PERTEMUAN PERTAMA FONOLOGI SEMESTER III KELAS E 2020: KONTRAK KULIAH

 KONTRAK  KULIAH

FONOLOGI

SEMESTERIII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Fonologi

          Saya harap semua semangat!

         

ISI KONTRAK

Pertama:

a. Nama mata kuliah: Fonologi

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku yang digunakan seperti buku pengantar linguistik dan buku fonologi yang disusun para ahli, serta buku pegangan yang baru proses penyusunan --Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan LPPBI.

 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Fonologi

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

A.      PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

B.       SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

C.       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

 

D.      KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

 

E.       KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan MK FONOLOGI

1. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.

2. Mahasiswa mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan dan semivokal. 2.1 Mahasiswa menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa. 2.2  Menentukan fonem segmental: vokal, konsonan, dan semivokal bahasa Indonesia. 2.3 Membuat deskripsi fonem bahasa Indonesia.

3. Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata. 3.1 Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata. 3. 2. Silabel/suku kata dan jenisnya dalam satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia. 3. 3 Penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kadiah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia.

5. Mahasiswa mengenal sistem tulisan. 5.1 Mengenal sistem tulisan: sejarah tulisan di dunia. 5.2 Mengenai jenis tulisan di dunia. 5.3 Sistem tulisan bahasa Indonesia: transkripsi ortografis bahasa Indonesia.

 

C. MATERI

Materi

Fonologi sebagai cabang linguistik

Definisi fonologi, fonemik, dan Penjelasannya

Fonem bahasa sebagai objek kajian fonologi

Fonem segemantl dan fonem suprasegmental dalam bahasa

Identifikasi fonem bahasa: fonem segmental bahasa Indonesia

Deskripsi fonem vokal, fonem konsonan, dan fonem semivokal bahasa Indonesia

Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata bahasa Indonesia

Suku kata, jenis suku kata dalam bahasa Indonesia

Pedoman ejaan bahasa Indonesia dan tata cara penulisan kata

Kaidah pelafalan fonem vokal bahasa Indonesia

Kaidah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia

Suku kata dan cara melafalkan

Sistem tulisan dan sejarah tulisan di dunia

Jenis tulisan di dunia

Sistem tulisan bahasa Indonesia (transkripsi ortografis)

 

 

D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!

B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan Fonologi dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Terima kasih , Pak.

    Nama: Winda Dwi Lestari
    NIM: A3101910209
    Kelas : Fonologi 3E

    Umpan Balik
    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab:
    Ditengah pandemi, dengan pembelajaran masih berjalan daring, saya akan senantiasa bersungguh-sungguh dalam mengikuti perkuliahan fonologi, menjalankan dan mengupayakan untuk aktif, disiplin, bertanggung jawab, dan tetap semangat dalam menghadapai tantangan dan hambatan selama perkuliahan fonologi daring ini. Saya juga akan mengaplikasikan dan mengamalkan ilmu yang saya dapat dari mata kuliah fonologi, untuk bekal kedepannya.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab:
    Setelah memahami CPMK, menurut saya dari kelima butir yang ada, semuanya cocok dengan mata kuliah Fonologi. CPMK telah sesuai juga dengan materi yang akan dipelajari dalam fonologi. Kelima butir tersebut sudah mencakup aspek yang menjadi materi fonologi. Semua butir saling berkaitan erat, dan mencakup semua materi mengenai fonologi. Dimulai dari pertam-tama yakni menggali motivasi mempeljarai fonologi, serta memhami konsep definisi fonologi, hingga berkesinambungan dan berkelanjutan sampai butir ke-5 yang pada akhirnya mahasiswa dapat mengenal sistem tulisan bahasa Indonesia, transkripsi ortografis,
    Jadi, lima butir CPMK yang dituliskan tersebut semuanya cocok dengan mata kuliah Fonologi.



    Umpan Balik
    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab:
    Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab:
    Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab:
    Fonologi menurut Chaer, didefiniskan sebagai ilmu yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Perlu diingat kembali juga bahwa bunyi bahasa adalah bunyi yang diucapkan oleh alat ucap manusia. Untuk itu, dalam fonologi ini, kita mempelajari tentang bagaimana seluk beluk dan rentetan bunyi-bunyi bahasa tersebut, yakni dengan menganlisis dan mempelajari bunyi bahasa tersebut.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut
    berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab:
    Berkaitan dengan definisi fonologi tersebutt, maka dapat dipahami sebuah contoh implementasi fonologi dengan kemampuasn berbahasa, baik lisan maupun tulisan. Pertama, dalam berbahasa lisan. Tentulah sering kita jumpai mahasiswa yang berasal dari luar daerah, misalnya dari Jawa dengan Mahasiswa dari Sunda. Tentu ada beberapa pengucapan bunyi bahasa yang kontras, berbeda dengan pengucapan bunyi bahasa oleh Mahasiswa dari Jawa. Misal pengucapan huruf o dan u, orang jawa sering menukarkan cara pengucapan bunyi bahasa tersebut. Kemudian dalam tulisan, fonologi juga diimplementasikan ketika misalnya ketika seseorang mengucap bunyi bahasa, cara pengucapan itu akan memepengaruhi juga ketika ia mentranskripkan pengucapan ke dalam tulisan.


    BalasHapus
  2. Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Nama : Fadhila Hazna Fitriani
    NIM : A310190194
    Kelas : 3E
    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Saya akan mengikuti kuliah dengan baik dan berusaha untuk mencapai semua capaian mata kuliah fonologi. Berusaha mempelajari materi dengan baik. Mengerjakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab dan disiplin mengumpulkan tugas tepat pada waktunya.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Semua CPMK cocok dengan mata kuliah Fonologi. Karena tiap butir dari CPMK saling berkaitan dan saling melengkapi satu sama lain. Semua CPMK yang tertera, akan sangat membantu untuk mahasiswa, terutama Mahasiswa Bahasa.
    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Secara etimologi istilah fonologi ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna bunyi dan “logi” yang berarti ilmu. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Abdul Chaer (2003:102)
    Daftar pustaka:
    Chaer, Abdul. 2003. Fonolodi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Fonologi adalah ilmu tentang perbendaharaan bunyi-bunyi (fonem) bahasa dan distribusinya. Fonologi diartikan sebagai kajian bahasa yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia. Bidang kajian fonologi adalah bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran dengan gabungan bunyi yang membentuk suku kata. Dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Menurut saya implementasi dari definisi tersebut dalam kemampuan berbahasa, baik lisan dan tulisan tergambar dalam aktivitas mahasiswa. Dalam kesehariannya, mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan mahasiswa yang lain. Disini lah ilmu tentang fonologi dibutuhkan. Mereka yang mempelajari fonologi dengan benar, pasti gaya bicaranya akan sangat berbeda dengan mereka yang tidak mempelajari ilmu fonologi.
    Dan dalam kemampuan tulis, Mahasiswa yang mempelajari ilmu fonologi mampu melambangkan bunyi-bunyi ujar dalam bentuk tulisan.

    BalasHapus
  3. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih pak.

    Nama : Agnesya Mayang Hernanda
    Kelas : III E
    Nim : A310190201

    *Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Saya akan berusaha untuk mengikuti kuliah fonologi dengan baik.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. Karena fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa.

    *Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Abdul Chaer (2003:102),
    Berdasarkan etimologi “fonologi” terbentuk dari kata “fon” yang berarti “bunyi” dan “logi” berarti sebagai “ilmu”. Maka, umumnya bisa di bilang Fonologi memiliki arti Ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang di pakai oleh manusia.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : https://www.materi.carageo.com/pengertian-fonologi/

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang digunakan oleh manusia

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Fonologi sangat berguna karena mempelajari bunyi bahasa yang digunakan manusia baik secara lisan maupun tulisan. Karena dari tulisan kita mempelajari bagaimana bunyi tulisan tersebut.

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh, baik terima kasih pak
    Nama : Tasya Oktavia Nawastuti
    NIM : A310190183
    Kelas : 3E

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab juga agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan, dan agar bisa menerapkan ilmu yang Saya peroleh untuk saya pribadi maupun masyarakat nantinya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena dapat membantu membantu mahasiswa lebih memahami mata kuliah fonologi lebih dalam dan juga komponen tersebut pada setiap butirnya akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi itu mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maksudnya yaitu Fonologi menganalisis dan mengkaji tentang pemanfaatan sistem-sistem untuk mengontraskan ciri-ciri bunyi yang terdapat dalam bahasa-bahasa. Fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.
    Contoh : orang yang berasal dari daerah Banjar saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah Hulu Sungai berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berada di kampus, ketika mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya maka akan terlihat perbedaan bunyi vokal. Seperti, pada saat orang Banjar mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari mahasiswa yang berasal dari Hulu Sungai yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi mahasiswa tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Baik pak, terimakasih

    Nama : Farhana Ifrida
    Nim : A310190193
    Kelas : 3E

    UMPAN BALIK
    • Bagian Pertama
    A. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi adalah mengikuti pembelajaran dengan sebaik mungkin agar dapat memenuhi capaian perkulihan mata kuliah Fonologi yang ditargetkan. Dengan demikian saya akan berusaha hadir dalam kegiatan perkuliahan Fonologi, memahami materi yang disampaikan dan mengerjakan semua tugas serta mengumpulkannya tepat waktu.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah Fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang apabila semua komponen tersebut dapat dicapai mahasiswa akan mampu melafalkan vokal dengan benar dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    • Bagian Kedua
    A. Kridalaksana menjelaskan bahwa Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    C. Dari definisi Fonologi yang disampaikan Harimurti Kridalaksana diatas dapat dijelaskan bahwa Fonologi adalah cabang keilmuan dari linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa membedakan makna leksikal dalam bahasa tersebut.
    D. Menurut saya mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, misalnya ketika kita orang Jawa berbicara dengan orang lain dari daerah Batak atau Sunda akan terlihat perbedaan lafal, logat, dan kata yang sama tetapi memiliki arti yang berbeda. Dengan mengimplementasikan Fonologi dapat menyelidiki atau menkaji bunyi-bunyi bahasa yang berbeda sesuai dengan fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa yang beraneka ragam.

    BalasHapus
  7. Nama: Dimas Yoga Adi Pratama
    NIM: A310190202

    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A. Dalam mengikuti mata kuliah Fonologi ini dengan komitmen agar saya dapat mengerti dan memahami mengenai pembahasan mata kuliah ini serta dapat berkomitmen penuh dengan apa yang sudah saya pelajari. Dengan begitu ilmu yang saya dapatan dapat berguna untuk kedepannya.
    B. Semua CPMK Fonologi sangatlah penting. Karena semua butirnya merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa ketika menempuh mata kuliah Fonologi.

    BAGIAN KEDUA
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalkan, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  8. Nama: Dimas Yoga Adi Pratama
    NIM: A310190202

    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A. Dalam mengikuti mata kuliah Fonologi ini dengan komitmen agar saya dapat mengerti dan memahami mengenai pembahasan mata kuliah ini serta dapat berkomitmen penuh dengan apa yang sudah saya pelajari. Dengan begitu ilmu yang saya dapatan dapat berguna untuk kedepannya.
    B. Semua CPMK Fonologi sangatlah penting. Karena semua butirnya merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa ketika menempuh mata kuliah Fonologi.

    BAGIAN KEDUA
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalkan, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  9. Nama : Aprilia Kartika Sari
    Nim : A310190187
    Kelas : 3E

    Umpan balik pertama

    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin dan ilmu yang saya dapatkan di mata kuliah fonologi ini semoga bisa bermanfaat bagi saya untuk kedepannya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Disamping itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan kita harus melakukannya step by step, antara teori dan praktek harus seimbang.

    Umpan balik kedua

    A. Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka: 
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. Dari definisi tersebut yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji, mempelajari dan menganalisis runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, antara orang jawa dengan orang sunda ketika mereka bertemu maka cara pelafalan setiap katanya akan berbeda-beda, mereka akan berbicara sesuai dengan logatnya masing-masing. Maka dengan adanya sub-disipliner linguistik di bidang fonologi kita dapat memahami bagaimana cara mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  10. Waalaikumsalamwarahmatullahiwabarokatuh, baik pak terimakasih.

    Nama : Fadhila Dwi Juliyanti
    Nim : A310190225
    Kelas : 3E

    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Komitmen Saya saat mengikuti pembelajaran fonologi, saya akan mengikuti pembelajaran dengan baik dan sungguh-sungguh serta secara tertib dan selalu semangat , saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mempelajari materi mata kuliah fonologi.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Menurut saya semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih memahami apa yang akan dipelajari.

    Bagian Kedua:
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang secara etimologis terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Implementasi dari definisi tersebut dapat diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Seperti ketika kita berbicara kepada orang lain ada lafal-lafal yang muncul dari alat ucap kita, maka hal tersebut adalah implementasi secara lisan dengan menerapkan dari kajian fonetik. Dan ketika kita menulis huruf-huruf saat sedang belajar, maka hal tersebut adalah implementasi secara tulis. Maka dapat di implementasikan secara lisan maupun tertulis

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Waalaikumsalam warahmatullahi wa'barakatuh, baik pak terimakasih 🙏🙏
    Nama: Nurvita Amelia Rahayu
    Nim: A310190214
    Kelas: 3E

    UMPAN BALIK
    *Bagian pertama*
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, dan ilmu yang saya dapatkan semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Disamping itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan kita harus melakukannya step by step, antara teori dan praktek harus seimbang.
    *Bagian kedua*
    Bagian kedua
    1.Menurut Kridalaksana, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3.Dari definisi diatas, dapat saya tarik kesimpulan bahwa fonologi merupakan suatu ilmu yang memperlajari dan mengkaji, semua hal yang berkaitan dengan bunyi menurut fungsi bunyi tersebut (cara membedakan atau dari mana bunyi tersebut dihasilkan)
    4. pendapat saya mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis yaitu harus memperhatikan bunyi bahasa sesuai dengan fungsinya, agar apa yang disampaikan dan diterapkan bisa jelas dan tidak menimbulkan kesalahpahaman

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama: Dimas Yoga Adi Pratama
    NIM: A310190202

    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A. Dalam mengikuti mata kuliah Fonologi ini dengan komitmen agar saya dapat mengerti dan memahami mengenai pembahasan mata kuliah ini serta dapat berkomitmen penuh dengan apa yang sudah saya pelajari. Dengan begitu ilmu yang saya dapatan dapat berguna untuk kedepannya.
    B. Semua CPMK Fonologi sangatlah penting. Karena semua butirnya merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa ketika menempuh mata kuliah Fonologi.

    BAGIAN KEDUA
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalkan, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  16. Wa’alaikumsalam wr wb
    Terimakasih pak

    Nama: Mona Mutiara Dewi
    NIM: A310190220
    Kelas: 3E

    A. BAGIAN PERTAMA
    1) Komitemen saya dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah fonetik adalah saya akan memperhatikan apa yang dijelaskan. Jika saya tidak memahami saya akan mengajukan pertanyaan dan meminta penjelasan tentang apa yang saya tidak pahami terkait dengan materi yang dijelaskan. Kemudian saya akan disiplin waktu dalam kehadiran dan pengumpulan tugas.
    2) Setelah saya membaca dan memahami CPMK, menurut saya keseluruhan CPMK cocok dengan mata kuliah fonologi. Karena, butir-butir CPMK tersebut membantu kami para mahasiswa dalam memahami dan mempelajari bunyi-bunyi bahasa baik lisan maupun tulisan.

    B. BAGIAN KEDUA
    1) Fonologi adalah ilmu yang mengkaji tentang sistem bunyi bahasa yang dihasilkan oleh organ wicara (organ of speech) manusia atau disebut juga dengan ilmu tata bunyi.
    2) Sumber referensi : Yendra.2018.”Mengenal Ilmu bahasa (Linguistik)”.Yogyakarta:Deepublish. Hal. 64
    3) Dari definisi diatas dapat dijelaskan bahwa fonologi ilmu yang mengkaji tentang berbagai macam sistem bunyi baik bunyi yang dihasilkan oleh manusia maupun benda mati. Fonologi mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional. Objek kajian yang pertama dikaji yaitu bunyi bahasa (fon) yang disebut tata bunyi (fonetik) dan yang kedua mengkaji fonem yang disebut dengan fonemik.
    4) Dapat diambil contoh pengimplementasian dari definisi tersebut yaitu dalam proses belajar mengajar. Pada saat proses pembelajaran fonologi di kelas, dosen mengajak mahasiswa untuk melakukan pesan berantai dengan tujuan sebagai aplikasi bagaimana mekanisme penerimaan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dapat diterima oleh telinga kita.

    BalasHapus
  17. Waalaikumsalam warahmatullahi wa'barakatuh, baik pak terimakasih.
    Nama : Natasya Febriyanno
    Nim : A310190207
    Kelas : 3E

    UMPAN BALIK
    Bagian pertama
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, berusaha untuk mencapai semua capaian mata kuliah fonologi, memahami materi yang disampaikan dan mengerjakan semua tugas serta mengumpulkannya tepat waktu. 
    B. Setelah saya memahami CPMK, maka gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Fonologi yaitu semua point dalam CPMK tersebut. Karena, dalam CPMK tersebut dapat membantu mahasiswa dalam bunyi-bunyi bahasa baik secara lisan maupun tulis.

    Bagian kedua
    A. Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka: 
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. Dari definisi tersebut yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji, mempelajari dan menganalisis runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. Implementasi dari definisi tersebut yaitu pada saat dikampus/dalam kehidupan sehari-hari pasti ada yang berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dalam komunikasi itu terdapat logat, bahasa, bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda. Jadi, dengan adanya fonologi kita dapat mempelajari bunyi bahasa ataupun yang lainnya.

    BalasHapus
  18. Nama: Yoga Akbar Setia Putra
    Nim: A310190210

    Bagian Pertama

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Saya berusaha untuk mengerjakan tugas sebaik mungkin tanpa terlewat, dan juga secara serius serta mendalami setiap materi yang diberikan
    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Semua CPMK Fonologi sangatlah penting karena merupakan rangkaian pada mata kuliah fonologi yang harus dicapai mahasiswa saat menempuh mata kuliah fonologi

    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu terjadi saat di kelas semua mahasiswa dari berbagai suku dan bahasa bercampur dan saling berkomunikasi yang menghasilkan berbagai macam ragam logat yang berbeda, lalu fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  19. Nama : Puput Noviana Indra Mulyani
    NIM : A310190196
    Kelas : 3E
    Wa'alaikumsalam Warahmatillahi Wabarakatuh.
    Terima kasih pak atas penyampaian kontrak kuliah fonologi, capaian pembelajaran prodi PBSI, capaian perkuliahan fonologi, dan sub bab materi yang akan dipelajari ketika perkuliahan daring.

    Umpan balik Pertama.
    a. Komitmen saya terhadap perkuliahan daring fonologi ini berusaha untuk tetap mengikuti perkuliahan khususnya matkul fonologi dengan baik dan mengikuti kontrak perkuliahan yang sudah dibuat. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri agar tetap bisa mengikuti perkuliahan daring serta berusaha sesuai kemampuan untuk memahami atau mempelajari materi matkul fonologi dengan baik.
    b. Menurut saya butiran CMPK fonologi yang sudah dijelaskan antara butir 1-5 saling berkaitan dan sesuai dengan apa yang harus kita tempuh dalam matkul fonologi. CMPK tersebut memberikan sebuah gambaran berupa tingkatan atau materi apa saja yang harus kita ketahui dan kita pelajari ketika melakukan perkuliahan fonologi agar tercapai sebuah ketuntasan materi perkuliahan fonologi.

    Umpan balik kedua.
    a. Verhaar (1984:36) menyimpulkan "fonologi merupakan bidang khusus dalam linguistik yang mengamati bunyi - bunyi suatu bahasa tertentu sesuai dengan fungsinya untuk membedakan makna leksikal dalam suatu bahasa."
    b. Verhaar J.M.W.1984. Pengantar Lingusitik. Yogyakarta:Gajah Mada University.
    c. Makna leksikal berkaitan dengan makna yang didasarkan pada kata yang sesungguhnya, sehingga pengertian fonologi yang dimaksudkan Verhaar ialah fonologi merupakan salah satu bidang khusus dalam linguistik yang mempelajari suatu bunyi bahasa yang berfungsi untuk membedakan makna kata atau mengamati makna sebuah kata untuk membedakan antara kata yang satu dan yang lainnya.
    d. Dapat di implementasikan dalam beberapa bidang profesi salah satunya penerjemah bahasa. Para penerjemah bahasa dituntut untuk mampu melafalkan sebuah bahasa yang akan disampaikan kepada lawan bicaranya yang memiliki bahasa yang berbeda serta mampu memahami sebuah arti atau makna kata yang diucapkan kepada lawan bicaranya. Selain itu penerjemah bahasa pun harus mangusai kemampuan dalam membaca dan menulis sebuah kata agar mampu membedakan sebuah arti yang dibaca serta mengetahui makna kata yang ditulis. Misalnya :
    Kata 'see dan sea' dalam bahasa inggris mempunyai susunan huruf yang hampir sama dan pelafalan huruf yang diucapkan juga hampir sama. Namun perlu kita ketahui bahwa makna dari kata 'see dan sea' tersebut berbeda. Kata 'see' memiliki arti melihat dan Kata 'sea' memiliki arti laut. Dalam konteks penulisan juga berbeda bahwa kata 'see' terdiri atas huruf s/e/e sedanglan kata 'sea' terdiri atas huruf 's/e/a'.

    BalasHapus
  20. Waalaikumsalam warahmatulahi wabarakatuh. Terimakasih, Pak.
    Nama : Sri Rahayu Nurjanah
    NIm : A310190206
    D. UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    1. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuilahan Fonologi!
    Jawab :
    Saya akan mengikuti perkuilahan dengan sebaik-baiknya walaupun kuliah ini dilakukan lewat online bukan tatap muka, sehingga saat ada tugas dapat mengerjakan dengan lancar dan dapat mengumpulkan tepat waktu, dan dapat memahami CPMK mata kuliah Fonologi.
    2. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi!
    Jawab :
    Menurut saya, CPMK tersebut semua sudah cocok dengan mata kuliah fonologi. Karena komponen tersebut memang dibutuhkan mahasiswa untuk memahami konsep fonologi, pelafalan vokal, struktur fonem, bahkan mengenal sistem tulisan, transkripsi ortografis bahasa Indonesia. Serta hal itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

    Bagian Kedua
    1. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab :
    Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    2. Sertakan sumber situasinya!
    Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    3. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab :
    Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.
    4. Bagaimana pendapat Anda mengenai implementasi kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab :
    Menurut saya dengan adanya ilmu fonologi ini akan memudahkan kita untuk mengkaji atau mempelajari bunyi bahasa mulai dari proses tersusunya, perubahanyan dan pengunaanya. Seperti halnya ketika dua orang yang sedang berbicara namun dua orang ini berasal dari berbeda daerah cara mereka berbicara saja sudah beda mulai dari logat hingga pelafalan berbeda. Dengan adanya fonologi kita dimudahkan untuk mempelajarinya.

    BalasHapus
  21. Nama : Yustito Roiyan Bilantara Nugraha Bhakti
    NIM : A310190182
    Kelas : Fonologi 3E

    Umpan Balik
    Bagian 1

    A. Ditengah pandemi seperti ini berdampak besar pada setiap aspek terutama pada perkuliahan ini, maka dari itu saya berkomitmen untuk senantiasa mengikuti materi yang diajarkan agar maksimal dalam memahami dan mengerti setiap materi yang diajarkan.

    B. Semua CPMK yang tertera sangatlah cocok dan saling berkaitan karena semua butirnya merupakan seluruh rangkaian pembahasan agar dapat memahami materi yang diajarkan dalam mata kuliah fonologi.

    Umpan Balik
    Bagian 2

    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia

    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.

    D. Menurut pendapat saya implementasi dari definisi ini kita dapat memahami bunyi bahasa berdasarkan fungsinya di berbagai daerah dan mengerti pelafalannya. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  22. waalaikumsalam wr.wb
    Nama: Tito Gamas Listyanto
    NIM: A310190205
    Kelas: 3E

    Umpan Balik

    Bagian pertama
    A. saya akan mengikuti kuliah fonologi ini sebaik mungkin dan saya akan berusaha semampu saya untuk mendapatkan ilmu dan capaian belajar fonologi supaya bermanfaat dikehidupan kelak.
    B. menurut saya CPMK yang sesuai dengan kuliah fonologi adalah semua komponen karena fonologi adalah ilmu yang memperlajari suatu bunyi bahasa.

    Bagian Kedua
    A. Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa, yang secara etimologis terbentuk dari kata fon yaitu bunyi, dan logi yaitu ilmu.
    B. Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Fonologi adalah cabang dari ilmu linguistik yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kemudian menurut hierarki satuan bunyi yang menjadi objek studinya, fonologi dibedakan menjadi fonetik (bidang kajian yang membahas bunyi bahasa tanpa memperhatikan fungsi bunyi bahasa tersebut sebagai pembeda makna atau tidak) dan fonemik (bidang kajian yang memperhatikan bunyi bahasa sebagai pembeda makna).
    D. Implementasi dari definisi di atas baik lisan maupun tulis dapat diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Seperti ketika kita berbicara kepada orang lain ada lafal-lafal yang muncul dari alat ucap kita ataupun ketika sedang bernyanyi, maka hal tersebut adalah implementasi secara lisan dengan menerapkan dari kajian fonetik.

    BalasHapus
  23. Nama : Isnaeni Nurmalia
    NIM : A310190191
    Kelas : 3E
    UMPAN BALIK

    BAGIAN PERTAMA
    1. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi yaitu agar saya dapat mengerti dan memahami mengenai pembahasan mata kuliah ini serta dapat berkomitmen penuh dengan apa yang sudah saya pelajari. Dengan begitu ilmu yang saya dapatan dapat berguna untuk kedepannya.
    2. Semua CPMK Fonologi sangatlah penting. Karena semua butirnya merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa ketika menempuh mata kuliah Fonologi.

    BAGIAN KEDUA
    1. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    2. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    3. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.
    4. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut yaitu mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalnya, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  24. Nama : Mei Wahyu Lestari
    Nim: A310190199
    Kelas : Fonologi 3E
    UMPAN BALIK
    Bagian pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab: Perkuliahan yang dilakuhkan secara daring ini membuat saya ingin lebih memahami dan lebih mendalami mata kuliah Fonologi, namun dengan keterbatasan serta di masa pandemi seperti ini tidak menyurutkan semangat saya untuk tetap aktif dalam perkuliahan. Dengan ini saya akan mengimplementasikan ilmu yang saya dapat untuk masa depan.
    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab: Menurut saya setelah memahami kelima butir CPMK Fonologi diatas, semua butir cocok untuk mata kuliah Fonologi yang saling berkaitan mulai dari Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik sampai Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Fromkin & Rodman
    Menjelaskan Definisi Fonologi adalah suatu bidang linguistik yang mengamati, mempelajari, mengalisa serta membecirakan terkait dengan tata bunyi bahasa.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Buku 1983 An Introduction to language / Victoria Fromkin, Robert Rodman Judul: An Introduction to language / Victoria Fromkin, Robert Rodman Penulis: Fromkin, Victoria Tahun: 1983 Label: 410 FRO i Penerbit: New York : Holt, Rinehart and Winston
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Fonologi dapat di simpulkan bahwasanya fonologi merupakan bagian tata bahasa atau bidang ilmu bahasa yang mempelajari, menganalisa, meneliti bunyi bahasa secara umum.
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Menurut saya fonologi dapat membuat seseorang mempelajari bidang ilmu bahasa dengan cara menganalisa dan meneliti bunyi bahasa tersebut hingga mempermudah dalam pemahaman.

    BalasHapus
  25. Nama: Miftaqul Janah
    NIM: A310190195
    Kelas: 3/E

    Umpan Balik
    I. Bagian Pertama
    A. Pernyataan komitmen saya mengikuti perkulihan Fonologi:
    Bismillahirahmanirrahim, saya siap mengikuti perkuliahan Fonologi disemester 3 ini. Mengingat pentingnya mata kuliah ini harus dipelajari sebagai bekal seorang guru bahasa Indonesia nantinya, walaupun masih berada dalam masa pandemi, insyaallah akan saya ikuti dengan sebaik-baiknya. Semoga ilmu yang diberikan senantiasa bermanfaat dan mudah diterima oleh akal. Aamiin.
    B. CPMK yang cocok untuk mata kuliah Fonologi.
    Semua butir CPMK cocok untuk mata kuliah Fonologi. karena fonologi telah mencakup beberapa aspek yang telah tertera dibutir tersebut dan harus dipelajari agar menguasainya. Oleh karena itu, mahasiswa harus memaham konsep Fonologi, fonem bahasa, struktur fonem, pelafalan, sistem tulisan dan lain sebagainya.
    II. Bagian Kedua
    A. Definisi Fonologi:
    Fonologi merupakan bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa.
    B. Sumber: Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
    C. Penjelasan definisi tersebut:
    Menurut saya, penjelasan mengenai definisi fonologi tersebut adalah fonologi sebagai salah satu ilmu dibidang linguistik yang memberikan rincian secara jelas mengenai bunyi yang dihubungkan dengan ilmu. Secara etomologi, jelas arti kata Fonologi terbentuk dari kata fon (bunyi) dan logi (ilmu), oleh karena itu studi fonologi ini menjelaskan bunyi bahasa dengan memperhatikan fungsi dari bunyi tersebut sebagai pembeda makna.
    D. Kaitan implementasi definisi tersebut dengan kemampuan berbahasa baik lisan maupun tulisan:
    Yang menjadi pokok bahasan mengenai fonologi adalah bunyi bahasa, bunyi bahasa tak terlepas dari konteks lisan maupun tulisan. Implementasi terhadap lisan misalkan keanekaragaman logad antar daerah yang menjadikan pengucapan berbeda. Jika implementasi secara tulisan, bunyi bahasa yang terucap mampu ditranskripkan melalui tulisan.

    BalasHapus
  26. Waalaikumsalam wr.wb
    Terimakasih pak, atas materi yang telah diberikan.

    Nama : Siska Yuniar Arumning Tyas
    NIM : A310190188
    Kelas : 3E

    UMPAN BALIK
    Bagian pertama
    A. Saya akan mengikuti pembelajaran fonologi dengan baik serta mampu memanfaatkan materi dengan sebaik-baiknya.
    B. Menurut saya, CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen yang telah disebutkan . Karena semua komponen tersebut mahasiswa lebih mengenal perafalan vokal. keretakitan antara komponen dengan yang lainnya sangat erat dan bisa mencapai tujuan pembelajaran.

    Bagian kedua
    A.fonologi merupakan bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.
    B. Abdul Chaer (2003:102)
    Daftar pustaka:
    Chaer, Abdul. 2003. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
    C. Dari definisi tersebut menurut saya fonologi adalah ilmu yang mempelajari sistem bunyi dalam bahasa indonesia dan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. implementasi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis, kemampuan berbahasa yang baik harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya, agar ketika kita ingin menyampaikan informasi bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman antara penutur dan pendengar.
    sehingga dengan adanya linguistik di bidang fonologi kita dapat memahami bagaimana cara mengkaji bunyi bahasa.

    BalasHapus
  27. Waalaikumsalam wr. wb.
    Baik, Pak. Terima kasih.

    Nama : Revivalindra A.S.
    NIM : A310190192
    Kelas : 3E

    Bagian pertama:

    A. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi ini, saya akan berusaha tepat waktu dan disiplin serta aktif dalam kegiatan kuliah daring ini. Saat kuliah daring pasti ada hambatan, namun saya akan berusaha meminimalisir hambatan sehingga kuliah dapat berjalan lancar.

    B. Setelah memahami CPMK yang ada, saya rasa kelima-limanya cocok karena semua itu juga akan dipelajari dalam mata kuliah fonologi nantinya. Serta materinya saling dibutuhkan apabila mempelajari butir yang lain.

    Bagian kedua:

    A. Definisi fonologi menurut ahli:
    Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara estimologi istilah "fonologi"dibentuk dari kata "fon" yang berarti bunyi dan "logi" yang berarti ilmu. Jadi, fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sumber sitasi:
    Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Penjelasan dari definisi:
    Jadi, menurut Abdul Chaer, fonologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bunyi bahasa pada umumnya. Bunyi bahasa sendiri merupakan bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia. Kita dapat mempelajarinya dengan menganalisis berbagai bunyi bahasa tersebut.

    D. Pendapat saya mengenai implementasi dari definisi tersebut yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis berarti implementasi fonologi berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulisan. Mungkin beberapa daerah memiliki pengucapan bunyi bahasa yang kontras, berbeda dengan pengucapan bunyi bahasa dari daerah lainnya. Fonologi juga diimplementasikan saat seseorang mengucap bunyi bahasa, hal tersebut juga mempengaruhi cara pengucapan ke dalam tulisan.

    BalasHapus
  28. Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Terima kasih , Pak.

    Nama : Maya Krisna Ari Murti
    NIM : A310190217
    Kelas : 3E

    Umpan Balik

    * Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab :
    Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi dengan baik, sungguh-sungguh, bertanggung jawab dan disiplin pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Mengerjakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta mengumpulkan tugas tepat waktu. Meskipun dalam keadaan pandemi seperti saat ini, maka harus selalu semangat dan tetap konsisten selama masa perkuliahan secara daring agar dapat berjalan dengan lancar serta tidak ada halangan. Selain itu, saya juga akan mengimplementasikan ilmu fonologi yang sudah saya dapatkan untuk masa depan nanti.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab :
    Setelah saya memahami CPMK yang sudah ada, saya rasa kelima-limanya cocok karena semua itu juga akan dipelajari dalam mata kuliah fonologi nantinya. Serta materinya saling dibutuhkan dan berkaitan satu sama lain dari tiap-tiap butir.

    Umpan Balik
    Bagian kedua:

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab :
    Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara estimologi istilah "fonologi"dibentuk dari kata "fon" yang berarti bunyi dan "logi" yang berarti ilmu. Jadi, fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab :
    Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab :
    Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bunyi bahasa pada umumnya. Bunyi bahasa sendiri merupakan bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia. Kita dapat mempelajarinya dengan menganalisis berbagai bunyi bahasa tersebut.


    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab :
    Menurut pendapat saya mengenai implementasi dari definisi tersebut yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis merupakan implementasi fonologi berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulisan. Mungkin beberapa daerah memiliki pengucapan bunyi bahasa yang berbeda dengan pengucapan bunyi bahasa dari daerah lainnya. Fonologi juga diimplementasikan saat seseorang mengucap bunyi bahasa, hal tersebut juga sangat mempengaruhi cara pengucapan bunyi ke dalam tulisan tersebut.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  29. Wa'alaikumsalam
    Nama : Yusuf Farchan
    Nim : A310190189
    Kelas : E /3

    Umpan balik
    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Komitmen Saya saat mengikuti pembelajaran fonologi, saya akan mengikuti pembelajaran dengan baik dan sungguh-sungguh serta secara tertib dan selalu semangat , saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mempelajari materi mata kuliah fonologi.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Menurut saya semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih memahami apa yang akan dipelajari.

    Bagian Kedua:
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang secara etimologis terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Implementasi dari definisi tersebut dapat diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Seperti ketika kita berbicara kepada orang lain ada lafal-lafal yang muncul dari alat ucap kita, maka hal tersebut adalah implementasi secara lisan dengan menerapkan dari kajian fonetik. Dan ketika kita menulis huruf-huruf saat sedang belajar, maka hal tersebut adalah implementasi secara tulis. Maka dapat di implementasikan secara lisan maupun tertulis

    BalasHapus
  30. Nama : Laila Fitriana Abbar
    NIM : A310190215
    Kelas : Fonologi 3E

    UMPAN BALIK
    ==>Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab : Meskipun perkuliahan dilaksanakan secara daring dikarenakan covid-19, saya akan berusaha untuk tetap bersungguh-sungguh dan serius dalam mengikuti perkuliahan Fonologi.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab : Semua CPMK sudah cocok dengan mata kuliah Fonologi.

    ==>Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab : Bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa ini disebut fonologi, yang secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi, dan logi yaitu ilmu (Chaer, 2012:102).

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab : Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Dapat disimpulkan bahwa fonologi merupakan bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda.

    BalasHapus
  31. Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Nama : Ikhtiar Wahyu K.
    NIM : A310190198
    Kelas : 3E
    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Saya akan berusaha mengikuti kelas fonologi secara aktif,berusaha memahami materi dengan baik, serta mengerjakan tugas yang diberikan.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Semua CPMK cocok dengan mata kuliah fonologi, karena tiap butir CPMK saling berhubungan dan saling melengkapi.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Secara etimologi istilah fonologi ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna bunyi dan “logi” yang berarti ilmu. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Abdul Chaer (2003:102)
    Daftar pustaka:
    Chaer, Abdul. 2003. Fonolodi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Fonologi adalah ilmu tentang perbendaharaan bunyi-bunyi (fonem) bahasa dan distribusinya. Fonologi diartikan sebagai kajian bahasa yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia. Bidang kajian fonologi adalah bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran dengan gabungan bunyi yang membentuk suku kata. Dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Menurut saya implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis dapat dilihat dari cara kita memahami bahasa atau aksen yang berbeda dengan kita, bagaimana kita saat mengucapkan bahasa asing atau aksenyang jarang kita gunakan dan juga saat kita menulis bahasa asing.

    BalasHapus
  32. Waalaikumsalam wr.wb. Terima kasih pak

    Nama: Aisyah Evatiana Ramadhayanti
    NIM: A310190224
    Kelas: 3E

    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawaban:
    Saya siap berkomitmen dalam mengikuti perkuliahan Fonologi ini dengan baik dan tertib agar saya dapat mengerti dan memahami pembahasan dalam mata kuliah ini. Dengan begitu ilmu yang saya dapatkan akan bermanfaat.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawaban:
    Semua CPMK Fonologi sangatlah penting. Karena semua butirnya merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa ketika menempuh mata kuliah Fonologi.

    BAGIAN KEDUA
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawaban: Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

    B.Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawaban: Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawaban: Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawaban: Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalkan, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  33. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama: Ali Musthofa
    Nim :A310190218
    Kelas: 3E

    Umpan balik pertama
    A. Saya berusaha mengikuti kuliah daring fonologi dengan baik dan memahami materi yang disampaikan.
    B. semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih memahami apa yang akan dipelajari.

    Umpan balik kedua
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya
    D.Fonologi sangat berguna karena mempelajari bunyi bahasa yang digunakan manusia baik secara lisan maupun tulisan. Karena dari tulisan kita mempelajari bagaimana bunyi tulisan tersebut.

    BalasHapus
  34. Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Nama : Shella Gita Cahyani
    NIM : A310190208
    Kelas : 3E
    Bagian Pertama
    A.Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Saya berkomitmen untuk mengikuti perkuliahan mata kuliah fonologi secara maksimal serta berusaha untuk mencapai semua capaian mata kuliah fonologi. Saya akan mengikuti pembelajaran mata kuliah fonologi dengan bertanggung jawab dan bersungguh- sungguh dalam mempelajari materi dan mengumpulkan tugas tepat pada waktunya.
    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Setelah saya memahami CPMK, semua butir pada CPMK semuanya cocok dengan mata kuliah fonoloogi. Karena CPMK sudah sesuai dengan mata kuliah fonologi serta lima butir CPMK tersebut telah sesuai dengan dengan materi yang dipelajari di mata kuliah fonologi.
    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Maksud dari definisi tersebut adalah bidang yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa sesuai dengan fungsi atau penggunaanya.
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Menurut saya dengan adanya ilmu fonologi maka akan mempermudah dalam mempelajari bunyi bahasa sesuai dengan fungsi atau penggunaanya. Misal ada sekumpulan orang dari berbagai daerah sedang berbicara, maka akan muncul logat. Dengan fonologi kita dapat menganalisis dan mewmpelajarinya.

    BalasHapus
  35. Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Baik pak, Terima kasih.

    Nama : Zora Meilina Kartikasari
    NIM : A3101910222
    Kelas : 3E

    Umpan Balik
    *Bagian Pertama*
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab: Dengan mengikuti mata kuliah fonoligi ini, saya akan berkomitmen untuk selalu aktif dalam perkuliahan, berusaha memahami dalam setiap penyampaian materi, mengerjakan dan tepat waktu dalam pengumpulan tugas, agar supaya saya dapat memperoleh ilmu serta bisa di kembangkan dan berguna untuk kedepannya. Jika saya tidak paham akan materi yang diajarkan, maka saya akan mengajukan pertanyaan dan meminta penjelasan tentang apa saja yang saya kurang pahami, sehingga saya dapat lebih belajar lagi tentang mata kuliah fonologi.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab: Menurut saya dari kelima butir tersebut, semuanya cocok dengan mata kuliah Fonologi. Karena semua butirnya merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa agar mahasiswa dapat memahami apa saja yang diajarkan dalam mata kuliah fonologi.

    *Bagian Kedua*
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab: Menurut Chaer (2014) fonologi merupakan ilmu yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakaan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang secara etimologis terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab: Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab: Maksud dari definisi Fonologi tersebut yaitu bahwa fonologi selalu berusaha memfokuskan sebuah bahasa sebagai sebuah sistem komunikasi dalam teori dan prosedur analisisnya.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut
    berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab: Berkaitan dengan definisi fonologi tersebut, contoh implementasi pada kehidupan kita sehari-hari, yaitu seperti ketika kita berbicara kepada orang lain ada lafal-lafal yang muncul dari alat ucap kita, maka hal tersebut adalah implementasi secara lisan dengan menerapkan dari kajian fonetik. Dan ketika kita menulis huruf-huruf saat sedang belajar, maka hal tersebut adalah implementasi secara tulis. Maka dapat di implementasikan secara lisan maupun tertulis.

    BalasHapus
  36. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, baik pak.

    Nama : Nabila Hasna Salsabila
    Nim : A310190223
    Kelas : 3E

    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komitmen Anda mengikuti perkuliahan fonologi?
    Jawab : Komiten saya mengikuti pembelajaran perkuliahan fonologi ini harus semaksimal mungkin karena akan ada banyak waktu yang tersisa hanya mengerjakan tugas-tugas, sebisa dan semaksimal mungkin saya mempelajari pembelajaran mata kuliah fonologi sesuai capaian pembelajaran mata kuliah fonologi yang dipaparkan dan saya akan bersungguh-sungguh dalam pembelajaran fonologi ini dan ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dikemudian hari.

    B. Setelah anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah fonologi?
    Jawab : Semua CPMK yang di paparkan cocok dengan mata kuliah fonologi karena capaian pembelajaran mata kuliah fonologi sangat penting dalam pembelajaran selanjutnya.

    Bagian kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli?
    Jawab : menurut kridalaksana H. (2009:63) fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

    B. Sertakan sumber sitasinya?
    Jawab : kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus linguistik. Jakarta titik2 Gramedia pustaka.

    C. Setelah itu Jelaskan definisi tersebut?
    Jawab :
    Pengertian fonologi menurut kridalaksana H adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya atau kegunaannya.

    D. Bagaimanakah pendapat anda mengenai dari implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa baik, lisan maupun tulis?
    Jawab : menurut saya implementasi dari fonologi menurut kridalaksana adalah mengkaji semua bahasa berdasarkan perbedaannya.misalnya setiap kota atau daerah memiliki bahasa atau pelafalan berbeda disetiap daerah akan tetapi didaerah lain arti dari kata tersebut berbeda dari kota lainnya, ini menunjukkan bahwa fonologi mengkaji bunyi bahasa sesuai dengan kegunaannya agar dapat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  37. waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh,baik pak terimakasih

    Nama: Himmah Khofifah
    Nim: A310190200
    Kelas :3E

    Umpan balik:

    Bagian Pertama

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    pernyataan komitmen mengikuti perkuliahan fonologi:
    saya akan berusaha mengikuti kuliah dengan baik,bersungguh-sungguh,meresapi setiap materi perkuliahan Fonologi,mengupayakan semaksimal mungkin dalam mengerjakan tugas,berdiskusi,dan aktif di mata kuliah fonologi, berusaha dan mengaplikasikan materi fonologi dengan benar.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    butiran yang cocok dengan mata kuliah Fonologi: setelah memahami CPMK menurut saya semua butiran nya cocok dengan mata kuliah Fonologi,karenaa kelima butir tersebut mencakup aspek dan saling berkaitan dengan materi mata kuliah Fonologi,pada butiran ini akan sangan membantu mahasiswa untuk belajar mengenai Fonologi


    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Definisi Fonologi:
    1. Chaer,Abdul.2014.Mengemukakan bahwa Fonologi merupakan ilmu yang memperlajari,menganalisis,dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    2. Chaer.Abdul.2014.mengemukakan pengertian fonologi secara etimologi adalah "fonologi" ini dibentuk dari kata "fon" yang bermakna bunyi dan "logi" yang berarti Ilmu.jadi secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa padaumunya.
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    1. Chaer,Abdul .2014. Linguistik Umum.Jakarta:Rineka Cipta.
    2.Chaer,Abdul .2014. Linguistik Umum.Jakarta:Rineka Cipta.
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    penjelasan definisi Fonologi: pada buku linguistik umum Abdul Chaer menjelaskan bahwa fonologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa, disini bunyi bahasa itu adalah bunyi yang diucapkan oleh alat ucap yang dihasilkan oleh manusia,salah satu bidang kajian dari fonologiadalah bunyi bahasa sebagai satuan kecil dari ujaran dengan gabungan bunyi yangmembentuk satukata,berarti fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi bahasa.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    pendapat saya mengenai implementasi dari definisi :menurut saya implementasi dari definisitersebut adalah dalam kemampuan berbahasa baik pengucapanlisan maupun tulis,dengan contoh mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainya,dalam komunikasi ini ada logat,bunyi vokal bahasa,bahasa ,atau konsonan maupun arti dalam bahasa tersebut yang berbeda. seperti kata "Pensil" dan "Pinsil" pengucapan berbeda tetapi makna sama


    BalasHapus
  38. Nama: Rifiana Febriyanti
    NIM: A310190197
    Kelas : Fonologi 3E

    Umpan Balik
    Bagian Pertama A. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi yaitu saat pembelajaran berlangsung saya akan bersungguh-sungguh saat pembelajaran berlangsung apabila saya belum memahami saya akan mencoba bertanya dan mencari dari sumber lain. selain itu, saya akan mengerjakan tugas yang diberikan dengan tanggung jawab dan disiplin waktu.

    B. Setelah memahami CPMK, maka semua butiran CPMK cocok dengan mata kuliah Fonologi karena sangat membantu mahasiswa dalam bunyi-bunyi bahasa baik secara lisan ataupun tulisan
    Bagian Kedua
    A. Abdul Chair (2003: 102),
    Berdasarkan etimologi, “fonologi” terbentuk dari kata “font”, yang berarti “suara,” dan “logika” berarti sebagai “sains.” Dengan demikian, secara umum, dapat dikatakan bahwa fonologi berarti ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang digunakan oleh orang-orang.

    B. Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

    C. Dari definisi Fonologi diatas dapat dijelaskan bahwa fonologi merupakan proses terbentuknya dan perubahan runtutan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya

    D. Menurut saya contoh pengimplementasian dari definisi tersebut ketika pembelajaran Fonologi mahasiswa diajak untuk melakukan pengucapan bahsa yang baik dan benar misalnya dengan menyampaikan pesan berantai sebagai mekanisme penerimaan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia kemudian akan diterima oleh telinga.

    BalasHapus
  39. Waalaikumsalam Wr.Wb. Baik pak terimakasih.
    Nama : Diana Maratus Solikhah
    NIM : A310190203
    Kelas : 3E

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama

    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab:
    Saya akan mengikuti perkuliahan Fonologi sebaik mungkin, dan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dan tetap semangat.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab:
    menurut saya dari ke-5 butir CPMK tersebut, semua point cocok dengan mata kuliah FOnologi. karena, butir-butir tersebut mencakup materi yang akan dibahas dalam mata kuliah fonologi.

    UMPAN BALIK
    Bagian Kedua

    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab:
    Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab:
    Chaer, Abdul (2009). Linguistik Umum. Bandung: Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab:
    Dari definisi tersebut, fonologi mempelajari bahasa-bahasa yang umumnya diucapkan manusia yang berbeda-beda daerah. Umumnya fonologi menganalisis bunyi bahasa yang diucapkan manusia.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab:
    Implementasi dalam definisi tersebut, misalnya orang Jawa bertemu dengan orang Bengkulu. ketika mereka berbicara menggunakan bahasa Indonesia tentunya logat mereka akan berbeda meskipun menggunakan bahasa yang sama. Demikian, dengan adanya fonologi dapat menganalisis bunyi bahasa yang di ucapkan.

    BalasHapus
  40. Nama : Danik Uswatun khasanah
    Nim : A310190212
    Kelas : 3E

    UMPAN BALIK (Bagian Pertama)
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawab: Dengan adanya komitmen ini insyaallah saya dapat mengerti dan memahami mengenai pembahasan mata kuliah ini, serta dapat berkomitmen penuh dengan apa yang sudah saya pelajari. Jika saya belum memahami maka saya akan mengajukan pertanyaan dan meminta penjelasan tentang apa yang saya belum pahami terkait dengan materi yang dijelaskan.

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawab: Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen materi yang akan dibahas dalam mata kuliah fonologi.

    Umpan Balik (Bagian Kedua)
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab: Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab: Chaer, Abdul (2009). Linguistik Umum. Bandung: Rineka Cipta.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawab : Fonologi yaitu ilmu tentang perbendaharaan bunyi (fonem) bahasa dan distribusinya. Fonologi diartikan sebagai kajian bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi alat ucap manusia. Fonologi berarti Ilmu yang mempelajari tentang Bunyi suara, khususnya terkiat dengan sejarah dan teori perubahan bunyi.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawab : Keterampilan berbahasa memiliki dua unsur yaitu unsur logika dan linguistik, berbeda dengan keterampilan berpikir hanya memiliki satu unsur yaitu logika. Setiap orang memiliki kemampuan berpikir dengan baik, namun tidak semua orang memiliki kemampuan berbahasa dengan baik. Apa yang kita pikirkan belum tentu akan kita ucapkan dan lakukan, namun apa yang telah kita ucapkan itulah yang kita pikirkan dan lakukan. Bahasa dan berbahasa mampu mendefinisikan pola jati diri, pola karakter, dan pola berpikir seseorang.

    BalasHapus
  41. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh, baik terima kasih pak
    Nama : Dian Aprilia Lestari
    NIM : A310190190
    Kelas : 3E

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama :
    A. Saya berkomitmen bahwa pada pembelajaran daring mata kuliah Fonologi, Saya berusaha agar dapat mengikuti pembelajaran dengan maksimal, dan mengerjakan tugas dengan baik agar bisa menerapkan ilmu yang Saya peroleh

    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. karena semua komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang apabila semua komponen tersebut dapat dicapai mahasiswa akan mampu melafalkan vokal dengan benar dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan saling berkaitan

    Bagian Kedua :
    Umpan Balik
    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawab:
    Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawab:
    Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    C. Maksud dari definisi tersebut adalah bahwa fonologi sesungguhnya merupakan satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan teori-teori perubahan bunyi itu. Fonologi juga membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa dan cara menganalisnya. Dengan demikian, kegiatan mempelajari bunyi bahasa idealnya tidak hanya sebatas upaya pengenalan bunyi-bunyi itu, tetapi juga harus diiringi dengan latihan menganalisis bunyi-bunyi bahasa tersebut dari segala segi.

    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut yaitu dalam kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulisan yang dilakukan di dalam aktivitas mahasiswa. Selain itu banyak mahasiswa yang berasal dari daerah yang berbeda-beda dengan pengucapan bunyi yang berbeda. Dengan adanya pengucapan bunyi bahasa yang berbeda juga dapat mempengaruhi pengucapan dan penulisan. ilmu tentang fonologi dibutuhkan. Mereka yang mempelajari fonologi dengan benar, pasti gaya bicaranya akan sangat berbeda dengan mereka yang tidak mempelajari ilmu fonologi.

    BalasHapus
  42. Nama : Amalia Ayu Hapsari
    NIM : A310190204
    Kelas : 3E
    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!
    Jawaban : Komitmen saya dalam mengikuti mata kuliah Fonologi secara daring yaitu mengikutinya dengan bersungguh-sungguh, bersemangat, disiplin mempelajari, memahami dan menguasai materi yang diberikan dengan baik, serta mengumpulkan tugas tepat waktu dengan waktu yang sudah ditentukan

    B. Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?
    Jawaban : Setelah memahami CPMK, menurut saya semua gambaran butir tersebut cocok dengan mata kuliah Fonologi untuk mahasiswa. Namun, yang paling cocok dalam Fonologi yaitu pada CPMK.3 tentang Mahasiswa mampu memahami struktur fonem : silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata. Karena, jika mahasiswa belum mampu memahami struktur fonem, maka yang akan terjadi mahasiswa tersebut tidak bisa melafalkan bunyi-bunyi bahasa dengan baik.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!
    Jawaban : Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi” yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawaban : Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawaban : Dari definisi Chaer, bisa dikatakan bahwa fonologi merupakan suatu ilmu yang mengandung bunyi-bunyi bahasa yang dilakukan oleh alat ucap manusia dengan mempelajari dan menganalisis bunyi kebahasaan dengan menyeluruh.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?
    Jawaban : Menurut saya, definisi tersebut bisa di implementasikan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun, setiap orang memiliki keunikan sendiri dalam kemampuan berbahasa baik secara lisan maupun tulis. Misal, A dan B adalah orang Jawa Tengah dengan memiliki penyampaian berbahasa dengan berbeda karena beda daerah dan beda bahasa tapi satu makna.

    BalasHapus
  43. Nama: Nur Aini Indarwati
    NIM: A310190185
    Kelas: E

    UMPAN BALIK

    Bagian Pertama
    1. Dalam mengikuti mata kuliah fonologi ini saya berkomitmen untuk tetap mengikuti pelajaran dengan baik sesuai dengan kontrak belajar yang telah dipaparkan diatas. Serta bertanggung-jawab dengan tugas-tugas yang diberikan.
    2. Menurut saya, semua CPMK di atas cocok digunakan untuk mata kuliah fonologi sendiri. Karena, tiap butir CPMK saling berkaitan dengan materi fonologi yang akan dipelajari.

    Bagian Kedua
    1. Menurut Chaer (2003:102) menyatakan bahwa fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa, yang secara etimologis terbentuk dari kata fon yaitu bunyi, dan logi yaitu ilmu.
    2. Sumber: Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
    3. Penjelasan dari definisi di atas adalah fonologi mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa , proses terbentuknya dan perubahannya. Fonologi juga mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional dengan objek kajian fon dan fonem.
    4. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalnya saja dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalannya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut. Selain itu dalam tulisan, pelafalan juga mempengaruhi apa yang akan ditulis, kalo pelafalannya saja sudah berbeda maka tulisannya pun juga akan salah.

    BalasHapus
  44. Nama : Anggraini Syukma Ika Wardani
    Nim : A310190219
    Kelas : E

    UMPAN BALIK
    Bagian Satu:

    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.
    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  45. Nama : Arista Octavia
    Nim : A310190184
    Kelas : 3E

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    1. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan Fonologi adalah mengikuti pembelajaran dengan sebaik mungkin agar dapat memenuhi capaian perkulihan mata kuliah Fonologi yang ditargetkan. Dan juga saya berusaha meningkatkan segala kegiatan dalam pembelajaran ini baik dari segi menyimak, memahami, tugas, dll.
    2. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah Fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang apabila semua komponen tersebut dapat dicapai mahasiswa akan mampu melafalkan vokal dengan benar dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Bagian Kedua
    1. Menurut Kridalaksana ,Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    2. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3. Dari definisi Fonologi yang disampaikan Harimurti Kridalaksana diatas menjelaskan bahwa Fonologi merupakan salah satu cabang ilmu dari linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa membedakan makna leksikal dalam bahasa tersebut.
    4. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, misalnya ketika kita orang Jawa berbicara dengan orang lain dari daerah Batak atau Sunda akan terlihat perbedaan lafal, logat, dan kata yang sama tetapi memiliki arti yang berbeda. Dengan mengimplementasikan Fonologi dapat menyelidiki atau menkaji bunyi-bunyi bahasa yang berbeda sesuai dengan fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa yang beraneka ragam.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.