MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII A KETIGA, MANAJEMEN DALAM MAJALAH SEKOLAH

 MANAJEMEN DALAM MAJALAH SEKOLAH  


Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  Marilah selaturahmi dengan bahasa tulis ini kita awali dengan membaca basmallah bersama-sama. 

Keindahan dalam berkomunikasi itu terwujud, bila di antra kita saling memiliki harap. Apalagi harap untuk kesuksesan di masa depan. 

Materi yang ketiga ini masih berkait dengan manajemen. Manajemen itu bisa dimaknai secara luas dan sempit. Makna sempit karena sudah ditujukan pada kegiatan tertentu yang memiliki tujuan tertentu pula. Marilah! Memahami konsep manajemen majalah sekolah.

Saya mengharapkan selalu bersemangat!

        

Baiklah. 

Pembicaraan mengenai manejemen minggu yang lalu sudah dilaksanakan --secara tertulis. Sebenarnya ada butir-butir yang dikuasai. Butir pertama, konsep manajemen secara umum itu berbeda dengan konsep manajemen majalah sekolah. Perhatikanlah! Manajemen secara umum diaplikasikan ke lembaga/organisasi/institusi yang lebih luas bergeraknya. Bila itu berkenaan dengan publikasi, maka majalah yang dipublikasikan juga memiliki ciri yang luas. Bacalag Bab II s.d. Bab IV, mulai halaman 18 s.d. 77! Secara luas sudah dijelaskan mengenai konsep keduanya. Persiapkan diri Anda menguasai materi tersebut untuk ujian tengah semester. 

Butir kedua, penjelasan mengenai ciri, alasan pengelolaan, dan penting publikasi majalah umum dan majalah sekolah. Usaha membandingkan! Redaksi majalah umum dengan majalah sekolah yang sudah diterbitkan oleh sekolah-sekolah! Sampai pada umpan balik dalam perkuliahan kedua. Anda diminta menuliskan kembali mengenai keredaksian majalah umum dan majalah  sekolah. Usaha Anda ini dilakukan dengan mengetahui orang-orang yang duduk di redaksi. Siapa saja? Nama perlu Anda kenal! Berapa orang yang duduk di posisi itu? Ada yang cukup satu orang ada beberapa orang. Juga, diperlukan usaha Anda untuk mencari tahu posisi redaksi itu membutuhkan pengetahuan apa sajakah? Anda menemukan bukti bahwa ada sekolah yang memiliki majalah sekolah dan ada yang tidak memiliki majalah sekolah. Mengapa demikian?

Pemahaman Anda sampai pada majalah sekolah itu bagian dari kegiatan ekstrakurikuler. Pimpinan atau kepala sekolah memiliki peran penting dalam hal terselenggarakannya penerbitan di sekolah. Kesulitanyang dialami adalah kepala sekolah abai, kakrena tidak memiliki bekal jurnalistik (komunikasi). Perhatikan! Kondisi masa pandemi Covid-19 saat ini adakah kepedulian pihak sekolah terhadap majalah sekolah? Sebenarnya, majalah online bisa dimanfaatkan sedemikian rupa untuk keperluan membantu mengembangkan penguasaan bidang kurikulum sekolah. 

Butir ketiga, setelah memahami konsep manajemen umum dan sekolah selanjutnya bisa ditarik ke arah manajeman majalah sekolah pemahaman Anda. Sampai pada adanya jenis majalah sekolah meliputi: majalah dinding, majalah sehalaman/satu halaman, majalah stofmap, dan majalah cetak.

Amatilah sekolah di sekitar Anda! Bagaimanakah? Adakah jenis publikasi tersebut? Mengapa bisa demikian?  Butir keempat, majalah sekolah memperhatikan rublikasi. Apakah rubrikasi itu?  Silakan baca bab IV dan bab V.. Sekali lagi, amati majalah umum dan majalah sekolah! Selanjutnya buatlah daftar perbandingan rubrikasinya! Berikanlah alasan mengapa rubrikasi keduanya berbeda?

Konsep majalah umum dan majalah sekolah. Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil (kesejahteraan dan kebahagiaan) yang maksimal dengan usaha yang minimal. Manajemen majalah sekolah adalah seni memimpin di bidang publikasi sekolah untuk membawa kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh unsur di lembaga sekolah --kepala sekolah, guru, komite sekolah, sisws, dan orang tua.

Majalah sekolah membutuhkan kemampuan manajerial. Kepala sekolah dan guru (yang ditunjuk sebagai pembina) sebagai pihak yang berkepentingan dalam menghidupkan publikasi sekolah (majalah sekolah).


Umpan Balik

Setelah Anda mengikuti penyajian materi perkuliahan ketiga ini, maka lakukanlah!

Pertama

A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum Anda! (1)    Nama majalah, nama lembaga yang menerbitkan, nomor ijin penerbitan, slogan/topik majalah umum tersebut. (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi. B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah. Sesuaikan dengan A. C. susunlah draf redaksi Papirus dengan mengacu pada susunan redaksi majalah yang sudah Anda amati A dan B.  Isi nama yang menduduki posisi itu menurut Anda --dengan memperhatikan potensi teman Anda di kelas. 

Kedua

A. Baca majalah umum selajutnya tuliskan rubrik apa saja yang ada di majalah terseut! Isi rubrik-rubrik tersebut apa saja. B. Rubrik apa yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik tersebut menarik bagi Anda? C. Bagaimana bila Anda diberikan tugas menulis rubri tersebut! D. Bacalah majalah sekolah! Tulislah rubriknya dan isi rubrik-rubrik itu! Manakah rubrik yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik itu menarik? Bagaimana bila Anda diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut?


Mudah-mudahan Anda dalam keadaan tetap semangat, walaupun dalam komunikasi tertulis. Marilah kita akhiri dengan membaca hamdallah bersama. Alhamdullilah.


Wassalamualaikum wr. wb.

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama : Anggisya Wulan Febrianti
    Nim : A310170004
    Kelas : 7A

    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    1) - Nama majalah : Majalah Wanita Kartini
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Kartini Cahaya Lestari
    - Nomor izin penerbitan : 1693-5659
    - Slogan majalah : Inspiring Reality

    2) Struktur majalah
    - Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi: Bram Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum I: Eric Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum II: Hatawano
    - Wakil Pimpinan Redaksi: Endang Werdiningsih
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: Bram Tuappattinaya dan Endang Werdiningsih
    - Dewan Redaksi: Bram Tuappattinaya, Eric, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Veny Sinuuraya, Galis Remina Babay
    - Redaksi Masakan: Ai Turwina
    - Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmiko. Riza Adam Buchori
    - Staf Khusus: Dr Naik L Tobing, Dr Sumaryati Arjos SKM, Ike Soepomo, Dra Winarini WD Mansoer PhD, Yadi Suharsono Spsi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE
    - Koresponden/Kontributor: Nusa Tenggara (Ruslan Nedi), Maluku ( Saswati Matakena, Febby Kaihatu), Jawa timur (Ita Nasyi’ah)
    - Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    - Pimpinan Usaha: Eric Tuappattinaya
    - Iklan Promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah

    B. 1) Nama Majalah: Ora et Labora
    Nama Lembaga yang menerbitkan: Sekolah Ora et Labora
    Nomor izin penerbitan: -
    Slogan/topik majalah: Serba Serbi PJJ

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    1. Penasehat: Sandi Rahaju
    2. Pembina: Ryan M. Chandra
    3. Pemred: Yulius A.D.B.S.
    4. Editor: RMC
    5. Layout: Yoa Marsidi
    6. Staff redaksi:
    - Panglima Polim:
    TK: Selfiana Djami Raga
    SD: Reka Meurled S., S.Kom.
    SMP: Edi Harianto Artiadi, S.Pd.
    - Pamulang
    TK: Fajar Dwi Lestari, S.E.
    SD: Hersandi Tri A., S.Pd.
    SMP: Lucia Advena Triastuti, S.Pd.
    - Bumi Serpong Damai
    TK: Indah
    SD: Debora Suranti, S.Pd.
    SMP: Stella Abriyanti, S.Pd.
    SMA: Sisillia Sri Wahyuningsih, S.Si.
    SMK:Patrisius Marianus Simanjuntak, M.Hum.

    C. 1) Draf Redaksi
    - Penasehat: Sandi Rahaju
    - Pembina: Ryan M. Chandra
    - Pemred: Yulius A.D.B.S.
    - Editor: RMC
    - Layout: Yoa Marsidi
    - Staff redaksi:

    2) Draf Redaksi Papirus menurut potensi teman dikelas
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pimpinan redaksi: Arul Hidayat
    - Redaksi Pelaksana: Irma Eka Ariyani
    - Sekretaris Redaksi: Niken,
    - Staf redaksi: Yunia Nuring
    - Bendahara: Resti , Malisa
    - Fotografer: Anas Firdaus, Hizbi Naufal
    - Setting dan Layout: Anas , Nurin
    - Pimpinan Usaha: Yanuar Ahmad
    - Iklan dan Promosi: Ferrydiana Chandra , Carolina , Henika

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA
      1. Rubrik Majalah Umum
      a. - rubrik mode, kecantikan, dapur, kebun
      - artikel kewanitaan lengkap dengan lembaran khusus untuk anak-anak.
      - Rubrik-rubrik lain yang hampir selalu pasti hadir dalam tiap terbitannya, antara lain, adalah rubrik utama "Surat Pembaca", "Antara Kita", "Dokter", "Madame Komentar", "Dari Hati Ke Hati", "Tip", "Komik", "Pola", "Rumah", "Kisah Sejati", "Quiz", "Teka-Teki Silang", "Resensi Buku", "Resensi Film", "Cerita Pendek", dan "Cerita Bersambung".
      b. Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik Teka-Teki Silang, karena rubrik tersebut sangat menarik.
      c. Jika saya mendapat kesempatan diberikan tugas tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin, menyajikan kolom serta pertanyaan pada Teka-Teki silang yang semenarik mungkin sehingga dapat menarik seseorang yang ingin mengisinya. Seperti Teka-teki silang pengetahuan umum dll.

      2. Rubrik Majalah Sekolah
      a. - Rubrik Opini
      - Laporan utama
      - Artikel
      - Mimbar agama yang berkaitan seputar info agama
      - Rubrik informasi terdiri dari prestasi, ekstrakulikurer, kreatifitas
      - Cerpen : cerita pendek karya siswa
      - Info sehat : seputar Kesehatan
      - Galeri : foto-foto yang berkaitan denga isi majalah, profil sekolah, foto prestasi dll
      b. Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik informasi, karena rubrik tersebut memberikan informasi update yang berkaitan dengan sekolah.
      c. Jika saya diberi tugas tersebut maka saya akan menggali informasi yang terbaru dan menulis isi serta akan menggunakan pengetahuan saya sehingga rubrik menjadi semenarik mungkin agar dapat menarik pembaca.

      Hapus
  3. Nama : Malisa Putri Utami
    NIM : A310170005
    7A

    Pertama
    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum
    1. Nama majalah : Majalah Bahasa dan Sastra (ESENSI)
    2. Nama lembaga yang menerbitkan : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    3. Nomor ijin penerbitan : No.1 Tahun 2015
    4. Slogan/topik : Kebahasaan dan kesusastraan

    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pengarah:
    Kepala Badan Pengembangan
    dan Pembinaan Bahasa
    Pembina :
    Kepala Pusat Pengembangan
    dan Pelindungan, Kepala Pusat
    Pembinaan dan Pemasyarakatan
    Pemimpin Umum:
    Prih Suharto
    Wakil Pemimpin Umum:
    Malem Praten
    Pemimpin Redaksi :
    Teguh Dewabrata
    Sekretaris Redaksi
    Efgeni
    Redaktur :
    Nana Riskhi Susanti
    Sidang Redaksi :
    Devi Luthfiah
    Tamam Ruji Harahap
    Penata Artistik:
    Isa Jaya Pardomuan Simanjuntak
    Sekretariat :
    Deni Setiawan
    Dede Supriyadi
    Halipah Nasyiah Syafir
    Delia Saparini
    Penerbit :
    Badan Pengembangan dan
    Pembinaan Bahasa, Kementerian
    Pendidikan dan Kebudayaan

    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah.
    1. Nama majalah : The Journal of ESTEEM
    2. Nama lembaga yang menerbitkan : Dewan Redaksi Jurnal ESTEEM SMK N 3 Jombang
    3. Nomor ijin penerbitan : -
    4. Slogan/topik : Pendidikan dan Motivasi

    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pelindung : Drs. Ganis Soebintang, ST., M.Si.
    Pembimbing : Wakasek Humas, Kurikulum, Ketenangan, Sarana dan Prasarana dan Kesiswaan
    Penanggung Jawab : Nurani
    Ketua Redaksi : Edo Rahmat Hidayat
    Bendahara : Yasqi Ilyadiana Putri
    Sekretaris : Revaldo Alif Wibisono
    Koordinator Jurnalis : Alif Dhurrotul, Fatmawati, Agus Wijayanto, Fiki Muh. Subur, Rahmat Wahyu Jatmiko
    Editor : Adi Suseno, Putri Dinda, Tintawati, Anwar
    Sie Humas : Krisna Darmawan
    Setting dan Lyout : Austin Fascal Iskandar, M. Zainul Muttaqin, Muzaqki Vadiansah
    Distribusi : Anta Maulana dan M. Al- Mahdi
    Anggota Redaksi : M. Fuad, Yessy Riyantika, Noor Afian Salafin, Wahyu Adi Wijaya, Panani Tri Setyawan, Didit Feri Fadiansa.

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan memperhatikan potensi teman di kelas.
    Pembimbing : Agus Budi Wahyudi
    Penanggung Jawab : Nurul Hidayat
    Ketua Redaksi : Irma Eka Ariyani
    Bendahara : Resti rendiro
    Sekretaris : Anisa Fisabililla
    Koordinator Jurnalis : Tiarasani Wulandari, Rinda Vera M, Yuliana Nur
    Editor : Anas Puspitasari Dewi, Nabila Resha, Carolina Vera
    Sie Humas : Malisa Putri Utami dan Ferrydiana Candra
    Setting dan Lyout : Januar Ahmad, Hizbi Nouval, Afifah Eska
    Distribusi : Niken Setyorini dan Nurin Nurfikawati
    Anggota Redaksi : Lutfi, Dewi Andala, Anggisya, Dwi Anita, Nur hidayah, Eka Putri

    Kedua
    A. Baca majalah umum selajutnya tuliskan rubrik apa saja yang ada di majalah tersebut
    - Rubrik Esai, Rubrik Kritik, Rubrik Tradisi, Rubrik Tokoh, Rubrik Opini, Rubrik Cerpen, Rubrik Wawasan, Rubrik Resensi, Rubrik Marginalia
    Isi rubrik-rubrik tersebut apa saja
    - Keindahan alam dan bahasa di Tambora

    B. Rubrik apa yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik tersebut menarik bagi Anda?
    Menurut saya yang menarik adalah rubrik esai. Karaena pada bagian ini menceritakan sebuah keindahan yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Sehingga saya seperti menemukan sesuatu yang baru.

    C. Bagaimana bila Anda diberikan tugas menulis rubrik tersebut?
    Jika saya mendapat tugas untuk menulis rubrik esai yang mengisahkan keindahan alam maka saya akan merasa senang sekali karena tentu saya harus menuju ke lokasi untuk mengamati secara langsung keadaan di sana

    D. Rubrik-rubrik di majalah sekolah
    - Rubrik Artikel, Rubrik Motivasi, Rubrik Olah raga, Galeri Kecil, Rubrik Pengetahuan
    Manakah rubrik yang menarik bagi Anda?
    Menurut saya yang menarik adalah rubrik artikel
    Mengapa rubrik itu menarik?
    Karena pada bagian tersebut ada topik yang membahas suatu model pendidikan yang yang disebut E-Learning. Dan ada pula topik yang membahas mengenai jasa pahlawan.

    Bagaimana bila Anda diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut?
    Jika saya menulis tentang rubrik tersebut maka saya akan mencari topik yang lebih menarik lagi agar pembaca tertarik untuk membaca.

    BalasHapus
  4. Anas Puspitasari Dewi (A3101770007)

    Bagian Pertama
    Umpan Balik
    A. Susunan Redaksi Majalah Umum
    1. Nama majalah: Majalah Gadis
    Nama lengkap penerbit: PT Gaya Favorit Press
    Nomor izin penerbitan: 9 770216 869395
    Slogan/ topik majalah umum: Smart, Stylish, Fabulous

    2. Struktur Organisasi Majalah Gadis
    Pemimpin Redaksi & Pemimpin Komunitas: Didin P. Ambardini
    Rublik Feature
    1. Redaktur Pelaksana: Ireda Trisnowati, Andia Kusumawardhani
    2. Redaktur Senior: Farick Ziat, Maharani Legita, Asri Mirza, Fatimah Ibtisam
    3. Redaktur Madya: Fransiska Soraya
    4. Redaktur: Mariska, Lescha Caesariany, Ayu Poernama
    5. Rublik Mode dan Kecantikan
    6. Redaktur Senior: Lucia Leaf
    7. Redaktur: Leoni Sihombing
    Rublik Online
    1. Redaktur Eksekutif: Rictiany Lauwoie
    2. Redaktur Madya: Muthia Nugrahani
    3. Fiksi: Farick Ziat
    4. Editor: M. Hasriel
    5. Junior Editor: Honda Tranggono
    6. Senior: Hari Hikmatullah
    7. Madya: Irvan Aryawan
    8. Dapur Uji: Nani Bagus (Manager Pelaksana)

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Nama majalah: Jaroe Tada
    Nama lembaga penerbit: Garis_Bawah inc
    Nomor izin penerbitan: -
    Slogan/ topik majalah sekolah: Cerdas & Menginspirasi
    Penasehat: Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd
    Pembina: Syarfati, S.Pd
    Pemimpin redaksi: Lola Tria Miranda
    Sekretaris redaksi: Eva Susanti
    Redaktur pelaksana: Ira Fazira
    Reporter liputan: Cut Handayani, Sabila Riska, Putri Pinsa Yoana Keumala, Sara Rahma Tika

    C. Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    Pelindung: Yakub N
    Pembina: Agus Budi Wahyudi
    Pemimpin redaksi: Nurul Hidayat
    Sekretaris redaksi: Malisa
    Redpel: Nikel
    Editor: Anas, Nurin
    Repoter: Irma, Tiara, Yustika
    Layout: Yanuar
    Staf redaksi: Dyah, Nuring, Rahma

    Bagian Kedua
    Umpan Balik
    A. Rubrik Majalah Umum
    - Isu kesehatan berisi informasi mengenai kesehatan,
    - Dunia karier berisi seputar karier seseorang,
    - Tren kuliner berisi informasi terkini mengenai tren kuliner,
    - Gaya hidup berisi informasi mengenai gaya hidup.

    B. Rubrik yang menarik
    Menurut saya rubrik yang menarik adalah rubrik mengenai tren kuliner, karena jika mengetahui tren kuliner kita dapat mengetahui tren makanan apa saja yang cocok untuk usaha agar dapat mengikuti berkembangkan zaman, jadi dapat menginformasikan kepada masyarakat tren kuliner apa saja yang cocok untuk usaha dan dapat bermanfaat bagi sesama untuk mengembangkan usaha kuliner.

    C. Bila diberi tugas menulis rubrik tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan rubrik tren kuliner tersebut. Harus banyak belajar lagi agar dapat memperoleh informasi untuk dapat mengerjakan sehingga dapat menulis isi rubrik yang menarik minat pembaca.

    D. Rubrik Majalah Sekolah
    - Pojok sastra berisi informasi seputar sastra,
    - Photo gallery berisikan foto mengenai sekolah,
    - Berita peristiwa berisi informasi terkini mengenai sekolah,
    - Cerpen berisi cerita pendek karya siswa,
    - Olahraga yuk berisi seputar olahraga,
    - Tips berisi tips-tips dan informasi dari siswa,
    - Sekolah kita berisi seputar ruang lingkup sekolah.

    - Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik photo gallery, karena saya senang mempotret lingkungan sekitar. Dengan membuat rubrik photo gallery dapat manarik minat pembaca agar tidak bosan saat membaca cerita yang dideskripsikan dalam photo tersebut.

    - Jika saya diserahi untuk menulis rubrik photo gallery saya senang, maka dari itu saya akan mengerjakan tugas tersebut dengan semaksimal mungkin dengan menggali informasi-informasi yang dibutuhkan dalam pembuatan rubrik tersebut.

    BalasHapus
  5. Nama: Aisyah Jayanti
    NIM: A310180174
    Kelas: 7A
    MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH
    - Pertama
    A. Perbaikan susunan redaksi majalah umum:
    1) Nama Majalah: Majalah Bobo (Teman Bermain dan Belajar)
    Nama lembaga penerbit: PT Penerbitan Sarana Bobo-Gramedia Majalah
    Nomor izin terbit:-
    Slogan/topic majalah umum: Manusia-Manusia Android
    2) Susunan redaksi
    Pimpinan redaksi: Widi Krastawan
    Pembina: Andrian Herlambang
    Manager redaksi: Elwin Siregar
    Editor: Aan Kurniawati Madrus
    Staff Editor: Herry Gendut Janarto
    Sekretaris: Ignatia Nandari
    Desain: Hari Mei Harso
    Fotografer: Ricky Martin
    Periklanan: Monika Rina Wijaya
    Promosi: Budi Marwanto
    Manager Editor: Kussusani Prihatmoko
    B. Perbaikan susunan redaksi majalah sekolah
    1) Nama Majalah: Mavissa (Majalah Kreativitas Siswa SMA 1 Sragen)
    Nama lembaga penerbit: SMA Negeri 1 Sragen
    Nomor izin terbit: 003/1482-25/4-28/2001
    Slogan/topic majalah sekolah: Heaven of Smansa
    2) Susunan redaksi
    Penanggung jawab: Drs. Paidi, M.Pd
    Pembina: Edwan Eka Saputra, S.Pd
    Ketua OSIS: Arya Vitra Rahman
    Pimpinan redaksi: Norma Nurochman
    Sekretaris redaksi: 1. Christina Putri A.N. 2. Frischa Aura S.B. 3. Virnanda Cintia P. 4. Ellga Citta P
    Bendahara redaksi: 1. Tasya Azzahra 2. Anggre Farhanna J.
    Reporter: 1. Dika Adi Saputro 2. Khairunnisa’ 3. Nur Syifa O.
    Editor: 1. Muhammad Kevin S.L 2. Rey Umar Ramadhon 3. Muhammad Fadil A 4. Diva Tiara K
    Bag. Skul: Kharisma Rahmatika
    Bag. Umum: Azzamta Muhammad D.H.
    Bag. Sastra: Hani Kartika
    Bag. Seni: Muhammad Asyril
    Desain: Fatimah Kusuma W
    C. Draf Redaksi Papirus menurut potensi teman di kelas
    Penanggung jawab: Agus Budi Wahyudi
    Pembina: Laili Etika Rahmawati
    Pimpinan redaksi: Rizky Bintara P
    Redaksi pelaksana: Bima Wahyu P W
    Sekretaris redaksi: Mariliana Ariesta Vani
    Bendahara redaksi: Rahayu Duwi Rohmah
    Reporter: Badrotun Nikmah
    Editor: Ayu Maya Latifa
    Bag. Umum: Linda Septi Cahyani
    Bag. Sastra: Sarifudin Ihsan Al Amin
    Bag. Seni: Adnan Ranu Paksi
    Desain: Faisal Dio K
    - Kedua
    A. Isi rubrik majalah umum:
    a. Rubrik khasanah, pendidikan, keluarga, ekonomi islam, masyarakat
    b. Sajian khusus: 12 langkah Muhammadiyah
    c. Rubrik Sirdh, karikatur, tafsir, mutiara takwa, syarah hadis, konsultasi popular
    B. Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubric keluarga, karena berisi informasi seputar keluarga yang dapat menambah wawasan serta menarik.
    C. Apabila saya diberi tugas menulis rubric tersebut, saya akan menyusun dengan hati-hati dan telitis serta mengkaji berulang-ulang isi rubric keluarga tersebut. Tujuannya adalah agar tidak ada misinformasi yang dapat berakibat buruk bagi pembaca.
    D. Isi rubric majalah sekolah
    a. Rubrik keagamaan (rohis, rokat)
    b. Headline: Heaven 57
    c. Smansa’s Corner: Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sragen
    d. Smansa’s Voice: Ranking menjadi tolok ukur kesuksesan seseorang
    e. Rubrik event: HUT, diklat, Osis
    f. Rubrik kuis susun kata
    g. Rubrik take & give: menulis pesan kepada penerima secara anonim’
    - Rubrik yang menarik menurut saya adalah Rubrik Take & Give.
    - Mengapa menarik? karena rubric tersebut berisi pesan yang ingin disampaikan penulis kepada penerima, dan uniknya identitas bisa ditulis dengan nama pena atau secara anonim
    - Apabila saya diserahi tugas untuk menulis rubric tersebut saya akan dengan senang hati mengerjakan serta mengembangkan agar lebih menarik, yaitu bisa dengan menambah bagian kritik dan saran kepada sekolah.

    BalasHapus
  6. Nama: Nur Lailatul Hibatullah T.
    NIM: A310170030

    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    1) - Nama majalah : Majalah Wanita Kartini
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Kartini Cahaya Lestari
    - Nomor izin penerbitan : 1693-5659
    - Slogan majalah : Inspiring Reality

    2) Struktur majalah
    - Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi: Bram Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum I: Eric Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum II: Hatawano
    - Wakil Pimpinan Redaksi: Endang Werdiningsih
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: Bram Tuappattinaya dan Endang Werdiningsih
    - Dewan Redaksi: Bram Tuappattinaya, Eric, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Veny Sinuuraya, Galis Remina Babay
    - Redaksi Masakan: Ai Turwina
    - Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmiko. Riza Adam Buchori
    - Staf Khusus: Dr Naik L Tobing, Dr Sumaryati Arjos SKM, Ike Soepomo, Dra Winarini WD Mansoer PhD, Yadi Suharsono Spsi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE
    - Koresponden/Kontributor: Nusa Tenggara (Ruslan Nedi), Maluku ( Saswati Matakena, Febby Kaihatu), Jawa timur (Ita Nasyi’ah)
    - Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    - Pimpinan Usaha: Eric Tuappattinaya
    - Iklan Promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah

    B. Majalah Sekolah
    1) - Nama majalah : Majalah Sekolah Kharisma
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMAN 2 Blitar
    - Nomor izin penerbitan : 9772355876364
    - Slogan majalah : Kiprah Karya SMAN 2 Blitar

    2) Stuktur Majalah
    - Pelindung: Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd
    - Pembina: Eko Sulistiono, S. Kom., Rahmanu Adi Widodo, S.Pd., Hj. Siti Mastupah, S.Pd., Jenitasari Santoso, S.Pd.
    - Penanggung Jawab Penyelenggara: Daffa Adyatama
    - Penanggung Jawab kegiatan: Allay Cartina Baby Millenia
    - Pimpinan Redaksi: Dina Kartika
    - Redaksi Pelaksana: Khusnul Maysaroh, Prajna Paramitha A, Aisyah Adilatus
    - Staf Redaksi: Avis Yuna, Natalia Mega Dharma, Amelia Fatika Hapsari
    - Ilustrator: Rahma, Mega Putri, Wulan Purnama
    - Fotografer: Salwa Salsabila, Charissa Puti Kusuma Dewi, Shinta Ayu
    - Bendahara: Adinnia Eka Suci

    C. Draf Redaksi Papirus
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pimpinan redaksi: Nurul Hidayat
    - Redaksi Pelaksana: Dwi Anita
    - Sekretaris Redaksi: Irma Eka Ariyani
    - Staf redaksi: Giri Tri, Ariani Eka, Martha ayu
    - Bendahara: Yustika Indri
    - Fotografer: Carolina eka, Nabila Resha
    - Setting dan Layout: Eka Putri, Rindita
    - Pimpinan Usaha: Tri Hariono
    - Iklan dan Promosi: Lala kartika, Afifah eska

    BalasHapus
    Balasan

    1. KEDUA
      A. Rubrik Majalah Umum
      Susunan rubrik yang ada pada majalah Kartini
      - Rubrik aktual/eksklusif: Berisi mengani berita terbaru dan ekslusif
      - Profil: Berisi profil seseorang
      - Kisah sejati: Berisi kisah-kisah inspiratif
      - Mode: Berisi tren fashion, dll
      - Gaya hidup: berisi mengenai gaya hidup
      - Kecantikan: membahas seputar kecantikan
      - Fiksi: berisi kisah-kisah fiksi
      - Konsultasi dan Informasi: berisi konsultasi dari konsultan dari majalah kartini

      B. Rubrik Majalah yang Menarik
      Menurut saya, rubrik gaya hidup merupakan rubrik yang menarik adalah rubrik gaya hidup, karena dewasa ini orang-orang banyak sekali yang lebih mempertahtikan gaya hidup, sehingga sangat besar kemungkinan rubrik ini menjadi rubrik yang banyak dibaca oleh pembaca.

      C. Bila saya diamanahi untuk menulis rubrik gaya hidup, saya akan banyak mengangkat topik seputar gaya hidup yang sedang menjadi tren di kalangan pembaca. Selain itu, untuk dapat menuliskan rubrik tersebut saya akan melakukan riset sehigga dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas.

      D. Rubrik pada majalah sekolah
      Susunan rubrik yang ada pada majalah Kharisma Sman 2 Blitar:
      - Mimbar Agama Islam: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama islam
      - Mimbar Agama Khatolik: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama Khatolik
      - Artikel Tamu: Berisi mengenai sekolah-sekolah lain
      - Artikel: Berisi artikel menganai sekolah SMAN 2 Blitar
      - Laporan Utama: Berisi berita utama yang menjadi sorotan
      - Cerpen: Berisi cerita pendek yang ditulis oleh siswa
      - Sekilas Berita: Berita-berita singkat mengenai sekolah
      - Bahasa: Berisi pembahasan seputar bahasa dan sastra
      - Ruang Kesehatan: Berisi informasi seputar kesehatan
      - Tokoh: Pembahasan mengenai tokoh inspiratif
      - Gallery: Berisi foto-foro
      - Humor: Berisi tulisan yang bertujuan untuk hiburan

      - Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik bahasa. Karena rubrik ini sejalan dengan jurusan yang saya jalani saat ini.

      - Jika saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut saya akan menggunakan pengetahuan yang saya dapat selama perkuliahan agar dapat menulis rubrik tersebut.

      Hapus
  7. Nama : Dyah Indah Saladu
    Nim : A310170015
    Kelas : 7A
    PERTAMA
    A. Perbaikan susunan majalah umum :
    1) Nama majalah : Majalah G Priority
    • Nama lembaga yang menerbitkan : PT.Gemilang Larasati Nusantara
    • Nomor ijin penerbitan : No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014
    • Slogan atau topik majalah umum : Jelajah Nusantara

    2) Redaksi dan nama- nama orang yang menempati posisi redaksi
    • Pemimpin Umum : Y. Irawan
    • Penanggung Jawab : Lukman A. Salendra
    • Pemimpin Redaksi : Lukman A. Salendra
    • Editor : Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N
    • Creative Designer : Raden Satria
    • Designer Staff : M. Iqbal R, Annisa Mayang
    • Fotografer : Adityo Prihantoro
    • Pengembangan Bisnis : Lina Langen
    • Keuangan : Rizky Renaldi
    • Account Executive : Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    • Promosi : Dewi Sartika
    • Sirkulasi : Rohila, Wahyudi, Ade
    • Pelatihan : Anggie
    • Penerjemah : Ben Aryo
    • Kontributor : Kalimantan Utara (R Putra, Febrianus Felis)
    • Sumtera Selatan : Hendri
    • Babel : Via
    • Jawa Barat : Ares Resmi
    • Percetakan

    B. Perbaiki susunan redaksi majalah sekolah
    1) Nama majalah : Naashiha (Ajang Kreativitas Keluarga MTs Negeri
    2 Surakarta)
    • Nama lembaga yang menerbitkan : MTs Negeri 2 Surakarta
    • Nomor izin penerbitan : -
    2) Redaksi dan nama- nama orang menempati posisi redaksi :
    • Penasihat Ahli : Drs. Sunarto, M.Pd. (Kepala MTsN
    Surakarta 2)
    • Pemimpin Umum : Hj. Suprapti, S.Pd., M.Pd
    • Wakil Pemimpin Umum : Muh. Islam, S.Ag.,M.Pd.
    • Pemimpin Redaksi : Hayati Pujihastiningrum, S.Pd
    • Wakil Pemimpin Redaksi : Dra. Sri Widayati
    • Dewan Redaksi : Susanto, S.Pd, Dra. Sri Mutanti, Asmawi, S.Ag., S.PdI. , Dra. Saptawati
    • Redaksi Pelaksana : Muanas Sodiq, S.Pd.
    • Staf Redaksi : Sri Puji Rahayu, S.Pd. , Roselina Fatmah, S.Pd. , Silmi Munifatul Faizah, S.Pd. , Siti Rofiah M.Pd. , Joko Widiyanto, S.Kom.
    • Artistik : Totok Darmanto, S.Pd.
    • Litbang : TMT. Marjono, S.Ag.,M.PdI.
    • Arsip dan Dokumen : H. Sulimin
    • Sirkulasi : Hj. Nuk Hartini, BA. , Hj. Royani, S.Pd.

    C. Susunan redaksi papirus
    1) Draf Redaksi
    • Penasehat, Pembina , Pemred, Editor, Layout , Staff redaksi
    2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    • Penasehat : Laili Etika Rahmawati
    • Pembina : Agus Budi Wahyudi
    • Pemimpin Redaksi : Nurul Hidayat
    • Sekretaris Redaksi : Rinda Vera
    • Editor : Rahma Eka
    • Iklan : Martha A, Yustika I
    • Layout : Anas Puspitasari D
    • Staff redaksi : Lala Kartika, Rindita Wahyuningtyas, Eka Putri, Afifah Eskha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA
      A. Rubrik yang ada di dalam majalah umum : “Majalah Kartini”
      • Rubrik aktual/eksklusif
      • Profil
      • Kisah sejati
      • Mode
      • Gaya hidup
      • Kecantikan
      • Fiksi
      • Konsultasi dan informasi, yang tentunya berkaitan pada dunia wanita.
      B. Rubrik yang menarik bagi saya
      • Rubrik yang paling menarik dalam majalah kartini yang telah saya baca adalah rubrik kecantikan karena di dalam rubrik tersebut membahas tentang produk make up. Tidak hanya seputar berdandan saja, tetapi disini juga dijelaskan merk dari kosmetik serta warna apa yang harus digunakan, Yang lebih menarik lagi dari rubrik kecantikan ini ada bagian rombak gaya. Disini, para wanita dapat mengirimkan foto untuk dirombak gayanya, yang kemudian akan dijelaskan lebih lanjut mengenai rombak gaya
      C. Bagaimana bila Anda diberi tugas membuat rubrik tersebut?
      • Jika saya berkesempatan diberi tugas untuk membuat rubrik kecantikan tersebut saya akan merekomendasikan beberapa produk kecantikan yang sesuai dengan skin tone perempuan indonesia yang menonjolkan kepribadian dan gaya wanita indonesia.
      D. Bacalah majalah sekolah! Tulislah rubriknya dan isi rubrik-rubrik itu! Manakah rubrik yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik itu menarik? Bagaimana bila Anda diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut?
      1) Rubrik majalah sekolah :
      • Rubrik informasi berisi tentang berita, resensi (buku dan film), feature, travelling , dan profil
      • Rubrik opini berisi tentang artikel yang mengupas teknologi, life style, dan berbagai opini sosial.
      • Rubrik hiburan berisi tentang komik, cerpen, dan puisi.
      2) Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik informasi karena dapat menambah pengetahun baru dan menambah ilmu yang sebelumnya belum di mengerti
      3) Bila saya diberi kesempatan untuk menulis rubrik informasi saya akan membuat informasi2 tentang film-film yang berhubungan dengan pendidikan , menonjolkan berita yang up to date, dan merekomendasikan informasi-informasi tempat travelling yang menarik bagi kaum pelajar.

      Hapus
  8. Nama : Dwi Anita Sari
    NIM : A310170034

    Pertama
    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum
    1. Nama majalah : G Priority
    2. Nama lembaga yang menerbitkan : PT. Gemilang Larasati Nusantara
    3. Nomor ijin penerbitan : Badan Hukum Pers  No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014)
    4. Slogan/topik : Jelajah Nusantara

    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pemimpin Umum : Y. Irawan
    Penanggung Jawab : Lukman A. Salendra
    Pemimpin Redaksi : Lukman A. Salendra
    Editor : Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N 
    Creative Designer : Raden Satria
    Designer Staff : M. Iqbal R, Annisa Mayang
    Fotografer : Adityo Prihantoro
    Pengembangan Bisnis : Lina Langen
    Keuangan : Rizky Renaldi
    Account Executive : Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    Promosi : Dewi Sartika
    Sirkulasi : Rohila, Wahyudi, Ade
    Pelatihan : Anggie
    Penerjemah : Ben Aryo
    Kontributor : R Putra, Febrianus Felis, Hendri, Babel, Via, Ares Resmi
     

    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah.
    1. Nama majalah : Naashiha: Ajang Kreativitas Keluarga MTs Negeri Surakarta II
    2. Nama lembaga yang menerbitkan : MTs Negeri Surakarta II
    3. Nomor ijin penerbitan : -
    4. Slogan/topik : Pendidikan dan Motivasi

    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Penasihat Ahli : Drs. Sunarto, M.Pd. (Kepala MTsN Surakarta II)
    Pemimpin Umum : Hj. Suprapti, S.Pd., M.Pd.
    Wakil Pemimpin Umum : Muh. Islam, S.Ag.,M.Pd.
    Pemimpin Redaksi : Hayati Pujihastiningrum, S.Pd
    Wakil Pemimpin Redaksi : Dra. Sri Widayati
    Dewan Redaksi : 1. Susanto, S.Pd., Dra. Sri, Mutanti, Asmawi, S.Ag., S.PdI., Dra. Saptawati
    Redaksi Pelaksana : Muanas Sodiq, S.Pd.
    Staf Redaksi : 1. Sri Puji Rahayu, S.Pd., Roselina Fatmah, S.Pd., Silmi Munifatul Faizah, S.Pd., Siti Rofiah M.Pd., Joko Widiyanto, S.Kom.
    Artistik : Totok Darmanto, S.Pd.
    Litbang : TMT. Marjono, S.Ag.,M.PdI.
    Arsip dan Dokumen : H. Sulimin
    Sirkulasi : 1. Hj. Nuk Hartini, BA., Hj. Royani, S.Pd.

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan memperhatikan potensi teman di kelas.
    Pembimbing : Agus Budi Wahyudi
    Penanggung Jawab : Nurul Hidayat
    Ketua Redaksi : Irma Eka Ariyani
    Bendahara : Malisa Putri
    Sekretaris : Anisa Fisabililla
    Koordinator Jurnalis : Tiarasani dan Yunia Nuring
    Editor : Nabila Resha dan Anas Pd
    Sie Humas : Eka Putri dan Rindita
    Setting dan Lyout : Januar Ahmad dan Hizbi Naufal
    Distribusi : Anggisya dan Ferydiana Candra
    Anggota Redaksi : Rinda, Nur Hidayah, Anissa, Yustika Indri, Nur laila, Lala Kartika

    Kedua
    A. Baca majalah umum selajutnya tuliskan rubrik apa saja yang ada di majalah tersebut
    - Rubrik Esai, Rubrik Kritik, Rubrik Tradisi, Rubrik Tokoh, Rubrik Opini, Rubrik Wawasan.
    Isi rubrik-rubrik tersebut apa saja
    -Menyajikan beragam informasi budaya, pariwisata, ekonomi dan pembangunan daerah nusantara. ·

    B. Rubrik apa yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik tersebut menarik bagi Anda?
    Menurut saya yang menarik adalah rubrik wawasan. Karena menyajikan berita yang bertujuan untuk menambah wawasan kepada pembaca dengan topik-topik yang sudah disusun.

    C. Bagaimana bila Anda diberikan tugas menulis rubrik tersebut?
    Jika saya mendapat tugas untuk menulis rubrik wawasan maka saya akan memilih topik yang menarik dan terbaru serta memberikan informasi yang diharapkan bisa menambah wawasan baru bagi pembaca.

    D. Rubrik-rubrik di majalah sekolah
    - Rubrik Artikel, Rubrik Motivasi, Galeri Kecil, Rubrik Pengetahuan
    Manakah rubrik yang menarik bagi Anda?
    Menurut saya yang menarik adalah rubrik motivasi
    Mengapa rubrik itu menarik?
    Karena pada bagian tersebut topik yang dibahas untuk meningkatkan motivasi belajar untuk siswa di sekolah, topik tersebut mendorong siswa untuk rajin belajar.

    Bagaimana bila Anda diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut?
    Jika saya menulis tentang rubrik tersebut saya akan mencari topik yang menarik untuk memotivasi para siswa dalam belajar.

    BalasHapus
  9. Nama: Muhammad Anas Firdaus
    NIM: A310170046
    Kelas: 7 A

    1. Pertama
    A. Majalah Umum
    - Nama majalah : Majalah Femina
    - Nama Lembaga yang menerbitkan : PT Gaya Favorit Press
    - Nomor Ijin Penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    - Slogan/majalah umum : Gaya Hidup Masa Kini

    Susunan Redaksi Majalah Umum
    - Pemimpin Umum: Widarti Gunawan
    - Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana
    - Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah
    - Editor at Large: Dewi Dewa
    - Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    - Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih
    - Redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    - Penerbit: PT Gaya Favorit Press
    - Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    - Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana
    - Alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.3233, Jakarta 12910, SIUPP
    - Nomor: 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    - Pencetak: PT Grafika Multi Warna

    B. Majalah Sekolah
    - Nama Majalah : Majalah Prestasi Siswa Creative
    - Slogan Majalah : Muda Itu Berperan Bukan Baperan
    - Nomor Ijin Penerbitan : -

    Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    -Penasehat : H. Matyuni, S.Pd,. M.Agus Sriyono., S.Pd
    - Penanggung Jawab : Drs. Kamtar
    - Pimpinan Umum : Rina Maryani, S.Kom., Agung Supriyadi, S.Kom.
    Pimpinan Redaksi : Joni, S.Kom.
    Dewan Redaksi : Rohmad Afandi, S.Pd., Sumiyanto, S.Kom., Indriyanto Nur Cahyana, S.Pd., Eny Priyanti, S.Pd., Apriliana Tri Astuti, S.Pd.
    - Tim Redaksi : Yolanda Jenk Pataliputra, S.Pd., Nur Vita Sari (XII TKJ 2), Shani Sulaiman (XII TKR 3), Febri Riyadi (XI TKJ 3), Angelia Dewi M (XI MM), Salma Putri (X MM), Hanik Maria Ulfa (X MM), Arinda Safira (XI MM), Eka Fatawati (X MM), Agus Nur Arifin (X MM), Handayani (XI TKJ 3), A Mardatun Nisa (X MM), Fahma Isdiyanto (X MM), Amelia (X MM), Puji Astuti (XI MM), Nurlayly Isti Jabah (XI MM),
    - Fotografer : ahmad fauzi, S.Pd, Wisnu Aji Pangestu (XII MM), Farid Gunawan (XII MM), Yusriza Yuli P (XII MM).
    - Layout : Rizal fatoni, S.Kom, Galuh (XI TKJ 2), Melani (XI TKJ), Dina Ayu Saputri (XI MM), Utsman Abdillah (XI Creative), Afifah Nur Fauziah (XII MM), Misbahul (XI MM), Vina (XI TKJ).

    C. Susunan redaksi berdasarkan potensi teman di kelas
    - Penasehat: Nurul Hidayat
    - Penanggung jawab: Januar Ahmad Fauzi
    - Pimpinan Umum: Muhammad Anas Firdaus
    - Pimpinan Redaksi: Hizbi Naufal Aziz
    - Dewan Redaksi: Lala Kartika S, Rindita wahyuning Tiyas, Afifah Eska Laila.
    Tim Redaksi: Wiwin Winarsih, Nabila Resha R, Martha Ayu Nugraheni, Rahma Eka Septiana.
    - Fotografer: Giri Tri Azhari, Tri Hariono
    - Editor: Irma Eka Ariyani, Yustika Indrijati
    - Layout: Eza Rizky Mulyana, Vina Adi Tama

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2. Kedua
      A. Rubrik Majalah Umum
      a) Rubrik yang terdapat pada majalah umum ini antara lain adalah rubrik utama "Surat Pembaca", "Antara Kita", "Dokter", "Madame Komentar", "Dari Hati Ke Hati", "Tip", "Komik", "Pola", "Rumah", "Kisah Sejati", "Quiz", "Teka-Teki Silang", "Resensi Buku", "Resensi Film", "Cerita Pendek", dan "Cerita Bersambung".
      b) Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik cerita pendek, karena di dalam rubik tersebut biasa dituliskan cerita pendek yang menyenangkan untuk dibaca. Biasanya untuk membaca cerita pendek tersebut hanya membutuhkan waktu sekali duduk.
      c) Jika saya memiliki kesempatan untuk menulis rubrik cerita pendek tersebut, saya akan suguhkan cerita pendek yang fresh. Cerita pendek yang tidak hanya memberikan unsur hiburan saja, namun akan saya selipkan nilai-nilai moral dan karakter yang baik bagi pembacanya.

      B. Rubrik Majalah Sekolah
      a) Rubrik yang terdapat dalam majalah sekolah ini antara lain adalah rubrik tajuk utama, tokoh utama, siraman rohani, profil guru, reportase, knowledge, opini dan kolom, investigasi, bingkai kata, panggung bahasa, trik dan tips, prestasi siswa, cerpen, puisiku, galeri siswa, extra insight, dan quis asik.
      b) Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik puisiku, karena pada rubrik tersebut siswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan hasil kreativitasnya dalam hal berbahasa dan merangkai kata. Pembaca pun menjadi lebih kaya kosa kata dan diksi yang terdapat dalam kumpulan puisi siswa tersebut.
      c) Jika diberikan kesempatan untuk menulis rubrik puisiku tersebut, maka hal pertama yang harus saya persiapkan adalah menulis puisi berdasarkan pengalaman, pemahaman, serta penguasaan kata yang saya miliki hingga membentuk puisi yang bertemakan pendidikan dan semangat belajar untuk meraih cita-cita, karena menyelaraskan dengan wadah/majalah yang akan memuat puisi tersebut adalah majalah sekolah.

      Hapus
  10. Nama : Dyah Pratiwi
    Nim : A310180144
    Kelas : 7A

    UMPAN BALIK

    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    - Nama majalah : gpriority
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Gemilang Larasati Nusantara
    - Nomor izin penerbitan : 540/2012/11/D/2014
    - Slogan majalah : -
    Susunan Redaksi:
    Susunan Redaksi
    Pemimpin Umum
    Y. Irawan
    Penanggung Jawab
    Lukman A. Salendra
    Pemimpin Redaksi
    Lukman A. Salendra
    Editor
    Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N
    Creative Designer
    Raden Satria
    Designer Staff
    M. Iqbal R, Annisa Mayang
    Fotografer
    Adityo Prihantoro
    Pengembangan Bisnis
    Lina Langen
    Keuangan
    Rizky Renaldi
    Account Executive
    Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    Promosi
    Dewi Sartika
    Sirkulasi
    Rohila, Wahyudi, Ade
    Pelatihan
    Anggie
    Penerjemah
    Ben Aryo
    Kontributor
    Kalimantan Utara
    R Putra
    Febrianus Felis
    Sumtera Selatan
    Hendri
    Babel
    Via

    B. Susunan redaksi majalah sekolah:
    1. Nama majalah :Kharismatig
    2. Nama lembaga yang menerbitkan :Dewan redaksi majalah Khaismatig SMAN 3 Sragen
    3. Nomor izin penerbitan :-
    4. Slogan :Kreatif, Humanistik, Agamis, dan Remaja yang Inovatif
    TIM redaksi:
    Penanggung jawab : Dra. Beti Marga Sulistyawati M.Pd
    Pembina :Drs. Raharjo
    Pimimpin umum :Sudaryanti Parta
    Pimpinan Redaksi : Amanda Ardelia
    Wakil Pimpinan Redaksi : Hanif Muhtarom Ayoga
    Sekretaris : Cantika Marchellany, Wiwilk Sundari
    Bendahara : Graseli Setyoningrum, Muhammad Bagus MW
    Koordinator jurnalis : Ayu Wulan Sari, Sausan Liski Aulia, Sania Lutfi, Arfadani, Yulius Cahya Putra
    Editor: Intan Sentya Lestari, Tiara Surya Madani, Hilyatusshohimah
    Sie Humas : Agis Putri Suryadi, Putri Uswatun Khasanah
    Setting dan layout : Isnaini latifathul Jannha, Febrisha Arya
    Distribusi :Elyn Denta, Agus Tinar
    Anggota redaksi : Tsaqifannisa Yaasashii Sunaryo, Shinta Aprilia,Sandra Kusuma

    C. Susunan draf redaksi Paripus dengan memperhatikan potensi teman di kelas:
    Pembimbing :Agus Budi Wahyudi
    Penanggung jawab :Nurul Hidayat
    Ketua redaksi :Irma Eka Ariyani
    Bendahara: Risma Almia
    Sekretaris : Aisyah Jayanti
    Koordinator Jurnalis : Tiarasani Wulandari, Rinda Vera M
    Editor : Anas Puspitasari Dewi, Nabila Resha, Carolina Vera
    Sie Humas : Malisa Putri Utami dan Ferrydiana Candra
    Setting dan Layout : Januar Ahmad, Hizbi Nouval, Afifah Eska
    Distribusi : Dyah Pratiwi dan Ermira Nilansari
    Anggota Redaksi : Lutfi, Dewi Andala, Anggisya, Dwi Anita, Nur hidayah, Eka Putri

    KEDUA
    A. Rubrik yang ada pada majalah umum dan isi-isinya:
    Profil berisi cerita hidup tokoh yang menginspirasi
    Modeberisi cara berpakaian sesau tren yang ada
    Gaya hidup berisi tentang kesehatan, olahraga dan makanan
    Kecantikan berisi perawatan tubuh dan lainnya
    Konsultasi dan informasi berisi informasi up to date tentang wanita
    B. Rubrik yang menarik adalah gaya hiup. Karena bisa menambah informasi tentang pola hidup yang sehat, olahraga yang dapat dilakukan dan manfaatnya. Serta dapat mengetahui makanan yang sehat dan cocok untuk dikonsumsi selama menjalani gaya hudip sehat.
    C. Dengan mencari dan membaca referensi dari berbagai sumber, atau dilakukan dengan melakukan pengambilan data berupa survei, wawancara, dan pengamatan langsung terkait gaya hidup yang dilakukan masyarakat.
    D. Rubrik dalam majalah ekolah dan isinya:
    Kabar organisasi berisi struktur organisai, pergantian susunan dan lain-lain.
    Go green berisi langkah-langkah atau hal yang dapat dilakukan untuk menghijaukan lingkungan sekolah.
    Kegiatan berisi kegiatan yang baru saja berlangsung atau yang akan dilangkungkan di lingkungan seklah.
    Future berisi gambaran tentang berbagai profesi dimasa depan.
    Rubrik yang menarik menurut saya adalah rubrik kegiatan. Karena selain mencari informasi tentang rubrik tersebut, kita juga bisa mengikuti kegiatan yang ada. Dan menjadi orang yang up to date selain pengurus kegiatan tentang kegiatan yang akan dilangsungkan.
    Bila saya diseahi rubrik tersebut mka saya akan mencari informasi atau data yang dibutuhkan dengan langsung terjun ke lapangan.

    BalasHapus
  11. Nama : Rinda Vera Mudyasari
    NIM : A310170009
    Kelas : A

    PERTAMA
    A.) 1. Nama Majalah : IDNPRO
    Nama Lembaga yang menerbitkan: PT. Batam Media Kreatif
    Nomor izin penerbitan: 9120004450441
    Slogan/topik majalah: Idnpro Inspirasi Kita
    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    1. Pemimpin Umum/Penanggungjawab : Aldi Braga
    2. Pemimpin Redaksi: Abbas Abdurrahman
    3. Wakil Pemimpin Redaksi: Indra Helmi
    4. Redaktur: M Ichsan, Helmi, Aprizal
    5. Reporter: Ardyan, Aprizal, Deby Ainan Yasra, M Ichsan
    6. Fotografer & Videografer:: Reza Fahmi
    7. Manajer Pengembangan Usaha: Herman Adriyanto
    8. Sekretaris Redaksi: Debi Ainan Yasra
    9. Keuangan: Ardyan
    10. Manager Iklan / Promosi: Hidayataullah MZ
    11. Unit Kreatif: Nono Saba
    B.) Nama majalah: Jaroe Tada
    Nama lembaga Penerbit: Garis_Bawah inc
    Nomor ijin penerbitan: -
    Slogan/topik majalah umum: Cerdas & Menginspirasi
    Penasehat: Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd
    Pembina: Syarfati, S.Pd
    Pemimpin Redaksi: Lola Tria Miranda
    Sekretaris Redaksi: Eva Susanti
    Redaktur Pelaksana: Ira Fazira
    Reporter Liputan: Cut Handayani, Sabila Riska, Putri Pinsa Yoana Keumala, Sara Rahma Tika.
    C. 1) Draf Redaksi
    - Penasehat: Syarwan Joni
    - Pembina: Syarfati
    - Pemred: Lola Tria Miranda
    - Sekretaris Redaksi: Eva Susanti
    - Redaktur Pelaksana: Ira Fazira
    - Staff redaksi:

    2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas

    1. Pembina: Agus Budi Wahyudi
    2. Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    3. Sekretaris Redaksi: Malisa Putri Utami, Anggisya Wulan
    4. Fotografer : Januar Ahmad Fauzi
    5. Reporter: Rizka Nurul, Irma Eka, Rinda Vera, Arum Diyah,
    6. Iklan/ promosi: Nur Hidayah, Ferrydiana Candra Patirane, Eka Putri, Anas PuspitaSari, Yustika Indri
    7. Layout: Ariani Dwi Rusdina, Annisa Fisabilla, Luthfi Anugerah
    8. Bendahara: Resti Rendiro

    KEDUA

    A. Rubrik yang ada di majalah “ Issu Sunday (2018) ”
    1) Promo
    2) Info
    3) Cerpen
    4) Opini
    5) Ajakan
    6) Rekomendasi
    7) Iklan
    8) Puisi
    B. Rubik yang menarik bagi saya yaitu Puisi karena pada dasarnya saya menyukai puisi sehingga dapat melihat karya-karya tulisan yang dirangkai secara indah milik orang lain.
    C. Jika saya diberi kesempatan untuk mengisi rubik tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan karya puisi yang indah serta bermanfaat bagi orang lain.
    D. Rubrik yang ada pada majalah sekolah yaitu:
    1. Rubrik Informasi
    Rubrik Informasi terdiri dari:
    • Perihal keluarga “pertunangan, perkawinan, kelahiran, kematian”.
    • Pengumuman pimpinan organisasi.
    • Kesejahteraan “koperasi, fasilitas dari organisasi, kredit rumah”.
    • Surat keputusan.
    • Peraturan.
    • Kepindahan pegawai.
    • Pergantian pemimpin.
    • Pertemuan “rapat kerja, penataran, konferensi, dan lain sebagainya”.
    2. Rubrik Edukasi
    Contoh Rubrik Edukas, yaitu :
    • Tajuk rencana.
    • Kutipan pendapat tokoh “keahlian, kemasyarakatan, keagamaan”
    • Artikel “pengetahuan, keterampilan, keagamaan, dan lain-lain”.
    3. Rubrik Rekreasi
    Contoh rubrik rekreasi, diantaranya:
    • Cerita pendek.
    • Pojok atau sentilan.
    • Anekdot.
    • Kisah minat insani “human interest”.
    Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubik kreasi karena pada rubrik kreasi ada sebuah anekdot yang berisi sindiran dengan humor sehingga ada sebuah kritik yang tersampaikan dengan cara yang kreatif.
    Jika saya diberi tugas menulis rubrik tersebut saya akan berusaha sekreatif mungkin dalam membuatnya.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Nama : Salmaddina B
    Nim : A310170013
    Kls : 7A
    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    1) - Nama majalah : Hijabella
    - Nama lembaga yang menerbitkan: Muslimah teen Magazine
    - Nomor izin penerbitan : 2337-8603
    - Slogan majalah : Unconditional love

    2) Struktur majalah
    - Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi: Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum I: Eric Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum II: Hartono
    - Wakil Pimpinan Redaksi: Endang Sunarsih
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: Tuappattinaya dan Endang Sunarsih
    - Dewan Redaksi: Tuappattinaya, Eric, Endang Sunarsih, Melly, Heru Hartono, Nurul Atamimi, Dewi Yasinta
    - Redaksi Aktual Eksklusif: Melly, Heru Hartono, Nurul Atamimi, Dewi,Yunari, Veny, Remina Babay
    - Redaksi Masakan: Turwina
    - Redaksi Foto: Sanusi
    - Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmojo. Riza Adam Buchori
    - Staf Khusus: Tobing, Sumaryat, Soepomo, Winarini,Suharsono, Soedibyo,Dian
    - Koresponden/Kontributor: Nusa Tenggara (Ruslan ), Maluku ( Matakena, Febby), Jawa timur ( Nasyi’ah)
    - Sekretaris Redaksi: Intan
    - Pimpinan Usaha: Tuappattinaya
    - Iklan Promosi: Kurniawati Wardani, Nurrodiah

    B. 1) Nama Majalah: Ora et Labora
    Nama Lembaga yang menerbitkan: Sekolah Ora bolos
    Nomor izin penerbitan: -
    Slogan/topik majalah: Serba Serbi PJJ

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    1. Penasehat: Sandi
    2. Pembina: Ryan M. Chandra
    3. Pemred: Yulius
    4. Editor: Aning
    5. Layout: Marsidi
    6. Staff redaksi: Indy
    - Panglima Polim:
    TK: Selfiana
    SD: Reka
    SMP: Harianto Artiadi, S.Pd.
    - Pamulang
    TK: Lestari, S.E.
    SD: Tri A., S.Pd.
    SMP: Triastuti, S.Pd.

    TK: Indah
    SD: Suranti, S.Pd.
    SMP: Abriyanti, S.Pd.
    SMA: Wahyuningsih, S.Si.
    SMK: Marianus Simanjuntak, M.Hum.

    C. 1) Draf Redaksi
    - Penasehat: Sandi Rahaju
    - Pembina: Ryan M. Chandra
    - Pemred: Yulius A.D.B.S.
    - Editor: RMC
    - Layout: Yoa Marsidi
    - Staff redaksi:

    2) Draf Redaksi Papirus menurut potensi teman dikelas
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pimpinan redaksi: Arul Hidayat
    - Redaksi Pelaksana: Aryani
    - Sekretaris Redaksi: Rindita
    - Staf redaksi: Yunia Nuring
    - Bendahara: Lala
    - Fotografer: Hizbi Naufal
    - Setting dan Layout: Lela
    - Pimpinan Usaha: Yanuar Ahmad
    - Iklan dan Promosi: Ferrydiana Chandra

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA
      1. Rubrik Majalah Umum
      a. - rubrik mode, kecantikan, dapur, kebun
      - artikel kewanitaan lengkap dengan lembaran khusus untuk anak-anak.
      - Rubrik-rubrik lain yang hampir selalu pasti hadir dalam tiap terbitannya, antara lain, adalah rubrik utama "Surat Pembaca", "Antara Kita", "Dokter", "Madame Komentar", "Dari Hati Ke Hati", "Tip", "Komik", "Pola", "Rumah", "Kisah Sejati", "Quiz", "Teka-Teki Silang", "Resensi Buku", "Resensi Film", "Cerita Pendek", dan "Cerita Bersambung".
      b. Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik Teka-Teki Silang, karena rubrik tersebut sangat menarik.
      c. Jika saya mendapat kesempatan diberikan tugas tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin, menyajikan kolom serta pertanyaan pada Teka-Teki silang yang semenarik mungkin sehingga dapat menarik seseorang yang ingin mengisinya. Seperti Teka-teki silang pengetahuan umum dll.

      2. Rubrik Majalah Sekolah
      a. - Rubrik Opini
      - Laporan utama
      - Artikel
      - Mimbar agama yang berkaitan seputar info agama
      - Rubrik informasi terdiri dari prestasi, ekstrakulikurer, kreatifitas
      - Cerpen : cerita pendek karya siswa
      - Info sehat : seputar Kesehatan
      - Galeri : foto-foto yang berkaitan denga isi majalah, profil sekolah, foto prestasi dll
      b. Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik informasi, karena rubrik tersebut memberikan informasi update yang berkaitan dengan sekolah.
      c. Jika saya diberi tugas tersebut maka saya akan menggali informasi yang terbaru dan menulis isi serta akan menggunakan pengetahuan saya sehingga rubrik menjadi semenarik mungkin agar dapat menarik pembaca.

      Hapus
  14. Nama: Hizbi Naufal Azis
    NIM: A310170018

    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    1) - Nama majalah : Majalah Wanita Kartini
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Kartini Cahaya Lestari
    - Nomor izin penerbitan : 1693-5659
    - Slogan majalah : Inspiring Reality

    2) Struktur majalah
    - Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi: Bram Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum I: Eric Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum II: Hatawano
    - Wakil Pimpinan Redaksi: Endang Werdiningsih
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: Bram Tuappattinaya dan Endang Werdiningsih
    - Dewan Redaksi: Bram Tuappattinaya, Eric, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Veny Sinuuraya, Galis Remina Babay
    - Redaksi Masakan: Ai Turwina
    - Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmiko. Riza Adam Buchori
    - Staf Khusus: Dr Naik L Tobing, Dr Sumaryati Arjos SKM, Ike Soepomo, Dra Winarini WD Mansoer PhD, Yadi Suharsono Spsi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE
    - Koresponden/Kontributor: Nusa Tenggara (Ruslan Nedi), Maluku ( Saswati Matakena, Febby Kaihatu), Jawa timur (Ita Nasyi’ah)
    - Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    - Pimpinan Usaha: Eric Tuappattinaya
    - Iklan Promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah

    B. Majalah Sekolah
    1) - Nama majalah : Majalah Sekolah Kharisma
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMAN 2 Blitar
    - Nomor izin penerbitan : 9772355876364
    - Slogan majalah : Kiprah Karya SMAN 2 Blitar

    2) Stuktur Majalah
    - Pelindung: Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd
    - Pembina: Eko Sulistiono, S. Kom., Rahmanu Adi Widodo, S.Pd., Hj. Siti Mastupah, S.Pd., Jenitasari Santoso, S.Pd.
    - Penanggung Jawab Penyelenggara: Daffa Adyatama
    - Penanggung Jawab kegiatan: Allay Cartina Baby Millenia
    - Pimpinan Redaksi: Dina Kartika
    - Redaksi Pelaksana: Khusnul Maysaroh, Prajna Paramitha A, Aisyah Adilatus
    - Staf Redaksi: Avis Yuna, Natalia Mega Dharma, Amelia Fatika Hapsari
    - Ilustrator: Rahma, Mega Putri, Wulan Purnama
    - Fotografer: Salwa Salsabila, Charissa Puti Kusuma Dewi, Shinta Ayu
    - Bendahara: Adinnia Eka Suci

    C. Draf Redaksi Papirus
    1. Pembina: Agus Budi Wahyudi
    2. Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    3. Sekretaris Redaksi: Malisa Putri Utami, Anggisya Wulan
    4. Fotografer : Januar Ahmad Fauzi
    5. Reporter: Rizka Nurul, Irma Eka, Rinda Vera, Arum Diyah,
    6. Iklan/ promosi: Nur Hidayah, Ferrydiana Candra Patirane, Eka Putri, Anas PuspitaSari, Yustika Indri
    7. Layout: Ariani Dwi Rusdina, Annisa Fisabilla, Luthfi Anugerah
    8. Bendahara: Resti Rendiro

    KEDUA
    A. Rubrik Majalah Umum
    Susunan rubrik yang ada pada majalah Kartini
    - Rubrik aktual/eksklusif: Berisi mengani berita terbaru dan ekslusif
    - Profil: Berisi profil seseorang
    - Kisah sejati: Berisi kisah-kisah inspiratif
    - Mode: Berisi tren fashion, dll
    - Gaya hidup: berisi mengenai gaya hidup
    - Kecantikan: membahas seputar kecantikan
    - Fiksi: berisi kisah-kisah fiksi
    - Konsultasi dan Informasi: berisi konsultasi dari konsultan dari majalah kartini

    B. Rubrik Majalah yang Menarik
    Menurut saya, rubrik gaya hidup merupakan rubrik yang menarik adalah rubrik gaya hidup, karena dewasa ini orang-orang banyak sekali yang lebih mempertahtikan gaya hidup, sehingga sangat besar kemungkinan rubrik ini menjadi rubrik yang banyak dibaca oleh pembaca.

    C. Bila saya diamanahi untuk menulis rubrik gaya hidup, saya akan banyak mengangkat topik seputar gaya hidup yang sedang menjadi tren di kalangan pembaca. Selain itu, untuk dapat menuliskan rubrik tersebut saya akan melakukan riset sehigga dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas.

    D. Rubrik pada majalah sekolah
    Susunan rubrik yang ada pada majalah Kharisma Sman 2 Blitar:
    - Mimbar Agama Islam: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama islam
    - Mimbar Agama Khatolik: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama Khatolik
    - Artikel Tamu: Berisi mengenai sekolah-sekolah lain
    - Artikel: Berisi artikel menganai sekolah SMAN 2 Blitar
    - Laporan Utama: Berisi berita utama yang

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Laporan Utama: Berisi berita utama yang menjadi sorotan
      - Cerpen: Berisi cerita pendek yang ditulis oleh siswa
      - Sekilas Berita: Berita-berita singkat mengenai sekolah
      - Bahasa: Berisi pembahasan seputar bahasa dan sastra
      - Ruang Kesehatan: Berisi informasi seputar kesehatan
      - Tokoh: Pembahasan mengenai tokoh inspiratif
      - Gallery: Berisi foto-foro
      - Humor: Berisi tulisan yang bertujuan untuk hiburan

      Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik bahasa. Karena rubrik ini sejalan dengan jurusan yang saya jalani saat ini.
      Jika saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut saya akan menggunakan pengetahuan yang saya dapat selama perkuliahan agar dapat menulis rubrik tersebut.

      Hapus
  15. Nama : Luthfi Anugerah Wijayanti
    NIM : A310170016
    Kelas : 7A
    PERTAMA
    A. 1.) Nama Majalah : Majalah Wanita Kartini
    Nama Lembaga : PT. Kartini Cahaya Lestari
    Nomor izin penerbitan : 536794-536795
    Slogan/topik majalah :
    2.) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    - Pemimpin umum/pemimpin redaksi : Bram Tuapattinaya
    - Wakil pemimpin umum I : Eric Tuapattinaya
    - Wakil pemimpin umum II : Hatawano
    - Wakil pemimpin redaksi : Endang Wediningsih
    - Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional : Bram Tuapattinaya-Endang Wediningsih
    - Dewan redaksi : Bram Tuapattinaya, Eric Tuapattinaya, Endang Wediningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Siti rahmani Alwan
    - Redaksi lifestyle : Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    - Redaksi masakan : Ai Turwina
    - Redaksi foto : Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistic : Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    - Staff khusus :
    - Kontributor :
    - Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    - Pemimpin perusahaan : Eric Tuapattinaya
    - Wakil Pemimpin perusahaan : Hendro Atmojo
    - Iklan: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    - Percetakan
    B. 1.) Nama Majalah: Majalah Sekolah SMART
    Nama Lembaga : MAN Sooko
    Nomor izin penerbitan : -
    Topik majalah : Wadah dan Sarana Kreativitas guru dan siswa dalam mencapai prestasi
    2.) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    - Pimpinan : Drs. H. M. Hasan Basyari, M. Pd
    - Sekretaris : Drs. Bagus Setiaji, M. Pd
    -Bendahara : Misbachul Amin, Dewan Pembina : Drs. Arham Rohmanto, Ilmi Firdaus Aliyah, S. S, Yulia Pratitis, S. S, Sirjuddin, M. Ag, Zubaidah, S. Pd, Fatatik Maulidiyah, S Ag, Lilis Setiowati, S. Pd, Misbachul Amin.
    Pengurus Harian :
    - Ketua : Faruq
    - Sekretaris: Hasanuddin al-Habib
    - Sekretaris II : Nur Muhamad
    - Bendahara I : Suci Reza Savira
    - Bendahara II : Al Faruq al Hikam
    Bagian-bagian :
    - Sisi Lain dan Global Info : Anggi Mella (Y X-1), Winda Silvia (X-1)
    - Pengetahuan : Suci Reza Savira (XI A-1), Fendik (XI S-3)
    - Remaja : Mulyasari (XI A-3), Nur Indah T (X-8), Annisa Auliya (X-8)
    - Agama : Wulan Nur Syiam (XI A-1), Yunisa (X-5), Auliya (X-5)
    - Foto : Nur Muhamad (XI A-1), Azizah (XI A-1), Imtikhana (XI A-1)
    - Sekolah : Nur Afifatun (XI S-1), A Faruq al_Hikam (XI A-1), Ferika (X-1)
    - Sastra : Rizki Elok (XI B-1), Hasanuddin Al-Habib (XI A-1), Noor Dewi (X-9)
    - Umum/ Tambahan : Erika Mariatus (X-1), Nita Binti N (X-1)
    C. Draf Redaksi Papirus
    Draf Redaksi Papirus menurut potensi teman dikelas
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pimpinan redaksi: Arul Hidayat
    - Redaksi Pelaksana: Irma Eka Ariyani
    - Sekretaris Redaksi: Yunia Nuring
    - Staf redaksi: Rinda Vera
    - Bendahara: Resti , Malisa
    - Fotografer: Anas Firdaus, Hizbi Naufal
    - Setting dan Layout: Anas , Nurin
    - Pimpinan Usaha: Yanuar Ahmad
    - Iklan dan Promosi: Ferrydiana Chandra , Carolina, Ariani

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA
      A. Rubrik yang ada di majalah “Kartini”
      1. Cerpen
      2. Opini
      3. Motivasi
      4. Iklan
      5. Ajakan
      6. Hiburan
      B. Rubrik yang menarik bagi saya adalah hiburan, karena dengan adanya hiburan maka pembaca akan terhibur.
      C. Jika saya diberikan tugas untuk menulis rubrik tersebut saya berusaha menulis dengan baik dengan memperhatikan beberapa referensi lain dalam membuatnya.
      D. Rubrik yang ada pada majalah sekolah yaitu:
      1. Rubrik Opini terdiri dari: karya tulis, laporan utama, laporan khusus
      2. Rubrik informasi dan berita terdiri dari: prestasi,kreatifitas, ekskul, inovasi
      3. Rubrik hiburan terdiri dari: galeri
      - Menurut saya rubrik yang menarik pada rubrik hiburan yang berisi tentang galeri.
      - Rubrik tersebut menarik karena isi galeri terdiri dari foto-foto yang berkaitan dengan majalah tersebut, sehingga terdapat kesan visual yang dapat dibayangkan oleh pembaca majalah.
      - Jika saya diserahi untuk menulis rubrik tersebut saya akan menulisnya dengan sebaik mungkin dengan cara menggali informasi-informasi yang lebih update.

      Hapus
  16. Niken Setyorini
    A310170002

    A. Majalah Umum
    1. Nama Majalah : Yakin Cerdas Bergaya Noor Edisi Idul Fitri
    2. Nama lembaga yang menerbitkan : PT. Obor Sarang Utama
    3. Nomor ijin penerbitan : -
    4. Slogan / majalah umum : Bersih di hari Idul Fitri

    2. Susunan Redaksi Umum
    a. Pemimpin umum : Sri Antaria
    b. Pemimpin perusahaan : Marjo Alisjahbana
    c. Pempimpin redaksi : Isson Khairul
    d. Redaktur pelaksaa : Jetti R. Hadi
    e. Kontributor : Ayu Isni dan Amelia Prihanto
    f. Artistik : Mardi Santoso
    g. Iklan dan promosi : Endah Retnosari
    h. Produksi : Chitra Safitri
    i. Penerbit : PT. Nur Cahaya Teduh
    j. Direksi : Marjo Alisjahbana
    k. Alamat Redaksi : Kawasan Industri Pologadung, Jl. Rawa Gelam I No. 4 Jakarta Timur 13930, Telp : ( 021 ) 4682 4444

    B. Majalah Sekolah
    1. Nama Majalah : Majalah Sekolah Dasar
    Slogan Majalah : Lawan Corna dengan PHBS
    Nomor ijin : -

    2. Susunan redaksi majalah sekolah :
    Pengarang : Dr. Khamin, M.Pd ( Direktor Sekolah Dasar )
    Pemimpin redaksi : Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd ( Koordinator Fungsi Tata Kelola )
    Dewan Redaksi : Bambang Hadi Waluyo, Eko Warisdiono, Khairullah, Luna Titi Apriliyana
    Staff Redaksi : Niknik Kartika, Lailatul Machfodhotin, Erika Widyastuti, Aditya Baskoro
    Sekretaris redaksi : Dwi Adi Nugroho
    Desain dan Tata letak : Deni Irawan
    Marketing : Semua Kelas

    3. Susunan redaksi berdasarkan potensi teman di kelas
    1. Pembina : Agus Budi Wahyudi
    2. Pempimpin redaksi : Nurul Hidayat
    4. Sekretaris redaksi : Anas Puspitasari Dewi
    4. Staf redaktur : Malisa Putri Utami, Resti Rendiro, Nurin Nurfikawati
    5. Editor : Dyah Indah Saladu
    6. Layouter : Yunia Nuring
    7. Marketing : Carolina Eka Vera D, Ferrydiana Candra

    KEDUA
    A. Rubrik yang ada di majalah
    1. Promo
    2. Iklan
    3. Kecantikan
    4. Busana

    B. Rubrik yang menarik bagi saya yaitu promo. Karena, adanya pembahasan mengenai promo-promo terhadap suatu produk.
    C. Jika saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut saya berusaha menulis dengan baik dengan memperhatikan beberapa referensi lain dalam membuatnya

    c. Jika saya mendapat kesempatan diberikan tugas tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin, menyajikan tip-tip yang bagus untuk wanita masa kini. Seperti tip Kesehatan, menjaga daya tahan tubuh, membuat, tip pelayanan dll.

    B. Rubrik Majalah Sekolah
    a. - Rubrik Opini
    - Laporan utama
    - Artikel
    - Mimbar agama yang berkaitan seputar info agama
    - Rubrik informasi terdiri dari prestasi, ekstrakulikurer, kreatifitas
    - Cerpen : cerita pendek karya siswa
    - Info sehat : seputar Kesehatan
    - Galeri : foto-foto yang berkaitan denga isi majalah, profil sekolah, foto prestasi dll
    b. Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik informasi, karena rubrik tersebut memberikan informasi update yang berkaitan dengan sekolah.
    c. Jika saya diberi tugas tersebut maka saya akan menggali informasi yang lebih update dan menulis isi yang semenarik mungkin agar dapat menarik pembaca

    BalasHapus
  17. Nama : Ermira Nilansari Putri
    NIM : A310180136
    Kelas : 7A
    PERKULIAHAN PERTEMUAN KETIGA
    MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH
    UMPAN BALIK

    Pertama
    A. Perbaikan susunan redaksi majalah umum:
    1) Nama Majalah: Pesona.
    Nama lembaga penerbit: Kementerian Pariwisatadan Ekonomi Kreatif.
    Nomor izin terbit: -.
    Slogan atau topik majalah umum: Di Indonesia Aja.

    2) Susunan redaksi
    Penanggung Jawab: Agustini Rahayu.
    Pemimpin Redaksi: Dadam Mahdar.
    Penyunting atau Editor: 1. Albert Rahmat.
    2. Rinda Medianti.
    3. Mela Dewinta.
    4. Yoga Andhika.
    5. Maya Apriliani.
    6. Hanifan Fuadi.
    7. Adi Utomo.
    Desainer Grafis: 1. Kharisma Citra.
    2. Nurhafidzah B W.
    Fotografer: 1. Fikri Fauz Al Hafidz.
    2. Reynaldo Yoscar.
    Sekretariat: 1. Tantri Paramita.
    2. Alfa Istighfar.
    Pembuat Artikel: 1. Rosalina Haudy.
    2. Juwita Sari.
    3. Tantri Paramita.
    4. Asiska Riviyastuti.
    5. Yohana Paulin.
    6. Vira Handayani.
    7. Faisal Achmad.

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1) Nama Majalah: Forum Komunikasi Siswa (FOKUS) SMANJA.
    Nama Lembaga yang menerbitkan: SMA Negeri 1 Jatisrono.
    Nomor izin penerbitan: -.
    Slogan atau topik majalah: Serba Serbi SMANJA.

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    Penanggung jawab: Sentot, S.Pd, M.Pd.
    Penasehat: 1. Drs. Sutarmin, M.Pd.
    2. Hermawan Indrianto, SPsi.
    3. Agung Surendra, S.Pd.
    Pelaksana: 1. Drs. Moh. Amin, M.Pd.
    2. Eko Purnomo, S.Pd.
    Humas: Tulus, S.Pd.
    Pimpinan redaksi: Lulu Sawitri.
    Wakil pimpinan redaksi: Dimas Suryo Atmojo.
    Redaktur pelaksana: 1. Eka Nanda Rahmawati.
    2. Muhammad Resa Mawardi.
    Redaksi fiksi: 1. Risma Nur Anggraini.
    2. Vicky Afni Qomariyah.
    Redaksi nonfiksi: 1. Theresia Ayu Athma Pradita.
    2. Nanik Tri Wijayanti.
    Sekretaris redaksi: 1. Satrio Jatinegoro.
    2. Angeline Nata Alfira.
    Fotografer: 1. Fatkhassak Datul Fiqih.
    2. Ajeng Wafa Awalia.
    Desainer: Karisma Melati.
    Bendahara redaksi: 1. Nimah Pinasti.
    2. Rohma Uswatun Solekhah.
    Marketing: 1. Novita Sulistyawati.
    2. Bekti Juliana Putri.

    C. Draf Redaksi Papirus menurut potensi teman di kelas
    Penanggung jawab: Agus Budi Wahyudi.
    Pembina: Laili Etika Rahmawati.
    Pimpinan redaksi: Nurul Hidayat.
    Sekretaris redaksi: Risma Almia.
    Bendahara redaksi: Aisyah Jayanti.
    Reporter: Dyah Pratiwi.
    Editor: Ermira Nilansari Putri.
    Fotografer: Carolina Vera.
    Marketing: Anas Puspitasari Dewi.
    Desain: Januar Ahmad, Ferrydiana Candra, Afifah Eska.
    Iklan dan Promosi: Malisa Putri Utami, Hizbi Nouval dan Eka Putri.
    Anggota Redaksi: Nabila Resha, Tiarasani Wulandari, Rinda Vera M, Lutfi, Dewi Andala, Anggisya, Dwi Anita, Nur hidayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedua
      A. Isi rubrik majalah umum:
      a. Rubrik yang termuat dalam majalah “Pesona”, yakni:
      - kesehatan (berkenaan dengan protokol kesehatan sambut new normal semasa pandemi),
      - fesyen (berkenaan dengan Privé Interpretation of KEBAYA),
      - kuliner (berkenaan dengan kopi nusantara membuka pintu indonesia pada dunia),
      - industri kreatif (berkenaan dengan peluang dan tantangan pengembangan),
      - keindahan alam (berkenaan dengan menjelajah keindahan Indonesia Timur), dan
      - Pendidikan (berkenaan dengan penerapkan belajar kreatif di masa pandemi ubah kelas tatap muka menjadi online).

      B. Rubrik yang menarik bagi saya, yakni fesyen, saya memilih rubrik tersebut karena isi dari informasi yang berusaha ditampilkan seputar gaya busana yang bersifat sangat menarik. Dapat memberikan rekomendasi atau pilihan fesyen yang unik, keren dan menarik bagi pembaca.

      C. Apabila saya diberi tugas menulis rubrik tersebut, saya akan menyusun dengan cermat serta berusaha memberikan hasil tulisan yang dapat memberikan kesan bagi para pembaca. Selain hal tersebut, saya juga berusaha agar tulisan mengenai rubrik fesyen dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca.

      D. Bentuk rubik beserta isi rubrik dalam majalah sekolah, yakni:
      - Susunan rubrik yang termuat dalam majalah Forum Komunikasi Siswa (FOKUS) SMANJA:
      a. Laporan Utama: Berisi mengenai berita utama yang menjadi fokus atau sorotan (Serba-serbi unik UNBK).
      b. Artikel: Berisi artikel menganai sekolah SMA Negeri 1 Jatisrono.
      c. Cerpen: Berisi cerita pendek yang ditulis oleh siswa SMA Negeri 1 Jatisrono.
      d. Tokoh Kita: Berkenaan dengan pembahasan mengenai tokoh inspiratif (dapat berupa sosok guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Jatisrono maupun tokoh nasional).
      e. Humor: Berisi tulisan yang ditulis oleh siswa SMA Negeri 1 Jatisrono bertujuan sebagai suatu hiburan.
      f. Ide Kreatif (Berkenaan dengan pembahasan mengenai pembuatan suatu karya yang memiliki sifat estetika dan memiliki kegunaan).
      g. Info Sekolah: Berkenaan dengan pembahasan mengenai berita singkat mengenai lingkungan sekolah.
      - Rubrik yang menarik bagi saya, yakni “Humor” hal tersebut karena dalam tulisannya dapat menciptakan sesuatu yang dapat membuat pembacanya tertawa akan kejenakaan yang dipaparkan di dalam rubik.
      - Apabila saya diberikan tugas tersebut maka saya akan mencoba menciptakan dan mencari informasi mengenai hal-hal yang di dalamnya memiliki unsur menggelikan hati (humor) agar dapat memberikan kesan gembira bagi para pembaca.

      Hapus
  18. Nama : Yustika Indrijati
    Nim : A310170033
    Kelas : 7A
    PERTAMA
    A. 1) Nama Majalah: Majalah Wanita Kartini
    Nama Lembaga yang menerbitkan: PT. Kartini Cahaya Lestari
    Nomor izin penerbitan: 536794-536795
    Slogan/topik majalah: Majalah Wanita Kartini Edisi Natal dan Tahun Baru 2015
    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    1. Pemimpin redaksi: Bram Tuapattinaya
    2. Wakil pemimpin umum 1: Eric Tuapttinaya
    3. Wakil pemimpin umum 2: Hatawano
    4. Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    6. Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    7. Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    8. Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    9. Redaksi masakan: Ai Turwina
    10. Redaksi foto: Kosim Sanusi
    11. Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    12. Staf khusus
    13. Koresponded/kontributor
    14. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    15. Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    16. Wakil pemimpin perusahaan: Hendro Atmojo
    17. Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    18. Alamat redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    19. Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    20. Percetakan
    B. Nama Majalah: Majalah MEDIKRESA
    Nama lembaga yang menerbitkan: MTs Negeri Karanganyar Paiton
    Nomor izin penerbitan: (-)
    Slogan/ topik majalah: Majalah sekolah
    2) Susunan redaksi majalah sekolah:
    • Pelindung: Drs. Ustman Kaharuddin (Kepala Sekolah)
    • Penanggung jawab: Fauzi, S. Ag. (waka kesiswaan)
    • Pembina: Babun, S.Pd.
    • Pemimpin redaksi: Alvin
    • Sekretaris: Riyan, Dewi Nur Aliya
    • Staf,redaktur, dan editor: Rafi, Yoga, Audy, Sofia, Candra Dwi Kurniawan, Lilis Wulandari
    • Reporter: Sonyah R, Ummi A, Khofidah D S, Popo, Putri Rahmatul M, Arya Dwi Saputra
    • Lay-outer, desain grafis, dan artistik: Santi, Yana, Desi, Andrew F, Faqih Mustafa, Miftah
    • Marketing: Semua Ketua Kelas

    2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    1.Pembina: Agus Budi Wahyudi
    2.Penasehat: Arul Hidayat
    3. Pemimpin Redaksi: Irma Eka Ariyani
    4. Sekretaris Redaksi: Dwi Anita Sari
    5. Editor: Nur Lailatul Hibatullah T
    6. Iklan: Yanuar Ahmad Fauzi
    7. Layout: Rinda Vera D
    8. Staff redaksi: Hizbi Naufal, Anas Puspitasari, Malisa Putri Utami, Rahma Eka, Afifah Eska, Lala Kartika, Rindita Wahyuningtiyas

    KEDUA
    A. Rubrik yang ada di majalah “Ibnu Sina”
    1. Daftar Isi
    2 Salam Redaksi
    3 Artikel Utama
    4. Artikel Bebas
    5. REFERENSI FILM
    6. TOKOH INSPIRATIF
    7. FIK CORNER
    8. Galeri FIK
    9. Tips and Trik
    10. Puisi
    11. Cerpen
    12.Teka Teki Silang
    B. Rubrik yang menarik menurut saya adalah cerpen. Karena cerita yg sesungguhnya dari cerpen tersebut dapat memotivasi pembaca.
    C. Jika saya mendapatkan tugas menuliskan rubrik yg menarik saya akan menulis cerpen karena menurut saya lebih menarik untuk dituliskan dengan cerita yg sesungguhnya.
    D. Rubrik yang ada pada majalah sekolah yaitu:
    1. Rubrik Suara siswa
    2. Rubrik Profil (kepala sekolah/guru)
    3. Rubrik Opini
    4. Rubrik Sastra
    5. Rubrik Pengetahuan
    6. Rubrik lingkungan
    7. Rubrik Tips/cara
    8. Rubrik Gambar
    9. Rubrik Sains.
    10. Rubrik Prestasi
    11. Rubrik kreativitas
    12. Rubrik agama
    Rubrik yang menarik menurut saya yaitu gambar. Dengan gambar kita dapat berkreativitas dengan menyalurkan kemampuan menggambar pada majalah yg dapat memotivasi orang lain dan menyalurkan kemampuan individu.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama : Martha Ayu Nugraheni
    NIM : A310170031
    Kelas: 7A

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum:
    Nama majalah : Majalah Femina
    Nama lembaga yang menerbitkan : PT Gaya Favorit Press
    Nomor ijin penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    Slogan/topik : Gaya Hidup Masa Kini
    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah
    Editor at Large: Dewi Dewa
    Redaktur Pelaksana: Kinda F. Adimidjaja, Gracia Danarti
    Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih
    Redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    Pemimpin Umum: Widarti Gunawan
    Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana
    Pembina: Sofyan Alisjahbana

    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah
    Nama majalah : Majalah Paiton
    Nama lembaga yang menerbitkan : Mts N Karanganyar, Paiton, Probolinggo
    Nomor ijin penerbitan : -
    Slogan/topik : -
    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pelindung : Drs. Ustman Kaharuddin
    Penanggung Jawab : Fauzi, S. Ag
    Pembina : Babun, S. Pd
    Pemimpin Redaksi : Alvin
    Sekretaris : Riyan, Dewi Nur Auliya, dan Sinta
    Staf, Redaktur, dan Editor: Rafi, Ryoga, Audy, Sofia, Candra Dwi Kurniawan, dan Lilis Wulandari.
    Reporter: Sonya Rizqiyah, Ummi Adibah, Khofidah Dwi Sholehah, Popo, Putri Rahmatul M, dan Arya Dwi Saputra.
    Layout, Desain Grafis, dan Artistik : Santi, Yana, Desi, Andrew Fahlevi, Faqih Mustafa, dan Miftah.
    Marketing: Semua ketua kelas.

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan memperhatikan potensi teman di kelas:
    Pembimbing : Agus Budi Wahyudi
    Penanggung Jawab : Nurul Hidayat
    Ketua Redaksi : Muhammad Anas Firdaus
    Bendahara : Anas Puspitasari Dewi
    Sekretaris : Anisa Fisabililla
    Koordinator Jurnalis : Irma Eka Ariyani
    Editor : Rahma Eka Septiana
    Setting dan Layout : Januar Ahmad, Hizbi Naufal Azis
    Distribusi : Nurin Nurfikawati, Dyah Indah Saladu
    Anggota Redaksi : Arum Diyah, Wiwin Winarsih, Nabila Resha, Rindita, Afifah Eska

    Kedua
    A. Rubrik yang terdapat dalam majalah umum: Rubrik Seni, Desain, dan Gaya Hidup di Indonesia
    B. Rubrik apa yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik tersebut menarik bagi Anda?
    Menurut saya yang menarik adalah rubrik gaya hidup di Indonesia, karena pada bagian ini menyajikan banyak gaya hidup kekinian, sehingga seru untuk diikuti informasinya.
    C. Bagaimana bila Anda diberikan tugas menulis rubrik tersebut?
    Jika saya mendapat tugas untuk menulis rubrik gaya hidup tersebut, saya akan merasa sangat senang, karena gaya hidup dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.
    D. Rubrik-rubrik di majalah sekolah
    - Rubrik Pengetahuan, Rubrik Motivasi, Rubrik kegiatan seni dan/ olahraga.
    Manakah rubrik yang menarik bagi Anda?
    Menurut saya yang menarik adalah rubrik pengetahuan
    Mengapa rubrik itu menarik?
    Karena pada bagian tersebut, membahas tentang berbagai ilmu pengetahuan yang nantinya akan bermanfaat bagi pembaca.
    Bagaimana bila Anda diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut?
    Jika saya menulis tentang rubrik tersebut maka saya akan mencari topik/tema tentang pengetahuan tertentu yang menarik dan belum banyak diketahui oleh pembaca.

    BalasHapus
  21. Nama: Nur Hidayah
    NIM: A310170024
    Kelas :7A
    PERTAMA
    A. 1.) Nama Majalah : Majalah Wanita Kartini
    Nama Lembaga : PT. Kartini Cahaya Lestari
    Nomor izin penerbitan : 536794-536795
    Slogan/topik majalah :
    2.) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    - Pemimpin umum/pemimpin redaksi : Bram Tuapattinaya
    - Wakil pemimpin umum I : Eric Tuapattinaya
    - Wakil pemimpin umum II : Hatawano
    - Wakil pemimpin redaksi : Endang Wediningsih
    - Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional : Bram Tuapattinaya-Endang Wediningsih
    - Dewan redaksi : Bram Tuapattinaya, Eric Tuapattinaya, Endang Wediningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Siti rahmani Alwan
    - Redaksi lifestyle : Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    - Redaksi masakan : Ai Turwina
    - Redaksi foto : Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistic : Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    - Staff khusus :
    - Kontributor :
    - Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    - Pemimpin perusahaan : Eric Tuapattinaya
    - Wakil Pemimpin perusahaan : Hendro Atmojo
    - Iklan: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    - Percetakan
    B. 1.) Nama Majalah: Majalah Sekolah SMART
    Nama Lembaga : MAN Sooko
    Nomor izin penerbitan : -
    Topik majalah : Wadah dan Sarana Kreativitas guru dan siswa dalam mencapai prestasi
    2.) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    - Pimpinan : Drs. H. M. Hasan Basyari, M. Pd
    - Sekretaris : Drs. Bagus Setiaji, M. Pd
    -Bendahara : Misbachul Amin, Dewan Pembina : Drs. Arham Rohmanto, Ilmi Firdaus Aliyah, S. S, Yulia Pratitis, S. S, Sirjuddin, M. Ag, Zubaidah, S. Pd, Fatatik Maulidiyah, S Ag, Lilis Setiowati, S. Pd, Misbachul Amin.
    Pengurus Harian :
    - Ketua : Faruq
    - Sekretaris: Hasanuddin al-Habib
    - Sekretaris II : Nur Muhamad
    - Bendahara I : Suci Reza Savira
    - Bendahara II : Al Faruq al Hikam
    Bagian-bagian :
    - Sisi Lain dan Global Info : Anggi Mella (Y X-1), Winda Silvia (X-1)
    - Pengetahuan : Suci Reza Savira (XI A-1), Fendik (XI S-3)
    - Remaja : Mulyasari (XI A-3), Nur Indah T (X-8), Annisa Auliya (X-8)
    - Agama : Wulan Nur Syiam (XI A-1), Yunisa (X-5), Auliya (X-5)
    - Foto : Nur Muhamad (XI A-1), Azizah (XI A-1), Imtikhana (XI A-1)
    - Sekolah : Nur Afifatun (XI S-1), A Faruq al_Hikam (XI A-1), Ferika (X-1)
    - Sastra : Rizki Elok (XI B-1), Hasanuddin Al-Habib (XI A-1), Noor Dewi (X-9)
    - Umum/ Tambahan : Erika Mariatus (X-1), Nita Binti N (X-1)
    C. Draf Redaksi Papirus
    Draf Redaksi Papirus menurut potensi teman dikelas
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pimpinan redaksi: Arul Hidayat
    - Redaksi Pelaksana: Irma Eka Ariyani
    - Sekretaris Redaksi: Yunia Nuring
    - Staf redaksi: Rinda Vera
    - Bendahara: Resti , Malisa
    - Fotografer: Anas Firdaus, Hizbi Naufal
    - Setting dan Layout: Anas , Nurin
    - Pimpinan Usaha: Yanuar Ahmad
    - Iklan dan Promosi: Ferrydiana Chandra , Carolina, Ariani

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA

      A. Rubrik yang ada di majalah “ Issu Sunday (2018) ”
      1) Promo
      2) Info
      3) Cerpen
      4) Opini
      5) Ajakan
      6) Rekomendasi
      7) Iklan
      8) Puisi
      B. Rubik yang menarik bagi saya yaitu Puisi karena pada dasarnya saya menyukai puisi sehingga dapat melihat karya-karya tulisan yang dirangkai secara indah milik orang lain.
      C. Jika saya diberi kesempatan untuk mengisi rubik tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan karya puisi yang indah serta bermanfaat bagi orang lain.
      D. Rubrik yang ada pada majalah sekolah yaitu:
      1. Rubrik Informasi
      Rubrik Informasi terdiri dari:
      • Perihal keluarga “pertunangan, perkawinan, kelahiran, kematian”.
      • Pengumuman pimpinan organisasi.
      • Kesejahteraan “koperasi, fasilitas dari organisasi, kredit rumah”.
      • Surat keputusan.
      • Peraturan.
      • Kepindahan pegawai.
      • Pergantian pemimpin.
      • Pertemuan “rapat kerja, penataran, konferensi, dan lain sebagainya”.
      2. Rubrik Edukasi
      Contoh Rubrik Edukas, yaitu :
      • Tajuk rencana.
      • Kutipan pendapat tokoh “keahlian, kemasyarakatan, keagamaan”
      • Artikel “pengetahuan, keterampilan, keagamaan, dan lain-lain”.
      3. Rubrik Rekreasi
      Contoh rubrik rekreasi, diantaranya:
      • Cerita pendek.
      • Pojok atau sentilan.
      • Anekdot.
      • Kisah minat insani “human interest”.
      Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubik kreasi karena pada rubrik kreasi ada sebuah anekdot yang berisi sindiran dengan humor sehingga ada sebuah kritik yang tersampaikan dengan cara yang kreatif.
      Jika saya diberi tugas menulis rubrik tersebut saya akan berusaha sekreatif mungkin dalam membuatnya.

      Hapus
  22. Nama: Dewi Andala Sari
    NIM: A310170010
    Kelas :7A
    PERTAMA
    A. 1.) Nama Majalah : Majalah Wanita Kartini
    Nama Lembaga : PT. Kartini Cahaya Lestari
    Nomor izin penerbitan : 536794-536795
    Slogan/topik majalah :
    2.) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    - Pemimpin umum/pemimpin redaksi : Bram Tuapattinaya
    - Wakil pemimpin umum I : Eric Tuapattinaya
    - Wakil pemimpin umum II : Hatawano
    - Wakil pemimpin redaksi : Endang Wediningsih
    - Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional : Bram Tuapattinaya-Endang Wediningsih
    - Dewan redaksi : Bram Tuapattinaya, Eric Tuapattinaya, Endang Wediningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Siti rahmani Alwan
    - Redaksi lifestyle : Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    - Redaksi masakan : Ai Turwina
    - Redaksi foto : Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistic : Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    - Staff khusus :
    - Kontributor :
    - Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    - Pemimpin perusahaan : Eric Tuapattinaya
    - Wakil Pemimpin perusahaan : Hendro Atmojo
    - Iklan: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    - Percetakan

    B. Majalah Sekolah
    1) - Nama majalah : Majalah Sekolah Kharisma
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMAN 2 Blitar
    - Nomor izin penerbitan : 9772355876364
    - Slogan majalah : Kiprah Karya SMAN 2 Blitar

    2) Stuktur Majalah
    - Pelindung: Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd
    - Pembina: Eko Sulistiono, S. Kom., Rahmanu Adi Widodo, S.Pd., Hj. Siti Mastupah, S.Pd., Jenitasari Santoso, S.Pd.
    - Penanggung Jawab Penyelenggara: Daffa Adyatama
    - Penanggung Jawab kegiatan: Allay Cartina Baby Millenia
    - Pimpinan Redaksi: Dina Kartika
    - Redaksi Pelaksana: Khusnul Maysaroh, Prajna Paramitha A, Aisyah Adilatus
    - Staf Redaksi: Avis Yuna, Natalia Mega Dharma, Amelia Fatika Hapsari
    - Ilustrator: Rahma, Mega Putri, Wulan Purnama
    - Fotografer: Salwa Salsabila, Charissa Puti Kusuma Dewi, Shinta Ayu
    - Bendahara: Adinnia Eka Suci

    C. Draf Redaksi Papirus
    1. Pembina: Agus Budi Wahyudi
    2. Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    3. Sekretaris Redaksi: Malisa Putri Utami, Anggisya Wulan
    4. Fotografer : Januar Ahmad Fauzi
    5. Reporter: Rizka Nurul, Irma Eka, Rinda Vera, Arum Diyah,
    6. Iklan/ promosi: Nur Hidayah, Ferrydiana Candra Patirane, Eka Putri, Anas PuspitaSari, Yustika Indri
    7. Layout: Ariani Dwi Rusdina, Annisa Fisabilla, Luthfi Anugerah
    8. Bendahara: Resti Rendiro

    KEDUA
    1. Promo
    2. Iklan
    3. Kecantikan
    4. Busana

    B. Rubrik yang menarik bagi saya yaitu promo. Karena, adanya pembahasan mengenai promo-promo terhadap suatu produk.
    C. Jika saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut saya berusaha menulis dengan baik dengan memperhatikan beberapa referensi lain dalam membuatnya

    c. Jika saya mendapat kesempatan diberikan tugas tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin, menyajikan tip-tip yang bagus untuk wanita masa kini. Seperti tip Kesehatan, menjaga daya tahan tubuh, membuat, tip pelayanan dll.

    B. Rubrik Majalah Sekolah
    a. - Rubrik Opini
    - Laporan utama
    - Artikel
    - Mimbar agama yang berkaitan seputar info agama
    - Rubrik informasi terdiri dari prestasi, ekstrakulikurer, kreatifitas
    - Cerpen : cerita pendek karya siswa
    - Info sehat : seputar Kesehatan
    - Galeri : foto-foto yang berkaitan denga isi majalah, profil sekolah, foto prestasi dll
    b. Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik informasi, karena rubrik tersebut memberikan informasi update yang berkaitan dengan sekolah.
    c. Jika saya diberi tugas tersebut maka saya akan menggali informasi yang lebih update dan menulis isi yang semenarik mungkin agar dapat menarik pembaca

    BalasHapus
  23. Nama : Rindita Wahyuning Tiyas
    NIM : A310170020
    Kelas : 7A


    UMPAN BALIK PERTAMA
    A.
    (1)Nama majalah : Majalah Matra
    Nama lembaga yang menerbitkan : PT Matra Media Konvergensi
    Nomer ijin penerbitan : SIUPP N0 165/SK/Menpen/D.1/1986.
    Slogan/ topik majalah tersebut : Majalah eksekutif di tengah pandemi

    (2) Penangung jawab/ pemimpin umum : S.S Budi Rahardjo –
    Pemimpin redaksi : S.S Budi Rahardjo (5773/IISIP Jakarta/WU/DP/IX/2014/07/09/68
    Pemimpin perusahaan : Benny S Butarbutar
    Wakil pemimpin redaksi : Ballian Siregar (2607-PWI/WU/DP/II/2018/07/04/70)
    Redaktur khusus : Abdul Kholis, Gde Hariwangsa
    Kordinator reporter : Idris Daulat
    Artistik/ visual/ it : Eko Indriyanto
    Sekretariat redaksi : Santi Marantina
    Sidang redaksi : Sunoto, Ilong, Ita, Hadi, Made, Koeswondo, Slamet Widodo
    Manager iklan : Rina C. Latuperissa
    Kordinator reportase : Idris Daulat
    Iklan : Fahrina, Ryandira.
    Kontributor : Jaringan Majalah Eksekutif dan Majalah MATRA di seluruh
    Indonesia
    Penasehat umum : Wina Armada, SH, Rien Uthami, SH, Pius Anggara SH.

    B. Nama majalah : Majalah Medikresa
    Nama lembaga yang menerbitkan : MTs Negeri Karanganyar Paiton
    Nomer ijin penerbitan : -.
    Slogan/ topik majalah tersebut : pendidikan
    Penangung jawab/ pemimpin umum : Drs. USTMAN KAHARUDDIN
    Pemimpin redaksi : Alvin
    Pemimpin perusahaan : FAUZI, S.Ag
    Wakil pemimpin redaksi : BABUN, S.P
    Redaktur khusus : Rafi
    Kordinator reporter : Ryoga
    Artistik/ visual/ it : santi, yana, desi
    Sekretariat redaksi : riyan, dewi, sinta
    Sidang redaksi : miftah
    Manager iklan : andrew
    Kordinator reportase : rafiq
    Iklan : popo
    Kontributor : semua ketua kelas
    Penasehat umum : fauzi


    C. Penangung jawab/ pemimpin umum : Agus Budi Wahyudi
    Pemimpin redaksi : Nurul Hidayat
    Pemimpin perusahaan : Yanuar ahmad fauzi
    Wakil pemimpin redaksi : irma eka aryani
    Redaktur khusus : indri yustika
    Kordinator reporter : Bayu
    Artistik/ visual/ it : Afifah eska laila, eka putri
    Sekretariat redaksi : Rinda vera, lala kartika
    Sidang redaksi : Anita, tiara, malisa
    Manager iklan : anas
    Kordinator reportase : anas firfaus
    Iklan : naufal
    Kontributor : Jaringan Majalah Eksekutif dan Majalah MATRA di seluruh
    Indonesia
    Penasehat umum : nuring




    BalasHapus
    Balasan
    1. UMPAN BALIK KEDUA

      A. Isi rubrik majalah " solitaire indonesia" yaitu gaya hidup
      B. rubrik yang akan saya pilih adalah gaya hidup, karena dengan mempelajari gaya hidup kita bisa menjadi lebih tau dan menjadi lebih berwawasan tentang hal yang ada dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya hidup sehat, tentu pembahasan rubik tersebut membantu kita menjaga kesehatan pada tubuh kita.
      C. jika saya diberikan kesempatan tersebut, maka saya akan mencoba memaksimalkan potensi dan kemampuan yang saya miliki agar bisa mencitpakan rubrik yang menarik dan tentu saja bermanfaat bagi orang lain
      D. Rubrik pada majalah sekolah :
      1. rubrik informasi : yang termasuk dalam kategori ini adalah berita, resensi (buku dan film),
      feature, travelling, dan profil.
      2. rubrik opini : yang termasuk didalamnya adalah artikel yang mengupas berbagai bidang
      seperti teknologi, life style, dan berbagai artikel dalam bidang ilmu sosial dan sains.
      3. rubrik hiburan : termasuk cerita pendek, puisi, kutipan, aneka tips, permainan, komik, dan
      lain-lain.
      * Menurut saya rubrik yang menarik adalah rubrik informasi, karena dengan adanya rubrik informasi tentu saja orang- orang yang membaca rubrik tersebut bisa mendapatkan ilmu dan menambah pengetahuan tentang hal apapun yang ada di dunia. Jika saya diberikan kesempatan untuk membuat rubrik tersebut tentu akan kugunakan kemampuan dan potensi dalam diri saya agar bisa menciptakan isi rubrik yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain.

      Hapus
  24. Nama : Ferrydiana Candra P.
    NIM : A310170001
    VII A / Manajemen Majalah Sekolah

    PERTAMA
    A. Perbaikan susunan majalah umum :
    (1) Nama majalah : Majalah G Priority
    Nama lembaga yang menerbitkan : PT.Gemilang Larasati Nusantara
    Nomor ijin penerbitan : No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014
    Slogan atau topik majalah umum : Jelajah Nusantara

    (2) Redaksi dan nama - nama orang yang menempati posisi redaksi :
    - Pemimpin Umum : Y. Irawan
    - Penanggung Jawab : Lukman A. Salendra
    - Pemimpin Redaksi : Lukman A. Salendra
    - Editor : Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N
    - Creative Designer : Raden Satria
    - Designer Staff : M. Iqbal R, Annisa Mayang
    - Fotografer : Adityo Prihantoro
    - Pengembangan Bisnis : Lina Langen
    - Keuangan : Rizky Renaldi
    - Account Executive : Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    - Promosi : Dewi Sartika
    - Sirkulasi : Rohila, Wahyudi, Ade
    - Pelatihan : Anggie
    - Penerjemah : Ben Aryo
    - Kontributor : Kalimantan Utara (R Putra, Febrianus Felis)
    - Sumtera Selatan : Hendri
    - Babel : Via
    - Jawa Barat : Ares Resmi
    - Percetakan

    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah :
    1) - Nama majalah : Naashiha (Ajang Kreativitas Keluarga MTs Negeri
    2 Surakarta)
    - Nama lembaga yang menerbitkan : MTs Negeri 2 Surakarta
    - Nomor izin penerbitan : -
    2) - Redaksi dan nama- nama orang menempati posisi redaksi :
    - Penasihat Ahli : Drs. Sunarto, M.Pd. (Kepala MTsN
    Surakarta 2)
    - Pemimpin Umum : Hj. Suprapti, S.Pd., M.Pd
    - Wakil Pemimpin Umum : Muh. Islam, S.Ag.,M.Pd.
    - Pemimpin Redaksi : Hayati Pujihastiningrum, S.Pd
    - Wakil Pemimpin Redaksi : Dra. Sri Widayati
    - Dewan Redaksi : Susanto, S.Pd, Dra. Sri Mutanti, Asmawi, S.Ag., S.PdI. , Dra. Saptawati
    - Redaksi Pelaksana : Muanas Sodiq, S.Pd.
    - Staf Redaksi : Sri Puji Rahayu, S.Pd. , Roselina Fatmah, S.Pd. , Silmi Munifatul Faizah, S.Pd. , Siti Rofiah M.Pd. , Joko Widiyanto, S.Kom.
    - Artistik : Totok Darmanto, S.Pd.
    - Litbang : TMT. Marjono, S.Ag.,M.PdI.
    - Arsip dan Dokumen : H. Sulimin
    - Sirkulasi : Hj. Nuk Hartini, BA. , Hj. Royani, S.Pd.

    C. Susunan redaksi papirus
    (1) Draf Redaksi
    - Penasehat, Pembina , Pemred, Editor, Layout , Staff redaksi
    (2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    - Penasehat : Laili Etika Rahmawati
    - Pembina : Agus Budi Wahyudi
    - Pemimpin Redaksi : Nurul Hidayat
    - Sekretaris Redaksi : Dewi Andala
    - Editor : Rahma Eka
    - Iklan : Martha A, Yustika I
    - Layout : Malisa Putri Utami
    - Staff redaksi : Lala Kartika, Rindita W., Eka Putri, Afifah Eskha.

    BalasHapus
  25. Nama : Ferrydiana Candra P.
    NIM : A310170001
    VII A / Manajemen Majalah Sekolah

    KEDUA
    A. Rubrik yang terdapat di dalam majalah umum : Majalah Kartini
    > Rubrik aktual/eksklusif
    > Profil
    > Kisah sejati
    > Mode
    > Gaya hidup
    > Kecantikan
    > Fiksi
    > Konsultasi dan informasi, yang tentunya berkaitan pada dunia wanita.

    B. Rubrik yang paling menarik bagi saya di dalam majalah kartini adalah rubrik kecantikan, karena di dalam rubrik tersebut membahas tentang produk make up. Tidak hanya seputar berdandan saja, namun juga dijelaskan berbagai merk dari kosmetik serta warna apa yang harus digunakan, selain itu, ada juga bagian rombak gaya. Disini, para wanita dapat mengirimkan foto untuk dirombak gayanya, yang kemudian dijelaskan lebih lanjut mengenai rombak gaya.

    C. Jika saya diberikan kesempatan yang bertugas untuk membuat rubrik kecantikan tersebut, saya ingin merekomendasikan beberapa produk kecantikan yang sesuai dengan skin tone perempuan Indonesia dan menonjolkan kepribadian dan gaya wanita Indonesia.

    D. (1) Rubrik majalah sekolah :
    > Rubrik informasi berisi tentang berita, resensi (buku dan film), feature, travelling , dan profil.
    > Rubrik opini berisi tentang artikel yang mengupas teknologi, life style, dan berbagai opini sosial.
    > Rubrik hiburan berisi tentang komik, cerpen, dan puisi.
    (2) Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik informasi karena dapat menambah pengetahuan baru.
    (3) Bila saya diberi kesempatan untuk menulis rubrik informasi, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk berkreatif membuat informasi tentang film-film yang berhubungan dengan pendidikan, menonjolkan berita yang up to date, dan merekomendasikan informasi tempat travelling yang menarik bagi kaum pelajar.

    BalasHapus
  26. Nama : Nabila Resha Rahmadani
    Nim : A310170032
    Kelas : 7A

    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    1). Nama Majalah : Majalah Wanita Kartini
    Nama lembaga yang menerbitkan : PT Kartini Cahaya Lestari
    Nomor izin penerbitan : NO.536794-536795
    Slogan/Topik : Women Move Up
    2). Redaksi dan nama orang yang menempati redaksi :
    Pendiri : Bram Tuapattinaya (1936-2015)
    Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Eric Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum : Hatawano
    Penanggung Jawab : Eric Tuapattinaya
    Dewan Redaksi : Eric Tuapattinaya, Heru Hartoko, Dewi Yamina, Retno Satuti, Nurul Rahmi.
    Redaksi Aktual Ekslusif : Heru Hartoko, Dewi Yamina (Redaktur Pelaksana)
    Nurul Rahmi (Redaktur Senior)
    Redaksi Lifestyle : Retno Satuti (Redaktur Pelaksana)
    Cover Photography : Hartono Hosea (@h2photography)
    Redaksi Foto : Turida Wijaya
    Redaksi Artistik : Hendra Adrian
    Sekretaris Redaksi : Intan Mahalia
    Staf Khusus :Mooryati, dr Sumaryati Arjoso SKM, Ike Soepomo, Mas Dian MRE, Mira D Amir, Psi
    Koresponden/Kontributor : Jawa Timur : Anggun Angkawijaya
    Jawa Tengah : Khairinia Nasution
    DIY : Fajar Sodiq
    Sulawesi : Abdy Febriady
    Maluku : Saswati Matakena, Febby Kaihatu
    Pemimpin Perusahaan : Eric Tuapattinaya
    B. Majalah Sekolah
    1) - Nama majalah : Majalah Sekolah Kharisma
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMAN 2 Blitar
    - Nomor izin penerbitan : 9772355876364
    - Slogan majalah : Kiprah Karya SMAN 2 Blitar

    2) Stuktur Majalah
    - Pelindung: Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd
    - Pembina: Eko Sulistiono, S. Kom., Rahmanu Adi Widodo, S.Pd., Hj. Siti Mastupah, S.Pd., Jenitasari Santoso, S.Pd.
    - Penanggung Jawab Penyelenggara: Daffa Adyatama
    - Penanggung Jawab kegiatan: Allay Cartina Baby Millenia
    - Pimpinan Redaksi: Dina Kartika
    - Redaksi Pelaksana: Khusnul Maysaroh, Prajna Paramitha A, Aisyah Adilatus
    - Staf Redaksi: Avis Yuna, Natalia Mega Dharma, Amelia Fatika Hapsari
    - Ilustrator: Rahma, Mega Putri, Wulan Purnama
    - Fotografer: Salwa Salsabila, Charissa Puti Kusuma Dewi, Shinta Ayu
    - Bendahara: Adinnia Eka Suci

    C. Susunan Draf Redaksi Papirus
    Pembimbing : Agus Budi Wahyudi
    Penanggung Jawab : Adyana Sunanda
    Ketua Redaksi : Nurul Hidayat
    Wakil Ketua Redaksi : Irma Eka
    Bendahara : Resti Rendiro, Tri Haryono
    Sekretaris : Anisa Fisabililla, Dwi Anita
    Koordinator Jurnalis : Rindita, Afifah Eska, Malisa
    Photograper : Giri Tri, Januar Ahmad
    Editor : Anas Puspitasari Dewi, Carolina Vera, Hizbi Nauval
    Humas : Ferrydiana Candra, Nur Lailatul Hibatullah, Muhammad Anas
    Setting dan Lyout : Wiwin Winarsih, Rahma Eka
    Distribusi : Martha Ayu, Yustika Indri, Nurin
    Anggota Redaksi : Lala Kartika, Dyah Indah, Rizka Nurul, Henika, Luthfi Anugerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA
      A. Rubrik Majalah Umum
      Susunan rubrik yang ada pada majalah Kartini
      - Rubrik aktual/eksklusif: Berisi mengani berita terbaru dan ekslusif
      - Profil: Berisi profil seseorang
      - Kisah sejati: Berisi kisah-kisah inspiratif
      - Mode: Berisi tren fashion, dll
      - Gaya hidup: berisi mengenai gaya hidup
      - Kecantikan: membahas seputar kecantikan
      - Fiksi: berisi kisah-kisah fiksi
      - Konsultasi dan Informasi: berisi konsultasi dari konsultan dari majalah kartini

      B. Rubrik Majalah yang Menarik
      Menurut saya, rubrik gaya hidup merupakan rubrik yang menarik adalah rubrik gaya hidup yang berisi fashion perempuan dan laki-laki, dan hal kekinian lainnya, karena dewasa ini orang-orang banyak sekali yang lebih memperhatikan gaya hidup, sehingga sangat besar kemungkinan rubrik ini menjadi rubrik yang banyak dibaca oleh pembaca.

      C. Bila saya diamanahi untuk menulis rubrik gaya hidup, saya akan banyak mengangkat topik seputar gaya hidup yang sedang menjadi tren di kalangan pembaca seperti fashion perempuan dan laki-laki dan lainnya. Selain itu, untuk dapat menuliskan rubrik tersebut saya akan melakukan riset sehigga dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas.

      D. Rubrik pada majalah sekolah
      Susunan rubrik yang ada pada majalah Kharisma Sman 2 Blitar:
      - Mimbar Agama Islam: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama islam
      - Mimbar Agama Khatolik: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama Khatolik
      - Artikel Tamu: Berisi mengenai sekolah-sekolah lain
      - Artikel: Berisi artikel menganai sekolah SMAN 2 Blitar
      - Laporan Utama: Berisi berita utama yang menjadi sorotan
      - Cerpen: Berisi cerita pendek yang ditulis oleh siswa
      - Sekilas Berita: Berita-berita singkat mengenai sekolah
      - Bahasa: Berisi pembahasan seputar bahasa dan sastra
      - Ruang Kesehatan: Berisi informasi seputar kesehatan
      - Tokoh: Pembahasan mengenai tokoh inspiratif
      - Gallery: Berisi foto-foro
      - Humor: Berisi tulisan yang bertujuan untuk hiburan

      Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik bahasa. Karena rubrik ini sejalan dengan jurusan yang saya jalani saat ini.
      Jika saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut saya akan menggunakan pengetahuan yang saya dapat selama perkuliahan agar dapat menulis rubrik tersebut.

      Hapus
  27. Nama: Nurin Nurfikawati
    NIM: A310170014

    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    1) - Nama majalah : Majalah Wanita Kartini
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Kartini Cahaya Lestari
    - Nomor izin penerbitan : 1693-5659
    - Slogan majalah : Inspiring Reality

    2) Struktur majalah
    - Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi: Bram Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum I: Eric Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum II: Hatawano
    - Wakil Pimpinan Redaksi: Endang Werdiningsih
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: Bram Tuappattinaya dan Endang Werdiningsih
    - Dewan Redaksi: Bram Tuappattinaya, Eric, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Veny Sinuuraya, Galis Remina Babay
    - Redaksi Masakan: Ai Turwina
    - Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmiko. Riza Adam Buchori
    - Staf Khusus: Dr Naik L Tobing, Dr Sumaryati Arjos SKM, Ike Soepomo, Dra Winarini WD Mansoer PhD, Yadi Suharsono Spsi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE
    - Koresponden/Kontributor: Nusa Tenggara (Ruslan Nedi), Maluku ( Saswati Matakena, Febby Kaihatu), Jawa timur (Ita Nasyi’ah)
    - Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    - Pimpinan Usaha: Eric Tuappattinaya
    - Iklan Promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah

    B. Majalah Sekolah
    1) - Nama majalah : Majalah Sekolah Kharisma
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMAN 2 Blitar
    - Nomor izin penerbitan : 9772355876364
    - Slogan majalah : Kiprah Karya SMAN 2 Blitar

    2) Stuktur Majalah
    - Pelindung: Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd
    - Pembina: Eko Sulistiono, S. Kom., Rahmanu Adi Widodo, S.Pd., Hj. Siti Mastupah, S.Pd., Jenitasari Santoso, S.Pd.
    - Penanggung Jawab Penyelenggara: Daffa Adyatama
    - Penanggung Jawab kegiatan: Allay Cartina Baby Millenia
    - Pimpinan Redaksi: Dina Kartika
    - Redaksi Pelaksana: Khusnul Maysaroh, Prajna Paramitha A, Aisyah Adilatus
    - Staf Redaksi: Avis Yuna, Natalia Mega Dharma, Amelia Fatika Hapsari 
    - Ilustrator: Rahma, Mega Putri, Wulan Purnama
    - Fotografer: Salwa Salsabila, Charissa Puti Kusuma Dewi, Shinta Ayu
    - Bendahara: Adinnia Eka Suci

    C. Draf Redaksi Papirus
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pimpinan redaksi: Sukma Aji
    - Redaksi Pelaksana: Khoyiroh Novita Sari,
    - Sekretaris Redaksi: Yunita Mandasari
    - Staf redaksi: Vera Jati Kusuma, Dyah Ayu Arini, Sekaringtyas
    - Bendahara: Devi Lestari
    - Fotografer: Eza Rizky, Fitri Wahyu Ningrum
    - Setting dan Layout: Marisa Adriana, Putri Ayo Setyowati
    - Pimpinan Usaha: M. Dwi Julianto
    - Iklan dan Promosi: Nanda Yulianti, Intan Devita Sari

    BalasHapus
  28. KEDUA
    A. Rubrik Majalah Umum
    Susunan rubrik yang ada pada majalah Kartini
    - Rubrik aktual/eksklusif: Berisi mengani berita terbaru dan ekslusif
    - Profil: Berisi profil seseorang
    - Kisah sejati: Berisi kisah-kisah inspiratif
    - Mode: Berisi tren fashion, dll
    - Gaya hidup: berisi mengenai gaya hidup
    - Kecantikan: membahas seputar kecantikan
    - Fiksi: berisi kisah-kisah fiksi
    - Konsultasi dan Informasi: berisi konsultasi dari konsultan dari majalah kartini

    B. Rubrik Majalah yang Menarik
    Menurut saya, rubrik gaya hidup merupakan rubrik yang menarik adalah rubrik gaya hidup, karena dewasa ini orang-orang banyak sekali yang lebih mempertahtikan gaya hidup, sehingga sangat besar kemungkinan rubrik ini menjadi rubrik yang banyak dibaca oleh pembaca.

    C. Bila saya diamanahi untuk menulis rubrik gaya hidup, saya akan banyak mengangkat topik seputar gaya hidup yang sedang menjadi tren di kalangan pembaca. Selain itu, untuk dapat menuliskan rubrik tersebut saya akan melakukan riset sehigga dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas.

    D. Rubrik pada majalah sekolah
    Susunan rubrik yang ada pada majalah Kharisma Sman 2 Blitar:
    - Mimbar Agama Islam: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama islam
    - Mimbar Agama Khatolik: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama Khatolik
    - Artikel Tamu: Berisi mengenai sekolah-sekolah lain
    - Artikel: Berisi artikel menganai sekolah SMAN 2 Blitar
    - Laporan Utama: Berisi berita utama yang menjadi sorotan
    - Cerpen: Berisi cerita pendek yang ditulis oleh siswa
    - Sekilas Berita: Berita-berita singkat mengenai sekolah
    - Bahasa: Berisi pembahasan seputar bahasa dan sastra
    - Ruang Kesehatan: Berisi informasi seputar kesehatan
    - Tokoh: Pembahasan mengenai tokoh inspiratif
    - Gallery: Berisi foto-foro
    - Humor: Berisi tulisan yang bertujuan untuk hiburan

    Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik bahasa. Karena rubrik ini sejalan dengan jurusan yang saya jalani saat ini.
    Jika saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut saya akan menggunakan pengetahuan yang saya dapat selama perkuliahan agar dapat menulis rubrik tersebut.

    BalasHapus
  29. Nama : Resti Rendiro Handani
    NIM : A310170008
    Kelas : 7A

    PERTAMA:

    A. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Susunan Redaksi Majalah Umum
    1) Nama Majalah : Femina
    Nama Lembaga Penerbit : PT. Gaya Favorit Press
    Nomor Izin Penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    Slogan Majalah : Gaya Hidup Masa Kini

    2) Redaksi dan Anggotanya
    Pemimpin Redaksi : Petty S. Fatimah
    Editor at Large : Dewi Dewa
    Redaktur Pelaksana : Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    Redaktur Madya : Angela H. Wahyuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih.
    Redaktur : Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    Pemimpin Umum : Widarti Gunawan
    Pemimpin Perusahaan : Svida Alisjahbana
    Pembina : Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    Direksi : Mitra Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana, Pia Alisjahbana.

    B. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    1) Nama Majalah : Mutualista
    Nama Lembaga Penerbit : Muhammadiyah 1 Alternative Elementary School
    Nomor Izin Penerbitan : ISSN 2302-8386
    Slogan Majalah : Mewartakan Merekatkan Menginspirasi

    2) Redaksi dan Anggotanya
    Penanggung Jawab : H. Salamun, S.Ag, M.Pd.I.
    Pemimpin Umum : Wati Prihayanti, S.Ag., M.Pd
    Pemimpin Redaksi : Sigit Kurniawan, S. Pd
    Sekretaris Umum : Wike Rismawati, S.Pd
    Penyelaras Bahasa : Herlian Ardivianti, S.S
    Redaksi : Jody Nur I. S.Pd.I; Erni Setyowati, S.S; Ambarsari S.Pd., M.Pd; Luqmn Novianto, S.Pd.I; Mustaqim, S.Ag., M.Pd; Wulan Charismawati, S.Pd; Doni Arsena Bayu,A., S.Sn
    Bank Data : Wahyu Setyo Utomo, S.Pd
    Fotografer : Muftachul Aziz, S.E
    Desain dan Layout : Joko Adi Yunarto, AMa. Pust
    Keuangan : Lis Apriyanti D.A
    Sirkulasi, Produksi, Iklan : Oki Yanuar, S.Pd.Jas

    C.
    1) Draft Redaksi Papirus
    Pemimpin : Sigit Kurniawan, S.Pd
    Sekretaris : Wike Rismawati, S.Pd
    Penyelaras : Herlian Ardiyanti, S.S
    Redaksi : Jody Nur I. S.Pd.I; Erni Setyowati, S.S; Ambarsari S.Pd., M.Pd; Luqmn Novianto, S.Pd.I; Mustaqim, S.Ag., M.Pd; Wulan Charismawati, S.Pd; Doni Arsena Bayu,A., S.Sn

    2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    Pemimpin : Nadia Fauziah
    Sekretaris : Savina Rachmah
    Penyelaras : Dinar Febrianti
    Redaksi : Murni Cahyati, Astria Yuli

    KEDUA:
    A.Rubik pengisi majalah Femina
    .iklan
    .info
    .cerita pendek
    .ajakan
    .iklan
    .polling
    .pekomendasi

    B.Menurut saya rubik yang menarik yaitu polling karena dalam polling tersebut pembaca dapat menentukan pilihan.

    C.apabila saya suruh mengisi rubik tersebut saya akan menggunakan polling yang sesuai dan memiliki bobot.

    D.Rubik yang terdapat dalam majalah sekolah
    Salam redaksi
    Tajuk
    Isi
    Inti
    Sekolah
    Feature
    Oase
    Parenting
    Lembud
    Khasanah seni
    Matriks
    Kawruh Jawa
    Smart quiz

    Menurut saya rubik yang menarik yaitu smart quiz karena pembaca bisa memahami dengan cara mengasah pikiran dengan sungguh-sungguh .apabila saya disuruh mengisi saya memilih smart quiz karena menambah pengetahuan tentunya pengetahuan yang berbobot.

    BalasHapus


  30. PERTAMA
    A.) 1. Nama Majalah : IDNPRO
    Nama Lembaga yang menerbitkan: PT. Batam Media Kreatif
    Nomor izin penerbitan: 9120004450441
    Slogan/topik majalah: Idnpro Inspirasi Kita
    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    1. Pemimpin Umum/Penanggungjawab : Aldi Braga
    2. Pemimpin Redaksi: Abbas Abdurrahman
    3. Wakil Pemimpin Redaksi: Indra Helmi
    4. Redaktur: M Ichsan, Helmi, Aprizal
    5. Reporter: Ardyan, Aprizal, Deby Ainan Yasra, M Ichsan
    6. Fotografer & Videografer:: Reza Fahmi
    7. Manajer Pengembangan Usaha: Herman Adriyanto
    8. Sekretaris Redaksi: Debi Ainan Yasra
    9. Keuangan: Ardyan
    10. Manager Iklan / Promosi: Hidayataullah MZ
    11. Unit Kreatif: Nono Saba
    B.) Nama majalah: Jaroe Tada
    Nama lembaga Penerbit: Garis_Bawah inc
    Nomor ijin penerbitan: -
    Slogan/topik majalah umum: Cerdas & Menginspirasi
    Penasehat: Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd
    Pembina: Syarfati, S.Pd
    Pemimpin Redaksi: Lola Tria Miranda
    Sekretaris Redaksi: Eva Susanti
    Redaktur Pelaksana: Ira Fazira
    Reporter Liputan: Cut Handayani, Sabila Riska, Putri Pinsa Yoana Keumala, Sara Rahma Tika.
    C. 1) Draf Redaksi
    - Penasehat: Syarwan Joni
    - Pembina: Syarfati
    - Pemred: Lola Tria Miranda
    - Sekretaris Redaksi: Eva Susanti
    - Redaktur Pelaksana: Ira Fazira
    - Staff redaksi:

    2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas

    1. Pembina: Agus Budi Wahyudi
    2. Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    3. Sekretaris Redaksi: Malisa Putri Utami, Anggisya Wulan
    4. Fotografer : Januar Ahmad Fauzi
    5. Reporter: Rizka Nurul, Irma Eka, Rinda Vera, Arum Diyah,
    6. Iklan/ promosi: Nur Hidayah, Ferrydiana Candra Patirane, Eka Putri, Anas PuspitaSari, Yustika Indri
    7. Layout: Ariani Dwi Rusdina, Annisa Fisabilla, Luthfi Anugerah
    8. Bendahara: Resti Rendiro

    KEDUA

    A. Rubrik yang ada di majalah “ Issu Sunday (2018) ”
    1) Promo
    2) Info
    3) Cerpen
    4) Opini
    5) Ajakan
    6) Rekomendasi
    7) Iklan
    8) Puisi
    B. Rubik yang menarik bagi saya yaitu Puisi karena pada dasarnya saya menyukai puisi sehingga dapat melihat karya-karya tulisan yang dirangkai secara indah milik orang lain.
    C. Jika saya diberi kesempatan untuk mengisi rubik tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan karya puisi yang indah serta bermanfaat bagi orang lain.
    D. Rubrik yang ada pada majalah sekolah yaitu:
    1. Rubrik Informasi
    Rubrik Informasi terdiri dari:
    • Perihal keluarga “pertunangan, perkawinan, kelahiran, kematian”.
    • Pengumuman pimpinan organisasi.
    • Kesejahteraan “koperasi, fasilitas dari organisasi, kredit rumah”.
    • Surat keputusan.
    • Peraturan.
    • Kepindahan pegawai.
    • Pergantian pemimpin.
    • Pertemuan “rapat kerja, penataran, konferensi, dan lain sebagainya”.
    2. Rubrik Edukasi
    Contoh Rubrik Edukas, yaitu :
    • Tajuk rencana.
    • Kutipan pendapat tokoh “keahlian, kemasyarakatan, keagamaan”
    • Artikel “pengetahuan, keterampilan, keagamaan, dan lain-lain”.
    3. Rubrik Rekreasi
    Contoh rubrik rekreasi, diantaranya:
    • Cerita pendek.
    • Pojok atau sentilan.
    • Anekdot.
    • Kisah minat insani “human interest”.
    Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubik kreasi karena pada rubrik kreasi ada sebuah anekdot yang berisi sindiran dengan humor sehingga ada sebuah kritik yang tersampaikan dengan cara yang kreatif.

    Jika saya diberi tugas menulis rubrik tersebut saya akan berusaha sekreatif mungkin dalam membuatnya dan lebih menggali ide-ide baru lagi.

    BalasHapus
  31. Nama : Rizka Nurul Wahidah
    NIM : A310170044
    Kelas : 7A

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum
    (1) Nama majalah : Tabligh
    nama lembaga yang menerbitkan : pusat dakwah Muhammadiyah
    nomor ijin penerbitan : 1412-7989
    slogan/topik majalah umum tersebut : mendakwahkan tauhid mengawal tajdid
    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.
    1. Perintis : Yunahar Ilyas
    2. Dewan penasehat : Haedar nashir, Dadang Kahmad, fatrhurahman kamal, Sofyan anif.
    3. Dewan pengawas : Risman Muchtar, Fahmi Salim
    4. Pemimpin umum : Syamsul Hidayat
    5. Wakil pemimpin umum : fakhrurazi reno Sutan
    6. Pemimpin redaksi : Mustofa Nahrawardaya
    7. Sekretaris redaksi : M.reza prima Matondang
    8. Redaktur pelaksana : M. Rido Hidayat
    9. Redaktur ahli : Adian Husaini, okrizal ekaputra, Yusuf A Hasan, Tabrani syabirin
    10. Dewan redaksi : abu deedat, Agus trisundani, waluyo, hilal Ramdhan nasution, Muhammad ziyad, rizki usmul azan.
    11. Pemimpin usaha : Agus Darmawan
    12. Wakil pemimpin usaha/produksi : muhammad Furqan
    13. Litbang/IT : M.firmansyah, Fida Afif, AH. Mahsuni
    14. Keuangan : Bambang Aditya
    15. Distribusi dan periklanan : Satriawan tanjung, Khairul Azmi, Adrizal Chan.
    16. Lay out : Bayu zulkarmain
    17. Tata usaha : Yosep nosmeki


    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah.
    (1) Nama majalah : shine
    nama lembaga yang menerbitkan : shine English club' SMA Negeri 2 Wonogiri
    nomor ijin penerbitan : edisi 2014/19 Desember 2014
    slogan/topik majalah sekolah : best friend forever
    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.
    1. Publication permit (izin publikasi): Dalimin s.pd, M. PD
    2. Patron (pelindung) : Hj. Retno haryuni, M.pd
    3. Consultants (konsultan): dra, Sri sunari, M.pd, Riyanto s.pd, Eli Kustrino s.pd.
    4. Person in change of the magazine (editor) : Dewi aprilia S.pd, Saptiwi Rohayati s.pd, Heny Nurul s.pd, Yayah nur Rohayati s.pd
    5. General leader (pemimpin umum) : leonyta hana, Muh. Alif, ardifajasa,
    6. Secretary (sekretaris): Yoan Maria, reka zayyana,
    7. Treasure (keuangan): Lulu agustina, Natasya intania
    8. Reporters (reporter): Aisyah zulaina, Sindi Dwi Rizki, Sandora, Taufik Akbar,
    9. Cartoonist (cover): anindita, gratia putri,
    10. Lay outer (lay out): AA
    11. Photograhers (fotografer) : fadil, bertina
    12. Distribution (distribusi) : Thomas, Kartika Putri, Dita Dwi.

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan mengacu pada susunan redaksi majalah Dan nama yang menduduki posisi redaksi papirus menurut saya yaitu :

    1. Pimpinan umum : Bp. Agus Budi Wahyudi
    2. Pimpinan redaksi : Tri haryono
    3. Redaktur pelaksana : Anas Puspita, malisa,
    4. Sekretaris redaksi : Anisa
    5. Kontributor : Yustika
    6. Keuangan : Resti
    7. Cover : giri tri
    8. Setting dan layout : Naufal
    9. Litbang : Yanuar Ahmad
    10. Pengembangan : Yuliana
    11. Sirkulasi : Tiara Sani
    12. Publik relations : Nurul Hidayat
    13. Web master : Marta ayu
    14. Iklan dan produksi : Arum diyah

    BalasHapus
  32. Kedua

    A. Rubrik yang ada di majalah umum :
    1. Taujih
    2. Dari redaksi
    3. Karikatur
    4. Sajian utama 1
    5. Sajian utama 2
    6. Fitur
    7. Fikrah
    8. Kolom
    9. Siroh
    10. Kolom
    11. Khasanah
    12. Persyarikatan
    13. Khutbah
    14. AIKA 1
    15. AIKA 2
    16. sajian khusus
    17. Tafsir
    18. Syarah hadis
    19. Mutiara takwa
    20. Konsultasi populer
    21. Keluarga
    22. Pendidikan
    23. Kolom
    24. Kolom
    25. Kolom
    26. Ekonomi Islam
    27. Misykat


    Isi rubrik-rubrik tersebut yaitu :
    1. Taujih : menghadapi ketidakpastian
    2. Dari redaksi : ucapan puji syukur dari redaksi
    3. Karikatur : karantina masjid
    5. Sajian utama 1 : plin plan dibawah bayang-bayang wabah
    6. Sajian utama 2 : berhati-hati dan waspada mengahadapi berita
    7. Fitur : pengalaman pandemi di turki
    8. Fikrah : Corona mewabah, agama pun digugat
    9. Kolom : ancaman pidana terhadap penimbun
    10. Siroh : kebijakan umar, saat lockdown
    11. Kolom : masjid : benteng menghadapi pandemi covid
    12. Khasanah : dinamika dakwah Kahar Muzakir
    13. Persyarikatan : Muhammadiyah dan dakwah taawuniyah
    14. Khutbah : IdulFitri mencerahkan akal budi
    15. AIKA 1 : soal jawab ibadah
    16. AIKA 2 : soal jawab muamalah
    17. sajian khusus : 12 langkah Muhammadiyah
    18. Tafsir : ramadhan meningkatkan keberatan hidup
    19. Syarah hadis : ramadhan bulan jihad
    20. Mutiara takwa : sahabat sejati berbagi
    21. Konsultasi populer : disiplin saat karantina
    22. Keluarga :9 game ajarkan LGBT
    23. Pendidikan : peran keluarga dalam pendidikan
    24. Kolom : meraih ruhaniah imaniah
    25. Kolom : bulan ampunan dan kesejahteraan
    26. Kolom : mengubah bencana menjadi benefit
    27. Ekonomi Islam : strategi penanganan pandemi
    28. Misykat : standar kebenaran

    B. Rubrik yang menarik yaitu : pendidikan, karena dalam rubrik tersebut memuat berita tentang pendidikan yang sangat bermanfaat bagi pelajar atau mahasiswa

    C. Apabila saya diberikan tugas menulis rubrik pasti sangat senang karena dapat melihat langsung realita pendidikan sekarang dan dapat menuliskannya atau berbagi informasi tersebut kepada pembaca

    D. Rubrik yang ada di majalah sekolah :
    1. Prelude
    2. Content
    3. Cerpen
    4. Student voice
    5. Ruang kreasi pena
    6. Cerpen
    7. LDK osis 2014
    8. English camp 2014
    9. Perkemahan rohis 2014
    10. Pramuka smanda
    11. Jumbara 2014
    12. Shine comic
    13. Ypw
    14. Hah around
    15. Shine info
    16. Cerpen
    17. Shine info
    18. Teacher profil
    19. Shine quiz
    20. Short story
    21. From readers
    22. Shine tech
    23. Shine tips
    24. Friendship quotes

    Isi rubrik-rubrik tersebut yaitu :
    1. Prelude : pendapat siswa tentang arti sahabat
    2. Content :
    3. Cerpen : sahabat masa gitu sih ?
    4. Student voice : wawancara khusus dengan bapak Dalimin
    5. Ruang kreasi pena : geguritan dan puisi
    6. Cerpen
    7. LDK osis 2014
    8. English camp 2014
    9. Perkemahan rohis 2014
    10. Pramuka smanda
    11. Jumbara 2014
    12. Shine comic
    13. Ypw
    14. Hah around : dolan ke cfs wonogiri
    15. Shine info : the benefitsbof having friends
    16. Cerpen
    17. Shine info
    18. Teacher profil : Mrs. Siti Yuliani
    19. Shine quiz
    20. Short story : well, It is not always about love
    21. From readers
    22. Shine tech : Instagram
    23. Shine tipz : by using internet conection
    24. Friendship quotes

    E. Rubrik yang menarik yaitu : shine tipz, karena dalam rubrik tersebut terdapat tips yang sangat menarik dan biasanya pembaca majalah akan lebih tertarik dengan tips-tips untuk membantu aktivitas sehari-hari.

    Apabila saya diberikan tugas menulis rubrik tersebut, maka saya akan memberikan berbagai tips-tips menarik yang saya punya agar menarik minta pembaca majalah.

    BalasHapus
  33. Nama: Yunia Nuring Arida Sujarwo
    NIM: A310170024

    BAGIAN PERTAMA
    UMPAN BALIK
    A. Susunan Redaksi Majalah Umum
    1. Nama Majalah : IDNPRO
    Nama Lembaga yang menerbitkan: PT. Batam Media Kreatif
    Nomor izin penerbitan: 9120004450441
    Slogan/topik majalah: Idnpro Inspirasi Kita

    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi:
    1. Pemimpin Umum/Penanggungjawab : Aldi Braga
    2. Pemimpin Redaksi: Abbas Abdurrahman
    3. Wakil Pemimpin Redaksi: Indra Helmi
    4. Redaktur: M Ichsan, Helmi, Aprizal
    5. Reporter: Ardyan, Aprizal, Deby Ainan Yasra, M Ichsan
    6. Fotografer & Videografer:: Reza Fahmi
    7. Manajer Pengembangan Usaha: Herman Adriyanto
    8. Sekretaris Redaksi: Debi Ainan Yasra
    9. Keuangan: Ardyan
    10. Manager Iklan / Promosi: Hidayataullah MZ
    11. Unit Kreatif: Nono Saba

    B. Majalah Sekolah
    - Nama Majalah : Majalah Prestasi Siswa Creative
    - Slogan Majalah : Muda Itu Berperan Bukan Baperan
    - Nomor Ijin Penerbitan : -

    Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    -Penasehat : H. Matyuni, S.Pd,. M.Agus Sriyono., S.Pd
    - Penanggung Jawab : Drs. Kamtar
    - Pimpinan Umum : Rina Maryani, S.Kom., Agung Supriyadi, S.Kom.
    Pimpinan Redaksi : Joni, S.Kom.
    Dewan Redaksi : Rohmad Afandi, S.Pd., Sumiyanto, S.Kom., Indriyanto Nur Cahyana, S.Pd., Eny Priyanti, S.Pd., Apriliana Tri Astuti, S.Pd.
    - Tim Redaksi : Yolanda Jenk Pataliputra, S.Pd., Nur Vita Sari (XII TKJ 2), Shani Sulaiman (XII TKR 3), Febri Riyadi (XI TKJ 3), Angelia Dewi M (XI MM), Salma Putri (X MM), Hanik Maria Ulfa (X MM), Arinda Safira (XI MM), Eka Fatawati (X MM), Agus Nur Arifin (X MM), Handayani (XI TKJ 3), A Mardatun Nisa (X MM), Fahma Isdiyanto (X MM), Amelia (X MM), Puji Astuti (XI MM), Nurlayly Isti Jabah (XI MM),
    - Fotografer : ahmad fauzi, S.Pd, Wisnu Aji Pangestu (XII MM), Farid Gunawan (XII MM), Yusriza Yuli P (XII MM).
    - Layout : Rizal fatoni, S.Kom, Galuh (XI TKJ 2), Melani (XI TKJ), Dina Ayu Saputri (XI MM), Utsman Abdillah (XI Creative), Afifah Nur Fauziah (XII MM), Misbahul (XI MM), Vina (XI TKJ).


    2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    1. Pembina: Agus Budi Wahyudi
    2. Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    3. Sekretaris Redaksi: Niken Setyo Rini Anggisya Wulan
    4. Fotografer : Januar Ahmad Fauzi
    5. Reporter: Rizka Nurul W, Irma Eka, Arum Dyah.
    6. Iklan/ promosi: Caroline, Ferrydiana Candra Patirane, Eka Putri, Anas PuspitaSari, Yustika Indri
    7. Layout: Ariani Dwi Rusdina, Annisa Fisabilla, Luthfi Anugerah 
    8. Bendahara: Resti Rendiro, malisa putri utami.
    9. Koordinator Jurnalis : Tiarasani Wulandari, Rinda Vera M.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAGIAN KEDUA
      UMPAN BALIK
      A. Rubrik yang ada di majalah “ Issu Sunday (2018) ”
      1) Promo
      2) Info
      3) Cerpen
      4) Opini
      5) Ajakan
      6) Rekomendasi
      7) Iklan
      8) Puisi

      B. Rubik yang menarik bagi saya yaitu Puisi karena pada dasarnya saya menyukai puisi sehingga dapat melihat karya-karya tulisan yang dirangkai secara indah milik orang lain.

      C. Jika saya diberi kesempatan untuk mengisi rubik tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan karya puisi yang indah serta bermanfaat bagi orang lain.

      D. Rubrik yang ada pada majalah sekolah yaitu:
      1. Rubrik Informasi
      Rubrik Informasi terdiri dari:
      • Perihal keluarga “pertunangan, perkawinan, kelahiran, kematian”.
      • Pengumuman pimpinan organisasi.
      • Kesejahteraan “koperasi, fasilitas dari organisasi, kredit rumah”.
      • Surat keputusan.
      • Peraturan.
      • Kepindahan pegawai.
      • Pergantian pemimpin.
      • Pertemuan “rapat kerja, penataran, konferensi, dan lain sebagainya”.
      2. Rubrik Edukasi
      Contoh Rubrik Edukas, yaitu :
      • Tajuk rencana.
      • Kutipan pendapat tokoh “keahlian, kemasyarakatan, keagamaan”
      • Artikel “pengetahuan, keterampilan, keagamaan, dan lain-lain”.
      3. Rubrik Rekreasi
      Contoh rubrik rekreasi, diantaranya:
      • Cerita pendek.
      • Pojok atau sentilan.
      • Anekdot.
      • Kisah minat insani “human interest”.

      Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubik kreasi karena pada rubrik kreasi ada sebuah anekdot yang berisi sindiran dengan humor sehingga ada sebuah kritik yang tersampaikan dengan cara yang kreatif.

      Jika saya diberi tugas menulis rubrik tersebut saya akan berusaha sekreatif mungkin dalam membuatnya dan saya akan mencari informasi atau data serta dapat menggali ide-ide yang lebih menarik lagi.

      Hapus
  34. Nama: Vina Adi Tama
    NIM: A310170047
    Kelas: 7A

    Pertama

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum Anda!
    (1) Nama Majalah: Majalah G Priority
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Gemilang Larasati Nusantara
    - Nomor ijin penerbitan: No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014
    - Slogan atau topik majalah umum: Jelajah Nusantara

    (2) Redaksi dan nama-nama orang yang menempati posisi redaksi.
    - Pemimpin Umum: Y. Irawan
    - Penanggung Jawab: Lukman A. Salendra
    - Pemimpin Redaksi: Lukman A. Salendra
    - Editor: Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N
    - Creative Designer: Raden Satria
    - Designer Staff: M. Iqbal R, Annisa Mayang
    - Fotografer: Adityo Prihantoro
    - Pengembangan Bisnis: Lina Langen
    - Keuangan: Rizky Renaldi
    - Account Executive: Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    - Promosi: Dewi Sartika
    - Sirkulasi: Rohila, Wahyudi, Ade
    - Pelatihan: Anggie
    - Penerjemah: Ben Aryo
    - Kontributor: Kalimantan Utara (R Putra, Febrianus Felis)
    Sumtera Selatan (Hendri, Babel, Via)
    Jawa Barat (Ares Resmi)

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    (1) Nama Majalah: Jaroe Tada
    - Nama Lembaga Penerbit: Garis_Bawah inc
    - Nomor Izin Penerbitan:-
    - Slogan atau topik majalah sekolah: Cerdas dan Menginspirasi
    - Penasehat: Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd
    - Pembina: Syarfati, S.Pd
    - Pemimpin Redaksi: Lola Tria Miranda
    - Sekretaris redaksi: Eva Susanti
    - Redaktur Pelaksana: Ira Fazira
    - Reporter liputan: Cut Handayani, Sabila Riska, Putri Pinsa Yoana Keumala, Sara Rahma Tika

    C. Susunan Redaksi Menurut Teman di Kelas
    - Pelindung: Yakub N
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    - Sekretaris Redaksi: Rinda
    - Redpel: Hidah
    - Editor: Yanuar, Rahma
    - Repoter: Yuliana, Bila, Ariani
    - Layout: Anas
    - Staf Redaksi: Martha, Indah, Nurin

    Bagian Kedua

    A. Majalah Umum, rubrik yang ada di majalah "Issu Sunday (2018)"
    - promo
    - info
    - cerpen
    - opini
    - ajakan
    - rekomendasi
    - iklan
    - puisi

    B. Rubrik yang menarik bagi saya yaitu puisi, karena saya suka membaca puisi yang indah karya orang lain.

    C. Jika saya diberi kesempatan untuk menulis rubrik tersebut, saya akan berusaha membuat puisi yang indah dan banyak diminati oleh orang lain.

    D. Rubrik-rubrik di Majalah Sekolah
    - Rubrik Artikel
    - Rubrik Motivasi
    - Galeri Kecil
    - Rubrik Pengetahuan

    Rubrik yang menarik bagi saya yaitu, rubrik motivasi. Alasan, karena untuk meningkatkan semangat belajar siswa.

    Bagaimana bila saya diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut? Jika saya menulis mengenai rubrik tersebut, saya akan membuat topik yang baik dan menarik untuk semangat belajar siswa.

    BalasHapus
  35. Nama : Eka Putri Nurhamidah
    NIM : A310170036
    Kelas : 7A

    Umpan Balik Pertama
    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum
    1. Nama majalah : Majalah Bahasa dan Sastra (ESENSI)
    2. Nama lembaga yang menerbitkan : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    3. Nomor ijin penerbitan : No.1 Tahun 2015
    4. Slogan/topik : Kebahasaan dan kesusastraan

    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pengarah: Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
    Pembina : Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan
    Pemimpin Umum: Prih Suharto
    Wakil Pemimpin Umum: Malem Praten
    Pemimpin Redaksi :Teguh Dewabrata Sekretaris Redaksi Efgeni
    Redaktur : Nana Riskhi Susanti
    Sidang Redaksi : Devi Luthfiah Tamam Ruji Harahap
    Penata Artistik: Isa Jaya Pardomuan Simanjuntak
    Sekretariat : Deni Setiawan, Dede Supriyadi,Halipah Nasyiah Syafir, Delia Saparini
    Penerbit : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, KementerianPendidikan dan Kebudayaan

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Nama majalah: Jaroe Tada
    Nama lembaga penerbit: Garis_Bawah inc
    Nomor izin penerbitan: -
    Slogan/ topik majalah sekolah: Cerdas & Menginspirasi
    Penasehat: Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd
    Pembina: Syarfati, S.Pd
    Pemimpin redaksi: Lola Tria Miranda
    Sekretaris redaksi: Eva Susanti
    Redaktur pelaksana: Ira Fazira
    Reporter liputan: Cut Handayani, Sabila Riska, Putri Pinsa Yoana Keumala, Sara Rahma Tika

    C. Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    Pelindung: Adyana Sunanda
    Pembina: Agus Budi Wahyudi
    Pemimpin redaksi: Nurul Hidayat
    Sekretaris redaksi : Eka
    Redpel: Eska
    Editor: Lala, Rindita
    Repoter: Nita, Lela, Irma
    Layout: Yanuar
    Staf redaksi: Bila, Tiara, Sasa

    Umpan Balik Kedua
    A. Rubrik Majalah Umum
    Susunan rubrik yang ada pada majalah Kartini
    - Rubrik aktual/eksklusif: Berisi mengani berita terbaru dan ekslusif
    - Profil: Berisi profil seseorang
    - Kisah sejati: Berisi kisah-kisah inspiratif
    - Mode: Berisi tren fashion, dll
    - Gaya hidup: berisi mengenai gaya hidup
    - Kecantikan: membahas seputar kecantikan
    - Fiksi: berisi kisah-kisah fiksi
    - Konsultasi dan Informasi: berisi konsultasi dari konsultan dari majalah kartini

    B. Rubrik Majalah yang Menarik
    Menurut saya, rubrik gaya hidup merupakan rubrik yang menarik adalah rubrik gaya hidup, karena dewasa ini orang-orang banyak sekali yang lebih mempertahtikan gaya hidup, sehingga sangat besar kemungkinan rubrik ini menjadi rubrik yang banyak dibaca oleh pembaca.

    C. Bila saya diamanahi untuk menulis rubrik gaya hidup, saya akan menggunakan topik yang berkaitan dengan tren masa kini, seperti busana atau aksesoris yang saat ini sedang banyak digunakan oleh kaum milenial. selain itu, untuk mendapatkan rubrik tersebut saya akan melakukan riset sehingga dapat menghasilkan hasil yang berkualitas bagipembaca.

    D. Rubrik pada majalah sekolah
    Susunan rubrik yang ada pada majalah Gemilang dari SMA N 1 Purwodadi:
    - Mimbar Agama Islam: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama islam
    - Mimbar Agama Khatolik: Berisi nasihat atau pelajaran mengenai agama Khatolik
    - Artikel Tamu: Berisi mengenai sekolah-sekolah lain
    - Artikel: Berisi artikel menganai sekolah SMA N 1 Purwodadi
    - Laporan Utama: Berisi berita utama yang menjadi sorotan
    - Cerpen: Berisi cerita pendek yang ditulis oleh siswa
    - Sekilas Berita: Berita-berita singkat mengenai sekolah
    - Bahasa: Berisi pembahasan seputar bahasa dan sastra
    - Ruang Kesehatan: Berisi informasi seputar kesehatan
    - Tokoh: Pembahasan mengenai tokoh inspiratif
    - Gallery: Berisi foto-foro
    - Humor: Berisi tulisan yang bertujuan untuk hiburan

    - Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik bahasa. Karena rubrik ini sejalan dengan jurusan yang saya jalani saat ini.

    - Jika saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut saya akan menggunakan pengetahuan yang saya dapat selama perkuliahan agar dapat menulis rubrik tersebut.

    BalasHapus
  36. Nama : Afifah Eska Laila
    NIM : A310170022
    Kelas : 7A

    PERTAMA

    A.
    1. Majalah Umum
    - Nama majalah : Majalah Femina
    - Nama Lembaga yang menerbitkan : PT Gaya Favorit Press
    - Nomor Ijin Penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    - Slogan/majalah umum : Gaya Hidup Masa Kini

    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    - Pemimpin Umum: Widarti Gunawan
    - Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana
    - Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah
    - Editor at Large: Dewi Dewa
    - Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    - Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih
    - Redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    - Penerbit: PT Gaya Favorit Press
    - Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    - Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana
    - Alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.3233, Jakarta 12910, SIUPP
    - Nomor: 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    - Pencetak: PT Grafika Multi Warna


    B.
    1. Majalah Sekolah
    - Nama majalah : Majalah Sekolah Kharisma
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMAN 2 Blitar
    - Nomor izin penerbitan : 9772355876364
    - Slogan majalah : Kiprah Karya SMAN 2 Blitar

    2. Stuktur Majalah
    - Pelindung: Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd
    - Pembina: Eko Sulistiono, S. Kom., Rahmanu Adi Widodo, S.Pd., Hj. Siti Mastupah, S.Pd., Jenitasari Santoso, S.Pd.
    - Penanggung Jawab Penyelenggara: Daffa Adyatama
    - Penanggung Jawab kegiatan: Allay Cartina Baby Millenia
    - Pimpinan Redaksi: Dina Kartika
    - Redaksi Pelaksana: Khusnul Maysaroh, Prajna Paramitha A, Aisyah Adilatus
    - Staf Redaksi: Avis Yuna, Natalia Mega Dharma, Amelia Fatika Hapsari
    - Ilustrator: Rahma, Mega Putri, Wulan Purnama
    - Fotografer: Salwa Salsabila, Charissa Puti Kusuma Dewi, Shinta Ayu
    - Bendahara: Adinnia Eka Suci

    C. Draf Redaksi Papirus
    1. Pembina: Agus Budi Wahyudi
    2. Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    3. Sekretaris Redaksi: Malisa Putri Utami, Anggisya Wulan
    4. Fotografer : Januar Ahmad Fauzi
    5. Reporter: Irma Eka, Rinda Vera,
    6. Iklan/ promosi: Rindita, Eka Putri, Yustika Indri
    7. Layout: Ariani Dwi Rusdina, Annisa Fisabilla, Luthfi Anugerah
    8. Bendahara: Resti Rendiro

    KEDUA

    A. Rubik pengisi majalah Gpriority
    - Iklan
    - Riwayat hidup
    - Berita
    - Resep
    - Info

    B. Rubik yang menarik bagi saya yaitu resep karena saya suka memasak, jadi dengan adanya resep saya bisa belajar aneka ragam masakan.

    C. Jika saya diberi kesempatan untuk mengisi rubik tersebut saya akan menciptakan resep yang mudah, simple, dan praktis ditiru.

    D. Rubrik-rubrik di majalah sekolah
    - Rubrik Pengetahuan, Rubrik Motivasi, Rubrik kegiatan seni dan/ olahraga.

    E. Rubrik yang menarik menurut saya adalah rubrik pengetahuan

    F. Menurut saya rubrik pengetahuan menarik karena membahas tentang berbagai ilmu pengetahuan yang nantinya akan bermanfaat bagi pembaca.

    G. Jika saya diserahi untuk menulis tentang rubrik tersebut maka saya akan mencari topik/tema tentang pengetahuan yang menarik dan belum banyak diketahui oleh pembaca.

    BalasHapus
  37. Nama: Lala Kartika Sandra
    Nim: A310170017
    Pertama:
    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum anda!
    (1) Nama Majalah (MEGAZINE Bi-teach), nama lengkap yang menerbitkan (PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA), nomor ijin penerbitan (-), slogan/ topic majalah umum tersebut (Menembus Dimensi Komunikasi & IT)
    (2) Susunan Redaksi
    1. Pemimpin Umum :Yulinar Rhomadhoni, ST
    2. Pemimpin Redaksi : Rasyid Farchan Dhani
    3. Editot & Chief : Muhammad Fuadhsyah
    4. Format & Artistik : Nurul Fitria Rahmawati
    5. Staff Redaksi : M. Fudsyah, Nurul, Faizh, Dhani Yuli
    6. Fotografer : Farhan
    7. Iklan : Dhani
    8. Keuangan : Nur Siwuning, SE
    9. Personalia : Romadhoni
    10. Pemasaran & Promosi : Farhan
    11. Penerbit : PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA
    12. Alamat Iklan&Sirkulasi : JL. H. Karim No.19, Rt.003/005 Setu Cipayung, Jakarta Timur 13880 Phone (021) – 447.118.57
    13. Alamat Redaksi : JL. H. Karim No.19, Rt.003/005 Setu Cipayung, Jakarta Timur 13880 Phone (021) – 447.118.57
    14. Rekening PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA : Bank Pembangunan Daerah (BPD) No. Rek. 1.009.00056-9
    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah anda!
    (1) Nama Majalah (SMK Bisa – Hebat. OPTIMALKAN KEAHLIAN SISWA SMK, Edisi ke II 2016), nama lengkap yang menerbitkan, (Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud), nomor ijin penerbitan (ISSN: 2527-9181), slogan/ topic majalah umum tersebut (SMK Bisa-Hebat SIAP KERJA-SANTUN-MANDIRI-KREATIF)
    (2) Susunan Redaksi
    1. Pembina : Hamid Muhammad, Ph.D Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
    2. Pengarah : Drs.M.Mustagfirin Amin, MBA Direktur Pembinaan SMK Dr. Thamrin Kasman,M.Si Sesditjen Dikdasmen
    3. Pemimpin Redaksi / Penanggung Jawab : Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak Dewan Redaksi : Dr.Ir. M. Bakrun, MM Muhammad Soleh, S.P Ir. Nur Widyani, MM Ir. Sri Puji Lestari, MM Chrismi Widjajanti, SE, MBA Arfah Laidiah Razik, SH, MA
    4. Staf Redaksi : Dimas Raditya Trilaksono, S.T Medhi Alkibzi, S.IP Hendra Syahrial Tri Haryani, S.Pd Yana, S.Pd Lina Lisnawati Rahayu Nengsih,SE Pipin Dwi Nugraheni, SE Lilis Triana Lestari, S.T
    5. Desain dan Tata Letak : Muhammad Herdyka, S.T Eka Yuli Arisanti, S.ST Yuli Setiawan,SAB
    6. Penerbit : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud
    7. Alamat Redaksi & Tata Usaha : Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung E, Lantai 13 Jl. Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 021-5725477 (hunting) e-mail : program.psmk@kemdikbud.go.id
    C. Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    1. Pembina : Agus Budi Wahyudi
    2. Pengarah : Sukma Aji
    3. Pemimpin Umum :M. Dwi Juliyanto
    4. Pemimpin Redaksi : Vera Jati
    5. Staf Redaksi :Yunita, Miftakhul Putri, Nurita, Tedi, Triyanti, Dwi Wulan
    6. Editot & Chief : Devi Lestari, Dian Lestari, Eti, Nanda Yulianti
    7. Format & Artistik : Suci Rama Dhany, Shindy Tresna, Pangestuti Siska,
    8. Staff Redaksi : Ginanjar, Indi Fauzanti, Ferdi Hamid, Karina,
    9. Fotografer : Mia Ari, Intan Devita, Putri Ayu, Varoah Nurul
    10. Iklan : Bagas Prakasa, Dea Narasima, Tuti Rahmawati,
    11. Keuangan : Fitri Wahyuningrum, Awalia Nurheni, Ayu Nur Kartika,
    12. Personalia : Ardha Maulana, Riska, Rizqi Widia, Sekar, Noor Riza
    13. Pemasaran & Promosi : Vina Noviana, Hesti, Diah Parmasih, Agung, Annisa, Aryani Dwi, Karisma Bani

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA:
      A. Rubrik majalah umum terdiri dari:
      1. Laporan Utama
      2. Prestasi
      3. Info Diknas
      4. Advetorial
      5. Laporan Khusus
      6. Kagiatan
      7. Ragam
      8. Prestasi
      9. Edukasi
      10. Wisata Blora
      11. Opini
      12. Seri Penemu
      13. Humaniora
      14. Cerita Sampul
      B. Menurut saya rubrik yang menarik bagian edukasi, karena berisikan edukasi yang memberikan informasi penting kepada pembaca. Dengan adanya rubric edukasi pembaca mendapatkan informasi baru yang belum ia ketahui.
      C. Jika saya diberi tugas menulis rubric tersebut saya akan menulisnya dengan semenarik mungkin dan kata-kata yang saya gunakan sederhana agar mudah dipahami oleh pembaca.
      D. Rubrik majalah sekolah terdiri dari:
      1. Rubrik Opini terdiri dari: karya tulis, laporan utama, laporan khusus
      2. Rubrik informasi dan berita terdiri dari: prestasi,kreatifitas, ekskul, inovasi
      3. Rubrik hiburan terdiri dari: galeri
      Menurut saya rubrik yang menarik pada rubric hiburan yang berisi tentang galeri.
      Rubrik tersebut menarik karena isi galeri terdiri dari foto-foto yang berkaitan dengan majalah tersebut, sehingga terdapat kesan visual yang dapat dibayangkan oleh pembaca majalah.
      Jika saya diserahi untuk menulis rubrik tersebut saya akan menulisnya dengan sebaik mungkin agar menghibur hati pembaca.

      Hapus
  38. NAMA: TRI HARYONO
    NIM : A310170042
    KELAS: 7A
    PERTAMA
    A. Perbaikan susunan majalah umum :
    1) Nama majalah : Majalah G Priority
    • Nama lembaga yang menerbitkan : PT.Gemilang Larasati Nusantara
    • Nomor ijin penerbitan : No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014
    • Slogan atau topik majalah umum : Jelajah Nusantara

    2) Redaksi dan nama- nama orang yang menempati posisi redaksi
    • Pemimpin Umum : Y. Irawan
    • Penanggung Jawab : Lukman A. Salendra
    • Pemimpin Redaksi : Lukman A. Salendra
    • Editor : Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N
    • Creative Designer : Raden Satria
    • Designer Staff : M. Iqbal R, Annisa Mayang
    • Fotografer : Adityo Prihantoro
    • Pengembangan Bisnis : Lina Langen
    • Keuangan : Rizky Renaldi
    • Account Executive : Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    • Promosi : Dewi Sartika
    • Sirkulasi : Rohila, Wahyudi, Ade
    • Pelatihan : Anggie
    • Penerjemah : Ben Aryo
    • Kontributor : Kalimantan Utara (R Putra, Febrianus Felis)
    • Sumtera Selatan : Hendri
    • Babel : Via
    • Jawa Barat : Ares Resmi
    • Percetakan

    B. Perbaiki susunan redaksi majalah sekolah
    1) Nama majalah : Naashiha (Ajang Kreativitas Keluarga MTs Negeri
    2 Surakarta)
    • Nama lembaga yang menerbitkan : MTs Negeri 2 Surakarta
    • Nomor izin penerbitan : -
    2) Redaksi dan nama- nama orang menempati posisi redaksi :
    • Penasihat Ahli : Drs. Sunarto, M.Pd. (Kepala MTsN
    Surakarta 2)
    • Pemimpin Umum : Hj. Suprapti, S.Pd., M.Pd
    • Wakil Pemimpin Umum : Muh. Islam, S.Ag.,M.Pd.
    • Pemimpin Redaksi : Hayati Pujihastiningrum, S.Pd
    • Wakil Pemimpin Redaksi : Dra. Sri Widayati
    • Dewan Redaksi : Susanto, S.Pd, Dra. Sri Mutanti, Asmawi, S.Ag., S.PdI. , Dra. Saptawati
    • Redaksi Pelaksana : Muanas Sodiq, S.Pd.
    • Staf Redaksi : Sri Puji Rahayu, S.Pd. , Roselina Fatmah, S.Pd. , Silmi Munifatul Faizah, S.Pd. , Siti Rofiah M.Pd. , Joko Widiyanto, S.Kom.
    • Artistik : Totok Darmanto, S.Pd.
    • Litbang : TMT. Marjono, S.Ag.,M.PdI.
    • Arsip dan Dokumen : H. Sulimin
    • Sirkulasi : Hj. Nuk Hartini, BA. , Hj. Royani, S.Pd.

    C. Susunan redaksi papirus
    1) Draf Redaksi
    • Penasehat, Pembina , Pemred, Editor, Layout , Staff redaksi
    2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    • Penasehat : Laili Etika Rahmawati
    • Pembina : Agus Budi Wahyudi
    • Pemimpin Redaksi : Nurul Hidayat
    • Sekretaris Redaksi : Wikan Dharma Aji
    • Editor : Agung Cahyo
    • Iklan : Muhammad Juli, Giri
    • Layout : Anas Firdaus
    • Staff redaksi : Seto Aji,Ardha Maulana,Eka Putri, Afifah Eskha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA
      A. Rubrik yang ada di dalam majalah umum : “Majalah Kartini”
      • Rubrik aktual/eksklusif
      • Profil
      • Kisah sejati
      • Mode
      • Gaya hidup
      • Kecantikan
      • Fiksi
      • Konsultasi dan informasi, yang tentunya berkaitan pada dunia wanita.
      B. Rubrik yang menarik bagi saya
      • Rubrik yang paling menarik dalam majalah kartini yang telah saya baca adalah rubrik kecantikan karena di dalam rubrik tersebut membahas tentang produk make up. Tidak hanya seputar berdandan saja, tetapi disini juga dijelaskan merk dari kosmetik serta warna apa yang harus digunakan, Yang lebih menarik lagi dari rubrik kecantikan ini ada bagian rombak gaya. Disini, para wanita dapat mengirimkan foto untuk dirombak gayanya, yang kemudian akan dijelaskan lebih lanjut mengenai rombak gaya
      C. Bagaimana bila Anda diberi tugas membuat rubrik tersebut?
      • Jika saya berkesempatan diberi tugas untuk membuat rubrik kecantikan tersebut saya akan merekomendasikan beberapa produk kecantikan yang sesuai dengan skin tone perempuan indonesia yang menonjolkan kepribadian dan gaya wanita indonesia.
      D. Bacalah majalah sekolah! Tulislah rubriknya dan isi rubrik-rubrik itu! Manakah rubrik yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik itu menarik? Bagaimana bila Anda diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut?
      1) Rubrik majalah sekolah :
      • Rubrik informasi berisi tentang berita, resensi (buku dan film), feature, travelling , dan profil
      • Rubrik opini berisi tentang artikel yang mengupas teknologi, life style, dan berbagai opini sosial.
      • Rubrik hiburan berisi tentang komik, cerpen, dan puisi.
      2) Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik informasi karena dapat menambah pengetahun baru dan menambah ilmu yang sebelumnya belum di mengerti
      3) Bila saya diberi kesempatan untuk menulis rubrik informasi saya akan membuat informasi2 tentang film-film yang berhubungan dengan pendidikan , menonjolkan berita yang up to date, dan merekomendasikan informasi-informasi tempat travelling yang menarik bagi kaum pelajar.

      Hapus
  39. Nama: Annisa Fisabilla
    NIM : A310170040
    Kelas: 7A

    Pertama

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum Anda!
    (1) Nama Majalah: Majalah G Priority
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Gemilang Larasati Nusantara
    - Nomor ijin penerbitan: No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014
    - Slogan atau topik majalah umum: Jelajah Nusantara

    (2) Redaksi dan nama-nama orang yang menempati posisi redaksi.
    - Pemimpin Umum: Y. Irawan
    - Penanggung Jawab: Lukman A. Salendra
    - Pemimpin Redaksi: Lukman A. Salendra
    - Editor: Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N
    - Creative Designer: Raden Satria
    - Designer Staff: M. Iqbal R, Annisa Mayang
    - Fotografer: Adityo Prihantoro
    - Pengembangan Bisnis: Lina Langen
    - Keuangan: Rizky Renaldi
    - Account Executive: Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    - Promosi: Dewi Sartika
    - Sirkulasi: Rohila, Wahyudi, Ade
    - Pelatihan: Anggie
    - Penerjemah: Ben Aryo
    - Kontributor: Kalimantan Utara (R Putra, Febrianus Felis)
    Sumtera Selatan (Hendri, Babel, Via)
    Jawa Barat (Ares Resmi)

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    (1) Nama Majalah: Jaroe Tada
    - Nama Lembaga Penerbit: Garis_Bawah inc
    - Nomor Izin Penerbitan:-
    - Slogan atau topik majalah sekolah: Cerdas dan Menginspirasi
    - Penasehat: Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd
    - Pembina: Syarfati, S.Pd
    - Pemimpin Redaksi: Lola Tria Miranda
    - Sekretaris redaksi: Eva Susanti
    - Redaktur Pelaksana: Ira Fazira
    - Reporter liputan: Cut Handayani, Sabila Riska, Putri Pinsa Yoana Keumala, Sara Rahma Tika

    C. Susunan Redaksi Menurut Teman di Kelas
    - Pelindung: Yakub N
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    - Sekretaris Redaksi: Rizka Nurul
    - Redpel: Lala Kartika S., Martha Ayu N.
    - Editor: Yanuar Ahmad F., Rahma Eka S.
    - Repoter: Yuliana Nuur H., Vina Aditama, Ariani Dwi Rusdina
    - Layout: Tri Haryono, Malisa Putri, Anas PD.
    - Staf Redaksi: Dyah Indah, Nurin Nurfikawati

    Bagian Kedua

    A. Majalah Umum, rubrik yang ada di majalah "Issu Sunday (2018)"
    - promo
    - info
    - cerpen
    - opini
    - ajakan
    - rekomendasi
    - iklan
    - puisi

    B. Rubrik yang menarik bagi saya yaitu puisi, karena saya suka membaca puisi yang indah karya orang lain.

    C. Jika saya diberi kesempatan untuk menulis rubrik tersebut, saya akan berusaha membuat puisi yang indah dan banyak diminati oleh orang lain.

    D. Rubrik-rubrik di Majalah Sekolah
    - Rubrik Artikel
    - Rubrik Motivasi
    - Galeri Kecil
    - Rubrik Pengetahuan

    Rubrik yang menarik bagi saya yaitu, rubrik motivasi. Karena motivasi sangatlah berdampak pada seseorang untuk memulai hidup yang lebih baik dan lebih giat dari sebelumnya.

    Bagaimana bila saya diminta untuk menulis untuk isi rubrik tersebut? Jika saya menulis mengenai rubrik tersebut, saya ingin memotivasi siswa untuk selalu semangat dan berusaha.

    BalasHapus
  40. Nama : Yuliana Nuur Hayati
    NIM : A310170041
    Kelas : 7A

    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    1) - Nama majalah : Majalah Wanita Kartini
    - Nama lembaga yang menerbitkan : PT. Kartini Cahaya Lestari
    - Nomor izin penerbitan : 1693-5659
    - Slogan majalah : Inspiring Reality

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi :
    - Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi: Bram Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum I: Eric Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum II: Hatawano
    - Wakil Pimpinan Redaksi: Endang Werdiningsih
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: Bram Tuappattinaya dan Endang Werdiningsih
    - Dewan Redaksi: Bram Tuappattinaya, Eric, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Veny Sinuuraya, Galis Remina Babay
    - Redaksi Masakan: Ai Turwina
    - Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmiko. Riza Adam Buchori
    - Staf Khusus: Dr Naik L Tobing, Dr Sumaryati Arjos SKM, Ike Soepomo, Dra Winarini WD Mansoer PhD, Yadi Suharsono Spsi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE
    - Koresponden/Kontributor: Nusa Tenggara (Ruslan Nedi), Maluku ( Saswati Matakena, Febby Kaihatu), Jawa timur (Ita Nasyi’ah)
    - Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    - Pimpinan Usaha: Eric Tuappattinaya
    - Iklan Promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah

    B. Majalah Sekolah
    1) - Nama majalah: Kharismatig
    - Nama lembaga yang menerbitkan: Dewan redaksi majalah Kharismatig SMA N 3 Sragen
    - Nomor izin penerbitan:-
    - Slogan: Kreatif, Humanistik, Agamis, dan Remaja yang Inovatif

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi :
    - Penanggung jawab : Dra. Beti Marga Sulistyawati M.Pd
    - Pembina : Drs. Raharjo Dwi
    - Pimpinan Umum : Sudaryanti Parta
    - Pimpinan Redaksi : Amanda Ardelia
    - Wakil Pimpinan Redaksi : Hanif Muhtarom Ayoga
    - Sekretaris : Cantika Marchellany, Wiwik Sundari
    - Bendahara : Graseli Setyoningrum, Muhammad Bagus MW
    - Koordinator jurnalis : Ayu Wulan Sari, Sausan Liski Aulia, Sania Lutfi, Arfadani, Yulius Cahya Putra
    - Editor: Intan Sentya Lestari, Tiara Surya Madani, Hilyatusshohimah
    - Sie Humas : Agis Putri Suryadi, Putri Uswatun Khasanah
    - Setting dan layout : Isnaini latifathul Jannha, Febrisha Arya
    - Distribusi : Elyn Denta, Agus Tinar
    - Anggota redaksi : Tsaqifannisa Yaasashii Sunaryo, Shinta Aprilia,Sandra Kusuma

    C. Susunan Draf Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    1. Pembina: Agus Budi Wahyudi
    2. Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    3. Sekretaris: Anggisya Wulan, Malisa Putri Utami
    4. Bendahara: Vina Aditama, Resti
    5. Fotografer: Januar Ahmad Fauzi
    6. Reporter: Rizka Nurul, Irma Eka
    7. Iklan/ promosi: Ariani Dwi Rusdina, Eka Putri
    8. Layout: Annisa Fisabilla, Luthfi Anugerah

    BalasHapus
  41. KEDUA

    A. Rubrik Majalah Umum
    Susunan rubrik yang ada pada majalah Kartini :
    - Rubrik aktual/eksklusif: berisi tentang berita terbaru dan eksklusif
    - Profil: berisi profil seseorang
    - Kisah sejati: berisi kisah-kisah inspiratif
    - Mode: berisi tren fashion, dll
    - Gaya hidup: berisi mengenai gaya hidup
    - Kecantikan: membahas seputar kecantikan
    - Fiksi: berisi kisah-kisah fiksi
    - Konsultasi dan Informasi: berisi konsultasi dari konsultan dari majalah kartini

    B. Menurut saya, rubrik aktual/eksklusif merupakan rubrik majalah yang menarik, karena menyajikan berita terkini yang bertujuan untuk memberikan informasi penting kepada pembaca. Dengan adanya rubrik aktual/eksklusif pembaca mendapatkan informasi berita terkini yang belum diketahui.

    C. Jika saya mendapat tugas untuk menulis rubrik aktual/eksklusif maka saya akan menulis rubrik dengan menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami oleh pembaca dan memperhatikan kriteria penulisan rubrik aktual/eksklusif sehingga menarik minat pembaca.

    D. Rubrik yang ada dalam majalah sekolah yaitu :
    - Kabar organisasi: berisi struktur organisasi, pergantian susunan organisasi dan lain-lain.
    - Go green: berisi langkah-langkah atau hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghijaukan lingkungan sekolah.
    - Kegiatan: berisi kegiatan yang baru saja dilaksanakan atau yang akan dilaksanakan di lingkungan sekolah.
    - Future: berisi gambaran tentang berbagai profesi dimasa depan.

    Rubrik yang menarik menurut saya adalah rubrik kegiatan, karena rubrik kegiatan tersebut memberikan informasi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah atau kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah.
    Jika saya diberi tugas menulis rubrik tersebut maka saya akan mencari informasi-informasi yang dibutuhkan dalam membuat rubrik tersebut dan berusaha semaksimal mungkin dalam menulis rubrik sehingga dapat menarik minat pembaca.

    BalasHapus
  42. Rahma Eka Septiana (A310170035)

    Pertama

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum Anda!
    (1) Nama Majalah: Femina
    - Nama lembaga yang menerbitkan : PT Gaya Favorit Press
    - Nomor ijin penerbitan: Nomor:033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    - Slogan atau topik majalah umum: Gaya Hidup Masa Kini

    (2) Redaksi dan nama-nama orang yang menempati posisi redaksi.
    - Pemimpin Umum: Widarti Gunawan
    - Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana
    - Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah
    - Editor at Large: Dewi Dewa
    - Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    - Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih
    - Redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    - Penerbit: PT Gaya Favorit Press
    - Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    - Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana
    - Alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.3233, Jakarta 12910, SIUPP
    - Nomor: 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    - Pencetak: PT Grafika Multi Warna

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Nama Majalah: Jaroe Tada
    - Nama Lembaga Penerbit: Garis_Bawah inc
    - Nomor Izin Penerbitan:-
    - Slogan atau topik majalah sekolah: Cerdas dan Menginspirasi
    - Penasehat: Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd
    - Pembina: Syarfati, S.Pd
    - Pemimpin Redaksi: Lola Tria Miranda
    - Sekretaris redaksi: Eva Susanti
    - Redaktur Pelaksana: Ira Fazira
    - Reporter liputan: Cut Handayani, Sabila Riska, Putri Pinsa Yoana Keumala, Sara Rahma Tika

    C. Susunan Redaksi Menurut Teman di Kelas
    - Pembimbing : Agus Budi Wahyudi
    - Pemimpin Redaksi: Nurul Hidayat
    - Sekretaris Redaksi: Martha Ayu N.
    - Bendahara : Malisa Putri U.
    - Redaktur pelaksana: Muhammad Anas F.
    - Editor: Rahma Eka S., Annisa Fisabilla
    - Repoter: Wiwin Winarsih, Nabilla Resha R.
    - Layout: Januar Ahmad F.
    - Staf Redaksi: Dyah Indah, Nurin Nurfikawati



    Kedua

    A. Rubrik yang terdapat dalam majalah umum
    - Rubrik Informasi : perihal keluarga, kesejahteraan, surat keputusan.
    - Rubrik Edukasi : kutipan, artikel, tajuk rencana.
    - Rubrik Rekreasi : cerita pendek, pojok/sentilan, anekdot, puisi.

    B. Rubrik yang menarik bagi saya yaitu rubrik rekreasi bagian cerita pendek, karena cerita pendek merupakan cerita yang ringan, tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk membaca cerita.

    C. Jika saya diberikan tugas untuk menulis rubrik tersebut, saya akan berkreasi semaksimal mungkin dengan membuat cerita-cerita yang menarik.

    D. Rubrik-rubrik di Majalah Sekolah
    - Rubrik Artikel
    - Rubrik Motivasi
    - Galeri Kecil
    - Rubrik Pengetahuan

    E. Rubrik yang menarik bagi saya yaitu rubrik pengetahuan. Menurut saya rubrik pengetahuan sangat diperlukan di Majalah Sekolah agar pembaca dapat mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan baru dan dapat mengembangkan ilmu yang sudah dimiliki.

    F. Jika saya mendapat tugas untuk menulis isi rubrik tersebut, saya akan berusaha semaksimal mungkin menulis topik/informasi tentang pengetahuan yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca.

    BalasHapus
  43. Nama : Irma Eka Ariyani
    Nim : A310170028
    Kelas : 7A

    Umpan Balik Bagian Pertama

    A. Majalah Umum

    Nama Majalah : Tren Hijaber dalam Dunia Fashion Indonesia
    Nama Lembaga Penerbit : Tempo Publishing
    Nomor Ijin Penerbit : ISBN 978-623-207-677-8
    Slogan/Topik : Fashion Hijaber

    Tim Redaksi
    Pemimpin Redaksi: Wahyu Dhyatmika
    Sekretaris: M. Taufiqurrahman
    Redaktur Eksekutif: Anton Septian
    Redaktur Pelaksana: Sapto Yunus
    Redaktur Desainer: Eko Punto Pambudi
    Penata Letak: Ahmad Fatoni, Arief Mudi Handoko, Endang Wijaya, Hindrawan
    Redaktur Foto: Gunawan Wicaksono, Ijar Karim
    Periset Foto: Jati Mahatmaji, Ratih Purnama Ningsih, Nita Dian Afianti, Bintari
    Fotografer: Amston Probel, Subekti
    Redaktur Bahasa: Hasto Pratikno, Iyan Bastian
    Pemasaran: Y. Tomi Aryanto
    Iklan: Ekawati, Silvia Husnaini, Fransisca W. R , Aji Wijaya

    B. Majalah Sekolah

    Nama Majalah : Inspirasi (Majalah SMA Muhammadiyah 1 Gresik)
    Nama Lembaga Penerbit : MUHI Press
    Nomor Ijin Penerbit : ISSN 1978-1563
    Slogan/Topik : Inisiatif dan Pemikiran Remaja Berprestasi

    Tim Redaksi

    Pemimpin Redaksi: Muhammad Hilmi Nur Ikhsan
    Dewan Pengarah: Ainul Muttaqin, S.Pd., M.Pd, Masrin, S.Pd
    Dewan Redaksi: Akbar, Adela, Khoirunnisa, Dinda, M. Sufyan, Dinda, Fadila, Putri
    Pembina: Dewi Musdalifah, M. Hamimul, Ahmad Faizin
    Sekretariat: Multimedia SMA Muhammadiyah 1 Gresik

    C. Susunan Draf Redaksi Papirus Potensi Teman

    Pemimpin Redaksi: Agus Budi Wahyudi
    Sekretaris: Irma Eka Ariyani
    Dewan Pengarah: Nurul Hidayat
    Dewan Redaksi: Yanuar Ahmad Fauzi
    Redaktur Pelaksana: Anas Firdaus
    Redaktur Desainer: Anas Puspitasari, Malisa Putri, Nurin Nurfikawati
    Penata Letak: Yustik Indrijati, Carolina Eka
    Redaktur Foto: Dwi Anita, Nurlailatul Hubatullah
    Priset Foto: Afifah Eska
    Fotografer: Eka Putri
    Redaktur Bahasa: Rinda, Nur Hiayadah
    Pemasaran: Lala
    Iklan: Rindita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Irma Eka Ariyani
      Nim : A310170028
      Kelas : 7A

      Umpan Balik Bagian Ke-dua

      A. Rubrik Majalah Umum

      Gaya Hijabista
      Mengekspor Hijab
      Antara Agama dan Mode
      Mengerek Pasar Dunia Maya
      Gaya Hidup Halal
      Wisata Religi
      Bisnis Hijab dan Gamis

      Rubrik Yang Menarik Menurut Saya

      Rubrik “Gaya Hijabista" pada rubrik ini berisi desainer hijab yang merancang hijab menjadi sebuah fashion modern. Menarik menurut saya karena memang pada zamam sekarang hijab adalah salah satu fashion staylish yang digunakan oleh wanita, bahkan bentuk hijab saat ini berbeda-beda, dan warnanya pun banyak macam.

      Jika Saya diberi Tugas Menulis Rubrik Tersebut

      Saya akan mengeksplor kembali model-model hijab kekinian, dan saya akan menulis desainer hijab muda dari Indonesia, sehingga desainer muda Indonesia akan terekspos ke dunia.

      B. Rubrik Majalah Sekolah

      Fokus: Tausiyah, Wawancara, Opini Guru, dan Tips
      Seputar Kita: My School, Prestasi, Sosok, Alumni
      Liputan: Inspirasi On Road, Pernik kota, Kuliner
      Inspirasi: Moral, Jenaka, Tokoh, Kisah, Buku, Film, Musik, Budaya Lokal
      Sastra: Cerpen, Puisi
      Ragam: Fashion, Humor, Religi, Fotografi, Sport, Refleksi

      Rubrik Yang Menarik Menurut Saya

      Rubrik “Liputan" pada rubrik ini berisi jurnalis inspirasi yang meneliti tempat-tempat atau suatu lokasi, kemudian wisata atau kota yang patut untuk ditulis menjadi sebuah inspirasi dan wisata, dan kuliner di kota tersebut juga dipublish agar pembaca mengenal kuliner-kuliner di kota yang belum pernah dikunjungi.

      Jika Saya diberi Tugas Menulis Rubrik Tersebut

      Saya akan mengeksplor kota-kota dan tempat wisata yang belum dikenal orang sehingga akan banyak yang datang berwisata dan menjadi mata pencaharian penduduk setempat, kuliner-kuliner yang khas dari kota tersebut juga akan saya share sehingga orang akan banyak yang mengtahui. Karena tempat wisata dan kuliner sangat menarik bagi pembaca.

      Hapus
  44. Nama : Ariani Dwi Rusdina
    NIM : A310170045
    PERTAMA
    A. Susunan Redaksi Majalah Umum
    1) Nama majalah : Gold Bank
    Nama penerbit : PT Sonvaldy Media Nusantara
    No ijin penerbit : No. 1/Tahun I/15 April - 14 Mei 2012
    Slogan/topik majalah : Siapa layak pemimpin OJK ?

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pemimpin Umum : Umar Juoro.
    Wakil Pemimpin Umum : D. Giarto; Tulus SP.
    Pemimpin Redaksi : Hatim Ilwan.
    Wakil Pemimpin Redaksi : Randy Monthonaro.
    Redaktur : Achmad Ichsan.
    Reporter : Farid Solana, Nova Farida, Septho Marsiano.
    Redaktur Ahli : Umar Juoro, Adler Haymans Manurung, dan Purbaya Yudhi Sadewa.
    Kontributor Luar Negeri : Steven Taylor (Amerika Serikat); David William (Australia); Mindy Tsou (Cina); Kim Makoto (Jepang).
    Sekretariat Redaksi : Besty Erika.
    Artistik : Awank.
    Pewarta Foto : Abdul Malik MSN.
    Penelitian dan Pengembangan : Rurit Prasetianto.
    Pendiri : Nurdin Tampubolon.
    Komisaris : D. Giarto.
    Direktur Utama : Randy Monthonaro.
    Direktur Pemberitaan : Hatim Ilwan.
    Direktur Marketing : S. Tiar D.
    GM marketing : Tulus SP.
    Iklan : Silvia Limanto; Feby.
    Manajer Promosi : Febriana Irmaleni.
    Sirkulasi : Remon Nova (Manager); S. Hidayat; Nelson Panjaitan; Syahril; Yono-Bonce.
    Kuasa Hukum : Dr. Otto Hasibuan, SH, MM.
    Alamat Redaksi : Jl.Garuda No. 31 L, Kemayoran, Jakarta Pusat 10610.

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Nama Majalah : SMK BISA-HEBAT (Siap Kerja-Santun-Mandiri-Kreatif)
    Nama penerbit : Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud
    Nomor ijin penerbit : 2527-9181 Edisi 4 Tahun 2018
    Slogan/ topik majalah : Raih mimpimu di SMK

    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pembina : Hamid Muhammad, Ph.D Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
    Pengarah : Dr. Sutanto, S.H., M.A. Sesditjen Dikdasmen Dr. Ir. M. Bakrun, MM Direktur Pembinaan SMK
    Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab : Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak
    Dewan Redaksi : Mochammad Widiyanto, S.Pd., M.T Ir. Nur Widyani, MM Sariyadi Guyatno, ST., M.B.A Drs. Haryono, MM. Chrismi Widjajanti, SE, MBA Arfah Laidiah Razik, SH, MA
    Staf Redaksi : Dimas Raditya Trilaksono, S.T Medhi Alkibzi, S.IP Tri Haryani, S.Pd Yana, S.Pd Pipin Dwi Nugraheni, SE Lilis Triana Lestari, S.T
    Desain dan Tata Letak : Muhammad Rofi, S. Ds Rizky Setiawan, S. Ikom Rayi Citra Dwisendy, S. Ds Muhammad Herdyka, S.T Eka Yuli Arisanti, S.ST Ari Karin Faizah Tauristy, S. Ds
    Alamat Redaksi & Tata Usaha : Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung E, Lantai 13 Jl. Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 021-5725477 (hunting) e-mail : program.psmk@kemdikbud.go.id ISSN : 2527-9181

    BalasHapus
  45. Nama : Ariani Dwi Rusdina (A310170045)

    KEDUA
    A. Majalah Umum
    1) Majalah umum yang saya baca berjudul ESENSI, di dalam majalah ESENSI ini terdapat rubrik informasi, dan rubrik rekreasi seperti puisi, cerita pendek, syair.
    2) Menurut saya, rubrik rekreasi sangat menarik karena di dalam majalah ini terdapat kisah yang menceritakan kehidupan orang lain melalui cerita pendek, syair maupun puisi. Kita dapat memperoleh informasi berdasarkan cerita yang kita baca, dan di dalam cerita tersebut pasti ada hikmah yang bisa kita ambil sebagai manfaat.
    3) Saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengumpulkan informasi-informasi penting yang akan dijadikan sebagai bahan rubrik.
    B. Majalah Sekolah
    1. Jenis rubrik dalam majalah sekolah seperti a) rubrik opini meliputi tajuk rencana, pojok, artikel, dan esai; b) rubrik informasi dan berita meliputi pengantar redaksi, berita, bahan berita, kronik, feature, resensi buku; c) rubrik hiburan.
    2. Menurut saya, rubrik informasi dan berita menarik karena kita mendapatkan sebuah berita yang update dalam majalah tersebut yang berkaitan dengan sekolah seperti informasi beasiswa, informasi pendidikan, informasi kerajinan karya siswa, dan sebagainya.
    3. Saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan informasi yang uptudate dan faktual.

    BalasHapus
  46. Nama : Wikan Dharma Aji
    Nim. : A310170061
    Kelas. : 7A
    MK. : Manajemen Majalah Sekolah

    MANAJEMEN DALAM MAJALAH SEKOLAH

    Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum Anda! (1) Nama majalah, nama lembaga yang menerbitkan, nomor ijin penerbitan, slogan/topik majalah umum tersebut. (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi. B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah. Sesuaikan dengan A. C. susunlah draf redaksi Papirus dengan mengacu pada susunan redaksi majalah yang sudah Anda amati A dan B. Isi nama yang menduduki posisi itu menurut Anda --dengan memperhatikan potensi teman Anda di kelas.


    BalasHapus
  47. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 9 permainan seru :)
    WA;+855969190856

    BalasHapus
  48. Nama: Arum Diyah Ayu Istiqomah
    NIM: A310170038
    Kelas: 7A

    A. Majalah Umum
    1) - Nama majalah : Majalah Wanita Kartini
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Kartini Cahaya Lestari
    - Nomor izin penerbitan : 1693-5659
    - Slogan majalah : Inspiring Reality

    2) Struktur majalah
    - Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi: Bram Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum I: Eric Tuappattinaya
    - Wakil Pimpinan Umum II: Hatawano
    - Wakil Pimpinan Redaksi: Endang Werdiningsih
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: Bram Tuappattinaya dan Endang Werdiningsih
    - Dewan Redaksi: Bram Tuappattinaya, Eric, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    - Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Veny Sinuuraya, Galis Remina Babay
    - Redaksi Masakan: Ai Turwina
    - Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    - Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmiko. Riza Adam Buchori
    - Staf Khusus: Dr Naik L Tobing, Dr Sumaryati Arjos SKM, Ike Soepomo, Dra Winarini WD Mansoer PhD, Yadi Suharsono Spsi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE
    - Koresponden/Kontributor: Nusa Tenggara (Ruslan Nedi), Maluku ( Saswati Matakena, Febby Kaihatu), Jawa timur (Ita Nasyi’ah)
    - Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    - Pimpinan Usaha: Eric Tuappattinaya
    - Iklan Promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah

    B. Majalah Sekolah
    1) - Nama majalah : Majalah Sekolah Kharisma
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMAN 2 Blitar
    - Nomor izin penerbitan : 9772355876364
    - Slogan majalah : Kiprah Karya SMAN 2 Blitar

    2) Stuktur Majalah
    - Pelindung: Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd
    - Pembina: Eko Sulistiono, S. Kom., Rahmanu Adi Widodo, S.Pd., Hj. Siti Mastupah, S.Pd., Jenitasari Santoso, S.Pd.
    - Penanggung Jawab Penyelenggara: Daffa Adyatama
    - Penanggung Jawab kegiatan: Allay Cartina Baby Millenia
    - Pimpinan Redaksi: Dina Kartika
    - Redaksi Pelaksana: Khusnul Maysaroh, Prajna Paramitha A, Aisyah Adilatus
    - Staf Redaksi: Avis Yuna, Natalia Mega Dharma, Amelia Fatika Hapsari
    - Ilustrator: Rahma, Mega Putri, Wulan Purnama
    - Fotografer: Salwa Salsabila, Charissa Puti Kusuma Dewi, Shinta Ayu
    - Bendahara: Adinnia Eka Suci

    C. Draf Redaksi Papirus
    - Pembina: Agus Budi Wahyudi
    - Pimpinan redaksi: Sukma Aji
    - Redaksi Pelaksana: Khoyiroh Novita Sari,
    - Sekretaris Redaksi: Yunita Mandasari
    - Staf redaksi: Vera Jati Kusuma, Dyah Ayu Arini, Sekaringtyas
    - Bendahara: Devi Lestari
    - Fotografer: Eza Rizky, Fitri Wahyu Ningrum
    - Setting dan Layout: Marisa Adriana, Putri Ayo Setyowati
    - Pimpinan Usaha: M. Dwi Julianto
    - Iklan dan Promosi: Nanda Yulianti, Intan Devita Sari

    BalasHapus
  49. Nama : Wiwin Winarsih
    Nim : A310170027

    1. Pertama
    A. Majalah umum
    -Nama majalah : majalah Elle
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT Elia Mediatama Indonesia.
    -Nomor ijin penerbitan: ISN 1979-1054
    -slogan majalah: The Word's Number One Style Magazine

    *Susunan redaksi majalah umum.
    -Publisher: Victoria Tahir
    -Editor & creative director: Ruben William Steven
    -Managing Editor: Ismelya Muntu
    -Associate Online & digital editor: Ayu Novalia
    -Beauty & Healt writer: Ghina Rizqi
    -Fashion & beauty reporter: Shamira
    -Art Director : Yogi Widokusumo
    -Digital Imaging: Rudolf NP Situmaranf
    -Videographer: Achmad Fickar Hajar
    -Even & communications manager: Rio Zikrizal
    -Sales & marketing support: Sisy octaviani Rachman
    -Circulation Director: Seli Widiator
    -Circulation manager: Habibie Hasanuddin
    -Alamat redaksi: Mayapada Tower 8th floor, Jl. Jend. Sudirman Kav. 28, Jakarta 912920

    B. Majalah Sekolah
    -Nama Majalah: Aksara
    -Slogan Majalah: for every pain there is the reward
    -Nomor Ijin penerbitan: -

    *Susunan redaksi majalah
    -Pemimpin umum: Andika Wahyu Setiyoso
    -Pemimpin redaksi: Salsabila Brillian Adityas
    -Dewan redaksi: Anggi Hesha Prabandi
    -Sekretaris: Binar Faisha Widjan, Alliyah Putri Windia
    -Bendahara: Septian Salma, Nadia Aminatakia
    -Reporter: Latifa Arum, Tamara Desvitaratri, Jelita Kustyara, Devina Anggraini
    -Editor: Davin Alvareza, Anindya Ardhameswari
    -Sponsorship: Neutron, Ganesha Operation, Kalila Tour Travel
    -Fotografer : Iin Setya , Tamara Istiana, Rezima Nando
    -Design: Naufal
    -Kontributor : Alvin Indra Hanif, Abyan Arif Fikri, dan semua pengurus osis.

    C. Susunan redaksi berdasarkan potensi teman di kelas
    - Penasehat: Nurul Hidayat
    - Penanggung jawab: Januar Ahmad Fauzi
    - Pimpinan Umum: Muhammad Anas Firdaus
    - Pimpinan Redaksi: Hizbi Naufal Aziz
    - Dewan Redaksi: Lala Kartika S, Rindita wahyuning Tiyas, Afifah Eska Laila.
    Tim Redaksi: Wiwin Winarsih, Nabila Resha R, Martha Ayu Nugraheni, Rahma Eka Septiana.
    - Fotografer: Giri Tri Azhari, Tri Hariono
    - Editor: Anisa Billa, Ariyani
    - Layout: Vina Adi Tama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Wiwin Winarsih
      NIM: A310170027

      2. Kedua
      A. Rubrik Majalah Umum
      a. Rubrik yang terdapat di majalah umum
      -Elle Fashion
      -Elle Style Guide
      -Elle Beauty & Health
      -Elle Feature
      -Elle Life Style
      -Department
      b) Rubrik yang menarik bagi saya
      Bagi saya yang menarik adalah "Elle Feature", karena kita bisa membaca cerita/interview dari bintang tamu yang akan ditampilkan dimajalah. Biasanya bintang tamu dimajalah setiap edisi akan berbeda-beda. Jadi majalah akan lebih menarik pembeli dan fans dari artis itu akan membeli.
      c) Jika saya memiliki kesempatan menulis rubrik tersebut saya akan menceritakan fashion yang menarik bagi saya. Dan menceritakan cara pandang saya terhadap fashion dimasa depan yang tidak monoton dan berani.

      B. Rubrik majalah sekolah
      a) Rubrik yang terdapat di majalah sekolah
      -prakarta, profil sekolah, sejarah karanganyar, tips belajar, flora fauna, tips kesehatan, puisi, quotes, english corner, TTS.
      b) Rubrik yang menarik bagi saya
      Bagi saya yang menarik adalah "quotes", karena terdapat kalimat dan kata-kata yang manarik dan bisa dijadikan penyemangat untuk siswa.
      c) jika saya diberikan kesempatan untuk menulis rubrik tersebut saya akan membuat quotes yang mendidik siswa, agar siswa dapat semangat dalam belajar dan melakukan kegiatan sehari-hari.

      Hapus
  50. Nama :Eza Rizky Mulyana
    NIM :A310170051
    Kelas :7A
    PERTAMA
    1. Majalah Umum
    - Nama majalah : majalah wanita Kartini
    - Nama lembaga yang menerbitkan : PT. Kartini Cahaya Lestari
    - Nomor ijin penerbitan : 536794-536795
    - Slogan/majalah umum : Edisi Khusus Lebaran 2007
    Susunan redaksi majalah umum
    - Pemimpin redaksi : Bram Tuapattinaya
    - Wakil pemimpin redaksi : Endang Werdiningsih
    - Redaktur pelaksana : Melly Trirahmi
    - Dewan redaksi : Bram Tuapattinaya, Endang Werdiningsih, Heru Hartoko, Diah Rinawati
    - Redaktur Eksekutif : Nurul Rahmi
    - Redaktur senior : Heru Hartoko
    - Redaktur madya : Helen Simarmata
    - Asisten redaktur : Meisy Meidina
    - Redaksi : Lenny Delima, Selvy Widuhung, Andes Lukman, Febraldi
    - Redaksi masakan : Ai Turwina
    - Redaksi mode & kecantikan : Opi Yunari
    - Redaksi foto : Kosim Sanusi
    - Redaksi artistik : Daniel Donny, Meiske Jeanne
    - Koresponden : Affan Safani Adham
    - Sekretaris redaksi : Intan Mahalia, Dewi Agustina
    - Pemimpin perusahaan : Eric Tuapattinaya
    - Wakil pemimpin perusahaan : Hendro Atmojo
    - Promosi : Eric Tuapattinaya, Sofwan
    - Iklan : Sally Febriola
    - Keuangan : Nur Alamsyah, Aldi Prihaldi
    2. Majalah Sekolah
    - Nama majalah : Majalah Aksi
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMA N 3 Sukoharjo
    - Slogan majalah : aspiratif, konsisten, santun, ilmiah
    - Nomor ijin penerbitan :-
    Susunan redaksi majalah sekolah
    - Pelindung : Sri Soewarsih, S.Pd., M.Pd.
    - Penanggung jawab : Drs. Suwardi, M.H.
    - Pembina OSIS : Drs. Sungkana, M.M.
    - Pembina sekbid 6 : Sarjono, S.Pd.
    - Pemimpin umum : Tata Luhur Pambudi (XI IPS 1)
    - Pemimpin redaksi : Adwin Prabowo (XI IPS 4)
    - Redaktur pelaksana :Fernanda Rizky P (XI IPS 4), Lingtan Amanu Pewaji (X IPS 3), Aan Penda Nugroho (X MIPA 3), Jihan Istiqomah (X MIPA 1)
    - Sekretaris : Nila Zakiyah Murti (XI IPS 1), Linda Bangkit Sugesti ( X IPS 1)
    - Bendahara : Setya Ningsih (XI MIPA 1), Reffi Sabilawati (X IPS 2)
    - Staf redaksi : Suryati (XI MIPA 2), Bayu Setyo Aji (X MIPA 2), Elinda Gustin(X IPS 5)
    - Editor : Azka Salsabila (X IPS 4), Angga Gilang (X IPS 1), Mariana Putri (X IPS 5)
    - Lay out : Mustika Ayu (XI MIPA 2), Humam Imaduddin (X IBB), Dhina Pratiwi (X MIPA 3)
    - Reporter : May Solikhah(XI IBB), Ivan Yosa (X MIPA 3), Dennison Aulia (X MIPA 1)
    - Redaktur foto : Ibra Savetsila (XI MIPA 1), Clara Agung Sri(XI MIPA 2), Taufik Yulianto(X BB)
    - Sponsor ship : Dhimas Aditya (XI IPS 5), Dandy Edo (X IPS 3)
    - Redaktur produksi : Prihana Ricky (XI MIPA 1), Gustofa Darmawan(X IPS 3), Fajar Indriyani ( X MIPA 4)
    - Redaktur distribusi : Hesti Febri Yanti(XI MIPA 4), Dwi Yuliana (X MIPA 2), Dzuhrida Saskia (X MIPA 4)
    3. Susunan redaksi berdasarkan potensi teman di kelas
    - Pemimbing : Agus Budi Wahyudi
    - Penanggung jawab : Nurul Hidayat
    - Pemimpin umum : Muhammad Anas Firdaus
    - Pemimpin redaksi : Yunita Mandasari
    - Dewan redaksi : Vera Jati Kusuma, Dyah Ayu Arini
    - Tim redaksi : Khoyiroh Novita Sari, Muhammad Dwi Juliyanto
    - Fotografer : Eza Rizky Mulyana, Henika Sari Widyastuti
    - Editor : Intan Devita Sari, Sekaringtyas Utamayanti
    - Iklan dan promosi : Hesti Ratnasari, Vina Noviana, Putri Ayu S

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA
      A. Rubrik majalah umum
      - Rubrik yang terdapat pada majalah umum antara lain “Aktual & Eksklusif”, Yang Tetap”, “Profil”, “Kisah Sejati”, “Kewanitaan”, “Fiksi”, “Yang Lain-lain”.
      - Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik kewanitaan, karena di dalam rubrik kewanitaan terdapat isi yang menarik dilihat oleh beberapa kalangan wanita, dari remaja sampai dewasa.
      - Apabila saya diamanahi untuk rubrik tersebut, dengan senang hati saya akan mengerjakan dan menunjukkan hasil dari kreativitas saya agar lebih menarik kembali.
      B. Rubrik Majalah Sekolah
      - Rubrik yang terdapat pada majalah sekolah antara lain Salam Aksi, Salam Redaksi, Sambutan Kepala Sekolah, Guru Kita, Tokoh Kita, Guru Berprestasi, Wass Up : Apa Sih Kurikulum 2013, Siswa Berprestasi SMAGA Sukoharjo, Sport, Eksternal Reeport : Umbul Ponggok, Ekskul SMAGA, Profil Anak MIPA, IPS, BB, 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat, Lensa AKSI, 13 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Gaji Besar, Teman Kita (Annisa), Menuju Sekolah Adiwiyata, Bibit, Bobot, Bebet, 5 Fakta Tentang SMAGA, Cerpen, Resensi Novel, Resensi Film, Puisi, Kata Mutiara, Anekdot, Lagu Indo Dan Barat, Teka-Teki Silang.
      - Rubrik yang menarik bagi saya adalah rubrik puisi, karena rubrik tersebut dapat memberikan kesempatan siswa untuk menunjukkan hasil kreativitasnya.
      - Apabila saya diamanahi untuk rubrik tersebut, saya harus mempersiapkan dalam menulis puisi berdasarkan pengalaman dan pemahaman saya mengenai puisi.

      Hapus
  51. Nama: Rika Purwanti
    Nim : A310170053
    Kelas: 7A

    *Bagian Pertama*

    A. Majalah umum
    1. Nama majalah: Majalah Wanita UMMI
    2. Nama penerbit: PT Insan Media Pratama
    3. No izin: No. 152/1989/11D/2002
    4. Slogan/Topik: Entreprener Muda, Tangguh Hadapi Tantangan.

    # Stuktur majalah umum:
    1. Pimpinan umum/Penangung Jawab: Dwi septiawati
    2. Pemimpin redaksi: Mutia geumala
    3. Reduktur pelaksanaan:Rahmi rizal
    4. Dewan redaksi: Dwi septiawati, Mutia geumala, Rahmi Rizal
    5.Reporter: Didi muardi, Ken andiri, nur fitriyani, yuli patilata, alda hanifa
    6. Sekertaris redaksi: isti muthmainah
    7. Kontributor: aldi ternyata, S.sos.I, Dr Amir faishol fath MA, Asmawati S.Sos, dr. Dwi omong irama, SpKK, fitri yulianti M.Psi, salima A Filah, Dra Herlini akrab MA, Sylviani abdul hamid SH.I, MH, Bendri Jaisyurrahman, Hj Nurjanah hulwani, S. Ag, Musyafa A Rajin Lc, Dr Nina M armada M.Psi
    7. Artistik: Ahmad fauzi, ahmad topik
    8. Marketing: Yuliana nyemangati, Dedi Setiawan, junawan A, Slamet supriyanyo, fitri Novianti, titi suprihati
    9. Keuangan: Nurb umiwati, nur hampa bakti, japri, aniati
    10. Distributor: Ovi aisyah, rudi haryadi, supriyadi, pami marga
    11. SDM dan umum: Purnama, sutyo ari kusut, warsini, hanafi, ristiati

    B. Majalah sekolah
    1. Nama majalah: majalah _Insan Kamil_
    2. Nama penerbit: SDIT Insan Kamil Karanganyar
    3. No Izin: -
    Sloga/Topik: Selaksa Cinta Ibu

    #Struktur majalah sekolah (SDIT Insan Kamil)
    1. Pimpinan umum: Karna Dwi Harjatmi, S.Pd., M.Si
    2. Penangung jawab:Wahyu Warastuti, S.E.
    3. Pimpinan redaksi: Tri Hartanto S.pd
    4. Keuangan: Murni Zaki D.pd. Si. , Sri Mulyani S.E.I, Pariyanti S.pd
    5. Reduktor: Lely sofri S.pd, Untari Ratnawati S.E, Siti Nurul' Aini S.pd, Akhmad Ali Khasanah S.pd
    6. Editor: Sumartini S.pd
    7. Desain layout: Nur putri utami ningsih A.Md
    8. Produksi: Novianti adhi nugroho S.pd
    9. Kontributor:Wahyudin S.pd, dr. Jati Wijianti, Heni wijayantu S.Psi

    *Bagian Kedua*

    A. Majalah Umum " _Ummi_ "

    *Rubrik Majalah Ummi:
    Profil (profil seseorang), Mode Fehcion, kuliner, gaya hidup, kesehatan, kecantikan, cerita aktual, cerita fiksi, cerita inspiratif, sosial

    *Rubrik yang menarik bagi saya adalah kecantikan

    * karena di dalalam nya menginformasikan berbagai macam jenis kosmetik, berbagai merek, dan maanfaatnya bagi kulit

    *Jika saya di beri tugas untuk menuis rubrik tersebut, saya akan mencari informasi sebaik mungkin, dengan mencari dr berbagai sumber mengenai kecantikan baik dalam negri maupun luar negri (dalam bidang kosmetik) mulai dr macam -macamnya, merek, manfaat bagi kulit. Sehinga pembaca akan mendapat informasi yang beragam sebagai referensi apa bila ingin membeli kosmetik yg baik

    B. Majalah sekolah

    *Rubrik majalah _Insan Kamil_:
    Profil guru2 SDIT, karya siswa (gambar, puisi, pantun, cerpen), informasi kesehatan, lembar kuwis (teka-teki), kuliner

    * Rubrik yang menarik bagi saya adalah hasil karya siswa

    *karena dalam hasil karya siswa ini, kita dapat melihat potensi siswa dan ke kreatifitas siswa dlm membuat hasil karya, seperti puisi, pantun, cerpen, gambar yang sudah di warnai. Dengan hal ini, kita dapat mengasah lagi keteranpilan siswa itu agar lebih berkembang

    *jika saya di bertugas dalam rubrik karya siswa ini, saya akan menyeleksi/ membuat hasil karya siswa sesuai dengan ketepatan yang pernah para ahli sampaikan (pusi, pantun, cerpen). Sedangkan untuk gambar saya akan menyeleksi/membuat gambar yang menarik dan perpaduan warna warni yang cerah (yg mengambarkan kehidupan anak2).

    BalasHapus
  52. NAMA: NURUL HIDAYAT
    NIM: A310170019
    KELAS: A
    1. Susunan redaksi majalah wanita
    Nama lembaga yang menerbitkan: PT Kartini Cahaya Lestari
    Izin Penerbitan: 1693-5659
    Slogan: Kartini Portal Berita Wanita
    1. Pemimpin umum/pemimpin redaksi: Bram Tuapattinaya
    2. Wakil pemimpin umum I: Eric Tuapttinaya
    3. Wakil pemimpin umum II: Hatawano
    4. Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    6. Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    7. Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    8. Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    9. Redaksi masakan: Ai Turwina
    10. Redaksi foto: Kosim Sanusi
    11. Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    12. Staf khusus
    13. Koresponded/kontributor
    14. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    15. Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    16. Wakil pemimpin perusahaan: Hendro Atmojo
    17. Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    18. Alamat redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    19. Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    20. Percetakan
    2. Susunan redaksi dalam majalah Hackes SMA Kartasura
    1. Pimpinan Umum: Bima Maulana
    2. Pimpinan Redaksi: Iramadya Dyah
    3. Dewan Redaksi: Ardyagarini Intan
    4. Sekretaris: Pebriana Puji
    5. Bendahara: Berlian Dwi Okta
    6. Reporter: Haviana Dewi dan Putri Oktiva
    7. Editor: Fenty Purwaningsih
    8. Sponsorship: Surya Mas Solo Tour
    9. Fotografer: Dheka Lesmana
    10. Design: Muhammad Feri
    11. Kontributor:

    3. Susunan Draf Majalah Semangat Kelas VIIA
    Pelindung: Dr. Yacub Nasucha, M.Hum
    Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum
    Pimpinan Umum: Januar Ahmad
    Wakil Pemimpun Umum: Nurul Hidayat
    Pimpinan Redaksi: Irma Eka
    Sekretaris: Wiwin W dan Nabila Resha
    Bendahara: Resti dan Malisa
    Editor bahasa: Anas PD, Carolina Eka, Novia Yayang, Arum Dyah
    Editor sastra: Tri Haryono,
    Editor gambar: Giri Tri
    Reporter: Rahma Eka
    Periklanan: Martha Ayu
    Setting & Layout: Nur Hidayah
    Distributor: Rinda Vera
    Kedua
    A. Rubrik yang ada di majalah Tempo
    1. Album,
    2. Angka,
    3. Arsip,
    4. Bahasa,
    5. Catatan Pinggir,
    6. Ekonomi dan Bisnis,
    7. Etalase,
    8. Hukum,
    9. Ilmu dan Teknologi,
    10. Inovasi,
    11. Internasional,
    12. Kartun,
    13. Kolom,
    14. Laporan Utama,
    15. Nasional,
    16. Olahraga,
    17. Opini,
    18. Pokok dan Tokoh,
    19. Selingan,
    20. Sinema,
    21. Sinyal Pasar,
    22. Surat, dan
    23. wawancara.

    B. Rubrik yang Menarik
    Menurut saya rubric yang menarik adalah rubrik nasional dan bahasa. Mengapa kedua rubrik tersebut? Rubrik nasional membahas isu-isu nasional yang berkembang di Indonesia secara luas dan mendalam, banyak isu politik yang dimuat dalam rubrik ini. Isu-isu politik sangat menarik bagi Saya. Sedangkan rubrik bahasa karena dalam majalah tempo ini membahas abahasa secara luas, tidak hanya bahasa nasional saja. Isu-isu terkait makna dan lain-lain dibahas dalam rubrik ini.
    C. Jika saya diberi kesempatan untuk dapat menulis dalam rubrik tersebut pastinya saya akan sangat senang sekali. Terutama jika menulis dalam rubrik bahasa, karena banyak sedikit saya sudah mempelajari tentang bahasa, jadi jika disuruh menulis rubrik bahasa inshaAllah saya bisa menjalankannya dengan baik, dan terus belajar.
    D. Majalah Sekolah Aksara: Ajang Kreasi siswa Spensakra edisi 2
    Slogan: Inspirasi yang Menginspirasi
    ISI RUBRIK MAJALAH AKSARA

    1. Our Spensakra
    Inspiring Teacher
    Ekstrakulikuler
    Dies natalis
    Pilketos
    Jeda
    2. Artikel Lokal
    Kampung media
    Inovasi masa kini
    Candi Menggung
    Generasi Berintegritas
    3. Tokoh Inspirator
    B.J Habibie
    Kim Namjoun
    Nadiem Makarim
    Mirsani
    Profil Ssiswa
    4. Artikel siswa dan Puisi
    Cerpen My star, sebuah janji, nothing new
    Puisi Terambang, fajar
    5. Aksara Creepypasta Stories

    BalasHapus
  53. Nama: Carolina Eka Vera D
    NIM: A310170012

    PERTAMA
    A. Redaksi Majalah Wanita “Noor”
    Pemimpin Umum: sri Artaria
    Pemimpin Perusahaan: Mario Alisjahbana
    Pemimpin Redaksi: jetti R. Hadi
    Redaktur Pelaksana: Roos Farieanna Rowi, Gita Wirasti
    Redaksi: Yudiana tirta, Ade ur Sa’adah, Putri Wulan M
    Sekretaris Redaksi: Riri
    Redaktur Ahli: Ratih Sanggarwati, Badriyah Fayumi, Aju Isni Karim
    Kontributor: Amelia Prihanto, Ade Aprilia
    Artistik: Mardi Santoso, Panca Akbari
    Fotografer: Ramsy
    Promosi: Osep Rahmat

    B. Redaksi Majalah Sekolah SMK BISA-HEBAT
    Pembina: Hamid Muhammad, Ph. D
    Pengarah: Drs. M. Mustagfirin Amin MBA, Dr. Thamrin Kasman, M. Si
    Pemimpin Redaksi/ Penanggung Jawab: Arie Wibowo Khurniawan, S. Si, M. Ak, Muhammad Soleh, S. P, Ir. Nur Widyani, MM, Ir. Sri Puji Lestari, MM, Chrismi Widjajanti, SE, MBA, Arfah Laidiah Rezik, SH, MA.
    Staf Redaksi: Dimas raditya Trilaksona, S.T, Medhi Alkibzi, S. Ip, Hendra Syahrial, Tri Haryani, S. Pd, Yana, S. Pd, Lina Lisnawati, Rahayu Nengsih, SE, Pipin Dwi Nugraheni, SE, Lilis Triana Lestari, S.T.
    Desain dan Tata Letak: Muhammad Herdyka, S. T, Eka Yuli Arisant, S. ST, Yu;i Sefawan, SAB
    Penerbit: Direktorat Pembina SMK, Direktorat Jenderal Dikdasmen, Kemdikbud
    Alamat Redaksi & Tata Usaha: Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan, Gedung E, Lantai 13, Jl. Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270, 021-5725477 (hun ting), e-mail: program.psmk@kemdikbud.go.id

    C. Susunan Draf Redaksi Majalah Papirus Kelas VII A
    Pelindung: Dr. Yacub Nasucha, M. Hum
    Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum
    Pimpinan Umum: Carolina Eka Vera Damayanti
    Wakil Pemimpin Umum: Irma Eka Aryani
    Pimpinan Redaksi: Nurlailatul Hibatullah
    Sektretaris: Yustika Indrijati
    Bendahara: Nurul Hidayat
    Editor Bahasa: Tri Haryono
    Editor Sastra: Yanuar Ahmad Fauzi
    Editor Gambar: Dwi Anita Sari
    Reporter: Hizbi Naufal Aziz
    Periklanan: Rindita Wahyuning Tyas
    Setting & Layout: Rinda Vera Madyasari, Lala Kartika Sandra
    Distributor: Nur Hidayah, Afifah Eska

    BalasHapus
    Balasan
    1. (LANJUTAN)
      KEDUA
      A. Rubrik Majalah Umum Wanita “Noor”
      Salam Noor, Surat Pembaca, Campur Sari, Makna Kata, Sampul Kita, Lintas Zaman, Tren Fashion, Fashion Note, Doa, Trend Warna, Trend Rias, Trend Aksesoris dan Jilbab, Fikih Fashion, Info Media, Lintas Zaman, lensa Noor, Hadis, Silaturahmi, Refleki dan Indeks

      B. Rubrik yang Menarik
      Rubrik yang menarik adalah makna kata, karena pada rubrik ini menyajikan berbagai macam kata yang mengandung makna penting didalamnya.

      C. Jika saya diberi kesempatan menulis dalam rubrik makna kata saya akan merasa senang dan bangga . Saya akan belajar semaksimal mungkin mengenai pengetahuan tentang makna kata dan menyajikan hasil tulisan saya dengan baik dan benar. Agar mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan

      D. Majalah Sekolah “ SMK BISA-HEBAT”
      Edisi ke III 2016
      Isi Rubrik:
      Laporan Utama
      Kerjasama Internasional
      Kerjasama Industri
      Laporan Khusu
      Info Publik
      Inovasi
      Prestasi
      Ekstrakurikuler
      Karya Tulis

      Menurut saya rubrik yang menarik adalah kerjasama internasional, karena kerjasama internasional adalah salah satu usaha negara-negara untuk menyelaraskan kepentingan-kepentingan yang sama. Jika saya diminta untuk menulis dirubrik tersebut maka saya akan menyajikan tulisan seputar kerjasama internasional dengan maksimal untuk kepentingan pembaca.

      Hapus
  54. Nama : An-nida' Az-zahro
    Nim : A310170052
    Kelas : 7A

    PERTAMA
    A. Majalah Umum
    1) - Nama majalah : G-priority channel
    - Nama lembaga yang menerbitkan: PT. Gemilang Lestari Nusantara
    - Nomor izin penerbitan : 540/2012/11/D/2014
    - Slogan majalah : Nasionalisme

    2) Struktur majalah
    1. Pemimpin Umum : Y. Irawan
    2. Penanggung Jawab : Lukman A. Salendra
    3. Pemimpin Redaksi : Lukman A. Salendra
    4. Editor : Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N 
    5. Creative Designer : Raden Satria
    6. Designer Staff : M. Iqbal R, Annisa Mayang
    7. Fotografer : Adityo Prihantoro
    8. Pengembangan Bisnis : Lina Langen
    9. Keuangan : Rizky Renaldi
    10. Account Executive : Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    11. Promosi : Dewi Sartika
    12. Sirkulasi : Rohila, Wahyudi, Ade
    13. Pelatihan : Anggie
    14. Penerjemah : Ben Aryo
    15. Kontributor : -Kalimantan Utara : R Putra
    -Febrianus Felis : Sumtera Selatan
    -Hendri : Babel
    -Via : Jawa Barat
    -Ares Resmi
    16. Penerbit : PT. Gemilang Larasati Nusantara
    17. (Badan Hukum Pers  No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014)
    18. Anggota Serikat Perusahaan Pers (SPS) No. 540/2012/11/D/2014

    B. Perbaikan :
    A. Majalah sekolah
    1) - Nama majalah : majalah spensalu
    - Nama lembaga yang menerbitkan: SMPN 1 Lumajang
    - Nomor izin penerbitan : -
    - Slogan majalah : Hari Peringatan Hari Raya Idul Adha

    2) Struktur majalah
    Struktur redaksi :

    1. Chusnul Chotimah, S.Pd ( Pembina Jurnalistik & Editor )
    2. Nabilla (jurnalistik sekolah )
    3. Ramariz (jurnalistik sekolah)
    4. Laras (jurnalistik sekolah )
    5. Salma 9 (jurnalistik sekolah)
    6. Dimas (jurnalistik sekolah)
    7. Keisya (jurnalistik sekolah)

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan memperhatikan potensi teman di kelas.
    Pembimbing : Agus Budi Wahyudi
    Penanggung Jawab : Nurul Hidayat
    Ketua Redaksi : Irma Eka Ariyani
    Bendahara : Resti rendiro
    Sekretaris : Anisa Fisabililla
    Koordinator Jurnalis : Tiarasani Wulandari, Rinda Vera M, Yuliana Nur
    Editor : Anas Puspitasari Dewi, Nabila Resha, Carolina Vera
    Sie Humas : Malisa Putri Utami dan Ferrydiana Candra
    Setting dan Lyout : Januar Ahmad, Hizbi Nouval, Afifah Eska
    Distribusi : Niken Setyorini dan Nurin Nurfikawati
    Anggota Redaksi : Lutfi, Dewi Andala, Anggisya, Dwi Anita, Nur hidayah, Eka Putri

    KEDUA
    A. Baca majalah umum selajutnya tuliskan rubrik apa saja yang ada di majalah tersebut
    - Rubrik Infrastruktur, Ekonomi, Politik, Kuliner, Nasional, Pariwisata, Pendidikan, Tokoh, dan Galeri Foto.

    B. Rubrik apa yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik tersebut menarik bagi Anda?
    Menurut saya yang menarik adalah rubrik pariwisata. Karena pada bagian ini, saya dapat mengetahui mengenai informasi indonesia yang kaya akan objek-objek wisatanya.

    C. Bagaimana bila Anda diberikan tugas menulis rubrik tersebut?
    Jika saya mendapat tugas untuk menulis rubrik pariwisata, pastinya senang. Karena sudah tentu dapat mengunjungi lokasinya satu-persatu.

    D. Rubrik-rubrik di majalah sekolah
    - Rubrik Berita, Galeri, Sastra, dan Tentang kami.
    E. Manakah rubrik yang menarik bagi Anda?
    Menurut saya yang menarik adalah rubrik sastra.
    F. Mengapa rubrik itu menarik?
    Karena pada bagian sastra, banyak kajian-kajian sastra yang disajikan. Sastra itu menarik.
    G. Bagaimana bila Anda diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut?
    Pastinya dengan senang hati, saya akan mencari informasi seputar sastra yang menarik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.