MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH 2020 KELAS VII D

  KONTRAK  KULIAH

MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH

SEMESTER VII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah.

          Saya harap semua semangat!

***          

ISI KONTRAK


Pertama:

a. Nama mata kuliah: Manajemen Majalah Sekolah

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku pegangan sudah diisusun Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan  LPPBI.

*** 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Selanjutnya, guna membangkitkan semangat mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah      

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

   

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

            PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

            SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

     .       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

  KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

\

KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis. 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta  mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah 

1. Memiliki motivasi, minat, sikap,  dan gambaran jelas mengenai

    manajemen majalah sekolah

1.1 Mampu menjelaskan konsep manajemen umum dan manajeman majalah sekolah.

1.2 Mampu menjelaskan ciri, alasan pengelolaan, dan arti pentitng majalah umum dan majalah sekolah.

1.3 Mampu mengenali rubrik majalah umum dan majalah sekolah.

 

2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah

2.1 Mampu menyebutkan susunan redaksi pengelolaan majalah sekolah.

2.2 Mampu menyebutkan tugas keredaksian majalah sekolah.

2.3 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.

 

3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK)

3.1 Mampu melakukan observasi majalah sekolah SMP dan SMA.

2.1 Mampu mengidentifikasi rubrik pengisi majalah sekolah.

3.3 Mampu membuat tulisan pengisi majalah sekolah (puisi, humor, dan artikel)

 

4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.

4.1 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.  

4.2 Mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus..

4.3 Mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus

 

5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah --Papirus

5.1 Mampu menata rubrik majalah Papirus.

5.2 Mampu melayout dan mengedit draf terbitan majalah Papirus

5.3 Mampu menerbitkan majalah Papirus (berwujud soft file dan cetak).

 

C. MATERI

Materi

Pengertian manajemen secara luas dan sempit, Karakteristik manajemen   majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah

Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah

Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dyl, dan tugas redaksi

Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA

Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah, Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan

Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik

Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah

Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus

Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara

Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi

Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik

Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus

Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

 D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan MMS dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Nama : Arini Wihdatul Ummah
    NIM : A310170158
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama

    Setelah membaca dan memahami CPMK, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir yang ke-4 yaitu, Mahasiswa mampu menyelenggarakan Pengelolaan Manajamen sekolah.

    Bagian Kedua

    A. Manajemen menurut Richard L. Daft (2002:8) menyatakan bahwa manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.

    B. Daft, Richard L. 2002. Manajemen Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta : Erlangga

    C. Berdasarkan pengertian dari Richard L. Daft, menurut saya manajemen adalah suatu hal/sasaran yang dicapai dengan rencana yang dikendalikan dengan pengorganisasian yang sudah disusun sebelumnya agar sasaran tersebut dapat dicapai dengan cara yang efektif dan efisien.

    D. Menurut saya, apabila manajemen menurut Richard L. Daft tersebut diimplementaikan dengan manajemen majalah sekolah akan sangat cocok, karena dalam manajemen membutuhkan suatu rencana dan pengorganisasian yang matang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama: Dini Melyanti
    Nim: A310170204
    Kelas: 7D

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    Gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah ini adalah butir keempat yaitu mahasiswa mampu untuk menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah- Papirus.

    Bagian Kedua
    A.Definisi manajemen menurut seorang ahli
    Menurut Lazwardi (2017), manajmenen merupakan suati ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian ( controling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

    B. Sumber: lazwardi, Dedi. 2017. Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1): 100.

    C. Berdasarkan dari pengertian di atas dapat dijelaskan bahwa manajemen merupakan suatu kegiatan terencana untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan melalui beberapa tahapan mulai dari 1) tahap perencanaan yang berisi menetapkan tujuan, merumuskan keadaan, mengidentifikasi kemudahan dan hambatan yang dapat saja terjadi, dan mengembangkan rencana; 2) tahap pengorganisasian yaitu mengacu pada rencana dan tujuan, menentukan tugas, membagi tugas, mengalokasikan sumber daya, dan evaluasi; 3) tahap pelaksanaan yaitu mewujudkan kerja sama sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan; dan 4) tahap pengendalian yaitu memantau kemajuan dalam organisasi.

    D. Menurut saya, implementasi dari pengertian manajemen di atas sangat cocok bila diimplementasikan dalam manajemen majalah sekolah. Karena menurut saya dengan adanya tahapan-tahapan yang dilakukan seperti di atas juga sangat baik diterapkan pada manajemen majalah sekolah agar apa yang ingin dicapai dari manajemen majalah sekolah dapat terwujud dengan baik dan terstruktur.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama : Nadia Fauziah Pratiwi
    Nim : A310170162
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama

    Setelah membaca dan memahami CPMK menurut saya nomor 4 sangat cocok dan sesuai dengan tujuan mata kuliah manajemen majalah sekolah. Yakni mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Bukan hanya teori tetapi mahasiswa dituntut untuk praktik langsung.

    Bagian Kedua

    1. Menurut G.R. Terry (dalam Hanafi, 2000:4) pengertian manajemen adalah proses yang khas
    terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan tenaga manusia dan sumber daya lainnya.
    2. Hanafi, M. M. 2000. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
    3. Manajemen dikatakan sebagai suatu proses yang khas yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan. Tahapan tesebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai suatu tujuan diperlukan sumber daya dan tenaga manusia dalam melaksanakan dan mendukung tahapan-tahapan tersebut.
    4. Manajemen majalah sekolah kaitannya dengan definisi manajemen diatas yakni untuk membuat wadah yang dapat menampung aspirasi warga sekolah maupun diluar sekolah diperlukan manajemen yang baik. Manajemen tidak serta merta dapat dilaksanakan tanpa adanya dukungan dari sumber daya dan tenaga manusia dalam hal ini pengurus majalah sekolah. Untuk membuat majalah sekolah yang baik diperlukan proses yang terdiri dari beberapa tahapan yakni mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan. Hal tesebut tentu perlu di dukung oleh tenaga sekolah baik guru maupun siswa dan sumber daya lain seperti sarana prasarana dan dukungan dari warga sekolah itu sendiri.

    BalasHapus
  6. NAMA : TINA INDRI ASTUTI
    NIM : A310170195
    KELAS : 7D

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama

    Setelah saya memahami CPMK, menurut saya semua butir yang ada di dalam CPMK tersebut cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih sesuai adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.

    Bagian Kedua

    A. Kutipan definisi manajemen yang diberikan seorang ahli:

    Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry dalam Arif, 2008:236).

    B. Sumber Sitasi

    Arif, Saiful Nur dan Iskandar Zulkarnain. (2008). Dasar-dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi. Jurnal SAINTIKOM, 5(2), 236-247.

    C. Penjelasan Definisi Manajeman Menurut George R. Terry

    Manajemen sangat penting bagi setiap aktivitas individu atau kelompok dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen berorientasi pada proses yang berarti bahwa manajemen membutuhkan sumber daya manusia, pengetahuan, dan keterampilan agar aktivitas menjadi lebih efektif atau dapat menghasilkan tindakan dalam mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu, tidak akan ada organisasi yang sukses apabila tidak menggunakan manajemen yang baik. George R. Terry membagi empat fungsi dasar manajemen, yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan/ Penggerakan), dan Controlling (Pengawasan). Keempat fungsi manajemen tersebut disingkat dengan POAC.

    D. Pendapat Mengenai Implementasi dari Definisi Manajemen Menurut George R. Terry Berkaitan Dengan Manajemen Majalah Sekolah

    Menurus saya, definisi manajemen dari George R. Terry dapat diimplementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena jika dilihat dari definisi tersebut, George R. Terry mengungkapkan bahwa manajemen itu terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan. Hal itu sesuai dengan butir-butir dalam capaian perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah. Dari capaian tersebut menunjukkan proses yang meliputi tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan yaitu mampu menerbitkan majalah sekolah –Papirus.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama :Inneke Dyah Anggraini
    NIM : A310170193
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama
    Setelah memahami CMPK yang di berikan, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu ke-2 Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah.
    Bagian Kedua
    A. Menurut James A.F. Stoner (2006) menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya

    B. Handoko, T.Hani. 2012. Manajemen, BPPE. Yogyakarta hal 8

    C. Berdasarkan dari pengertian manajemen di atas di jelaskan bahwa, berdasarkan batasan manajemen tersebut, proses manajemen meliputi: Perencanaan yaitu menetapkan tujuan dan tindakan yang akan dilakukan. Pengorganisasian yaitu mengoordinasikan sumber daya manusia serta sumber daya lain yang dibutuhkan. Kepemimpinan yaitu mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin. Pengendalian yaitu memastikan pencapaian tujuan, jika tidak maka dilakukan tindakan

    Menurut saya, pengertian atau penjelasan dari James A.F Stoner tersebut cocok di implementasikan dengan Manajemen Majalah Sekolah, karena proses-proses dari James A.F Stoner sudah jelas dan sangat baik untuk di terapkan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian serta tindakan yang akan dilakukan untuk memahami/mengolah manajemen majalah sekolah

    BalasHapus
  9. Nama : Amy Rachmawati Sukma
    NIM : A310170160

    Bagian Pertama
    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah menurut saya adalah butir ke-4 , yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
    Bagian Kedua
    A. Manajemen menurut Stoner J.A, R.E. Freeman dan D.R. Gilbert Jr (dikutip Wijayanto) adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, terhadap usaha-usaha dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan.
    B. Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta : Gramedia.
    C. Berdasarkan pengertian manajemen menurut Stroner dan Gilbert manajemen merupakan rencana pengorganisasian, arahan, dan pengawasan terhadap usaha guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.
    D. Menurut saya pengertian manajemen menurut Stroner dan Gilbert bagus jika diterapkan pada Manajemen Majalah Sekolah, karena majalah sekolah apabila direncanakan, diproses, diarahkan dan diawasi dengan baik maka tujuan dari Manajeman Majalah Sekolah akan mencapai tujuan yang diinginkan.

    BalasHapus
  10. Bagian Pertama

    Gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke-4 yaitu, Mahasiswa mampu menyelenggarakan Pengelolaan Manajamen sekolah-Papirus.

    Bagian kedua
    A. Definisi Manajemen menurut ahli
    Menurut Cushway (1994:3) mengemukakan bahwa manajemen merupakan bagian dari proses yang membantu organisasi mencapai tujuan.

    B. Sumber
    Sumber: Marnis, Priyono. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia.Sidoarjo:Zifatama Publisher.

    C. Berdasarkan pengertian dari Cushway (1994:3), dapat dijelaskan bahwa manajemen adalah bagian-bagian dari tahapan pross yang mana akan membantu untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

    D. Menurut pendapat saya, implementasi dari pendapat Cushway (1994:13) cocok bila diimplementasika dalam manajemen majalah sekolah, karena menurut saya dengan adanya bagian untuk mencapai tujuan seperti yg dikatakan cushway diatas, juga baik jika diterapkan pada manajemen majalah sekolah agar bagian-bagian yg ingin dicapai dari manajemen dapat memiliki tujuan yg jelas.

    BalasHapus
  11. nama : Ema Priyandini
    nim : A310170190

    Bagian Pertama

    Gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke-4 yaitu, Mahasiswa mampu menyelenggarakan Pengelolaan Manajamen sekolah-Papirus.

    Bagian kedua
    A. Definisi Manajemen menurut ahli
    Menurut Cushway (1994:3) mengemukakan bahwa manajemen merupakan bagian dari proses yang membantu organisasi mencapai tujuan.

    B. Sumber
    Sumber: Marnis, Priyono. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia.Sidoarjo:Zifatama Publisher.

    C. Berdasarkan pengertian dari Cushway (1994:3), dapat dijelaskan bahwa manajemen adalah bagian-bagian dari tahapan pross yang mana akan membantu untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

    D. Menurut pendapat saya, dari pendapat Cushway (1994:13) cocok bila diimplementasika dalam manajemen majalah sekolah, karena menurut saya dengan adanya bagian untuk mencapai tujuan seperti yg dikatakan cushway diatas, juga baik jika diterapkan pada manajemen majalah sekolah agar bagian-bagian yg ingin dicapai dari manajemen dapat memiliki tujuan yg jelas

    BalasHapus
  12. Nama: Desy Anggraini
    Nim: A310170199
    Kelas: 7D

    Bagian Pertama
    Menurut saya gambaran CPMK yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir keempat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah
    Bagian Kedua
    A. Definisi manajemen menurut ahli
    Menurut Dewi dan Ali (2019) manajemen adalah proses pemanfaatan terhadap sumber daya yang ada dalam organisasi, baik sumber daya manusia maupun sumber-sumber yang lain melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan yang dilakukan secara sistematis.
    B. Sumber
    Dewi, Kusuma Indah dan Ali Mashar. 2019. Nilai-Nilai Profetik dalam Kepemimpinan Modern pada Manajemen Kinerja. Lampung: CV Gre Publishing.
    C. Setelah memahami pengertian manajemen dapat dijelaskan bahwa manajemen adalah bentuk upaya yang dijalankan untuk mencapai suatu tujuan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya dengan adanya kerjasama yang melalui bebrapa proses yang diawali dengan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan yang terakhir selalu ada pengontrolan yang dilakukan secara sistematis agar tujuan bisa tercapai secara optimal.
    D. Menurut saya pengertian manajemen menurut Dewi dan Ali dapat diimplementasikan dalam manajemen majalah sekolah. Karena menurut saya dengan adanya proses-proses seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan baik diterapkan pada manajemen majalah sekolah agar terciptanya majalah yang baik dan berkualitas.

    BalasHapus
  13. Nama: Siti Aulia Umami
    Nim: A310170185
    Kelas: 7D

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    Menurut saya semua butir cocok dengan capaian mata kuliah MMS karena semua butir merupakan proses dari manajemen yang hakikatnya adalah mengelola. Namun butir keempat merupakan inti dari manajemen yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    A. Menurut George R. Terry (1977) dalam Yayat M. Herujito "Manajemen adalah suatu proses yang berbeda terdiri atas planning, organizing, acktualing, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya". Dengan kata lain berbagai jenis kegiatan yang berbeda itulah yang membentuk manajemen.

    B. Herujito,
    Yayat M. 2001. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.

    C. Berdasarkan definisi di atas manajemen merupakan sebuah proses dari empat komponen yang tidak bisa dipisahkan. Keempat komponen itu adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Keempat komponen tersebut saling mengikat satu sama lain dan tidak dapat terpisahkan.

    D. Implementasi definisi ahli terhadap Manajemen Majalah Sekolah
    Menurut saya definisi tersebut diimplementasikan dengan cara:
    Pertama merencanakan pelaksanaan penerbitan majalah. Kedua pengorganisasian dengan membentuk staf redaksi. Ketiga pelaksanaan kegiatan dengan mengumpulkan tulisan, editing, dan penerbitan. Dan keempat pengawasan berupa pertanggungjawaban seluruh staff.

    BalasHapus
  14. Nama : Murni Cahyati
    NIM : A310170161
    Kelas : 7D
    Umpan balik
    Bagian pertama
    Setelah membaca dan memhami CPMK butir yang paling cocok untuk mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah, butir keempat yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Diantaranya yaitu, mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah, mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah, dan mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah.
    Bagian kedua
    A. Menurut Mary Parker Follet (2007) pengertian manajemen sebagai proses, karena dalam manajemen terdapat adanya kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan, misalnya kegiatan perencanan, pengorganisasian, pengarahan dan pengwasan. Kegiatan-kegiatan itu satu sama lainnya tidak dapat dipisahkan atau dengan kata lain saling terkait (terpadu), sehingga akan membentuk suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, manajemen disebut sebagai Sistem.
    B. Batlajery, S. 2016. Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Marauke. Jurnal Imu Ekonomi & Sosial, 7(2) 133-135.
    C. berdasarkan defenisi tersebut, menurut saya manajemen adalah suatu proses yang saling berkaitan yaitu antara perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Komponen-komponen tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.
    D. Menurut saya apabila pendapat Mary Parker Follet diimplementasikan kedalam manajemen majalah sekolah sangat cocok karena, dalam manajemen majalah sekolah memerlukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.

    BalasHapus
  15. Nama : Khafidah Anggraeni
    Nim : A310170203
    Kelas : 7D

    Bagian pertama
    Menurut saya setelah memahami CPMK yang diberikan. Dari butiran di dalam CPMK semua cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih cocok adalah butiran yang ke empat yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan penggelolaan majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    A. Manajemen menurut Richard L.Daft (2002:8) menyatakan bahwa manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya organisasi.

    B. Daft, Richard L. 2002. Manajemen Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta : Erlangga

    C. Berdasarakan definisi menurut Richard L.Daft menurut saya manajemen adalah suatu proses yang mengaitkan empat komponen yang tidak bisa dipisahkan yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya organisasi dengan cara efektif dan efisien untuk mencapai sasaran organisasi .

    D. Menurut saya apabila pendapar Richard L. Daft diimplementasikan kedalam manajemen majalah sekolah sangat cocok karena, adanya empat komponen tersebut seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya organisasi akan menghasilkan manajemen majalah sekolah yang baik, benar, dan berkualitas.

    BalasHapus
  16. Nama; Swara Gema Ramadhan
    NIM: A310170192
    Kelas: 7D
    Bagian Pertama
    Dari pemaparan CPMK tersebut, menurut saya gambaran CPMK yang paling cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir kedua dan keempat, yaitu mahasiswa dapat memahami serta menyelenggarakan pengelolaan/manajemen majalah sekolah.
    Bagian Kedua
    a. Menurut Stoner J. A, R.E. Freeman. Dan D. R. Gilbert Jr., (1995) manajemen dalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organiasi yang telah ditetapkan.
    b. Bob Foster, Iwan Sidharta. 2019. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif (Kelompok Penerbit Diandra)
    c. Berdasarkan definisi manajemen dari Stoner J. A, R.E. Freeman. Dan D. R. Gilbert Jr., menurut saya manajemen adalaah sebuah proses pengorganisasian dari mulai perencaan hingga pelaksaannya yang disusun sedemikian rupa guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    d. Pengertian manajemen di atas akan sangat tepat jika diimplementasikan pada pengelolaan majalah di sekolah. Mahasiswa/peserta didik akan mengetahui bagaimana cara merencanakan, mengelola hingga menerbitkan sebuah majalah sekolah untuk mendukung kemampuan siswa tentang manajemen dalam sebuah organisasi.

    BalasHapus
  17. Nama : Ratna Wulansari
    NIM : A310170159
    Kelas : 7D
    BAGIAN PERTAMA
    Setelah membaca dan memahami CPMK, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke empat yaitu, mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen sekolah.
    BAGIAN KEDUA
    A. DEFINISI MANAJEMEN MENURUT AHLI
    Menurut Dewi dan Ali (2019) manajemen adalah proses pemanfaatan terhadap sumber daya yang ada dalam organisasi, baik sumber daya manusia maupun sumber-sumber yang lain melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan mengontrol yang dilakukan secara sistematis.
    B. SUMBER
    Dewi, Kusuma Indah dan Ali. 2019. Nilai-Nilai Profetik Dalam Kepemimpinan Modern pada Manajemen Kinerja. Lampung: CV Gre Publishing.
    C. Setelah memahami pengertian manajemen dapat dijelaskan bahwa manajemen adalah alur berjalannya dari pemafaatan sumber daya dalam organisasi yang berupa sumber daya manusia maupun sumber-sumber yang lain melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan mengontrol yang dilakukan secara sistematis.
    D. Menurut Saya, pengertian manajemen menurut Dewi dan Ali dapat diimplementasikan dalam melakukan menejemen majalah sekolah. Karena, dalam merealisasikan manejemen sekolah yang baik harus melalui proses pemanfaatan sumber daya yang ada dalam lingkungan sekolah baik sumber daya manusia mupun sumber-sumber yang lain melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan mengontrol yang dilakukan secara sistematis. Proses tersebut bagus dilakukan untuk manejemen sekolah dapat berjalan ddengan baik.

    BalasHapus
  18. Nama : Asti Mrihatini
    NIM : A310170194
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama

    Setelah saya membaca dan memahami CPMK, menurut saya butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir yang ke-4 yaitu, Mahasiswa mampu menyelenggarakan Pengelolaan Manajemen Sekolah.

    Bagian Kedua

    A. Menurut Andrew F. Sikukula (Dalam Hasibun, 2009: 6), mengemukakan bahwa manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktifitas-aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan sebagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efesien.
    B. Hasibun, Malayu S.P, Manajemen. Cet III, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
    C. Berdasarkan dari pengertian Hasibun di atas di jelaskan bahwa, berdasarkan batasan manajemen tersebut, proses manajemen meliputi: Perencanaan yaitu menetapkan tujuan dan tindakan yang akan dilakukan, Pengorganisasian yaitu mengoordinasikan sumber daya manusia serta sumber daya lain yang dibutuhkan. Kepemimpinan yaitu mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin. Pengendalian yaitu memastikan pencapaian tujuan, jika tidak maka dilakukan tindakan.
    D. Menurut saya, dari penjelasan Andrew F. Sikukula (Dalam Hasibun, 2009: 6), tersebut cocok di implementasikan dengan Manajemen Majalah Sekolah, karena proses-proses dari Andrew F. Sikukula sudah jelas dan sangat baik untuk diterapkan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian serta tindakan yang akan dilakukan untuk memahami atau mengolah manajemen majalah sekolah.

    BalasHapus
  19. NAMA: SITI NUR ARIFAH
    KELAS: D
    NIM: A310170202

    Bagian Pertama
    Menurut saya semua butir yang ada di dalam CPMK tersebut cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih sesuai adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!
    Menurut James A.F. Stoner (2006) menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Sumber: A.F. Stoner. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen bermaksud untuk mengarahkan dalam pengendalian anggota untuk mengelola suatu kegiatan untuk mencapai tujuan utama sebuah organisasi dengan perencanaan dan pengawasan sumber daya secara efektif dan efisien. Manajemen yang aktif merupakan sumber utamaa organisasi untuk maju. Untuk mendukung manajemen yang lebih baik, talenta dapat membantu suatu organisasi untuk memiliki manajemen HR yang efektif dan efisien. Talenta adalah software payroll yang menjamin proses manajemen personalia hingga penggajian menjadi lebih lancar.
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?
    Menurut saya, definisi manajemen menurut James A.F. Stoner (2006) dapat diimplementasikan dalam mata kuliah manajemen majalah sekolah. James A.F Stoner mengungkapkan Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen majalah sekolah merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemetaan terhadap jalannya proses pembuatan majalah dari awal pembuatan majalah hingga pendistribusian majalah kepada sivitas akademika di sekolah. Dari capaian tersebut menunjukkan proses yang meliputi tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan yaitu mampu menerbitkan majalah sekolah.

    BalasHapus
  20. NAMA : DEVI KURNIA KHIKMAWATI
    NIM : A310170191
    KELAS : 7D

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    Setelah saya memahami CPMK, menurut saya semua butir yang terdapat di dalam CPMK tersebut relevan dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Akan tetapi butir yang sangat sesuai adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!
    Manajemen menurut Terry (1986) dalam Muhammad Kristiawan adalah kemampuan mengarahkan dan mencapai hasil yang diinginkan dengan tujuan dari usaha-usaha manusia dan sumber lainnya.
    Menurut Harsey dan Blanchard (1998:4) dalam Muhammad Kristiawan manajemen adalah proses bekerja sama antara individu dan kelompok serta sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan organisasi adalah sebagai akivitas manajerial.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Kristiawan, Muhammad. dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Manajemen merupakan sesuatu yang sangat penting karena ia berkenaan dan berhubungan erat dengan perwujudan atau pencapaian tujuan yang telah ditentukan dengan cara menggerakkan orang-orang lain untuk menggerakkan.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?
    Menurut saya, pendapat Terry (1986) dan Harsey Blanchard (1998:4) dapat diimplementasikan dalam mata kuliah ini karena keduanya mengarahkan seseorang individu atau kelompok dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai harus melakukan beberapa kegiatan antara lain: planning, organizing, actualling, dan controlling dengan tepat.

    BalasHapus
  21. Nama : Fransiska Alisia Putri Yousiskasari
    NIM : A310170174
    Kelas : 7 D

    Bagian Pertama

    Setelah membaca dan memahami butir-butir CPMK, menurut saya semua butir cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Namun, butir yang paling sesuai adalah butir keempat yaitu mahasiswa mampu untuk menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah –Papirus.

    Bagian Kedua

    A. Kutipan Definisi Manajemen Menurut Seorang Ahli
    Menurut George Terry (“Principles of Management”, 1972) (dalam Ruyatnasih dan Megawati, 2017: 3) menjelaskan bahwa manajemen merupakan suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

    B. Sumber Sitasi
    Ruyatnasih, Yaya dan Liya Megawati. 2017. Pengantar Manajemen Teori, Fungsi dan Kasus Edisi 2. Yogyakarta: CV. Absolute Media.

    C. Penjelasan Definisi Manajemen Menurut George Terry (1972)

    Manajemen adalah suatu proses yang memiliki proses yang khas tertentu di dalam kehidupan manusia. Proses tersebut dapat dibagi menjadi empat macam, pertama yaitu tindakan perencanaan. Tindakan perencanaan adalah tindakan yang dilakukan oleh manusia agar dapat merencanakan manajemen dengan baik. Kedua yaitu tindakan pengorganisasian, merupakan tindakan yang mengusahakan hubungan yang efektif antara manusia sehingga mereka dapat bekerjasama dengan baik. Ketiga yaitu menggerakan, merupakan tindakan atau usaha yang dilakukan oleh manusia secara bekerjasama agar dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dikehendaki. Keempat yaitu pengendalian, merupakan tindakan yang dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan. Proses yang khas dalam manajemen tersebut jika dilakukan dengan baik maka dapat mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut.

    D. Pendapat Mengenai Implementasi Definisi Manajemen Menurut George Terry (1972) Berkaitan Dengan Manajemen Majalah Sekolah

    Menurut pendapat saya, definisi manajemen yang diungkapkan George Terry (1972) dapat diimplementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena mencakup empat proses yaitu perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengendalian. Empat proses tersebut jika diterapkan dalam mata kuliah MMS sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditentukan, maka mahasiswa akan dapat menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah, sehingga mampu menerbitkan majalah sekolah dengan baik.

    BalasHapus
  22. Nama : Dinar Febrianti
    NIM : A310170182
    Kelas : VII D
    Mata Kuliah : Manajemen Majalah Sekolah
    A. Bagian Pertama
    Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah?
    Jawab:
    Menurut saya setelah memahami Capaian Perkuliahan Mata Kuliah (CMPK) yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir nomor 4 (empat), yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
    B. Bagian Kedua
    1. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!
    Jawab:
    Menurut Kristiawan dkk (2017) manajemen merupakan ilmu dan seni dalam mengatur, mengendalikan, mengkomunikasikan dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada dalam organisasi dengan memanfaatkan fungsi-fungsi manajemen (Planing, Organizing, Actuating, Controling) agar organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efesien.
    2. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab:
    Husaini dan Happy Fitri. 2019. Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). 4(1): 43-54.
    3. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab:
    Berdasarkan pengertian menurut Kristiwan dkk, bahwa manajemen adalah ilmu yang mengatur, mengendalikan, mengomunikasikan dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada di organinasi tersebut dengan memanfaat fungsi manajemen yaitu Planing, Organizing, Actuating, dan Controling agar organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan secara efektif dan efisien
    4. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?
    Jawab:
    Menurut saya definisi dari Kristiawan dkk sangat cocok diimplematasikan dengan Manajemen Majalah Sekolah. Karena mengatur, mengendalikan, mengomunikasikan dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada dengan memanfaatkan dan menerapkan fungsi manajemen agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan secara efektif dan efisien.

    BalasHapus
  23. Nama : Fransisca Nanda Arintowati
    NIM : A310170171
    Kelas : 7D

    A. Bagian Pertama

    Setelah membaca dan memahami ke-lima CPMK di atas, capaian ke-4 lebih sesuai dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu bahwa "Mahasiswa mampu untuk menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalab sekolah".-papiprus

    B. Bagian Kedua

    Ngalim Purmanto mengutip pendapatnya George R. Terry yang menjelaskan bahwa manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan manusia atau orang-orang dan sumber daya lainnya.

    Sumber : Shaifudin Arif dan Wildan Nafi'i.2010.Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren Dalam Pembentukan Karakter (studi atas MA Salafiyah Mu' adalah Pondok Tremas Pacitan). Jurnal Studi Agama.Volume 7, Nomor 2.

    Dari definisi di atas yang telah dikutip oleh Ngalim Purwanto dalam George R. Terry bisa diimplementasikan ke dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah, bahwa George R. Terry yang menjelaskan bahwa manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan guna untuk membantu menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan berbagai sumber daya. Bahwa di sini proses perencanaan yang masuk ke dalam CPMK ke-1 dan ke-2, pengorganisasian masuk ke dalam CPMK ke-3, penggerakan masuk ke dalam CPMK ke-4, dan pengawasan masuk ke dalam CPMK ke-5 dengan ke lima dan ke empat proses tersebut apabila diimplementasikan akan memudahkan mahasiswa untuk mencapai sebuah tujuan akhir yang sama yaitu mampu menerbitkan majalah sekolah dengan baik.

    BalasHapus
  24. Nama : Savina Rachmah
    Nim : A310170165
    Kelas : D

    Bagian Pertama
    Setelah membaca dan memahami CPMK, menurut saya butir yang lebih sesuai dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir yang ke empat yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajamen sekolah - Papirus.

    Bagian Kedua
    A. Kutipan definisi manajemen yang diberikan seorang ahli:
    Menurut Syafaruddin (dalam Winarsih, 2017: 54) mengemukakan bahwa manajemen adalah suatu proses pengaturan dan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki organisasi melalui kerjasama para anggota untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

    B. Sumber Sitasi
    Winarsih, Sri. 2017. Kebijakan dan Implementasi Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Cendekia. 15 (1).

    C. Penjelasan Definisi Manajeman Menurut Syafaruddin.

    Berdasarkan dari pengertian di atas dapat dijelaskan bahwa manajemen dikatakan sebagai suatu proses pengaturan dan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki organisasi melalui kerjasama para anggota untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Secara umum fungsi manajemen terbagi menjadi 4 macam, yaitu: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Directing), dan Pengendalian (Controlling).

    D. Pendapat Mengenai Implementasi dari Definisi Manajemen Menurut Syafaruddin Berkaitan Dengan Manajemen Majalah Sekolah

    Menurut saya, definisi manajemen dari Syafaruddin dapat diimplementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena untuk mencapai tujuan organisasi dengan baik, diperlukan peningkatan kinerja secara optimal yaitu adanya tahapan-tahapan seperti Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Directing), dan Pengendalian (Controlling).

    BalasHapus
  25. Nama : Mia Nur Insani
    NIM : A310170176
    kelas : 7D

    Bagian Pertama

    Setelah membaca dan memahami CPMK, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir yang ke-5 yaitu, mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah --Papirus

    Bagian Kedua

    A. Gulick dalam Alam (2007) mengatakan bahaa manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk mengetahui mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

    B. Sumber:
    Alam, S. 2007. Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas XII: Jilid 3. Jakarta: Esis.

    C. Berdasarkan pengertian dari Gulick, menurut saya manajemen adalah perencanaan kegiatan yang terstruktur dan sistematis untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia dengan bekerja sama satu sama lain.

    D. Menurut saya, apabila manajemen menurut Gulick tersebut diimplementaikan dengan manajemen majalah sekolah akan sangat cocok, karena dalam manajemen memerlukan kerjasama yang baik.

    BalasHapus
  26. Nama : Oldri Permata Sari
    NIM : A310170180
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama
    Setelah memahami CMPK yang telah diberikan, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Makalah Sekolah adalah yang keempat (Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan makalah sekolah).

    Bagian Kedua

    A. James A.F. Stoner memberikan definisi mengenai manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

    B. Supono, Boedyo. 2011. Peranan Modal Sosial dalam Implementasi Manajemen dan Bisnis. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 11(1), 10-16.

    C. Berdasarkan pengertian manajemen di atas, dapat diketahui bahwa dalam manajemen memiliki beberapa tahapan. Seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan terhadap usaha maupun sumberdaya organisasi yang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    D.Menurut Saya, pengertian manajemen menurut James A.F sangat baik jika diterapkan pada Mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Karena dalam mengelola sebuah majalah sekolah perlu dilakukan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan agar sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

    BalasHapus
  27. Nama : Vitria Indriyani S
    NIM : A310170167

    Bagian pertama.
    Setelah memahami CPMK mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah tersebut. Maka, bagian yang sesuai dengan CPMK Manajemen Majalah Sekolah adalah mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah.

    Bagian kedua:
    A. Menurut Wirjana (2007:11) Menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana orang - orang yang bertanggung jawab dalam suatu orang, menyelesaikan tugas - tugas melalui upaya - upaya oranglain dalam kegiatan sekolah.


    B. Sumber : Gita, Wiartika.,dkk. 2015. Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakurikuler jurnalistik di SMA 4 Singaraja. Jurnal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1), 1-13

    C. Berdasarkan pengertian dari manajemen menurut Wijarna diatas dapat dipahami bahwa manajemen dapat mengajarkan setiap orang untuk bertanggungjawab atas dirinya sendiri maupun oranglain dalam suatu kelompok untuk mampu menyelesaikan tugas - tugas sebagai upaya bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu, misalnya organisasi dalam suatu sekolah dalam membuat suatu media.

    D. Setelah membaca CPMK dan Memahami isi jurnal tersebut jika diimplementasikan pada Mata Kuliah Manajemen Majalah Sekolah, akan melatih mahasiswa untuk memiliki teknik dalam membina serta dalam proses pembuatan media sekolah untuk meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan media majalah di sekolah menjadi suatu produk majalah yang baik.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Nama : Salma Fitriyani
    NIM : A310170166
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama
    Menurut saya setelah memahami CPMK butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir yang keempat yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.

    Bagian Kedua
    A. George R.Terry dalam bukunya “Principles of Management”
    Manajemen adalah proses pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui kegiatan yang dilakukan oleh orang lain.

    B. George R Terry dan Leslie W Rue. 2000. Dasar- Dasar Manjemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

    C. Hakikat dari fungsi manajemen dari Terry adalah apa yang direncakan, itu yang akan dicapai. Maka itu fungsi perencanaan harus dilakukan sebaik mungkin agar dalam proses pelaksanaanya bisa berjalan dengan baik serta segala kekurangan bisa diatasi. Sebelum kita melakukan perencanaan, ada baiknya rumuskan dulu tujuan yang akan dicapai. Fungsi manjemen menurut George R Terry yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Penggerakan, 4) Pengawasan.

    D. Menurut saya definisi manajemen dari Terry sesuai untuk di implementasikan dengan Manajemen Majalah Sekolah, karena Terry memberikan rumusan fungsi manajemen yang lebih mendasar dan mudah untuk diterapkan. Terry juga membuat teori ini agar lebih mudah diterapkan dalam berbagai organisasi secara fleksibel. Artinya, empat fungsi manajemen menurut Terry ini lebih kompatibel dan adaptabel dengan berbagai bentuk dan jenis organisasi termasuk dalam Manajemen Majalah Sekolah.

    BalasHapus
  30. Nama :Ardina Sholikhah
    NIM :A310170177
    Kelas :7G

    Bagian Pertama
    Memilih CMPK gambaran butir nomor 4. Sesuai dengan materi yang diberikan, gambaran nomor 4 cocok dan sesuai dengan tahapan-tahapan manajemen majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    a. Ricky W. Griffin
    “Manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Efektif di sini maksudnya tujuan tercapai sesuai rencana, dan efisien berarti bahwa manajemen dilakukan secara cermat, terorganisir, dan tepat waktu.”
    b. Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen Jilid 1 Edisi 7. Terjemahan. Penerbit Erlangga. Jakarta. https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-fungsi-dan-unsur-manajemen/
    c. Definisi tersebut dapat menjelaskan bahwa manajemen adalah suatu proses yang dapat berupa perencanaan, mengorganisasi, berkoordinasi, dan suatu bentuk mengontrol sumber daya alam yang ada demi suatu tujuan agar tercapai secara efektif dan efisien. Efektif yang dimaksud adalah tujuan yang tercapai sukses sesuai dengan rencana, sedangkan efisien yang dimaksud disini ialah manajemen yang dilakukan secara cermat, terorganisir, dan tepat waktu sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
    d. Berdasarkan definisi tersebut, dapat diimplementasikan di sekolah terkait dengan Manajemen Majalah Sekolah. Dalam mengelola majalah sekolah, diperlukan manajemen yang baik. Mulai dari rubrik atau dari judul, tema, manfaat, penerbitan, dan lain-lain. Penerbitan majalah sekolah memerlukan biaya yang lumayan banyak. Jika tidak diimbangi dengan manajemen yang baik, maka akan kualahan terhait biaya penerbitan. Begitu juga dengan manajemen pencarian data atau materi yang ingin dimasukkan ke dalam majalah sekolah. Itu juga memerlukan manajemen yang baik supaya majalah yang diproduksi dapat berkualitas dengan memanfaatkan sumber daya yang ada (berupa hasil pemikiran siswa dan guru) dan konsumen yang selalu menantikan majalah sekolah tersebut.

    BalasHapus

  31. Nama: Melisa Sheila
    Nim:A310170189
    Kelas: 7D

    Bagian Pertama
    Setelah membaca dan mengamati CMPK gambaran yang paling cocok untuk pembelaaran menejemen majalah sekolah, yaitu mahasiswa mampu untuk menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah- Papirus.
    Bagian kedua
    a. Definisi Menejemen
    Harold Kontz dan Cyril O’donnel (1980) mengatakan bahwa manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian. Dengan demikian, manajemen mangacu pada suatu proses mengkoordinasikan dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja untuk diselesaikan secara efisien dan efektif dengan melalui orang lain. Proses menggambarkan fungsi-fungsi manajemen berjalan sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
    b. Sumber
    Batlajery Samuel.(2016) Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal: ILMU EKONOMI & SOSIAL. VII (02,132-155.
    c. Penjelasan definisi
    Menejemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Menejemen sama halnya dengan berproses, berproses dalam mencapai tujuan bisa dalam sejumlah aktivitas. Dengam membuat perencanaan terlebih dahulu kemuidan melakukan step by step hingga tercapainya tujuan yang dinginkan. Proses tersebut akan efektif dan efisien dikerjakan dengan melalui orang lain karena bersifat mengkoordinasi dan mengintegritaskan kegiatan-kegiatan kerja yang diselesaikan.
    d. Pendapat
    Menurut saya, pendapat Harold Kontz dan Cyril O’donnel (1980) bisa diimplementasikan dalam mata kuliah Manejemen Majalah Sekolah. Harold Kontz dan Cyril O’donnel (1980) berpendapat bahwa menejer mengadakan koordinasi atas sejumpah aktivitas orang lain meliputi perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian. Dengan itu bisa tercapainya menejemen majalah sekolah dengan proses mengkoordinasi mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja untuk diselesaikan secara efisien dan efektif dengan melalui orang lain. Proses menggambarkan fungsi-fungsi manajemen berjalan sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

    BalasHapus
  32. Nama : Aditiya Dwi Prasetiyo
    Nim : A310170168
    Kelas : VII D

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama

    Setelah saya memahami CPMK, menurut saya semua butir yang ada di dalam CPMK tersebut cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih sesuai adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.

    Bagian Kedua

    A. Kutipan definisi manajemen yang diberikan seorang ahli:

    Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry dalam Arif, 2008:236).

    B. Sumber Sitasi

    Arif, Saiful Nur dan Iskandar Zulkarnain. (2008). Dasar-dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi. Jurnal SAINTIKOM, 5(2), 236-247.

    C. Penjelasan Definisi Manajeman Menurut George R. Terry

    Manajemen sangat penting bagi setiap aktivitas individu atau kelompok dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen berorientasi pada proses yang berarti bahwa manajemen membutuhkan sumber daya manusia, pengetahuan, dan keterampilan agar aktivitas menjadi lebih efektif atau dapat menghasilkan tindakan dalam mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu, tidak akan ada organisasi yang sukses apabila tidak menggunakan manajemen yang baik. George R. Terry membagi empat fungsi dasar manajemen, yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan/ Penggerakan), dan Controlling (Pengawasan). Keempat fungsi manajemen tersebut disingkat dengan POAC.

    D. Pendapat Mengenai Implementasi dari Definisi Manajemen Menurut George R. Terry Berkaitan Dengan Manajemen Majalah Sekolah

    Menurus saya, definisi manajemen dari George R. Terry dapat diimplementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena jika dilihat dari definisi tersebut, George R. Terry mengungkapkan bahwa manajemen itu terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan.

    BalasHapus
  33. Nama : Alda Dwi Nanda
    NIM : A310170200
    Kelas: D

    Bagian Pertama :
    - Menurut saya setelah memahami CPMK butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah (MMS) ialah butir keempat yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah -Papirus.

    Bagian Kedua:

    A. Kutipan definisi manajemen yang diberikan para ahli:
    Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan
    Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan menyatakan bahwa Manjemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain nya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

    B. Sumber Sitasi
    Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan. 2011. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

    C. Berdasarkan definisi manajemen menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan diatas, dapat dipahami bahwa manajemen dapat mengajarkan setiap kita semua untuk konsisten dan bertanggung jawab dalam kehidupan. Seperti hal nya mengatur sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya agar efektif dan efisien. Dengan melakukan hal tersebut, maka semuanya lebih tertata dan terarah.

    D. Setelah membaca CPMK dan memahami isi tersebut, jika diimplementasikan pada Mata Kuliah Manajemen Majalah Sekolah, sangat baik dan juga cocok. Karena pada dasarnya manusia harus dilatih tentang manajemen kehidupan terutama didasarkan pada manjamen sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Kemudian dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam dirinya dan dalam Manajemen sekolah.

    BalasHapus
  34. Nama : Nurul Aisah
    NIM : A310170163
    Kelas : 6D

    Bagian Pertama
    Setelah saya membaca dan memahami CPMK, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah ini adalah butir yang keempat. Yaitu Mahasiswa mampu menyelenggarakkan pengelolaan majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    A. Manajemen menurut Rohiat (2010:14) manajemen merupakan alat untuk mengelola sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.

    B. Sumber :
    Nur, Muhammad., Dkk. 2016. “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN dayah Guci kabupaten Pidie”. Jurnal administrasi pendidikan. 4(1). 93-103.

    C. Berdasarkan pengertian menurut Rohiat (2010:14) manajemen merupakan suatu alat untuk mengelola sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu dari suatu organisasi atau kelompok. Secara umum manajemen memiliki fungsi, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian.

    D. Menurut saya definisi manajemen menurut Rohiat dapat diimplementasikan kedalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena manajemen salah satu alat untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisin dari suatu organisasi atau kelompok dengan cara dapat menerapkan fungsi manajemen secara umum yaitu: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian.

    BalasHapus
  35. Mama : Putri Malaysi Rahmawati
    NIM : A310170178
    Melas : D

    Bagian Pertama
    Setelah membaca, Bagian ke-4 menurut saya yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah.

    Bagian Kedua

    Menurut Charles Babbage
    A. Menurut Charles Babbage merupakan penganjur awal dari prinsip pembagian tenaga kerja. Ia percaya bahwa setiap pekerjaan dalam pabrik harus dipecah sehingga bermacam-macam keterampilan yang terlibat dapat dipisahkan. Setiap pekerja kemudian dapat dididik dalam satu keterampilan khusus dan harus bertanggungjawab hanya pada sebagian dari keseluruhan proses (bukan pada keseluruhan). Dengan cara ini, waktu pendidikan yang mahal dapat dikurangi, dan pengulangan yang terus menerus dari setiap pekerjaan akan meningkatkan keterampilan pekerja dan menambah efisiensinya.
    B. Priyono. 2007. Pengantar Manajamen. Sidoarjo:Zifatama Publisher.
    C. Dari penjelasan Charles diatas, dijelaskan bahwa dalam suatu pekerjaan harus ada bagian-bagian tertentu pada seriap orang. Dengan begitu waktu bisa lebih terkurang, dan pengulangan yang terus menerus dari setiap pekerja akan meningkatkan ketrampilan.
    D. Menurut saya ini sangat baik jika dilakukan dengan teliti.
    Dalam suatu pekerjaan memang harus ada bagian bagian keahlian pada setiap orang. Hal ini akan sangat membantu dalam suatu pekerjaan yang di kerjakan dengan bersamaan.

    BalasHapus
  36. Nama : Nabila Jayshi Syah Putri
    Nim : A310170169
    Kelas : D

    Bagian Pertama
    Setelah saya membaca dan memahami CMPK jadi butir yang cocok untuk mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir keempat yaitu mahasiswa mampu untuk menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    A. Definisi Manajemen Menurut Ahli :
    Menurut Cushway (1994:3) mengemukakan bahwa manajemen merupakan bagian dari proses yang membentuk organisasi mencapai tujuan.

    B. Sumber :
    Sumber : Marnis,Priyono.2009.Manajemen Sumber Daya Manusia Sidoarjo: Zijatama Publisher.

    C. Berdasarkan pengertian manajemen menurut Cushway (1994:3) dapat dijelaskan bahwa manajemen merupakan suatu bagian-bagian yang berasal dari proses. Untuk dapat mencapai suatu tujuan yang telah dirancang sebelumnya.

    D. Menurut pendapat saya implementasi dari Cushway (1994:3) sesuai apabila diimplentasikan kedalam manajemen majalah sekolah karena hal ini dapat mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan bagian-bagian setiap prosesnya agar memiliki tujuan yang jelas.

    BalasHapus
  37. Nama: Danu Denri S
    Nim: A310170172
    Kelas: D

    Bagian Pertama

    Setelah membaca dan memahami CPMK menurut saya nomor 4 sangat cocok dan sesuai dengan tujuan mata kuliah manajemen majalah sekolah. Yakni mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Bukan hanya teori tetapi mahasiswa dituntut untuk praktik langsung.

    Bagian Kedua

    1. Menurut G.R. Terry (dalam Hanafi, 2000:4) pengertian manajemen adalah proses yang khas
    terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan tenaga manusia dan sumber daya lainnya.
    2. Hanafi, M. M. 2000. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
    3. Manajemen dikatakan sebagai suatu proses yang khas yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan. Tahapan tesebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai suatu tujuan diperlukan sumber daya dan tenaga manusia dalam melaksanakan dan mendukung tahapan-tahapan tersebut.
    4. Manajemen majalah sekolah kaitannya dengan definisi manajemen diatas yakni untuk membuat wadah yang dapat menampung aspirasi warga sekolah maupun diluar sekolah diperlukan manajemen yang baik. Manajemen tidak serta merta dapat dilaksanakan tanpa adanya dukungan dari sumber daya dan tenaga manusia dalam hal ini pengurus majalah sekolah. Untuk membuat majalah sekolah yang baik diperlukan proses yang terdiri dari beberapa tahapan yakni mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan. Hal tesebut tentu perlu di dukung oleh tenaga sekolah baik guru maupun siswa dan sumber daya lain seperti sarana prasarana dan dukungan dari warga sekolah itu sendiri.

    BalasHapus
  38. Nama : Ludiya Yayang Mirana
    Kelas : 7D
    NIM : A310170170

    Bagian Pertama :
    Setelah membaca dan memahami CPMK diatas, yang cocok dan sesuai dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah menurut saya di butir kedua dan keempat. Karena mahasiswa seharusnya terlebih dahulu mampu memahami cara pengelolaan/manajemen majalah sekolah baru setelah itu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.

    Bagian Kedua :
    A. Manajemen menurut Mary Parker Follet, manajemen diartikan sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

    B. https://bursanom.com/pengertian-manajemen/

    C. berdasarkan pengertian dari Mary Parker Foller, menurut manajemen itu artinya mengarahkan atau memberi petunjuk pada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Dan seseorang yang memberi arahan ini disebut manajer.

    D. Manajemen majalah sekolah menurut saya memiliki kaitan dengan pengertian manajemen diatas karena dalam manajemen juga dibutuhkan sebuah arahan, pengorganisasian yang baik dan terencana. Hal tersebut juga perlu didukung dari peran antar warga sekolah.

    BalasHapus
  39. Nama : Aisyah Rahmawati
    NIM : A310170183
    Kelas : 7D

    Bagian pertama

    Setelah saya memahami CPMK, menurut saya butir yang ada di dalam CPMK tersebut semua cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih sesuai butir keempat yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.

    Bagian kedua

    A. Definisi Manajemen
    Manajemen menurut James A.F Stoner merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

    B. Sumber
    https://www.zonareferensi.com/pengertian-manajemen/

    C. Definisi
    Dari pengertian diatas, manajemen sangat penting dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

    D. Implementasi
    Manajemen Majalah Sekolah menurut saya mempunyai keterkaitan dengan definisi manajemen tersebut karena dalam manajemen majalah sekolah membutuhkan suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

    BalasHapus
  40. Nama : Harun arizal
    Nim : A310170187
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama
    Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang saya pilih yang cocok adalah keempat yaitu mahasisawa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.

    Sumber :
    Yogyakarta: Global Pustaka Utama.
    Nursisto. 2005. Membina Majalah Dinding. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

    Bagian kedua
    Manajemen menurut para ahli
    Mirip dengan media cetak lainnya majalah tampil lebih berisikan pengetahuan dari pada hal-hal yang menyangkut selera dan perasaan dari komunikannya. Media ini bukan sarana yang dibaca selintas saja seperti media aktual (Broadcast Media), tidak juga membutuhkan perhatian pada waktu tertentu, media ini tidak dengan segera dapat di kesampingkan seperti Koran, majalah dapat disimpan oleh pembaca selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, kadang-kadang bertahun-tahun. (Defleur Dennis:137).

    Definisi :
    Menurut diatas manajemen sangat penting dalam pengelolaan perorganisasian dalam sekolahan.terutama manajemen tentang sekolah semua di atur dalam lingkup pemberdayaan sekolah.

    Implementasi :
    Manajemen majalah sekolah merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemetaan terhadap jalannya proses pembuatan majalah dari awal pembuatan majalah hingga pendistribusian majalah kepada sivitas akademika di sekolah.



    BalasHapus

  41. Nama : Hanif Pradana
    NIM : A310170186
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama

    Setelah membaca dan memahami CPMK, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir yang ke-4 yaitu, Mahasiswa mampu menyelenggarakan Pengelolaan Manajamen sekolah.


    Bagian Kedua
    A.Definisi manajemen menurut seorang ahli
    Menurut Lazwardi (2017), manajmenen merupakan suati ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian ( controling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


    B. Heru, T.Hani. 2012. Manajemen, BPPE. Jakarta hal 18

    C. Berdasarkan dari pengertian di atas dapat dijelaskan bahwa manajemen merupakan suatu kegiatan terencana untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan melalui beberapa tahapan mulai dari 1) tahap perencanaan yang berisi menetapkan tujuan, merumuskan keadaan, mengidentifikasi kemudahan dan hambatan yang dapat saja terjadi, dan mengembangkan rencana; 2) tahap pengorganisasian yaitu mengacu pada rencana dan tujuan, menentukan tugas, membagi tugas, mengalokasikan sumber daya, dan evaluasi; 3) tahap pelaksanaan yaitu mewujudkan kerja sama sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan; dan 4) tahap pengendalian yaitu memantau kemajuan dalam organisasi.

    D. Pendapat Mengenai Implementasi dari Definisi Manajemen Menurut George R. Terry Berkaitan Dengan Manajemen Majalah Sekolah

    Menurus saya, definisi manajemen dari George R. Terry dapat diimplementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena jika dilihat dari definisi tersebut, George R. Terry mengungkapkan bahwa manajemen itu terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan. Hal itu sesuai dengan butir-butir dalam capaian perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah. Dari capaian tersebut menunjukkan proses yang meliputi tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan yaitu mampu menerbitkan majalah sekolah –Papirus.

    BalasHapus
  42. Nama : Neneng Wicayanti
    NIM : A310170157
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama

    Setelah saya membaca dan memahami CPMK, menurut saya butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah — Papirus.

    Bagian Kedua

    A. Menurut Koontz (2015), menyatakan
    bahwa manajemen adalah seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang
    mendasarinya. Namun ruang lingkup manajemen tidak terbatas hanya pada leader. Karena kepemimpinan
    hanyalah bagian dari manajemen. Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa manajemen itu adalah seni
    dalam mengelola. Sebuah seni tentunya tidak hanya menggunakan satu metode semata. Metode yang
    digunakan haruslah banyak untuk kemudian menjadikannya sebagai seni yang bernilai tinggi. Begitu pula
    dengan manajemen, untuk menata sebuah sistem harus memiliki manajemen yang baik dan hadal agar
    sistem tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya.

    B. Ibrahim, Akhmadrandy. 2016. Analisis Implementasi Manajemen. Jurnal EMBA. Vol. 04. No. 02.

    C. Mengacu pada pengertian manajemen menurut Koonts, menurut saya manajemen yaitu mengelola sesuatu dengan menggunakan berbagai metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang di inginkan serta kegiatan yang di kelola bisa berjalan dengan baik dan benar.

    D. Menurut saya, manajemen menurut Koonts, jika di implementasikan dengan manajemen majalah sekolah sangat cocok karena untuk menata sebuah sistem harus memiliki manajemen yang baik dan handal agar sistem tersebut bisa berjalan dengan semestinya.

    BalasHapus
  43. Nama : Dika Ukhti Rahmawati
    Nim : A310170201
    Kelas : 7D

    Bagian Pertama
    Setelah saya memahami CPMK, menurut saya semua butir yang ada di dalam CPMK tersebut cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih sesuai adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
    Bagian Kedua
    A. Kutipan definisi manajemen yang diberikan seorang ahli:
    Menurut George R. Terry (dalam Arif, 2008:236) manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
    B. Sumber Sitasi
    Arif, Saiful Nur dan Iskandar Zulkarnain. (2008). Dasar-dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi. Jurnal SAINTIKOM, 5(2), 236-247.
    C. Penjelasan Definisi Manajeman Menurut George R. Terry
    Manajemen sangat penting bagi setiap aktivitas individu atau kelompok dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen berorientasi pada proses yang berarti bahwa manajemen membutuhkan sumber daya manusia, pengetahuan, dan keterampilan agar aktivitas menjadi lebih efektif atau dapat menghasilkan tindakan dalam mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu, tidak akan ada organisasi yang sukses apabila tidak menggunakan manajemen yang baik.
    D. Pendapat Mengenai Implementasi dari Definisi Manajemen Menurut George R. Terry Berkaitan Dengan Manajemen Majalah Sekolah
    Definisi manajemen dari George R. Terry menurut saya dapat diimplementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena jika dilihat dari definisi tersebut, George R. Terry mengungkapkan bahwa manajemen itu terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan. Hal itu sesuai dengan butir-butir dalam capaian perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah. Dari capaian tersebut menunjukkan proses yang meliputi tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan yaitu mampu menerbitkan majalah sekolah –Papirus.

    BalasHapus
  44. Nama : Atriana Devi
    NIM : A310170155

    Pertama
    Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke-4 yaitu, Mahasiswa mampu menyelenggarakan Pengelolaan Manajamen sekolah.

    Kedua
    1.Definisi Manajemen Menurut Ahli
    Manajemen adalah proses perencanaan, pengorgangisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan (Stoner J.A., R.E. Freeman dan D.R. Gilbert Jr., 1995).

    2.Sumber
    Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

    3.Setelah memahami pengertian manajemen dapat dijelaskan bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan dan alur berjalannya dengan pemafaatan sumber daya dalam organisasi yang berupa sumber daya manusia.

    4.Menurut Saya, pengertian manajemen menurut Stoner J.A., R.E. Freeman dan D.R. Gilbert Jr. dapat diimplementasikan dalam melakukan menejemen majalah sekolah. Karena, dalam mewujudkan manejemen sekolah yang baik juga melalui proses pemanfaatan sumber daya yang ada dalam lingkungan sekolah, yaitu sumber daya manusia mupun sumber-sumber yang lain.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.