MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII E KEDUA KONSEP MANAJEMEN

   

Assalamualaikum wr. wb.

 

Alhamdulillalhi rabbillalamiin..Semoga Saudara sekaliian dalam kondisi sehat dan tetap semangatt! Kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan. Marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya waktu ini.

Apakah Anda sudah siap melanjutkan proses belajar daring? Belajar daring membutuhkan kerja sama yang baik dan kesepahaman dari kita. Pertemuan daring pertama, berhubungan dengan kontrak kuliah. Anda  setelah memahami materi mengetahui posisi yang harus dituju dalam pembelajaran ini. Ada bekal pengetahuan yang harus dipenuhi untuk menjadi guru pembina majalah sekolah. Ada keterampilan yang mendukung dalam menjalani profesi guru pembina majalah sekolah. Apabila dua hal itu terpenuhi, maka Anda bisa memiliki potensi yang besar dalam menjalankan profesi yang diemban dalam dunia pendidikan.

 

Pembina majalah sekolah diperlukan di setiap sekolah guna memberikan kondisi bagi pengembangan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh para siswa. Jadi, majalah sekolah memiliki fungsi sebagai pendukung dalam pembelaaran bahasa Indonesia di sekolah.

Perkuliahan kedua ini mengenai konsep manajemen. Mengapa konsep manajemen dipelajari? Kerja sebagai guru pembina majalah sekolah itu dapat dilakukan dengan baik diperlukan modal pengetahuan tentang manajerial. Penerbitan majalah sekolah itu bukan kerja personal, melainkan kerja organisasi.

Sebelumnya, Anda bisa memperhatikan perbedaan penataan materi antara rps dengan buku MMS yang telah Anda miliki.

Materi RPS

Materi MMS

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah


Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah



Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah


Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dan yang lain, dan tugas redaksi


Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA


Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah,

Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan


Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik


Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, 

Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah


Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus


Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik


Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus


Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

Materi perkuliahan yang terbagi dalam dua kategori yaitu kategori teori dan kategori praktik. (a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi; (b) manajemen majalah sekolah –manajemen media; (c) peran majalah sekolah bagi pengembangan kete-rampilan bahasa bagi peserta didik dan bentuk komunikasi utama, 



(d) rubrikasi dalam publikasi media. rubrikasi majalah –berita, artikel, dan hiburan; kerja redaksi: kerja jurnalis –wawancara;



(e) jenis majalah ber-dasarkan karakteristik pembaca/ khalayak;

(f) majalah satu halaman dan majalah dinding,

(g) majalah cetak sekolah;

(h) publikasi –mulai pencarian naskah, pengelolaan naskah, dan manajemen redaksi majalah cetak di sekolah;

(i) aktivitas publikasi: pembentukan tim redaksi majalah sekolah;

(j) aktivitas publikasi: perencanaan penerbitan dan sidang redaksi;

(k) aktivitas publikasi: proses cetak dan distribusi. 

Setiap akhir bab akan diberikan soal latihan secukupnya untuk membangkitkan minat, kreativitas, dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa. 



Perkuliahan kedua ini berhubungan dengan konsep manajemen!

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Peneertian manajemen

(a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi;

(b) manajemen majalah sekolah –manajemen media;


Apabila Anda perhatikan bahwa dalam kegiatan perkuliahan ini perlu dipelajari yaitu (a) konsep manajemen dan (b) manajemen umum/arti luas  dan manajemen khusus/arti sempit/majalah sekolah.

Konsep manajemen arti luas/umum berlaku bagi manajemen secara umum. Konsep manajemen secara sempit/khusus berlaku hanya untuk manajemen manajalah sekolah.



Perbandingan di atas tidak bermaksud membingungkan, tetapi perhatikan ada penataan yang lebih efektif dalamkegiatan perkuliahan. Penyajian buku dengan penyajian proses yang berbeda ini guna memudahkan dalam proses pemahaman kita..

Perhatikan kutipan-kutipan dari Konnsep manajemen yang telah Saudara temukan.

No

Pendapat

1

Menurut Lazwardi, Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


B. Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.


Ada ciri manajemen yaitu ilmu/seni.

Ada empat kegiatan manajemen:

. perencanaan/planning

2. pengorganisasian/organizing

3. pelaksanaan/actuating

4. pengendalian/controlling


2

Menurut Wirjana (2007:11) dalam Wiastra, I. G. G., dkk (2015) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

b. Wiastra, I. G. G., Rasna, I. W., & Astika, I. M. (2015). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik Di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).


Ciri manajemen yaitu proses orang-orang yang bertanggung jawab daam organisasi melakukan tugas dengan berkelompok.

Ada empat elemen: 1. proses. 2. orang-orang. 3. bertanggung jawab. 4. tugas. 5. bekerja sama

3

John F. Mee dan George R. Terry (Anoraga, 2004:109).

Management is the art of securing maximum result with minimum of efforts as to secure maximum prosperity and happiness for both employer and employee and givethe public the bes posible service. (Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal  demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik  bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat).

            Seni memimpin di bidang publikasi sekolah yang bertujuan mencapai hasil maksimal dengan sarana dan prasarana yang ada. Aktivitas pengelolaan publikasi sekolah ini  membawa kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh unsur di lembaga sekolah –kepala sekolah, para guru, para murid, pihak komite sekolah.

4

2. Management is distinct process consisting of planning, organizing, actuat-ing, controlling utilizing in each both science and art and follow in orde to accomplish predetermined objectives. (Manajemen adalah proses yang khas terdiri dari tindakan-tindakan peren-canaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu penge-tahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula).

            Pengelolaan publikasi sekolah dilakukan tindakan yang urut mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Tidak setiap orang diserahi tugas untuk itu sebab aktivitas ini memerlukan ilmu penge-tahuan dan keahlian yang khusus. seorang guru pendamping kegiatan publikasi sekolah diharapan belajar manajemen sebelum ditugaskan di setiap sekolah. 

            Usaha  untuk meraih tujuan tertentu dengan jalan menggunakan sumber daya yang tersedia dalam organisasi dengan cara yang sebaik mungkin (Anoraga, 2004:109). Usaha yang dilakukan secara berkelompok, artinya ada kerjasama dua orang atau lebih. Kadangkala manajemen diterapkan pula bagi individu yang melakukan usaha. Namun, manajemen majalah sekolah ini melibatkan usaha kelompok (organiasi).

Organisasi tentu saja berhubungan dengan orang-orang yang berkelompok. Ada seorang yang tampil sebagai manajer. Manajer inilah yang menangani organisaai pengelolaan majalah sekolah. Organisasi pengelola majalah sekolah sebagai tim yang mengatur segala aktiitas mulai dari perencanaan (planning), penorganisasian (organyzing) pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan pengevaluasian (evaluatyng). Organisasi pengelolaan majalah sekolah berisi individu-individu yang bertanggung jawab menangani urusan penerbitan majalah. 

            Setiap organisasi majalah sekolah membutuhkan ‘kompetensi dan performansi’ seorang manajer. Tercapainya tujuan organisasi majalah sekolah tergatung kemampuan manajer dalam mengorganisasi.

            Ada pendapat pakar manajemen yang dikutipkan selanjutnya. “Management is the art of securing maximum result with minimum of effort as to secure maximum porsperity and happiness for both employer and employee and give tha oublic the best posible service”.

(Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil maksimal  dengan usaha yang minimal, demikian pula pada mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik pemimpin maupun yang dipimpin serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat) (F. Mee (1962) dalam Anoraga,2004:109).

            Manajement is distinct process of planning, organizing, actuating, controling utilizing in each both science and art and follow in order to accimplish predetermined objective”. (Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri  dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka uaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula (George R. Terry (1966) dalam Anoraga, 2004:109).

            Ada yang berperan sebagai manajer  dalam  menggunakan 5M yaitu men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).             Sasaran manajemen pengelola majalah sekolah secara bertingkat sebagai berikut. Sasaran organisasi pengelola majalah sekolah.

5

Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Berdasarkan kutipan di ata, maka dapat dirumuskan bahwa.

Manajemen itu ilmu/seni dalam proses manejerial. Tujuan memperoleh hasil yang maksimal dengan pengorbanan yang minimal dan mencapai kesejahteraan orang-orang yang bekerja sama dalam organisasi.

Manajemen dibutuhkan pada setiap kerja sama yang dilaksanakan oleh orang-orang.  Konsep manajemen secara umum berlaku pada setiap organisasi. Konsep secara sempit manajemen itu bisa diterapkan dalam penerbitan majalah sekolah. Anda cari sebuah majalah yang diterbitkan oleh sekolah dan perhatikan orang-orang beserta tanggung jawab yang tersusun dalam organsisai penerbitan sekolah.

Ada kegiatan manajerial: perencanaan, organising. aktuating, controlling, dan evaluating.

Ada 5 M dalam manajemen: men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).

 

Umpan Balik:

Setelah Anda mengikuti materi perkuliahan kedua ini tentang Konsep manajemen secara umum dan konsep manajemen secara sempit, maka Anda silakan melaporkan.

Pertama, susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.

Kedua susunan rekasi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.

 

Apabila Anda diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka Anda wajib memilih posisi dalalm susunan organisasi. Menurut Anda, posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut.

 

Mengapa posisi itu paling Anda sukai?

 

Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah Anda laksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.

 

 

 

Demikianlah, kegiatan perkuliahan kedua ini. Semoga bermanfaat bagi kita. Marilah kita bersama-sama mengucapkan hamdalah.

Wassalamualaikum wr. wb.

Agus Budi Wahyudi

Komentar

  1. Candra Ristanto
    A310170232

    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita:
    - Penerbit
    - Surat izin/ rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor pemasaran
    - Alamat email

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    - Pimpinan umum
    - Pimpinan redaksi
    - Redaktur pelaksana
    - Sekretaris redaksi
    - Kontributor
    - Keuangan
    - Cover
    - Setting & layout
    - Litbang
    - Pengembangan
    - Sirkulasi
    - Publik relations
    - Web master
    - Iklan & produksi

    3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yakni posisi “pemasaran"

    4. Mengapa “pemasaran", karena saya dapat memperkenalkan majalah yang dibuat kepada masyarakat umum dan saya dapat mengembangkan strategi marketing untuk mendapatkan banyak konsumen.

    5. Menjadi anggota HMP Bidang 4, dan pernah menjadi ketua dalam pelaksanaan program kerja Bakti Sosial di daerah Wonosegoro, Boyolali. Dari situ saya dapat belajar bahwa sebuah program akan berjalan dengan baik apabila koordinasi antar tim berjalan dengan baik tanpa ada cek-cok.

    BalasHapus
  2. Meilani Dina pangestika A310180186

    Susunan Redaksi majalah umum wanita
    Penerbit
    Surat ijin atau rekomendasi
    Pimpinan umum
    Sidang redaksi
    Produksi
    Tata letak
    Desain cover
    Pemasaran atau distributor
    Keuangan
    Alamat redaksi
    Kantor pemasaran dan alamat email

    Contoh Susunan redaksi majalah umum wanita

    Majalah femina adalah majalah untuk wanita karier pertama di Indonesia yang bertata warna. Majalah ini lahir pada saat yang tepat karena situasi ekonomi sedang membaik, pola hidup tengah berubah, dan masyarakat yang sedang demam dengan membaca.

    Majalah femina, Desember 1994, sebagai sebagai berikut :

    Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan, Sofjan Alisjahbana
    Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum, Widarti Gunawan
    Wakil Pemimpin Perusahaan, Mario Alisjahbana

    Alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.32—33, Jakarta 12910, Telepon (021) 5253816, 5209370, Fax. (021) 5209366. Alamat Tata Usaha/Distribusi: Jalan Rawagelam I/4, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta 13930, Telepon (021) 4604444, Fax. (021) 4609115. SIUPP Nomor 346/Ditjen PPG/K/1993. Pencetak: PT Dian Rakyat, Jakarta. Penerbit: PT Gaya Favorit Press, Jakarta.


    2. Susunan tim redaksi majalah sekolah.
    Pelindung
    Posisi pelindung ini umumnya diisi oleh kepala sekolah. Ia akan menjadi penanggung jawab penerbitan majalah sekolah karena media tersebut berada di bawah naungan lembaganya. Jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan media tersebut, tim redaksi bisa dibantu oleh kepala sekolah selaku pelindung.
    Pembina
    Pembina majalah sekolah adalah guru ekstrakurikuler jurnalistik atau guru yang ditunjuk untuk membidani penerbitan majalah sekolah. Fungsinya, memberikan motivasi dan masukan-masukan kepada tim redaksi yang diisi oleh para siswa sekolah bersangkutan.
    Pemimpin Redaksi (Pemred)
    Jabatan pemred bisa diisi oleh siswa yang menonjol dalam bidang kepenulisan. Siswa tersebut dapat dipilih atau ditunjuk oleh pembina berdasar penilaian kelayakan untuk mengisi posisi pemred. Ia bertanggung jawab penuh mulai proses pembuatan, rubrikasi, pencarian berita, artikel, dan narasumber, hingga majalah cetak.
    Redaktur Pelaksana (Redpel)
    Siswa yang menjadi redpel bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi. Ia membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan. Ia juga harus bisa mengatur dengan baik ritme kerja di bawahnya, yakni para reporter sekolah yang bertugas untuk mencari berita dan narasumber. Ia mengoordinasikan alur perjalanan naskah dari reporter sampai ke tata letak (lay out).
    Reporter
    Inilah garda penting dalam majalah sekolah. Reporter ibarat pasukan elite karena diisi oleh siswa-siswa yang memiliki keterampilan menulis yang baik. Tugas mereka di antaranya adalah mencari berita menarik yang terkait dengan sekolah dan mewawancarai narasumber tertentu.
    Editor
    Tugasnya menyunting naskah yang ditulis oleh wartawan sekolah untuk meminimalkan kesalahan dalam hal ejaan. Ia juga memiliki kualifikasi menulis yang baik dan paham tata bahasa Indonesia.
    Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    Siswa yang menjadi tenaga tata letak (layouter) harus memiliki kualifikasi tertentu. Terutama bisa menggambar dan menguasai desain grafis. Tata letak ini menentukan keindahan atau estetika suatu majalah sekolah. Bisa dikatakan, tata letak memegang peran penting dalam menjaga mutu atau kualitas majalah sekolah.
    Bagian Bisnis
    Para murid yang bertugas di divisi ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan roda iklan, promosi, pemasaran, dan sirkulasi.
    Posisi yang disukai dalam susunan redaksi atau kepengurusan redaksi adalah reporter
    4. Posisi reporter dapat mengenal secara langsung narasumber , melatih berinteraksi dan komunikasi secara efektif, sehingga memberikan pengalaman baru.
    5. Mengikuti organisasi LPM FIGUR FKIP UMS, pernah menjabat sebagai sekretaris devisi logistik yang bertugas untuk mencatat administrasi terkait LPM Figur khusunya perbendaharaan devisi logistik. Pengalaman selama mengikuti UKM tersebut adalah pernah mewawancari salah satu dosen FKIP UMS untuk projek tahunan majalah figur.

    BalasHapus
  3. Nama : Cindy Aulia Kartikasari
    NIM : A310176091
    Kelas : 7E

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita yaitu:
    - Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi
    - Wakil Pemimpin Umum I
    - Wakil Pemimpin Umum II
    - Wakil Pemimpin Redaksi
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksi
    - Dewan Redaksi
    - Redaksi Aktual
    - Redaksi Aktual Eksklusif
    - Redaksi Lifestyle
    - Redaksi Masakan
    - Redaksi Foto
    - Redaksi Artistik
    - Staff Khusus
    - Kontributor
    - Sekretaris Redaksi
    - Pemimpin Perusahaan
    - Iklan/Promosi
    - Alamat Redaksi

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK yaitu.
    a. Pelindung
    Posisi pelindung ini umumnya diisi oleh kepala sekolah. Ia akan menjadi penanggung jawab penerbitan majalah sekolah karena media tersebut berada di bawah naungan lembaganya. Jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan media tersebut, tim redaksi bisa dibantu oleh kepala sekolah selaku pelindung.
    b. Pembina
    Pembina majalah sekolah adalah guru ekstrakurikuler jurnalistik atau guru yang ditunjuk untuk membidani penerbitan majalah sekolah. Fungsinya, memberikan motivasi dan masukan-masukan kepada tim redaksi yang diisi oleh para siswa sekolah bersangkutan.
    c. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    Jabatan pemred bisa diisi oleh siswa yang menonjol dalam bidang kepenulisan. Siswa tersebut dapat dipilih atau ditunjuk oleh pembina berdasar penilaian kelayakan untuk mengisi posisi pemred. Ia bertanggung jawab penuh mulai proses pembuatan, rubrikasi, pencarian berita, artikel, dan narasumber, hingga majalah cetak.
    d. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    Siswa yang menjadi redpel bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi. Ia membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan, mengatur dengan baik ritme kerja di bawahnya, yakni para reporter sekolah yang bertugas untuk mencari berita dan narasumber, dan mengoordinasikan alur perjalanan naskah dari reporter sampai ke tata letak (lay out).
    e. Reporter
    Tugas mereka di antaranya adalah mencari berita menarik yang terkait dengan sekolah dan mewawancarai narasumber tertentu. Misalnya, siswa dan guru berprestasi atau alumni yang sukses. Atau kiprah sekolah dalam mengikuti ajang tertentu seperti olimpiade sains dan kejuaraan lain.
    f. Editor
    Tugasnya menyunting naskah yang ditulis oleh wartawan sekolah untuk meminimalkan kesalahan dalam hal ejaan. Ia juga memiliki kualifikasi menulis yang baik dan paham tata bahasa Indonesia. Dengan demikian, diharapkan berita, artikel, ataupun rubrik tertentu menjadi lebih enak dibaca dan mudah dipahami.
    g. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    Siswa yang menjadi tenaga tata letak (layouter) harus memiliki kualifikasi tertentu. Terutama bisa menggambar dan menguasai desain grafis. Di antaranya, mampu menjalankan program Adobe Photoshop, Adobe Indesign, Corel Draw, ataupun Pagemaker. Tata letak ini menentukan keindahan atau estetika suatu majalah sekolah. Bisa dikatakan, tata letak memegang peran penting dalam menjaga mutu atau kualitas majalah sekolah.
    h. Bagian Bisnis
    Para murid yang bertugas di divisi ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan roda iklan, promosi, pemasaran, dan sirkulasi. Keberlangsungan sebuah penerbitan majalah sekolah juga berada pada sukses atau tidaknya tim bagian/divisi bisnis dalam menjalankan tugasnya. Misalnya, mereka bisa menjaring iklan dari sponsor tertentu atau alumni dan dananya bisa dipakai untuk biaya penerbitan sekolah.
    3. Posisi yang saya sukai Redaktur Pelaksana (redpel)

    4. Karena saya suka mengkoordinasikan situasi dan kondisi dengan baik. Hal tersebut dapat
    melatih softskill.

    5. Selama kuliah saya mengikuti Himpunan Mahasiswa Program studi atau HMP, disana saya sebagai anggota biasa. Namun, jika ada event tertentu saya pernah menjadi bagian sie acara. Tanggung jawab yang sudah dilaksanakan yaitu menyusun acara dari awal hingga akhir, lengkap dengan jam, tanggal, dan menentukan tiap-tiap orang untuk menjadi penanggung jawab.

    BalasHapus
  4. 1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita:
    - Penerbit
    - Surat izin/ rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor pemasaran
    - Alamat email

    2. tim redaksi majalah sekolah.
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin Redaksi (Pemred)
    -Redaktur Pelaksana (Redpel)
    -Reporter
    -Editor
    -Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)

    3. Posisi yang saya sukai adalah bagian bisnis

    4. Bagian bisnis menarik bagi saya, karena bagian bisnis memiliki tanggung jawab untuk daya jual majalah tersebut. Mempromosikan dan membuat iklan maka memiliki dana untuk sebuah penerbitan yang dapat dilakukan secara baik.

    5. Di kampus saya mengikuti organisasi HMP. Saya sebagai anggota umum, namun ketika event pomb saya berada dibagian pemasaran untuk stand yang ada di jazman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama ; Ferdilansa Syafiq
      NIM : A310180196
      Kelas : E

      Hapus
  5. Usniatul Muna A310170220
    Tugas Kedua
    Umpan balik
    Pertama, susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita yaitu:
    Majalah wanita Kartini
    Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi
    Wakil Pimpinan Umum I
    Wakil Pimpinan Umum II
    Wakil Pimpinan Redaksi
    Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung-jawab Redaksional
    Dewan Redaksi
    Redaksi Aktual Ekslekutif
    Redaksi Lifesyle
    Redaksi Masakan
    Redaksi Foto
    Redaksi Artistik
    Staf Khusus
    Konstributor
    Sekretaris Redaksi
    Pimpinan Perusahaaan
    Iklan/promosi
    Alamat Redaksi
    Klub Kartini
    Percetakan
    Kedua, susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk sebagai berikut.
    Pelindung
    Posisi pelindung diisi oleh kepala sekolah. Ia akan menjadi penanggung jawab penerbitan majalah sekolah karena media tersebut berada di bawah naungan lembaganya.
    Pembina
    Pembina majalah sekolah adalah guru ekstrakulikuler jurnalistik atau guru yang ditunjuk untuk membidani penerbitan majalah sekolah. Fungsinya, dapat memberikan motivasi dan masukan-masukan kepada tim redaksi yang diisi oleh para siswa sekolah bersangkutan.
    Pimpinan Reduksi (Pemred)
    Jabatan pemred bisa diisi oleh siswa yang menonjol dalam bidang kepenulisan. Siswa tersebut dapat dipilih atau ditunjuk oleh pembina berdasar penilaian kelayakan untuk mengisi posisi pemred. Ia bertanggungjawab penuh mulai proses pembuatan, rubrikasi, pencarian berita, artikel, dan narasumber, hingga majalah cetak.
    Redaktur Pelaksana (Redpel)
    Siswa yang menjadi redpel bertanggungjawab terhadap mekanisme kerja redaksi. Ia membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan. Ia juga harus bisa mengatur dengan baik ritme kerja di bawahnya.
    Reporter
    Reporter ibarat pasukan elite karena diisi oleh siswa-siswa yang memiliki keterampilan menulis yang baik. Tugas mereka adalah mencari berita menarik.
    Editor
    Tugasnya menyunting naskah yang ditulis oleh wartawan sekolah untuk meminimalkan kesalahan dalam hal ejaan. Ia juga memiliki kualifikasi menulis yang baik dan paham tata bahasa Indonesia.
    Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    Siswa yang menjadi tenaga tata letak (layouter) harus memiliki kualifikasi tertentu. Terutama bisa menggambar dan menguasai desain grafis. Diantaranya menjalankan program Adobe Photoshop, Adobe Indesgn, Corel Draw, ataupun Pagemaker. Tata letak ini menentukan keindahan atau estetika suatu majalah sekolah.
    Bagian Bisnis
    Para murid yang bertugas di devisi ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan roda iklan, promosi, pemasaran, dan sirkulasi. Devisi ini sangat penting.
    Adapun susunan redaksi tidak mutlak seperti disebutkan diatas, adapun juga posisi wakil permed, sekretaris redaksi, dan bagian lain seperti humas.
    Posisi pengurus redaksi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah susunan redaksi organiasai majalah sekolah (pemped).
    Alasan saya memilih posisi tersebut karena manajemen majalah sekolah di semua jenjang dengan susunan redaksi yang lengkap dan jelas akan tugas mereka masing-masing.
    Saya kuliah memiliki posisi di organisasi MUEC dan HMP PBSI UMS. Posisi saya di HMP PBSI UMS sebagai anggota dari bidang 1 Keislaman. Sedangkan posisi saya di MUEC sebagai Admistator atau sekretaris dari organisasi MUEC UMS. Berikut uraian mengenai tanggungjawab yang sudah saya laksanakan.
    Melaksanakan kegiatan didalam bidang ADM MUEC UMS maupun diluar bidang MUEC secara umum; seperti kegiatan anniversary MUEC, rapat dalam bidang maupun luar bidang, panitia acara kursus yang diadakan oleh MUEC, kegiatan rendesvous dan masih banyak lagi.
    Menjalankan tanggungjawab sebagai penerima surat atau undangan dari UKM lain.
    Membuat surat resmi ketika ada kegiatan didalam organisasi MUEC.
    Merekap surat selama satu periode.
    Kendala yang saya alami selama melakukan tanggungjawab tersebut kurang komunikasi terhadap bidang EDU, HRD, Marketing, Finance, dan bidang lainnya didalam organiasasi MUEC. Sehingga dalam pembuatan surat kurang tepat waktu atau mendadak secara tiba-tiba ketika proses pembuatan. Selain itu, kurang manajemen waktu jadwal kuliah dengan rapat organisasi.

    BalasHapus
  6. Usniatul Muna A310170220
    Tugas Kedua
    Umpan balik
    Pertama, susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita yaitu:
    Majalah wanita Kartini
    Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi
    Wakil Pimpinan Umum I
    Wakil Pimpinan Umum II
    Wakil Pimpinan Redaksi
    Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung-jawab Redaksional
    Dewan Redaksi
    Redaksi Aktual Ekslekutif
    Redaksi Lifesyle
    Redaksi Masakan
    Redaksi Foto
    Redaksi Artistik
    Staf Khusus
    Konstributor
    Sekretaris Redaksi
    Pimpinan Perusahaaan
    Iklan/promosi
    Alamat Redaksi
    Klub Kartini
    Percetakan
    Kedua, susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk sebagai berikut.
    Pelindung
    Posisi pelindung diisi oleh kepala sekolah. Ia akan menjadi penanggung jawab penerbitan majalah sekolah karena media tersebut berada di bawah naungan lembaganya.
    Pembina
    Pembina majalah sekolah adalah guru ekstrakulikuler jurnalistik atau guru yang ditunjuk untuk membidani penerbitan majalah sekolah. Fungsinya, dapat memberikan motivasi dan masukan-masukan kepada tim redaksi yang diisi oleh para siswa sekolah bersangkutan.
    Pimpinan Reduksi (Pemred)
    Jabatan pemred bisa diisi oleh siswa yang menonjol dalam bidang kepenulisan. Siswa tersebut dapat dipilih atau ditunjuk oleh pembina berdasar penilaian kelayakan untuk mengisi posisi pemred. Ia bertanggungjawab penuh mulai proses pembuatan, rubrikasi, pencarian berita, artikel, dan narasumber, hingga majalah cetak.
    Redaktur Pelaksana (Redpel)
    Siswa yang menjadi redpel bertanggungjawab terhadap mekanisme kerja redaksi. Ia membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan. Ia juga harus bisa mengatur dengan baik ritme kerja di bawahnya.
    Reporter
    Reporter ibarat pasukan elite karena diisi oleh siswa-siswa yang memiliki keterampilan menulis yang baik. Tugas mereka adalah mencari berita menarik.
    Editor
    Tugasnya menyunting naskah yang ditulis oleh wartawan sekolah untuk meminimalkan kesalahan dalam hal ejaan. Ia juga memiliki kualifikasi menulis yang baik dan paham tata bahasa Indonesia.
    Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    Siswa yang menjadi tenaga tata letak (layouter) harus memiliki kualifikasi tertentu. Terutama bisa menggambar dan menguasai desain grafis. Diantaranya menjalankan program Adobe Photoshop, Adobe Indesgn, Corel Draw, ataupun Pagemaker. Tata letak ini menentukan keindahan atau estetika suatu majalah sekolah.
    Bagian Bisnis
    Para murid yang bertugas di devisi ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan roda iklan, promosi, pemasaran, dan sirkulasi. Devisi ini sangat penting.
    Adapun susunan redaksi tidak mutlak seperti disebutkan diatas, adapun juga posisi wakil permed, sekretaris redaksi, dan bagian lain seperti humas.
    Posisi pengurus redaksi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah susunan redaksi organiasai majalah sekolah (pemped).
    Alasan saya memilih posisi tersebut karena manajemen majalah sekolah di semua jenjang dengan susunan redaksi yang lengkap dan jelas akan tugas mereka masing-masing.
    Saya kuliah memiliki posisi di organisasi MUEC dan HMP PBSI UMS. Posisi saya di HMP PBSI UMS sebagai anggota dari bidang 1 Keislaman. Sedangkan posisi saya di MUEC sebagai Admistator atau sekretaris dari organisasi MUEC UMS. Berikut uraian mengenai tanggungjawab yang sudah saya laksanakan.
    Melaksanakan kegiatan didalam bidang ADM MUEC UMS maupun diluar bidang MUEC secara umum; seperti kegiatan anniversary MUEC, rapat dalam bidang maupun luar bidang, panitia acara kursus yang diadakan oleh MUEC, kegiatan rendesvous dan masih banyak lagi.
    Menjalankan tanggungjawab sebagai penerima surat atau undangan dari UKM lain.
    Membuat surat resmi ketika ada kegiatan didalam organisasi MUEC.
    Merekap surat selama satu periode.
    Kendala yang saya alami selama melakukan tanggungjawab tersebut kurang komunikasi terhadap bidang EDU, HRD, Marketing, Finance, dan bidang lainnya didalam organiasasi MUEC. Sehingga dalam pembuatan surat kurang tepat waktu atau mendadak secara tiba-tiba ketika proses pembuatan. Selain itu, kurang manajemen waktu jadwal kuliah dengan rapat organisasi.

    BalasHapus
  7. Nama: Winda Islamiati Herman
    NIM: A310170211
    Kelas: 7E

    Tugas 2
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    1. Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan
    2. Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum
    3. Wakil Pemimpin Perusahaan
    4. Alamat Redaksi
    5. Alamat Tata Usaha/Distribusi
    6. Pencetak
    7. Penerbit
    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina | Ensiklopedia Sastra Indonesia - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    4. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    8. Bagian Bisnis
    Sumber: Prasetyo, Eko. 2012. Tim Redaksi Majalah Sekolah. http://mustprast.wordpress.com. Diakses pada 18 September 2020 pukul 17.00.

    Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah Fotografi, karena selain mendapatkan kesenangan tersendiri, mengabadikan setiap momen adalah hal yang sangat saya senangi dalam bagian fotografi ini.

    Selama kuliah saya belum pernah memiliki posisi di organisasi. Meskipun belum pernah memiliki posisi di organisasi kampus saya tetap maudan mampu bekerja sama dalam sebuah tim.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Tugas 2
    Nama : Bingar Zullan
    Nim : A3101610127
    Kelas : 7E

    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita:
    - Penerbit
    - Surat izin/ rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor pemasaran
    - Alamat email

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    - Pimpinan umum
    - Pimpinan redaksi
    - Redaktur pelaksana
    - Sekretaris redaksi
    - Kontributor
    - Keuangan
    - Cover
    - Setting & layout
    - Litbang
    - Pengembangan
    - Sirkulasi
    - Publik relations
    - Web master
    - Iklan & produksi

    3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah Desain Cover

    4. Karena di dalam pengeditan gambar saya menyukai tentang desain gambar yang ada di dalam komputer dan lain sebagainya. Serta dapat menambah ilmu didalamnya dan membantu dalam hal pencocokan gambar, menarik orang untuk membacanya
    5. Menjadi anggota HMP Bidang 3 dan pernah bertanggung jawab di dalam LKKMD di amanah i untuk menjadi penanggung jawab perkap, kendala dalam penanggung jawabanya kurangnya komunikasi menjadi penyebab keteteran suatu acara dan harusnya di dalam pelaksaan tersebut komunikasi harusnya tetap terjaga supaya tidak ada saling salah menyalahkan dan acara berjalan dengan lancar, sesuai dengan apa yang di harapkan

    BalasHapus
  10. Nama : Prihasti Nur Kinanti
    NIM : A310170212

    Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita :
    Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi
    Wakil Pemimpin Umum I
    Wakil Pemimpin Umum II
    Wakil Pemimpin Redaksi
    Penanggung Jawab
    Dewan Redaksi
    Redaksi Aktual Eksklusif
    Redaksi Lifestyle
    Redaksi Masakan
    Redasi Foto
    Redaksi Artistik
    Staf Khusus
    Koresponden/Kontributor
    Sekretaris Redaksi
    Pemimpin Perusahaan
    Iklan/Promosi
    Alamat Redaksi

    Susunan Redaksi Manajemen Majalah Sekolah :
    1. Pelindung
    2. Penasihat
    3. Pembina
    4. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    5. Sekretaris
    6. Bendahara
    7. Dewan Redaksi
    8. Reporter
    9. Editor
    10. Tenaga Desain dan Tata Letak
    11. Distributor


    Posisi yang saya sukai dalam susunan redaksi manajemen majalah adalah editor. Karena bertugas untuk memeriksa, mengedit, dan menyempurnakan naskah sesuai dengan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tentunya akan memudahkan bagi pembaca untuk memahami sebuah berita.

    Selama kuliah saya belum pernah memiliki posisi di organisasi. Tetapi saya mampu untuk bekerja sama dan bertanggung jawab terhadap tugas dalam sebuah tim.

    BalasHapus
  11. Nama : Rini Nurhanifah
    NIM : A310170218

    Susunan redaksi pada majalah umum
    1. Pemimpin umum/penanggung jawab
    2. Pemimpin redaksi
    3. Pimpinan perusahaan
    4. Wakil pimpinan redaksi
    5. Redaktur khusus
    6. Koordinator reporter
    7. Artistik/visual/it
    8. Sekretaris redaksi
    9. Sidang redaksi
    10. Manajer iklan
    11. Koordinator reportase
    12. Iklan
    13. Kontributor
    14. Penasehat umum

    Susunan redaksi pada majalah MTs Negeri Karanganyar Paiton
    1. Pelindung
    2. Pertanggungjawab
    3. Pembina
    4. Pimpinan redaksi
    5. Sekretaris
    6. Staf, redaktur, dan editor
    7. Reporter
    8. Lay-outer, desain, grafis dan artistik
    9. Marketing

    Sebagai reporter

    Karena bisa melatih publik speaking, serta belajar mencari dan mengelola isi dari majalah itu sendiri.

    Sekretaris Kominfo HW UMS dan ketua LSO TPA IMM FKIP. Tanggungjawab di Kominfo yaitu mengatur, mencari, dan membuat berita serta mengelola media HW UMS. Sedangkan LSO TPA bertanggung jawab untuk mengajar TPA binaan serta memberikan pelatihan TPA kepada anggota IMM. Kendala yang saya dapatkan adalah kurangnya kerjasama antar tim dalam mencapai tujuan bersama.

    BalasHapus
  12. 1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita:
    Penerbit
    Surat izin/ rekomendasi
    Pimpinan umum
    Sidang redaksi
    Produksi
    Tata letak
    Desain cover
    Pemasaran

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    Pimpinan umum
    Pimpinan redaksi
    Redaktur pelaksana
    Sekretaris redaksi
    Kontributor
    Keuangan
    Cover
    Setting & layout
    Litbang
    Pengembangan
    Sirkulasi
    Publik relations
    Web master
    Iklan & produksi

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yakni posisi "Desain Cover"

    4. Alasannya karena posisi "Desain Cover" membuat saya dapat menyalurkan dan mengembangkan hobi saya yang suka menggambar atau mendesain.

    5. Menjadi anggota UKM kesenian dikampus, dan mendapat kesempatan untuk menjadi ketua disuatu program kerja dikampus. Dari pengalaman tersebut, saya dapat belajar mengembangkan diri saya dan bakat yang saya miliki, sesuai dengan yang saya inginkan.

    BalasHapus
  13. Nama : Ira Putri Suryaningrum
    NIM : A310170230
    Kelas : 7 E

    Umpan Balik

    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita yaitu :
    - Pemimpin Umum atau Pemimpin Perusahaan
    - Pemimpin Redaksi atau Wakil Pemimpin Umum
    - Wakil Pemimpin Perusahaan
    - Alamat Redaksi
    - Alamat Tata Usaha atau Distribusi
    - Pencetak
    - Penerbit

    2. Susunan Redaksi yang ada dalam Majalah Sekolah SMP/SMA/SMk adalah :
    - Pelindung ( Kepala Sekolah)
    - Pembina ( Guru yang ditunjuk untuk mengurus penerbitan majalah sekolah)
    - Pemimpin Redaksi ( Siswa)
    - Redaktur Pelaksana ( Siswa )
    - Reporter ( Siswa)
    - Editor
    - Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    - Bagian Bisnis

    3. Sebagai pemimpin redaksi. Karena menantang diri untuk mengatur segala pembuatan majalah mulai dari proses pembuatannya hingga majalah dicetak.

    4. Selama kuliah saya belum pernah mengikuti organisasi di dalam kampus dan belum pernah posisi di organisasi. Tetapi saya mampu untuk bekerja sama dalam tim dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dalam sebuah tim.

    BalasHapus
  14. Nama : Fitri Radianti
    NIM : A310170227

    Pertama, susunan redaksi majalah umum wanita:
    1. Pemimpin Umum / Penanggung Jawab (General Manager)
    2. Dewan Pelindung / Penasehat
    3. Konsultan Hukum / Penasihat Hukum
    4. PemRed / Pemimpin Redaksi (Editor In Chief)
    5. Redaktur Pelaksana
    6. Sekretaris Redaksi
    7. Staf Redaksi / Redaktur / Editor
    8. Reporter
    9. Lay- Outer / Desain Grafis / Artistik
    10. Fotografer
    11. Editor
    12. Koresponden
    13. Distributor/ Sosialisasi / Humas & Publisher / Manajer Iklan / Promosi & Sirkulasi
    14. Kontributor
    15. Riset, Pustaka, dan Dokumentasi
    16. Pracetak

    Kedua, susunan redaksi majalah sekolah:
    1. Pelindung
    2. Penasihat
    3. Pembina
    4. Pemimpin redaksi
    5. Sekretaris
    6. Bendahara
    7. Dewan redaksi
    8. Reporter
    9. Editor
    10. Tim penyusun majalah
    11. Design cover
    12. Tim kreatif
    13. Distributor

    Posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi majalah? Mengapa posisi itu paling Anda sukai?
    Jawaban: Editor, karena saat ini saya sedang menempuh mata kuliah Teknik Jurnalistik yang sebelumnya sudah selesai dengan Profesi Jurnalistik sehingga saya ingin mengembangkan ilmu yang sudah diajarkan mengenai penulisan secara jurnalistik yang baik dan benar.

    Apakah selama kuliah memiliki posisi di oragnisasi?
    Selama kuliah ini saya belum pernah memiliki posisi di organisasi, namun itu bukan suatu penghalang bagi saya untuk bekerja sama dalam organisasi.

    BalasHapus
  15. NAMA : NANA OKTAVIA
    NIM : A310170225
    KELAS : VII E

    1. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita:

    Penerbit
    Surat izin terbit/rekomendasi
    Pimpinan umum
    Ketua redaksi
    Sidang redaksi
    Produksi
    Tata letak
    Desain cover
    Pemasaran
    Keuangan
    Alamat redaksi
    Kantor Pemasaran
    Alamat email

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:

    Pelindung
    Pembina
    Pemimpin redaksi
    Redaktur pelaksana
    Reporter
    Editor
    Tenaga desain dan tata letak
    Bagian bisnis

    3. Jika untuk memilih salah satu posisi di manajemen majalah sekolah, saya akan memilih di tenaga desain dan tata letak. Karena saya suka membuat desain-desain di CorelDraw, itu akan lebih mudah untuk mengembangkan kreatifitas saya. Desain suatu produk juga sangat berhubungan dengan menciptakan branding, memperkuat pesan dan meningkatkan penjualan. Dan Alhamdulillah sudah ada yang member kepercayaan kepada saya untuk medasain beberapa kartu nama dan logo.

    4. Selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi di kampus.

    BalasHapus
  16. Nama : Diah Fitriani
    Nim : A310170210
    Kelas : E


    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita Kartini
    a. Pimpinan Redaksi
    b. Penanggung Jawab
    c. Redaksi Aktual Ekslusif
    d. Redaksi Gaya Hidup
    e. Redaksi Artistik
    f. Sekretaris Redaksi
    g. Fotografer
    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pimpinan Redaksi
    d. Redaktur Pelaksana
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga Desain dan Tata Letak
    h. Bagian Bisnis
    3. Posisi yang saya sukai adalah Editor
    4. Alasannya karena saya bisa belajar menyunting kepenulisan yang salah menjadi benar, mengedit ulang penulisan yang tidak baku menjadi baku.
    5. Selama saya kuliah dan berorganisasi saat ini saya menjadi pengurus di BEM FKIP UMS sebagai sekretaris umum. Tanggung jawab yang dilakukan seorang sekretaris yaitu mengarsipkan surat masuk dan keluar BEM FKIP selama satu periode, mengkoordinasi dan mengoreksi proposal yang akan diajukan ke Universitas, dan membantu ketua berkoordinasi dengan anggota-anggota.

    BalasHapus
  17. Nama : Annisa Tiara Kusuma
    NIM : A310170229
    Kelas : 7E

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    1. Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan
    2. Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum
    3. Wakil Pemimpin Perusahaan
    4. Alamat Redaksi
    5. Alamat Tata Usaha/Distribusi
    6. Pencetak
    7. Penerbit

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    4. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    8. Bagian Bisnis

    Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah Editor, karena editor bekerja sebagai menyempurnakan suatu hal yang ada di dalam naskah dari cara mengoreksi serta mengedit yang kurang dalam naskah, agar menjadi sebuah naskah yang baik, pantas dipakai dan mudah dipahami.

    Selama kuliah ini saya belum pernah mengikuti organisasi bahkan tidak pernah juga dapat posisi di organisasi. Meskipun belum pernah memiliki posisi di organisasi kampus, saya tetap mau dan mampu bekerja sama dalam sebuah tim.

    BalasHapus
  18. Rifanda Yulianto
    A310170223

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.
    - Pemimpin Umum
    - Pemimpin Perusahaan
    - Pemimpin Redaksi
    - Redaktur Pelaksana
    - Editor Bahasa
    - Redaktur Rubrik atau Jabrik
    - Redakdtur Foto
    - Fotografer
    - Penulis
    - Reporter

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK.
    - Pelindung
    Posisi pelindung ini umumnya diisi oleh kepala sekolah. Ia akan menjadi penanggung jawab penerbitan majalah sekolah karena media tersebut berada di bawah naungan lembaganya. Jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan media tersebut, tim redaksi bisa dibantu oleh kepala sekolah selaku pelindung.
    - Pembina
    Pembina majalah sekolah adalah guru ekstrakurikuler jurnalistik atau guru yang ditunjuk untuk membidani penerbitan majalah sekolah.
    - Pemimpin Redaksi (Pemred)
    Jabatan pemred bisa diisi oleh siswa yang menonjol dalam bidang kepenulisan. Siswa tersebut dapat dipilih atau ditunjuk oleh pembina berdasar penilaian kelayakan untuk mengisi posisi pemred. Ia bertanggung jawab penuh mulai proses pembuatan, rubrikasi, pencarian berita, artikel, dan narasumber, hingga majalah cetak. Ia juga bertugas memimpin rapat redaksi untuk evaluasi setiap edisi dan bertanggung jawab terhadap kualitas majalah sekolah. Ia juga harus mampu membagi tugas kepada redaktur pelaksana, reporter, dan elemen lain agar penerbitan majalah sekolah bisa berjalan baik dan maksimal.
    - Redaktur Pelaksana (Redpel)
    Siswa yang menjadi redpel bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi. Ia membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan. Ia juga harus bisa mengatur dengan baik ritme kerja di bawahnya, yakni para reporter sekolah yang bertugas untuk mencari berita dan narasumber. Ia mengoordinasikan alur perjalanan naskah dari reporter sampai ke tata letak (lay out). Ibaratnya, dialah yang menyupervisi kerja reporter atau wartawan sekolah.
    - Reporter
    Inilah garda penting dalam majalah sekolah. Reporter ibarat pasukan elite karena diisi oleh siswa-siswa yang memiliki keterampilan menulis yang baik. Tugas mereka di antaranya adalah mencari berita menarik yang terkait dengan sekolah dan mewawancarai narasumber tertentu. Misalnya, siswa dan guru berprestasi atau alumni yang sukses. Atau kiprah sekolah dalam mengikuti ajang tertentu seperti olimpiade sains dan kejuaraan lain. Kemampuan jurnalistik mereka juga mesti ditunjang dengan pengetahuan fotografi yang baik. Sebab, itulah yang mendukung baik atau tidaknya hasil kerja mereka di lapangan.
    - Editor
    Tugasnya menyunting naskah yang ditulis oleh wartawan sekolah untuk meminimalkan kesalahan dalam hal ejaan. Ia juga memiliki kualifikasi menulis yang baik dan paham tata bahasa Indonesia. Dengan demikian, diharapkan berita, artikel, ataupun rubrik tertentu menjadi lebih enak dibaca dan mudah dipahami.
    - Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    Siswa yang menjadi tenaga tata letak (layouter) harus memiliki kualifikasi tertentu. Terutama bisa menggambar dan menguasai desain grafis. Di antaranya, mampu menjalankan program Adobe Photoshop, Adobe Indesign, Corel Draw, ataupun Pagemaker. Tata letak ini menentukan keindahan atau estetika suatu majalah sekolah. Bisa dikatakan, tata letak memegang peran penting dalam menjaga mutu atau kualitas majalah sekolah.
    - Bagian Bisnis
    Para murid yang bertugas di divisi ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan roda iklan, promosi, pemasaran, dan sirkulasi.

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan manajemen majalah adalah fotografer.

    4. Mengapa fotografer? Karena saya suka dengan dunia perfotoan, jika dikaitkan antara hobi dan pekerjaan maka pekerjaan yang saya lakukan akan menyenangkan.

    5. Dalam event kampus saya pernah menjadi sie dokumentasi.

    BalasHapus
  19. Nama : Chika Octavionita
    NIM : A310170222

    1. Susunan redaksi majalah Vemale.com
    Pemimpin Redaksi:
    Didik Supriyanto

    Redaktur Eksekutif:
    Titis Widyatmoko

    Koordinator:
    Harfrida Vindy

    Staf Editor:
    Agatha Yunita, Wenny Sri Widowati, Gilang Ayu Anggraini

    Reporter:
    Diyang Renatia

    Programmer:
    Endah Sulistyowati

    2. Susunan majalah Matrix Magz 10 SMK Assalaam Solo
    Penanggung Jawab
    Konselor
    Kepala Redaksi
    Sekretaris
    Reporter
    Ilustrator
    Juru potret
    Bendahara
    Tata Letak
    Sponsorship
    Artikel

    3. Apabila Saya diberi kesempatan, yang saya akan pilih posisi yaitu Redaktur Pelaksana (Redaktur Eksesutif).

    4. Saya menyukai posisi tersebut dikarenakan saya menyukai dalam membuat sebuah rancangan, sesuatu hal yang dirancang dengan matang akan memberikan sebuah dampak positif dan kebanggaan terhadap upaya yang telah dilakukan.Untuk tercapainya suatu keinginan juga mengandalkan kerjasama tim. Saya menyukai suatu proses yang dapat dirundingkan secara bersama, pengungkapan sebuah ide dari suatu proses perencanaan merupakan hal yang sulit untuk mengambil keputusan. Maka dari itu, sebuah tercapainya tujuan memerlukan suatu proses yang direncanakan secara matang. Menjadi Redaktur Pelaksana juga mempunyai tanggung jawab yang besar untuk dapat tercapainnya hal yang diharapkan, posisi ini juga berpengaruh terhadap posisi yang lainnya karena posisi ini yang bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi dan mengkoordinasikannya.

    5. Selama kuliah saya tidak pernah memiliki posisi di organisasi.

    BalasHapus
  20. Nama : Windi Dian Safitri
    NIM : A310170219

    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita :
    -Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi
    -Wakil Pemimpin Umum I
    -Wakil Pemimpin Umum II
    -Wakil Pemimpin Redaksi
    -Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksi
    -Dewan Redaksi
    -Redaksi Aktual
    -Redaksi Aktual Eksklusif
    -Redaksi Lifestyle
    -Redaksi Masakan
    -Redaksi Foto
    -Redaksi Artistik
    -Staff Khusus
    -Kontributor
    -Sekretaris Redaksi
    -Pemimpin Perusahaan
    -Iklan/Promosi
    -Alamat Redaksi

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah SMP/SMA/SMK :
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin Redaksi
    -Redaktur Pelaksana
    -Reporter
    -Editor
    -Tenaga Desain dan Tata Letak
    -Bagian Bisnis

    3. Posisi Editor.

    4. Karena posisi editor tersebut dapat mengasah kemampuan serta meningkatkan pemahaman saya pada tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

    5. Selama kuliah saya belum pernah mengikuti organisasi sehingga saya belum pernah mendapatkan posisi dalam organisasi di kampus. Tetapi, saya mampu bekerja sama dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam sebuah tim.

    BalasHapus
  21. Nama : Any Novitasari
    NIM : A310170209
    Kelas : 7E

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalam umum wanita.
    • Susunan redaksi majalah wanita yang berjudul: Majalah Wanita Kartini
    a. Pemimpin umum/pemimpin redaksi: Bram Tuapattinaya
    b. Wakil pemimpin umum I: Eric Tuapttinaya
    c. Wakil pemimpin umum II: Hatawano
    d. Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    e. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    f. Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    g. Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    h. Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi
    i. Redaksi masakan: Ai Turwina
    j. Redaksi foto: Kosim Sanusi
    k. Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    l. Staf khusus : Dr naek l tobing, dr Sumaryanti Arjoso SKm, Ike soepomo, dra Winarini WD mansoer PhD, yudi suharsono SPsi, Mooryati Soedlbyo, Mas Dian MRE
    m. Koresponded/kontributor: Nusa Tenggara : Rusian Nedi, Maluku: Saswati Matakena, Febby Kalhatu, Jawa Timur: Ita Nasyi’ah
    n. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    o. Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    p. Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    q. Alamat redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    r. Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    s. Percetakan : PT Indonesia Printer
    Sumber:
    https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/kartini/ed-2343-2013

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.
    • Susunan Redakai Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton
    a. Pelindung: Drs. Ustman Kaharuddin (Kepala Sekolah)
    b. Penanggung jawab: Fauzi, S. Ag. (WK. Kesiswaan)
    c. Pembina: Babun, S. Pd.
    d. Pemimpin redaksi: Alvin
    e. Sekretaris: Riyan, Dewi Nur Aulia, dan Sinta
    f. Staf, redaksi, dan editor: Rafi, Ryoga, Audy, Shofia, Chandra, dan Lilis
    g. Reporter: Sonya Risqiyah, Ummi, Khofidah, Popo, Putri, dan Arya
    h. Lay-outer, desain grafis, dan artistik: Santi, Yana, Desi, Andrew, Faqih, dan Miftah
    i. Marketing: semua ketua kelas
    Sumber:
    http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah redaksi foto.

    4. Alasanya, karena saya suka mendokumentasikan suatu momen/kegiatan yang ada disekeliling saya. Menjadi seorang fotografer memungkinkan untuk bereksplorasi sebebas-bebasnya. Tidak ada yang bisa membatasi daya imajinasi dan kreatifitas. Selain itu bisa mengeksplorasi suatu momen yang berkesan dengan detail serta bisa menyampaikan pesan-pesan khusus melalui gambar yang diabadikan.

    5. Selama berkuliah saya pernah mengikuti organisasi HMP, saya menempatkan posisi sebagai anggota Bidang 3 (Minat dan Bakat). Dalam sebuah acara saya bertugas menjadi sieksi konsumsi disitu saya mensuplai makanan yang akan diberikan kepada peserta lomba dan panitia. Dari sini saya harus mengatur keuangan yang telah diberikan oleh bendahara kepada saya, untuk dibelikan makanan dan minuman dengan dana yang telah diberikan. Di situ saya mengatur agar dana yang diberikan cukup untuk membeli makanan dan minuman tersebut. Kendalanya hanya pada pembelian konsumsi yang terlalu pagi sehingga banyak toko yang belum buka, jika ada hanya ada roti sedikit dan harus pindah tempat untuk membelinya lagi.

    BalasHapus
  22. Nama: Tobi Saputra
    NIM: A310170213
    Kelas: 7E

    A. Susunan Redaksi Majalah Kartini
    1. Pemimpin Redaksi
    2. Penanggung Jawab
    3. Redaksi Aktual Eksklusif
    4. Redaksi Gaya Hidup
    5. Redaksi Artistik
    6. Sekretaris Redaksi
    7. Fotografer

    Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Majalah_Kartini


    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin Redaksi
    4. Redaktur Pelaksana
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan Tata Letak
    8. Bagian Bisnis

    Sumber: Kompasiana.com


    C. Apabila saya diberi kesempatan menduduki posisi di susunan redaksi, saya memilih di posisi editor. Alasan saya memilih posisi tersebut karena selaras dengan passion saya.


    D. Selama kuliah, saya mengikuti organisasi UKM Hizbul Wathan UMS.
    Di organisasi tersebut saya pernah menjabat sebagai anggota Divisi Pendidikan dan Pelatihan. Tanggung jawab yang pernah saya rasakan di Div. Diklat ialah tentang manajemen penyelenggaraan latihan rutin, pengelolaan kader, dsb.
    Selain itu saya juga pernah menjabat di Divisi Logistik. Tanggung jawab yang saya rasakan ialah manajemen pengelolaan barang inventaris organisasi baik dalam hal menjaga, merawat, dan juga memberdayakan barang.

    BalasHapus
  23. Nama : Nur Indah Tri Ramadhani
    NIM / Kelas : A310170224/ 7E

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    1. Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan
    2. Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum
    3. Wakil Pemimpin Perusahaan
    4. Alamat Redaksi
    5. Alamat Tata Usaha/Distribusi
    6. Pencetak
    7. Penerbit

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    4. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    8. Bagian Bisnis

    Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah Editor, karena editor bekerja sebagai pengembang dalam sebuah karya yang akan di publikasikan, juga dalam bagian editor dapat terus menambah sebuah pengetahuan yang baru.

    Selama kuliah ini saya belum pernah mengikuti organisasi apapun. Meskipun belum pernah memiliki posisi di organisasi kampus, saya tetap akan berusaha dan mampu bekerja sama dalam sebuah tim.

    BalasHapus

  24. 1.Susunan redaksi dalam majalah wanita
    Susunan Redaksi
    Pemimpin Umum
    Penanggung Jawab
    Pemimpin Redaksi
    Editor
    Creative Designer
    Designer Staff
    Fotografer
    Pengembangan Bisnis
    Keuangan
    Account Executive
    Promosi
    Sirkulasi
    Pelatihan
    Penerjemah
    Kontributor

    2. Susunan redaksi majalah di SMK atau SMA
    Pelindung
    Pembina
    Pemimpin redaksi
    Redaktur pelaksana
    Reporter
    Editor
    Desagainer
    Tenaga bisnis

    3. Bagian yang saya sukai adalah menjadi pemimpin redaktur, karena menjadi sebuah pemimpin adalah sebuah seni untuk mengarahkan dan mengorganisir kelompok atau sekumpulan orang untuk mencapai tujuan yang sama

    4. Saat kuliah saya mengikuti bebeeabe organisasi baik tingkatnya daerah ayaupat tingkatnya universitas. Di kampus saya mengikuti UKM Hizbhul Wathan atau HW, di HW saya pwrper menjadi anggota BKM Rescue, Ketua BKM Rescue dan tahun ini saya menjadi ketua BKM Seni dan Olahraga

    BalasHapus
  25. Nama : Bunga Lidinta Putri
    NIM : A310170214
    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah wanita adalah,
    a. Pemimpin Redaksi
    b. Wakil Pemimpin Umum I
    c. Wakil Pemimpin Umum II
    d. Wakil Pemimpin Redaksi
    e. Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksi
    f. Dewan Redaksi
    g. Redaksi Aktual
    h. Redaksi Eksklusif
    i. Redaksi Lifestyle
    j. Redaksi Masakan
    k. Redaksi Foto
    l. Redaksi Artistik
    m. Staff Khusus
    n. Kontributor
    o. Sekretaris Redaksi
    p. Pemimpin Perusahaan
    q. Iklan/Promosi
    r. Alamat Redaksi
    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah adalah,
    a. Penanggung Jawab
    b. Penasehat
    c. Pembina
    d. Pimpinan Redaksi
    e. Wakil Pimpinan Redaksi
    f. Sekretaris
    g. Bendahara
    h. Sie Humas
    i. Sie Layout
    j. Sie Editor
    k. Sie Liputan
    l. Sie Fotografi
    m. Penanggung Naskah
    n. Sie Distributor
    o. Sie Kegiatan
    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah redaksi foto/sie fotografi.
    4. Posisi tersebut paling saya sukai karena saya menyukai hal yang berkaitan dengan memfoto atau difoto. Saya juga senang mengabadikan momen-momen dengan mengambil gambar dari momen tersebut.
    5. Selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi apapun tetapi saya aktif dalam kegiatan yang diadakan LPIDB karena saya adalah salah satu tutor kegiatan ETP. Salah satu acara yang diadakan oleh LPIDB yang saya ikuti adalah sosial gathering dan di acara tersebut saya menjadi sie tata rias.

    BalasHapus
  26. Tugas 2
    Nama : Mahendra Azis Purwanto
    Nim : A310170233
    Kelas : 7E

    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita:
    - Penerbit
    - Surat izin/ rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor pemasaran
    - Alamat email

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    - Pimpinan umum
    - Pimpinan redaksi
    - Redaktur pelaksana
    - Sekretaris redaksi
    - Kontributor
    - Keuangan
    - Cover
    - Setting & layout
    - Litbang
    - Pengembangan
    - Sirkulasi
    - Publik relations
    - Web master
    - Iklan & produksi

    3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah Desain Cover

    4. Karena di dalam pengeditan gambar saya menyukai tentang desain gambar yang ada di dalam komputer dan lain sebagainya. Serta dapat menambah ilmu didalamnya dan membantu dalam hal pencocokan gambar, menarik orang untuk membacanya
    5. Menjadi anggota HMP Bidang 3 dan pernah bertanggung jawab di dalam LKKMD di amanah i untuk menjadi penanggung jawab perkap, kendala dalam penanggung jawabanya kurangnya komunikasi menjadi penyebab keteteran suatu acara dan harusnya di dalam pelaksaan tersebut komunikasi harusnya tetap terjaga supaya tidak ada saling salah menyalahkan dan acara berjalan dengan lancar, sesuai dengan apa yang di harapkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.