MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII C KEDUA KONSEP MANAJEMEN

  

Assalamualaikum wr. wb.

 

Alhamdulillalhi rabbillalamiin..Semoga Saudara sekaliian dalam kondisi sehat dan tetap semangatt! Kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan. Marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya waktu ini.

Apakah Anda sudah siap melanjutkan proses belajar daring? Belajar daring membutuhkan kerja sama yang baik dan kesepahaman dari kita. Pertemuan daring pertama, berhubungan dengan kontrak kuliah. Anda  setelah memahami materi mengetahui posisi yang harus dituju dalam pembelajaran ini. Ada bekal pengetahuan yang harus dipenuhi untuk menjadi guru pembina majalah sekolah. Ada keterampilan yang mendukung dalam menjalani profesi guru pembina majalah sekolah. Apabila dua hal itu terpenuhi, maka Anda bisa memiliki potensi yang besar dalam menjalankan profesi yang diemban dalam dunia pendidikan.

 

Pembina majalah sekolah diperlukan di setiap sekolah guna memberikan kondisi bagi pengembangan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh para siswa. Jadi, majalah sekolah memiliki fungsi sebagai pendukung dalam pembelaaran bahasa Indonesia di sekolah.

Perkuliahan kedua ini mengenai konsep manajemen. Mengapa konsep manajemen dipelajari? Kerja sebagai guru pembina majalah sekolah itu dapat dilakukan dengan baik diperlukan modal pengetahuan tentang manajerial. Penerbitan majalah sekolah itu bukan kerja personal, melainkan kerja organisasi.

Sebelumnya, Anda bisa memperhatikan perbedaan penataan materi antara rps dengan buku MMS yang telah Anda miliki.

Materi RPS

Materi MMS

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah


Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah



Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah


Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dan yang lain, dan tugas redaksi


Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA


Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah,

Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan


Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik


Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, 

Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah


Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus


Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik


Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus


Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

Materi perkuliahan yang terbagi dalam dua kategori yaitu kategori teori dan kategori praktik. (a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi; (b) manajemen majalah sekolah –manajemen media; (c) peran majalah sekolah bagi pengembangan kete-rampilan bahasa bagi peserta didik dan bentuk komunikasi utama, 



(d) rubrikasi dalam publikasi media. rubrikasi majalah –berita, artikel, dan hiburan; kerja redaksi: kerja jurnalis –wawancara;



(e) jenis majalah ber-dasarkan karakteristik pembaca/ khalayak;

(f) majalah satu halaman dan majalah dinding,

(g) majalah cetak sekolah;

(h) publikasi –mulai pencarian naskah, pengelolaan naskah, dan manajemen redaksi majalah cetak di sekolah;

(i) aktivitas publikasi: pembentukan tim redaksi majalah sekolah;

(j) aktivitas publikasi: perencanaan penerbitan dan sidang redaksi;

(k) aktivitas publikasi: proses cetak dan distribusi. 

Setiap akhir bab akan diberikan soal latihan secukupnya untuk membangkitkan minat, kreativitas, dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa. 



Perkuliahan kedua ini berhubungan dengan konsep manajemen!

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Peneertian manajemen

(a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi;

(b) manajemen majalah sekolah –manajemen media;


Apabila Anda perhatikan bahwa dalam kegiatan perkuliahan ini perlu dipelajari yaitu (a) konsep manajemen dan (b) manajemen umum/arti luas  dan manajemen khusus/arti sempit/majalah sekolah.

Konsep manajemen arti luas/umum berlaku bagi manajemen secara umum. Konsep manajemen secara sempit/khusus berlaku hanya untuk manajemen manajalah sekolah.



Perbandingan di atas tidak bermaksud membingungkan, tetapi perhatikan ada penataan yang lebih efektif dalamkegiatan perkuliahan. Penyajian buku dengan penyajian proses yang berbeda ini guna memudahkan dalam proses pemahaman kita..

Perhatikan kutipan-kutipan dari Konnsep manajemen yang telah Saudara temukan.

No

Pendapat

1

Menurut Lazwardi, Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


B. Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.


Ada ciri manajemen yaitu ilmu/seni.

Ada empat kegiatan manajemen:

. perencanaan/planning

2. pengorganisasian/organizing

3. pelaksanaan/actuating

4. pengendalian/controlling


2

Menurut Wirjana (2007:11) dalam Wiastra, I. G. G., dkk (2015) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

b. Wiastra, I. G. G., Rasna, I. W., & Astika, I. M. (2015). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik Di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).


Ciri manajemen yaitu proses orang-orang yang bertanggung jawab daam organisasi melakukan tugas dengan berkelompok.

Ada empat elemen: 1. proses. 2. orang-orang. 3. bertanggung jawab. 4. tugas. 5. bekerja sama

3

John F. Mee dan George R. Terry (Anoraga, 2004:109).

Management is the art of securing maximum result with minimum of efforts as to secure maximum prosperity and happiness for both employer and employee and givethe public the bes posible service. (Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal  demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik  bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat).

            Seni memimpin di bidang publikasi sekolah yang bertujuan mencapai hasil maksimal dengan sarana dan prasarana yang ada. Aktivitas pengelolaan publikasi sekolah ini  membawa kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh unsur di lembaga sekolah –kepala sekolah, para guru, para murid, pihak komite sekolah.

4

2. Management is distinct process consisting of planning, organizing, actuat-ing, controlling utilizing in each both science and art and follow in orde to accomplish predetermined objectives. (Manajemen adalah proses yang khas terdiri dari tindakan-tindakan peren-canaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu penge-tahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula).

            Pengelolaan publikasi sekolah dilakukan tindakan yang urut mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Tidak setiap orang diserahi tugas untuk itu sebab aktivitas ini memerlukan ilmu penge-tahuan dan keahlian yang khusus. seorang guru pendamping kegiatan publikasi sekolah diharapan belajar manajemen sebelum ditugaskan di setiap sekolah. 

            Usaha  untuk meraih tujuan tertentu dengan jalan menggunakan sumber daya yang tersedia dalam organisasi dengan cara yang sebaik mungkin (Anoraga, 2004:109). Usaha yang dilakukan secara berkelompok, artinya ada kerjasama dua orang atau lebih. Kadangkala manajemen diterapkan pula bagi individu yang melakukan usaha. Namun, manajemen majalah sekolah ini melibatkan usaha kelompok (organiasi).

Organisasi tentu saja berhubungan dengan orang-orang yang berkelompok. Ada seorang yang tampil sebagai manajer. Manajer inilah yang menangani organisaai pengelolaan majalah sekolah. Organisasi pengelola majalah sekolah sebagai tim yang mengatur segala aktiitas mulai dari perencanaan (planning), penorganisasian (organyzing) pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan pengevaluasian (evaluatyng). Organisasi pengelolaan majalah sekolah berisi individu-individu yang bertanggung jawab menangani urusan penerbitan majalah. 

            Setiap organisasi majalah sekolah membutuhkan ‘kompetensi dan performansi’ seorang manajer. Tercapainya tujuan organisasi majalah sekolah tergatung kemampuan manajer dalam mengorganisasi.

            Ada pendapat pakar manajemen yang dikutipkan selanjutnya. “Management is the art of securing maximum result with minimum of effort as to secure maximum porsperity and happiness for both employer and employee and give tha oublic the best posible service”.

(Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil maksimal  dengan usaha yang minimal, demikian pula pada mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik pemimpin maupun yang dipimpin serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat) (F. Mee (1962) dalam Anoraga,2004:109).

            Manajement is distinct process of planning, organizing, actuating, controling utilizing in each both science and art and follow in order to accimplish predetermined objective”. (Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri  dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka uaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula (George R. Terry (1966) dalam Anoraga, 2004:109).

            Ada yang berperan sebagai manajer  dalam  menggunakan 5M yaitu men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).             Sasaran manajemen pengelola majalah sekolah secara bertingkat sebagai berikut. Sasaran organisasi pengelola majalah sekolah.

5

Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Berdasarkan kutipan di ata, maka dapat dirumuskan bahwa.

Manajemen itu ilmu/seni dalam proses manejerial. Tujuan memperoleh hasil yang maksimal dengan pengorbanan yang minimal dan mencapai kesejahteraan orang-orang yang bekerja sama dalam organisasi.

Manajemen dibutuhkan pada setiap kerja sama yang dilaksanakan oleh orang-orang.  Konsep manajemen secara umum berlaku pada setiap organisasi. Konsep secara sempit manajemen itu bisa diterapkan dalam penerbitan majalah sekolah. Anda cari sebuah majalah yang diterbitkan oleh sekolah dan perhatikan orang-orang beserta tanggung jawab yang tersusun dalam organsisai penerbitan sekolah.

Ada kegiatan manajerial: perencanaan, organising. aktuating, controlling, dan evaluating.

Ada 5 M dalam manajemen: men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).

 

Umpan Balik:

Setelah Anda mengikuti materi perkuliahan kedua ini tentang Konsep manajemen secara umum dan konsep manajemen secara sempit, maka Anda silakan melaporkan.

Pertama, susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.

Kedua susunan rekasi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.

 

Apabila Anda diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka Anda wajib memilih posisi dalalm susunan organisasi. Menurut Anda, posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut.

 

Mengapa posisi itu paling Anda sukai?

 

Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah Anda laksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.

 

 

 

Demikianlah, kegiatan perkuliahan kedua ini. Semoga bermanfaat bagi kita. Marilah kita bersama-sama mengucapkan hamdalah.

Wassalamualaikum wr. wb.

Agus Budi Wahyudi

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama: Jeni Nur Cahyati
    NIM: A310170109
    Kelas: 7C

    Susunan Redaksi Majalah Kartini
    1. Pemimpin redaksi
    2. Penanggung jawab
    3. Redaksi aktual ekslusif
    4. Redaksi gaya hidup
    5. Redaksi artisitik
    6. Fotografer

    Susunan Redakai Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton
    1. Pelindung
    2. Penanggung jawab
    3. Pembina
    4. Pemimpin redaksi
    5. Sekretaris
    6. Staf, redaksi, dan editor
    7. Reporter
    8. Lay-outer, desain grafis, dan artistik
    9. Marketing

    Jika diberi kesempatan untuk menduduki posisi dalam redaksi, saya lebih suka memilih editor, karena saya ingin membuat sebuah produk menjadi lebih baik untuk dipublikasikan.

    Selama kuliah, saya tidak mengikuti organisasi apapun yang ada di UKM Kampus. Bisa dikatakan saya sangat minim pengalaman organisasi, tapi bukan berarti tidak bisa diajak kerjasama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek lagi apakah tidak ada namanya di susunan redaksi.
      Apakah redaksi majalah Kartini lebih sempit dibanding majalah sekolah.

      Hapus
    2. Baik Pak, akan saya perbaiki.

      Hapus
    3. Nama: Jeni Nur Cahyati
      NIM: A310170109
      Kelas: 7C

      Susunan Redaksi Majalah Kartini
      1. Pemimpin redaksi: Eric Tuapattinaya
      2. Penanggung jawab: Eric Tuapattinaya, Heru Hartoko, Dewi Yamina, Retno Satuti, dan Nurul Rahmi
      3. Redaksi aktual ekslusif: Heru Hartoko, Dewi Yamina, Nurul Rahmi, Galis Remina, Babay, Tri Vany Kurniasih, Ai Turwina, dan Risna Halidi
      4. Redaksi gaya hidup: Mia Apilia, Retno Satuti, Fahri Reza, Ray Hafidz Martino, Mustiana Lestari dan Ditriana Rahmianti
      5. Redaksi artisitik: Daniel Donnie Anthony, Yefta Kansil, Sandy Mardiana, Risma Gantini, Hendra Adrian
      6. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia, Rahmayati
      7. Fotografer:
      Kosim Sanusi
      8.  Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
      9. Koresponden/kontributor: Anggun Angkawijaya (Jawa Timur), Khairina Nasution (Jawa Tengah), Fajar Sodiq (DIY), Abdy Febriady (Sulawesi),Saswati Matakena, dan Febby Kaihatu (Maluku)
      10. Penerbit: PT Kartini Cahaya Lestari
      11. Pendiri:
      Bram Tuapattinaya (1936-2015)
      (Contoh susunan redaksi majalah wanita kurang lebih seperti ini, bisa ditambah rubrik lain sesuai kebutuhan)
      Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Majalah_Kartini

      Susunan Redakai Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton
      1. Pelindung: Drs. Ustman Kaharuddin (Kepala Sekolah)
      2. Penanggung jawab: Fauzi, S. Ag. (WK. Kesiswaan)
      3. Pembina: Babun, S. Pd.
      4. Pemimpin redaksi: Alvin
      5. Sekretaris: Riyan, Dewi Nur Aulia, dan Sinta
      6. Staf, redaksi, dan editor: Rafi, Ryoga, Audy, Shofia, Chandra, dan Lilis
      7. Reporter: Sonya Risqiyah, Ummi, Khofidah, Popo, Putri, dan Arya
      8. Lay-outer, desain grafis, dan artistik: Santi, Yana, Desi, Andrew, Faqih, dan Miftah
      9. Marketing: semua ketua kelas
      (Contoh susunan redaksi majalah sekolah kurang lebih seperti ini)
      Sumber: http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html?m=1

      Susunan redaksi majalah wanita lebih banyak dibanding majalah sekolah, karena cakupan majalah wanita lebih luas (umum) daripada majalah sekolah yang hanya ada di lingkup sekolah.

      Jika diberi kesempatan untuk menduduki posisi dalam redaksi, saya lebih suka memilih editor, karena saya ingin membuat sebuah produk menjadi lebih baik untuk dipublikasikan.

      Selama kuliah, saya tidak mengikuti organisasi apapun yang ada di UKM Kampus. Bisa dikatakan saya sangat minim pengalaman organisasi, tapi bukan berarti tidak bisa diajak kerjasama.

      Hapus
  4. Nama : Annisa Wulandari
    Nim : A310170116
    Kelas : 7C

    (1) Susunan Redaksi Majalah Wanita “Hijabella”

    1. Direktur Utama
    2. Direktur Keuangan
    3. Direktur Kreatif dan Pemasaran
    4. Dewan Redaksi
    5. Pemimpin Redaksi
    6. Sekretaris
    7. Fashion Stylist
    8. Editor Kecantikan
    9. Penulis Kecantikan
    10. Reporter
    11. Fotografer
    12. Manajer Eksekutif Akun
    13. HRD
    14. Pengembang Situs Web
    15. Administrator
    16. Distributor
    17. Kontributor
    https://docplayer.info/51732561-2-1-sejarah-majalah-hijabella-majalah-hijabella-adalah-salah-satu-media-cetak-yang-ditujukan-kepada-kaum-wanita-yang-berisikan-tentang-informasi-dan.html

    (2) Susunan Redaksi dalam Majalah sekolah di SMP Negeri 4 Sukoharjo. “Majalah Mutiara Bangsa”

    1. Penasehat
    2. Penanggung jawab
    3. Wakil Penanggung Jawab
    4. Koordinator
    5. Pemimpin Redaksi
    6. Staf Redaksi
    7. Sekertaris
    8. Bendahara
    9. Koordinator team kreatif
    http://www.smpn4sukoharjo.sch.id/2012/09/mutiara-bangsa.html

    (3) Jika diberi kesempatan untuk menduduki posisi dalam redaksi, saya lebih memilih untuk menjadi seorang sekretaris. Alasanya saya memilih sekretaris karena di posisi itu bisa membantu pimpinan atau ketua redaksi dalam menyiapkan majalah , dan membuat laporan pertanggung jawaban.
    (4) Saya pernah mengikuti organisasi selama kuliah yaitu HMP sebagai anggota bidang dua (Penalaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusi). Pada awal perkuliahan sekitar semester 1-3, kesulitan yang saya alami selama mengikuti HMP adalah kurangnya komunikasi antar anggota yang lain.

    BalasHapus
  5. Nama: Sri Budi Utami
    NIM: A310170132
    Kelas: 7 C

    A. Susunan Redaksi Majalah Wanita dan Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah Wanita “Femina”
    1. Pengasuh
    2. Pemimpin Redaksi
    3. Editor
    4. Redaktur Pelaksana
    5. Redaktur Madya
    6. Redaktur
    7. Pemimpin Umum
    8. Pemimpin Perusahaan
    9. Penerbit
    10. Pembina
    11. Direksi

    Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    4. Redaktur Pelaksana (Redpet)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    8. Bagian Bisnis

    B. Jikalau diminta memilih posisi yang saya inginkan dalam sususan redaksi majalah adalah Editor. Sebab, ada passion tersendiri ketika dihadapkan edit untuk teks, gambar maupun posisi yang baik untuk sebuah produk yang akan dipublikasikan. Bahkan ketika sudah mengerjakan bagian editing sampai lupa lingkungan sekitar. Maka, hal ini yang menyebabkan saya ingin memilih bagian Editor.

    C. Selama kuliah pernah terjun ke dalam organisasi HMP bidang 4 (Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat). Pada saat itu menjadi anggota untuk organisasi tersebut. Jika ditanya apakah pernah menjabat sementara selain anggota? Jawabnya pernah, saat itu ada event PMI yang menjadi agenda rutinan. Saat itu mendapat jabatan yang bertugas untuk menyusun agenda kegiatan. Saat itu tidak ada kendala karena dibantu teman sejawat dan kakak tingkat yang berakhir kegiatan berjalan semestinya.

    BalasHapus
  6. Nama: Rahma Nurmala Ainin
    NIM: A310170134
    Kelas: 7C

    1)Susunan Redaksi Majalah Wanita dan Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah Wanita “ Cosmogirl Indonesia”

    1.Direktur Utama
    2.Direktur
    3.Manajer Umum
    4.Pemimpin Redaksi
    5.Koordinator Mode & Kecantikan
    6.Koordinator Pengarah Gaya
    7.Editor Eksekutif
    8.Editor
    9.Mode & Kecantikan
    10.Senior Desainer
    11.Sekretaris Redaksi
    12.Tim Situs Web
    13.Manajer Komunikasi Pemasaran
    14.Pengelola Internet dan Layanan Seluler
    15.Desainer Web
    16.Web Programmer
    17.Copy Writer
    18.Komersial
    19.Relasi Media
    20.Iklan & Promosi
    21.Layanan Marketing
    22.Keuangan
    23.Personalia/Umum

    2)Susunan Redaksi dalam Majalah Sekolah

    1.Pelindung
    2.Penanggung Jawab
    3. Pembina
    4.Pimpinan Redaksi
    5.Staff Redaksi
    6.Redaktur
    7.Editor
    8.Reporter
    9.Lay-Outer,Desain Grafis dan Artistik
    10.Marketing

    3) Jika diminta untuk memilih posisi yang saya inginkan dalam pengurus redaksi majalah.Saya lebih suka memilih menjadi redaktur pelaksana, karena saya pernah suka dengan kegiatan yang bersifat teknis, seperti memimpin aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh reporter dan editor.
    4) Selama kuliah Saya pernah mengikuti organisasi HMP PBSI Anggota Bidang 2 (Penalaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Pada semester 1 sampai semester 3 dan PRISMA (Pengembangan Prestasi dan Riset Mahasiswa) pada semester 5. Kendala yang saya alami, waktu organisasi dengan waktu perkuliahan mengalami bentrok.Sehingga saya memilih untuk tidak aktif organisasi dan berfokus kepada perkuliahan.

    BalasHapus
  7. Nama : Erfin Nindyastuti
    NIM : A310170138
    Kelas : VII C

    1. Susunan Redaksi dalam Majalah Suara Aisjijah
    a. Perintis
    b. Pemimpin
    c. Ketua
    d. Kepala Pengarang
    e. Pembantu Kepala Pengarang
    f. Bagian Redaksi
    g. Administrasi
    h. Penerbit
    i. Bendahara

    2. Susunan Redaksi dalam Majalah Sekolah
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    d. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    h. Bagian Bisnis
    Susunan tim redaksi tidak mutlak seperti disebutkan di atas. Biasanya, ada juga posisi wakil pemred, sekretaris redaksi, dan bagian lain seperti humas. Hal ini bergantung pada kebijakan tim redaksi dalam membuat susunan kepengurusan.

    3. Menurut saya, posisi yang saya sukai dalam organisasi manajemen majalah yaitu editor. Karena dalam menyunting naskah yang ditulis oleh wartawan meminimalisasikan kesalahan dalam ejaan. Dan diharapkan redaksi tertentu lebih mudah dibaca dan dipahami.

    4. Organisasi yang pernah saya ikuti selama kuliah yaitu HMP sebagai anggota bidang satu (Keislaman). Kesulitan yang saya alami adalah menyesuaikan diri kepada anggota lain.

    BalasHapus
  8. Nama: Laely Nor Sofiyana
    NIM: A310170143p
    Kelas: VII C
    1) Susunan Redaksi Majalah Wanita dan Majalah Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah Wanita:
    Pembina
    Pemimpin Umum
    Pemimpin Perusahaan
    Pemimpin Redaksi
    Redaktur
    Redaktur Pelaksana
    Redaktur Madya
    Direksi
    Penerbit
    Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    Pelindung
    Pembina
    Pemimpin Umum
    Pemimpin Redaksi
    Dewan Redaksi
    Sekertaris
    Bendahara
    Reporter
    Editor
    Sponsorship
    Fotografer
    Design
    Contributor
    2) Jika diberi kesempatan nuntuk menduduki posisi pengurus redaksi, saya lebih memilih untuk menjadi redaktur pelaksana. Alasan saya memilih redaktur pelaksana karena diposisi tersebut karena saya ingin belajar membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan.
    3) Saya pernah mengikuti organisasi selama kuliah yaitu organisasi HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi) posisi saya sebagai anggota bidang 5 (Kaderisasi dan Prngembangan Organisasi). Saya mengikuti organisasi tersebut mulai dari semester 1 sampai dengan semester 4. Kesulitan yang saya alami selama mengikuti organisasi tersebut yaitu kurangnya komunikasi antar anggota.

    BalasHapus
  9. Nama: Septian Hestining Tyas
    NIM: A310170108
    Kelas: 7C

    • Susunan Redaksi Majalah Wanita Kartini
    a, Penanggungjawab
    b. Redaksi actual
    c. Redaksi gaya hidup
    d. Redaksi artistic
    e. Sekretaris redaksi
    f. Fotografer
    Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Majalah_Kartini

    • Susunan redaksi majalah sekolah Mts Negeri Karanganyar Paiton
    a. Pelindung
    b. Penanggungjawab
    c. Pembina
    d. Pemimpn redaksi
    e. Sekretaris
    f. Staff, redaktur, dan editor
    g. Reporter
    h. Lay-outer, desain grafis, dan artistic
    i. Marketing
    Sumber: http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html

    • Posisi yang diinginkan dalam organisasi redaksi adalah sekretaris redaksi
    • Alasan saya memilih sekretaris redaksi karena saya menyukai bidang kesekretariatan
    • Selama kuliah saya kurang berpengalaman dalam organisasi. Saya sempat mengikuti satu organisasi sampai pendidikan menengah sebagai anggota, saya mendapat banyak pengalaman selama mengikuti organisasi tersebut, namun saya berhenti di tengah jalan dan tidak melanjutkan organisasi tersebut. Saya belum pernah menjabat atau mempunyai posisi penting dalam organisasi tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak, izin memperbaiki jawaban saya di atas

      Nama : Septian Hestining Tyas
      NIM : A310170108
      Kelas : 7C

      • Susunan Redaksi Majalah Wanita “Cosmogirl”

      Direktur utama: Dian M. Soedarjo
      General manajer: Indriati Wirjanto
      Pemimpin Redaksi : Reine M.Y.
      Koordinator Mode Kecantikan : Ria Lirungan
      Koordinator Pengarah Gaya : Michael Pondaag
      Editor Eksekutif : Agni Pratistha A. K.
      Editor : Sheila Oktya Finnahari
      Mode Kecantikan : Anindita Saryuf, Margaretha Novianty, Cinta Ruhama Amels Artistik Senior Senior Desainer : Dyah Tri Wulandari
      Desainer : Marisya Miranty, Yoan Margono
      Ilustrator : Evelline Andrya Sekretaris
      Redaksi : Empri Astuti
      Fotografer : Hary Subastian, Hadi Cahyono, Yuniardi P, Adi Nugroho, Rici Linde Laily Rachev, Rinal Wiratama
      Manager : Dedy Koswara
      Manajer Layanan internet seluler : Yul Bernard Riyanto
      Web Desainer : Augus Ajie Wibowo
      Web Programmer : Muhammad Hafizh
      Copy Writer : Verawati Waloeyo
      Komersial Relasi Media : Dewianti Tjondronegoro, Peni Andriani, Caroline I
      Iklan Promosi : A.E. Susyana, Herly Gunawan, Lydia Famela, Nuke Firman, Laili Fauziah
      Marketing : Sirikit Kumaat, Skriptina Erawati
      Keuangan : Agustina
      Personalia Umum : Sondang Anggraeni

      Sumber:
      https://text-id.123dok.com/document/eqokgkx7y-susunan-redaksi-cosmogirl-indonesia-target-audiens-majalah-cosmogirl-indonesia-rubrik-majalah-cosmogirl-indonesia.html

      • Susunan Redaksi Majalah Sekolah Mts Negeri Karanganyar Paiton

      Pelindung: Drs. Usman Kaharrudin
      Penanggungjawab: Fauzi, S.Ag
      Pembina: Babun, S.Pd.
      Pemimpin redaksi: Alvin
      Sekretaris: Riyan, Dewi Nur Aulia, Sinta
      Staff, redaktur, dan editor: Rafi, Ryoga, Audi, Sofia, Candra Dwi Kurniawan, Lilis Wulandari
      Reporter: Sonya Rizkiah,Umi Adibah, Khofidah Dwi Solehah,Popo, Putri Rahmatul M. Arya Dwi Saputra
      Lay-outer, desain grafis, dan artistic: Santi, Yana, Desi, Andrew Fahlevi A. Faqih Mustafa, Miftah
      Marketing: Semua ketua kelas

      Sumber:
      http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html

      • Posisi yang diinginkan dalam organisasi redaksi adalah sekretaris redaksi
      • Alasan saya memilih sekretaris redaksi karena saya menyukai bidang kesekretariatan
      • Selama kuliah saya kurang berpengalaman dalam organisasi. Saya sempat mengikuti satu organisasi sampai pendidikan menengah sebagai anggota, saya mendapat banyak pengalaman selama mengikuti organisasi tersebut, namun saya berhenti di tengah jalan dan tidak melanjutkan organisasi tersebut. Saya belum pernah menjabat atau mempunyai posisi penting dalam organisasi tersebut.

      Hapus
  10. Nama : Novita Dwi Cahyani
    NIM : A310170126
    Kelas : 7 C

    1. Susunan Redaksi Majalah Kartini:
    1. Pemimpin Redaksi
    2. Redaktur Pelaksana
    3. Sekretaris Redaksi
    4. Editor
    5. Reporter
    6. Fotografer
    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    1. Pemimpin Redaksi
    2. Pelindung
    3. Pembimbing
    4. Sekretaris
    5. Editor
    6. Reporter
    3. Jika diberikan kesempatan untuk menempati posisi susunan redaksi maka saya memilih untuk menjadi editor, karena akan membuat majalah lebih baik untuk diterbitkan.
    4. Selama kuliah saya tidak pernah mengikuti organisasi, sehingga tidak pernah menempati posisi di dalam organisasi apapun.

    BalasHapus
  11. Nama : Lovena Ayu Irianti
    NIM : A310170131

    1. Susunan Redaksi Majalah TREN
    - Pemimpin Umum
    -Pemimpin redaksi
    -Redaktur Pelaksana
    -Dewan Redaksi
    -Editor bahasa
    -Fotographer
    -Artistik& Produksi
    -Sekretaris redaksi
    -Iklan & Promosi
    -Distribusi & sirkulasi
    -Konsultan Hukum

    Susunan Majalah Sekolah :
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin Umum
    -Pemimpin Redaksi
    -Dewan Redaksi
    -Sekertaris
    -Bendahara
    -Reporter
    -Editor
    -Sponsorship
    -Fotografer
    -Design
    -Contributor

    2. Jika diberi kesempatan untuk untuk memilih , saya memilih menjadi bagian daro Fotographer karena disini saya bisa terjun langsung dalam menangani model yang akan foto untuk sebuah majalah dan menurut saya itu menyenangkan sesuai dengan keinginan saya .

    3. Saat kuliah saya tidak mengikuti organisasi yang ada di kampus , namun hal itu tidak membatasi diri saya untuk tetap berkarya sehingga saya masih bisa diajak bekerja sama dengan baik.

    BalasHapus
  12. 1. Susunan redaksi majalah wanita

    • Susunan redaksi majalah wanita yang berjudul: Majalah Wanita Kartini
    1. Pemimpin umum/pemimpin redaksi: Bram Tuapattinaya
    2. Wakil pemimpin umum I: Eric Tuapttinaya
    3. Wakil pemimpin umum II: Hatawano
    4. Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    6. Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    7. Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    8. Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    9. Redaksi masakan: Ai Turwina
    10. Redaksi foto: Kosim Sanusi
    11. Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    12. Staf khusus
    13. Koresponded/kontributor
    14. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    15. Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    16. Wakil pemimpin perusahaan: Hendro Atmojo
    17. Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    18. Alamat redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    19. Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    20. Percetakan
    Kurang lebih contoh redaksi dalam majalah wanita seperti itu, bisa ditambah lagi dengan rubrik yang berhubungan dengan wanita misalnya ditambah rubrik tentang masakan atau cara mengatur ekonomi keluarga dan sebagainya.



    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah Aksara majalah SMP N 1 Karanganyar

    1. Pimpinan Umum: Andika Wahyu Setiyoso
    2. Pimpinan Redaksi: Salsabila Brilian
    3. Dewan Redaksi: Anggi Hesha
    4. Sekretaris: Binar Faisha, Alliyah Putri Windia
    5. Bendahara: Septian Salma, Aminatakia
    6. Reporter: Latifa Arum, Tamara Desvitaratri, Jelita Devinia A
    7. Editor: Davin Alvareza, Anindya Ardhameswari
    8. Sponsorship: Neutron, Ganesha Operation, Kalila Tour Travel
    9. Fotografer: Iin Setya, Tamara, Rezima Nando
    10. Design: Naufal
    11. Kontributor: Alvin, Damar, abyan, Herlina, Wening.
    Karena di kelola oleh sekolah mungkin pimpinan redaksinya lebih sedikit dengan majalah umum.

    3. Jika diminta memilih posisi yang saya inginkan dalam majalah saya lebih suka memilih menjadi wakil pemimpin, karena saya kita dapat menjadi pengkoordinir dari ketua. Saya akan sangat maju kita menjadi orang dibalik pemimpin redaksi, karena saya tipe orang yang di belakang layar menahkodai dan membersamai seorang pemimpin umum.

    4. Selama kuliah saya telah mengikuti 2 organisasi. Yang pertama di awal semester hingga semester 5 saya di HMP PBSI FKIP UMS. Saya di HMP menjabat sebagai Ketua Divisi PKM. Tugas Saya selama menjabat Kadiv PKM adalah membuat penelitian bersama dengan sekestaris dan anggota lainnya terutama bidang 2. Sebagai ketua saya bertanggung jawab atas penelitian yang saya buat bersama Tim. Yang paling sulit dalam tugas ketua adalah komunikasi dengan sekertaris divisi PKM. Kadang sering terjadi miskomunikasi diantara kita yang akhirnya membuat pekerjaan kurang sempurna.
    Selain di HMP di semester 6 hingga sekarang ini saya masuk organisasi DPM FKIP UMS. Di DPM saya diberi amanah sebagai penanggungjawab kotak aspirasi. Tugas saya di sini adalah menampung semua aspirasi dari mahasiswa FKIP UMS yang selanjutnya kami serahkan kepada fakultas. Tantangan terberat di aspirasi adalah banyak hal yang haru saya kerjakan setiap bulannya. Mulai dari membuat form aspirasi, mengumpulkannya, serta memilah aspirasi yang layak untuk diserahkan kepada fakultas.

    BalasHapus
  13. Nama : Weni Sayekti Putri
    NIM : A310170121
    Kelas : 7C

    1. Susunan Redaksi majalah Noor
    1. Pemimpin Umum
    2. Pemimpin Perusahaan
    3. Pemimpin Redaksi
    4. Redaktur Pelaksana
    5. Redaksi
    6. Sekretaris Redaksi
    7. Redaktur Ahli
    8. Wawancara Eksklusif

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pimpinan Redaksi (Pemred)
    4. Direktur pelaksana (Redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan tata letak (Leyouter)
    8. Bagian Bisnis

    3. Jika disuruh memilih saya akan memilih menjadi seorang editor.

    4. Alasan saya memilih menjadi seorang editor yaitu karena saya menyukai posisi seorang editor. Karena seorang editor harus memeriksa akurasi kalimat dan kata-kata yang di tulis seorang reporter yang terjun langsung di lapangan menjadi lebih baik sebelum di terbitkan.

    5. Selama saya kuliah saya pernah mengikuti organisasi di kampus yaitu LPM FIGUR disitu posisi saya sebagai anggota, saya pernah melakukan beberapa kali wawancara dan menulis berita, namun pada saat semester 4 saya memilih tidak melanjutkan organisasi tersebut, kesulitan yang saya alami selama mengikuti organisasi yaitu kurangnya komunikasi.

    BalasHapus
  14. Nama : Yessy Primadani Tungga Dewi
    NIM : A310170142
    Kelas : 7C

    A. Susunan redaksi majalah wanita "Kartini" :
    1. Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi
    2. Wakil Pemimpin Umum I
    3. Wakil Pemimpin Umum II
    4. Wakil Pemimpin Redaksi
    5. Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional
    6. Dewan Redaksi
    7. Redaksi Aktual Eksklusif
    8. Redaksi Lifestyle
    9. Redaksi Masakan
    10. Redaksi Foto
    11. Redaksi Artistik
    12. Staff Khusus
    13. Kontributor
    14. Sekertaris Redaksi
    15. Pemimpin Redaksi

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Penanggung Jawab
    2. Penasehat
    3. Ketua Tim Dewan Pembina
    4. Anggota Dewan Pembina
    5. Pemimpin Redaksi
    6.Wapimred
    7. Sekertaris
    8. Redaktur Pelaksana
    9. Staff Redaksi
    10. Reporter
    11. Kameramen
    12. Layout

    C. Jika diminta untuk memilih posisi yang saya inginkan dalam pengurus redaksi majalah, saya lebih suka menjadi sekertaris. Sebab, saya menyukai kegiatan yang berbau hal surat menyurat dan membuat sebuah perencanaan program kerja.

    D. Selama kuliah, saya tidak mengikuti organisasi apapun. Bisa dibilang untuk pengalaman dalam berorganisasi saya sangat sedikit. Tetapi, saya berusaha agar bisa bekerjasama dengan kelompok saya apabila saya mengikuti organisasi nantinya.

    BalasHapus
  15. 1. Susunan Redaksi majalah

    1. Pemimpin Umum 
    2. Pemimpin Perusahaan
    3. Pemimpin Redaksi 
    4. Redaktur Pelaksana
    5. Redaksi 
    6. Sekretaris Redaksi
    7. Redaktur Ahli
    8. Wawancara Eksklusif

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pimpinan Redaksi (Pemred)
    4. Direktur pelaksana (Redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan tata letak (Leyouter)
    8. Bagian Bisnis

    3. Jika disuruh memilih saya akan memilih menjadi editor. Karena saya lebih menyukai posisi sebagai editor. Seorang editor harus bisa meneliti keakuratan dari kalimat dan kata yang ditulis oleh penulis agar menjadi tulisan yang lebih baik sebelum diterbitkan dan dibaca oleh banyak orang.

    4. Saat kuliah ini saya tidak mengikuti organisasi apapun. Meskipun saya tidak mengikuti organisasi dan tidak banyak memiliki pengalaman dalam berorganisasi, saya akan berusaha semaksimal mungkin dan saya akan mengikuti serta melaksanakan dengan baik jika saya mengikuti organisasi nantinya.

    BalasHapus
  16. Nama : Chindy Ajeng Permata
    Nim :A310170133
    Kelas :7C

    1. Susunan Redaksi majalah

    1. Pemimpin Umum 
    2. Pemimpin Perusahaan
    3. Pemimpin Redaksi 
    4. Redaktur Pelaksana
    5. Redaksi 
    6. Sekretaris Redaksi
    7. Redaktur Ahli
    8. Wawancara Eksklusif

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pimpinan Redaksi (Pemred)
    4. Direktur pelaksana (Redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan tata letak (Leyouter)
    8. Bagian Bisnis

    3. Jika disuruh memilih saya akan memilih menjadi editor. Karena saya lebih menyukai posisi sebagai editor. Seorang editor harus bisa meneliti keakuratan dari kalimat dan kata yang ditulis oleh penulis agar menjadi tulisan yang lebih baik sebelum diterbitkan dan dibaca oleh banyak orang.

    4. Saat kuliah ini saya tidak mengikuti organisasi apapun. Meskipun saya tidak mengikuti organisasi dan tidak banyak memiliki pengalaman dalam berorganisasi, saya akan berusaha semaksimal mungkin dan saya akan mengikuti serta melaksanakan dengan baik jika saya mengikuti organisasi nantinya.

    BalasHapus
  17. Nama: Febri Setiani
    NIM: A310170130
    Kelas: 7C

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Susunan Redaksi Majalah Femina
    1) Pemimpin Umum/ Pemimpin Perusahaan
    2) Pemimpin Redaksi/ Wakil Pemimpin Umum
    3) Wakil Pemimpin Perusahaan
    4) Alamat Redaksi
    5) Alamat Tata Usaha/ Distribusi
    6) Pencetak
    7) Penerbit


    2. Susunan Redaksi dalam Majalah Sekolah SMP/ SMA
    Tim Redaksi Majalah Sekolah secara umum
    1) Pelindung
    2) Pembina
    3) Pemimpin Redaksi
    4) Redaktur Pelaksana
    5) Reporter
    6) Editor
    7) Tenaga Desain dan Tata Letak
    8) Bagian Bisnis

    3.Posisi yang dipilih dalam susunan organisasi adalah Editor. Karena dari beberapa bagian redaksi majalah sekolah tersebut editor saya pilih karena termasuk bagian yang saya bisa. Dalam bagian editor bisa mengetahui kesalahan dalam penulisan majalah yang disusun. Sehingga sebagai editor bisa memperbaiki kesalahan baik dalam penulisan majalah tersebut.

    4. Selama perkuliahan saya tidak mengikuti organisasi dalam kampus. Sehingga tidak mengetahui atau tidak terlibat dalam tanggung jawab organisasi maupun kendala saat berada di dalam organisasi. Namun dalam perkuliahan biasa bisa tahu bagaimana tanggung jawab serta kendala dalam tugas kelompok. Mungkin dari hal tersebut tanggung jawab yang dilakukan adalah tanggung jawab sebagai mahasiswa mengerjakan tugas kelompok dengan baik dan berkerjasama antar mahasiswa dengan saling membantu satu sama lain. Untuk kendala mungkin diawal perkuliahan karena masih mahasiswa baru dan mungkin belum mengenal karakter setiap mahasiswa.

    BalasHapus
  18. Nama: Damar Kurniawan
    Nim: A310170118
    Kelas: 7C

    1. Susunan redaksi majalah umum wanita "Noor"
    1) Pemimpin Umum
    2) Pemimpin Perusahaan
    3) Pemimpin Redaksi
    4) Redaktur Pelaksana
    5) Redaksi
    6) Sekretaris Redaksi
    7) Redaktur Ahli
    8) Kontributor
    9) Artistik
    10) Photographer
    11) Promosi

    2. Susunan Redaksi majalah sekolah SMA Bopkri 1 Yogyakarta.
    1) Pemimpin Umum
    2) Pemimpin Redaksi
    3) Sekretaris Redaksi
    4) Redaktor Pelaksana
    5) Redaktur wartawan
    6) bidang percetakan
    7) Editor
    8) bidang Usaha.


    3. Posisi yang saya inginkan adalah "Editor"
    Karena saya memiliki hobi dalam bidang editing. Selain itu saya juga ingin meningkatkan kemampuan saya dalam bidang editing dengn terus belajar di bidang tersebut.

    4. Saya pernah menjabat menjadi ketua bidang 4 yaitu kesejahteraan mahasiswa. Saya bertanggungjawab dalam menjalankan program-program kerja dan saya juga mengayomi partner dan anggota saya selama menjawab. Kendala yang sering terjadi yaitu miskomunikasi sehingga terjadi kurangnya koordinasi dalam anggota.

    BalasHapus
  19. Nama : Chandra Gupta Nur Kartika Sari
    NIM : A310170117
    Kelas : 7 C

    1.Susunan Redaksi Majalah Wanita “Kartini”

    a)Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi.
    b)Wakil Pemimpin Umum I
    c)Wakil Pemimpin Umum II
    d)Wakil Pemimpin Redaksi
    e)Penanggung Jawab
    f)Wakil Penanggung Jawab Redaksional
    g)Dewan Redaksi
    h)Redaksi Aktual Eksklusif
    i)Redaksi Lifestyle
    j)Redaksi Masakan
    k)Redaksi Foto
    l)Redaksi Artistik
    m)Staff Khusus
    n)Koresponden/ Kontributor
    o)Sekretaris Redaksi
    p)Pemimpin Perusahaan
    q)Iklan/ Promosi
    Sumber: https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/kartini/ed-2343-2013

    2.Susunan Redaksi Majalah Sekolah di SMA N 1 Surakarta “OASE”

    a)Pelindung
    b)Pembina
    c)Redaksi Umum
    d)Pemimpin Redaksi
    e)Sekretaris
    f)Bendahara
    g)Penulis
    h)Reporter
    i)Editor
    j)Desain Grafis
    k)Fotografer
    l)Publishing and Management
    Sumber : https://smansasolo.wordpress.com/oase/

    Jika diminta untuk memilih salah satu posisi dalam pengurus redaksi, saya memilih posisi sebagai seorang editor. Alasan mengapa saya memilih posisi tersebut karena editor memiliki peran yang berarti dalam penulisan suatu majalah yakni dapat meminimalkan kesalahan penulisan ejaan dengan demikian majalah yang akan diterbitkan dapat mudah dibaca dan dipahami.

    Selama kuliah ini saya belum pernah mengikuti organisasi, namun pernah mengikuti salah satu UKM di kampus sebagai anggota. Setidaknya dengan mengikuti UKM tersebut dapat belajar cara berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok.

    BalasHapus
  20. Nama : Ninda Dwi Astuti
    Nim : A310170125
    Kelas : 7C

    1.Susunan redaksi majalah wanita “Paras”
    a. Penerbit
    b. Direktur Utama
    c. Wakil Direktur Utama
    d. Pemimpin Umum
    e. Pemimpin Redaksi
    f. Staf Redaksi
    g. Kontributor
    h. Sekretaris Redaksi
    i. Fotografer
    j. Artistik
    k. Ilustrator
    l. Iklan dan Promosi
    m. Promosi dan Event
    n. Koordinator Sirkulasi

    2. Susunan redaksi majalah sekolah “MTs Negeri Karanganyar Paiton”
    a. Pelindung
    b. Penanggung Jawab
    c. Pembina
    d. Pemimpin Redaksi
    e. Sekretaris
    f. Staff, Redaktur dan Editor
    g. Reporter
    h. Lay-outer, Desain Grafis dan Artistik
    i. Marketing

    3. Jika diberi kesempatan memilih, posisi yang akan saya pilih dalam organisasi redaksi adalah fotografer. Karena saya menyukai hal terkait fotografi, juga tertarik untuk menghasilkan foto yang bagus.
    4. Saya selama kuliah belum pernah memiliki posisi dalam suatu organisasi karena saya tidak mengikuti organisasi dalam kampus.

    BalasHapus
  21. Nama : Opie Octaviana Sari
    Nim : A310170127
    Kelas : 7C

    1. Susunan Redaksi Majalah
    a. Pemimpin Umum / Penanggung Jawab (General Manager)
    b. Dewan Pelindung / Penasehat
    c. Konsultan Hukum / Penasihat Hukum
    d. PemRed / Pemimpin Redaksi (Editor In Chief)
    e. Redaktur Pelaksana
    f. Sekretaris Redaksi
    g. Staf Redaksi / Redaktur / Editor
    h. Reporter
    i. Lay- Outer / Desain Grafis / Artistik
    j. Fotografer
    k. Editor
    l. Koresponden
    m. Distributor/ Sosialisasi / Humas & Publisher / Manajer Iklan / Promosi & Sirkulasi
    n. Kontributor
    o. Riset, Pustaka, dan Dokumentasi
    p. Pracetak

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    a. Pimpinan umum
    b. Pimpinan redaksi
    c. Redaktur pelaksana
    d. Sekretaris redaksi
    e. Kontributor
    f. Keuangan
    g. Cover
    h. Setting & layout
    i. Litbang
    j. Pengembangan
    k. Sirkulasi
    l. Publik relations
    m. Web master
    n. Iklan & produksi

    3. Saya memilih posisi fotografer dalam organisasi redaksi. Karena saya tertarik dengan fotografi dimana ada kepuasan jika menghasilkan foto dengan visual yang cantik.

    4. Selama kuliah saya menjadi anggota HMP PBSI UMS 2017 bidang 3 “Minat dan Bakat”. Saya pernah menjadi sie konsumsi dalam acara LKMMD dan penanggung jawab bidang bulu tangkis dalam acara PORSEMA. Kendala yang saya alami dahulu saya sedikit kerepotan dalam mengatur jadwal dari masing-masing atlet dimana mereka punya kegiatan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  22. Nama : Siti wahyu caristina
    NIM : A310170113

    1)Pertama
    Susunan redaksi majalah umum wanita
    1.Pemimpin Redaksi/Pengasuh;
    2.Redaktur Pelaksana;
    3.Redaktur Madya;
    4.Redaktur;
    5.Pemimpin umum;
    6.Pemimpin perusahaan;
    7.Penerbit;
    8.Pembina; dan
    9.Direksi
    Sumber:
    Ensiklopedia Sastra Indonesia, Femina
    http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    2)Kedua
    Susunan redaksi majalah sekolah
    1.Pelindung;
    2.Penanggung Jawab;
    3.Pembina;
    4.Pemimpin redaksi;
    5.Sekretaris;
    6.Staf, Redaktur dan Editor;
    7.Reporter;
    8.Lay-outer, Desain Grafis dan Artistik; dan
    9.Marketing.
    Sumber:
    Medikresa. 2016, Maret 30. Struktur Tim Redaksi Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton. Diperoleh pada 18 September 2020, dari http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html
    3)Ketiga
    Posisi semua posisi tersebut,jika diminta untuk memilih, saya akan memilih menjadi reporter.
    4)Keempat
    Alasannya, karena saya bisa langsung terun kelapangan langsung untuk meliput berita untuk selanjutnya dilaporkan kepada khalayak umum. Karena dengan menjadi reporter saya mamlu juga menambah wawasan dan keberanian berbicara didepan kamera, terlebih didepan publik.
    5)Kelima
    Saya tidak mengikuti organisasi apapun. Jadi, bisa dibilang saya tidak memiliki pengalaman apapun dalam berorganisasi, akan tetapi saya masih mau berusaha dan bia diajak untuk kerjasama.

    BalasHapus
  23. Nama: Endah Riski Kartini
    NIM: A310170128
    Kelas: 7C

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita “Cosmogirl Indonesia”
    a. Pemimpin Redaksi
    b. Mode Kecantikan
    c. Pengarah Gaya
    d. Editor Eksekutif
    e. Editor
    f. Mode Kecantikan
    g. Desainer
    h. Ilustrator
    i. Sekretaris Redaksi
    j. Fotografer
    k. Website Team
    l. Marketing Communication Manager/Manajer Komunikasi Pemasaran
    m. Internet Mobile Service Manager/Manajaer Internet dan Layanan Seluler
    n. Web Desainer
    o. Web Programmer
    p. Copy Writer
    q. Komersial Relasi Media
    r. Iklan Promosi
    s. Layanan Marketing
    t. Keuangan
    u. Personalia Umum

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah “Krismatig”
    a. Penanggung Jawab
    b. Pembina
    c. Pimpinan Umum
    d. Pimpinan Redaksi
    e. Wapim Redaksi
    f. Sekretaris
    g. Bendahara
    h. Redaktur Artikel
    i. Fotografer

    3. Jika diminta untuk memilih, saya akan memilih untuk menjadi seorang editor. Karena seorang editor dapat memperbaiki kesalahan penulisan dalam majalah. Saya senang dan suka jika diminta untuk mengedit sesuatu, khususnya tulisan. Maka dari itu saya memilih untuk menjadi seorang editor.

    4. Saya tidak pernah mengikuti organisasi selama kuliah. Tapi, saya mempunyai pengalaman organisasi ketika duduk dibangku sekolah menengah. Untuk kuliah ini, saya tidak mempunyai pengalaman berorganisasi.

    BalasHapus
  24. Nama: Mia Rosalinda
    NIM: A310170124
    Kelas: 7C

    1. Susunan Redaksi dalam Majalah Wanita “Cosmogirl Indonesia”
    a. Komisaris Utama : Soetikno Soedarj.
    b. Komisaris : KAI Arief Iman Selomulya.
    c. Direktur Utama : Dian M Soedarjo 5.
    d. Direktur : Widhi Darmawan
    e. General Manager : Indriati
    f. Pemimpin Redaksi : Reine M.Y. Koordinator
    g. Mode Kecantikan : Ria Lirungan Koordinator
    h. Pengarah Gaya : Michael Pondaag
    i. Editor Eksekutif : Agni Pratistha A. K.
    j. Feature Senior Editor : Sheila Oktya Finnahari
    k. Mode Kecantikan : Anindita Saryuf, Margaretha Novianty, Cinta Ruhama Amels Artistik
    l. Senior Desainer : Dyah Tri Wulandari
    m. Desainer : Marisya Miranty, Yoan Margono
    n. Ilustrator : Evelline Andrya
    o. Sekretaris Redaksi : Empri Astuti
    p. Fotografer : Hary Subastian, Hadi Cahyono, Yuniardi P, Adi Nugroho, Rici Linde Laily Rachev, Rinal Wiratama
    q. Website Team Marketing Communication Manager : Dedy Koswara
    r. Internet Mobile Service Manager : Yul Bernard Riyanto
    s. Web Desainer : Augus Ajie Wibowo
    t. Web Programmer : Muhammad Hafizh
    u. Copy Writer : Verawati Waloeyo
    v. Komersial Relasi Media : Dewianti Tjondronegoro, Peni Andriani, Caroline
    w. Iklan Promosi : A.E. Susyana, Herly Gunawan, Lydia Famela, Nuke Firman, Laili Fauziah
    x. Layanan Marketing : Sirikit Kumaat, Skriptina Erawati
    y. Keuangan : Agustina
    z. Personalia/Umum : Sondang Anggraeni
    Sumber: https://text-id.123dok.com/document/eqokgkx7y-susunan-redaksi-cosmogirl-indonesia-target-audiens-majalah-cosmogirl-indonesia-rubrik-majalah-cosmogirl-indonesia.html

    2. Susunan Redaksi dalam Majalah SMK Sakti Gemolong (SAKTImagz)
    A. Pelindung: Drs. Suyono, M.Pd
    B. Pembimbingan: Norma Wibawati, S.Pd dan Nitta Ayu Azzahra S.N., S.Pd
    C. Struktur Organisasi
    a. Pemimpin Umun: Nur Jailani
    b. Pemimpin Perusahaan: Lutvi Muhammad Fikir dan Ferry Yulandari
    c. Pemimpin Redaksi: Analisa Wahyu
    d. Redaktur: Aji Kuncoro dan Alfian Maulana
    e. Sekretaris: Adnan Assadel dan Aprellia Safa
    f. Bendahara: Alfian Maulana dan Fika Dela
    g. Reporter: Eka Ayu, Dinda putrid, dan Analisa Wahyu
    h. Fotografer: Tegas Kustriyanto, Adam Firdaus, dan Dinda Putri
    i. Desainer: Nitta Ayu Azzahra S.N., S.Pd
    D. Diterbitkan Oleh: Ekstrakulikuler Sajurna

    3. Posisi yang saya sukai adalah fotografer, karena saya sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan mendokumentasikan suatu kejadian melalui fotografi.

    4. Selama kuliah, saya tidak mengikuti organisai apapun di kampus, sehingga saya kurang pengalaman dalam berorganisasi dengan tim, namun tidak menutup kemungkinan saya dapat bekerja sama dalam sebuah tim.

    BalasHapus
  25. Nama : Yaniar Dwi Pramesti
    NIM : A310170111
    Kelas : 7C

    1.Susunan Redaksi majalah wanita Femina:
    a. Pemimpin redaksi
    b. Editor at Large
    c. Redaktur Pelaksana
    d. Redaktur Madya
    e. Pemimpin Umum
    f. Pemimpin Perusahaan
    g. Penerbit
    h. Pembina
    i. Direksi
    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina |

    2. Susunan redaksi majalah sekolah:
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin redaksi
    d. Redaktur pelaksana
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga desain dan tata letak
    h. Bagian bisnis.

    3. Jika diminta untuk memilih saya akan memilih menjadi editor, karena editor kita bisa menyunting kesalahan kesalahan yang ada dan menjadikan majalah menjadi lebih baik.

    4. Selama kuliah, saya kurang memiliki pengalaman berorganisasi. Tetapi dilingkungan masyarakat saya aktif mengikuti organisasi. Tidak menutup kemungkinan jika saya dapat bekerja sama dengan tim.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Nama : Seto Aji Santoso
    Nim : A310170120
    Kelas : 7C

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita Wolipop
    a. Pemimpin Umum / Penanggung Jawab (General Manager)
    b. Dewan Pelindung / Penasehat
    c. Konsultan Hukum / Penasihat Hukum
    d. PemRed / Pemimpin Redaksi
    e. Redaktur Pelaksana
    f. Sekretaris Redaksi
    g. Staf Redaksi / Redaktur / Editor
    h. Reporter
    i. Lay- Outer / Desain Grafis / Artistik
    j. Fotografer
    k. Editor
    l. Koresponden
    m. Distributor/ Sosialisasi / Humas & Publisher / Manajer Iklan / Promosi & Sirkulasi
    n. Kontributor
    o. Riset, Pustaka, dan Dokumentasi
    p. Pracetak

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    a. Pimpinan umum
    b. Pimpinan redaksi
    c. Redaktur pelaksana
    d. Sekretaris redaksi
    e. Kontributor
    f. Keuangan
    g. Cover
    h. Setting & layout
    i. Litbang
    j. Pengembangan
    k. Sirkulasi
    l. Publik relations
    m. Web master
    n. Iklan & produksi

    3. Saya memilih posisi fotografer dalam organisasi redaksi. karena saya suka sekali mendokumentasikan suatu momen momen yang berarti di sekililing saya, karena momen tidak akan bisa terulang dua kali. Maka dari itu saya menyukai dengan hal-hal yang berbau tentang fotografi.

    4. Selama kuliah saya menjadi anggota HMP PBSI UMS 2017 bidang 4 “Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat”. Saya pernah menjadi coordinator lapangan Tim Evaluasi dalam acara MASTA POMB 2018 dalam naungan DPM. Saya bertanggung jawab atas jalanya acara saat dilapangan, kendala yang sering terjadi adalah saat mahasiswa baru banyak yang telat dan susuah diatur jadi saya harus banyak komunikasi dengan tim yang berada di lapangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya mohon maaf pak ada kekeliruan dalam pemilihan majalah diatas
      Nama : Seto Aji Santoso
      Nim : A310170120

      1. Susunan Redaksi Majalah Wanita (Berdasarkan susunan redaksi majalah gogirl) :
      a. Penerbit
      b. Pemimpin umum
      c. Pemimpin redaksi
      d. Artistik
      e. Editor
      f. Fotografer
      g. Reporter
      h. Pemimpin perusahaan
      i. Sirkulasi
      j. Iklan
      k. Keuangan

      2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
      a. Pimpinan umum
      b. Pimpinan redaksi
      c. Redaktur pelaksana
      d. Sekretaris redaksi
      e. Kontributor
      f. Keuangan
      g. Cover
      h. Setting & layout
      i. Litbang
      j. Pengembangan
      k. Sirkulasi
      l. Publik relations
      m. Web master
      n. Iklan & produksi

      3. Saya memilih posisi fotografer dalam organisasi redaksi. karena saya suka sekali mendokumentasikan suatu momen momen yang berarti di sekililing saya, karena momen tidak akan bisa terulang dua kali. Maka dari itu saya menyukai dengan hal-hal yang berbau tentang fotografi.

      4. Selama kuliah saya menjadi anggota HMP PBSI UMS 2017 bidang 4 “Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat”. Saya pernah menjadi coordinator lapangan Tim Evaluasi dalam acara MASTA POMB 2018 dalam naungan DPM. Saya bertanggung jawab atas jalanya acara saat dilapangan, kendala yang sering terjadi adalah saat mahasiswa baru banyak yang telat dan susuah diatur jadi saya harus banyak komunikasi dengan tim yang berada di lapangan.

      Hapus
  28. Nama : Niken Thalia Ayupradani
    NIM : A310170144

    A. Susunan Redaksi Majalah Cosmogirl Indonesia
    1. Pemimpin Redaksi : Reine M.Y.
    2. Koordinator Mode Kecantikan : Ria Lirungan
    3. Koordinator Pengarah Gaya : Michael Pondaag
    4. Editor Eksekutif : Agni Pratistha A. K.
    5. Feature Senior Editor : Sheila Oktya Finnahari commit to user
    6. Mode Kecantikan : Anindita Saryuf, Margaretha Novianty, Cinta Ruhama Amels
    7. Artistik Senior Desainer : Dyah Tri Wulandari
    8. Desainer : Marisya Miranty, Yoan Margono
    9. Ilustrator : Evelline Andrya
    10. Sekretaris Redaksi : Empri Astuti Fotografer : Hary Subastian, Hadi Cahyono, Yuniardi P, Adi Nugroho, Rici Linde Laily Rachev, Rinal Wiratama
    11. Website Team Marketing Communication Manager : Dedy Koswara
    12. Internet Mobile Service Manager : Yul Bernard Riyanto
    13. Web Desainer : Augus Ajie Wibowo
    14. Web Programmer : Muhammad Hafizh
    15. Copy Writer : Verawati Waloeyo
    16. Komersial Relasi Media : Dewianti Tjondronegoro, Peni Andriani, Caroline
    17. Iklan Promosi : A.E. Susyana, Herly Gunawan, Lydia Famela, Nuke Firman, Laili Fauziah
    18. Layanan Marketing : Sirikit Kumaat, Skriptina Erawati
    19. Keuangan : Agustina commit to user
    20. Personalia Umum : Sondang Anggraeni

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Pimpinan Umum
    2. Pimpinan Redaksi
    3. Dewan Redaksi
    4. Sekretaris
    5. Bendahara
    6. Reporter
    7. Editor
    8. Sponsorship
    9. Fotografer
    10. Design
    11. Kontributor

    C. Apabila saya diberi kesempatan untuk menduduki salah satu jabatan dalam susunan direksi, saya akan memilih sebagai copywriter. Kenapa? Karena saya memiliki ketertarikan di dengan posisi tersebut. Saya suka membuat konten yang berupa tulisan-tulisan, kurang lebih sama dengan apa yang akan saya lakukan nanti ketika saya menduduki posisi sebagai copywriter. Saya rasa itu akan cocok untuk saya jika memilih posisi tersebut.

    D. Selama saya kuliah, saya pernah menjabat dalam satu organisasi daerah bernama ASCS (Association Solo Cepu Student). Selama 2 periode saya pernah menjabat sebagai ketua divisi media dan informasi. Tugas saya sebagai ketua divisi tersebut adalah mengelola media sosial, membuat konten, serta memberikan informasi-informasi penting yang di bagikan melalui media sosial. Kendala yang saya alami selama menjabat adalah kurangnya anggota. Cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan memberikan jobdesk dobel kepada setiap anggota agar tugas-tugas tetap berjalan.

    BalasHapus
  29. Nama : Uswatun Khasanah
    Kelas : 7C
    NIM : A310170152

    Pertama
    Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Penerbit: PT Indigo Red Promedia.
    Redaksi: Jl. Karangpola VI/7 A, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
    Direksi: Mario Alisjahbana; M.N. Retno Murti; Indah Wibowo.
    Perusahaan: Indah Wibowo.
    Redaksi: M.N. Retno Murti.
    Senior: Siti Rahmah.
    Redaktur/Stylist: Ria Penta.
    Kontributor: Irama Hadisurya; Belinda Gunawan; Nia Chalil; Kora Amalwati; Dhani Mancini; Josephine.
    Account Executive: Citra Paramita. Sirkulasi: Purwaluyo.
    Sumber : http://koleksikemalaatmojo.blogspot.com/2008/09/?m=1

    Kedua
    Susunan Majalah Sekolah
    MARSPENGARU
    Edisi 1/ Juni 2009
    Pelindung : Drs. H. Hariono, M.M ( Kepala Sekolah SMPN 3 Waru )
    Pembina : Tridayuda I, S.Pd, Drs. M. Machfud, Naniek Suciatini, S.Pd, Bambang STA, Dra. Arbiani Yudi L.
    Penanggung Jawab : OSIS SMP Negeri 3 Waru
    Pimpinan Redaksi : Firmansyah Maulana
    Sekretaris Redaksi : Furry Nuzuli
    Seksi Bidang Redaksi :
    Liputan : Azharia A.
    Tema : Marina B.
    Tulisan/Karya : Melly M.
    Grafis,Gambar,Dokumentasi : Riama P.A
    Penanggung Jawab Rubrik :
    Lip. Khusus Iptek
    1. Annisya W.
    2. Yoyok.P
    3. Ricky
    Topik Utama Artikel
    1. M. Berlian
    2. Komang D.
    3. Riama P. Anna
    4. Wardani
    Profil Kaleidoskop/foto
    1. Faris
    2. Riama P.Anna
    3. Dian
    4. Saiful Afni
    Renungan Hati Komunikasi Siswa
    1. Amanda
    2. Fitriani N.
    Opini Kesehatan
    1. Taufan
    2. Azharia A.
    3. Erwin
    4. Erni
    Ekstrakulikuler Momentum
    1. I Made Wiratarka
    2. D. Rosabella
    3. Anggita N.
    4. Resmia
    5. Putri Novalia
    6. Annas P.
    Cerpen Ensiklopedia
    1. Tenry
    2. Noor Sahadat
    Sumber : https://www.google.com/amp/s/majalahspengaru.wordpress.com/2009/02/07/susunan-redaksi-majalah-smpn-3-waru/amp/


    Apabila Anda diberi kesempatan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut. Mengapa posisi itu paling disukai?
    Jawaban:
    Posisi yang saya inginkan yaitu sekretaris redaksi. Karena saya suka dengan bidang yang berhubungan dengan sekretaris. Selain saya menyukai bidang tersebut, pada bidang sekretariatan dapat berhubungan dengan tulisan, kerja sama dalam sebuah organisasi.



    Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah dilaksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.
    Jawaban:
    Saya mengikuti organisasi semenjak saya sekolah di sekolah menengah pertama sampai kuliah ini, kegiatan atau organisasi yang dilakukan antara lain Pramuka, dan HMP di bidang Penalaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dalam kedua organisasi tersebut saya diamanahi untuk menjadi sekretaris. Pramuka diamanahi sebagai sekretaris 1, dan HMP sekretaris bidang 2. Kendala yang saya alami selama ini yaitu kurangnya komunikasi antar anggota yang berdampak kepada hasil akhir dalam sebuah organisasi. Terkadang juga mendapatkan kendala di bagian arsip tahun lalu sehingga terkadang tidak ada acuan untuk arsip lainnya.

    BalasHapus
  30. Nama: Meidy Agsita Putri
    NIM: A310170136
    Kelas: 7C

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita "Majalah Wanita Kartini"
    Pemimpin umum/pemimpin redaksi: Bram Tuapattinaya
    Wakil pemimpin umum I: Eric Tuapttinaya
    Wakil pemimpin umum II: Hatawano
    Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    Redaksi masakan: Ai Turwina
    Redaksi foto: Kosim Sanusi
    Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    Staf khusus
    Koresponded/kontributor
    Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    Wakil pemimpin perusahaan: Hendro Atmojo
    Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    Alamat redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    Percetakan

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah "Mahkota Snesti"
    Pelindung/ penanggung jawab: Drs. Nurkiyat Adi Purwonto, M.M
    Penasehat: Seno, S.Pd
    Pemimpin redaksi: Eko Sukaningprapti, S.Pd
    Sekertaris: Sugeng, S.Pd
    Bendahara: Nanik Susilowati, S.Pd
    Editor: Sudarman Hariyanto, S.Pd
    Pemimpin redaksi: Lailatus Siyami
    Tim Naskah: Dwi, Nisa, Sukma
    Ilustrator: Nuke

    3. Apabila Anda diberi kesempatan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut. Mengapa posisi itu paling disukai?
    saya akan memilih Tim Naskah, karena saya senang mengumpulkan naskah dan memilih naskah-naskah terbaik.

    4. Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah dilaksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.
    Selama kuliah saya menjadi anggota HMP PBSI UMS bidang 4 “Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat” kendala yang saya dapati pada saat mengikuti organisasi yaitu kurangnya komunikasi yang mengakibatkan terjadinya beberapa kendala pada saat kegiatan itu berlangsung.

    BalasHapus
  31. Nama : Firstima Julian Sukmawati
    NIM : A310170149
    Kelas : 7C

    1) Susunan redaksi majalah wanita “Kartini”
    1. Pemimpin umum: Bram Tuapattinaya
    2. Wakil pemimpin umum I: Eric Tuapattinaya
    3. Wakil pemimpin umum II: Hatawano
    4. Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    6. Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric, Endang Wediningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    7. Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hatoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    8. Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O
    9. Redaksi masakan: Ai Turwina
    10. Redaksi foto: Kosim Sanusi
    11. Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    12. Staf khusus
    13. Koresponded/kontributor
    14. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    15. Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    16. Wakil pemimpin perusahaan: Hendro Atmojo
    17. Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    18. Alamat redaksi: Jl. Garuda No.80A, Jakarta Pusat
    19. Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    20. Percetakan

    Susunan redaksi majalah sekolah yang berjudul “Berprestasi di Era Milenial”
    1. Pemimpin umum: Andika Wahyu Setiyoso
    2. Pemimpin redaksi: Salsabila Brillian Adityas
    3. Dewan redaksi: Anggi Hesha Prabandari
    4. Sekretaris: Binar Faisha Wijdan, Alliyah Putri Windia
    5. Bendahara: Septian Salma, Nadia Aminatakia
    6. Reporter: Latifa Arum, Tamara Desvitaratri, Jelita Kustyara, Devinia Anggraini
    7. Editor: Davin Alvareza, Anindya Ardhameswari
    8. Sponsorship: Neutron, Ganesha Operation, Kalila Tour Travel
    9. Fotografer: Iin Setya, Tamara Istiana, Rezima Nando
    10. Design: Naufal
    11. Kontributor: Alvin Indra Hanif, Abyan Arif Fikry, Herlina Cahanaya Oryzae Putri, Faza Salma Azhara, Wening Winahyu, Revalino Arengga Putra, Annisa Maghfiroh, Lifia Daniswara, Nayaka Farrel Nurdani, Amru Tamiro Priyatama, Muhammad Fafian Marzuqa, Faza, Dhamar Jati, Joecelyn Aurora Majesty, Defa Nevi Rianti, Yosi Aprilia Putri, Juan Hanif Arjuna, Julyarti Aliaisyah Putri, Rara Marzanda Dewi, Nugraheni, Anna Padme Dewi Tribhuana, Listyana Putri Cahyani, Abdhi Jaelani

    2) Jika diminta memilih posisi yang saya inginkan dalam majalah saya lebih minat dan memilih menjadi design, karena saya suka merancang hal-hal baru agar lebih menarik dan saya menyukai seni keindahan.

    3) Selama kuliah saya telah mengikuti organisasi HMP, posisi saya di dalam organisasi tersebut yaitu sebagai anggota bidang 5 (Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi). Kesulitan saya dalam mengikuti organisasi tersebut yaitu kurangnya komunikasi antar anggota.

    BalasHapus
  32. Nama: Ridha Fitriani
    NIM: A310170122
    Kelas: 7C

    1) Susunan Redaksi Majalah Wanita Femina
    Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah,
    Editor at Large : Dewi Dewa,
    Redaktur Pelaksana : Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti,
    Redaktur Madya : Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih,
    Redaktur : Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti,
    Pemimpin Umum : Widarti Gunawan,
    Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana,
    Penerbit : PT Gaya Favorit Press,
    Pembina : Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana,
    Direksi : Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana,
    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina
    2) Susunan Redaksi SMK Muhamka
    Pemimpin Umum : M. Rustam Aji, S.Pd
    Pemimpin Redaksi : Cipto Wiharso, S.T
    Dewan Redaksi : Drs. Arif Rosyid
    Drs. Anasrullah
    Ir. Dulsukur
    Rudi Widianto, S.Pd
    Redaktur : Angga Setiawan S.Pd
    Kontributor : Rudi Widianto, S.Pd
    Keuangan : Rizki Kurniawan S.Pd
    Foto & Dokumentasi : Kusnaeni S.Kom
    Artistik : Unit Produksi TKJ SMK Muhamka
    Distributor & Promosi :Heri Narwanto S.Kom
    Sumber: https://smkmuhamka.sch.id/whois/source/Majalah/edisike3.pdf

    3) Saya akan memilih posisi “foto& dokumentasi, karena saya suka mengabadikan momen yang saya anggap penting dan saya merasa posisi tersebut dapat saya laksanakan dengan baik.
    4) Selama saya kuliah tidak mengikuti organisasi, saya hanya mengikuti organisasi ketika saya sekolah menengah.

    BalasHapus
  33. Nama : Ocfitasari Aditian
    NIM : A310170153
    Kelas : 7C

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita Indonesia
    A. Dewan Pembina :
    - Ibu Hj. Siti Hardiyanti Rukmana,
    - M.Ali Reza, M.Yaman,
    - M. Djaelani, Dadi Parmadi
    B.Dewan Eksekutif :
    - Direktur Utama : Danty I, Purnamasari
    - Wakil Direktur Utama : Taufik Sumawinata
    - Direktur Operasinal : Donna Sita Indria
    - Direktur Keuangan&SDM : Fatona Oesman
    - General Manager : Anis Wuryaningsih
    Website : www.wanitaIndnesia.c.id
    Facebk Fapage: wanita indnesia
    @tablidwi facebook: tablid wi
    C.Pemimpin Redaksi : Donna Sita Indria
    D.Feature :
    - Redaktur Pelaksanaan : Hanik Purwanto
    - Redaktur : Kristina Rahayu Lestari
    - Repter Senior : Dewi Muchtar
    - Reporter : Arrimbi Tyastuti
    E.Mode & Kecantikan :
    - Redaktur Pelaksana : Karin Yunia
    F.Gaya Hidup & Boga :
    - Redaktur Pelaksana : Anindita Nasutin
    - Redaktur Boga : Budi Hartono
    - Reporter Senior : Rizkita Haryani Lubis
    - Reporter : Fauziah Purwanti
    G.Artistik :
    - Koordinator : Debby Rahmanti
    - Artistik : Wina A. Ramdini
    H.Digital Imaging & Pre Press : Taufik Fahrudin
    I.Fotografi :
    -Koordinator : Muchamad Nur Ridho
    - Fotografer : Zulham
    J.Website Desain : Ahmad Zakaria
    K. Iklan & Promosi :
    - Sales Grup Head : Wuri Hadiati
    - Promotin Executive : Reylando Eka Putra
    - Sekretaris Iklan&Prmsi : Rizka Agustina
    L. Pemasaran :
    - Manajer Pemasaran : Bambang Irawan
    - Staf Pemasaran : Syahri, Agung Suseno

    2.Susunan Redaksi Majalah SMK
    A.Pembina : Hamid Muhammad, Ph.D (Direktur Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah)
    B.Pengarah : - Drs. M. Mustagfirin Amin, MBA (Direktur Pembinaan SMK), - Dr. Thsmrin Kasman, M.Si (Sesditjen Dikdasmen)
    C.Dewan Redaksi : - Dr.Ir.M.Bakrun,MM, - Muhammad Sleh, S.P , - Ir. Nur Widyani, MM ,- Ir. Sri Puji Lestari, MM ,- Chrismi Widiyanti, SE. MBA , - Artah Ladiah Razik, SH. MA
    D.Staf Redaksi : - Dimas Raditya Trilaksn, S.T , - Medhi Alkibzi, S. IP ,- Hendra Syahrial, - Tri Haryani, S.Pd, - Yana, S.Pd , - Lina Lisnawati, - Rahayu Nengsih, SE ,- Pipin Dwi Nugraheni, SE. , - ilis Triana Lestari, S.T
    E.Desain dan Tata Letak : - Muhammad Herdyka, S.T, -Eka Yuli Arisanti, S.ST , - Yuli Setiawan, SAB.
    F.Penerbit : Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jendral Dikdasmen Kemdikbud
    G.Alamat Redaksi & Tata Usaha : Kmplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung E, Lantai 13 Jl.Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
    https://www.slideshare.net/AgungBudiSusanto1/majalah-smk-edisi-ke-3-2016

    3.Apabila saya diberi kesempatan untuk menduduki posisi dalam susunan organisasi manejemen majalah, saya akan memilih menjadi reporter
    4.Alasan saya memilih menjadi reporter karena menjadi reporter saya dapat terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan berita yang menarik.
    5.Tidak, selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi apapun.

    BalasHapus
  34. NAMA : Tyan Siwi Pawestri
    NIM : A310170119
    KELAS : 7C
    1. Susunan Redaksi Majalah BAHANA
    - Pemimpin Umum
    -Pemimpin redaksi
    -Redaktur Pelaksana
    -Dewan Redaksi
    -Editor bahasa
    -Fotographer
    -Artistik& Produksi
    -Sekretaris redaksi
    -Iklan & Promosi
    -Distribusi & sirkulasi
    -Konsultan Hukum

    Susunan Majalah Sekolah :
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin Umum
    -Pemimpin Redaksi
    -Dewan Redaksi
    -Sekertaris
    -Bendahara
    -Reporter
    -Editor
    -Sponsorship
    -Fotografer
    -Design
    -Contributor

    2. Jika diberi kesempatan untuk untuk memilih , saya memilih menjadi bagian daro Fotographer karena disini saya bisa terjun langsung dalam menangani model yang akan foto untuk sebuah majalah .
    3. Saat kuliah saya tidak mengikuti organisasi yang ada di kampus , namun hal tersebut tidak membatasi diri saya untuk tetap berkarya.

    BalasHapus
  35. Nama : Prastian
    Nim : A310130150
    Kelas : 7 C


    1.Susunan Redaksi majalah wanita Femina:
    a. Pemimpin redaksi
    b. Editor at Large
    c. Redaktur Pelaksana
    d. Redaktur Madya
    e. Pemimpin Umum
    f. Pemimpin Perusahaan
    g. Penerbit
    h. Pembina
    i. Direksi

    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina |


    2. Susunan redaksi majalah sekolah: Fokus
    a. Ketua umum
    b. Sekretaris Umum
    c. Bendahara Umum
    d. Pemimpin redaksi
    e. asisten redaksi
    f. staf redaksi
    g. Editor
    h. fotografer
    i. reporter
    j. crew mading

    Sumber : http://fokus-smansi.blogspot.com/2011/10/susunan-kepengurusan-fokus-periode.html

    3. Jika diminta, saya akan memilih menjadi editor, karena editor kita bisa mengoreksi kesalahan baik berupa kata,ejaan, maupun kalimat yang kurang sesuai dengan judul dan isi. supaya menjadikan majalah menjadi lebih baik untuk pembaca.

    4. Saya kurang memiliki pengalaman berorganisasi selama kuliah. Dalam lingkungan masyarakat saya aktif mengikuti organisasi kepemudaan. Sehingga dapat membantu memberikan kontribusi yang diperlukan.

    BalasHapus
  36. Nama : Amirul Indra B A
    Nim : A310170135
    Kelas : 7C

    Pertama
    Susunan majalaah wanita FEMINA
    Pengasuh femina, April 2008, adalah Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah
    Editor at Large: Dewi Dewa
    Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih,
    Redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti,
    Pemimpin Umum: Widarti Gunawan, Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana,
    Penerbit: PT Gaya Favorit Press
    Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana, alamat Redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.32—33, Jakarta 12910, SIUPP Nomor:033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986, pencetak: PT Grafika Multi Warna, dengan harga Rp15.000,00,tebal130halaman.`
    Kedua

    Susunan majalah sekolah secara umum di SMP/SMA
    Pembina
    Pelindung
    Pemimpin Redaksi
    Redaktur Pelaksana
    Reporter
    Editor
    Tenaga layout
    Bagian bisnis

    Jika diberi kesempatan untuk menduduki posisi dalam redaksi saya lebih memilih Reporter karena saya suka dengan hal-hal mencari suatu yang unik serta saya suka dengan yang namanya travelling sehingga itu memudahkan saya dalam menjadi seorang reporter

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4. saya selama kuliah selalu kurang aktif dalam mengikuti sebuah organisasi..jujur mohon maaf karena saya malas mengikuti kegiatan tersebut..terlebih lagi tugas tugas kuliah yg selalu bertambah

      Hapus
  37. Nama : Wan Ferry Fadhendra
    Nim : A310170141
    Kelas : 7C

    1.Susunan Redaksi Majalah Wanita “Kartini”

    a. Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi.
    b. Wakil Pemimpin Umum I
    c. Wakil Pemimpin Umum II
    d. Wakil Pemimpin Redaksi
    e. Penanggung Jawab
    f. Wakil Penanggung Jawab Redaksional
    g. Dewan Redaksi
    h. Redaksi Aktual Eksklusif
    i. Redaksi Lifestyle
    j. Redaksi Masakan
    k. Redaksi Foto
    l. Redaksi Artistik
    m. Staff Khusus
    n. Koresponden/ Kontributor
    o. Sekretaris Redaksi
    p. Pemimpin Perusahaan
    q. Iklan/ Promosi
    Sumber: https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/kartini/ed-2343-2013 

    2. Susunan redaksi majalah sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton

    a. Pelindung;
    b. Penanggung Jawab;
    c. Pembina;
    d. Pemimpin redaksi;
    e. Sekretaris;
    f. Staf, Redaktur dan Editor;
    g. Reporter;
    h. Lay-outer, Desain Grafis dan Artistik; dan
    i. Marketing. 
    Sumber: Medikresa. 2016, Maret 30. Struktur Tim Redaksi Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton. Diperoleh pada 18 September 2020, dari http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html 

    3.Saya memilih posisi editor dalam susunan redaksi. Karena saya suka mengotak-atik gambar serta mencari pengalaman baru dalam mengedit suatu gambar.

    4.Selama kuliah saya menjadi anggota HMP PBSI UMS 2017 bidang 3 “Minat dan Bakat”. Saya pernah menjadi ketua pelaksana dalam proker Ajang Seirama lalu saya juga ikut membantu dalam proker-proker bidang lainnya. Kendala yang saya alami saya masih sedikit bingung dalam menggerakan anggota saya saat itu karena itu pengalaman pertama saya menjadi ketua pelaksana.

    BalasHapus
  38. Nama : Agus Setyawan
    Nim : A310170151
    Kelas : 7C

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita “Kartini”
    a. Pemimpin Redaksi
    b. Penanggung Jawab
    c. Redaksi Aktual Eksklusif
    d. Redaksi Gaya hidup
    e. Redaksi Artistik
    f. Sekretaris Redaksi
    g. Fotografer
    h. Kategori
    i. Frekuensi
    j. Sirkulasi
    k. Penerbit
    l. Pendiri
    m. Didirikan
    n. Perusahaan
    o. Negara
    p. Berpusat
    q. Bahasa
    r. Situs web

    2. Susunan redaksi majalah sekolah
    a. Pimpinan Umum
    b. Pimpinan Redaksi
    c. Dewan Redaksi
    d. Sekretaris
    e. Bendahara
    f. Reportering
    g. Editor
    h. Sponsorship
    i. Fotografer
    j. Design
    k. Kontributor

    3. Saya memilih posisi bagian sponsorship atau restribusi dalam susunan redaksi. Karena saya memang senang dalam hal tersebut, saya memang sering bergelut dalam dunia pemasaran atau marketing sebenarnya.

    4. Selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi apapun.

    BalasHapus
  39. Nama: Dwanda Mahardhika
    NIM: A310170139
    Kelas: 7C

    1. Susunan Redaksi Majalah MATRA
    - Pemimpin Umum
    -Pemimpin redaksi
    -Redaktur Pelaksana
    -Dewan Redaksi
    -Editor bahasa
    -Fotographer
    -Artistik& Produksi
    -Sekretaris redaksi
    -Iklan & Promosi
    -Distribusi & sirkulasi
    -Konsultan Hukum

    Susunan Majalah Sekolah :
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin Umum
    -Pemimpin Redaksi
    -Dewan Redaksi
    -Sekertaris
    -Bendahara
    -Reporter
    -Editor
    -Sponsorship
    -Fotografer
    -Design
    -Contributor

    2. Jika diberi kesempatan untuk untuk memilih , saya memilih menjadi bagian dari editor karena disini saya bisa mengotak-ngatik gambar, menyunting, sekaligus mengedit supaya majalah bisa terlihat bagus dan rapi.

    3. Saat kuliah saya tidak mengikuti organisasi apapun yang ada di kampus sehingga tidak pernah menempati posisi di dalam organisasi apapun.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.