalah ilmu, setiap ilmu adalah kunci kesuksesan"

    BalasHapus
  22. Waalaikumsalam wr.wb, terima kasih pak materi yang sudah bapak sampaikan dikuliah online ini. Saya akan mencoba menanggapi pertanyaan penugasan :

    Nama : Tiga Ksatriaga
    Nim : A310190153
    Kelas : 3D

    "Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi."

    BalasHapus
  23. Nama: Muhammad Isa Pradana Suliwa
    Nim: A310190165
    Kelas: IIID

    "Teruslah membuat orang lain bahagia, karena tawa bahagia mereka adalah penghibur di kala kita di rundung duka."

    BalasHapus
  24. Wa'alaikummussalam warrahmatullah wabarakatuhu. Terima kasih pak, atas materi yang telah disampaikan.

    Nama: Dyaka Rizky Fayyadh Yonandhi
    Nim: A310190146

    " Tegarlah seperti batu karang,yang terus terkena ombak tapi tetap kuat, Jangan mudah menyerah"

    BalasHapus
  25. Nama : Syafrudin Daffa Maulana
    Nim : A310190180
    Kelas : IIID

    Umpan balik kata kata motivasi:

    "Jangan bangga disanjung banyak orang. INGAT nyamuk mati karena banyaknya tepuk tangan"

    BalasHapus
  26. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih pak atas materi yang sudah bapak sampaikan.

    Nama : Nuriana Farhani
    Nim : A310190138
    Kelas : 3D

    Motivasi
    "Selama ada kesempatan gunakanlah sebaik-baiknya, agar kamu tidak menyesal setelah nya"

    BalasHapus
  27. Nama: Boby Prasetyo Putra
    Nim: A310190149
    Kelas: 3D

    Terima tantangan agar kamu dapat merasakan nikmatnya kemenangan.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih pak atas materi yang bapak sampaikan 🙏

    Nama : A. Wafiq Yunita
    Nim : A310190144

    Umpan balik motivasi:
    "Kurang pandai mungkin bisa diperbaiki, tapi kejujuran tidak akan pernah mudah untuk ditanamkan. Teruslah bersikap jujur karena pada dasarnya jujur itu lebih mahal harganya di bandingkan kepandaian"

    BalasHapus
  29. Nama: Ahmad Rizky Adhiyatna
    NIM: A310190166
    Kelas: 3D

    "Diciptakan untuk kuat, direncanakan untuk hebat".

    BalasHapus
  30. Nama : Vaneysha Ardhianika
    Nim : A310190177

    Umpan balik motivasi :

    "Ikuti hatimu gunakan akal mu libatkan imanmu insya Allah lancar segala urusanmu"

    BalasHapus
  31. waalaikumsalam wr wb, baik pak terima kasih atas materi yang telah disampaikan 🙏

    Nama : Dandung Aji
    NIM : A310190164

    "Kalau kita tidak pernah berjuang sampai akhir, kita tidak akan pernah melihatnya walau ada di depan mata."

    BalasHapus
  32. Nama : Putri Feby Nuraini
    Nim : A310190148

    "Hidup di dunia cuma sekali, maka gunakanlah untuk berusaha secara maksimal dan lakukan kebaikan untuk bekal"

    BalasHapus
  33. Waalaikumsalam Wr.wb, baik pak.
    Terima kasih atas materi yang telah disampaikan 🙏

    Nama :Tinesia Adellasari
    Nim :A310190156

    " Nikmati setiap hal kecil dalam hidupmu karena suatu hari nanti, kamu mungkin akan melihat kebelakang dan menyadari bahwa hal kecil itu sebenarnya sangat berarti "

    BalasHapus
  34. Nama : Aliefvia Ainunnisa
    Nim : A310190143

    "Teruslah berjalan meski langkah terasa berat, sesekali boleh mengembalikan langkah tapi jangan lupa hal hal baik menunggu didepan."

    BalasHapus
  35. Waalaikumsalam Wr.wb, baik pak.
    Terima kasih atas materi yang telah disampaikan 🙏

    Nama : Santika Cahya Pramesti
    Nim :A310190152

    "Terkadang, kamu harus diam, menerima bahwa kamu berbuat salah. Bukan karena menyerah, tapi karena kamu dewasa"

    BalasHapus
  36. waalaikum salam wr.wb

    Nama: Purna Alfani Azhar
    NIM: A310190145

    "berusaha boleh, asal jangan memaksakan kehendak"

    BalasHapus
  37. Nama : Utia Nur Hafidza Rizkya Ramadhani
    Nim : A310190147

    Hidup itu seperti masalah, yang harus dijalani dan dilalui bukan di hindari

    BalasHapus
  38. Nama: Rahmawati Sekar Cahyaningrum
    NIM: A310190173

    Jadilah dirimu sendiri, jangan berpura-pura jika hanya ingin mendapat pujian.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.