PERTEMUAN PERTAMA FONOLOGI SEMESTER III C 2020: KONTRAK KULIAH

 

KONTRAK  KULIAH

FONOLOGI

SEMESTERIII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Fonologi

          Saya harap semua semangat!

         

ISI KONTRAK

Pertama:

a. Nama mata kuliah: Fonologi

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku yang digunakan seperti buku pengantar linguistik dan buku fonologi yang disusun para ahli, serta buku pegangan yang baru proses penyusunan --Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan LPPBI.

 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Fonologi

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

A.      PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

B.       SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

C.       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

 

D.      KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

 

E.       KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta  mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan MK FONOLOGI

1. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.

2. Mahasiswa mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan dan semivokal. 2.1 Mahasiswa menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa. 2.2  Menentukan fonem segmental: vokal, konsonan, dan semivokal bahasa Indonesia. 2.3 Membuat deskripsi fonem bahasa Indonesia.

3. Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata. 3.1 Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata. 3. 2. Silabel/suku kata dan jenisnya dalam satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia. 3. 3 Penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kadiah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia.

5. Mahasiswa mengenal sistem tulisan. 5.1 Mengenal sistem tulisan: sejarah tulisan di dunia. 5.2 Mengenai jenis tulisan di dunia. 5.3 Sistem tulisan bahasa Indonesia: transkripsi ortografis bahasa Indonesia.

 

C. MATERI

Materi

Fonologi sebagai cabang linguistik

Definisi fonologi, fonemik, dan Penjelasannya

Fonem bahasa sebagai objek kajian fonologi

Fonem segemantl dan fonem suprasegmental dalam bahasa

Identifikasi fonem bahasa: fonem segmental bahasa Indonesia

Deskripsi fonem vokal, fonem konsonan, dan fonem semivokal bahasa Indonesia

Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata bahasa Indonesia

Suku kata, jenis suku kata dalam bahasa Indonesia

Pedoman ejaan bahasa Indonesia dan tata cara penulisan kata

Kaidah pelafalan fonem vokal bahasa Indonesia

Kaidah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia

Suku kata dan cara melafalkan

Sistem tulisan dan sejarah tulisan di dunia

Jenis tulisan di dunia

Sistem tulisan bahasa Indonesia (transkripsi ortografis)

 

 

D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!

B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan Fonologi dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Nama : adistya yossi hilda agustine
    Nim : a310190015
    Kelas : 3A

    BalasHapus
  2. Nama:Azhar Muhammad Shidqi
    Nim :A310190040
    Kelas :3A

    BalasHapus
  3. Nama: Nur Ahmad Hidayat
    Nim: A310190034
    Kelas: 3A

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh, baik terima kasih pak
    Nama : Aulia Sofia Nur Fadilah
    NIM : A310190125
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  5. Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakatuh, baik pak terimakasih
    NIM : A310190126
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, baik pak.
    NIM : A310190130
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  8. Wa'alaikumussalam warahmatullahi Wabarakaatuh.
    Baik, Terimakasih pak.
    NIM : A310190128
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  9. Waalaikumsalam, wr.wb
    Baik, terima kasih pak.
    Nim : A310190092
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  10. Waalaikumsalam, wr.wb
    Baik, terima kasih pak.
    Nim : A310190095
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Waalaikumsallam Wr. Wb
    Baik. Terima kasih, Pak.
    Nama: Sinta Tri Noviana
    NIM: A310190129
    Kelas: 3C

    BalasHapus
  14. Wa'alaikumsallam wr.wb
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Fitri Ana Desi Wulandari
    Nim : A310190108
    Kelas : 3 / C

    BalasHapus
  15. Waalaikumsalam wr.wb
    Baik Pak, terimakasih
    Nama: Keren Pujaning Jati
    NIM: A310190120
    Kelas: 3 C

    BalasHapus
  16. Wa'alaikumsallam wr.wb
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Devita Dwi Ramawati
    Nim : A310190105
    Kelas : 3 / C

    BalasHapus
  17. Waalaikumsalam wr wb
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Aprilia puspa Wulandari
    Nim : A310190106
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  18. Waalaikumsalam wr. Wb
    Baik pak, Terimakasih
    Nama: Syahrizal Hanif Fatkhurrohman
    Nim: A310190110
    Kelas: 3/C

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Waalaikumsalam wr. Wb
    Baik pak, Terimakasih
    Nama: Syahrizal Hanif Fatkhurrohman
    Nim: A310190110
    Kelas: 3/C

    BalasHapus
  21. Waalaikumsallam wr.wb
    Baik pak. Terimakasih.
    Nama : Yogi Arga Jalu Pratama
    Nim : A310190124
    Kelas : 3 C

    BalasHapus
  22. Wa'alaikumsalam wr.wb
    Baik pak, terimkasih
    Nama: Murwaning Tyas Hapsari
    NIM: A310190135
    Kelas: 3/C

    BalasHapus
  23. Wa'alaikumsalam wr.wb
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Zani Tri Widiatama
    NIM : A310190112
    Kelas : 3/C

    BalasHapus
  24. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Baik pak, terimakasih.
    Nama: Anggit Dwi Loventi
    Nim : A310190121
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  25. Waalaikumsalam warahmatullahi wa'barakatuh, baik pak terimakasih
    Nama: Wahyuni
    Nim: A310190097
    Kelas: 3C

    BalasHapus
  26. Wa'alaikumsalam wr.wb
    Baik pak, terimakasih
    Nama: Clarissa Salsabila Ifany Sari
    NIM: A310190132
    Kelas: 3C

    BalasHapus
  27. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Nila Safitri
    NIM : A310190127
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  28. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Baik pak, terimakasih.
    Nama: Desy Luvita Sari
    Nim : A310190103
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  29. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih.
    Nim : A310190100
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  30. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

    Baik pak, terimakasih
    NIM: A310190131
    Kelas: 3C

    BalasHapus
  31. Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakatuh

    Baik pak terimakasih
    Nim : A310190114
    Kelas : 3c

    BalasHapus
  32. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

    Baik pak, terimakasih
    NIM : A310190096
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  33. Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakatuh

    Baik pak, terimakasih
    NIM : A310190122
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  34. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

    Baik pak, terimakasih

    NIM: A310190119
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  35. Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakatuh

    Baik pak, terimakasih
    NIM : A310190123
    Kelas : 3C

    BalasHapus
  36. Nama : Keren Pujaning Jati
    NIM : A310190120
    Kelas : 3 C

    UMPAN BALIK
    Bagian pertama:
    A. Saya akan berusaha mengikuti perkuliahan mata kuliah fonologi ini dengan baik, meskipun sampai saat ini pembelajaran masih dilaksanakan secara daring tetapi saya akan berusaha memahami dan mengikutinya dengan baik.

    B. Menurut saya, CPMK tersebut semua cocok dengan mata kuliah fonologi ini. Karena komponen tersebut memang dibutuhkan mahasiswa untuk memahami konsep fonologi, pelafalan vokal, struktur fonem, bahkan mengenal sistem tulisan: transkripsi ortografis bahasa Indonesia. Serta hal itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

    Bagian kedua:
    A. Fonologi adalah ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang di pakai oleh manusia.

    B. Pada buku Fonologi bahasa Indonesia karya Abdul Chaer (2003:102). Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

    C. Pemahaman saya dari definisi tersebut, bahwa fonologi sesungguhnya merupakan satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan teori-teori perubahan bunyi itu. Fonologi juga membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa dan cara menganalisnya. 

    D. Implementasi dari definisi tersebut yaitu saat kita melakukan pelafalan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Saat melakukan pelafalan bunyi bahasa tersebut kita dapat mengetahui kemampuan berbahasa, mulai dari pengkajian bunyi bahasa hingga proses terbentuknya bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  37. Nama : Ririn Dewi Karmila
    NIM : A310190092
    Kelas : 3C
    BAGIAN PERTAMA
    A. Berusaha sebaik mungkin mengikuti dan memperlajari materi perkuliahan fonologi.
    B. Menurut saya butir CPMK yang cocok untuk perkuliahan fonologi adalah semua butir. Karena, Masing-masing butir tersebut memiliki kesinambungan dan untuk mencapai tujuan pembelajaran akan lebih baik bila materi didampingi dengan praktek.

    BAGIAN KEDUA
    A. Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya (Kridalaksana : 2002)
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    C. Fonologi adalah salah satu bidang linguistik yang memperlajari bunyi bahasa yang dihasilkan oleh manusia.
    D. Menurut saya kemampuan berbahasa yang baik lisan maupun tulisan, haruslah memperhatikan bunyi bahasa beserta fungsinya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

    BalasHapus
  38. Nama : Ramadhani Putri Utami
    Nim : A310190100
    Kelas : 3C
    UMPAN BALIK BAGIAN PERTAMA :
    A. Komiten saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi adalah “Saya berkomitmen untuk berusaha memenuhi capaian mata kuliah yang sudah ditentukan dan mampu memanfaatkan ilmu yang didapat dengan sebaik – baiknya.”
    B. Menurut saya Kelima CPMK yang diuraikan sudah sangat kompleks. Sehingga seharusnya semua dipahami agar mahasiswa lebih paham tentang cara pelafalan dan bunyi bahasa yang dapat digunakan dalam kehidupann sehari hari dan dapat di praktikan dengan benar.

    UMPAN BALIK BAGIAN KEDUA :
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (Linguistik) yang mengkaji bunyi bahasa proses terbentuknya dan perubahanya (Yendra, 2016:64).
    B. Yendra.(2016).Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish.
    C. Maksud dari definisi Fonologi yang tertera diatas adalah menunjukkan bahwa fonologi merupakan salah satu sub disiplin linguistic yang membahas tentang bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia berserta teori dan perubahan yang terjadi.
    D. Menurut saya dengan adanya ilmu fonologi ini akan memudahkan kita mengkaji atau mempelajari bunyi bahasa mulai dari proses tersusunya, perubahanyan dan pengunaanya. Seperti halnya ketika dua orang yang sedang berbicara namun dua orang ini berasal dari berbeda daerah cara mereka berbicara saja sudah beda mulai dari logat hingga pelafalan berbeda. Dengan adanya fonologi kita dimudahkan untuk mempelajarinya.

    BalasHapus
  39. Waalaikumsalam warahmatullahi wa'barakatuh, baik pak terimakasih 🙏🙏
    Nama: Wahyuni
    Nim: A310190097
    Kelas: 3C

    UMPAN BALIK
    *Bagian pertama*
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, dan ilmu yang saya dapatkan semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Disamping itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan kita harus melakukannya step by step, antara teori dan praktek harus seimbang.
    *Bagian kedua*
    A. Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. Dari definisi tersebut yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji, mempelajari dan menganalisis runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, antara orang jawa dengan orang sunda ketika mereka bertemu maka cara pelafalan setiap katanya akan berbeda-beda, mereka akan berbicara sesuai dengan logatnya masing-masing. Maka dengan adanya sub-disipliner linguistik di bidang fonologi kita dapat memahami bagaimana cara mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  40. Nama : Sinta Tri Noviana
    NIM : A310190129
    Kelas : 3C
    Matkul : Fonologi
    A. BAGIAN 1
    1. Komitmen saya dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonologi yaitu pada saat pembelajaran berlangsung maka saya akan memahami materi dan apabila saya belum memahami maka saya akan mencoba bertanya dan mencari materi dari berbagai sumber, dimana hal tersebut merupakan keterampilan dan semangat dalam belajar. Selain itu, saya akan disiplin waktu dalam mengerjakan tugas.
    2. Setelah saya memahami CPMK, maka gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Fonologi yaitu semua point dalam CPMK tersebut. Karena, dalam CPMK tersebut dapat membantu mahasiswa dalam bunyi-bunyi bahasa baik secara lisan maupun tulis.

    B. BAGIAN 2
    1. Chaer (dalam Yendra, 2018: 64) menjelaskan bahwa fonologi merupakan bidang linguistik yang memperlajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.
    2. Sumber Referensi: Yendra. 2018. "Mengenal Ilmu Bahasa (Lingustik)". Yogyakarta: Deepublish.
    3. Dari definisi fonologi pada nomor 1 dapat dijelaskan bahwa fonologi merupakan cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya, dan perubahannya. Runtunan bunyi-bunyi bahasa yang dimaksud adalah runtunan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya. Fonologi mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional. Objek kajian yang pertama dikaji yaitu bunyi bahasa (fon) yang disebut tata bunyi (fonetik) dan yang kedua mengkaji fonem yang disebut dengan fonemik.
    4. Dapat diambil contoh pengimplementasian dari definisi tersebut yaitu dalam proses belajar mengajar. Pada saat proses pembelajaran fonologi di kelas, mahasiswa diajak untuk melakukan pesan berantai dengan tujuan sebagai aplikasi bagaimana mekanisme penerimaan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dapat diterima oleh telinga kita. Maka kita secara tidak langsung akan mempelajari, menganalisi, dan membicarakan runtunan bunyi-buunyi bahasa.

    BalasHapus
  41. Nama : Fitri Ana Desi Wulandari
    Nim : A310190108
    Kelas : 3 / C
    Matkul : Fonologi

    Bagian Pertama

    1. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi ini yaitu saya berusaha untuk melakukan pembelajaran fonologi dengan baik, dan juga saya akan berusaha untuk mengikuti semua bimbingan dosen disetiap pembelajaran agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan.
    2. Menurut saya semua bulir yang ada dalam Capaian Perkuliahan Mata Kuliah ini cocok untuk mata kuliah Fonologi karena dengan adanya CPMK ini dapat membantu mahasiswa dalam mencapai target yang sudah ditentukan dan membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi serta mahasiswa dapat lebih profesional dalam pelafalan vokal.

    Bagian Kedua

    1)Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    2)Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    3)Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    4) Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  42. Nama : Fathia Gurnita Damayanti
    Nim : A310190095
    Kelas : C

    UMPAN BALIK
    Bagian pertama
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, dengan begitu saya akan mendapatkan ilmu yang mungkin nantinya akan berguna untuk diri saya pribadi dan masyarakat luas.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian kedua
    1.Menurut Kridalaksana, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3.Dari definisi diatas, dapat saya tarik kesimpulan bahwa fonologi merupakan suatu ilmu yang memperlajari dan mengkaji, semua hal yang berkaitan dengan bunyi menurut fungsi bunyi tersebut (cara membedakan atau dari mana bunyi tersebut dihasilkan)
    4. pendapat saya mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis yaitu harus memperhatikan bunyi bahasa sesuai dengan fungsinya, agar apa yang disampaikan dan diterapkan bisa jelas dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

    BalasHapus
  43. Nama : Devita Dwi Ramawati
    NIM : A310190105
    Kelas : 3C
    UMPAN BALIK
    *Bagian pertama*
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi dengan baik dan semoga ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat kedepannya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen yang telah disebutkan . Karena semua komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih mengenal perafalan vokal. kertakitan antara satu komponen dengan yang lainnya sangat erat dan bisa mencapai tujuan pembelajaran.

    *kedua*
    A. studi bahasa yang terkait dengan sistem bahasa, organisasi bahasa dan meruapakan suatu studi fungsi linguistis bahasa.
    B. trubetzkoy (1962:11-12)
    C. dari definisi saya paham akan fonologi, yaitu studi yang mengajarkan tentang dengan sistem bahasa serta meliputi organisasi bahasa, dan sebagaai studi fungsi linguistis bahasa.
    D. impelmentasi dari definisi tersebut yaitu , ketika fonologi sebagai "studi tentang bunyi yang berkaitan dengan sistem bahasa," sebagai lawan dari fonetik, yang merupakan "studi tentang bunyi yang berkaitan dengan tindakan ucapan" (perbedaan antara bahasa dan pidato pada dasarnya adalah perbedaan Saussure antara bahasa dan pembebasan bersyarat ).

    BalasHapus
  44. Nama: Lia Safitri
    NIM : A320290096
    Kelas: 3C


    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, untuk kedepannya apabila ada materi yang belum dipahami maka saya akan bertanya, dan ilmu saya semoga bermanfaat untuk semua orang.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Disamping itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan kita harus melakukannya step by step, antara teori dan praktek harus seimbang.

    BAGIAN KEDUA
    A.Fonologi merupakan cabang ilmu linguistik yang mempelajari bunyi bahasa secara umum.
    B. Ria Yulianti dan Frida Unssiah, 2018:3.
    Daftar pustaka:
    Unsyiah, Frida dan Ria Yulianti. 2018. Fonologi. Yogyakarta:UB press.
    C. Dari definisi tersebut yang saya pahami tentang fonologi merupakan cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji, mempelajari, dan menganalisis runtutan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, antara orang jawa dengan orang sunda ketika mereka bertemu maka cara pelafalan setiap katanya akan berbeda-beda, mereka akan berbicara sesuai dengan logatnya masing-masing. Maka dengan adanya sub-disipliner linguistik di bidang fonologi kita dapat memahami bagaimana cara mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Nama : Melati Yuana
    NIM. : A310190094
    Kelas : 3 C

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dan kemudian dapat menerapkan ilmu yang Saya peroleh dalam kehidupan.
    B. Semua CPMK penting untuk dipelajari. Karena setiap butirnya saling berkaitan.

    Bagian Kedua
    A. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa, yang secara etimologis terbentuk dari kata fon yaitu bunyi, dan logi yaitu ilmu.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Fonologi adalah cabang dari ilmu linguistik yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kemudian menurut hierarki satuan bunyi yang menjadi objek studinya, fonologi dibedakan menjadi fonetik (bidang kajian yang membahas bunyi bahasa tanpa memperhatikan fungsi bunyi bahasa tersebut sebagai pembeda makna atau tidak) dan fonemik (bidang kajian yang memperhatikan bunyi bahasa sebagai pembeda makna).
    D. Implementasi dari definisi di atas baik lisan maupun tulis dapat diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Seperti ketika kita berbicara kepada orang lain ada lafal-lafal yang muncul dari alat ucap kita ataupun ketika sedang bernyanyi, maka hal tersebut adalah implementasi secara lisan dengan menerapkan dari kajian fonetik. Dan ketika kita menulis huruf-huruf saat sedang belajar, maka hal tersebut adalah implementasi secara tulis.

    BalasHapus
  48. Nama : Tri Wahyulita Nurhalimah
    Nim : A310190119
    Kelas : 3C

    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya harap dengan mengikuti kuliah fonologi dengan baik dan saya dapat memenuhi capaian Mata kuliah yang ditargetkan.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.

    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah Bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata.
    B. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah gabungan kata fon yang berarti bunyi dan logi yang berarti ilmu. Sebagai sebuah ilmu, fonologi lazim diartikan sebagai bagian dari kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia (Chaer, 2009 : 1).
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  49. Wa'alaikumsalam Warahmatullahi wabarakatuh. Baik. Terima kasih, Pak

    Nama : Melati Yuana
    NIM. : A310190094
    Kelas : 3 C

    BalasHapus
  50. Nama:Murwaning Tyas Hapsari
    NIM: A310190135

    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, untuk kedepannya apabila ada materi yang belum dipahami maka saya akan bertanya, dan ilmu saya semoga bermanfaat untuk semua orang.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen yang telah disebutkan . Karena semua komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih mengenal perafalan vokal. kertakitan antara satu komponen dengan yang lainnya sangat erat dan bisa mencapai tujuan pembelajaran.

    1)Menurut Abdul Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    2)Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    3)Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    4) Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal.

    BalasHapus
  51. waalaikumsalam wr.wb.
    baik pak, terima kasih.
    Nama: Ulya Nurul Alimah
    NIM: A310190093
    Kelas: 3C

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Nama: Clarissa Salsabila Ifany Sari
    Nim: A310190132
    Kelas: 3C

    UMPAN BALIK
    *Bagian pertama*
    A. Saya akan berusaha mengikuti pembelajaran fonologi dengan baik serta mampu mancapai dan memanfaatkan materi dengan sebaik-baiknya.
    B. Menurut saya, CPMK tersebut semua komponen cocok dengan mata kuliah fonologi ini. Karena capaian tersebut memang menjadi dasar yang dibutuhkan mahasiswa sehingga mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik.

    *Bagian kedua*
    A. Secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.
    B. Abdul Chaer (2003:102)
    Daftar pustaka:
    Chaer, Abdul. 2003. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Dari definisi tersebut menurut saya fonologi adalah ilmu yang mempelajari sistem bunyi dalam bahasa indonesia dan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika seseorang akan mengomunikasikan gagasan dan pikirannya kepada orang lain. Oleh sebab itu, jika ingin mengungkapkan berbagai pemikiran dengan baik, maka seseorang harus menguasai bahasa dengan baik.

    BalasHapus
  54. Wa'alaikumsalam Warahmatullahi wabarakatuh. Baik. Terima kasih, Pak

    Nama : Yeyen Syafitri
    NIM. : A310190116
    Kelas : 3 C

    BalasHapus
  55. Nama : Sekar Chandra Sulistyowati
    NIM : A310190123
    Kelas : 3C
    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi dengan baik dan berusaha memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan. Dengan itu saya akan berusaha hadir dalam dalam setiap kegiatan perkuliahan, berusaha untuk memahami materi yang disampaikan, dan menyerahkan tugas tepat waktu.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa ketika menempuh mata kuliah Fonologi.
    BAGIAN DUA
    A. fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. dari definisi di atas yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kita orang jawa dan orang batak ketika bertemu dengan logatnya masing-masing.

    BalasHapus
  56. Nama: Mei Rista Irdafani
    NIM: A310190131
    Kelas: 3C

    UMPAN BALIK
    Bagian pertama
    A. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan fonologi yaitu berusaha memahami pembelajaran yang disampaikan dan mengikuti alur perkuliahan dengan baik.

    B. Menurut saya seluruh butir CPMK tersebut cocok dengan mata kuliah fonologi, karena seluruh butir CPMK tersebut mampu mengarahkan mahasiswa dalam memahami pembelajaran mata kuliah fonologi.

    Bagian kedua
    A. Definisi fonologi menurut Chaer (2012) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.

    B. Sumber:
    Yusri, Mantasia R. 2020. Linguistik Mikro (Kajian Internal Bahasa dan Penerapannya). Yogyakarta: Deepublish.

    C. Definisi fonologi menurut Chaer (2012) tersebut, dapat disimpulkan bahwa fonologi mengkaji bunyi-bunyi yang hanya diucapkan oleh manusia. Bunyi yang muncul diluar alat ucap manusia tidak menjadi objek kajian dalam fonologi.

    D. Implementasi fonologi tersebut tentu berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis yang mana diterapkan pada saat manusia melafalkan bunyi bahasa.

    BalasHapus
  57. Nama: Zurisa Evana
    NIM: A310190122
    Kelas : 3C

    Bagian Pertama
    1. Komitmen saya saat kuliah fonologi, saya akan mengikuti mata kuliah ini dengan sungguh - sungguh dan penuh semangat walaupun tak tatap muka secara langsung dan saya berusaha sebaik mungkin mengikuti dan memperlajari materi perkuliahan fonologi.

    2. Menurut saya semua butir yang ada di CPMK cocok untuk makul fonologi ini, namun lebih difokuskan di butir satu. Akan tetapi sebetulnya CPMK penting untuk dipelajari Karena setiap butirnya saling berkaitan.

    Bagian kedua.
    1.Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi merupakan bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3. Penjelasan fonologi dari definisi Harimurti Kridalaksana adalah Fonologi adalah cabang keilmuan dari linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa membedakan makna leksikal dalam bahasa tersebut.
    4. implementasi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis adalah, kemampuan berbahasa yang baik harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya, agar ketika kita ingin menyampaikan informasi bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman antara penutur dan pendengar/pembaca.
    sehingga dengan adanya sub-disipliner linguistik di bidang fonologi kita dapat memahami bagaimana cara mengkaji bunyi bahasa.

    BalasHapus
  58. Nama : Miftah Asyrofi Muhtar
    NIM A310190126
    3C

    Umpan Balik
    Bagian pertama
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri dan orang lain.
    B. Menurut saya semua CPMK yang tertera diatas sangatlah penting, karena dapat menumbuhkan profesionalisme dari diri mahasiswa sendiri terutama dalam bidang bahasa indonesia

    Bagian kedua
    A. Fonologi memfokuskan perhatian pada bagaimana bunyi bunyi pada suatu bahasa muncul. Selain itu, fonologi juga mempelajari, membahas, membicarakan dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia (chaer, 2001: 1).
    B. Wahyu Eriyanti, R., Tiara Syarifuddin, K., Datoh, Kasem., Yuliana, Eka. 2020. "Linguistik Umum". Malang : Uwais Inspirasi Indonesia.
    C. Fonologi adalah ilmu yang mengkaji tentang bagaimana bunyi bahasa muncul. Teori yang diungkapkan oleh chaer menjadi landasan sekaligus batasan dalam memhami fonologi. Artinya, fonologi mengkaji tentang bunyi bunyi bahasa yang diucapkan oleh manusia. Bunyi yang dihasilkan selain dari alat ucap manusia bukan menjadi objek kajian fonologi.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah dengan mempelajari dan memahami bagaimana bunyi bahasa muncul, menganalisis bunyi bahasa, dan memaknai bunyi bahasa sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dan meningkatkan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulis.

    BalasHapus
  59. Nama : Miftah Asyrofi Muhtar
    NIM A310190126
    3C

    Umpan Balik
    Bagian pertama
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri dan orang lain.
    B. Menurut saya semua CPMK yang tertera diatas sangatlah penting, karena dapat menumbuhkan profesionalisme dari diri mahasiswa sendiri terutama dalam bidang bahasa indonesia

    Bagian kedua
    A. Fonologi memfokuskan perhatian pada bagaimana bunyi bunyi pada suatu bahasa muncul. Selain itu, fonologi juga mempelajari, membahas, membicarakan dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia (chaer, 2001: 1).
    B. Wahyu Eriyanti, R., Tiara Syarifuddin, K., Datoh, Kasem., Yuliana, Eka. 2020. "Linguistik Umum". Malang : Uwais Inspirasi Indonesia.
    C. Fonologi adalah ilmu yang mengkaji tentang bagaimana bunyi bahasa muncul. Teori yang diungkapkan oleh chaer menjadi landasan sekaligus batasan dalam memhami fonologi. Artinya, fonologi mengkaji tentang bunyi bunyi bahasa yang diucapkan oleh manusia. Bunyi yang dihasilkan selain dari alat ucap manusia bukan menjadi objek kajian fonologi.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah dengan mempelajari dan memahami bagaimana bunyi bahasa muncul, menganalisis bunyi bahasa, dan memaknai bunyi bahasa sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dan meningkatkan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulis.

    BalasHapus
  60. Nama : Anggit Dwi Loventi
    Nim : A310190121
    Kelas : 3C

    Umpan Balik
    Bagian Pertama

    1. Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi dapat mencapai pembelajaran yang di targetkan dan berusaha mengikuti kegiatan perkuliahan fonologi dengan sebaik mungkin.

    2. Menurut saya semua butir yang ada di CPMK cocok untuk makul fonologi ini, namun lebih difokuskan di butir satu. Akan tetapi sebetulnya CPMK penting untuk dipelajari Karena setiap butirnya saling berkaitan.

    Bagian kedua.
    1.Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi merupakan bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3. Penjelasan fonologi dari definisi Harimurti Kridalaksana adalah Fonologi adalah cabang keilmuan dari linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa membedakan makna leksikal dalam bahasa tersebut.
    4. implementasi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis adalah, kemampuan berbahasa yang baik harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya, agar ketika kita ingin menyampaikan informasi bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman antara penutur dan pendengar/pembaca.
    sehingga dengan adanya sub-disipliner linguistik di bidang fonologi kita dapat memahami bagaimana cara mengkaji bunyi bahasa.

    BalasHapus
  61. Nama : Desy Luvita Sari
    NIM : A310190103
    Kelas : 3 C

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama :
    A. Saya akan mengikuti pembelajaran fonologi dengan baik, tertib dan sungguh-sungguh ,dengan ini dapat membantu saya dalam memenuhi capaian mata kuliah yang sudah di tentukan. dan mampu memberikan saya ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat.

    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih memahami apa yang akan dipelajari.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.

    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.

    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalkan, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Nama: Aprilia puspa Wulandari
    Nim: A310190106
    Kelas: 3C

    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, untuk kedepannya apabila ada materi yang belum dipahami maka saya akan bertanya, dan ilmu saya semoga bermanfaat untuk semua orang.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Disamping itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan kita harus melakukannya step by step, antara teori dan praktek harus seimbang.

    Bagian Kedua

    1)Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    2)Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    3)Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    4) Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  64. Nama : Pramesti Grahita Utami
    Kelas : 3C
    NIM : A310190130

    D. Umpan Balik
    Bagian pertama
    a. Saya berusaha untuk selalu bersungguh-sungguh dalam mengikuti serta mempelajari mata kuliah fonologi sehingga ilmunya dapat diterima dengan semaksimal mungkin
    b. Semua adalah satu kesatuan dalam mempelajari fonologi. Karena fonologi adalah ilmu tentang perbendaharaan bunyi-bunyi (fonem) bahasa dan distribusinya. Fonologi diartikan sebagai kajian bahasa yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia. Dengan kata lain, fonetik adalah bagian fonologi yang mempelajari cara menghasilkan bunyi bahasa atau bagaimana suatu bunyi bahasa diproduksi oleh alat ucap manusia. Sementara itu, Fonemik adalah bagian fonologi yang mempelajari bunyi ujaran menurut fungsinya sebagai pembeda arti.

    Bagian kedua
    a. Istilah fonologi berasal dari kata phone (bunyi) dan logos (ilmu). Fonologi merupakan cabang ilmu linguistik yang mempelajari pembendaharaan bunyi-bunyi suatu bahasa dan distribusinya
    b. Penulis : Lia Yuliati dan Firda Unsiah
    tahun terbit : 2018
    judul buku : fonologi
    penerbit : UB press, Malang
    c. Fonologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bunyi dalam artian umum serta memiliki cabang-cabang ilmu yaitu fonetik dan fonemik
    d. Menurut saya, bahasa Indonesia mempunyai cakupan yang luas mengenai aturan tata bahasanya. Baik dari segi huruf, suku kata, kata, kalimat, paragraf, dan tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf. Oleh karena itu,  dalam bahasa indonesia terdapat cabang-cabang linguistik yang memiliki sudut pandang kajian yang berbeda. Cabang-cabang tersebut salah satunya adalah fonologi. Fonologi berkonsentrasi pada persoalan bunyi. Rata-rata orang menggunakan intonasi bahasa indonesia dengan bahasa daerahnya masing-masing. Oleh karena itu, untuk mencapai suatu ukuran lafal/fonem baku dalam bahasa Indonesia, sudah seharusnya lafal-lafal atau intonasi khas daerah itu dikurangi.

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Nama : Zani Tri Widiatama
    NIM : A310190112
    Kelas : 3C

    UMPAN BALIK

    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya akan mengikutin perkuliahan fonologi dengan baik dan memahaminya dan semoga ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen yang telah disebutkan dan mahasiswa lebih paham tentang pelafalan bunyi-bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari

    BAGIAN KEDUA
    1.Fonologi ialah bagian dari tata bahasa yang memperlajari bunyi-bunyi bahasa
    2.Keraf, 1984: 30
    3.dari definisi diatas, dapat saya pahami Fonologi ialah bagian dari tata bahasa yang memperlajari bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia
    4. Implementasi dalam definisi tersebut adalah dengan mempelajari bagaimana menghasilkan bunyi-bunyi tersebut dengan alat ucap manusia baik lisan maupun secara tulisan

    BalasHapus
  68. Nama : Aldo Putra Pamungkas
    NIM : A310190109
    Kelas : 3C

    UMPAN BALIK

    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi dengan sungguh sungguh dan baik dalam memahami dan mempelajarinya. Dengan niat bersungguh sungguh semoga ilmu yang disampaikan bisa saya terima dengan baik dan mudah.

    B. CPMK yang baik digunakan untuk mata kuliah fonologi adalah yang berkaitan dengan bunyi bunyi bahasa. karena fonologi mempelajari tentang hal tersebut.

    BAGIAN KEDUA

    1. Fonologi merupakan bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.

    2. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta.Gramedia.

    3. Fonologi dari defibisi di atas yaitu bidang yang mempelajari tentang bunyi bahasa , mengkaji maupun menganalisis bunyi .

    4. Implementasi dari definisi tersebut yaitu mempelajari,mengkaji dan menganalis. Sehingga mampu membentuk keselarasan dalam berbahasa sesuai dengan fungsinya.

    BalasHapus
  69. Nama : Yogi Arga Jalu Pratama
    Nim : A310190124
    Kelas : 3 C

    UMPAN BALIK

    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti perkuliahan fonologi dengan baik, dan semoga ilmu yang saya dapatkan dari perkuliahan fonologi bisa bermanfaat.

    B. Menurut saya semua CPMK cocok untuk mata kuliah fonologi, karena untuk melatih vokal dan itu juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa, selain itu mahasiswa sering melafalkan bunyi bunyi bahasa setiap hari.

    BAGIAN KEDUA
    1. fonologi adalah Bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata.

    2. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

    3. Dari definisi diatas dapat di simpulkan, fonologi yaitu bunyi bunyi bahasa yang terkecil yang terbentuk dari suku kata. atau fonologi juga bisa dipahami dari materi yang berisi pemahaman bunyi bunyi bahasa.

    4. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut adalah kita dapat mempelajari bunyi bahasa itu ketika kita melafalkan kata yang kita ucapkan. mempelajari bunyi bahasa bisa untuk melatih kebahasaan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain.

    BalasHapus
  70. Nama: Ulya Nurul Alimah
    NIM: A310190093
    Kelas: 3C

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    A. Saya akan mengikuti dan memahami pembelajaran mata kuliah fonologi dengan baik. Semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya.
    B. Menurut saya, CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua point dalam CPMK tersebut. Karena dalam CPMK tersebut akan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

    Bagian Kedua
    A. Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya ( Alwi, dkk. 2007:320)
    B. Sabardila, Atiqa dan Markhamah. 2014. Analisis Kesalahan & Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta:Muhammadiyah University Press.
    C. Menurut definsi diatas, Fonologi adalah cabang ilmu bahasa yang membahas masalah fonem dan segala hal yang terkait dengannya.
    D. Implementasi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulisan yang diterapkan pada saat manusia melafalkan bunyi bahasa.

    BalasHapus
  71. Nama : Yeyen Syafitri
    NIM : A310190116
    Kelas 3C

    >UMPAN BALIK BAGIAN PERTAMA :
    A. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi ini adalah saya akan berusaha tepat waktu dalam mengerjakan tugas, dan berusaha memahami materi agar memenuhi capaian mata kuliah yang sudah ditentukan.
    B. Menurut saya semua poin dalam CPMK sangat penting untuk mata kuliah Fonologi, karena kelimanya saling berkaitan dan dapat membantu mahasiswa untuk lebih paham tentang bunyi bahasa yang benar.

    > UMPAN BALIK BAGIAN KEDUA :
    A. Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish.
    C. Dari definisi yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya. Ia mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional.
    D. implementasi dalam definisi tersebut yang dapat diambil adalah proses melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari setiap daerah pasti memiliki bahasa yang berbeda, cara berbicara sesuai dengan logatnya daerah masing-masing. Oleh sebab itu dengan adanya sub-disipliner linguistik di bidang fonologi kita secara tidak langsung akan mengerti tentang menganalisis, dan mempelajari bunyi bahasa.

    BalasHapus
  72. Nama : Aulia Sofia Nur Fadilah
    NIM : A310190125
    Kelas : 3C

    Umpan Balik

    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan fonologi ini yaitu saya akan bertanggung jawab secara penuh dalam mengikuti mata kuliah fonologi, berusaha semaksimal mungkin dalam/ketika mengikuti pembelajaran sebisa yang saya bisa, berusaha mencari informasi lebih dan jika tidak menemukannya maka saya akan bertanya kepada Bapak Agus terkait materi tersebut, Insyaa Allaah.
    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi!
    Jawab : Menurut saya semua butir CPMK cocok dengan mata kuliah fonologi, karena menurut saya semua butir tersebut ditetapkan dengan berbagai pertimbangan yang ada, antara butir satu dengan butir lainnya memiliki keterikatan dan tidak dapat dipisahkan/dihilangkan salah satunya.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Verhaar (1984:36), fonologi memiliki pengertian yang cukup komprehensif, yakni sebuah ilmu yang mempelajari bidang khusus pada linguistik yang meneliti bunyi suatu bahasa tertentu yang sesuai dengan fungsinya dan bertujuan menjadi pembeda makna dalam suatu bahasa.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : Verhaar, J.W.M. 1984. Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Setelah saya mengutip dan memahami pengertian fonologi tersebut di atas, maka menurut saya fonologi merupakan suatu bidang linguistik yang mengamati, mempelajari, menganalisa serta membicarakan bunyi suatu bahasa tertentu yang sesuai dengan fungsinya dan bertujuan menjadi pembeda makna dalam suatu bunyi bahasa yang dihasilkan oleh manusia.
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Menurut pendapat saya, implementasi mengenai definisi fonologi tersebut di atas yaitu sebagai contoh jika orang berkebangsaan Arab dan orang berkebangsaan Inggris sudah pasti mereka mengamati, mempelajari serta menganalisa bunyi bahasa bangsa/negara mereka masing-masing (hal ini dapat termasuk ke dalam kemampuan berbahasa tulis). Dengan demikian, seiring berjalannya waktu mereka akan memperoleh kemampuan berbahasa sesuai dengan bahasa negara yang mereka pelajari selama ini, sehingga mereka pun akan memiliki kemampuan berbahasa (dialek) yang berbeda antara satu sama lain (hal ini dapat termasuk ke dalam kemampuan berbahasa lisan).

    BalasHapus
  73. Budhi Arti Laras Sukmawati
    A310190128 / 3C

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!

    Bismillah, dapat mengikuti kuliah dengan semaksimal mungkin dalam memahami materi maupun mengerjakan tugas, memiliki rasa ingin tau yang tinggi bukan hanya tentang apa yang sedang dipelajari sehingga pemahaman atas ilmu yang didapatkan dapat berguna bukan hanya untuk diri sendiri tetapi dapat diamalkan atau berbagi untuk masyarakat sekitar, menjadi amal jariyah untuk kami dan pengampu materi (Aamiin)

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?

    Setelah saya memahami CPMK yang ada dari poin 1 sampai poin 5 merupakan capaian yang harus dikuasai setelah mempelajari fonologi, dari kelima capaian tersebut telah dijelaskan bahwa mahasiswa harus mampu menguasai linguistik, cabang-cabang dari lingustik maupun fonologi.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!

    Saussure (1959:122), mendefinisikan bahwa fonologi sebagai studi tentang bunyi-bunyi bahasa manusia, bunyi bahasa yang dimaksud adalah bunyi yang terdengar berbeda oleh telinga dan yang mampu menghasilkan satuan-satuan akustik yang tidak terbatas dalam rangka ujaran bahasa.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!

    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Lingustik). Yogyakarta: Deepublish

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

    Menurut definisi diatas Fonologi adalah studi tentang bunyi-bunyi bahasa manusia, bunyi bahasa yang dimaksud adalah bunyi yang terdengar berbeda oleh telinga dan yang mampu menghasilkan satuan-satuan akustik yang tidak terbatas dalam rangka ujaran bahasa.
    Semisal,
    Bunyi yang terdengar di daerah A oleh terasa asing di telinga penduduk B begitupun sebaliknya, sehingga kalimat yang terdengar oleh telinga pertama kalinya membuat bunyi seperti keunikan tersendiri.


    D. Bagaimanakah
    pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?

    Dalam kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tertulis. Fonologi sangat berpengaruh dalam pengunaan bahasa, bahkan di setiap daerah memiliki karakter tersendiri dalam pengucapan maupun penulisannya, sehingga untuk orang luar atau bukan asli daerah mendengar kalimat atau membacanya pun terasa asing.

    BalasHapus
  74. Nama. : siti hastutik
    Nim : A310190114

    UMPAN BALIK
    Bagian pertama
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, dengan begitu saya akan mendapatkan ilmu yang mungkin nantinya akan berguna untuk diri saya pribadi dan masyarakat luas agar tidak menimbulkan kesalahah pahaman.

    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian kedua
    1.Menurut Kridalaksana, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3.Dari definisi diatas, dapat saya tarik kesimpulan bahwa fonologi merupakan suatu ilmu yang memperlajari dan mengkaji, semua hal yang berkaitan dengan bunyi menurut fungsi bunyi tersebut (cara membedakan atau dari mana bunyi tersebut dihasilkan)
    4. pendapat saya mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis yaitu harus memperhatikan bunyi bahasa sesuai dengan fungsinya, agar apa yang disampaikan dan diterapkan bisa jelas dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

    BalasHapus
  75. NAMA: Chika Maulina
    NIM: A310190102 / C

    UMPAN BALIK BAGIAN PERTAMA :
    A. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memahami dan menguasai materi yang telah disampaikan dan dapat berguna di kemudian hari.
    B. Menurut saya Kelima CPMK yang diuraikan sudah sangat kompleks. Sehingga seharusnya semua dipahami agar mahasiswa lebih paham tentang cara pelafalan dan bunyi bahasa yang dapat digunakan dalam kehidupann sehari hari dan dapat di praktikan dengan benar sehingga dapat membantu mahasiswa untuk menguasai materi fonologi

    UMPAN BALIK BAGIAN KEDUA :
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (Linguistik) yang mengkaji bunyi bahasa proses terbentuknya dan perubahanya (Yendra, 2016:64).
    B. Yendra.(2016).Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish.
    C. Maksud dari definisi Fonologi yang tertera diatas adalah menunjukkan bahwa fonologi merupakan salah satu sub disiplin linguistic yang membahas tentang bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia berserta teori dan perubahan yang terjadi.
    D. Menurut saya dengan adanya ilmu fonologi ini akan memudahkan kita mengkaji atau mempelajari bunyi bahasa mulai dari proses tersusunya, perubahanyan dan pengunaanya. Seperti halnya ketika dua orang yang sedang berbicara namun dua orang ini berasal dari berbeda daerah cara mereka berbicara saja sudah beda mulai dari logat hingga pelafalan berbeda. Dengan adanya fonologi kita dimudahkan untuk mempelajarinya.

    BalasHapus
  76. Nama: Syahrizal Hanif Fatkhurrohman
    Nim: A310190110
    Kelas: 3 C

    Umpan Balik bagian 1
    A. Saya akan belajar secara bersungguh sungguh, karena ilmu yang didapatkan secara sungguh sungguh akan berguna dimasa yang akan datang
    B. Melihat CPMK diatas bahwa ke lima CPMK tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain yang harus dilaksanakan dalam mata perkuliahan fonologi.

    Bagian ke 2
    A. Bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan tuntunan bunyi-bunyi bahasa ini disebut fonologi. (Abdul chaer:2012)
    B. Abdul Chaer. 2012. Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Fonologi secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu. Dengan demikian fonologi diartikan secara luas yaitu ilmu yang mempelajari bunyi seperti menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.
    D. Dari definisi tersebut menurut pendapat saya kemampuan berbahasa yang baik dan benar harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya. Apabila hal tersebut tidak dilakukan secara benar maka akan terjadi kesalahpahaman mengenai bunyi yang dilafalkan dengan arti dari bunyi tersebut dan juga berpengaruh pada penulisan.

    BalasHapus
  77. Nama: Syahrizal Hanif Fatkhurrohman
    Nim: A310190110
    Kelas: 3 C

    Umpan Balik bagian 1
    A. Saya akan belajar secara bersungguh sungguh, karena ilmu yang didapatkan secara sungguh sungguh akan berguna dimasa yang akan datang
    B. Melihat CPMK diatas bahwa ke lima CPMK tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain yang harus dilaksanakan dalam mata perkuliahan fonologi.

    Bagian ke 2
    A. Bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan tuntunan bunyi-bunyi bahasa ini disebut fonologi. (Abdul chaer:2012)
    B. Abdul Chaer. 2012. Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Fonologi secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu. Dengan demikian fonologi diartikan secara luas yaitu ilmu yang mempelajari bunyi seperti menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.
    D. Dari definisi tersebut menurut pendapat saya kemampuan berbahasa yang baik dan benar harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya. Apabila hal tersebut tidak dilakukan secara benar maka akan terjadi kesalahpahaman mengenai bunyi yang dilafalkan dengan arti dari bunyi tersebut dan juga berpengaruh pada penulisan.

    BalasHapus
  78. Nama: Syahrizal Hanif Fatkhurrohman
    Nim: A310190110
    Kelas: 3 C

    Umpan Balik bagian 1
    A. Saya akan belajar secara bersungguh sungguh, karena ilmu yang didapatkan secara sungguh sungguh akan berguna dimasa yang akan datang
    B. Melihat CPMK diatas bahwa ke lima CPMK tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain yang harus dilaksanakan dalam mata perkuliahan fonologi.

    Bagian ke 2
    A. Bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan tuntunan bunyi-bunyi bahasa ini disebut fonologi. (Abdul chaer:2012)
    B. Abdul Chaer. 2012. Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Fonologi secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu. Dengan demikian fonologi diartikan secara luas yaitu ilmu yang mempelajari bunyi seperti menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.
    D. Dari definisi tersebut menurut pendapat saya kemampuan berbahasa yang baik dan benar harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya. Apabila hal tersebut tidak dilakukan secara benar maka akan terjadi kesalahpahaman mengenai bunyi yang dilafalkan dengan arti dari bunyi tersebut dan juga berpengaruh pada penulisan.

    BalasHapus
  79. Wa'alaikumsallam wr.wb
    Baik pak, terimakasih
    Nama : ANGGUN SITA DEWI
    Nim : A310190133
    Kelas : 3 / C

    BalasHapus
  80. Nama: ANGGUN SITA DEWI
    Nim : A310190133
    Kelas : 3C

    Umpan Balik
    Bagian Satu
    A. Saya berharap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan.Dengan demikian saya akan berusaha hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan, mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu,dan belajar dengan sungguh-sungguh.
    B. Menurut saya semua komponen capaian mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dihilangkan dalam mata kuliah fonologi.

    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah Bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata.
    B. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah gabungan kata fon yang berarti bunyi dan logi yang berarti ilmu. Sebagai sebuah ilmu, fonologi diartikan sebagai bagian dari kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah medan. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa dan perubahannya

    BalasHapus
  81. Wa'alaikumsallam wr.wb
    Baik pak, terimakasih
    Nama : MELLYONISA ATHARIQ SAMSULHADI
    Nim : A310190134
    Kelas : 3 / C


    Umpan Balik
    Bagian Satu
    A. Saya berharap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan.Dengan demikian saya akan berusaha hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan, mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu,dan belajar dengan sungguh-sungguh.
    B. Menurut saya semua komponen capaian mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dihilangkan dalam mata kuliah fonologi.

    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah Bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata.
    B. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah gabungan kata fon yang berarti bunyi dan logi yang berarti ilmu. Sebagai sebuah ilmu, fonologi diartikan sebagai bagian dari kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah medan. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa dan perubahannya

    BalasHapus
  82. Nama: Azzahro Fitri Luhuringtyas.
    Nim : A310190104
    Kelas: 3C
    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.
    BAGIAN KEDUA
    1.Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3. Penjelasan fonologi dari definisi Harimurti Kridalaksana adalah Fonologi ialah cabang keilmuan dari linguistik yang khusus mempelajari mengenal bunyi bahasa dan fungsi dari tiap bunyi bahasa.
    4. Kemampuan berbahasa yang baik harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya, agar informasi yang ingin disampaikan bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman.

    BalasHapus
  83. Nama : Nila Safitri
    NIM : A310190127
    Kelas : 3C

    Bagian pertama
    A. Harapan saya dalam mata kuliah fonologi ini saya bisa mengikuti perkuliahan dengan tepat, dan dapat memahami materi yang telah disampaikan.
    B. Menurut saya semua CPMK cocok untuk perkuliahan fonologi, karena masing-masing butir tersebut saling berkesinambungan.

    Bagian Kedua
    A. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa, yang secara etimologis terbentuk dari kata fon yaitu bunyi, dan logi yaitu ilmu.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Fonologi adalah cabang dari ilmu linguistik yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kemudian menurut hierarki satuan bunyi yang menjadi objek studinya, fonologi dibedakan menjadi fonetik (bidang kajian yang membahas bunyi bahasa tanpa memperhatikan fungsi bunyi bahasa tersebut sebagai pembeda makna atau tidak) dan fonemik (bidang kajian yang memperhatikan bunyi bahasa sebagai pembeda makna).
    D. Implementasi dari definisi di atas baik lisan maupun tulis dapat diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Seperti ketika kita berbicara kepada orang lain ada lafal-lafal yang muncul dari alat ucap kita ataupun ketika sedang bernyanyi, maka hal tersebut adalah implementasi secara lisan dengan menerapkan dari kajian fonetik. Dan ketika kita menulis huruf-huruf saat sedang belajar, maka hal tersebut adalah implementasi secara tulis.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.