MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII D KETIGA, MANAJEMEN DALAM MAJALAH SEKOLAH

 MANAJEMEN DALAM MAJALAH SEKOLAH  


Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  Marilah selaturahmi dengan bahasa tulis ini kita awali dengan membaca basmallah bersama-sama. 

Keindahan dalam berkomunikasi itu terwujud, bila di antra kita saling memiliki harap. Apalagi harap untuk kesuksesan di masa depan. 

Materi yang ketiga ini masih berkait dengan manajemen. Manajemen itu bisa dimaknai secara luas dan sempit. Makna sempit karena sudah ditujukan pada kegiatan tertentu yang memiliki tujuan tertentu pula. Marilah! Memahami konsep manajemen majalah sekolah.

Saya mengharapkan selalu bersemangat!

        

Baiklah. 

Pembicaraan mengenai manejemen minggu yang lalu sudah dilaksanakan --secara tertulis. Sebenarnya ada butir-butir yang dikuasai. Butir pertama, konsep manajemen secara umum itu berbeda dengan konsep manajemen majalah sekolah. Perhatikanlah! Manajemen secara umum diaplikasikan ke lembaga/organisasi/institusi yang lebih luas bergeraknya. Bila itu berkenaan dengan publikasi, maka majalah yang dipublikasikan juga memiliki ciri yang luas. Bacalag Bab II s.d. Bab IV, mulai halaman 18 s.d. 77! Secara luas sudah dijelaskan mengenai konsep keduanya. Persiapkan diri Anda menguasai materi tersebut untuk ujian tengah semester. 

Butir kedua, penjelasan mengenai ciri, alasan pengelolaan, dan penting publikasi majalah umum dan majalah sekolah. Usaha membandingkan! Redaksi majalah umum dengan majalah sekolah yang sudah diterbitkan oleh sekolah-sekolah! Sampai pada umpan balik dalam perkuliahan kedua. Anda diminta menuliskan kembali mengenai keredaksian majalah umum dan majalah  sekolah. Usaha Anda ini dilakukan dengan mengetahui orang-orang yang duduk di redaksi. Siapa saja? Nama perlu Anda kenal! Berapa orang yang duduk di posisi itu? Ada yang cukup satu orang ada beberapa orang. Juga, diperlukan usaha Anda untuk mencari tahu posisi redaksi itu membutuhkan pengetahuan apa sajakah? Anda menemukan bukti bahwa ada sekolah yang memiliki majalah sekolah dan ada yang tidak memiliki majalah sekolah. Mengapa demikian?

Pemahaman Anda sampai pada majalah sekolah itu bagian dari kegiatan ekstrakurikuler. Pimpinan atau kepala sekolah memiliki peran penting dalam hal terselenggarakannya penerbitan di sekolah. Kesulitanyang dialami adalah kepala sekolah abai, kakrena tidak memiliki bekal jurnalistik (komunikasi). Perhatikan! Kondisi masa pandemi Covid-19 saat ini adakah kepedulian pihak sekolah terhadap majalah sekolah? Sebenarnya, majalah online bisa dimanfaatkan sedemikian rupa untuk keperluan membantu mengembangkan penguasaan bidang kurikulum sekolah. 

Butir ketiga, setelah memahami konsep manajemen umum dan sekolah selanjutnya bisa ditarik ke arah manajeman majalah sekolah pemahaman Anda. Sampai pada adanya jenis majalah sekolah meliputi: majalah dinding, majalah sehalaman/satu halaman, majalah stofmap, dan majalah cetak.

Amatilah sekolah di sekitar Anda! Bagaimanakah? Adakah jenis publikasi tersebut? Mengapa bisa demikian?  Butir keempat, majalah sekolah memperhatikan rublikasi. Apakah rubrikasi itu?  Silakan baca bab IV dan bab V.. Sekali lagi, amati majalah umum dan majalah sekolah! Selanjutnya buatlah daftar perbandingan rubrikasinya! Berikanlah alasan mengapa rubrikasi keduanya berbeda?

Konsep majalah umum dan majalah sekolah. Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil (kesejahteraan dan kebahagiaan) yang maksimal dengan usaha yang minimal. Manajemen majalah sekolah adalah seni memimpin di bidang publikasi sekolah untuk membawa kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh unsur di lembaga sekolah --kepala sekolah, guru, komite sekolah, sisws, dan orang tua.

Majalah sekolah membutuhkan kemampuan manajerial. Kepala sekolah dan guru (yang ditunjuk sebagai pembina) sebagai pihak yang berkepentingan dalam menghidupkan publikasi sekolah (majalah sekolah).


Umpan Balik

Setelah Anda mengikuti penyajian materi perkuliahan ketiga ini, maka lakukanlah!

Pertama

A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum Anda! (1)    Nama majalah, nama lembaga yang menerbitkan, nomor ijin penerbitan, slogan/topik majalah umum tersebut. (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi. B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah. Sesuaikan dengan A. C. susunlah draf redaksi Papirus dengan mengacu pada susunan redaksi majalah yang sudah Anda amati A dan B.  Isi nama yang menduduki posisi itu menurut Anda --dengan memperhatikan potensi teman Anda di kelas. 

Kedua

A. Baca majalah umum selajutnya tuliskan rubrik apa saja yang ada di majalah terseut! Isi rubrik-rubrik tersebut apa saja. B. Rubrik apa yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik tersebut menarik bagi Anda? C. Bagaimana bila Anda diberikan tugas menulis rubri tersebut! D. Bacalah majalah sekolah! Tulislah rubriknya dan isi rubrik-rubrik itu! Manakah rubrik yang menarik bagi Anda? Mengapa rubrik itu menarik? Bagaimana bila Anda diserahi menulis untuk isi rubrik tersebut?


Mudah-mudahan Anda dalam keadaan tetap semangat, walaupun dalam komunikasi tertulis. Marilah kita akhiri dengan membaca hamdallah bersama. Alhamdullilah.


Wassalamualaikum wr. wb.

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Nama : Arini Wihdatul Ummah
    NIM : A310170158

     PERTAMA

    A. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Susunan Redaksi Majalah Umum
    1) Nama Majalah : Femina
    Nama Lembaga Penerbit : PT. Gaya Favorit Press
    Nomor Izin Penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    Slogan Majalah : Gaya Hidup Masa Kini

    2) Redaksi dan Anggotanya
    Pemimpin Redaksi : Petty S. Fatimah
    Editor at Large : Dewi Dewa
    Redaktur Pelaksana : Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    Redaktur Madya : Angela H. Wahyuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih.
    Redaktur : Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    Pemimpin Umum : Widarti Gunawan
    Pemimpin Perusahaan : Svida Alisjahbana
    Pembina : Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    Direksi : Mitra Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana, Pia Alisjahbana.

    B. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    1) Nama Majalah : Mutualista
    Nama Lembaga Penerbit : Muhammadiyah 1 Alternative Elementary School
    Nomor Izin Penerbitan : ISSN 2302-8386
    Slogan Majalah : Mewartakan Merekatkan Menginspirasi

    2) Redaksi dan Anggotanya
    Penanggung Jawab : H. Salamun, S.Ag, M.Pd.I.
    Pemimpin Umum : Wati Prihayanti, S.Ag., M.Pd
    Pemimpin Redaksi : Sigit Kurniawan, S. Pd
    Sekretaris Umum : Wike Rismawati, S.Pd
    Penyelaras Bahasa : Herlian Ardivianti, S.S
    Redaksi : Jody Nur I. S.Pd.I; Erni Setyowati, S.S; Ambarsari S.Pd., M.Pd; Luqmn Novianto, S.Pd.I; Mustaqim, S.Ag., M.Pd; Wulan Charismawati, S.Pd; Doni Arsena Bayu,A., S.Sn
    Bank Data : Wahyu Setyo Utomo, S.Pd
    Fotografer : Muftachul Aziz, S.E
    Desain dan Layout : Joko Adi Yunarto, AMa. Pust
    Keuangan : Lis Apriyanti D.A
    Sirkulasi, Produksi, Iklan : Oki Yanuar, S.Pd.Jas

    C.
    1) Draft Redaksi Papirus
    Pemimpin : Sigit Kurniawan, S.Pd
    Sekretaris : Wike Rismawati, S.Pd
    Penyelaras : Herlian Ardiyanti, S.S
    Redaksi : Jody Nur I. S.Pd.I; Erni Setyowati, S.S; Ambarsari S.Pd., M.Pd; Luqmn Novianto, S.Pd.I; Mustaqim, S.Ag., M.Pd; Wulan Charismawati, S.Pd; Doni Arsena Bayu,A., S.Sn

    2) Susunan Redaksi Menurut Potensi Teman di Kelas
    Pemimpin : Nadia Fauziah
    Sekretaris : Savina Rachmah
    Penyelaras : Dinar Febrianti
    Redaksi : Murni Cahyati, Astria Yuli

    BalasHapus
    Balasan
    1. (LANJUTAN)

       KEDUA
      A. Rubrik Pengisi Majalah Femina
      - Iklan
      - Info
      - Cerita Pendek
      - Ajakan
      - Iklan
      - Polling
      - Rekomendasi

      B. Bagi saya rubrik yang paling menarik adalah Polling. Karena dengan adanya polling tersebut pembaca dapat menentukan pilihannya pada polling yang tercantum dalam majalah. Hal tersebut juga dapat menghibur pembaca setelah penat membaca.

      C. Apabila saya diberikan tugas untuk mengisi rubrik tersebut saya akan mengisinya dengan polling-polling yang sesuai dengan isi majalah yang tentunya polling yang berbobot juga

      D. 1) Rubrik yang terdapat dalam majalah sekolah

      Salam Redaksi, Tajuk, Isi Inti, Sekolah, Feature, Oase, Parenting, Promosi, Opor (Opini orangtua), Lembud, Khasanah Seni, Matriks, Sastra anak, Ala English, Sosok, Kronika, Smart Quiz, Tritikan, Kawruh Jawa, Sehat, Kilmi, Komunitas.

      Bagi saya rubrik yang paling menarik adalah smart quiz. Karena dengan adanya smart quiz tersebut, pembaca dapat mengasah kemampuan pengetahuannya dengan mengisi smart quiz tersebut.

      Apabila saya diberikan tugas untuk mengisi rubrik tersebut maka saya akan mencari quiz simple namun berbobot dan tetunya menambah pengetahuan.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Nadia Fauziah Pratiwi
    Nim : A310170162
    Kelas : 7D

    PERTAMA

    A.

    1) Nama majalah: Gpriority
    Nama lembaga menerbitkan: PT. Gemilang Larasasti Nusantara
    Nomor ijin penerbitan: Badan Hukum Pers No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014
    Slogan/topik majalah: Jelajah Nusantara

    2) Susunan Redaksi Majalah Umum

    a. Pimipinan umum : Y. Irawan
    b. Penanggung jawab : Lukman A. Salendra
    c. Editor : Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, dkk.
    d. Creative designer: Raden Satria
    e. Designer staff : M. Iqbal R, Annisa Mayang
    f. Fotografer : Adityo Prihantoro
    g. Pengembangan bisnis : Lina Langen
    h. Keuangan : Rizky Renaldi
    i. Account executive : Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    j. Promosi : Dewi Sartika
    k. Sirkulasi : Rohila, Wahyudi, Ade
    l. Pelatihan : Anggie
    m. Penerjemah : Ben Aryo
    n. Kontributor : (1) Kalimantan Utara : R. Putra, Febrianus Felis, (2) Sumatra Selatan : Hendri, (3) Bangka Belitung : Via, (4) Jawa Barat : Ares Resmi.

    B.

    3) Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    a. Penanggung jawab : Dra. Endang Sunarsih, MPd.
    b. Penasihat : (1) Drs. Sutarmin, MPd., (2) Hermawan Indrianto, SPsi.
    c. Pelaksana : Drs. Moh. Amin, MPd.
    d. Humas : Tulus, SPd.
    e. Pimpinan redaksi : Kurnia Arum Dani
    f. Wakil pimpinan redaksi : Krisnia
    g. Redaktur pelaksana : Kejora Mega, Ajeng Wulan
    h. Redaksi fiksi : Sandi, Veronica Putri
    i. Redaksi nonfiksi : Faizah, Ni’ma, Aisyiyah Dian
    j. Fotografer : Diska Dwi
    k. Sekertaris redaksi : Anindia Dwi, Alifiyah
    l. Bendahara : Dimas Prayoga, Marsela Duwy
    m. Marketing : Galang
    n. Distribusi : Rizal

    C.

    Susunan Majalah Papirus
    a. Pelindung : Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    b. Penasihat : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    c. Pemimpin umum : Siti Aulia Umami
    d. Wakil pemimpin umum : Nurul Aisah
    e. Pemimpin redaksi : Murni Cahyati, Arini Wihdatul Ummah
    f. Sekertaris : Savina Rachmah
    g. Bendahara : Uswatun Khasanah
    h. Editor : Tina Indri Astuti, Devi Kurnia, Vitria Indrianti
    i. Creative Designer : Nabila Jayshi Syah Putri
    j. Fotografer : Fransisca Nanda Arintowati, Putri Malayshi Rahmawati, Alda Dwi Nanda
    k. Kontributor : Astria Yuli Rahmawati, Aditya Dwi Prasetyo, Muhammad Anthori
    l. Promosi : Fransiska Alisia Putri, Aisyah Rahmawati, Fatahillah Ichwanudin
    m. Distributor : Danu Dendri, Amy Rachmawati Sukma, Neneng Wicayanti.

    BalasHapus
  4. KEDUA

    A. Rubik pengisi majalah Gpriority

    - Iklan
    - Info
    - Riwayat hidup
    - Berita
    - Resep

    B. Bagi saya rubik yang paling menarik adalah resep. Karena pada rubik tersebut pembaca dapat memperoleh inspirasi sekaligus informasi tentang berbagai resep masakan yang ada di Indonesia.

    C. Saya akan menuliskan resep yang inovatif dan kreatif yang tentunya dapat mudah ditiru oleh pembaca. Saya juga akan menambahkan beberapa trik-trik memasak agar masakan dapat memperoleh hasil yang maksimal.

    D. Rubik pengisi majalah sekolah Fokus SMANJA

    Surat pembaca, Laporan khusus, Profil guru, Prosa, Info sekolah, Cerpen, Komik, Quiz, SMS ceria, Teenzone, Refleksi, Coba praktis.

    E. Menurut saya rubik yang paling menarik adalah profil guru. Dalam rubik profil guru pembaca dapat lebih memahami guru-guru disekolah baik dari segi latar belakang, hobi, kebiasaan hingga hal-hal yang menarik dari guru yang sedang dibahas.

    F. Saya akan menuliskan sisi lain yang menarik dari guru yang belum diketahui siswa, khususnya guru-guru yang terkenal garang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama : Murni Cahyati
    NIM : A310170161
    Kelas : 7 D
    Pertama
    A. Perbaikan susunan redaksi majalah wanita
    1) Nama majalah : Majalah Kartini
    2) Pemimpin redaksi : Eric Tuapattinaya
    3) Penagnggung jawab : Eric Tuapattinaya, Heru Hartoko, Dewi Yamina, Retno Satuti, dan Nurul Rahmi
    4) Redaksi aktual ekslusif : Heru Hartoko, Dewi Yamina, Nurul Rahmi, Galis Remina, Babay, Tri Vany Kurniasih, Ai Turwina, dan Risna Halidi
    5) Redaksi gaya hidup : Mia Apilia, Retno Satuti, Fahri Reza, Ray Hafidz Martino, Mustiana Lestari dan Ditriana Rahmianti
    6) Redaksi artistik : Daniel Donnie Anthony, Yefta Kansil, Sandy Mardiana, Risma Gantini, Hendra Adrian
    7) Sekretaris redaksi : Intan Mahalia, Rahmayati
    8) Fotografer : Kosim Sanusi
    9) Kategori : berita, kencantikan, mode, kesehatan, keluarga, gaya hidup dan karir
    10) Frekuensi : dua minggu
    11) Sirkulasi : 198.000 (2013)
    12) Penerbit : PT Kartini Cahaya Lestari
    13) Pendiri : Bram Tuapattiniaya (1936-2015)
    14) Perusahaan : PT Kartini Cahaya Lestari
    B. Perbaikan susunan redaksi majalah sekolah
    1) Nama majalah : Mediakresa (MTs Negeri Karanganyar Piton)
    2) Pelindung : Drs. Ustman Khairudin
    3) Penanggung jawab : Fauzi, S.Ag
    4) Pembina : Babun, S.Pd
    5) Pemimpin redaksi : Alvin
    6) Sekretaris : Riyan, Dewi Nur Auliya, Sinta
    7) Staf, redaktur, dan editor : Rafi, Yoga, Audy, Sofia,, Candra Dwi Kurniawan, Lilis Wulandari
    8) Reporter : Sonya Rizqiyah, Umi Adibah, Khofidah Dwi Solehah, Popo, Putri Rahmatul M, Arya Dwi Saputra
    9) Lay-outer, desain grafis, dan artistik : Santi, Yana, Desi, Andrew Fahlevia, Faqih Mustafa, Miftah
    10) Marketing : Semua ketua kelas
    C. Susunan majalah Papirus
    1) Pelindung : Dr. Yacub Nasucha, M.Hum
    2) Penasihat : Drs. Budi Wahyudi, M.Hum
    3) Pemimpin Umum : Astria Yuli Rahmawati
    4) Wakil pemimpin umum : Nadia Fauziah Pratiwi
    5) Pemimpin redaksi : Fransiska Alisia Putri Y, Arini Wihdatu Ummah
    6) Sekretaris : Nurul Aisah
    7) Bendahara : Salma Fitriyani
    8) Editor : Amy Rahmawati Sukma, Neneng Wicayanti
    9) Desain grafis : Fransica Nanda A, Aditiya Dwi P, Swara Gema
    10) Fotografer : Nabila Jayshi Syah Putri, Dinar Febrianti
    11) Kontributor : Sitti Aulia Umammi, Tina, Vitria
    12) Promosi : Alda Dwi Nanda, Savina Rachmah, Ludiya Yayang M
    13) Distributor : Ani Rufiah, Aisyah, Ratna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedua
      A. Rubrik Pengisi Majalah Kartini
      1) Aktual/ ekslusif
      2) Profil
      3) Kisah sejati
      4) Mode
      5) Gaya hidup
      6) Kecantikan
      7) Fiksi
      8) Konsultasi dan informasi
      B. Rubrik yang menarik menurut saya dari majalah kartini tersebut yaitu rubrik gaya hidup. Karena pada rubrik tersebut tentunya berisi mengenai bagaimana cara gaya hidup yang sehat dan tips-tips untuk selalu menerapkan hidup sehat
      C. Apabila saya diberi tugas untuk mengisi rubrik tersebut maka saya akan mengisinya dengan berbagai macam gaya hidup sehat, cara menjaga imuntubuh ditengah pandemi, dan juga saya kan memberikan tips-tips kesehatan agar terhindar dari berbagai macam virus.
      D. Rubrik yang terdapat pada majalah sekolah
      1) Suara siswa
      2) Profil (kepala sekolah/ Guru) hasil dari Polling
      3) Opini (ekstrakurikuler, pendidikan lanjutan)
      4) Sastra (cerpen, puisi, pantun)
      5) Pengetahuan ( teknologi baru)
      6) Lingkungan
      7) Tips/ kiat/ cara
      8) Karikatur
      9) Sains
      10) Prestasi
      11) Kreativitas
      12) Agama (ruang agama ulasan peringatan hari besar sesuai dengan waktu)
      13) Ucapan
      14) Sponsor informasi/ Pengumuman/agenda sekolah
      E. Rubrik yang menarik bagi saya yaitu pengetahuan, karena dengan adanya tersebut maka akan menambah wawasan bagi seseorang yang membaca majalah tersebut
      F. Apabila saya diberi tugas untuk mengisi rubrik tersebut maka saya akan mengisinya dengan segala pengetahuan baik dari dalam Negri maupun Luar Negri agar dapat menambah pengetahuan bagi siapapun yang membacanya.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama: Siti Aulia Umami
    Nim: A310170185
    Kelas: 7D

    PERTAMA
    A. Perbaikan susunan redaksi majalah umum.
    (1) Nama Majalah: ar-risalah
    Nama Lembaga: ar-risalah
    Nomor ijin penerbitan: 1978-4228
    Slogan: Menata hati menyentuh nurani
    (2) Redaksi
    PIMPINAN UMUM: M. Dedi Putra Utama
    REDAKTUR AHLI: Abu Umar Abdillah
    PEMIMPIN REDAKSI: Muhtadawan Bahri
    REDAKTUR PELAKSANA: Nurdin
    SEKERTARIS REDAKSI: Irul
    KONTRIBUTOR: Dr. Ahmad Zain, Abu Abdillah Lc, Aviv, Burhan Shadiq, Isa Anshari, Taufiq Anwar, Ashabul Yamin, Asadullah, Najmah.
    COVER: Ar-Risalah Crew
    SETTING & LAYOUT: Ajun
    KEUANGAN: Aninditya Adi Nugroho
    LITBANG: Jaka
    PENGEBANGAN: Agus Sigit
    SIRKULASI: Bowo
    PUBLIC RELATION: Umar A
    WEB MASTER: Imam
    IKLAN & PRODUKSI: Umar A

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    (1) Nama Majalah: MISI (Majalah Informasi Sekolah Intelektual)
    Nama Lembagaf SMA Nurul Jadid
    Nomor ijin penerbitan: 0216-2296
    Slogan: Humanis, pluralis, demokratis
    (2) Redaksi
    PELINDUNG: Kepala Sekolah
    PEMBINA: Didik Rahwiniyanto, S.Si
    PEMRED UMUM: M. Iqbal Al Fardi
    PEMRED I: Luluk Ariska
    SEKRETARIS UMUM: Ibnu Yasir Abror
    SEKRETARIS I: Leni Qurrotul Aini
    BENDAHARA UMUM: Ahmad Fahmi Hidayat
    BENDAHARA I: Zulvia Faridatul M
    EDITOR: Fahrur Rozi, M. Hasan Noval, Nur Rahma Oktavia, Nuriah Imama, Firyal Nabila
    LAY OUTER: Saiful Rizal , Wildan Rofi’i
    JURNALIS: Haeron Rizyal Zaerozi, A. Hafidz Alfiansyah, Putri Intan Nabila, Lumatut Durrotil F, Ika Yuniaril Khoir
    ILLUSTRATOR: Indung Dwi V, M. Hakim M. B, Nufusus Zakiyah, dan Bella Nur Safitri
    DISTRIBUTOR: Althofur Rahman Annabil, Misnamayanti, Siti Nafidah, Fifi Sulfiah
    PERIKLANAN: Muhammad Bahrosi

    C. Susunan Majalah Papirus Kelas VII D
    (1) Nama: MALWA (Majalah Lintas Mahasiswa)
    Nama Lembaga: Mahasiswa PBSI
    (2) Redaksi
    PELINDUNG: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    PEMBINA: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    PIMPINAN UMUM: Danu Denry Susilo
    SEKRETARIS UMUM: Dini Melyanti
    BENDAHARA UMUM: Savina Rachama
    PIMPINAN REDAKSI: Mia Nur Insani
    REDAKTUR PELAKSANA: Desy Anggraini
    REPORTER: Tina Indri Astuti, Siti Aulia Umami, Emma Priandini, Vitria, Fatahilah Ichwanuddin, Ani Rufiah, Ludiya Yayang.
    EDITOR: Devi Kurnia, Oldri Permata, Nurul Aisah, Salma Fitriani, Astria Yuli, Nadia Fauziah, M. Anthori
    FOTOGRAFER: Alda Dwi Nanda, Putri Malaysi, Fransisca Nanda, Asti Mrihatini, Melisa Sehila.
    LAY OUTER: Ratna, Khafidah Anggraeni, Aditya, Inneke Diah, Krisjayanti, Neneng Wicayati.
    ILLUSTRATOR:
    Siti Nur Arifah, Swara Gema Ramadhan, Dinar Febrianti, Nabila Jayshi, Amy Rahmawati.
    DISTRIBUTOR: Fransiska Alisia, Arini Wihdatul Ummah, Dika Ukhti, Hanif Pradana, Murni Cahyati
    PERIKLANAN: Ardina, Aisyah Rahmawati, Diah Fitriani, Harun Arrizal, Nurul Arifin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA

      A. Rubrik Majalah ar-risalah
      - Muthala'ah
      - Dzatu Ibrah
      - Asmaul Husna
      - Ahdats Nijayah
      - Makalah
      - Adab Nabawiyah
      - Fiqrah
      - Fiqh Nazilah
      - Khutbah
      - Fiqrah Dakwiyah
      - Himmah Aliyah
      - Tips
      - Kalam Qalbi
      - Hadharah
      - Tajribah
      - Ahwal Nisaiyah
      - Shifat Insaniyah
      - Hiwar Ukhrawi
      - Kitabah
      - Fursah Nafisah
      - Akidah
      - Muhasabah

      B. Rubrik yang paling menarik bagi saya adalah Hadharah. Karena rubrik tersebut berisi tentang cerita sejarah di dunia. Dengan adanya rubrik tersebut pembaca dapat mengetahui berbagai sejarah di dunia yang tidak diajarkan di bangku sekolah.

      C. Jika saya diberi kesempatan menulis pada rubrik tersebut, saya akan menggali lebih dalam berbagai sejarah untold sehingga pembaca tidak menganggao sejarah hanya sebagai angin lalu yang dapat dilupakan.

      D. Rubrik Majalah MISI
      -Fokus Utama
      -Fokus Komentar
      -Fokus Artikel
      -Karikatur
      -Fokus Tokoh
      -Lentera Hati
      -Teropong
      -Pesantren
      -Suara Sekolah
      -Opini
      -Cermin Jiwa
      -Iptek
      -Gender Artikel
      -Gender Wawancara
      -Obituari
      -Budaya
      -Kronik
      -Nusantara
      -Resensi Buku
      -Konsultasi Siswa
      -Konsultasi Agama
      -Momentum
      -Gagasan
      -Sekitar Kita
      -Liputan Khusus
      -Kabar Bangsa
      -Kiat Sang Juara
      -Inspirator
      -Kabar Sekolah
      -Kisah Sejati
      -Kolom
      -Cerpen
      -Fakta Unik
      -Remaja Kita
      -Tips
      -Hits
      -Humor
      -Fans Misi
      -Puisi
      -Brain Game
      Rubrik yang menarik bagi saya adalah Gender Artikel. Pada rubrik tersebut membahas tentang gender, menurut saya perbedaan gender harus diajarkan sejak dini agar siswa sekolah memahami perannya dan tidak meluku menuntut kesetaraan tanpa tahu peran masing-masing.
      Jika saya diberi kesempatan menulis di rubrik tersebut saya akan berusaha sebaik mungkin menjelaskan perihal gender karena hal ini masih tabu ditelinga siswa sekolah.

      Hapus
  9. Nama : Amy Rachmawati Sukma
    NIM : A310170160
    Kelas : 7D

    PERTAMA

    A.
    1. Majalah Umum
    - Nama majalah : Majalah Femina
    - Nama Lembaga yang menerbitkan : PT Gaya Favorit Press
    - Nomor Ijin Penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    - Slogan/majalah umum : Gaya Hidup Masa Kini

    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    - Pemimpin Umum: Widarti Gunawan
    - Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana
    - Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah
    - Editor at Large: Dewi Dewa
    - Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    - Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih
    - Redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    - Penerbit: PT Gaya Favorit Press
    - Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    - Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana
    - Alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.3233, Jakarta 12910, SIUPP
    - Nomor: 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    - Pencetak: PT Grafika Multi Warna


    B.
    1. Majalah Sekolah
    - Nama majalah : Majalah Sekolah Kharisma
    - Nama lembaga yang menerbitkan : SMAN 2 Blitar
    - Nomor izin penerbitan : 9772355876364
    - Slogan majalah : Kiprah Karya SMAN 2 Blitar

    2. Stuktur Majalah
    - Pelindung: Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd
    - Pembina: Eko Sulistiono, S. Kom., Rahmanu Adi Widodo, S.Pd., Hj. Siti Mastupah, S.Pd., Jenitasari Santoso, S.Pd.
    - Penanggung Jawab Penyelenggara: Daffa Adyatama
    - Penanggung Jawab kegiatan: Allay Cartina Baby Millenia
    - Pimpinan Redaksi: Dina Kartika
    - Redaksi Pelaksana: Khusnul Maysaroh, Prajna Paramitha A, Aisyah Adilatus
    - Staf Redaksi: Avis Yuna, Natalia Mega Dharma, Amelia Fatika Hapsari
    - Ilustrator: Rahma, Mega Putri, Wulan Purnama
    - Fotografer: Salwa Salsabila, Charissa Puti Kusuma Dewi, Shinta Ayu
    - Bendahara: Adinnia Eka Suci

    C. Draf Redaksi Papirus menurut potensi teman kelas
    - Penanggung jawab: Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    - Pembina: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    - Pimpinan umum: Vitria Indrianti.
    - Wakil pemimpin Umum: Siti Aulia Umami
    - Sekretaris redaksi: Arini Wihdatul Ummah.
    - Bendahara redaksi: Tina Indri Astuti.
    - Reporter: Fatahillah Ichwanudin, Ludiya Yayang Mirana, Dini Melyanti.
    - Editor: Devi Kurnia, Desy Anggraini, Savina Rachmah, Nurul Aisah
    - Fotografer: Aditya Dwi Prasetyo, Muhammad Anthori, Fransisca Nanda Arintowati, Putri Malayshi Rahmawati.
    - Desain: Swara Gema, Nabila Jayshi, Emma Priyandini.
    - Iklan dan Promosi: Fransiska Alisia Putri, Uswatun Khasanah, Ratna Wulansari, Astria Yuli Rahmawati,
    - Kontributor : Inneke Dyah, Salma Fitriyani, Dinar Febrianti, Alda Dwi Nanda, Oldri Permatasari, Nadia Fauziah Pratiwi.
    - Distributor : Mia Nur Insani, Melisa Sheila, Danu Denri Susilo, Asti Mrihatini, Aisyah Rahmawati.

    KEDUA
    A. Rubik pengisi majalah Gpriority
    - Iklan
    - Riwayat hidup
    - Berita
    - Resep
    - Info

    B. Rubik yang menarik bagi saya yaitu resep karena saya suka memasak, jadi dengan adanya resep saya bisa belajar aneka ragam masakan.

    C. Jika saya diberi kesempatan untuk mengisi rubik tersebut saya akan menciptakan resep yang mudah, simple, dan praktis ditiru.

    D. Rubrik-rubrik di majalah sekolah
    - Rubrik Pengetahuan, Rubrik Motivasi, Rubrik kegiatan seni dan/ olahraga.

    E. Rubrik yang menarik menurut saya adalah rubrik pengetahuan

    F. Menurut saya rubrik pengetahuan menarik karena membahas tentang berbagai ilmu pengetahuan yang nantinya akan bermanfaat bagi pembaca.

    G. Jika saya diserahi untuk menulis tentang rubrik tersebut maka saya akan mencari topik/tema tentang pengetahuan yang menarik dan belum banyak diketahui oleh pembaca.

    BalasHapus
  10. Nama: Desy Anggraini
    Nim: A310170199
    Kelas: 7D

    PERTAMA
    1. Susunan Redaksi dalam Majalah Wanita
    Nama Majalah: Majalah NooR
    Penerbit: Nur Cahaya Teduh
    Izin Penerbitan:
    Slogan: “Yakin Cerdas Bergaya”
    Susunan Redaksi:
    1. Pemimpin Umum: Sri Artaria
    2. Pemimpin Perusahaan: MarioAlisjahbana
    3. Pemimpin Redaksi: Jetti R. Hadi
    4. Redaktur Pelaksana: Roos Ferieanna Rowi dan Gita Wirasti
    5. Redaksi: Yudiana Tirta, Ade Nur Sa’adah, dan Putri Wulan M.
    6. Sekretaris Redaksi: Riri
    7. Redaktur Ahli: Ratih Sanggarwati, Badriyah Fayumi, dan Aju Isni Karim
    8. Kontributor: Amelia Prihanto dan Ade Aprilia
    9. Artistik: Mardi Santoso dan Panca Akbari
    10. Fotografer: Ramsy
    11. Promosi: Osep Rahmat
    Alamat Redaksi: Jl. Karang Pola VI No.74 Pasar Minggu, Jakarta.

    2. Susunan Redaksi Majalah Mutiara Bangsa SMP N 4 Sukoharjo
    1. Penasehat: Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kab. Sukoharjo
    2. Penanggung jawab: Bambang Eko Putro SN, S.Pd.
    3. Pembimbing: EkoSusanto, S.Pd., Sunarni, S.Pd., Sri Sugiyarti, S.Pd., dan Sugiyatmi, S.Pd.
    4. Pimpinan Redaksi: Muhammad Doni Raharjo
    5. Wakil Pimpinan Redaksi: Muhamad Farhan
    6. Bendahara: Ratih Kusuma Wardani
    7. Sie Artikel: Nurul Azizah Tiara, Yusuf Risma Ramadhoni, Dyah Ayu Nur Aini, Garnisa Panca K., Sabryna Wulandari, Alda Fitriani
    8. Reporter: Anggun Frita Dewi, Mellis Vera, dan Muhammad Yusuf
    9. Design Layout: Putri Indriani, Mila Maharani, dan Anastasya Nadia K.
    10. Editor: Lyanita, Dinda Eka, Andika Novriza, dan Novelia Astrid Damayanti
    Penerbit: SMP N 4 Sukoharjo

    3. Susunan Draf Majalah Papirus Kelas VII D
    Pelindung: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pimpinan Umum: Dini Melyanti
    Wakil Pemimpin Umum: Tina Indri Astuti
    Pimpinan Redaksi: Melisa Sheila
    Sekretaris: Diah Fitriani
    Bendahara: Desy Anggraini
    Editor bahasa: Devi Kurnia, Khafida, Inneke
    Editor sastra: Alda Dwi, Arini, Dinar
    Editor gambar: Gema, Danu, Antori
    Reporter: Dika, Aisyah, Asti
    Periklanan: Oldri, Salma, Neneng
    Setting & Layout: Aditya, Harun, Hanif, Fattahilah
    Distributor: Ardina, Ani, Krisjayanti, Fransiska

    BalasHapus
  11. LANJUTAN
    KEDUA
    A. Majalah Umum
    Nama Majalah: Tempo
    Rubrik:
    1) Album
    2) Angka
    3) Arsip
    4) Bahasa
    5) Catatan Pinggir
    6) Ekonomi dan Bisnis
    7) Etalase
    8) Hukum
    9) Ilmu dan Teknologi
    10) Inovasi
    11) Internasional
    12) Kartun
    13) Kolom
    14) Laporan Utama
    15) Nasional
    16) Olahraga
    17) Opini
    18) Pokok & Tokoh
    19) Selingan
    20) Sinema
    21) Sinyal Pasar
    22) Surat
    23) Wawancara
    B. Rubrik yang menarik
    Menurut saya rubrik yang menarik adalah rubrik bahasa. Karena rubrik bahasa dalam majalah tempo itu pembahasan mengenai bahasa sangat luas. Rubrik bahasa ini bisa juga digunakan sebagai cara dalam meningkatkan pengetahuan kita tentang bahasa.
    C. Jika saya diberikan kesempatan untuk menulis rubrik tersebut saya bersedia dan saya akan menjalankannya dengan baik
    D. Majalah Sekolah
    “Mutiara Bangsa”
    Majalah Sekolah SMP N 4 Sukoharjo
    Edisi: 32
    Rubrik:
    1) Laporan Utama
    2) Artikel
    3) Tips
    4) Karangan Khas
    5) Jowo Tulen
    6) Sorotan Lensa
    7) Pelangi
    8) Karyaku
    9) Karangan Ilmiah
    Menurut saya rubrik yang paling menarik pada majalah Mutiara Bangsa edisi 32 adalah rubrik karyaku, karena rubrik karyaku ini berisi karya-karya dari siswa sekolah tersebut. Mewadahi siswa untuk menyalurkan bakat menulisnya dan membuat siswa lebih aktif serta kreatif dalam berkarya.

    BalasHapus
  12. Nama: Melisa Sheila
    Nim: A310170189

    PERTAMA
    A. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Susunan Redaksi Majalah Umum
    1.) Nama Majalah: Kartin
    Nama Lembaga Penerbit: PT Kartini Cahaya Lestari
    Nomor Izin Penerbitan: KEP-034/. PK/IC/XI/1974
    Slogan Majalah Kartni: Majalah Wanita
    2.) Redaksi dan Anggota
    Pemimpin Redaksi: Eric Tuapattinaya
    Penanggung Jawab: Eric Tuapattinaya, Heru hartoko, Dewi Yamina, Retno Satuti, dan Nurul Rahmi.
    Redaksi Aktual Eksklusif: Heru Hartoko, Dewi Yamina, Nurul Rahmi, Galis Remina, Babay, Tri Vany Kurniasih, Ai Turwina, dan Risna Halidi
    Redaksi Gaya Hidup: Mia Apilia, Retno Satuti, Fahri Reza, Ray Hafidz Martino, Mustiana Lestari dan Ditriana Rahmianti
    Redaksi Artistik: Daniel Donnie Anthony, Yefta Kansil, Sandy Mardiana, Risma Gantini, Hendra Adrian
    Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia, Rahmayati
    Fotografer: Kosim Sanusi
    Penerbit: PT Kartini Cahaya Lesta
    Pendiri: Bram Tuapattinaya (1936-2015)
    Perusahaan: PT Kartini Cahaya Lesta
    Alamat Redaksi Majalah: jl.Pangeran Antasari No.53 - Jakarta Selatan.

    B. Susunlah Redaksi Majalah Sekolah
    Nama Majalah: Gsmart
    Nama Lembaga Penerbit: MAN 1 Pekanbaru
    Nomor Izin Penerbitan: ISSN 2066-8812
    Slogan Majalah: Gaya Islami, Aktif, dan Kreatif
    Edisi: Edisi 26

    Penanggung Jawab: Kepala MAN 1 Pekanbaru Drs. H. Muliayardi, M. Pd
    Koordinator: Waka Humas Ghafardi S. Ag, M. Pd
    Penyunting: Irwan Effendi, M. Pd. I
    Sekretariat: Syafni Ermayulis, S. Pd, M. Pd
    Pembina: Syamsudin, S. Kom
    Fotografer Humas: Ade Mahkota Putra
    Pemimpin Redaksi: Ariq Aflah Riadi
    Wakil Pemimpin Redaksi: Farrel Adabi Fristo
    Sekretaris:Tratania Dwi Putri
    Bendahara: Annisa Lutfiah
    Koordinatir Lapangan: Iwan Saleh Daulay
    Reporter:Ariq Aflah Riadi, Asyifa Muthmainnah, Dara Mella Ayu, Farah Afika Mawarni, Hanifa rahmanita, Natasha Hidayah Arifin, Tania Dwi Putri, Adelia Elfa, Faisal Arif Ramadan, no Zain di Adisty.
    Fotografer: Farel Adabi Fristo, Iwan Saleh Daulay, M. Abdul Rahman, Aufa Rifky Muthahhari, Ida Irmawati, Kurniatul Aini, M Iqbal, Rafid Syuhada, Shinta Amelia Safitri.
    Videografer/School Update: Akbar Kurniawan, Annisa Luthfiah, Eka Riona Z, Aksara Aksata, Bagas Satrio, Rahmadining.
    Tim Kreatif: Giorisca Yuanditama, Geno Tri Maghribie, Miva Lamda, Nur Aufa, Mutia Berlin, Viona Agresia, Reyma Syahnaz.
    C. Draft Redaksi Papirus Menurut Potensi Teman Kelas:
    Penanggung jawab: Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    - Pembina: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    - Pimpinan umum: Danu Susilo
    - Wakil pemimpin Umum: Siti Aulia Umami
    - Sekretaris redaksi: Dini Melyanti
    - Bendahara redaksi: Desy Anggraini
    - Reporter: Dika Ukhti, Vitria Indriyanti, Fathahilla
    - Editor: Alda Dwi Nanda, Melisa Sheila, Savina Rachmah, Nurul Aisah, Tina Indri
    - Fotografer: Aditya Dwi Prasetyo, Muhammad Anthori, Fransisca Nanda Arintowati, Putri Malayshi Rahmawati.
    - Desain: Swara Gema, Nabila Jayshi, Emma Priyandini.
    - Iklan dan Promosi: Fransiska Alisia Putri, Uswatun Khasanah, Ratna Wulansari, Astria Yuli Rahmawati,
    - Kontributor : Inneke Dyah, Salma Fitriyani, Dinar Febrianti, Oldri Permatasari, Nadia Fauziah Pratiwi, Harun Arizal.
    - Distributor : Hanif, Aisyah, Ani Rufiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Melisa Sheila
      Nim: A310170189
      Lanjutan
      Kedua
      A. Rubrik Majalah: Majalah Kartini
      -Profil
      -Mode
      -Gaya Hidup
      -Kisah Sejati
      -Kecantikan
      -Konsultasi dan Informasi
      B. Rubrik Yang menarik
      Menurut saya yang menarik, yaitu kecantikan karena setiap wanita ingin tampil cantik. Dari rubric itu bisa membahas detail seputar kecantikan itu sendiri.
      C. Jika diberi kesmpatan saya akan menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai apa yang diperintahkan dan menjalankan amanah yang ada sesuai potensi yang dimiliki.
      D. Rubrik Majalah Sekolah
      “Gsmart”
      Majalah Sekolah MAN 1 Pekanbaru
      Edisi 26
      Rubrik:
      1. Laporan Utama
      2. Wawancara Khusus
      3. Hot News
      4. Muara Fajar
      5. Warta Mansa (Man Satu)
      6. Jepret Mansa
      7. Our Activity
      8. Event
      9. Seputar Aksioma
      10. Ma’had Al-Ghuroba’
      11. Academic
      12. Lingkungan
      13. Artikel
      14. Risalah
      15. Sastra
      16. Religy
      17. Organitation
      18. Moment
      Menurut saya rubric yang paling bagus dimajalah Gsmart, yaitu sastra karena pada rubrik tersebut berisi karya siswa bisa berupa puisi ataupun cerita pendek dll, sehingga siswa bisa lebih aktif menulis tentang sastra.

      Hapus
  13. NAMA : TINA INDRI ASTUTI
    NIM : A310170195
    KELAS : 7D

    Pertama

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum.

    (1) Susunan redaksi majalah umum.

    Nama majalah: Kartini
    Nama lembaga yang menerbitkan: PT Kartini Cahaya Lestari
    Nomor ijin penerbitan: Merek Terdaftar No. 536794-536795
    Slogan/topik majalah: Sangat Inspiratif!

    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.

    Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi: Bram Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum I: Eric Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum II: Hatawano
    Wakil Pemimpin Redaksi: Endang Werdiningsih
    Penanggung jawab dan Wakil Penanggung jawab Redaksional: Bram Tuapattinaya- Endang Werdiningsih
    Dewan Redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Tuapattinaya, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, dan Dewi Yamina
    Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, dan Veny Dinuraya
    Redaksi Lifestyle: Wiwit Sebrina Tristi
    Redaksi Masakan: Al Turwina
    Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, dan Riza Adam Buchori
    Staf Khusus: Dr. Naek L. Tobing, dr. Sumaryati Arjoso, S.K.M, Ike Soepomo, dra. Winarini WD Mansoer, PhD, Yudi Suharsono, S.Psi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE.
    Koresponden/ Kontributor: Rusian Nedi (Nusa Tenggara), Saswati Matakena dan Febby Kaltahu (Maluku), Ita Nasyi’ah (Jawa Timur)
    Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    Pemimpin Perusahaan: Eric Tuapattinaya
    Iklan/ Promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah, Telp: (021) 727 93001, Fax: (021) 72793118
    Alamat Redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    Klub Kartini: Endang Werdiningsih dan Fauziah
    Percetakan: PT Indonesia Printer

    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah.

    (1) Susunan redaksi majalah sekolah.
    Nama majalah: Eksis (Ekspresi Siswa)
    Nama lembaga yang menerbitkan: SMAN 1 Karangmojo
    Nomor ijin penerbitan: SK. Kepala Sekolah No. 421.3/391/XII/2004
    Slogan/topik majalah : Menggugat Nasionalisme!

    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.

    Penanggung jawab: Drs. Sutarman, M.M (Kepala Sekolah SMAN 1 Karngmojo)
    Penasehat: Ahzanul Yusuf, S.Pd (Waka Kesiswaan)
    Ketua Tim Dewan Pembina: Maman Nurjana, S.Pd., M.M
    Anggota Dewan Pembina: Antonius Arlin Nurseto, S.S.
    Devi Nuraini, M.Pd.
    Aib Dedi Kurniawan, S.Pd.
    Fadmiati, M.Pd.
    Jumiyanto, S.Pd., M.Eng.
    Rahmat Danu Raharjo, S.Pd.
    Tri Sulistyo, Amd.
    Pimpinan Redaksi: Gaty Miranti
    Wakil Pimpinan Redaksi: Dena Heratamtama
    Sekretaris: Etik Setyaningsih
    Redaktur Pelaksana: Margareta Prima
    Staf Redaksi: Amelia Dian Kurniasari
    Reporter : Syntia Indah Sari
    Kameramen: Sulis
    Layout: Tim kreatif majalah Eksis

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan mengacu pada susunan redaksi majalah yang sudah diamati dan memperhatikan potensi teman di kelas (7D).

    (1) Susunan redaksi majalah sekolah.
    Nama majalah: PRESMA (Ekspresi Mahasiswa)
    Nama lembaga yang menerbitkan: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)

    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.

    Penanggung jawab: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    Penasehat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pemimpin Umum: Siti Aulia Umami
    Wakil Pemimpin Umum: Emma Priyandini
    Sekretaris Umum: Dini melyanti
    Bendahara Umum: Desy Anggraini
    Pemimpin Redaksi: Diah Fitriani
    Wakil Pemimpin Redaksi: Salma Fitriyani
    Redaktur Pelaksana: Vitria
    Reporter: Tina Indri Astuti, Devi Kurnia Khikmawati, Nurul Aisyah, Oldri
    Editor: Fransisca Nanda, Alda Dwi Nanda, Arini, Melisa
    Fotografer: Asti Mrihatini, Putri Malaysi Rahmawati, Dika Ukhti, Fatahillah
    Layouter: Nabila, Nadia, Gema, Aditya, Anthori
    Periklanan : Fransiska Alisia, Astry, Inneke, Khafidah


    BalasHapus
  14. LANJUTAN

    Kedua

    A. Rubrik yang ada di majalah umum wanita Kartini adalah rubrik aktual/eksklusif, profil, kisah sejati, mode, gaya hidup, kecantikan, fiksi, konsulasi dan informasi, yang tentunya berkaitan pada dunia wanita.

    B. Menurut saya rubrik yang menarik dari majalah kartini tersebut adalah rubrik gaya hidup, karena rubrik tersebut berisi hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, baik dari cara berpakaian, kebiasaan, dan lain-lain. Gaya hidup termasuk bagian dari kebutuhan manusia, jadi setiap manusia pasti mengupayakan untuk memiliki pola hidup yang baik.

    C. Apabila saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut, maka saya akan memaparkan hal-hal yang penting untuk diketahui, tentunya yang berkenaan tentang pola hidup secara luas. Di dalam rubrik tersebut, saya akan memberikan informasi pola hidup yang baik dan benar. Cara memiliki kebiasaan hidup yang baik akan saya jelaskan secara rinci, sebab kebiasaan yang baik berarti menandakan bahwa seseorang telah melakukan pola hidup yang baik. Selain itu, tentu saya akan menekankan bahwa pola hidup merupakan bagian dari kehidupan, jadi tidak boleh disepelekan.

    D. Rubrik yang ada di majalah sekolah Eksis (Ekspresi Siwa) adalah liputan utama, wawancara, opini guru, opini siswa, cerpen, puisi, karya ilmiah, jalan-jalan, kuis matematika, minat, tips, berita, suara siswa, siswa berprestasi, dan kuis english.

    Menurut saya, rubrik yang menarik dari majalah sekolah Eksis tersebut adalah rubrik cerpen, karena dengan adanya rubrik tersebut siswa mendapatkan wadah untuk mengembangkan keterampilan menulis. Selain itu, dengan menulis siswa dapat menuangkan gagasannya menjadi sebuah karya.

    Apabila saya diserahi menulis untuk isi rubrik cerpen, saya akan menuangkan gagasan saya menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati oleh semua orang dan tentu dapat menghibur pembaca majalah tersebut.

    BalasHapus
  15. Nama : Alda Dwi Nanda
    NIM : A310170200
    Kelas : D

    PERTAMA

    Majalah Wanita
    WANITA INDONESIA

    PENERBIT: PT Citra Media Persada

    DEWAN PEMBINA
    Ibu Hj. Siti Hardiyanti Rukmana
    Muhammad Ali Reza
    Danty Rukmana
    DEWAN EKSEKUTIF
    KOMISARIS UTAMA: Leo Pramuka
    KOMISARIS: Donna Sita Indria
    DIREKTUR UTAMA: Anis Wuryaningsih
    DIREKTUR: Anindita Shintawardani I. N
    DIREKTUR: Zulkarnain Sani

    PEMIMPIN REDAKSI / PENANGGUNG JAWAB
    Anindita Shintawardani I. N

    TABLOID WANITA Indonesia
    REDAKTUR PELAKSANA
    Karin Yunia
    REPORTER SENIOR
    Arimbi Tyastuti
    REPORTER
    Dessy Anugranov
    Eva Aulia Rahmawati
    ARTISTIK
    KOORDINATOR : Arif Dahlan AM
    Taufik Fahrudin, Wina A. Ramdini
    FOTOGRAFI
    FOTOGRAFER : Zulham

    WANITA INDONESIA DIGITAL
    MEDIA SOSIAL
    Debby Rahmanti
    IT
    Ahmad Zakaria

    IKLAN & PROMOSI
    MARKETING MANAGER: Jessica Indra
    EVENT & PROMOSI: Frist Febriyanti
    SALES GROUP HEAD : Ratih Siskarini
    ACCOUNT EXECUTIVE: Rona Juwita
    SEKRETARIS IKLAN&PROMOSI: Rizka Agustina

    SDM
    Syahri

    FINANCE
    Sarwo Sadarum

    PEMASARAN
    Agung Suseno


    Majalah Sekolah

    SMK BISA-HEBAT
    Siap Kerja-Santun-Mandiri-Kreatif

    Pembina
    Hamid Muhammad, Ph.D
    Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah

    Pengarah
    Drs. M. Mustagfirin Amin, MBA
    Direktur Pembinaan SMK
    Dr. Thamrin Kasman, M.Si
    Sesditjen Dikdasmen

    Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab
    Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak
    Dewan Redaksi Dr. Ir. M. Bakrun, MM
    Muhammad Soleh, S.P
    Ir. Nur Widyani, MM
    Ir. Sri Puji Lestari, MM
    Chrismi Widjajanti, SE, MBA
    Arfah Laidiah Razik, SH, MA

    Staf Redaksi
    Dimas Raditya Trilaksona, S.T
    Medhi Alkibzi, S.IP
    Hendra Syahrial
    Tri Haryani, S.Pd
    Yana, S.Pd
    Lina Lisnawati
    Rahayu Nengsih, SE
    Pipin Dwi Nugraheni, SE
    Lilis Triana Lestari, S.T

    Desain dan Tata Letak
    Muhammad Herdyka, S.T
    Eka Yuli Arisant, S.ST
    Yuli Sefawan, SAB

    Penerbit
    Direktorat Pembinaan SMK
    Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud

    Alamat Redaksi & Tata Usaha
    Komplek Kementerian Pendidikan dan
    Kebudayaan, Gedung E, Lantai 13
    JI. Jend Sudirman, Senayan,
    Jakarta 10270
    021-5725477 (hun ting)
    e-mail: program.psmk @kemdikbud.go.jd

    BalasHapus
  16. LANJUTAN

    KEDUA

    A. Rubrik Majalah Wanita Indonesia
    - Cerita Cover
    - Man of the week
    - Women Movement
    - Profil
    - Komunitas
    - Kisah
    - Ask the expert
    - Catwalk
    - Beauty news
    - Sehat

    B. Bagi saya rubrik yang paling menarik adalah Kisah.
    Dari kisah yang diceritakan didalam majalah tersebut sangatlah menarik dan menginspirasi seseorang. Dengan adanya kisah seseorang didalam majalah itu membuat banyak minat pembaca yang ingin tahu tentang cerita cerita selanjutnya.

    C. Apabila saya diberikan tugas untuk menulis rubrik tersebut, maka saya akan memaparkan hal hal yang sangat menarik dan juga penting. Seperti Kisah inspiratif seseorang yang dapat membangun semangat dan mengikuti jejak keberhasilan dari kisah inspiratif yang dibuat. Agar banyak hal positif yang dapat dilihat dari majalah tersebut.

    D. Rubrik yang terdapat di dalam majalah sekolah

    - Salam redaksi
    - Tajuk
    - Isi
    - Sekolah
    - Feature
    - Siswa berprestasi
    - Karya Anak
    - Berita
    - Suara siswa
    - Dan kuis


    Menurut saya rubrik yang menarik dari majalah sekolah tersebut adalah rubrik kuis karena rubrik kuis dapat memicu semangat anak dalam menjawab dan kepuasan tersendiri. Dan kemampuan anak dapat terus berkembang.


    Apabila saya diberikan tugas untuk mengisi rubrik tersebut maka saya memilih rubrik kuis. Membuat kuis semenarik mungkin dan lebih berkualitas.
    Agar diminatin banyak anak.

    BalasHapus
  17. Nama: Dini Melyanti
    NIM: A310170204
    Kelas: 7D

    PERTAMA
    A. Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Susunan redaksi Majalah Femina
    Pengasuh: Femina
    Tahun Penerbitan: April 2008
    Pemimpin Umum: Widarti Gunawan
    Pemimpin Redaksi: Petty S. Fatimah
    Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih
    Redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana
    Penerbit: PT Gaya Favorit Press
    Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana
    Editor at Large: Dewi Dewa
    Alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.32—33, Jakarta 12910
    SIUPP Nomor: 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    Pencetak: PT Grafika Multi Warna
    Harga: Rp15.000,00
    Tebal: 130 halaman

    B. Susunan redaksi dalam Majalah Sekolah
    Majalah Delta Edisi 001/2012
    SMP Negeri 8 Cimahi
    Penasihat: Kepala Disdikpora Kota Cimahi, Ketua Komite SMP Negeri 8 Cimahi
    Penanggung jawab: Drs. Ena Laksana, M. M, Drs. Kusuma
    Pembina: M. M. Sri Rahayu S. Pd, Hj. Titik Susiloningsih, S. Pd, Tri Wibowo, S. Pd, Vega Zamaludin, S. Pd
    Editor: Dra. Wiwit Andayani, Wina Puji Lestari, S. Pd
    Redaksi: Adisti Kirana N. H, hana Rizki Fauziah, Gladys Faryani B, Nadya, Dewi, Kisti Nurfitri
    Design & Photograpy: Tri, Vega, Asus
    Layout: M Axim Us
    Penerbit: SMP negeri 8 Cimahi
    Alamat: Jl. Kihapit Barat No. 320 Cimahi

    C. Susunan Draf Majalah Papirus Kelas VII D
    Pelindung: Dr. Yacub Nasucha, M. Hum
    Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum
    Pemimpin Umum: Tina Indri Astuti
    Wakil pemimpin Umum: Siti Aulia Umami
    Pemimpin Redaksi: Danu Denri Susilo
    Sekretaris: Dini Melyanti
    Bendahara: Desy Anggraini
    Editor Bahasa: Melisa, Khafidah, Arini, Devi, Siska, Ani
    Editor Sastra: Alda, Putri, Ratna, Vitria, Mia, Vitria
    Editor Gambar: Gema, Aditya, Anthori, Ema, Oldri, Salma
    Reporter: Dika, Fatah,Ludiya
    Periklanan: Harun, Nadia, Hanif
    Setting & Layout: Aisyah, Nabila, Neneng
    Distributor: Diah, Amy, Savina, Murni

    BalasHapus
  18. LANJUTAN
    KEDUA
    A. Rubrik yang ada pada majalah umum wanita Femina
    Mode, kecantikan, dapur, kebun, artikel kewanitaan, lembar khusus anak-anak, surat pembaca, antara kita, dokter, madame komentar, dari hati ke hati, tip, komik, pola, rumah, kisah sejati, quiz, teka teki silang, resensi buku, resensi film, cerita pendek, dan cerita bersambung

    B. Rubrik yang Menarik
    Menurut saya rubrik yang menarik adalah cerita pendek. Mengapa menarik? Karena saya suka membaca cerita-cerita pendek dan juga suka menulis cerita pendek.
    Jika saya diberi kesempatan untuk menulis dalam rubrik cerita pendek saya akan senang sekali. Karena selain saya dapat menyalurkan ide-ide saya, saya juga dapat berlatih bagaimana cara menulis cerita pendek yang baik, benar dan juga menarik untuk dibaca.

    C. Rubrik Majalah Sekolah
    Majalah Delta Edisi 001/2012
    SMP Negeri 8 Cimahi

    Isi rubrik majalah delta yaitu sekkapur sirih, profil sekolah, ekstrakulikuler, kegiatan, sekolah budaya lingkungan, pendidikan lingkungan hidup, IPTEK, profil guru dan siswa, bakti sosial, karnaval 3R, Pentas seni, remaja, cerpen, tarucing cakra, dan profil kelas.
    Menurut saya rubrik yang paling menarik dalam majalah Delta edisi 001/2012 yaitu mengenai cerpen atau cerita pendek, karena saya suka membaca cerpen. Jika saya diberi kesempatan untuk menulis di rubrik tersebut saya akan berusaha menyajikan tulisan terbaik saya seputar cerpen-cer pen menarik.

    BalasHapus
  19. Nama: DEVI KURNIA KHIKMAWATI
    NIM: A310170191
    Kelas: 7D

    PERTAMA
    A. Perbaikan susunan redaksi majalah umum.
    (1) Nama Majalah: ar-risalah
    Nama Lembaga: ar-risalah
    Nomor ijin penerbitan: 1978-4228 Edisi 228 Vol. XXI/No. 02
    Slogan: Menata hati menyentuh nurani
    (2) Redaksi
    Pimpinan Umum: M. Dedi Putra Utama
    Redaktur Ahli: Abu Umar Abdillah
    Pemimpin Redaksi: Muhtadawan Bahri
    Redaktur Pelaksana: Nurdin
    Sekertaris Redaksi: Irul
    Kontributor: Dr. Ahmad Zain, Abu Abdillah Lc, Aviv, Burhan Shadiq, Isa Anshari, Taufiq Anwar, Ashabul Yamin, Asadullah, Najmah.
    Keuangan: Aninditya
    Cover: Ar-Risalah Crew
    Setting & Layout: Ajun
    Litbang: Jaka
    Pengembangan: Agus Sigit
    Sirkulasi: Bowo
    Public Relation: Umar A
    Web Master: Imam
    Iklan & Produksi: Umar A
    Alamat Redaksi: Jl. DR. Muh. Hatta Kp. Madegondo RT.05 RW.04 Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Telp: (0271) 624421.

    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    (1) Nama Majalah: JAROE TADA (Jurnalistik Aneuk Anggroe Banta Muda)
    Nama Lembaga: SMA Negeri 2 Banda Aceh
    Nomor ijin penerbitan:
    Slogan: Cerdas & Menginspirasi
    (2) Redaksi
    Penasehat : Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd (Kepala SMA Unggul Negeri 2 Banda Aceh)
    Pembina : Syarfati, S.Pd
    Pemimpin Redaksi : Lola Tria Miranda
    Sekretaris Redaksi : Eva Susanti
    Redaktur Pelaksana : Ira Fazira Fotografer : Sri Fathinanisa Iskandar, Kharisma Melani, Ikhwanul Muslem
    Sirkulasi / logistik : Ongga Gilang Ramadhan, T. M. Afdhal
    Reporter Liputan : Cut Handayani, Sabila Riska, Putri Pinsa Yoana Keumala, Sara Rahma Tika

    C. Susunan Majalah Papirus Kelas VII D
    (1) Nama: MANSA (Majalah Nuansa Mahasiswa)
    Nama Lembaga: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    (2) Redaksi
    PELINDUNG: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    PEMBINA: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    PIMPINAN UMUM: Siti Aulia Umami
    SEKRETARIS UMUM: Dini Melyanti
    BENDAHARA UMUM: Desy Anggraeni
    PIMPINAN REDAKSI: Tina Indri Astuti
    REDAKTUR PELAKSANA: Vitria
    REPORTER: Melisa Sheila, Fransisca Nanda, Devi Kurnia Khikmawati
    EDITOR: Ema Priyandini, Swara Gema, Arini, Oldri Permata
    FOTOGRAFER: Alda Dwi Nanda, Putri Malaysi, Asti Mrihatini
    LAY OUTER: Inneke Dyah, Ratna Wulansari, Aisyah Rahmawati
    ILLUSTRATOR:
    Neneng Wicayanti, Khafidah Anggraini, Siti Nur Arifah
    DISTRIBUTOR: Nabila, Amy Rahmawati, Fransiska Alisia, Murni Cahyati
    PERIKLANAN: Hanif Pradana, Uswatun Khasanah, Ludya Yayang, Nurul Aisah

    BalasHapus
  20. KEDUA
    A. Rubrik Majalah ar-risalah yaitu: Muthala'ah, Dzatu Ibrah, Asmaul Husna, Ahdats Nijayah, Makalah, Adab Nabawiyah, Fiqrah, Fiqh Nazilah, Khutbah, Fiqrah Dakwiyah, Himmah Aliyah, Tips, Kalam Qalbi, Hadharah, Tajribah, Ahwal Nisaiyah, Shifat Insaniyah, Hiwar Ukhrawi, Kitabah, Fursah Nafisah, Akidah, dan Muhasabah

    B. Rubrik yang paling menarik menurut saya adalah Kitabah. Karena rubrik tersebut berisi tentang ungkapan tertulis seorang penulis. Dengan adanya rubrik tersebut pembaca mampu menulis dan memahami beragam wacana tulisan, dan mampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai ragam tulisan.
    C. Jika saya diberi kesempatan menulis pada rubrik tersebut, saya akan menuangkan ide gagasan ke dalam tulisan yang dapat memotivasi siswa untuk menulis dan memahami kaidah dalam penulisan.
    D. Rubrik Majalah JAROE TADA
    Rubrik majalah Jaroe Tada adalah liputan utama, wawancara, opini guru, opini siswa, kegiatan sekolah, cerita pendek, resensi, puisi, dan serba-serbi
    Rubrik yang menarik bagi saya adalah puisi, karena dengan adanya rubrik tersebut siswa dapat melestarikan budaya menulis dan membaca puisi sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi. Selain itu, dengan adanya rubrik tersebut, siswa dapat menuangkan ide gagasannya dalam menulis puisi.

    Apabila saya diserahi untuk menulis isi rubrik puisi, saya akan lebih giat lagi mencari ide gagasan baru dan menuangkan beberapa hasil karya yang sudah saya buat sebelumnya sehingga dapat dinikmati oleh semua orang yang membaca majalah tersebut.

    BalasHapus
  21. Nama : Harun Arizal
    Nim : A310170187
    Kelas : 7D

    Pengasuh femina, April 2008, adalah Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah, Editor at Large: Dewi Dewa, Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti, Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih, redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti,

    Pemimpin Umum: Widarti Gunawan, Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana,

    penerbit: PT Gaya Favorit Press, Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana, Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana, alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.32—33, Jakarta 12910, SIUPP Nomor:033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986, pencetak: PT Grafika Multi Warna, dengan harga Rp15.000,00, tebal 130 halaman. Majalah ini mula-mula terbit sebulan sekali, tetapi kemudian menjadi dwimingguan, dan mingguan. Sejak semula femina berusaha menarik minat pembaca wanita kalangan atas dan berpendidikan cukup tinggi, yang sebagian biasa membaca majalah wanita berbahasa asing. Untuk menunjang penampilan tulisan mengenai masakan dan mode, diadakan dapur uji makanan, studio foto, dan kamar jahit sendiri. Ketika baru berdiri, majalah ini berkantor di sebuah garasi, tetapi sepuluh tahun kemudian femina telah memiliki gedung kantor bertingkat empat. Perusahaan penerbitan yang dipimpin Sofjan Alisjahbana ini kemudian mengembangkan usahanya dengan menerbitkan majalah Gadis untuk kaum perempuan remaja dan majalah Ayahbunda sebagai bacaan keluarga. Kelompok itu pernah pula menerbitkan majalah humor Astaga, majalah wanita karier Dewi, dan majalah berita bergambar X-tra, tetapi ketiganya berhenti terbit karena dianggap tidak menguntungkan. Usaha lainnya ialah menerbitkan buku-buku di samping mengelola kegiatan sosial melalui Yayasan Sekar Mlati.

    Yayasan tersebut menyalurkan dana yang terkumpul dari pembaca femina untuk menolong anak-anak di bawah usia 13 tahun dari keluarga tidak mampu yang menderita sakit. Kelompok penerbitan itu memiliki percetakan offset sendiri, yang sudah ada sebelum femina lahir, dan perusahaan pemisahan warna (color separation). Pada bulan Agustus, September, dan Oktober 1985, Survey Research Indonesia (SRI), suatu lembaga penelitian independen, melakukan survai media massa di 10 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bandar Lampung, Medan, Ujung Pandang, Manado, Balikpapan, dan Ambon. Survei dilakukan terhadap 7.500 responden dewasa (berusia 15 tahun ke atas). Pembaca femina menurut hasil survei tersebut berjumlah 721.000 orang, sedangkan majalah yang sejenis namun terbit sebagai dwimingguan, Kartini berjumlah 1.152.000 orang, dan Sarinah sebanyak 692.000 orang. Survei ini dilakukan dengan system weighting, yakni dengan mengalikan angka-angka yang diperoleh dari survei sehingga sesuai dengan jumlah populasi di kota yang disurvai. Selain itu, satu majalah diperhitungkan dibaca oleh empat orang. Dengan demikian, angka-angka hasil . Alamat Tata Usaha/Distribusi: Jalan Rawagelam I/4, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta 13930, Telepon (021) 4604444, Fax. (021) 4609115. SIUPP Nomor 346/Ditjen PPG/K/1993. Pencetak: PT Dian Rakyat, Jakarta. Penerbit: PT Gaya Favorit Press, Jakarta. Pembaca sasaran femina pada umumnya kaum wanita, mulai dari wanita karier hingga para ibu rumah tangga. Dengan demikian, sifat majalah ini populer dengan menggunakan bahasa Indonesia. Moto majalah ini adalah "Gaya Hidup Masa Kini", menggantikan moto sebelumnya "Bagian dari Gaya Hidup Anda". Setiap terbit majalah ini menyajikan rubrik mode, kecantikan, dapur, kebun dan artikel kewanitaan lengkap dengan lembaran khusus untuk anak-anak. Rubrik-rubrik lain yang hampir selalu pasti hadir dalam tiap terbitannya, antara lain, adalah rubrik utama "Surat Pembaca", "Antara Kita",

    BalasHapus
  22. Nama: Nurul Aisah
    NIM : A310170163
    Kelas : 7D

    PERTAMA
    Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Susunan Redaksi Majalah Umum
    Nama Majalah : Femina
    Nama Lembaga : PT. Gaya favorit Pres
    Nomor ijin penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    Slogan/Topik Majalah : Gaya Hidup Masa Kini

    Redaksi dan Anggotanya
    Pemimpin Redaksi : Pretty S. Fatimah
    Editor at Large : Dewi Dewa
    Redaktur Pelaksana : Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    Redaktur Madya : Angella H. Wahyuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih.
    Redaktur : Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken wastu Mahesti
    Pemimpin Umum :Widarti Gunawan
    Pemimpin Perusahaan : Svida Alisjahbana
    Pembina : Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    Direksi : Mitra Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana, Pia Alisjahbana.

    Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Nama Majalah : Buletin Iklas
    Nama Lembaga Penerbit : Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya
    Nomor Ijin penerbitan : 09/X.II/XI/30.09
    Slogan Majalah : Teriakan Yang Mematikan

    Redaksi dan Anggotanya
    Penanggung Jawab : H. Syamhudi
    Penasehat : Drs. Najib Sulhan, M.A
    Pimpinan Redaksi : Aryo Kurniawan
    Kontributor Unit : Bu Fitri dan Bu Iffa
    Reporter : Warcil Bina Prestasi SD dan SMP
    Seting & Layout : Aryo Kurniaawn
    Konsultan : Dwi Hastuti, S. Pd


    Susunan Majalah Papirus
    Pelindung : Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    Pembina : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pimpinan Umum : Danu Denri
    Sekretaris : Savina Rachmah
    Bendahara : Uswatun Khasnah
    Pimpinan Redaksi : Aditiya Dwi
    Redaktur Pelaksana : Oldri Permata
    Reporter : Salma Fitriyani, Ludiya Yayang, Putri Malaysi, Aisyah Rahmawati.
    Editor : Fransisca Nanda Arintowati, Vitria Indriyani.
    Fotografer : Muhammad Anthori, Nabila Jayshi
    Kontributor : Ratna Wulan sari, Atriana Devi, Tina Indri Astuti
    Promosi : Fransisca Alisia, Arini Wihdatul, Aulia Umam.
    Distributor : Asti, Inneke dyah, Astry Yulia.

    BalasHapus
    Balasan

    1. (LANJUTAN)
      KEDUA
      1. Rubik Pengisi Majalah Femina:
      Iklan
      Kecantikan
      Fashion
      Mode

      2. Menurut saya rubik yang paling menarik adalah fashion. Karena saya suka fashion seperti wanita zaman sekarang yang menyukai fashion kemudian untuk foto OOTD.

      3.Apa bila saya diberi tugas untuk mengisi rubik tersebut saya akan mengisinya dengan fashion-fashion wanita terkini terutama hijabers sebagai referensi OOTD bagi pembaca.

      5.Rubik Pengisi Majalah Sekolah Buletin Iklas Al-Azhar
      Sekilas info Al-Azhar
      Profil dan Prestasi
      Kisah teladan para Nabi
      Kumpulan Puisi
      Humor

      6. Menurut saya rubik yang paling menarik adalah Profil dan Prestasi. Dalam rubik ini pembaca akan mengetahui profil sekolah secara ringkas dan juga prestasi apa saja yang sudah diraih oleh peserta didik.

      7. Apabila saya diberi tugas untuk mengisi rubik tersebut saya akan menulis mengenai profil sekolah secara jelas dan menarik supaya pembaca tertarik selain itu juga saya akan menulis prestasi-prestasi yang sudah diraih semua siswa terutama prestasi yang terbaru atau prestasi yang didapat pada 3tahun terakhir berturut-turut

      Hapus
  23. Nama: Swara Gema Ramadhan
    NIM: A310170192
    Kelas: 7D
    PERTAMA
    Susunan Redaksi Majalah Wanita “Kartini”
    Nama Lembaga Penerbit: PT Kartini Cahaya Lestari
    Izin Penerbitan: 1693-55659
    Slogan Penerbit: “Kartini Portal Berita Wanita”
    Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Bram Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum I: Eric Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum II: Hatawano
    Wakil Pemimpin Redaksi: Endang Werdiningsih
    Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: B ram Tuapattinaya dan Endang Werdiningsih
    Dewan Redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Tuapattinaya, Endang Werdiningsih, Melly Trirahi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, dan Dewi Yamina
    Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    Redaksi lif Style: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M. O.
    Redaksi Masakan: Ai Turwina
    Redaksi Foto: kosim Sanusi
    Redaksi Artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    Staf Khusus
    Koresponded/Kontributor
    Sekretaris Redaksi: intan Mahalia
    Pemimpin Perusahaan: Eric Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Perusahaan: Hendro Atmojo
    Iklan/Promosi: Kurniawati, Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    Alamat Redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    Klub Kartini: Endang Wediningsih, Fauziah
    Percetakan



    Struktur Team Redaksi Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton

    Pelindung: Drs. USTMAN KAHARUDDIN
    Penanggung Jawab: FAUZI, S.Ag
    Pembina: BABUN, S.Pd
    Pemimpin Redaksi: ALVIN
    Sekretaris: RIYAN, DEWI NUR AULIYA, SINTA
    Staf, Redaktur dan Editor: RAFI, RYOGA, AUDY, SOFIA, CANDRA DWI KURNIAWAN, LILIS WULANDARI
    Reporter: SONYA RIZQIYAH, UMMI ADIBAH, KHOFIDAH DWI SHOLEHAH, POPO, PUTRI RAHMATUL M. ARYA DWI SAPUTRA
    Lay-Outer, Desain Grafis dan Artistik: SANTI, YANA, DESI, ANDREW FAHLEVI A., FAQIH MUSTAFA, MIFTAH
    Marketing: SEMUA KETUA KELAS

    Struktur Team Redaksi Majalah Papirus

    Pelindung: Dr. Yacub Nasucha, M. Hum
    Penanggung Jawab: Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.
    Pemimpin Umum: Muhammad Anthori
    Wakil Pemimpin Umum: Vitria
    Pemimpin Redaksi: Tina Indri
    Wakil Pemimpin Redaksi: Devi Kurnia
    Sekretaris: Arini
    Bendahara: Desy Anggraini
    Redaktur Pelaksana: Inneke, Siti Aulia, Oldri
    Reporter: Nurul Aisah, Fransisca Nanda, Dini Melyanti
    Lay-Outer, Desain Grafis dan Artistik: Swara Gema, Danu Denri, Aditya Dwi, Salma Fitriyani
    Marketing: Salma Fitriani, Dini Melyanyi, Astry Yulia

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEDUA

      A. Rubrik dari Majalah Kartini
      Rubrik actual/ekslusif
      Profil
      Kisah sejati
      Mode
      Gaya hidup
      Kecanntikan
      Fiksi
      Konsultasi dan informasi
      Menurt saya rubric yang menarik padaa majalah Kartini adalah rubrik mode, karena lewat rubric tersebut pembaca dapat melihat inspirasi atau gaya busana yang sedang marak digunakan saat ini. Fashion atau busana menglami perkembangan yang pesat, setiap hari muncul gaya berbusana yang berbeda dan update. Oleh karena itu rubrik mode adalah rubric yang menarik untuk diikuti.
      Apabila saya ditugaskan untuk menulis pada rubric ini saya akan selalu memeperbarui tentang gaya berpakaian yang sedang menjadi trend saat ini, dan menyertakan kolom konsultasi agar dapat berkonsultasi bagaimana baiknya berbusana menyesuaikan karakter sesorang dan dapat menjadikan pengetahuan baru untuk pembaca yang lain.

      B. Rubrik Majalah Sekolah SMK N 1 Kawungaten
      Berita
      Pendidikan
      Wisata
      Foto
      Menurut saya, rubric yang menarik pada majalah ini adalah rubrik pendidikan. Karena majalah ini terbit dan didistribusikan di area sekolah, maka tentunya yang menajdi sorotan uatama pada majaah ini adalah hal-hal berbau pendidikan yang tentuya harus selalu diperbarui setia terbitan barunya rilis.
      Apabila saya ditugaskan untuk menuli dirubrik pendidikan, saya akan banyak menulis tentang update terbarau dunia pendidikan. Tidak hanya itu melainkan diisi tentang informasi pekerjaan atau informasi masuk perguruan tiggi dimana diharapkan nanti dapat berguna juga setelah para siswa lulus dari sekolah.

      Hapus
  24. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)
    WA;+855969190856

    BalasHapus
  25. Nama: Aisyah Rahmawati
    NIM : A310170183
    Kelas : 7D

    PERTAMA

    A. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Wanita

    (1) Susunan Redaksi Majalah Umum

    Nama majalah : Femina
    Nama lembaga penerbit : PT. Gaya Favorit Press
    Nomor izin penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    Slogan majalah : Gaya hidup masa kini

    (2) Susunan Redaksi dan Anggotanya

    Pemimpin Perusahaan : Svida Alisjahbana
    Pemimpin Redaksi : Petty S.Fatimah
    Pemimpin Umum : Widarti Gunawan
    Pembina : Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    Editor at Large : Dewi Dewa
    Redaktur Pelaksanaan : Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    Redaktur Madya : Angela H. Wahyuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih
    Redaktur : Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    Direksi : Mitra Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana, Pia Alisjahbana.

    B. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah sekolah

    (1) Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    Nama Majalah : Smart9
    Nama Lembaga Penerbit : SMK Negeri 1 Mojosongo Boyolali
    Edisi : Edisi kedua, 11 Maret 2013
    Slogan : Langkah ingin maju dapat diraih, untuk mendapatkan tujuan yang lebih baik.

    (2) Susunan Redaksi dan Anggotanya

    Pemimpin Redaksi : Sunarso S.P
    Penanggung Jawab : Drs. Jasmanto
    Staff Redaksi : Tyas Rahmani A S.Pd
    Desain Layout : Andrianto A.Md
    Ilustrator : Drs.Agus Suyono
    Kontributor : Ikanawati Atmajawiyani S.Hum
    Wartawan Siswa : Anita Pratiwi, Siti Muharsih, Indri Lestari, Astantika Afri, Trias Prihatiningsih, Yudha Tristiyanto, Nur Cahya.

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan mengacu pada susunan redaksi majalah yang sudah diamati dan memperhatikan potensi teman di kelas (7D)

    Penanggung Jawab : Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    Pembina : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pimpinan Umum : Harun Arizal
    Sekertaris : Dika Ukhti Rahmawati
    Bendahara : Nurul Aisah
    Pimpinan Redaksi : Fatahillah Ichwanudin
    Redaktur Pelaksana : Danu Denri Susilo
    Reporter : Fransisca Nanda, Tina Indri, Inneke Dyah, Ludiya Yayang
    Editor : Swara Gema, Anthori, Aditya Dwi
    Fotografer : Atriana Devi, Alda Dwi Nanda, Ratna Wulansari
    Kontributor : Desy Anggreini, Dini, Fransisca Alisia
    Promosi : Arini Wihdatul, Aulia Umami, Asti
    Distributor : Astri Yulia, Murni, Nabila

    KEDUA

    (1) Rubrik pengisi majalah femina : Iklan, info, ajakan, polling, cerita pendek, rekomendasi, fashion, kecantikan.

    (2) Menurut saya rubrik yang paling menarik yaitu kecantikan, karena kecantikan merupakan sesuatu yang menyenangkan secara estetika.

    (3) Apabila saya diberikan tugas untuk mengisi rubrik tersebut saya akan mengisinya dengan kecantikan terutama dalam kepribadian, sikap, dan hati bukan hanya wajah saja.

    (4) Rubik pengisi majalah sekolah smart9 yaitu : salam redaksi, profil sekolah, religi, solusi dan lowongan pekerjaan, tips dan trik, kecantikan, kesiswaan, cerpen.

    (5) Menurut saya rubrik yang paling menarik yaitu tips dan trik. Dalam rubrik majalah sekolah smart9 pembaca akan mendapatkan cara mengatasi nervous atau gugup saat sedang berbicara didepan umum, tips dan trik ini sangat bermanfaat bagi pembaca.

    (6) Apabila saya diberi tugas untuk mengisi rubrik tersebut saya akan menuliskan tips dan trik yang dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya untuk pelajar.




    BalasHapus
  26. Nama: Fransisca Nanda Arintowati
    NIM: A310170171

    Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Wanita

    Susunan Redaksi Majalah Umum
    Nama Majalah : Femina
    Nama Lembaga : PT. Gaya favorit Press
    Nomor ijin penerbitan : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    Slogan atau Topik Majalah : Gaya Hidup Masa Kini

    Susunan Anggota Redaksi

    Pemimpin Redaksi : Pretty S. Fatimah
    Editor at Large : Dewi Dewa
    Redaktur Pelaksana : Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    Redaktur Madya : Angella H. Wahyuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih.
    Redaktur : Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken wastu Mahesti
    Pemimpin Umum :Widarti Gunawan
    Pemimpin Perusahaan : Svida Alisjahbana
    Pembina : Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    Direksi : Mitra Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana, Pia Alisjahbana.
    Alamat Redaksi : Jalab HR Rasuma Said, Blok B Kov. 32-33, Jakarta 12910, SIUPP

    Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Nama Majalah : Buletin Iklas
    Nama Lembaga Penerbit : Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya
    Nomor Ijin penerbitan : 09/X.II/XI/30.09
    Slogan Majalah : Teriakan Yang Mematikan

    Susunan Anggota Redaksi

    Penanggung Jawab : H. Syamhudi
    Penasehat : Drs. Najib Sulhan, M.A
    Pimpinan Redaksi : Aryo Kurniawan
    Kontributor Unit : Bu Fitri dan Bu Iffa
    Reporter : Warcil Bina Prestasi SD dan SMP
    Seting & Layout : Aryo Kurniaawn
    Konsultan : Dwi Hastuti, S. Pd


    Susunan Majalah Papirus

    Pelindung : Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    Pembina : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pimpinan Umum : Danu Denri
    Sekretaris : Savina Rachmah
    Bendahara : Uswatun Khasnah
    Pimpinan Redaksi : Aditiya Dwi
    Redaktur Pelaksana : Oldri Permata
    Reporter : Salma Fitriyani, Ludiya Yayang, Putri Malaysi, Aisyah Rahmawati.
    Editor : Fransisca Nanda Arintowati, Vitria Indriyani.
    Fotografer : Muhammad Anthori, Nabila Jayshi
    Kontributor : Ratna Wulan sari, Atriana Devi, Tina Indri Astuti
    Promosi : Fransisca Alisia, Arini Wihdatul, Aulia Umam.
    Distributor : Asti, Inneke dyah, Astry Yulia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutan Kedua

      1. Rubik Pengisi Majalah Femina:
      Iklan
      Kecantikan
      Fashion
      Mode

      2. Menurut saya rubik yang paling menarik adalah kecantikan. Karena di era sekarang ini kecantikan itu penting.

      3.Apa bila saya diberi tugas untuk mengisi rubik tersebut saya akan mengisinya dengan membagikan cara untuk mempercantik kulit wajah juga hati, baik dengan perawatan dengan produk herbal alami seperti masker organik juga doa-doa dalam ajaran islam.

      5.Rubik pengisi majalah sekolah smart9 yaitu : salam redaksi, profil sekolah, religi, solusi dan lowongan pekerjaan, tips dan trik, kecantikan, kesiswaan, cerpen.

      5. Menurut saya rubrik yang paling menarik yaitu solusi. Solusi untuk menangani masalah kurangnya percaya diri yang dimiliki pembaca dan tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan percaya diri seseorang.

      6. Apabila saya diberi tugas untuk mengisi rubrik tersebut saya akan menuliskan solusi-solusi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya untuk pelajar ketika menghadapi publik speaking.

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Nama : Khafidah Anggraeni
    Nim : A310170203
    Kelas : 7D

    Pertama
    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum. 
    (1) Susunan redaksi majalah umum.
    Nama majalah: Kartini 
    Nama lembaga yang menerbitkan: PT Kartini Cahaya Lestari
    Nomor ijin penerbitan: Merek Terdaftar No. 536794-536795
    Slogan/topik majalah: Sangat Inspiratif!
    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.
    Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi: Bram Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum I: Eric Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum II: Hatawano
    Wakil Pemimpin Redaksi: Endang Werdiningsih
    Penanggung jawab dan Wakil Penanggung jawab Redaksional: Bram Tuapattinaya- Endang Werdiningsih
    Dewan Redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Tuapattinaya, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, dan Dewi Yamina
    Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, dan Veny Dinuraya
    Redaksi Lifestyle: Wiwit Sebrina Tristi
    Redaksi Masakan: Al Turwina
    Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    Redaksi Artistik: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, dan Riza Adam Buchori
    Staf Khusus: Dr. Naek L. Tobing, dr. Sumaryati Arjoso, S.K.M, Ike Soepomo, dra. Winarini WD Mansoer, PhD, Yudi Suharsono, S.Psi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE. 
    Koresponden/ Kontributor: Rusian Nedi (Nusa Tenggara), Saswati Matakena dan Febby Kaltahu (Maluku), Ita Nasyi’ah (Jawa Timur) 
    Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    Pemimpin Perusahaan: Eric Tuapattinaya
    Iklan/ Promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah, Telp: (021) 727 93001, Fax: (021) 72793118 
    Alamat Redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    Klub Kartini: Endang Werdiningsih dan Fauziah
    Percetakan: PT Indonesia Printer

    B. Perbaikan susunan redaksi majalah sekolah
    (1) Susunan redaksi majalah sekolah
    Nama majalah : Chayomagz
    Nama lembaga penerbit : SMK NEGERI 1 BAWANG
    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Penanggung jawab : Drs. Purwanto
    Penasehat : Farikha, S.pd, Maryanto, S.Kom, Novian Wahyu Setiabudi, S.pd, Hermawan Dewanto, S.pd
    Dewan redaksi : Fauzan A.Mahanani, S.pd, Ferli Aprianingrum, S.pd
    Ketua pimpinan redaksi : Dhiya Salsabila
    Wakil ketua : Belia Princinka
    Redaktur pelaksana : Riska Novining Dias
    Sekretaris : Anita Rahmawati, Davina Terima
    Bendahara : Yunafa Huzaemy, Novia Nanda P
    Tata artistik : Lisna Zaidan Husni, Delta Refa P, Rofikoh, Isti Nafiah, Yulia Rahmawati
    Desain grafis : Susiawan Haryanto
    Junior desain grafis : Samsul Nawami
    Photografer : Multimedia
    Humas : Yoga, Karen
    Editor : Maulida Indah L.A, Navizhatun
    Reporter : Septiana, Oktiana, Dina ayu, Eki Budi L, Amalia Latifah

    C. Susunan Draf Majalah Papirus Kelas VII D
    Pelindung: Dr. Yacub Nasucha, M. Hum
    Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum
    Pemimpin Umum: Danu
    Wakil pemimpin Umum: Tina Indri Astuti
    Pemimpin Redaksi: Siti Aulia Umami
    Sekretaris: Dini Melyanti
    Bendahara: Desy Anggraini
    Editor Bahasa: Diah,Melisa, Khafidah, Devi, Siska, Ani
    Editor Sastra: Putri, Alda, Mia, Ratna, Vitria, Salma, oldri
    Editor Gambar: Gema, Aditya, Anthori, Ema,
    Reporter: Aisyah, Nabila, Dika,
    Periklanan: Fatah, Ludya, Harun, Nadia
    Setting & Layout: Ikke, Asti, Neneng
    Distributor: Amy, Savina, Murni

    BalasHapus
  29. Kedua

    A. Rubrik yang ada di majalah umum wanita Kartini yakni :
    1. Rubrik aktual/eksklusif,
    2. Profil,
    3. Kisah sejati,
    4. Mode,
    5. Gaya hidup,
    6. Kecantikan,
    7. Fiksi,
    8. Konsulasi dan informasi,
    9. Dan segala sesuatu yang berkaitan pada dunia wanita.

    B. Menurut saya rubrik yang menarik dalam majalah kartini adalah rubrik gaya hidup, karena rubrik tersebut berisi tentang segala macam bentuk gaya hidup seorang wanita, dari pakaian dll.
    Gaya hidup juga memperlihatkan pola hidup seseorang.

    C. Apabila saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut, maka saya akan menekankan pada sesuatu yang berkenaan dengan gaya hidup. Di dalam rubrik tersebut saya akan memberikan informasi lebih luas tentang gaya hidup memaparkan hal-hal yang penting untuk diketahui, tentunya yang berkenaan tentang gaya hidup secara luas, agar gaya hidup seseorang menjadi lebih baik. Pola hidup menentukan kulialitas seseorang tersebut.

    D. Rubrik yang ada di majalah sekolah Chayomagz yakni :
    1. Chayo hot issue,
    2. Chayo news,
    3. Chayo religi,
    4. Chayo art ( cerpen, puisi, karya lukisan, cocokology, komik skansa)
    5. Skansa activity,
    6. Chayo opini
    7. Chayo tect
    8. Chayo negara,
    9. Chayo hero
    10. Chayo information.
    11. All about chayo
    12. Ekskul skansa
    13. Chayo intertaiment

    Menurut saya, rubrik yang menarik dari Chayomagz tersebut adalah rubrik chayo art karena menyediakan siswa untuk mengembangkan bakat imajinasi dan keterampilan menulisnya menjadi sebuah karya.

    Apabila saya ditugasi untuk menulis di chayo art saya akan menuangkan gagasan atau imajinasi saya menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati oleh semua orang dan berisi tentang kehidupan yang dapat mengingatkan sesama manusia. 

    BalasHapus
  30. Nama : Savina Rachmah
    NIM : A310170165
    Kelas : 7D

    Pertama

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum.
    1. Susunan redaksi majalah umum.
    Nama majalah : Al-Mar’ah
    Nama penerbit : Mar’ah Sholihah
    Nomor ijin penerbitan : ISSN 1907-7300
    Slogan/topic majalah : Sholihah dan Cerdas
    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.
    Pelindung : Al-Ustadz Drs. Ahmad Sukina
    Penasehat : Rahayu Utami Sari, S.H, Dra. Sapta Hariningsih, Ir. Sri Rahayu
    Pemimpin Umum : Metri Handayani
    Pemimpin Perusahaan : Siti Zulaika
    Pemimpin Redaksi : Fajriyah Kumalasari
    Anggota Redaksi : Puji Lestyowati, Azizah Khusnul Khotimah, Andita Destiana Winahyu
    Editor : Apri Andayani
    Periklanan dan Pemasaran : Koordinator: Eka Asmaraningsih
    Anggota : Fitri Sholihah, Karno, dan Rubiyah
    Layout dan Ilustrrator : Team
    Reporter : Team
    Alamat Redaksi dan Pemasaran : Gemolong Rt. 02 Rw Gemolong, Sragen 57274
    Phone Redaksi : 0271-7046639, 081329069390
    Phone Pemasaran : 08132967315

    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah.
    1. Susunan redaksi majalah sekolah
    Nama majalah : Gema
    Nama lembaga yang yang menerbitkan : SMA MTA Surakarta
    Nomor Izin Penerbitan : ISSN 1908-7800
    Slogan/topik majalah : Lejitkan Kreasi Lewat Aksi Penamu
    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pelindung : Drs. Diastono
    Pembimbing :
    Bahrudin Akhmad, S.Sos.
    Siti Hariyah, S.Pd.
    Penanggung Jawab : Yasma Hidayat
    Pimpinan Redaksi : Ahmad Syamsudin, Anggi Sapitha
    Sekretaris : Muhammad Hafizh, Kurnia Maharani As Sidiq
    Bendahara : Anggit Rosianaldy, Khansa Rafidah
    Dewan Redaksi : Ananda Rizky Putra Buana, Imam Prasetyo, Reza Bagus Alfian, Wening Septiyani
    Reporter : Alfiyan Khairul Ilham, Abdullah ‘Alli Sidiq, Anisa Rokhim, Fidya Nur Utami
    Editor : Imam Wachyu Pratama, Ayu Andika Sari, Andum Pamesti
    Ilustrator : Zaid Sholihul Qodri, Faqih Pandu Wicaksono, Taufiq Qomaruddin, Isnaini Nur K, Qonita Safinatun N.
    Fotografer : Muhabba Alia Fiddin, Galuh Eka S.
    Distributor : Semua Gastra Crew

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan mengacu pada susunan redaksi majalah yang sudah diamati dan memperhatikan potensi teman di kelas 7D
    1. Susunan redaksi majalah Sekolah
    Nama majalah : Cempaka
    Nama lembaga yang menerbitkan : Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)
    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.
    Pelindung : Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    Pembimbing : Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.
    Pimpinan Umum : Desy Anggraini
    Sekretaris : Vitria Indriyani
    Bendahara :Tina Indri Astuti
    Dewan Redaksi : Ludiya Yayang Mirana, Putri Malasyi Rahmawati, Uswatun Khasanah
    Reporter : Amy Rachmawati Sukma, Mia Nur Insani, Fatahillah Ichwanudin
    Editor : Nurul Aisah, Melisa Sheila, Danu Denri Susilo, Savina Rachmah
    Ilustrator : Nabila Jayshi Syah Putri, Emma Priyandini, Swara Gema, Arini Wihdatul Ummah
    Fotografer : Aditya Dwi Prasetyo, Nadia Fauziah Pratiwi, Muhammad Anthori, Fransiska Nanda Arintowati
    Distributor : Fransiska Alisia Putri Y, Aisyah Rahmawati, Astria Yuli Rahmawati, Salma Fitriyani, Ratna Wulansari, Ani Rufiah.

    BalasHapus
  31. Nama: Savina Rachmah
    Nim: A310170165
    Lanjutan

    Kedua

    A. Rubrik yang ada di majalah umum wanita Al-Mar’ah adalah teras, tafakur, bahasan utama, dunia islam, pendidikan, keluarga, konsultasi hukum, mutiara kata, liputan, cerpen, bahasa, komik, karya kita, cerbung, kesehatan, humor, kuis, fiqih wanita, fokus muslimah, surat pembaca, jendela wanita, mode, resep makanan.

    B. Menurut saya rubrik yang menarik dari majalah Al-Mar’ah tersebut adalah dunia islam, karena rubrik tersebut berisi bagaimana wanita modern meneladani wanita surga pada masa kenabian dahulu. Dunia islam termasuk kebutuhan manusia terhadap agama, jadi setiap manusia akan menuangkan ide-ide pembaruan dalam bidang agama.

    C. Apabila saya diberi rubrik tersebut, maka saya akan memberi pencerahan dan informasi yang lebih luas tentang agama, agar pembaca semakin mempunyai semangat kuat dalam mengkaji ilmu Al-Qur’an dan Sunah untuk kemudian diaplikasikan dari setiap langkah kehidupan.

    D. Rubrik yang ada di majalah sekolah Gema adalah bahasan utama, muhasabah, iptek, G-language, renungan, artikel, mutiara hadist, puisi, opini, resensi buku, school zone, quiz, G-health, cerpen, bilik budaya, tips, komik.

    Menurut saya, rubrik yang menarik dari majalah sekolah Gema tersebut adalah rubrik artikel, karena dengan adanya rubrik tersebut siswa mendapatkan motivasi untuk giat belajar. Contohnya, jatuh, lalu bangkit. Dalam artikel tersebut, siswa dapat menuangkan gagasan-gagasannya agar menjadi sebuah karya.

    Apabila saya diserahi menulis untuk isi rubrik artikel, saya akan menuliskan ide atau pemikiran yang bisa membantu orang lain bertambah wawasannya. Tulisan yang dipublikasikan akan dibaca oleh orang banyak sehingga manfaatnya semakin luas.

    BalasHapus
  32. Nama : Putri Malaysi Rahmawati
    NIM : A310170178
    Kelas : 7D

    Majalah Wanita
    WANITA INDONESIA
    PENERBIT: PT Citra Media Persada
    DEWAN PEMBINA
    Ibu Hj. Siti Hardiyanti Rukmana
    M. Ali Reza, M. Yaman,
    M. Djaelani, Dadi Parmadi
    DEWAN EKSEKUTIF
    DIREKTUR UTAMA: Danty I, Purnamasari
    WAKIL DIREKTUR UTAMA : Taufik Sumawinata
    DIREKTUR OPERASIONAL: Donna Sita Indria
    DIREKTUR KEUANGAN&SDM: Fatona Oesman
    GENERAL MANAGER: Anis Wuyaningsih
    Website:www.wanitaIndonesia.co.id
    Facebook Fanpage: wanita Indonesia
    T@tabloidwi Ftabloidwi
    PEMIMPIN REDAKSI
    Donna Sita Indira
    FEATURE
    REDAKSI PELAKSANA : Hanik Purwanto
    REDAKTUR : Kristina Rahayu Lestari
    REPORTER SENIOR: Dei Muchtar
    REPORTER: Arimbi Tyastuti
    MODE&KECANTIKAN
    REDAKTUR PELAKSANA: Karin Yunia
    GAYA HIDUP & BOGA
    REDAKTUR PELAKSANA: Anindita Nasution
    REDAKTUR BOGA: Budi Hartono
    REPORTER SENIOR: Ri zkita Haryani Lubis
    REPORTER: Fauziah Purwanti
    ARTISTIK
    KOORDINATOR: Debby Rahmanti
    ARTISTIK: Wina A. Ramdini
    DIGITAL IMAGING & PRE PRESS
    Taufik Fahrudin
    FOTOGRAFI
    KOORDINATOR: Muchamad Nur Ridho
    FOTOGRAFER: Zulham
    WEBSITE DESAIN
    Ahmad Zakaria
    SEKRETARIS REDAKSI
    Zaskia Salsabila
    IKLAN & PROMOSI
    SALES GROUP HRAD: Wuri Hadiati
    PROMOTION EXECUTIVE: Reylando Eka Putra
    SEKRETARIS IKLAN&PROMOSI: Rizka Agustina
    PEMASARAN
    MANAJER PEMASARAN: Bambang irawan
    STAF PEMASARAN: Syahri, Agung Suseno



    Majalah Sekolah
    SMA MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA
    BELAJAR DARI RUMAH
    Media Komunikasi Membangun dan Memajukan SMA
    Pengarah
    Purwadi Sutanto
    Pemimpin Redaksi
    Winner Jihad Akbar
    Dewan Redaksi
    Dhany Hamidan Khoir,
    Juandanilsyah, Hatuti
    Mustikaingsih, Ekawati
    Redaktur Ahli
    Agus Salim, Augustin
    Wardhani.
    Redaktur Pelaksana
    Jim Bar Pen
    Redaksi
    Nurul Mahfudi, Uce
    Veriyanti, Wiwiet
    Heriyanto, Aam Masroni,
    Erik Herdian Karsana,
    Umi Wahyuningtisih, Joni
    Faisal.
    Desain dan Layout
    Wahyu Akbar
    Sekretariat Redaksi
    Wiwit Widya Henriani
    Direktorat SMA
    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jl. RS Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan.

    BalasHapus
  33. Nama : Putri Malaysi Rahmawati
    NIM : A310170178
    Kelas : 7D

    LANJUTAN

    A. Rubik Pengisi Majalah Wanita Indonesia
    - Iklan
    - Info
    - Fashion dan Gaya Hidup
    - Kecantikan
    - Resep
    - Informasi
    B. Rubik yang Menarik
    Menurut saya, rubik yang paling menarik yaitu Fashion.
    Karena saya sangat suka melihat gaya-gaya Fashion terkini yang sedang tren. Dan dari rubik itu wawasan mengenai Fashion jadi bertambah.
    C. Apabila saya diberi tugas menulis rubik tersebut, tentu saja saya akan menulis seputar Fashion dari berbagai kalangan, saya akan menulis Fashion untuk musim panas dan musim dingin. Saya akan memberikan informasi seputar Fashion terkini.
    D. Rubik Yang Terdapat di Majalah Sekolah
    - Liputan Utama
    - Opini guru dan siswa
    - Cerpen
    - Puisi
    - Berita
    - Kuis
    Menurut saya rubik yang menarik dalam majalah sekolah tersebut adalah rubik puisi, karena saya menyukai puisi, dan suka membaca puisi. Dengan adanya rubik tersebut siswa menjadi lebih sering melihat dan membaca puisi, dan bisa menyukai puisi.

    Apabila saya ditugaskan menulis rubik tersebut, saya akan menulis seputar puisi dan contoh puisi agar bisa di nikmati dan di pahami oleh siswa.

    BalasHapus
  34. Nama: Danu Denri
    Nim: A310170172


    1. Susunan redaksi majalah wanita

    • Susunan redaksi majalah wanita yang berjudul: Majalah Wanita Kartini
    Nama lembaga yang menerbitkan: PT Kartini Cahaya Lestari
    Izin Penerbitan: 1693-5659
    Slogan: Kartini Portal Berita Wanita
    1. Pemimpin umum/pemimpin redaksi: Bram Tuapattinaya
    2. Wakil pemimpin umum I: Eric Tuapttinaya
    3. Wakil pemimpin umum II: Hatawano
    4. Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    6. Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    7. Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    8. Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    9. Redaksi masakan: Ai Turwina
    10. Redaksi foto: Kosim Sanusi
    11. Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    12. Staf khusus
    13. Koresponded/kontributor
    14. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    15. Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    16. Wakil pemimpin perusahaan: Hendro Atmojo
    17. Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    18. Alamat redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    19. Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    20. Percetakan
    Kurang lebih contoh redaksi dalam majalah wanita seperti itu, bisa ditambah lagi dengan rubrik yang berhubungan dengan wanita misalnya ditambah rubrik tentang masakan atau cara mengatur ekonomi keluarga dan sebagainya.



    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah Aksara majalah SMP N 1 Karangdowo

    1. Pimpinan Umum: Andika Wahyu Setiyoso
    2. Pimpinan Redaksi: Salsabila Brilian
    3. Dewan Redaksi: Anggi Hesha
    4. Sekretaris: Binar Faisha, Alliyah Putri Windia
    5. Bendahara: Septian Salma, Aminatakia
    6. Reporter: Latifa Arum, Tamara Desvitaratri, Jelita Devinia A
    7. Editor: Davin Alvareza, Anindya Ardhameswari
    8. Sponsorship: Neutron, Ganesha Operation, Kalila Tour Travel
    9. Fotografer: Iin Setya, Tamara, Rezima Nando
    10. Design: Naufal
    11. Kontributor: Alvin, Damar, abyan, Herlina, Wening.
    Karena di kelola oleh sekolah mungkin pimpinan redaksinya lebih sedikit dengan majalah umum.

    3. Susunan Draf Majalah Papirus Kelas VIID
    Pelindung: Dr. Yacub Nasucha, M.Hum
    Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum
    Pimpinan Umum: Auliya Umami
    Wakil Pemimpun Umum: Muhammad Anthori
    Pimpinan Redaksi: Danu Denri
    Sekretaris: Vitria, Ratna
    Bendahara: Desy, Nanda
    Editor bahasa: Salma, Oldri, Nurul, Ludiya
    Editor sastra: Aditya, Arini, Mahendra, Fatah
    Editor gambar: Gema, Nurul, Asti, Harun
    Reporter: Tina, Amy, Vina, Astrya, Alda
    Periklanan: Siska, Diah Ayu, Salma, Dika
    Setting & Layout: Putri, Fiyak, Nadia
    Distributor: Mia, Melisa, Devi, Khafadi, Krisjayanti, Dini

    BalasHapus
  35. Kedua
    A. Rubrik yang ada di majalah Tempo
    1. Album,
    2. Angka,
    3. Arsip,
    4. Bahasa,
    5. Catatan Pinggir,
    6. Ekonomi dan Bisnis,
    7. Etalase,
    8. Hukum,
    9. Ilmu dan Teknologi,
    10. Inovasi,
    11. Internasional,
    12. Kartun,
    13. Kolom,
    14. Laporan Utama,
    15. Nasional,
    16. Olahraga,
    17. Opini,
    18. Pokok dan Tokoh,
    19. Selingan,
    20. Sinema,
    21. Sinyal Pasar,
    22. Surat, dan
    23. wawancara.

    B. Rubrik yang Menarik
    Menurut saya rubric yang menarik adalah rubrik nasional dan bahasa. Mengapa kedua rubrik tersebut? Rubrik nasional membahas isu-isu nasional yang berkembang di Indonesia secara luas dan mendalam, banyak isu politik yang dimuat dalam rubrik ini. Isu-isu politik sangat menarik bagi Saya. Sedangkan rubrik bahasa karena dalam majalah tempo ini membahas abahasa secara luas, tidak hanya bahasa nasional saja. Isu-isu terkait makna dan lain-lain dibahas dalam rubrik ini.
    C. Jika saya diberi kesempatan untuk dapat menulis dalam rubrik tersebut pastinya saya akan sangat senang sekali. Terutama jika menulis dalam rubrik bahasa, karena banyak sedikit saya sudah mempelajari tentang bahasa, jadi jika disuruh menulis rubrik bahasa inshaAllah saya bisa menjalankannya dengan baik, dan terus belajar.
    D. Majalah Sekolah Aksara: Ajang Kreasi siswa Spensakra edisi 2
    Slogan: Inspirasi yang Menginspirasi
    ISI RUBRIK MAJALAH AKSARA

    1. Our Spensakra
    Inspiring Teacher
    Ekstrakulikuler
    Dies natalis
    Pilketos
    Jeda
    2. Artikel Lokal
    Kampung media
    Inovasi masa kini
    Candi Menggung
    Generasi Berintegritas
    3. Tokoh Inspirator
    B.J Habibie
    Kim Namjoun
    Nadiem Makarim
    Mirsani
    Profil Ssiswa
    4. Artikel siswa dan Puisi
    Cerpen My star, sebuah janji, nothing new
    Puisi Terambang, fajar
    5. Aksara Creepypasta Stories
    Me
    Mirror
    Secret Message
    Menurut saya yang paling menarik dalam majalah Aksara edisi 2 ini adalah rubrik artikel local, karena rubric ini membahas tentang sejarah, peristiwa dan lain-lain yang ada di Kabupaten Klaten. Bila saya diserahi tugas menulis majalah tersebut saya pasti sangat senang, karena bisa berkeliling di Kabupaten Klaten dan meliput sesuatu yang dimiliki Kabupaten Klaten.



    BalasHapus
  36. Nama : Vitria Indriyani S (A310170167)

    Pertama

    Majalah Femina Indonesia
    Nomor : 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986,
    1. Pencetak : PT Grafika Multi Warna
    2. Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah,
    3. Editor at Large: Dewi Dewa,
    4. Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti,
    5. Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih,
    6. redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    7. Pemimpin Umum: Widarti Gunawan,
    8. Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana,
    9. Penerbit: PT Gaya Favorit Press,
    10. Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    11. Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana,
    12. Alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.32—33, Jakarta 12910, SIUPP

    Susunan Redaksi Majalah Sekolah : GITA
    Dewan Redaksi
    Alamat Redaksi : Jl. Panembahan Senopati 46 Yogyakarta
    Telp/Fax (0274) 374358
    Email : slbnegeri2djogja@gmail.com

    Penerbit : SLB Negeri 2 Yogyakarta
    Pemimpin Umum
    Kepala SLB Negeri 2 Yogyakarta
    Sri Muji Rahayu, M.Pd
    Pemimpin Redaksi
    Agus Winarto, S.Sn
    Editor
    Andriyatni,S.Pd
    Drs. Wahyu Widarto
    Layout
    Eko Ariyanto, S.Pd. T., M.Eng.
    Ilustrator
    Nurul Hudha Bellina, S.Pd
    Fotografer
    Eko Ariyanto, S.Pd. T., M.Eng.
    Wisnu Satria Ghautama, S.Pd.Jas., M.Pd
    Staff Redaksi
    Muh. Safi’i, S.Ag
    Sukarminingsih, S.Pd.Si
    Sunarminingsih, S.Pd
    Dra. Muyassaroh
    Bendahara
    Dra. Nanik Hidayati


    - Susunan Draf Majalah Papirus mengacu pada majalah yang sudah diamati pada majalah wanita dan majalah sekolah

    Nama Majalah : SIAP.id
    Lembaga yang menaungi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (UMS)

    Penanggung Jawab : Dr. Yacub Nasucha, M. Hum
    Penasihat : Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum
    Pemimpin Umum: Vitria Indriyani Setyaningsih
    Wakil pemimpin Umum: Oldri Permata Sari
    Pemimpin Redaksi: Uswatun Khasanah
    Sekretaris: Salma Fitriyani
    Bendahara: Nurul Aisah
    Staff Redaksi : Aditiya Dwi P, Muh. Antori, Danu Denri S, Dinar Febriyanti, Dika Ukhti,
    Editor Bahasa: Ludiya Yayang, Astri Yulia R, Fransisca Nanda A
    Editor Gambar: Swara Gema R, Fatahilah, Atriana Devi
    Reporter: Arini Wihda, Nadia Fauziah, Murni Cahyati
    Layout: Neneng W, Savina R, Diah Ayu, Ratna Wulansari
    Distributor: Alda Dwi N, Aisyah Rahmawati
    Periklanan: Harun, Nadia, Hanif, Aditiya Dwi

    BalasHapus
  37. Kedua

    A. Rubrik pengisi majalah wanita Femina Indonesia
    Setiap terbit majalah ini menyajikan rubrik mode fashion, kecantikan, dapur, kebun dan kesehatan dan kebugaran, informasi umum, serta artikel kewanitaan lengkap dengan lembaran khusus untuk dapat dibaca oleh anak-anak

    B. Dari Rubrik tersebut yang sangat menarik dan juga penting untuk terus di update adalah fashion serta kesehatan dan kebugaran. Sebab, trend fashion akan selalu berkembang sesuai dengan perubahan zaman, entah trend tersebut muncul dari seseorang maupun sekelompok orang untuk kemudian diikuti oleh banyak orang untuk dijadikan trend fashion terbaru dalam berbusana baik dalam kehidupan sehari – hari maupun acara formal sekalipun.
    Tidak hanya soal fashion, rubrik mengenai kesehatan dan kebugaran juga sangatlah penting untuk terus dibahas, banyak masyarakat umum yang mungkin saja tidak mengetahui hal – hal kecil seputar cara menjaga kesehatan dan kebugaran. Sehingga, pembahasan mengenai kesehatan dan kebugaran diri sangatlah penting.
    C. Jika saya diberi tugas untuk memegang salahsatu rubrik tersebut, maka saya akan memilih mode fashion dan kecantikan. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa fashion pasti akan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, jadi pembahasan mengenai fashion sangatlah mudah untuk didalami dan perihal kecantikan pastinya ditunggu – tunggu dan menjadi pusat perhatian bagi wanita.

    D. Rubrik yang ada di majalah sekolah Gita adalah liputan informasi penting, pengetahuan, cerpen, puisi, resep, teka – teki, humor, kolom suara siswa.

    Yang menarik dari rubrik majalah sekolah tersebut adalah mengenai puisi. Karena, dengan membaca puisi maka akan menumbuhkan daya imajinasi siswa melalui suatu bentuk karya, serta menumbuhkan keterampilan siswa untuk mampu menuliskan suatu karya yang sederhana seperti puisi.

    Jika saya diberi tanggung jawab untuk mengelola salahsatu rubrik diatas maka saya akan memilih rubrik yang berisikan tentang puisi. Melalui puisi, semua hal dapat tertuang dalam bentuk karya tulis yang mampu dinikmati keindahannya oleh pembaca.

    BalasHapus
  38. PERTAMA
    Nama: Siti Nur Arifah
    Nim: A310170202
    Kelas: 7D

    PERTAMA
    1. Susunan Redaksi dalam Majalah Wanita
    Nama Majalah: Majalah NooR
    Penerbit: Nur Cahaya Teduh
    Slogan: “Yakin Cerdas Bergaya”
    Susunan Redaksi:
    1. Pemimpin Umum: Sri Artaria
    2. Pemimpin Perusahaan: MarioAlisjahbana
    3. Pemimpin Redaksi: Jetti R. Hadi
    4. Redaktur Pelaksana: Roos Ferieanna Rowi dan Gita Wirasti
    5. Redaksi: Yudiana Tirta, Ade Nur Sa’adah, dan Putri Wulan M.
    6. Sekretaris Redaksi: Riri
    7. Redaktur Ahli: Ratih Sanggarwati, Badriyah Fayumi, dan Aju Isni Karim
    8. Kontributor: Amelia Prihanto dan Ade Aprilia
    9. Artistik: Mardi Santoso dan Panca Akbari
    10. Fotografer: Ramsy
    11. Promosi: Osep Rahmat
    Alamat Redaksi: Jl. Karang Pola VI No.74 Pasar Minggu, Jakarta.
    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah.

    (1) Susunan redaksi majalah sekolah.
    Nama majalah: Eksis (Ekspresi Siswa)
    Nama lembaga yang menerbitkan: SMAN 1 Karangmojo
    Nomor ijin penerbitan: SK. Kepala Sekolah No. 421.3/391/XII/2004
    Slogan/topik majalah : Menggugat Nasionalisme!

    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.

    Penanggung jawab: Drs. Sutarman, M.M (Kepala Sekolah SMAN 1 Karngmojo)
    Penasehat: Ahzanul Yusuf, S.Pd (Waka Kesiswaan)
    Ketua Tim Dewan Pembina: Maman Nurjana, S.Pd., M.M
    Anggota Dewan Pembina: Antonius Arlin Nurseto, S.S.
    Devi Nuraini, M.Pd.
    Aib Dedi Kurniawan, S.Pd.
    Fadmiati, M.Pd.
    Jumiyanto, S.Pd., M.Eng.
    Rahmat Danu Raharjo, S.Pd.
    Tri Sulistyo, Amd.
    Pimpinan Redaksi: Gaty Miranti
    Kameramen: Sulis
    Layout: Tim kreatif majalah Eksis Wakil Pimpinan Redaksi: Dena Heratamtama
    Sekretaris: Etik Setyaningsih
    Redaktur Pelaksana: Margareta Prima
    Staf Redaksi: Amelia Dian Kurniasari
    Reporter : Syntia Indah Sari

    C. Susunan draf redaksi Papirus dengan mengacu pada susunan redaksi majalah yang sudah diamati dan memperhatikan potensi teman di kelas (7D).

    (1) Susunan redaksi majalah sekolah.
    Nama majalah: MABARTA (Majalah Baru KIta)
    Nama lembaga yang menerbitkan: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)

    (2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.

    Penanggung jawab: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.

    Penasehat: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    Wakil Pemimpin Umum: Devi Kurnia Hikmawati
    Sekretaris Umum: Dika Ukhti Rahmawati
    Bendahara Umum: Dini Melyanti
    Pemimpin Redaksi: Tina Indriastuti
    Wakil Pemimpin Redaksi: Alda Dwi Nanda
    Redaktur Pelaksana: Khafidah Anggraeni
    Reporter: Melisa, , Oldri, Asti
    Editor: Siti Nur Arifah, Alda Dwi Nanda, Arini, Melisa
    Fotografer: Any Novitasari, Putri Malaysi Rahmawati, Fatahillah
    Layouter: Fransisca Nanda, Nadia, Anthori
    Periklanan : Krisjayanti, Astry, Inneke, Gema, Aditya,

    BalasHapus
  39. Nama: Siti Nur Arifah
    NIM: A310170202
    Kelas: 7D
    KEDUA
    A. Majalah Umum
    Nama Majalah: Tempo
    Rubrik: Album,angka,arsip, bahasa, catatan pinggir, ekonomi dan bisnis, etalase, hokum, ilmu dan teknologi, inovasi, internasional, kartun, kolom, laporan utama, nasional, olahraga, opini, pokok & tokoh, pelingan, sinema, sinyal Pasar, Surat, dan Wawancara
    B. Rubrik yang menarik
    Menurut saya rubrik yang menarik adalah rubrik bahasa. Karena rubrik bahasa dalam majalah tempo itu pembahasan mengenai bahasa sangat luas. Rubrik bahasa ini bisa juga digunakan sebagai cara dalam meningkatkan pengetahuan kita tentang bahasa.
    C. Apabila saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut, maka saya akan memaparkan hal-hal yang penting untuk diketahui, tentunya yang berkenaan tentang pola hidup secara luas. Di dalam rubrik tersebut, saya akan memberikan informasi pola hidup yang baik dan benar. Cara memiliki kebiasaan hidup yang baik akan saya jelaskan secara rinci, sebab kebiasaan yang baik berarti menandakan bahwa seseorang telah melakukan pola hidup yang baik. Selain itu, tentu saya akan menekankan bahwa pola hidup merupakan bagian dari kehidupan, jadi tidak boleh disepelekan.
    D. Rubrik yang ada di majalah sekolah Eksis (Ekspresi Siwa) adalah liputan utama, wawancara, opini guru, opini siswa, cerpen, puisi, karya ilmiah, jalan-jalan, kuis matematika, minat, tips, berita, suara siswa, siswa berprestasi, dan kuis english.
    Menurut saya, rubrik yang menarik dari majalah sekolah Eksis tersebut adalah rubrik cerpen, karena dengan adanya rubrik tersebut siswa mendapatkan wadah untuk mengembangkan keterampilan menulis. Selain itu, dengan menulis siswa dapat menuangkan gagasannya menjadi sebuah karya.
    Apabila saya diserahi menulis untuk isi rubrik cerpen, saya akan menuangkan gagasan saya menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati oleh semua orang dan tentu agar menghibur pembaca majalah tersebut.

    BalasHapus
  40. Nama : Fransiska Alisia Putri Yousiskasari
    NIM : A310170174
    Kelas : 7 D

    PERTAMA

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum
    1) Susunan redaksi majalah umum
    Nama majalah : Kartini
    Nama lembaga yang menerbitkan : PT. Kartini Cahaya Lestari
    Nomor izin penerbitan : Merek Terdaftar No. 536794-536795
    Slogan majalah : Sangat Inspiratif!

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi

    Pemimpin Umum : Bram Tuapattinaya
    Pemimpin Redaksi : Bram Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum I : Eric Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum II : Hatawano
    Wakil Pemimpin Redaksi : Endang Werdiningsih
    Penanggung Jawab dan Wakil
    Penanggung Jawab Redaksional : Bram Tuapattinaya- Endang Werdiningsih
    Dewan Redaksi : Bram Tuapattinaya, Eric Tuapattinaya, Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, dan Dewi Yamina
    Redaksi Aktual Eksklusif : Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, dan Dewi Yamina, Opi Yunari, dan Veny Dinuraya
    Redaksi Lifestyle : Wiwit Sebrina Tristi
    Redaksi Masakan : Al Turwina
    Redaksi Foto : Kosim Sanusi
    Redaksi Artistik : Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, dan Riza Adam Buchori
    Staf Khusus : Dr. Naek L. Tobing, Dr. Sumaryati Arjoso, S.K.M, Ike Soepomo, Dra. Winarini WD Mansoer, PhD, Yudi Suharsono, S.Psi, Mooryati Soedibyo, Mas Dian MRE.
    Koresponden/ Kontributor : Rusian Nedi (Nusa Tenggara), Saswati Matakena dan Febby Kaltahu (Maluku), Ita Nasyi’ah (Jawa Timur)
    Sekretaris Redaksi : Intan Mahalia
    Pemimpin Perusahaan : Eric Tuapattinaya
    Iklan/Promosi : Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah

    B. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    1) Susunan Redaksi Majalah Sekolah SMA Muhammadiyah Kajen
    Nama Majalah : Majalah Muhamka
    Nama Lembaga Penerbit : Media Muhamka
    Nomor Izin Penerbitan : ISSN 2721-7930 (media cetak)
    » Kategori pendidikan
    » SK no. 0005.27217930/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04 - 18 April 2020 (mulai edisi Vol. 4, Tahun 2020)
    Slogan Majalah : “Yang ingin kerja kami fasilitasi, yang ingin berwirausaha kami berikan ilmunya dan yang melanjutkan kami tunjukan jalannya”.

    2) Redaksi dan Nama Orang yang Menempati Posisi Redaksi
    a. Pemimpin Umum : M. Rustam Aji, S.Pd.
    b. Pemimpin Redaksi : Cipto Wiharso, S.T
    c. Dewan Redaksi : 1. Drs. Arif Rosyid, 2. Drs. Anasrullah, 3. Ir. Dulsukur, 4. Rudi Widianto, S.Pd
    d. Redaktur : Angga Setiawan S.Pd
    e. Kontributor : Rudi Widianto, S.Pd
    f. Keuangan/Bendahara: Rizki Kurniawan S.Pd
    f. Foto & Dokumentasi : Kusnaeni S.Kom
    g. Artistik : Unit Produksi TKJ SMK Muhamka
    i. Distributor : Heri Narwanto S.Kom
    j. Promosi : Heri Narwanto S.Kom


    C. Susunan redaksi majalah Papirus dengan mengacu pada kelas VII D

    1) Nama majalah : KRESIS (Kreativitas Mahasiswa)
    Nama lembaga yang menerbitkan : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    2) Susunan redaksi dan nama orang yang yang menempati posisi redaksi
    Pelindung : Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    Penasihat : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pemimpin Umum : Danu Denri Susilo
    Wakil Pemimpin Umum : Muhammad Anthori
    Pemimpin Redaksi : Aditiya Dwi Prasetyo
    Sekretaris : Savina Rachmah
    Bendahara : Mia Nur Insani
    Redaktur Pelaksana : Tina Indri Astuti
    Reporter : Nurul Aisah, Ratna Wulansari, Atriana Devi, Vitria Indriyani S., Salma Fitriyani, Oldri Permata S.,
    Editor : Nadia Fauziah P., Murni Cahyati, Arini Wihdatul U., Ardina Sholikhah, Ani Rufiah.
    Fotografer : Fransisca Nanda A., Putri Malaysi R., Astria Yuli R., Ema Priyandini,
    Setting & Layout : Neneng Wicayanti, Dini Melyanti S., Desy Anggraini, Amy Rahmawati S.
    Periklanan : Ludiya Yayang M., Dinar Febriyanti, Nabila Jayshisyah P., Aisyah Rahmawati, Dika Ukhti R.
    Distributor : Asti Mrihatini, Ikke Dyah Anggraini, Devi Kurnia K., Diah Ayu L., Siti Aulia U., Krisjayanti


    BalasHapus
  41. Nama : Fransiska Alisia Putri Yousiskasari (A310170174)

    LANJUTAN

    KEDUA

    A. Rubrik yang terdapat di majalah umum wanita adalah rubrik aktual/eksklusif, profil, kisah sejati, mode, gaya hidup, kecantikan, fiksi, konsultasi dan informasi. Rubrik tersebut tentunya berkaitan dengan dunia wanita.

    B. Menurut saya rubrik yang menarik dari majalah wanita Kartini tersebut adalah kecantikan, karena wanita sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan kecantikan terutama wanita yang modis. Selain itu dengan membaca majalah yang terdapat rubrik kecantikan, wanita dapat mengubah dirinya menjadi lebih cantik sehingga dapat percaya diri.

    C. Apabila diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut, saya akan menuangkan ide dan gagasan ke dalam rubrik kecantikan dengan hal-hal yang lebih menarik. Misalnya, melengkapi berbagai produk perawatan kulit atau kosmetik yang direkomendasikan untuk wanita yang cocok dipakai untuk semua kulit, hanya cocok dipakai untuk kulit kering saja, maupun hanya cocok dipakai untuk kulit berminyak saja. Sehingga membuat wanita-wanita lebih senang untuk membaca majalah tersebut.

    D. Rubrik yang terdapat di majalah sekolah Muhamka adalah opini, fokus utama, sorotan khusus, ruang belajar, dinamika sekolah, inovasi, english corner, kerjasama, prestasi, dinamika Muhamka, ekstrakurikuler, dan testimoni alumni.

    Menurut saya, rubrik yang menarik dari majalah sekolah Muhamka tersebut adalah inovasi, karena dengan adanya inovasi maka peserta didik dapat mengembangkannya dengan baik sehingga dapat menjadi inovasi terbaru dalam pembelajaran.

    E. Jika saya diserahi untuk menulis rubrik tersebut, saya akan menuliskan berbagai inovasi-inovasi terbaru yang dapat menggugah semangat peserta didik untuk mengembangkannya. Selain itu, setelah membaca berbagai inovasi tersebut peserta didik dapat terinspirasi untuk menemukan ide yang lebih kreatif.

    BalasHapus
  42. Nama : Salma Fitriyani
    NIM : A310170166
    Kelas : 7D

    PERTAMA

    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum

    1. Nama majalah: Gogirl! Magazine
    Nama lembaga yang menerbitkan : PT. Aprilis Maju Medi
    Nomor izin penerbitan :
    Slogan/ topik majalah tersebut: magazine for real

    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    1. Penerbit : PT. Aprilis Maju Medi
    2. Pemimpin Umum : Yenni Kartika Sari
    3. Pemimpin Redaksi : Anita Moran
    4. Artistik : Novita Anggraini
    5. Editor : Ika V, Ayyudyah dan Bunga AyuRosita.
    7. Fotografer : Yohanes Radityo dan Arman Yonathan.
    8. Reporter : Shinta,
    Baiq Nadia Yunarthi, dan Starin Sani.
    9. Pemimpin Perusahaan : Dilip J. Moran
    10. Sirkulasi : Yenni Kartika Sari
    11. Iklan : Wiwin Rahayu
    12. Keuangan : oNina Moran

    B. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Sekolah

    1) Susunan Redaksi Majalah
    Redaksi sekolah:
    Struktur Team Redaksi Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton

    1. Pelindung :Drs. USTMAN KAHARUDDIN
    2. Penanggung Jawab :FAUZI, S.Ag
    3. Pembina : BABUN, S.Pd
    4. Pemimpin Redaksi : ALVIN
    5. Sekretaris :1. RIYAN
    2. DEWI NUR AULIYA
    3. SINTA
    6. Staf, Redaktur dan Editor: 1. RAFI
    2. YOGA
    3. 3 AUDY
    4. SOFIA
    5. CANDRA DWI
    6. LILIS
    7. Reporter : 1. SONYA RIZQIYA
    2. UMMIMMI ADIBAH
    3. KHOFIDAH DWI SHOLEHAH
    4. POPO
    5. PUTRI RAHMATUL
    6. ARYA DWI SAPUTRA
    8. Lay-Outer, Desain Grafis dan Artistik :
    1. SANTI
    2. YANA
    3. DESI
    4. ANDREW FAHLEVI A.
    5. FAQIH MUSTAFA
    6. MIFTAH
    9. Marketing :SEMUA KETUA KELAS

    C. Susunan draf redaksi paripus:
    Susunan Majalah Papirus
    Pelindung : Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    Pembina : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pimpinan Umum : Danu Denri
    Sekretaris : Nurul Aisah
    Bendahara : Vitria Indriyani
    Pimpinan Redaksi : Uswatun Khasanah
    Redaktur Pelaksana : Oldri Permata
    Reporter : Ludiya Yayang, Putri Malaysi, Aisyah Rahmawati, Nabila Jayshi
    Editor : Astria Yuli, Tina Indri
    Fotografer : Swaran Gema, Aulia Umami
    Kontributor : Fransisca Nanda, Ratna Wulan sari, Atriana Devi
    Promosi : , Arini Wihdatul, Fransiska Alisia, Devi.
    Distributor : Muhammad Anthori, Asti Mrihatini, Inneke dyah.

    BalasHapus
  43. Nama : Salma Fitriyani
    NIM : A310170166
    Kelas : 7D

    LANJUTAN KEDUA

    A. Rubrik pengisi majalah gogirl:

    1. Rubrik Feature
    2. Rubrik Fashion
    3. Rubrik Health & Beauty
    4. Rubrik Monthly Routine
    5. Rubrik Lifestyle
    6. Rubrik Celebrity

    B. Dari Rubrik tersebut yang sangat menarik dan juga penting untuk terus di update adalah fashion, health beauty dan beauty. Karena pada rubrik fashion berlaku bagi semua kalangan dan sesuai dengan perkembangan zaman trend fashion pasti akan berganti setiap tahunnya. Selain itu rubrik health atau kesehatan sangat penting bagi masyarakat karena menyajikan informasi-informasi mengenai dunia kesehatan. Rubrik beauty juga menarik karena berhubungan dengan wanita dan sesuai dengan majalah ini yang membahas masalah wanita. Sehingga rubrik beauty juga pastinya banyak dinikmati.

    C. Jika saya diberi kesempatan untuk dapat menulis dalam rubrik tersebut pastinya saya akan memilih rubrik fashion, karena wanita identik dengan baju yang banyak modelnya maka saya akan memberikan informasi mengenai perkembangan zaman fashion yang kebanyakan dipakai oleh wanita Indonesia.

    D. Rubik pengisi majalah sekolah :
    Pojok Sains
    English Corner
    Klinik Matematika
    Bugar
    Hasil Karya siswa
    Tips
    Teka-teki atau Kuis

    E. Menurut saya rubrik yang paling menarik yaitu teka teki, karena siswa bisa bermain teka teki yang berada pada majalah tersebut dan lebih bisa mengasah pikiran siswa melalui susunan kata-kata dalam teka teki.

    F. Apabila saya diberi tugas untuk mengisi rubrik tersebut saya akan memilih bagian teka teki atau kuis, karena siswa mungkin akan tertarik untuk mengerjakan teka-teki tersebut.

    BalasHapus
  44. Nama : Mia Nur Insani
    NIM : A310170176
    Kelas : 7D

    PERTAMA
    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum
    1. Susunan redaksi majalah umum
    Nama majalah : Natasha
    Nama lembaga yang menerbitkan : Natan’s Offset
    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Komisaris : Dr. Fredi Setyawan
    Direktur utama : Drg. Tantri Onny Bianti
    Pemimpin Redaksi : Charisma Panca Nugraha
    Editor : Hanna Natasha Heidi
    Reporter : Aprilia Dwi Utami dan Augustine Swastikarany
    Fotografer : Yanuar Christa
    Desainer Aristik : Gunarto Kurniawan, Alia Budi Utami dan Indriati Suci Pravitasari
    Iklan : Retno Istiningsih
    Sirkulasi : Moh. Dahlan

    B. Perbaikan Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Susunan redaksi majalah sekolah SMA Negeri 1 Kartasura
    Nama majalah : Hackes
    Nama lembaga yang menerbitkan : Green Design & Printing
    2. Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi
    Pimpinan Redaksi : Adinda dan Aurel
    Wakil Pimpinan Redaksi : Shabrina
    Sekretaris : Ana dan Indriyani
    Bendahara : Ria dan Rizky
    Dewan Redaksi : Ava dan Dimas
    News Hunter : Cindy, Muna, Silvia, Alya, Retno
    Tim Kreatif Dan Penyunting : Kirana, Salsa, Dewi, Anggi, Siti Dan Sulthan
    Reporter : Jelita, Hana, Sesil, Nabila, Marlina
    Fotografer : Dera, Galuh, Diyah, Norma, Rifa, Ayu

    C. Susunan redaksi majalah Papirus
    1. Susunan redaksi majalah Papirus dengan mengacu pada kelas VII D
    Nama majalah : Kreasi (Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa)
    Nama lembaga yang menerbitkan : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Indonesia
    2. Susunan redaksi dan nama orang yang yang menempati posisi redaksi
    Pelindung : Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
    Penasihat : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pemimpin Umum : Danu Denri Susilo
    Wakil Pemimpin Umum : Aditiya Dwi Prasetyo
    Pemimpin Redaksi : Muhammad Anthori
    Sekretaris : Devi Kurnia K
    Bendahara : Tina Indri Astuti
    Redaktur Pelaksana : Siti Aulia U
    Reporter : Ratna Wulansari, Ani Rufiah, Salma Fitriyani, Melisa Sheila
    Editor : Murni Cahyati, Nurul Aisah, Ardina Sholikhah, Atriana Devi
    Fotografer : Dinar Febriyanti, Putri Malaysi R, Neneng Wicayanti, Dini M
    Setting & Layout : Ema Priyandini, Amy Rahmawati S, Savina Rachmah
    Periklanan : Nabila Jayshisyah P, Fransisca Nanda A
    Distributor : Alda Dwi N, Diah Ayu L, Krisjayanti, Desi A

    KEDUA
    1. Rubrik yang terdapat di majalah umum wanita adalah rubrik cover story, accesories, fashion
    spread, make over, fashion event, beauty & health, medis, issues, travelling. Rubrik tersebut
    tentunya berkaitan dengan dunia wanita
    2. Menurut saya rubrik yang menarik dari majalah Natasha tersebut adalah travelling, karena
    dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dapat menimbulkan perasaan yang
    menenangkan.
    3. Apabila diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut, saya akan menuangkan ide dan gagasan
    ke dalam rubrik kecantikan dengan hal-hal yang lebih menarik. Misalnya, merekomendasikan
    tempat-tempat wisata lokal sebagai tujuan travelling. Sehingga dapat mengenalkan kekayaan
    alam Indonesia

    4. Rubrik yang terdapat di majalah hackes adalah profil, ekstrakuriluker, opini, kesehatan, cerita
    alumni, SMANRA event, cerpen, puisi, informasi, resensi, dan spinning time.
    5. Menurut saya, rubrik yang menarik dari majalah sekolah Muhamka tersebut adalah
    ekstrakurikuler, karena dengan adanya ekstrakurikuler maka peserta didik dapat belajar
    mengenai organisasi, cara bekerja sama, cara mencari solusi, dll.
    6. Jika saya diserahi untuk menulis rubrik tersebut, saya akan menuliskan pentingnya
    ekstrakurikuler sebagai sarana mengasah keterampilan. Selain itu, setelah membaca berbagai
    manfaat ekstrakulikuler tersebut peserta didik dapat lebih mengetahui keterampilan yang
    dimiliki dan mengatahui bagaimana cara mengembangkannya.

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. A. Pertama
    1. Susunan redaksi majalah umum:
    a. Nama Majalah : Hud Magz
    b. Nama Lembaga Penerbit : PT. HUDMAGZ Indonesia
    c. Slogan Majalah : Rumah Untuk Rakyat

    Susunan Redaksi Majalah Hud Magz:
    a. Dewan Pembina: Cosmas Batubara, Siswono Yudho Husodo, Akbar Tandjung, Theo Sambuaga, Erna Witoelar, M. Yusuf Asy’ari, Suharso Monoarfa.
    b. Dewan Penasehat: Djoko Kirmanto, Gamawan Fauzi, Direksi Perum Perumnas, DPP REI, DPP APERSI, DPP AP2ERSI.
    c. Pemimpin Umum/Usaha/ Penanggung Jawab: Zulfi Syarif Koto.
    d. Wakil Pemimpin Umum: F. Teguh Satria, Indra Utama, Martin Roestamy.
    e. Wakil Pemimpin Usaha: Endang Kawidjaja, Djaja Roeslim, Reddy Hartadji, Muhammad Nawir, Ferry Sandiyana.
    f. Sekretaris Pemimpin Umum/Usaha: M. Amry.
    g. Pemimpin Redaksi: Oswar M Mungkasa Redaktur: Endrawan Natawiria, Nursalim, Erfendi E.P.
    h. Konsultan Hukum: Muhammad Joni Artistik dan Koordinasi Produksi: Agus Sumarno.
    i. Manajer Iklan & Keuangan: Herawati, Hadist GP.
    j. Administrasi dan Umum: Eduardo H, Asep Deni Kusnadi, Yuliandi.
    k. Diterbitkan oleh: Yayasan LP P3I/The HUD Institute PT. HUDMAGZ Indonesia.
    l. Alamat Redaksi: Yayasan LP P3I/The HUD Institute Jln. Arya Putra No. 14A Ciputat-Tangerang Email: lpp3hudjkt@gmail.com hudmagz@gmail.com.

    2. Susunan redaksi majalah sekolah:
    a. Nama Majalah : EKSIS (Eksis Siswa)
    b. Nama Lembaga Penerbit : SMA Negeri 1 Karangmojo
    c. Slogan Majalah : Menggugat Nasionalisme

    Susunan Redaksi Majalah Hud Magz
    a. Penanggung Jawab : Drs. Sutarman, M.M (Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Karangmojo).
    b. Penasehat : Ahzanul Yusuf, S.Pd (Waka Kesiswaan).
    c. Ketua Tim Dewan Pembina: Maman Nurjana, S.Pd., M.M
    d. Anggota Dewan Pembina:
    • Antonius Arlin Nurseto, S.S.
    • Devi Nuraini, M.Pd.
    • Aib Dedi Kurniawan, S.Pd.
    • Fadmiati, M.Pd.
    • Jumiyanto, S.Pd., M.Eng.
    • Rahmat Danu Raharjo, S.Pd.
    • Tri Sulistyo, Amd.
    e. Pimpinan Redaksi : Gaty Miranti.
    f. Wakil Pimpinan Redaksi : Dena Heratamtama.
    g. Sekretaris : Etik Setyaningsih.
    h. Redaktur Pelaksana: Margareta Prima.
    i. Staf Redaksi : Amelia Dian Kurniasari.
    j. Reporter : Syntia Indah Sari.
    k. Kameramen: Sulis
    l. Layout: Tim Kreatif Majalah Eksis.

    3. Susunlah draf redaksi:
    a. Penanggung Jawab: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    b. Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    c. Pemimpin Umum: Danu Denri Susilo
    d. Wakil Pemimpin Umum: Tina Indri Astuti
    e. Sekretaris Umum: Arini Wihdatul Ummah
    f. Bendahara Umum: Desy Anggraini
    g. Pemimpin Redaksi: Vitria Indriyani
    h. Wakil Pemimpin Redaksi: Devi Kurnia Khikmawati
    i. Redaktur Pelaksana: Nurul Aisyah.
    j. Reporter: Nadia, Murni, Salma Fitriyani, Aisyah Rahmawati, Fatahilla, Khafidah.
    k. Editor: Swara Gema, Dini Melyanti, Aditya, Diah Fitri.
    l. Fotografer: Putri Malaysi, Alda Dwi Nanda, Fransiska Nanda.
    m. Layouter: Inneke Dyah A, Asti Mrihatini, Muhammad Anthori.
    n. Periklanan : Oldri Permatasari, Ludiya Yayang Mirana, Dinar Febrianti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. LANJUTAN:
      B. Kedua
      1. Rubrik Majalah Hud Magz:
      a. Laporan Utama.
      b. Laporan Khusus.
      c. Segmen.
      d. Pendapat.
      e. Testimoni.
      f. Konsep.
      g. Profil.
      h. Liputan.
      i. Agenda.
      j. Tips.
      k. Fakta.
      l. Ragam Info.

      2. Menurut saya, rubrik yang menarik pada majalah Hud Magz adalah ragam info. Karena, kita dapat mengetahui beberapa informasi yang disajikan majalah.

      3. Apabila saya mendapat tugas untuk menulis rubrik, saya akan menulis informasi-informasi terfaktual yang terjadi baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan menarik.

      4. Rubrik Majalah Eksis:
      a. Liputan Utama.
      b. Wawancara.
      c. Opini Guru.
      d. Opini Siswa.
      e. Cerpen.
      f. Puisi.
      g. Karya Ilmiah.
      h. Jalan-Jalan.
      i. Kuis Matematika.
      j. Minat.
      k. Tips.
      l. Berita.
      m. Suara Siswa.
      n. Siswa Berprestasi.
      o. Kuis English.

      Menurut saya rubrik yang menarik dari Majalah Eksisi adalah rubrik jalan-jalan. Karena kita bisa mendapat informasi mengenai hal-hal yang ada di sekitar kita, seperti tempat wisata, tempat bersejarah, kuliner dan lain sebagainya.

      Apabila saya mendapatkan tugas menulis rubrik jalan-jalan, saya akan menulis tempat-tempat yang bersejarah dan ada kaitannya dengan pembelajaran agar siswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

      Hapus
  47. Nama : Asti Mrihatini
    NIM : A310170194
    Kelas : 7D

    Pertama
    A. Perbaikan susunan redaksi majalah umum.

    1) Nama Majalah : Femina
    Penerbit : PT Gaya Favorit Press, Jakarta.
    Nomor Izin Penerbitan : 346/Ditjen PPG/K/1993
    Slogan Majalah : “Gaya Hidup Masa Kini”

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati redaksi.

    Susunan redaksi Femina, Desember 1994
    Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan : Sofjan Alisjahbana
    Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum: Widarti Gunawan
    Wakil Pemimpin Perusahaan : Mario Alisjahbana
    Alamat redaksi : Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.32—33, Jakarta 12910, Telepon (021) 5253816, 5209370, Fax. (021) 5209366.
    Alamat Tata Usaha/Distribusi : Jalan Rawagelam I/4, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta 13930, Telepon (021) 4604444, Fax. (021) 4609115. SIUPP Nomor 346/Ditjen PPG/K/1993.
    Pencetak : PT Dian Rakyat, Jakarta.
    Penerbit : PT Gaya Favorit Press, Jakarta.

    B. Perbaikan susunan redaksi majalah sekolah

    1) Nama Majalah : G Priority
    Penerbit : PT. Gemilang Larasati Nusantara
    Nomor Izin Penerbitan : (Badan Hukum Pers No. AHU-0947625.AH.01-02 Tahun 2014) Anggota Serikat Perusahaan Pers (SPS) No. 540/2012/11/D/2014.
    Slogan Majalah : Gemilang Nusantara

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati redaksi.

    Pemimpin Umum : Y. Irawan
    Penanggung Jawab : Lukman A. Salendra
    Pemimpin Redaksi : Lukman A. Salendra
    Editor : Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur kamilah, Agung N
    Creative Designer : Raden Satria
    Designer Staff : M. Iqbal R, Annisa Mayang
    Fotografer : Adityo Prihantoro
    Pengembangan Bisnis : Lina Langen
    Keuangan : Rizky Renaldi
    Account Executive : Sofia Riski, Riri Sitepu, Ana Dena Bassam
    Promosi : Dewi Sartika
    Sirkulasi : Rohila, Wahyudi, Ade
    Pelatihan : Anggie
    Penerjemah : Ben Aryo
    Kontributor
    Kalimantan Utara : R Putra, Febrianus Felis
    Sumtera Selatan : Hendri
    Babel : Via
    Jawa Barat : Ares Resmi

    C. Susunan draf redaksi Papirus (7D).
    1) Susunan redaksi majalah sekolah.

    Nama Majalah: Mahasiswa Berkarya
    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)

    2) Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.
    Penanggung jawab: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    Penasehat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    Pemimpin Umum: Tina Indri Astuti
    Wakil Pemimpin Umum: Salma F.
    Sekretaris Umum: Devi Kurnia K.
    Bendahara Umum: Desy Anggraini
    Pemimpin Redaksi: Siti Aulia Umami
    Wakil Pemimpin Redaksi: Fransisca Nanda A.
    Redaktur Pelaksana: Arini W.
    Reporter: Nurul Aisah, Aisyah Rahmawati, Khafidah Anggraeni
    Editor: Danu Denri, Vitriya, Melisa Sheila
    Fotografer: Alda Dwi Nanda, Putri Malaysi, Asti Mrihatini
    Layouter: Murni Cahyati, Nadia Fauziah, M. Anthori
    Periklanan : Aditya, Swara Gema, Astria Yuli, Inneke Dyah Anggraini

    BalasHapus
  48. LANJUTAN
    Kedua
    A. Rubrik Pengisi Majalah Femina:
    Kecantikan
    Hobi
    Mode Pakaian
    Make Up
    Dekorasi
    Rekomedasi

    B. Rubik yang paling menarik bagi saya adalah adalah Mode Pakaian.
    Alasan: Karena dengan adanya Mode Pakaian kita dapat mengetahui referensi pakaian apa yang cocok digunakan untuk diri kita sendiri. Terlebih fashion yang ada saaat ini sangatlah erat dengan gaya hidup. Gaya hidup yang di miliki seseorang dapat pula dinilai dari bagaimana dirinya berpakaian.

    C. Apabila saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut maka saya akan mengisinya seperti pakaian sehari-hari untuk wanita, pakaian sehari-hari untuk pria, pakaian untuk anak laki-laki dan pakaian untuk anak perempuan, pakaian untuk remaja, pakaian untuk olahraga/pakaian santai, pakaian rajut, pakaian untuk kegiatan alam terbuka, petualangan, pakaian luar, aksesori, kasual, dan lain-lain.

    D. Rubrik yang ada di majalah sekolah SMANSAM adalah laporan kegiatan karya wisata, profil pendidik, info sekolah, cerita pendek, kuis, siswa berprestasi, kegiatan jeda semester.

    Menurut saya, rubrik yang menarik dari majalah sekolah tersebut adalah laporan kegiatan karya wisata, karena dengan adanya laporan terebut siswa dituntun untuk dapat menuliskan kegiatannya selama melakukan karya wisata hal ini secara tidak langsung membuat siswa untuk aktif menulis.

    Apabila saya diserahi untuk mengisi rubrik laporan karya wisata tersebut maka saya akan mengisinya dengan laporan-laporan karya wisata terbaik siswa.

    BalasHapus
  49. Nama : Inneke Dyah Anggraini
    NIM : A310170193
    Kelas : 7 D
    Mata Kuliah : Manajemen Majalah Sekolah

    A. Pertama
    1. Susunan redaksi majalah umum:
    a. Nama Majalah : Kartini
    b. Nama Lembaga Penerbit : PT. Kartini Cahya Lestari
    c. Slogan Majalah : Kartini Portal Berita

    Susunan Redaksi Majalah Kartini:
    a. Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Bram Tuapattinaya
    b. Wakil Pemimpin Umum I: Eric Tuapattinaya
    c. Wakil Pemimpin Umum II: Hatawano
    d. Wakil Pemimpin Redaksi: Endang Werdiningsih
    e. Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional: B ram Tuapattinaya dan Endang Werdiningsih
    f. Dewan Redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Tuapattinaya, Endang Werdiningsih, Melly Trirahi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, dan Dewi Yamina
    g. Redaksi Aktual Eksklusif: Melly Trirahi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    h. Redaksi lif Style: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M. O.
    i. Redaksi Masakan: Ai Turwina
    j. Redaksi Foto: kosim Sanusi
    k. Redaksi Artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    Staf Khusus Koresponded/Kontributor
    l. Sekretaris Redaksi: intan Mahalia
    m. Pemimpin Perusahaan: Eric Tuapattinaya
    n. Wakil Pemimpin Perusahaan: Hendro Atmojo
    o. Iklan/Promosi: Kurniawati, Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    p. Alamat Redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    q. Klub Kartini: Endang Wediningsih, Fauziah
    Percetakan

    2. Susunan redaksi majalah sekolah:
    a. Nama Majalah : EKSIS (Eksis Siswa)
    b. Nama Lembaga Penerbit : SMA Negeri 1 Karangmojo
    c. Slogan Majalah : Menggugat Nasionalisme

    Susunan Redaksi Majalah
    a. Penanggung Jawab : Drs. Sutarman, M.M (Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Karangmojo).
    b. Penasehat : Ahzanul Yusuf, S.Pd (Waka Kesiswaan).
    c. Ketua Tim Dewan Pembina: Maman Nurjana, S.Pd., M.M
    d. Anggota Dewan Pembina:
    • Antonius Arlin Nurseto, S.S.
    • Devi Nuraini, M.Pd.
    • Aib Dedi Kurniawan, S.Pd.
    • Fadmiati, M.Pd.
    • Jumiyanto, S.Pd., M.Eng.
    • Rahmat Danu Raharjo, S.Pd.
    • Tri Sulistyo, Amd.
    e. Pimpinan Redaksi : Gaty Miranti.
    f. Wakil Pimpinan Redaksi : Dena Heratamtama.
    g. Sekretaris : Etik Setyaningsih.
    h. Redaktur Pelaksana: Margareta Prima.
    i. Staf Redaksi : Amelia Dian Kurniasari.
    j. Reporter : Syntia Indah Sari.
    k. Kameramen: Sulis
    l. Layout: Tim Kreatif Majalah Eksis.
    3. Susunlah draf redaksi:
    a. Penanggung Jawab: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    b. Penasihat: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    c. Pemimpin Umum: Dessy Anggara
    d. Wakil Pemimpin Umum: Dini Melyanti
    e. Sekretaris Umum: Tina Indri Astuti
    f. Bendahara Umum: Arini Wihdatul Ummah
    g. Pemimpin Redaksi: Devi Kurnia Khikmawati
    h. Wakil Pemimpin Redaksi: Aulia Umami
    i. Redaktur Pelaksana: Nurul Aisyah.
    j. Reporter: Danu, Ardina, Salma Fitriyani, Aisyah Rahmawati, Harun , Khafidah.
    k. Editor: Swara Gema, Atriana , Aditya, Diah Fitri.
    l. Fotografer: Alda Dwi Nanda, Putri Malaysi, Asti Mrihatini.
    m. Layouter: Inneke Dyah A, Fransiska Nanda, Muhammad Anthori.
    n. Periklanan : Melisa Sheila, Ludiya Yayang Mirana, Dinar Febrianti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedua

      1. Rubrik Majalah Kartini:
      a. Rubrik aktual/eksklusif
      b. Profil,
      c. Kisah sejati,
      d. Mode,
      e. Gaya hidup,
      f. Kecantikan,
      g. Fiksi,
      h. Konsulasi dan informasi,
      i. Dan segala sesuatu yang berkaitan pada dunia wanita.
      2. Menurut saya rubrik yang menarik dalam majalah kartini adalah rubrik gaya hidup, karena rubrik tersebut berisi tentang segala macam bentuk gaya hidup seorang wanita, dari pakaian dll.
      3. Apabila saya diberi tugas untuk menulis rubrik tersebut, maka saya akan memberikan informasi lebih luas tentang gaya hidup memaparkan hal-hal yang penting untuk diketahui, tentunya yang berkenaan tentang gaya hidup secara luas, agar gaya hidup seseorang menjadi lebih baik. Pola hidup menentukan kulialitas seseorang tersebut.
      4. Rubrik Majalah Eksis:
      a. Liputan Utama.
      b. Wawancara.
      c. Opini Guru.
      d. Opini Siswa.
      e. Cerpen.
      f. Puisi.
      g. Karya Ilmiah.
      h. Jalan-Jalan.
      i. Kuis Matematika.
      j. Minat.
      k. Tips.
      l. Berita.
      m. Suara Siswa.
      n. Siswa Berprestasi.
      o. Kuis English.
      Menurut saya rubrik yang menarik dari Majalah Eksisi adalah rubrik jalan-jalan. Karena kita bisa mendapat informasi mengenai hal-hal yang ada di sekitar kita, seperti tempat wisata, tempat bersejarah, kuliner dan lain sebagainya.
      Apabila saya mendapatkan tugas menulis rubrik jalan-jalan, saya akan menulis tempat-tempat yang bersejarah dan ada kaitannya dengan pembelajaran agar siswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

      Hapus
  50. Nama : Oldri Permata Sari
    NIM : A310170180
    Kelas : 7D

    PERTAMA
    Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Pemimpin Redaksi : Eric Tuapattinaya (Pemimpin Redaksi)
    Penanggung Jawab : Eric Tuapattinaya, Heru Hartoko, Dewi Yamina, Retno Satuti, dan Nurul Rahmi
    Redaksi Aktual Eksklusif : Heru Hartoko, Dewi Yamina, Nurul Rahmi, Galis Remina, Babay, Tri Vany Kurniasih, Ai Turwina, dan Risna Halidi
    Redaksi Gaya hidup : Mia Apilia, Retno Satuti, Fahri Reza, Ray Hafidz Martino, Mustiana Lestari dan Ditriana Rahmianti
    Redaksi Artistik : Daniel Donnie Anthony, Yefta Kansil, Sandy Mardiana, Risma Gantini, Hendra Adrian
    Sekretaris Redaksi : Intan Mahalia, Rahmayati
    Fotografer : Kosim Sanusi
    KEDUA
    Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah KIBAR SMAN 1 Parengan
    PELINDUNG : Drs. Kusworo Budi Mulyoto, M.Mpd.
    PENANGGUNG JAWAB : Ahmadi Maksum R.I, S.Pd.
    PEMBINA : Drs. Masrukin, M.Pd. Rachmad Gunawan, S.Pd. Dwi Ratnawati W, S.Pd. Dhiah Widhia Endah
    JURNALIS : Betty Aulia, Siti Nurhidayati, Nandika Putri M. Syafi Anafis,
    DEWAN REDAKSI : Ajeng Nandya F., Dwi Setyaningsih Dinda Vica Ocarina, Sisilia Kartika P. S. Widyana N. A., Dina Tri Utami Wahyu Hadi M., M. Saiful Iman Agusin Setyawan, Shobirin Ita Wahyu L., Siti Nur Kholifah Dwi Novianita, Dwi Purwanti, Kartiningsih Dian Fitriasari, Sri Haryati Lusa Revolusi, Bima Wiji L., Vidrio Mahta
    EDITOR : Adi Sucipto, Sugeng Cahyono, Kukuh Eko N.
    KETIGA
    Susunan Redaksi Papirus sesuai potensi teman
    PELINDUNG: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    PEMBINA: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    PIMPINAN UMUM: Danu Denri Susilo
    SEKRETARIS UMUM: Tina Indri
    BENDAHARA UMUM: Dini Melyanti
    PIMPINAN REDAKSI: Vitria Indriyani
    REDAKTUR PELAKSANA: Salma Fitriani
    REPORTER: Melisa Sheila, Fransisca Nanda, Oldri Permata Sari, Aisyah Rahmawati
    EDITOR: Ema Priyandini, Swara Gema, Arini, Devi
    FOTOGRAFER: Alda Dwi Nanda, Putri Malaysi, Desy Anggraini
    LAY OUTER: Asti Mrihatini, Inneke Dyah, Ratna Wulansari
    ILLUSTRATOR : Nabila, Amy Rahmawati, Fransiska Alisia, Murni Cahyati
    DISTRIBUTOR : Neneng Wicayanti, Khafidah Anggraini, Siti Nur Arifah
    PERIKLANAN: Ludiya Yayang Mirana, Nurul Aisah

    1. Rubrik Majalah Kartini
    Berita
    Kecantikan
    Mode kesehatan
    Keluarga
    Gaya hidup
    Karir

    a.Bagi Saya rubrik yang paling menarik yaitu kecantikan. Karena dengan adanya rubrik mengenai kecantikan para Wanita dapat menambah pengetahuannya tentang kecantikan.

    b. Jika diberi kesempatan untuk mengisi rubrik tersebut, Saya akan mengisi dengan informasi-informasi kecantikan terkini sesuai dengan yang dibutuhkan pembaca.

    2. Rubrik Majalah Sekolah KIBAR SMAN 1 Parengan
    Profil (kepala sekolah/guru/ siswa)
    Karya siswa
    Pengetahuan
    Iklan
    Info

    a. Bagi Saya rubrik yang paling menarik yaitu karya siswa. Karena dalam karya siswa dapat melatih dan mengasah keterampilan menulis siswa.
    b. Jika Saya diberi kesempatan untuk mengisi rubrik tersebut, Saya Akan mengisi dengan karya-karya siswa yang menarik untuk di publikasikan.

    BalasHapus
  51. Nama : ANI RUFIAH
    Kelas : 7 D
    NIM : A310170179

    *) PERTAMA
    A. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah umum
    1) Nama majalah: Femina
    2) Nama lembaga yang menerbitkan: PT Gaya Favorit Press
    3) Nomor ijin penerbitan: 033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    4) Slogan/topik majalah umum: Gaya Hidup Masa Kini
    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.
    1) Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah
    2) Editor at Large: Dewi Dewa
    3) Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti
    4) Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih
    5) Redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti
    6) Pemimpin Umum: Widarti Gunawan
    7) Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana.
    8) Penerbit: PT Gaya Favorit Press
    9) Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana
    10) Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana
    11) Alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.32—33, Jakarta 12910, SIUPP Nomor:033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986
    12) Pencetak: PT Grafika Multi Warna, dengan harga Rp15.000,00, tebal 130 halaman.

    B. Perbaikan mengenai susunan redaksi majalah sekolah.
    1) Nama majalah: Optimalkan Keahlian Siswa SMK Edisi ke-II 2016
    2) Nama lembaga yang menerbitkan: SMK N 2 Klaten
    3) Nomor ijin penerbitan: -
    4) Slogan/topik majalah umum: SMK Bisa-Hebat (Siap Kerja-Santun-Mandiri-Kreatif)

    Redaksi dan nama orang yang menempati posisi redaksi.
    1) Direktur Pembinaan SMK: Drs.M.Mustagfirin Amin, MBA
    2) Pembina : Hamid Muhammad, Ph.D
    3) Pengarah : Drs.M.Mustagfirin Amin, MBA
    4) Direktur Pembinaan SMK: Dr. Thamrin Kasman,M.Si Sesditjen Dikdasmen
    5) Pemimpin Redaksi /Penanggung Jawab : Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak
    6) Dewan Redaksi : Dr.Ir. M. Bakrun, MM , Muhammad Soleh, S.P , Ir. Nur Widyani, MM , Ir. Sri Puji Lestari, MM , Chrismi Widjajanti, SE, MBA , Arfah Laidiah Razik, SH, MA.
    7) Staf Redaksi : Dimas Raditya Trilaksono, S.T , Medhi Alkibzi, S.IP , Hendra Syahrial , Tri Haryani, S.Pd , Yana, S.Pd , Lina Lisnawati , Rahayu Nengsih,SE , Pipin Dwi Nugraheni, SE ,Lilis Triana Lestari, S.T
    8) Desain dan Tata Letak : Muhammad Herdyka, S.T , Eka Yuli Arisanti, S.ST , Yuli Setiawan,SAB
    9) Penerbit : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud
    10) Alamat Redaksi & Tata Usaha : Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung E, Lantai 13 Jl. Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 021-5725477 (hunting) e-mail : program.psmk@kemdikbud.go.id

    C. Susun Redaksi Papirus
    1) Direktur Pembinaan: Dr. Yacub Nasucha, M.Hum
    2) Pembina : Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    3) Pengarah : Danu Denri Susilo
    4) Direktur Pembinaan SMK: Arini Wihdatul Ummah
    5) Pemimpin Redaksi /Penanggung Jawab : Mia Nur Insani, Ardina Sholekhah
    6) Dewan Redaksi : Ani Rufiah, Nadia Fauziah, Muhammad Anthori, Nurul Aisah
    7) Staf Redaksi : Aditya Dwi P, Astria Yuli Rahmawati, Siti Aulia Umami
    8) Desain dan Tata Letak : Nabila Jaysi Syah Putri, Uswatun Khasanah, Vitria Insriyanti
    9) Penerbit : Fansisca Nanda Arintowati, Amy Rachmawati, Fatahillag Ichwanudin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. *) KEDUA
      A. Rubrik pengisi majalah Femina
      Rubrik utama "Surat Pembaca", "Antara Kita", "Dokter", "Madame Komentar", "Dari Hati Ke Hati", "Tip", "Komik", "Pola", "Rumah", "Kisah Sejati", "Quiz", "Teka-Teki Silang", "Resensi Buku", "Resensi Film", "Cerita Pendek", dan "Cerita Bersambung".

      B. Rubrik yang disukai atau menarik bagi saya adalah dokter karena dapat memberitahu seputar kesehatan dan cara mengatasinya.

      C. Apabila diberi tugas untuk mengisi rubrik tersebut maka memberikan tips-tips menjaga kesehatan agar menjadi lebih sehat.

      D. Rubrik yang terdapat pada majalah sekolah meliputi inovasi, laporan utama, laporan khusus, kreativitas, prestasi, ekskul, karya tulis.

      Rubrik yang paling menarik menurut saya adalah ekskul karena dengan adanya ekskul kita dapat melatih soft skill, menambah wawasan, dan pengalaman.

      Apabila diberi tugas untuk mengisi rubrik tersebut maka saya akan memberikan pengalaman maupun tips agar semangat dan tidak merasa sia-sia dalam mengikuti ekskul.

      Hapus
  52. Nama : Hanif Pradana
    Kelas : 7D
    NIM : A310170186

    PERTAMA
    A. Perbaikan susunan redaksi majalah umum.

    (1) Nama Majalah : 1000 GURU Edisi Ke-1
    Nama Lembaga : 100Guru.Net
    Nomor ijin penerbitan : 2379-210820
    Slogan : Cerdas, Cermat, Serta Kreatif

    (2) Redaksi

    PIMPINAN UMUM : Ahmad-Ridwan Tresna Nugraha S. Pd., M. Pd.
    REDAKTUR AHLI : Agung Budiyono S. Pd.
    PEMIMPIN REDAKSI : Witri Lestari S. Si.
    REDAKTUR PELAKSANA : Miftakhul Huda Irianto
    SEKERTARIS REDAKSI : Indah Kartika Murni
    KONTRIBUTOR : Muhammad Ali Imran S. Pd.
    COVER : Yogi Rahmayanti
    SETTING & LAYOUT : Sidrotun Naim
    KEUANGAN : Isti Winayu
    LITBANG : Muhammad Hasan Amin
    PENGEBANGAN : Deni Sugiarto
    SIRKULASI : Maulana Sultoni
    PUBLIC RELATION : Dwi Panji Fajarudin Soleh
    WEB MASTER : Riyan Dwi Prihartanto
    IKLAN & PRODUKSI : Muhammad Jabar Alfian





    B. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    (1) Nama Majalah : Bambang Setiawan S. Pd., M. Pd.
    Nama : 1000 Guru Edisi Ke-1
    Nomor ijin penerbitan : 3529-120420
    Slogan : Bacalah, Kuatkan Ilmu

    (2) Redaksi
    PELINDUNG : Yasir Al Fakhri S. Pd.
    PEMBINA : Ita Purwanti S. H.
    PEMRED I : Ibnu Said Ubaydillah S. Hum
    SEKRETARIS UMUM : Farhan Mahardika S. A., Ak.
    SEKRETARIS I : Leni Syailah
    BENDAHARA UMUM : Rosyfah S. Pd.
    BENDAHARA I : Zulvia Putri Hargono S. Pd.
    EDITOR : Fardan Ahdiyat, Falikul Isbah, Muhammad Salam Abidin, Ilham
    Maulana Fikri, Firman Syahfitri.
    LAY OUTER : Muhammad Afrizal, Ardiansyah Nugroho, Ummi Salamah, Nanda
    Malita, Diyah Hasna Aldina
    JURNALIS : Muhammad Kemal Hanif, Indah Mei Fani, Destia Gita Ramadhani,
    Agung Pryanto, Muhammad Subhan, Maulana Faiz Azhari.
    ILLUSTRATOR : Bella Safitri, Sausan, Danastri Prasedya Danirmala, Irma Soeraya,
    Aulia Az Zahra.
    DISTRIBUTOR : Adinda Daffa Wildani, Herlina Astuti, Elma Novianti, Fitriyani
    Nur Insani.
    PERIKLANAN : Unggul Sajjad

    C. Susunan Majalah Papirus Kelas VII D
    (1) Nama: MALWA (Majalah Lintas Mahasiswa)
    Nama Lembaga: Mahasiswa PBSI
    (2) Redaksi
    PELINDUNG: Dr. Yakub Nasucha, M.Hum.
    PEMBINA: Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum.
    PIMPINAN UMUM: Danu Denry Susilo
    SEKRETARIS UMUM: Dini Melyanti
    BENDAHARA UMUM: Savina Rachama
    PIMPINAN REDAKSI: Mia Nur Insani
    REDAKTUR PELAKSANA: Desy Anggraini
    REPORTER: Tina Indri Astuti, Siti Aulia Umami, Emma Priandini, Vitria, Fatahilah Ichwanuddin, Ani Rufiah, Ludiya Yayang.
    EDITOR: Devi Kurnia, Oldri Permata, Nurul Aisah, Salma Fitriani, Astria Yuli, Nadia Fauziah, M. Anthori
    FOTOGRAFER: Alda Dwi Nanda, Putri Malaysi, Fransisca Nanda, Asti Mrihatini, Melisa Sehila.
    LAY OUTER: Ratna, Khafidah Anggraeni, Aditya, Inneke Diah, Krisjayanti, Neneng Wicayati.
    ILLUSTRATOR:
    Siti Nur Arifah, Swara Gema Ramadhan, Dinar Febrianti, Nabila Jayshi, Amy Rahmawati.
    DISTRIBUTOR: Fransiska Alisia, Arini Wihdatul Ummah, Dika Ukhti, Hanif Pradana, Murni Cahyati
    PERIKLANAN: Ardina, Aisyah Rahmawati, Diah Fitriani, Harun Arrizal, Nurul Arifin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjut Ke-2

      A. Rubrik Majalah 1000 Guru
      - Zulfikar Alfarizi
      - Aji Pangestu
      - Bilal As Sidik
      - Ahdats Nijayah
      - Makalah
      - Adab Nabawiyah
      - Fiqrah
      - Fiqh Nazilah
      - Khutbah
      - Fiqrah Dakwiyah
      - Himmah Aliyah
      - Tips
      - Kalam Qalbi
      - Hadharah
      - Tajribah
      - Ahwal Nisaiyah
      - Shifat Insaniyah
      - Hiwar Ukhrawi
      - Kitabah
      - Fursah Nafisah
      - Akidah
      - Muhasabah

      B. Rubrik yang paling menarik bagi saya adalah Hadharah. Karena rubrik tersebut berisi tentang cerita sejarah di dunia. Dengan adanya rubrik tersebut pembaca dapat mengetahui berbagai sejarah di dunia yang tidak diajarkan di bangku sekolah.

      C. Jika saya diberi kesempatan menulis pada rubrik tersebut, saya akan menggali lebih dalam berbagai sejarah untold sehingga pembaca tidak menganggao sejarah hanya sebagai angin lalu yang dapat dilupakan.

      D. Rubrik Majalah MISI
      -Fokus Utama
      -Fokus Komentar
      -Fokus Artikel
      -Karikatur
      -Fokus Tokoh
      -Lentera Hati
      -Teropong
      -Pesantren
      -Suara Sekolah
      -Opini
      -Cermin Jiwa
      -Iptek
      -Gender Artikel
      -Gender Wawancara
      -Obituari
      -Budaya
      -Kronik
      -Nusantara
      -Resensi Buku
      -Konsultasi Siswa
      -Konsultasi Agama
      -Momentum
      -Gagasan
      -Sekitar Kita
      -Liputan Khusus
      -Kabar Bangsa
      -Kiat Sang Juara
      -Inspirator
      -Kabar Sekolah
      -Kisah Sejati
      -Kolom
      -Cerpen
      -Fakta Unik
      -Remaja Kita
      -Tips
      -Hits
      -Humor
      -Fans Misi
      -Puisi
      -Brain Game
      Rubrik yang menarik bagi saya adalah Gender Artikel. Pada rubrik tersebut membahas tentang gender, menurut saya perbedaan gender harus diajarkan sejak dini agar siswa sekolah memahami perannya dan tidak meluku menuntut kesetaraan tanpa tahu peran masing-masing.
      Jika saya diberi kesempatan menulis di rubrik tersebut saya akan berusaha sebaik mungkin menjelaskan perihal gender karena hal ini masih tabu ditelinga siswa sekolah.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.