PERTEMUAN PERTAMA FONOLOGI SEMESTER III KELAS F 2020: KONTRAK KULIAH

 KONTRAK  KULIAH

FONOLOGI

SEMESTERIII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Fonologi

          Saya harap semua semangat!

         

ISI KONTRAK

Pertama:

a. Nama mata kuliah: Fonologi

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku yang digunakan seperti buku pengantar linguistik dan buku fonologi yang disusun para ahli, serta buku pegangan yang baru proses penyusunan --Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan LPPBI.

 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Fonologi

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

A.      PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

B.       SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

C.       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

 

D.      KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

 

E.       KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan MK FONOLOGI

1. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.

2. Mahasiswa mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan dan semivokal. 2.1 Mahasiswa menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa. 2.2  Menentukan fonem segmental: vokal, konsonan, dan semivokal bahasa Indonesia. 2.3 Membuat deskripsi fonem bahasa Indonesia.

3. Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata. 3.1 Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata. 3. 2. Silabel/suku kata dan jenisnya dalam satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia. 3. 3 Penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kadiah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia.

5. Mahasiswa mengenal sistem tulisan. 5.1 Mengenal sistem tulisan: sejarah tulisan di dunia. 5.2 Mengenai jenis tulisan di dunia. 5.3 Sistem tulisan bahasa Indonesia: transkripsi ortografis bahasa Indonesia.

 

C. MATERI

Materi

Fonologi sebagai cabang linguistik

Definisi fonologi, fonemik, dan Penjelasannya

Fonem bahasa sebagai objek kajian fonologi

Fonem segemantl dan fonem suprasegmental dalam bahasa

Identifikasi fonem bahasa: fonem segmental bahasa Indonesia

Deskripsi fonem vokal, fonem konsonan, dan fonem semivokal bahasa Indonesia

Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata bahasa Indonesia

Suku kata, jenis suku kata dalam bahasa Indonesia

Pedoman ejaan bahasa Indonesia dan tata cara penulisan kata

Kaidah pelafalan fonem vokal bahasa Indonesia

Kaidah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia

Suku kata dan cara melafalkan

Sistem tulisan dan sejarah tulisan di dunia

Jenis tulisan di dunia

Sistem tulisan bahasa Indonesia (transkripsi ortografis)

 

 

D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!

B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan Fonologi dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Nama : Nindya Parameswara Sayoga
    Nim : A310190236
    Kelas : 3F

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab juga agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan, dan agar bisa menerapkan ilmu yang Saya peroleh untuk saya pribadi maupun masyarakat nantinya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena dapat membantu membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi lebih dalam dan juga komponen tersebut pada setiap butirnya akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  2. Nama : Deni Damara
    Nim : A310160141

    Umpan Balik
    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab juga agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan, dan agar bisa menerapkan ilmu yang Saya peroleh untuk saya pribadi maupun masyarakat nantinya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena dapat membantu membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi lebih dalam dan juga komponen tersebut pada setiap butirnya akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal.

    BalasHapus

  3. Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Terima kasih untuk materi hari ini , Pak.

    Nama: Mansyur Rohmat Aditya
    NIM: A310190235
    Kelas: 3F

    Umpan Balik
    Bagian pertama,
    A. Dalam pembelajaran kuliah semester 3 ini yang dimana kita semua sedang diberi ujian dari Allah dengan adanya Pendemi ini, sehingga kita dipkasa untuk membatasi kegiatan yang berpotensi memperparah keadaan. Dengan sistem pembelejaran daring ini saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengikuti mata kuliah Fonologi. Sebab, ilmu akan sampai pada kita jika kita mau melakukan perbuatan walaupun dengan cara apapun. Jadi saya berkomitmen untuk mengikuti dan memahami mata kulian Fonologi semaksimal saya.

    B. Menurut saya, apa yang tetulis diatas adalah lima butir yang sama penting dalam pembelajaran Fonologi ini juga butur-butir tersebut adalah rangkain yang harus kita perlukan untuk memahami materi. Kelima butir tersebut sangatlah penting.

    Bagian kedua,
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.

    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.

    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan adanya beberapa perbedaan. Contoh semisal, dalam sebuah daerah ada satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Seperti di Jawa ada kata "loro" bisa diarikan "sakit" dan juga "dua". Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  4. Nama : Anang Ariwibowo
    NIM : A310190253
    Kelas : 3F


    Umpan Balik

    1. Saya berkomitmen selama pandemi dengan sistem pembalajaran seperti ini kurang memungkinkan. pembelajaran daring seperti ini, untuk saya pribadi bisa-bisa saja saya pelajari, tetapi setiap personal memiliki cara pandang yang berbeda, yang saya yakini mereka hanya mengerti fonologi itu apa, tetapi bukan sebagai bentuk bunyi.
    2. CPMK sendiri memiliki tujuan tingkat keluasan kedalaman materi pembelajaran, apa dari tujuan CPMK sudah tercapai! Saya rasa belum sama sekali!

    Bagian Kedua

    1. Kridalaksana (2002) Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2. Kridalaksana. 2002. “Fonologi Menurut Para Ahli”. Materi.carageo.com
    3. Saya belom memahami arti sejati nya dari fonologi. Yang saya fahami hanya pengertian itu pula tanggapan dari para ahli.
    4. Saya belom memahami arti sejati nya dari fonologi. Yang saya fahami hanya pengertian itu pula tanggapan dari para ahli. Implementasi nya masih belom efektif untuk di terapkan.

    BalasHapus
  5. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih pak.

    Nama: Miladia Rahma
    Nim: A310190230
    Kelas: 2F

    Bagian 1
    A. Saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengikuti perkuliahan fonologi secara daring di masa pandemi ini. Selain itu, saya juga akan berusaha sebaik mungkin untuk mengimplementasikan ilmu yang saya dapat dari mata kuliah fonologi ini di kemudian hari.

    B. Setelah membaca dan memahami lima butir CMPK tersebut, saya rasa semua butir sangat cocok dengan mata kuliah fonologi. Kelima butir tersebut saling berkaitan dan sudah mencakup aspek dalam materi fonologi.


    Bagian 2
    A. Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    C. Jadi dari kutipan tersebut dapat dijelaskan bahwa fonologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya yang berguna untuk kehidupan manusia.

    D. Implementasi dari definisi tersebut dalam hubungannya dengan kemampuan berbahasa baik lisan/tulis tergambar dari mahasiswa. Komunikasi lisan tentu bisa digunakan oleh mahasiswa yang mempelajari fonologi sesuai dengan ilmu tersebut. Selain itu dalam media tulis mahasiswa yang mempelajari ilmu fonologi mampu melambangkan bunyi-bunyi ujar dalam bentuk tulisan.

    BalasHapus
  6. Wa'alaikumssalam wr.wb
    Terima kasih untuk materi hari ini pak

    Nama: SekarArum AdiPutri
    Nim: A310190232
    Kelas: 3F


    Bagian Pertama
    a. Saya akan mengikuti perkuliahan daring ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal. Agar ilmu yang Bapak sampaikan dapat saya pergunakan dengan baik di kemudian hari.

    b. Menurut saya CPMK yang telah diuraikan di atas secara keseluruhan cocok dengan mata kuliah Fonologi. Sehingga kami sebagai mahasiswa merasa perlu untuk mempelajarinya mulai dari konsep fonologi, fonem bahasa Indonesia, struktur fonem, pelafalan fonem, serta sistem tulisan.

    Bagian Kedua
    A. Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa (Chaer Abdul, 2014:102).

    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    C. Dari definisi tersebut dapat dipahami bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari secara mendalam mengenai runtutan bunyi-bunyi bahasa mulai dari teori maupun praktik. Hal ini dapat dilakukan melalui analisis mengenai bunyi bahasa.

    D. Implementasi dari definisi tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai macam perbedaan pelafalan kata pada setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan analisis runtutan bunyi bahasa juga dapat menyempurnakan tulisan mengenai bunyi bahasa yang sedang dipelajari.

    BalasHapus
  7. Wa’alaikumsalam wr wb
    Nama: Sinta Ayu Pratiwi
    Nim: A310190242
    Kelas: 3F

    Bagian pertama
    1.Komitmen saya dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah fonologi adalah saya akan mengikuti mata kuliah ini dengan baik, memperhatikan dan memahami apa yang telah dijelaskan. Jika saya belum paham tentang apa yang telah dijelaskan saya akan bertanya. Saya akan mendalami sitiap materi yang telah dijelaskan. Kemudian saya akan disiplin dalam mengikuti mata kuliah ini.
    2. Setelah saya membaca dan memahami CPMK fonologi dari butir 1-5, keseluruhan CPMK fonologi cocok, dan saling berkaitan. Dari butir 1-5 merupakan keseluruhan rangkaian penjelasan agar dapat memahami materi yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini.

    Bagian kedua
    1.Menurut Abdul Chaer (2014) secara estimologi terbentuk dari kata “fon” yaitu bunyi dan “ logi” yaitu ilmu. Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    2. Chaer,Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta:Rineka Cipta.
    3. Maksud dari definisi tersebut yaitu fonologi selalu memfokuskan sebuah bahasa sebagai sistem komunikasi dalam prosedur analisisnya.
    4. Implementasi dari definisi tersebut adalah pada kehidupan kita sehari-hari. Seperti ketika kita berbicara kepada orang lain ada lafal-lafal yang muncul dari alat ucap kita, maka hal ini merupakan implementasi secara lisan dengan menerapkan kajian fonetik. Ketika kita menulis huruf-huruf saat sedang belajar, maka hal ini merupakan implementasi secara tertulis. Dapat di implementasikan secara lisan maupun tertulis.

    BalasHapus
  8. Nama: Fitria Indah Nugroho
    Nim : A310190251
    Kelas:3F

    Umpan Balik
    Bagian pertama,
    1. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan fonologi, saya bisa mengikuti perkuliahan dengan maksimal, saya bisa memahami materi yang diberikan,dan saya akan mengerjakan tugas tugas yang diberikan.
    2.Menurut saya, CPMK yang tertulis diatas merupakan serangkaian yang saling berkaitan, dan jika mahasiswa dapat melakukan itu maka akan tercapai tujuan dari perkuliahan fonologi ini.

    Bagian Kedua,
    1. Menurut Abdul chaer (2003:102) Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang dipakai oleh manusia.
    2. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    3. Berdasarkan definisi fonologi menurut Abdul Chaer, fonologi membahas tentang runtunan bunyi-bunyi bahasa dan cara menganalisnya. Dengan demikian, kegiatan mempelajari bunyi bahasa idealnya tidak hanya sebatas upaya pengenalan bunyi-bunyi itu, tetapi juga harus diiringi dengan latihan menganalisis bunyi-bunyi bahasa tersebut dari segala segi.
    4. Implementasi fonologi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya dalam perkumpulan masyarakat yang sedang berbincang-bincang, ada salah seorang yang berbicara kata "serang". Dalam kata "serang" mempunyai makna yaitu "serang" yang menyerang dalam pertempuran dan "serang" yang berarti kota. Sehingga dalam pembelajaran fonologi kita dapat mengkaji dan mempelajari perubahan kata dan fungsi yang dipakai oleh manusia.

    BalasHapus
  9. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

    Nama: Anjas Pratama Putra
    NIM : A310160113
    Kelas: F

    Umpan Balik
    Bagian pertama.
    A. Saya berkomitmen bahwa saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengikuti aktifitas perkuliahan daring pada mata kuliah fonologi ini.

    B. Menurut saya, meskipun perkuliahan daring dan tidak terlalu efektif, tapi kelima butir CPMK tersebut sudah cocok dan saling berkaitan untuk perkuliahan mata kuliah fonologi.

    Bagian kedua.
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.

    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.

    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan adanya beberapa perbedaan. Contoh semisal, dalam sebuah daerah ada satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Seperti di Jawa ada kata "loro" bisa diarikan "sakit" dan juga "dua" (tergantung pada bunyi dari kata tersebut). Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  10. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh

    Nama : Villa Dwi Putriani
    Nim : A310190233

    Bagian Satu :

    1. Komitmen saya selama mengikuti perkuliahan fonologi saya akan mengikuti perkuliahan dengan sebaik dan semaksimal mungkin.

    2. Menurut saya keseluruhan butir CPMK cocok dengan mata kuliah fonologi, agar mahasiswa mampu memahami dengan baik mata kuliah fonologi.

    Bagian Kedua:

    1. Menurut Abdul Caher (2014: 102) Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa, yang secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi, dan logi yaitu ilmu. Menurut hierarki satuan bunyi yang menjadi objek studinya, fonologi dibedakan menjadi fonetik dan fonemik.

    2. Chaer, Abdul. 2014. Lingustik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

    3. Jadi yang dimaksud fonologi adalah kajian bahasa yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

    4. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut adalah mampu berkomunikasi dengan baik, lawan bicara mengerti dan memahami apa yang diucapkan oleh pembicara. Seorang translator melakukan aktivitas transliterasi, aktivitas memindahkan huruf demi huruf dari aksara yang satu ke aksara yang lain.

    BalasHapus
  11. Nama : Novia Reza Nurazizah
    Nim : A310190231
    Kelas : 3F

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi. Saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab agar mencapai target yang sudah ditentukan. Sehingga dapat menerapkan ilmu yang Saya peroleh untuk diri saya pribadi maupun masyarakat sekitar nantinya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena dapat membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi lebih dalam dan juga setiap butir komponen tersebut akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain. Sehingga memudahkan kita dalam mempelajari setiap butir komponen tersebut.

    Bagian Kedua:
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Berdasarkan pengertian fonologi tersebut bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya. Bunyi yang dipelajari dalam fonologi bukan bunyi sembarang bunyi melainkan bunyi bahasa yang dapat membedakan arti dalam bahasa lisan maupun tulisan yang digunakan oleh manusia.
    D. Implementasi fonologi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya ada orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Nama : Bagus Yudy Pratama
    NIM : A310190240
    Kelas : 3F


    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab, karena ilmu yang didapatkan secara sungguh sungguh akan berguna dimasa yang akan datang

    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.

    Bagian kedua
    A. Fonologi memfokuskan perhatian pada bagaimana bunyi bunyi pada suatu bahasa muncul. Selain itu, fonologi juga mempelajari, membahas, membicarakan dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia (chaer, 2001: 1).

    B. Wahyu Eriyanti, R., Tiara Syarifuddin, K., Datoh, Kasem., Yuliana, Eka. 2020. "Linguistik Umum". Malang : Uwais Inspirasi Indonesia.

    C. Fonologi adalah ilmu yang mengkaji tentang bagaimana bunyi bahasa muncul. Teori yang diungkapkan oleh chaer menjadi landasan sekaligus batasan dalam memhami fonologi. Artinya, fonologi mengkaji tentang bunyi bunyi bahasa yang diucapkan oleh manusia. Bunyi yang dihasilkan selain dari alat ucap manusia bukan menjadi objek kajian fonologi.

    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah dengan mempelajari dan memahami bagaimana bunyi bahasa muncul, menganalisis bunyi bahasa, dan memaknai bunyi bahasa sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dan meningkatkan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulis.

    BalasHapus
  14. Nama : Muhammad Nur Azis
    Nim : A310190234
    Kelas : F

    Umpan balik
    Bagian pertama
    A. Saya berkomitmen akan berusaha semampu saya dalam mempelajari dan memahami mata kuliah fonologi ini, serta dapat mengerjakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan tepat waktu dalam mengumpulkannya.
    B. Menurut saya kelima CPMK diatas sangat penting karena saling keterkaitan satu sama lain dan saling melengkapi, jadi kelima CPMK di atas harus kita pahami.

    Bagian kedua
    A. Abdul Chaer (2003:102),
    Berdasarkan etimologi “fonologi” terbentuk dari kata “fon” yang berarti “bunyi” dan “logi” berarti sebagai “ilmu”. Maka, umumnya bisa di bilang Fonologi memiliki arti Ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang di pakai oleh manusia.
    B. Abdul Chair. 2003. "fonologi menurut beberapa ahli"
    Materi.carageo.com
    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Abdul Chair diatas bahwa fonologi adalah ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang dipakai oleh manusia dalam kehidupan sehari hari.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah sebagai manusia yang berbahasa, kita diharuskan mengenal dan mengerti apa itu bunyi bahasa, dalam kehidupan sehari hari kita harus tau bahasa yang tepat bahasa yang baik dan benar agar kita tidak salah dalam memilih bahasa saat berbincang dengan orang lain.

    BalasHapus
  15. Nama: Kurnia Hannyda Umamy
    NIM: A310190229

    Bagian Pertama

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab:
    Komitmen saya mengikuti perkuliahan fonologi guna mempelajari dan memahami lebih lanjut tentang konsep fonologi dalam ilmu kebahasaan.

    B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab:
    Contoh gambaran CPMK kedua:
    Mahasiswa mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan dan semivokal. 2.1 Mahasiswa menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa. 2.2  Menentukan fonem segmental: vokal, konsonan, dan semivokal bahasa Indonesia. 2.3 Membuat deskripsi fonem bahasa Indonesia.
    Dari CPMK tersebut mahasiswa akan mempelajari fonem dan berusaha untuk menerapkannya dalam kebahasaan lisan maupun tulisan sehingga bisa memahami dengan baik. Dan yg pasti bisa memperjelas ilmu kebahasaannya dan bisa mengamalkannya.


    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab:
    Menurut Kridalaksana (2002) yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab:
    https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/#Pengertian_Fonologi_Menurut_Ahli

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab:
    Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab:
    Menurut saya implementasi definisi fonologi dengan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulisan mempunyai manfaat yg besar. Karena perbedaan bunyi pada lisan sangat penting, begitu pula dengan tulisan jika tidak jelas maka akan bermakna beda

    BalasHapus
  16. Nama : Novi Listiyani
    Kelas : III F
    Nim : A310190256

    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik dan berusaha mengumpulkan tugas dengan tepat waktu

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Semua CPMK cocok dengan mata kuliah Fonologi. Karena tiap butir dari CPMK saling berkaitan dan saling melengkapi satu sama lain. Semua CPMK yang tertera, akan sangat membantu untuk mahasiswa, terutama Mahasiswa Bahasa.

    Bagian Kedua
    A. Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    C. Jadi dari kutipan tersebut dapat dijelaskan bahwa fonologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya yang berguna untuk kehidupan manusia.

    D. Implementasi dari definisi tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai macam perbedaan pelafalan kata pada setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan analisis runtutan bunyi bahasa juga dapat menyempurnakan tulisan mengenai bunyi bahasa yang sedang dipelajari.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama : Wulan Arroyani
    Nim : A310190228
    Kelas : 3F

    Bagian pertama
    A. Saya akan berusaha semaksimal dan sebaik mungkin dalam mengikuti perkuliahan secara daring di masa Pendem ini,selain itu saya juga akan disiplin dalam mengikuti mata kuliah ini.
    B. Setelah saya membaca dan memahami cpmk tersebut saya rasa cocok dengan mata kuliah fonologi karena kelima cpmk tersebut saling berkaitan.

    Bagian kedua
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.

    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.

    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan adanya beberapa perbedaan.

    BalasHapus
  19. Nama : Nissa Salecha
    NIM : A310160100
    Kelas :3F
    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab juga agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan, dan agar bisa menerapkan ilmu yang Saya peroleh untuk saya pribadi maupun masyarakat nantinya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena dapat membantu membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi lebih dalam dan juga komponen tersebut pada setiap butirnya akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  20. Nama : Rony Saputra
    Nim : A310180052
    Kelas : 3F

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A. Saya berkomitmen dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonologi, saya akan berusaha maksimal dalam mengerjakan dan mengikuti perkuliahan degan penuh tanggung jawab dan disiplin.
    B. Menurut saya CPMK diatas semuanya sesuai dengan mata kuliah fonologi dari butir 1-5 saling berkaitan antara satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Maksud dari definisi tersebut fonologi ilmu yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa mulai dari asal bunyi bahasa sampai cara mempraktekan di kehidupan sehari-hari.
    D.implementasi dari definisi tersebut yaitu pada saat seseorang sedang mengobrol akan ada beberapa perbedaan dalam mengeluarkan bunyi bahasa.

    BalasHapus
  21. Nama : Heppy Trisdasari
    Nim : A310190239
    Kelas : 3F

    Bagian Satu
    a. Saya harap dengan saya mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat menambah ilmu serta wawasan dan saya berharap dapat bermanfaat juga untuk orang-orang disekitar saya.
    b. Menurut saya semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional dalam hal pelafalan lokal.Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Karena komponen tersebut akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua
    a.Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya (Kridalaksana : 2002)
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    C. Fonologi adalah salah satu bidang linguistik yang memperlajari bunyi bahasa yang dihasilkan oleh manusia.
    d. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika di kampus. Semisal anak A berasal dari daerah Jawa sedangkan anak B berasal dari daerah Sunda Dalam pelafalan akan telihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  22. Nama : Nyohan aji f
    Nim : A310190244


    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab juga agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan, dan agar bisa menerapkan ilmu yang Saya peroleh untuk saya pribadi maupun masyarakat nantinya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena dapat membantu membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi lebih dalam dan juga komponen tersebut pada setiap butirnya akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal.

    BalasHapus
  23. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh.. Terima kasih pak atas penyampaian perkuliahan pada hari ini🙏🏻
    Nama: Janatin Alfafa
    NIM: A310190241
    Kelas: F

    Bagian Pertama

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab: Saya akan mengikuti perkuliahan sesuai capaian pembelajaran PBSI dan capaian pembelajaran fonologi yang telah di sepakati sebelumnya dan berusaha mengejar tugas" tepat waktu serta tidak melanggar apa yang telah disepakati.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab: menurut saya kelima gambaran CPMK tersebut cocok dlm fonologi namun landasan utamanya adalah gambaran poin nomor 1 karena fonologi pada dasar nya mempelajari tentang bunyi, dan poin-poin setelahnya merupakan materi mendukung yang digunakan untuk mempelajari fonologi secara lebih luas.


    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab:
    Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab:
    Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab:
    Fonologi menurut Chaer, didefiniskan sebagai ilmu yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Perlu diingat kembali juga bahwa bunyi bahasa adalah bunyi yang diucapkan oleh alat ucap manusia. Untuk itu, dalam fonologi ini, kita mempelajari tentang bagaimana seluk beluk dan rentetan bunyi-bunyi bahasa tersebut, yakni dengan menganlisis dan mempelajari bunyi bahasa tersebut.


    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab:
    Berkaitan dengan definisi fonologi tersebutt, maka dapat dipahami sebuah contoh implementasi fonologi dengan kemampuasn berbahasa, baik lisan maupun tulisan. Pertama, dalam berbahasa lisan. Tentulah sering kita jumpai mahasiswa yang berasal dari luar daerah, misalnya dari Jawa dengan Mahasiswa dari Sunda. Tentu ada beberapa pengucapan bunyi bahasa yang kontras, berbeda dengan pengucapan bunyi bahasa oleh Mahasiswa dari Jawa. Misal pengucapan huruf o dan u, orang jawa sering menukarkan cara pengucapan bunyi bahasa tersebut. Kemudian dalam tulisan, fonologi juga diimplementasikan ketika misalnya ketika seseorang mengucap bunyi bahasa, cara pengucapan itu akan memepengaruhi juga ketika ia mentranskripkan pengucapan ke dalam tulisan.

    BalasHapus
  24. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Tyara Hastu Sekar Windanty
    Nim : A310190226
    Kelas : 3F

    Umpan Balik
    Bagian Satu :
    a. Saya berharap bahwa dengan saya mengikuti mata kuliah fonologi dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan dan saya berharap dapat bermanfaat bagi orang-orang disekitar saya.
    b. Menurut saya, semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional dalam hal pelafalan lokal. Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Karena komponen tersebut akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    a.Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya (Kridalaksana : 2002)
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    C. Fonologi adalah salah satu bidang linguistik yang memperlajari bunyi bahasa yang dihasilkan oleh manusia.
    d. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika di kampus. Semisal anak A berasal dari Jawa Barat sedangkan anak B berasal dari Jawa Timur. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi, dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  25. Nama : Hesti Afril Ningtyas
    Nim : A310190243
    Kelas : 3F

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama:
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya harus bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, meskipun proses pembelajaran mata kuliah fonologi secara daring saya harus tetap mengerjakan semua tugas dengan maksimal dan sungguh-sungguh supaya memenuhi target yg maksimal dan tidak mengecewakan. Meskipum proses pembelajaran secara daring jika dilakukan dengan niat yg baik dan sungguh-sungguh materi pembelajaran fonologi dapat tersampaikan dengan lancar.

    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah kelima unsur komponen tersebut, dengan adanya kelima unsur tersebut sangatlah penting yg saling berkaitan yg harus mahasiswa lakukan dengan baik.

    Bagian Kedua:
    A. Menurut Abdul chaer (2003:102) Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang dipakai oleh manusia.

    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Chaer (2009: 5) mengatakan, yang dikaji fonologi ialah bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari yjaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata. Pada kajian fonologi terdapat dua pandangan dalam mempelajari bunyi-bunyi ujar, yaitu fonetik dan fonemik.

    D. D. Implementasi fonologi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya ada orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  26. Nama : Hesti Afril Ningtyas
    Nim : A310190243
    Kelas : 3F

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama:
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya harus bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, meskipun proses pembelajaran mata kuliah fonologi secara daring saya harus tetap mengerjakan semua tugas dengan maksimal dan sungguh-sungguh supaya memenuhi target yg maksimal dan tidak mengecewakan. Meskipum proses pembelajaran secara daring jika dilakukan dengan niat yg baik dan sungguh-sungguh materi pembelajaran fonologi dapat tersampaikan dengan lancar.

    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah kelima unsur komponen tersebut, dengan adanya kelima unsur tersebut sangatlah penting yg saling berkaitan yg harus mahasiswa lakukan dengan baik.

    Bagian Kedua:
    A. Menurut Abdul chaer (2003:102) Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang dipakai oleh manusia.

    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Chaer (2009: 5) mengatakan, yang dikaji fonologi ialah bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari yjaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata. Pada kajian fonologi terdapat dua pandangan dalam mempelajari bunyi-bunyi ujar, yaitu fonetik dan fonemik.

    D. D. Implementasi fonologi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya ada orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  27. Nama: Mentari Istighfaruri
    Nim: A310190252
    Kelas: 3F

    UMPAN BALIK

    Bagian pertama
    A. Saya berkomitmen akan berusaha semampu saya mempelajari dan memahami mata kuliah fonologi, serta mengerjakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan tepat waktu dalam mengumpulkannya.
    B. Menurut saya kelima CPMK diatas sangat penting karena saling keterkaitan satu sama lain dan saling melengkapi, jadi kelima CPMK di atas harus kita pahami.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Maksud dari definisi tersebut fonologi ilmu yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa mulai dari asal bunyi bahasa sampai cara mempraktekan di kehidupan sehari-hari.
    D. Implementasi dari definisi tersebut yaitu pada saat seseorang sedang mengobrol akan ada beberapa perbedaan dalam mengeluarkan bunyi bahasa.

    BalasHapus
  28. Nama: Zulfi Rosita
    NIM: A310190237
    Kelas: 3F

    UMPAN BALIK

    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.

    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  29. Nama: Fauriyah Wahidah Puji M.
    Nim: A310190254
    Kelas: 3F

    UMPAN BALIK
    Bagian Satu
    A. Saya harap dengan saya mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat menambah ilmu serta wawasan dan saya berharap dapat bermanfaat juga untuk orang-orang disekitar saya.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional dalam hal pelafalan lokal.Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Karena komponen tersebut akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  30. Wa'alaikumsalam wr.wb. Terima kasih untuk materinya pak.

    Nama : Lailatul Khasanah
    Nim : A310190245
    Kelas : 3F

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A.) Saya berkomitmen dalam perkuliahan Fonologi selama masa Pandemi yang dilakukan secara daring, saya bisa mengikuti perkuliahan dengan maksimal berusaha untuk selalu hadir dan mengerjakan tugas - tugas dengan baik dan tepat waktu. Saya bisa mencapai CPMK yang sudah ditentukan. Semoga ilmu yang saya dapatkan bisa berguna kedepannya.
    B.) Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena dapat membantu membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi lebih dalam dan juga komponen tersebut pada setiap butirnya akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  31. Nama: Noviyanto Yoga
    Nim: A31016011
    Kelas: 3F


    Bagian Pertama :
    A). Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab juga agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan, dan agar bisa menerapkan ilmu yang Saya peroleh untuk saya pribadi maupun masyarakat nantinya.
    B). Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena dapat membantu membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi lebih dalam dan juga komponen tersebut pada setiap butirnya akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    A). Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B). Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C). Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    D). Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.