MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH 2020 KELAS VII F

  KONTRAK  KULIAH

MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH

SEMESTER VII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah.

          Saya harap semua semangat!

***          

ISI KONTRAK


Pertama:

a. Nama mata kuliah: Manajemen Majalah Sekolah

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku pegangan sudah diisusun Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan  LPPBI.

*** 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Selanjutnya, guna membangkitkan semangat mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah      

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

   

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

            PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

            SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

     .       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

  KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

\

KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis. 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta  mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah 

1. Memiliki motivasi, minat, sikap,  dan gambaran jelas mengenai

    manajemen majalah sekolah

1.1 Mampu menjelaskan konsep manajemen umum dan manajeman majalah sekolah.

1.2 Mampu menjelaskan ciri, alasan pengelolaan, dan arti pentitng majalah umum dan majalah sekolah.

1.3 Mampu mengenali rubrik majalah umum dan majalah sekolah.

 

2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah

2.1 Mampu menyebutkan susunan redaksi pengelolaan majalah sekolah.

2.2 Mampu menyebutkan tugas keredaksian majalah sekolah.

2.3 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.

 

3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK)

3.1 Mampu melakukan observasi majalah sekolah SMP dan SMA.

2.1 Mampu mengidentifikasi rubrik pengisi majalah sekolah.

3.3 Mampu membuat tulisan pengisi majalah sekolah (puisi, humor, dan artikel)

 

4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.

4.1 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.  

4.2 Mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus..

4.3 Mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus

 

5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah --Papirus

5.1 Mampu menata rubrik majalah Papirus.

5.2 Mampu melayout dan mengedit draf terbitan majalah Papirus

5.3 Mampu menerbitkan majalah Papirus (berwujud soft file dan cetak).

 

C. MATERI

Materi

Pengertian manajemen secara luas dan sempit, Karakteristik manajemen   majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah

Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah

Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dyl, dan tugas redaksi

Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA

Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah, Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan

Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik

Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah

Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus

Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara

Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi

Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik

Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus

Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

 D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan MMS dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Nama : Meilani Dina Pangestika
    NIM : A310180186 / 7E
    Manajemen Majalah Sekolah
    Berdasarkan CPMK yang telah disampaikan sebagai berikut :
    1. Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai MMS
    2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan MMS
    3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK)
    4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah
    5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah
    Berdasarkan ke 5 CPMK yang telah dipaparkan tersebut, cocok dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah managemen majalah sekolah karena mahasiswa diajak untuk mampu menguasai keterampilan menulis melalui pemahaman secara berkelanjutan yang kemudiam diimplementasi kedalam bentuk majalah baik secara cetak maupun non cetak sehingga dalam keadaan dan situsi yang memprihatinkan produksi dari managem majalah sekolah dapt tetep dikonsumsi.
    A. Pengertian Managemen
    Menurut G. R Terry menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain nya.
    B. Sumber Sitasi
    https://seputarilmu.com/2020/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html
    C. Berdasarkan pengertian managemen yang dikemukakan G. R Terry dapat diambil garis besar bahwa segala sesuatu kegiatan dan tujuan memiliki proses, langkah dan tahapan. Di mulai dari hal yanh mendasar yaitu perencanaan sampai pada tahap akhir yaitu hasil. Dengan demikian managemen merupakan metode atau proses secara urut dan sistematis yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan bersama tanpa terkecuali. Mengevaluasi kinerja, meninjau dan mengkaji ulang situasi dan juga melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika adanya penyimpangan di dalam melakukan strategi
    D. Implementasi pengertian Managemen terhadap Managemen Majalah Sekolah
    Managemen merupakan sebuah perencanaan dan proses yang ditempuh untuk mewujudkan visi misi sebaik mungkin, serta melakukan evaluasi terhadap suatu kegiatan tentu saja managemen dalam managemen majalah sekolah sangat diperlukan peran managemen dalam majalah sekolah berkaitan erat dengan fungsi managemen dalam mewujudkan majalah sekolah yang baik, benar, efektif dan efisien. Sehingga produk majalah sekolah dapat berkualitas dan mampu melatih bakat dan minat peserta didik.

    BalasHapus
  2. Nama :Triyanti
    NIM : A310170095

    Bagian pertama :
    Butir yang cocok dengan mata kuliah manajeman majalah sekolah ini adalah butir yang ke 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.

    Bagian kedua :
    A. Menurut Ricky W. Griffin, (2004) pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
    B. Menurut Federick manajemen adalah sebuah percobaan yang dilakukan secara sungguh-sungguh guna menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam setiap kepemimpinan organisasi setiap sistem kerjasama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat-alat perumusan.
    C. Menurut Renville Siagian, pengertian manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.
    D. menurut saya pendapat dari Fenderick dan pendapat dari Renville siagian karena bisa di implementasi dengan manajemen majalah sekolah krena membuat manajeman majalah sekolah harus dengan kerja sama agar mencapat tujuan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.