PERTEMUAN PERTAMA FONOLOGI KELAS III D 2020: KONTRAK KULIAH

 KONTRAK  KULIAH

FONOLOGI

SEMESTERIII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Fonologi

          Saya harap semua semangat!

         

ISI KONTRAK

Pertama:

a. Nama mata kuliah: Fonologi

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku yang digunakan seperti buku pengantar linguistik dan buku fonologi yang disusun para ahli, serta buku pegangan yang baru proses penyusunan --Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan LPPBI.

 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Fonologi

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

A.      PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

B.       SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

C.       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

 

D.      KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

 

E.       KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan MK FONOLOGI

1. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.

2. Mahasiswa mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan dan semivokal. 2.1 Mahasiswa menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa. 2.2  Menentukan fonem segmental: vokal, konsonan, dan semivokal bahasa Indonesia. 2.3 Membuat deskripsi fonem bahasa Indonesia.

3. Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata. 3.1 Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata. 3. 2. Silabel/suku kata dan jenisnya dalam satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia. 3. 3 Penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kadiah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia.

5. Mahasiswa mengenal sistem tulisan. 5.1 Mengenal sistem tulisan: sejarah tulisan di dunia. 5.2 Mengenai jenis tulisan di dunia. 5.3 Sistem tulisan bahasa Indonesia: transkripsi ortografis bahasa Indonesia.

 

C. MATERI

Materi

Fonologi sebagai cabang linguistik

Definisi fonologi, fonemik, dan Penjelasannya

Fonem bahasa sebagai objek kajian fonologi

Fonem segemantl dan fonem suprasegmental dalam bahasa

Identifikasi fonem bahasa: fonem segmental bahasa Indonesia

Deskripsi fonem vokal, fonem konsonan, dan fonem semivokal bahasa Indonesia

Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata bahasa Indonesia

Suku kata, jenis suku kata dalam bahasa Indonesia

Pedoman ejaan bahasa Indonesia dan tata cara penulisan kata

Kaidah pelafalan fonem vokal bahasa Indonesia

Kaidah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia

Suku kata dan cara melafalkan

Sistem tulisan dan sejarah tulisan di dunia

Jenis tulisan di dunia

Sistem tulisan bahasa Indonesia (transkripsi ortografis)

 

 

D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!

B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan Fonologi dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Wa’alaikummussalam warrahmatullah wabarakatuhu,
    Baik, Pak. Terimakasih

    Nama : Qoshirotu Thorfi Iftinan
    NIM : A310190154
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsallam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Elsa Noventiana Nur Afni
    NIM : A310190160
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  3. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik pak, terimakasih.
    Nama : Aprilia Putri Kusuma
    NIM : A310190159
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumsallam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Santika Cahya Pramesti
    NIM : A310190152
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  5. Wa'alaikumsallam wr.wb
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Anggita Rahmawati Putri
    Nim : A310190136
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  6. Wa'alaikumsallam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih
    Nama : Santika Cahya Pramesti
    NIM : A310190152
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  7. Wa’alaikummussalam warrahmatullah wabarakatuh
    Baik, Pak. Terimakasih

    Nama : Ira Rizki Septiana
    NIM : A310190175
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  8. Wa'alaikumussallam Warrahmatullahi Wabarakatuhu
    Baik, Pak terimakasih
    Nama : Adelia Noer Karisma
    Nim : A310190151
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  9. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Baik pak, terimakasih
    Nama : Nuriana Farhani
    Nim : A310190138
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  10. Wa'alaikumussalam wr.wb, terima kasih pak

    Nama: Syulin Kinanthi
    NIM: A310190139
    Kelas: 3D

    BalasHapus
  11. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih.

    Nama : Riska Sriwulan
    NIM : A310190176
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  12. Wa'alaikumsallam Warrahmatullahi Wabarakatuhu
    Baik pak, terimakasih

    Nama : Sukraheni Dwita M.
    Nim : A310190142
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  13. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih pak🙏

    Nama : Syifa Fiqri Azizah
    Kelas : IIID
    Nim : A310190157

    • Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. Karena fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa.

    • Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Abdul Chaer (2003:102),
    Berdasarkan etimologi “fonologi” terbentuk dari kata “fon” yang berarti “bunyi” dan “logi” berarti sebagai “ilmu”. Maka, umumnya bisa di bilang Fonologi memiliki arti Ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang di pakai oleh manusia.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang digunakan oleh manusia

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Fonologi sangat berguna karena mempelajari bunyi bahasa yang digunakan manusia baik secara lisan maupun tulisan. Karena dari tulisan kita mempelajari bagaimana bunyi tulisan tersebut.

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih.

    Nama : Azizah Manikandini
    NIM : A310190168
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  15. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Baik pak, terima kasih
    Nama: Enggar Meilishia Nugrah S
    NIM: A310190141
    Kelas: 3D

    BalasHapus
  16. Waallaikumsalam wr.wb
    Terimakasih pak.

    Nama : Virda Dyah Rahmayanti
    Kelas : III D
    Nim : A310190161

    -Bagian Pertama
    A. Saya akan berusaha mengikuti mata kuliah fonologi dengan sebaik mungkin.

    B. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebegai cabang linguistik.

    -Bagian Kedua

    A.Verhaar (1984:36)
    menjelaskan bahwasanya fonologi mempunyai pengertian yang signifikan yang mana sebuah Ilmu yang memperlajari tentang bidang khusus pada linguistik yang meneliti bunyi suatu bahasa tertentu yang sesuai dengan fungsinya bertujuan menjadi pembeda antara makna leksikal suatu bahasa.

    B. https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/

    C. Bidang yang khusus mempelajari dam meneliti suatu bahasa tertentu yang digunakan untuk mengetahui perbedaan makna suatu bahasa.

    D. Sangat berguna untuk membedakan makna leksikal suatu bahasa

    BalasHapus
  17. waalaikuumsalam warahmatullahi wabarakatuh baik pak , terimakasih

    Nama : Vaneysha Ardhianika
    Nim : A310190177
    Kelas : 3D

    BalasHapus
  18. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, baik pak terima kasih 🙏

    Nama : Fitri Aulianisa Madini
    NIM : A310190170
    Kelas : 3D


    Bagian Pertama

    A. Saya akan berusaha mengikuti perkuliahan mata kuliah fonologi yang sudah ditentukan dengan baik dan memanfaatkan ilmu yang didapat dengan sebaik-baiknya.
    B. Menurut saya, semua CPMK tersebut mencakup tentang mata kuliah fonologi ini. Karena memiliki kesinambungan dan tiap komponennya merupakan hal penting yang harus digunakan dalam mempelajari mata kuliah fonologi agar mahasiswa dapat mencapai tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan.


    Bagian Kedua

    A. Fromkin & Rodman, menjelaskan definisi Fonologi adalah suatu bidang linguistik yang mengamati, mempelajari, menganalisa serta membicarakan terkait dengan tata bunyi bahasa.
    B. https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/
    C. Fonologi merupakan bidang linguistik yang mempelajari cara mengamati, cara menganalisa, dan bagaimana keterkaitan antara fonologi dengan tatanan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut dapat ditemui saat kita melakukan pelafalan bunyi bahasa dalam kegiatan sehari-hari. Saat melakukan pelafalan tersebut kita dapat mengetahui bagaimana cara menganalisa atau cara mempelajari tatanan bunyi bahasa yang kita ucapkan melalui alat ucap manusia.

    BalasHapus
  19. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, baik pak terima kasih 🙏

    Nama : Annisa Triskia
    Nim : A310190171
    Kelas : 3D

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama :
    1. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi ini, saya akan berusaha mengikuti perkuliahan dengan sebaik mungkin dan mengikuti setiap bimbingan dari pak dosen agar tercapainya target yang sudah ditentukan.
    2. Menurut saya CPMK yang cocok untuk dengan mata kuliah Fonologi yaitu semua komponen, karena dari masing-masing komponen satu sama lainnya saling berkaitan dan mendukung dalam tercapainya target pembelajaran.

    Bagian Kedua :
    1. Fonologi merupakan kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucat manusia.
    2. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
    3. Maksud dari definisi tersebut adalah fonologi menganalisis dan mengkaji pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi bahasa. Fonologi juga selalu memfokuskan bahasa sebagai sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    4. Implementasi dalam definisi tersebut baik dalam tulisan maupun lisan yaitu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika orang Jawa dan orang Batak bertemu dan masing-masing memiliki logat berbicara yang berbeda, maka hal tersebut dapat dikaji dalam ilmu Fonologi.

    BalasHapus
  20. Nama : Anggita Rahmawati Putri
    NIM : A310190136
    Kelas : 3D

    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.

    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  21. Nama : Qoshirotu Thorfi Iftinan
    NIM : A310190154
    Kelas : 3D

    Bagian Pertama
    a. Saya akan mengikuti perkuliahan daring ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal. Agar ilmu yang Bapak sampaikan dapat saya pergunakan dengan baik di kemudian hari.
    b. Menurut saya CPMK yang telah diuraikan di atas secara keseluruhan cocok dengan mata kuliah Fonologi. Sehingga kami sebagai mahasiswa merasa perlu untuk mempelajarinya mulai dari konsep fonologi, fonem bahasa Indonesia, struktur fonem, pelafalan fonem, serta sistem tulisan.

    Bagian Kedua
    A. Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa (Chaer Abdul, 2014:102).
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Dari definisi tersebut dapat dipahami bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari secara mendalam mengenai runtutan bunyi-bunyi bahasa mulai dari teori maupun praktik. Hal ini dapat dilakukan melalui analisis mengenai bunyi bahasa.
    D. Implementasi dari definisi tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai macam perbedaan pelafalan kata pada setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan analisis runtutan bunyi bahasa juga dapat menyempurnakan tulisan mengenai bunyi bahasa yang sedang dipelajari.

    BalasHapus
  22. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

    Nama : Dandung Aji
    Kelas : IIID
    Nim : A310190164

    • Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik, walaupun perkuliahan saat ini dilkukan dengan daring.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata.

    • Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Keraf, (1984: 30.) Fonologi dapat di artikan bagian dari tatanan bahas yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : https://www.weschool.id/8-pengertian-fonologi-dan-definisnya-menurut-para-ahli/

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang digunakan oleh manusia

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Fonologi merupakan bagian tata bahasa atau bidang ilmu bahasa yang mempelajari, mengenalisa, meneliti bunyi bahasa secara umum.

    BalasHapus
  23. Waalaikumsalam Wr. Wb. Terimakasih pak.
    Nama: Wulan Katrisna
    Nim: A310190155
    Kelas :D

    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawaban:
    Saya harus bisa memahami konsep-konsep kebahasan serta semua bunyi bahasa dalam tata bunyu bahasa
    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah fonologi?
    Jawaban:
    Mahasiswa mampu memahami struktur fonem.


    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab :
    Keraf, 1984: 30.
    Fonologi bisa di artikan bagian dari tatanan bahasa yang mempelajari dari bunyi-bunyi bahasa.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab :
    https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab :
    Semua tataran bunyi-bunyi bahasa dibahas dalam fonologi

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawaban:
    Fonologi sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari dalam tata bunyi bahasa sekingga kita bisa mengetahi

    BalasHapus
  24. Nama: Enggar Meilishia Nugrah S
    NIM: A310190141
    Kelas: 3D

    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab: Insyaallah saya akan berusaha untuk mengikuti kegiatan belajar dalam Mata Kuliah Fonologi dengan baik

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab: Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia, karena arti dari fonologi yaitu ilmu yang mempelajari bunyi bahasa. Maka dalam gambaran butir ini sangat cocok dengan mata kuliah Fonologi

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab: Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab :https://uniisna.wordpress.com/2011/07/13/467/

    C. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab: Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sangat berguna dan bermanfaat jika di implementasikan karena dalam mempelajari definisi tersebut kita bisa mengimplementasikan baik dalam kemampuan berbahasa, lisan maupun dalam bentuk tulisan.

    BalasHapus
  25. Nama : Azizah Manikandini
    NIM : A310190168

    Bagian Pertama

    A. Saya akan berkomitmen mengikuti perkuliahan Fonologi dengan giat, mengerjakan tugas dengan rajin, serta memahami materi sebaik mungkin.

    B. Menurut saya, semua CPMK cocok dengan mata kuliah Fonologi, karena setiap bagiannya akan menyempurnakan keterampilan mahasiswa.

    Bagian Kedua

    A. Fonologi merupakan cabang linguistik yang menghuraikan bunyi bunyi bahasa yang distrukturkan.

    B. Zahid, Indrawati Haji dan Omar, Mardian Shah. 2012. Fonetik dan Fonologi Siri Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Melayu. PTS Akademia. Selangor.

    C. Fonologi merupakan sabang ilmu dalam linguistik yang memfokuskan pandangannya pada fungsi, perlakuan dan pengorganisasian bunyi dalam sebuah bahasa.

    D. Menurut saya, definisi tersebut lebih banyak di implementasikan orang orang yang mempelajari ilmu fonologi. Hal ini dikarenakan orang awam mempelajari bahasa secara autodidak dan tidak mempelajari bahasa secara mendalam.

    BalasHapus
  26. Waallaikumsalam.wr.wb
    Terimakasih pak, atas materi yang telah diberikan.

    Nama: Rendi Nur Alim
    NIM : A310190167
    Kelas : 3D

    Umpan balik
    Bagian pertama
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan Fonologi dengan sungguh-sungguh, agar dapat menjadi penutur bahasa yang baik dan benar untuk bekal saya dimasa depan menjadi seorang guru.

    B. Menurut saya CPMK yang cocok adalah: Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.

    Bagian kedua
    A. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.(Abdul Chaer, 2014:100).

    B. Sumber : Chaer, Abdul. 2014. _Linguistik Umum_. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Fonologi, secara harfiah sederhana, terdiri dari gabungan kata fon (yang berarti bunyi) dan logi (yang berarti ilmu), jadi fonologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa. Fonologi terbagi menjadi 2 yaitu: Fonetik dan Fonemik.

    D. Fonologi sangat berguna bagi mahasiswa, karena dapat menuliskan bunyi bahasa yang benar dan saat berkomunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda. Semua itu harus dipelajari denga baik dan benar.

    BalasHapus
  27. Nama : Ira Rizki Septiana
    NIM : A310190175
    Kelas : 3D

    Umpan balik Pertama

    A. Saya berkomitmen untuk berusaha memenuhi capaian mata kuliah yang sudah ditentukan dan mampu memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan dengan baik
    B. Menurut saya, CPMK tersebut semua cocok dengan mata kuliah fonologi. Karena komponen tersebut memang dibutuhkan mahasiswa untuk memahami konsep fonologi, pelafalan vokal, struktur fonem, bahkan mengenal sistem tulisan: transkripsi ortografis bahasa Indonesia. Serta hal itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

    Umpan balik Kedua

    A. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari,menganalisis,dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul, 2012, Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Bahwasannya fonologi merupakan cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya, dan perubahannya. Runtunan bunyi-bunyi bahasa yang dimaksud adalah runtunan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya. Fonologi mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional. Objek kajian yang pertama dikaji yaitu bunyi bahasa (fon) yang disebut tata bunyi (fonetik) dan yang kedua mengkaji fonem yang disebut dengan fonemik.
    D. Contoh pengimplementasian dari definisi tersebut yaitu dalam proses belajar mengajar. Yaitu ketika mahasiswa diajak untuk melakukan pesan berantai dengan tujuan sebagai aplikasi bagaimana mekanisme penerimaan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dapat diterima oleh telinga kita. Maka kita secara tidak langsung akan mempelajari, menganalisi, dan membicarakan runtunan bunyi-buunyi bahasa.

    BalasHapus
  28. Nama : Elsa Noventiana Nur Afni
    Nim : A310190160
    Kelas : 3D

    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A. Dalam mengikuti perkuliahan Fonologi saya akan mengikuti dan memahami pembelajaran daring dengan sebaik dan semaksimal mungkin, sehingga dapat memenuhi capaian mata kuliah Fonologi.
    B. Adanya CPMK ini dapat membantu mahasiswa dalam mencapai target yang sudah ditentukan dan membantu mahasiswa memahami mata kuliah Fonologi.

    BAGIAN KEDUA
    A. Chaer (dalam Yendra, 2018:64) Menyatakan bahwa Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Sumber : Yendra.2018." Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik)".Yogyakarta:Deepublish
    C. Maksud dari defisini fonologi diatas yaitu fonologi bidang linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang di hasilkan dari alat ucap manusia menurut fungsinya.
    D. Implementasi dari definisi tersebut memudahkan kita untuk mengkaji dan mempelajari bunyi bahasa mulai dari teori dan penggunaannya, sehingga kita mampu berbahasa dengan baik dan benar baik lisan maupun tulisan.

    BalasHapus
  29. Nama : Sukraheni Dwita M.
    NIM : A310190142
    Kelas : 3D

    Bagian 1:

    A. Komitmen saya dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah Fonologi yaitu pada saat pembelajaran berlangsung maka saya akan berusaha untuk memahami materi . Selain itu, saya akan disiplin waktu dalam pembelajaran dan mengerjakan tugas.
    B. Setelah saya memahami CPMK, maka gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Fonologi yaitu semua point dalam CPMK tersebut. Karena, dalam CPMK tersebut dapat membantu mahasiswa dalam bunyi-bunyi bahasa baik secara lisan maupun tulis.

    Bagian 2:

    A.kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab:Chaer (dalam Yusri, Mantasiah, 2018: 19) menjelaskan bahwa fonologi merupakan ilmu yang memperlajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : Sumber Referensi: Yusri ,Mantasiah R. 2020. "LINGUISTIK MIKRO (Kajian Internal Bahasa dan Penerapannya)". Yogyakarta: CV Budi Utama.
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : fonologi merupakan cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya, dan perubahannya. Runtunan bunyi-bunyi bahasa yang dimaksud adalah runtunan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya.
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawaban: 
    Implementasi dari definisi tersebut yaitu saat kita melakukan pelafalan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Saat melakukan pelafalan bunyi bahasa tersebut kita dapat mengetahui kemampuan berbahasa, mulai dari pengkajian bunyi bahasa hingga proses terbentuknya bunyi bahasa tersebut. 

    BalasHapus
  30. Nama : Riska Sriwulan
    NIM : A310190176
    Kelas : 3D

    Bagian Pertama

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha mengikuti perkuliahan fonologi dengan baik.

    B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi karena dengan menguasai ilmu fonologi dalam linguistik maka kita dapat melatih keterampilan berbahasa.

    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Menurut Keraf (1984: 30), Fonologi dapat diartikan bagian dari tatanan bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab :
    https://www.weschool.id/8-pengertian-fonologi-dan-definisnya-menurut-para-ahli/

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Fonologi merupakan bagian dari tatanan bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Implementasi dari definisi tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan pelafalan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Maka dengan adanya fonologi kita dapat mempelajari bunyi bahasa dengan lebih baik.

    BalasHapus
  31. Waalaikumsalam wr.wb
    Terimakasih pak.

    Nama: Andzani Dewi Azzahra
    Kelas: III D
    NIM: A310190179

    » Bagian pertama

    A.Komitmen saya dalam perkuliahan Fonologi adalah, saya akan berusaha mengikuti dan memahami materi perkuliahan yang dilakukan secara daring ini secara maksimal.

    B. Menurut saya semua komponen CPMK sangat berpengaruh untuk kelancaran mata kuliah Fonologi, karena semua komponen memiliki hubungan yang berkaitan.

    »Bagian Kedua

    1. Fonologi adalah kajian linguistik yang mendalami bunyi-bunyi ujar (Muslich, 2011:1)

    2. http://repository.fkip.unja.ac.id/file?i=xsKwyMfu3sxaYBmdyFf0rYYyNmkA4pxY92TsAQ7TW1s

    3. Fonologi merupakan kajian dari linguistik yang mempelajari bentuk bunyi.

    4. Menurut saya implementasi dari definis tersebut ialah digunakan untuk mengetahui berbagai macam jenis bunyi di kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membedakan bunyi satu dengan yang lainnya

    BalasHapus
  32. Waalaikumsallam wr.wb
    Terimakasih Pak.

    Nama : Tinesia Adellasari
    Nim : A310190156
    Kelas : D

    Bagian Pertama
    A.Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik yang nantinya ilmu yang saya dapat akan bermanfaat bagi saya dan orang lain.
    B.Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : mahasiswa perlu mempelajarinya konsep fonologi, struktur fonem, pelafalan fonem.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab :
    Menurut Fromkin & Rodman (1998:96), fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab :http://raisyaandhira.blogspot.com/2013/03/pengertian-fonologi-dan-kajiannya.html?m=1
    C.Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    D.D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawaban: Implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda. Jadi, dengan adanya fonologi Kita dapat mempelajari bunyi bahasa maupun yang lainnya.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

    Nama : Muhammad Isa Pradana Suliwa
    Kelas : IIID
    Nim : A310190165

    • Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik dan tepat waktu walaupun perkuliahan kali ini dilkukan secara daring.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata.

    • Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Fromkin & Rodman
    menjelaskan Definisi Fonologi adalah suatu bidang linguistik yang mengamati, mempelajari, mengalisa serta membecirakan terkait dengan tata bunyi bahasa.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : fonologi dapat juga digunakan untuk menjelaskan tentang bidang linguistik, mempelajari serta menganalisa tentang tata bunyi bahasa

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Fonologi merupakan bagian tata bahasa atau bidang ilmu bahasa yang mempelajari, mengenalisa, meneliti bunyi bahasa secara umum.

    BalasHapus
  35. Wa'alaikumsalam wr.wb
    Nama: Boby Prasetyo Putra
    Nim: A310190149
    Kelas: 3D

    BAGIAN PERTAMA
    A. Supaya memiliki pengetahuan yang
    memadai mengenai produksi bunyi bahasa (fon) dan penataan fonem sebagai
    dasar pengajaran bahasa dan keterampilan berbahasa Sunda.
    B. 1) kedudukan fonologi, 2) fonetik (mencakup alat ucap, bunyi bahasa, dan varian bunyi bahasa), 3) fonemik (mencakup sejarah perkembangan fonemik, prinsip identifikasi fonem, distribusi fonem, fonotaktik, dan perubahan bunyi bahasa), dan 4) implementasi pengajaran fonologi bahasa
    Sunda.
    BAGIAN KEDUA
    A. Definisi Fonologi adalah suatu bidang linguistik yang mengamati, mempelajari, menganalisa serta membicarakan terkait dengan tata bunyi bahasa. (Fromkin & Rodman)
    B. https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya, definisi tersebut lebih banyak di implementasikan orang orang yang mempelajari ilmu fonologi. Hal ini dikarenakan orang awam mempelajari bahasa secara autodidak dan tidak mempelajari bahasa secara mendalam.

    BalasHapus
  36. Nama : Aprilia Putri Kusuma
    NIM : A310190159
    Kelas : 3D

    UMPAN BALIK BAGIAN PERTAMA
    A. Komitmen saya untuk mengikuti mata kuliah Fonologi ini, saya akan berusaha dengan baik dan serius dalam pembelajaran. Agar perkuliahan dapat berjalan dengan lancar dan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
    B. Menurut saya semua CPMK tersebut telah mencakup tentang mata kuliah Fonologi ini, sehingga semua CPMK cocok digunakan dalam perkuliahan. Agar mahasiswa dapat dengan mudah mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

    UMPAN BALIK BAGIAN KEDUA
    A. Menurut Chaer (dalam Yendra, 2018:64) Menyatakan bahwa Fonologi adalah bidang lingusitik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Sumber :
    Yendra. 2018."Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik)".Yogyakarta:Deepublish.
    C. Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa Fonologi adalah cabang ilmu linguistik yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa. Mulai dari mempelai bunyi bahasa, menganalisis bunyi bahasa, serta mempelajari urutan bunyi bahasa yang ada.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi diatas dapat mempermudah kita dalam mendeskripsikan satuan-satuan bunyi tertentu, dapat memfungsikan organ tubuh sebagai alat berbicara secara maksimal, dan secara tulisan dapat melambangkan bunyi-bunyi dalam tulisan.

    BalasHapus
  37. Waalaikumsallam wr.wb

    Nama: Muhammad Fajar Aji Prakosa
    Kelas: III D
    Nim: A310190172

    .Bagian pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen anda mengikuti perkuliahan fonologi
    Jawab: saya akan berusaha mengikuti perkuliahanfonologi dengan sungguh-sungguh dan baik agar bisa memahami konsep kebahasaan dan semua bunyi bahasa dalamtata bunyi bahasa

    B. Setelah anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah fonologi:
    Jawab: Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 memiliki motifasi minat, sikap dan gambaran jelas mengenai fonologi
    .Bagian kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli:
    Menurut kridalaksana (2002) dikutip dari kamus linguistik,onologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya
    B. Sertakan umber situsnya
    jawab: https://www.weschool.id/8-pengertian-fonologi-dan-definisinya-menurut-para-ahli
    C. setelah itu jelaskan definisi tersebut:
    jawab: fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang digunakan olah manusia
    D. bagaimana pendapat anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulis
    Jawab: digunakan untuk mengetahui berbagai macam jenis bunyi di kehidupan sehari hari serta mempelajari,menganalisa, dan meneliti bunyi bahasa secara umum

    BalasHapus
  38. Nama : Adelia Noer Karisma
    Nim : A310190151
    Kelas :3D

    Bagian Pertama

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Berusaha mempelajari dan memahami fonologi dengan baik, agar dapat tercapai capaian dari matkul fonologi.

    B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Mencakup seluruh CPMK

    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).


    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  39. Waalaikumsallam wr.wb
    Terimakasih pak.

    Nama : Rahmawati Sekar Cahyaningrum
    Nim : A310190173
    Kelas : D

    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik dan ilmu yang saya dapat akan bermanfaat.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Mahasiswa perlu mempelajarinya konsep fonologi.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Menurut Alwi, dkk (2007:320) Fonologi adalah bidang dalam linguistic yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa.


    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : https://books.google.co.id/books?id=SXH3DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

    C.Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawaban: Fonologi sangat berperan dalam kehidupan karena dengan adanya fonologi kita dapat mempelajari bunyi bahasa.

    BalasHapus
  40. Nama ; Anggara Tiyo Pratama
    NIM ; A310190158
    Kelas ; III D

    - Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi !
    Jawab ; Saya akan memahami dan mempelajari keseluruhan sub yang terdapat pada Fonologi agar nantinya dapat memiliki ilmu yang bermanfaat serta mengikuti secara daring dengan tepat waktu.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi ?
    Jawab ; Menurut saya, keseluruhan yang terdapat butiran tersebut dapat mencakup keseluruhan mata kuliah Fonologi.

    - Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan oleh seorang ahli !
    Jawab ; Fonologi merupakan cabang linguistik yang menguraikan bunyi-bunyi bahasa yang distrukturkan.
    B. Sertakan sumber sitasinya !
    Jawab ; Zahid, Indrawati Haji dan Omar, Mardian Shah. 2012. “Fonetik dan Fonologi Siri Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Melayu”. PTS Akademia, Selangor.
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut !
    Jawab ; Fonologi ialah ilmu sastra yang di dalamnya membahas tentang keseluruhan tatanan bunyi bahasa serta bahasa yang distrukturkan
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulis ?
    Jawab ; Menurut saya, seseorang yang mempelajari Fonologi dapat memahami dasar-dasar bagaimana cara menguraikan atau menjelaskan bunyi dalam tata bunyi yang terdapat dalam bahasa. Sehingga seseorang yang mempelajarinya dapat memanfaatkannya dalam kemampuan berbahasa lisan maupun tulis

    BalasHapus
  41. Nama: Purna Alfani Azhar
    NIM: A310190145
    Kelas: IIID

    Bagian Pertama
    A. Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik dan tepat waktu walaupun perkuliahan kali ini dilkukan secara daring.
    B. Mahasiswa perlu mempelajarinya konsep fonologi

    Bagian Kedua
    A. Fonologi ialah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya (Kridalaksana, 1995: 57)
    B. Sumber: https://www.sastrawacana.id/2018/03/pengertian-fonologi-menurut-para-ahli.html?m=1
    C. Fonologi dapat menyelidiki bunyi-bunyi bahasa yang ada menurut fungsi dan kaidahnya.
    D. Menurut saya, seseorang yang mempelajari fonologi dapat membedakan dan menyelidiki antara bunyi bahasa satu dengan lainnya.

    BalasHapus
  42. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Baik pak, terimakasih.

    Nama : Putri Feby Nuraini
    Nim : A310190148
    Kelas : 3D

    UMPAN BALIK
    • Bagian Pertama
    A. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi adalah mengikuti pembelajaran dengan sebaik mungkin agar dapat memenuhi capaian perkulihan mata kuliah Fonologi yang ditargetkan. Dengan demikian saya akan berusaha hadir dalam kegiatan perkuliahan Fonologi, memahami materi yang disampaikan dan mengerjakan semua tugas serta mengumpulkannya tepat waktu.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah Fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang apabila semua komponen tersebut dapat dicapai mahasiswa akan mampu melafalkan vokal dengan benar dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    • Bagian Kedua
    A. Kridalaksana menjelaskan bahwa Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    C. Dari definisi Fonologi yang disampaikan Harimurti Kridalaksana diatas dapat dijelaskan bahwa Fonologi adalah cabang keilmuan dari linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa membedakan makna leksikal dalam bahasa tersebut.
    D. Menurut saya mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, misalnya ketika kita orang Jawa berbicara dengan orang lain dari daerah Batak atau Sunda akan terlihat perbedaan lafal, logat, dan kata yang sama tetapi memiliki arti yang berbeda. Dengan mengimplementasikan Fonologi dapat menyelidiki atau menkaji bunyi-bunyi bahasa yang berbeda sesuai dengan fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa yang beraneka ragam.

    BalasHapus
  43. Nama: Syulin Kinanthi
    NIM: A310190139
    Kelas: 3D

    Bagian pertama:

    a. Saya akan berusaha memahami dan memanfaatkan ilmu tersebut dengan baik.

    b. Menurut saya, CPMK yang cocok dengan mata kuliah fonologi, mencakup apa-apa saja yang ada pada bagian fonologi itu sendiri, sehingga mahasiswa mampu memahami dan melafalkan fonem yang merupakan bagian dari fonologi.

    Bagian kedua

    a. Abdul Chaer (2003:102),
    Berdasarkan etimologi “fonologi” terbentuk dari kata “fon” yang berarti “bunyi” dan “logi” berarti sebagai “ilmu”. Maka, umumnya bisa di bilang Fonologi memiliki arti Ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang di pakai oleh manusia.

    b. Sumber sitasinya : https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/

    c. Hal tersebut dapat diartikan bahwa ini bagian dari linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan dan menalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusian

    d. Menurut saya, implementasi tersebut sangat berguna untuk dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari dengan mengetahui tata bahasa yang baik.

    BalasHapus
  44. Nama: Syulin Kinanthi
    NIM: A310190139
    Kelas: 3D

    Bagian pertama:

    a. Saya akan berusaha memahami dan memanfaatkan ilmu tersebut dengan baik.

    b. Menurut saya, CPMK yang cocok dengan mata kuliah fonologi, mencakup apa-apa saja yang ada pada bagian fonologi itu sendiri, sehingga mahasiswa mampu memahami dan melafalkan fonem yang merupakan bagian dari fonologi.

    Bagian kedua

    a. Abdul Chaer (2003:102),
    Berdasarkan etimologi “fonologi” terbentuk dari kata “fon” yang berarti “bunyi” dan “logi” berarti sebagai “ilmu”. Maka, umumnya bisa di bilang Fonologi memiliki arti Ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang di pakai oleh manusia.

    b. Sumber sitasinya : https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/

    c. Hal tersebut dapat diartikan bahwa ini bagian dari linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan dan menalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusian

    d. Menurut saya, implementasi tersebut sangat berguna untuk dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari dengan mengetahui tata bahasa yang baik.

    BalasHapus
  45. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Baik pak, terimakasih.

    Nama : Muh Adri Nurul Huda
    NIM : A310190169
    Kelas : 3D

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama :
    1. Komitmen saya, saya sebagai mahasiswa akan mengikuti bimbingan dan arahan perkuliahan dari dosen sebaik mungkin.
    2. Semua CPMK yang tercantum cocok, karena masing-masing butir saling melengkapi satu sama lain dalam mendukung tercapainya target pembelajaran.

    Bagian Kedua :
    1. Menurut Fromkin dan Rodman. Fonologi adalah sebuah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis dan juga membicarakan akan semua runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    2. http://pengertianaja.blogspot.com/2018/02/pengertian-fonologi-menurut-para-ahli.html?m=1
    3. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa.
    4. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu diterapkan dalam pembicaraan sehari-hari. Misal cara berbucara orang jawa dengan cara berbicara orang dari luar pulau jawa berbeda, hal tsb dapat dikaji dalam fonologi.

    BalasHapus
  46. Waalaikumsalam warahmatullaahi wabarakatuh.
    Nama : A. Wafiq Yunita
    Nim : A310190144
    Kelas : D

    Jawab :

    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawaban:
    Saya harus bisa memahami konsep-konsep kebahasan serta semua bunyi bahasa dalam tata bunyu bahasa
    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah fonologi?
    Jawaban:
    Mahasiswa mampu memahami struktur fonem.


    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab :
    Keraf, 1984: 30.
    Fonologi bisa di artikan bagian dari tatanan bahasa yang mempelajari dari bunyi-bunyi bahasa.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab :
    https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab :
    Semua tataran bunyi-bunyi bahasa dibahas dalam fonologi

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawaban:
    Fonologi sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari kita dalam tata bunyi bahasa sehingga kita bisa mengetahuinya.

    BalasHapus
  47. Wasalamualikum wr.wb.
    Nama : Liana Dwi Susilowati
    Nim : A310190150

    UMPAN BALIK
    bagian pertama :
    a. komitmen saya dalam mata kuliah fonologi, saya harus mengerti dan paham tentang semua bunyi bahasa dalam tata bunyi bahasa yang akan saya pelajari di fonologi
    b. seluruh isi CMPK sudah sesuai dan cocok karena semuanya berkaitan dengan mata kuliah fonologi dan juga dapat menunjang pembelajaran.

    bagian kedua
    a. menurut muslich (2011:1) folologi adalah kajian lingustik yang mendalami bunyi-bunyi ujar
    b.http://repository.fkip.unja.ac.id/file?i=xsKwyMfu3sxaYBmdyFf0rYYyNmkA4pxY92TsAQ7TW1s
    c. fonologi termasuk dalam kajian lingustik yang mempelajari dan memepinci bunyi ujar.
    d. dalam kemampuan berbahasa tulisan sangat berguna karena dapat memperbaiki dan mengetahui bunyi dengan lebih baik dan benar secara tulisan. sedangkan dalam lisan, sangat berguna untuk kualitas berbahasa sehingga terdengar lebih nyaman dalam berbicara dengan orang lain

    BalasHapus
  48. Nama : Nuriana Farhani
    Nim : A310190138
    Kelas : 3D

    Umpan balik bagian pertama:
    A. Komitmen saya dalam mata kuliah fonologi yaitu saya akan berusaha mengikuti mata kuliah fonologi dan mengerjakan tugas dengan baik.

    B. Seluruh isi CPMK sudah sesuai dengan mata kuliah fonologi

    Umpan balik bagian kedua:
    A. Menurut chaer (2012) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.

    B. Yusri dan Mantasiah R. 2020. Linguistik Mikro (Kajian Internal Bahasa dan Penerapannya). Yogyakarta: Deepublish.

    C. Fonologi adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk bunyi bahasa.

    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulis sudah terlaksana karena dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam perkuliahan kita selalu menggunakan bunyi bahasa.

    BalasHapus
  49. Nama : Rezi Yuditama Ramadhana
    NIM : A310190178
    Kelas : 3D

    Umpan balik Pertama

    A. Saya berkomitmen untuk berusaha memenuhi capaian mata kuliah yang sudah ditentukan dan mampu memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan dengan baik
    B. Menurut saya, CPMK tersebut semua cocok dengan mata kuliah fonologi. Karena komponen tersebut memang dibutuhkan mahasiswa untuk memahami konsep fonologi, pelafalan vokal, struktur fonem, bahkan mengenal sistem tulisan: transkripsi ortografis bahasa Indonesia. Serta hal itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

    Umpan balik Kedua

    A. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari,menganalisis,dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul, 2012, Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Bahwasannya fonologi merupakan cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya, dan perubahannya. Runtunan bunyi-bunyi bahasa yang dimaksud adalah runtunan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya. Fonologi mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional. Objek kajian yang pertama dikaji yaitu bunyi bahasa (fon) yang disebut tata bunyi (fonetik) dan yang kedua mengkaji fonem yang disebut dengan fonemik.
    D. Contoh pengimplementasian dari definisi tersebut yaitu dalam proses belajar mengajar. Yaitu ketika mahasiswa diajak untuk melakukan pesan berantai dengan tujuan sebagai aplikasi bagaimana mekanisme penerimaan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dapat diterima oleh telinga kita. Maka kita secara tidak langsung akan mempelajari, menganalisi, dan membicarakan runtunan bunyi-buunyi bahasa.

    BalasHapus
  50. Wallaikumsalam.wr.wb
    Terimakasih pak, atas materi yang telah diberikan.

    Nama: Ahmad Rizky Adhiyatna
    NIM: A310190166
    Kelas: 3 D

    Umpan balik pertama:

    A. Saya berusaha menjaga komitmen untuk memenuhi capaian mata kuliah dan mampu memanfaatkan ilmu yang didapatkan dengan baik.

    B. Menurut saya, CPMK tersebut semua sudah sesuai dengan mata kuliah fonologi. Karena komponen tersebut memang dibutuhkan mahasiswa dalam memahami konsep fonologi, pelafalan vokal, struktur fonem, dan mengenal sistem tulisan, transkripsi ortografis bahasa Indonesia.hal itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

    Umpan balik Kedua:

    A. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari,menganalisis,dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.

    B. Chaer, Abdul, 2012, Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Bahwa fonologi merupakan cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya, dan perubahannya. Runtunan bunyi-bunyi bahasa yang dimaksud adalah runtunan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya. Fonologi mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional. Objek kajian yang pertama dikaji yaitu bunyi bahasa (fon) yang disebut tata bunyi (fonetik) dan yang kedua mengkaji fonem yang disebut dengan fonemik.

    D. pengimplementasian definisi tersebut dalam proses belajar mengajar, ketika mahasiswa diajak untuk melakukan pesan ke satu orang sang orang yang lain sebagai mekanisme penerimaan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dapat diterima telinga kita dengan baik.

    BalasHapus
  51. Nama : Utia Nur Hafidza Rizkya Ramadhani
    Nim : A310190147
    Kelas : 3D

    Bagian Pertama
    A. Saya akan mencapai mata kuliah tersebut secara sungguh sungguh dan mampu memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan dengan baik.
    B. Semua CPMK diatas sesui dan cocok , sehingga dengan mudah mahasiswa mampu memahami mata kuliah fonologi ini

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab: Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab :https://uniisna.wordpress.com/2011/07/13/467/

    C. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab: Menurut saya sangat berguna dan bermanfaat dalam mempelajari definisi tersebut kita bisa mengimplementasikan baik dalam kemampuan berbahasa, lisan maupun dalam bentuk tulisan.

    BalasHapus
  52. Wallaikumsalam.wr.wb
    Terimakasih pak, atas materi yang telah diberikan.

    Nama: Aliefvia Ainunnisa
    NIM: A310190143
    Kelas: 3 D

    Umpan balik pertama:

    A. Saya berusaha menjaga komitmen untuk memenuhi capaian mata kuliah dan mampu memanfaatkan ilmu yang didapatkan dengan baik.

    B. Menurut saya, CPMK tersebut semua sudah sesuai dengan mata kuliah fonologi. Karena komponen tersebut memang dibutuhkan mahasiswa dalam memahami konsep fonologi, pelafalan vokal, struktur fonem, dan mengenal sistem tulisan, transkripsi ortografis bahasa Indonesia.hal itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

    Umpan balik Kedua:

    A. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari,menganalisis,dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.

    B. Chaer, Abdul, 2012, Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Bahwa fonologi merupakan cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya, dan perubahannya. Runtunan bunyi-bunyi bahasa yang dimaksud adalah runtunan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya. Fonologi mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional. Objek kajian yang pertama dikaji yaitu bunyi bahasa (fon) yang disebut tata bunyi (fonetik) dan yang kedua mengkaji fonem yang disebut dengan fonemik.

    D. pengimplementasian definisi tersebut dalam proses belajar mengajar, ketika mahasiswa diajak untuk melakukan pesan ke satu orang sang orang yang lain sebagai mekanisme penerimaan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dapat diterima telinga kita dengan baik.

    BalasHapus
  53. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

    Nama : Dyaka Rizky Fayyadh Yonandhi
    Kelas : IIID
    Nim : A310190146

    • Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik, walaupun perkuliahan saat ini dilkukan dengan daring.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata.

    • Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Keraf, (1984: 30.) Fonologi dapat di artikan bagian dari tatanan bahas yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : https://www.weschool.id/8-pengertian-fonologi-dan-definisnya-menurut-para-ahli/

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang digunakan oleh manusia

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Fonologi merupakan bagian tata bahasa atau bidang ilmu bahasa yang mempelajari, mengenalisa, meneliti bunyi bahasa secara umum.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.