MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII D KEDUA KONSEP MANAJEMEN

  

Assalamualaikum wr. wb.

 

Alhamdulillalhi rabbillalamiin..Semoga Saudara sekaliian dalam kondisi sehat dan tetap semangatt! Kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan. Marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya waktu ini.

Apakah Anda sudah siap melanjutkan proses belajar daring? Belajar daring membutuhkan kerja sama yang baik dan kesepahaman dari kita. Pertemuan daring pertama, berhubungan dengan kontrak kuliah. Anda  setelah memahami materi mengetahui posisi yang harus dituju dalam pembelajaran ini. Ada bekal pengetahuan yang harus dipenuhi untuk menjadi guru pembina majalah sekolah. Ada keterampilan yang mendukung dalam menjalani profesi guru pembina majalah sekolah. Apabila dua hal itu terpenuhi, maka Anda bisa memiliki potensi yang besar dalam menjalankan profesi yang diemban dalam dunia pendidikan.

 

Pembina majalah sekolah diperlukan di setiap sekolah guna memberikan kondisi bagi pengembangan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh para siswa. Jadi, majalah sekolah memiliki fungsi sebagai pendukung dalam pembelaaran bahasa Indonesia di sekolah.

Perkuliahan kedua ini mengenai konsep manajemen. Mengapa konsep manajemen dipelajari? Kerja sebagai guru pembina majalah sekolah itu dapat dilakukan dengan baik diperlukan modal pengetahuan tentang manajerial. Penerbitan majalah sekolah itu bukan kerja personal, melainkan kerja organisasi.

Sebelumnya, Anda bisa memperhatikan perbedaan penataan materi antara rps dengan buku MMS yang telah Anda miliki.

Materi RPS

Materi MMS

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah


Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah



Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah


Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dan yang lain, dan tugas redaksi


Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA


Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah,

Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan


Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik


Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, 

Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah


Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus


Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik


Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus


Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

Materi perkuliahan yang terbagi dalam dua kategori yaitu kategori teori dan kategori praktik. (a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi; (b) manajemen majalah sekolah –manajemen media; (c) peran majalah sekolah bagi pengembangan kete-rampilan bahasa bagi peserta didik dan bentuk komunikasi utama, 



(d) rubrikasi dalam publikasi media. rubrikasi majalah –berita, artikel, dan hiburan; kerja redaksi: kerja jurnalis –wawancara;



(e) jenis majalah ber-dasarkan karakteristik pembaca/ khalayak;

(f) majalah satu halaman dan majalah dinding,

(g) majalah cetak sekolah;

(h) publikasi –mulai pencarian naskah, pengelolaan naskah, dan manajemen redaksi majalah cetak di sekolah;

(i) aktivitas publikasi: pembentukan tim redaksi majalah sekolah;

(j) aktivitas publikasi: perencanaan penerbitan dan sidang redaksi;

(k) aktivitas publikasi: proses cetak dan distribusi. 

Setiap akhir bab akan diberikan soal latihan secukupnya untuk membangkitkan minat, kreativitas, dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa. 



Perkuliahan kedua ini berhubungan dengan konsep manajemen!

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Peneertian manajemen

(a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi;

(b) manajemen majalah sekolah –manajemen media;


Apabila Anda perhatikan bahwa dalam kegiatan perkuliahan ini perlu dipelajari yaitu (a) konsep manajemen dan (b) manajemen umum/arti luas  dan manajemen khusus/arti sempit/majalah sekolah.

Konsep manajemen arti luas/umum berlaku bagi manajemen secara umum. Konsep manajemen secara sempit/khusus berlaku hanya untuk manajemen manajalah sekolah.



Perbandingan di atas tidak bermaksud membingungkan, tetapi perhatikan ada penataan yang lebih efektif dalamkegiatan perkuliahan. Penyajian buku dengan penyajian proses yang berbeda ini guna memudahkan dalam proses pemahaman kita..

Perhatikan kutipan-kutipan dari Konnsep manajemen yang telah Saudara temukan.

No

Pendapat

1

Menurut Lazwardi, Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


B. Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.


Ada ciri manajemen yaitu ilmu/seni.

Ada empat kegiatan manajemen:

. perencanaan/planning

2. pengorganisasian/organizing

3. pelaksanaan/actuating

4. pengendalian/controlling


2

Menurut Wirjana (2007:11) dalam Wiastra, I. G. G., dkk (2015) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

b. Wiastra, I. G. G., Rasna, I. W., & Astika, I. M. (2015). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik Di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).


Ciri manajemen yaitu proses orang-orang yang bertanggung jawab daam organisasi melakukan tugas dengan berkelompok.

Ada empat elemen: 1. proses. 2. orang-orang. 3. bertanggung jawab. 4. tugas. 5. bekerja sama

3

John F. Mee dan George R. Terry (Anoraga, 2004:109).

Management is the art of securing maximum result with minimum of efforts as to secure maximum prosperity and happiness for both employer and employee and givethe public the bes posible service. (Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal  demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik  bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat).

            Seni memimpin di bidang publikasi sekolah yang bertujuan mencapai hasil maksimal dengan sarana dan prasarana yang ada. Aktivitas pengelolaan publikasi sekolah ini  membawa kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh unsur di lembaga sekolah –kepala sekolah, para guru, para murid, pihak komite sekolah.

4

2. Management is distinct process consisting of planning, organizing, actuat-ing, controlling utilizing in each both science and art and follow in orde to accomplish predetermined objectives. (Manajemen adalah proses yang khas terdiri dari tindakan-tindakan peren-canaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu penge-tahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula).

            Pengelolaan publikasi sekolah dilakukan tindakan yang urut mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Tidak setiap orang diserahi tugas untuk itu sebab aktivitas ini memerlukan ilmu penge-tahuan dan keahlian yang khusus. seorang guru pendamping kegiatan publikasi sekolah diharapan belajar manajemen sebelum ditugaskan di setiap sekolah. 

            Usaha  untuk meraih tujuan tertentu dengan jalan menggunakan sumber daya yang tersedia dalam organisasi dengan cara yang sebaik mungkin (Anoraga, 2004:109). Usaha yang dilakukan secara berkelompok, artinya ada kerjasama dua orang atau lebih. Kadangkala manajemen diterapkan pula bagi individu yang melakukan usaha. Namun, manajemen majalah sekolah ini melibatkan usaha kelompok (organiasi).

Organisasi tentu saja berhubungan dengan orang-orang yang berkelompok. Ada seorang yang tampil sebagai manajer. Manajer inilah yang menangani organisaai pengelolaan majalah sekolah. Organisasi pengelola majalah sekolah sebagai tim yang mengatur segala aktiitas mulai dari perencanaan (planning), penorganisasian (organyzing) pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan pengevaluasian (evaluatyng). Organisasi pengelolaan majalah sekolah berisi individu-individu yang bertanggung jawab menangani urusan penerbitan majalah. 

            Setiap organisasi majalah sekolah membutuhkan ‘kompetensi dan performansi’ seorang manajer. Tercapainya tujuan organisasi majalah sekolah tergatung kemampuan manajer dalam mengorganisasi.

            Ada pendapat pakar manajemen yang dikutipkan selanjutnya. “Management is the art of securing maximum result with minimum of effort as to secure maximum porsperity and happiness for both employer and employee and give tha oublic the best posible service”.

(Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil maksimal  dengan usaha yang minimal, demikian pula pada mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik pemimpin maupun yang dipimpin serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat) (F. Mee (1962) dalam Anoraga,2004:109).

            Manajement is distinct process of planning, organizing, actuating, controling utilizing in each both science and art and follow in order to accimplish predetermined objective”. (Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri  dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka uaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula (George R. Terry (1966) dalam Anoraga, 2004:109).

            Ada yang berperan sebagai manajer  dalam  menggunakan 5M yaitu men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).             Sasaran manajemen pengelola majalah sekolah secara bertingkat sebagai berikut. Sasaran organisasi pengelola majalah sekolah.

5

Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Berdasarkan kutipan di ata, maka dapat dirumuskan bahwa.

Manajemen itu ilmu/seni dalam proses manejerial. Tujuan memperoleh hasil yang maksimal dengan pengorbanan yang minimal dan mencapai kesejahteraan orang-orang yang bekerja sama dalam organisasi.

Manajemen dibutuhkan pada setiap kerja sama yang dilaksanakan oleh orang-orang.  Konsep manajemen secara umum berlaku pada setiap organisasi. Konsep secara sempit manajemen itu bisa diterapkan dalam penerbitan majalah sekolah. Anda cari sebuah majalah yang diterbitkan oleh sekolah dan perhatikan orang-orang beserta tanggung jawab yang tersusun dalam organsisai penerbitan sekolah.

Ada kegiatan manajerial: perencanaan, organising. aktuating, controlling, dan evaluating.

Ada 5 M dalam manajemen: men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).

 

Umpan Balik:

Setelah Anda mengikuti materi perkuliahan kedua ini tentang Konsep manajemen secara umum dan konsep manajemen secara sempit, maka Anda silakan melaporkan.

Pertama, susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.

Kedua susunan rekasi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.

 

Apabila Anda diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka Anda wajib memilih posisi dalalm susunan organisasi. Menurut Anda, posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut.

 

Mengapa posisi itu paling Anda sukai?

 

Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah Anda laksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.

 

 

 

Demikianlah, kegiatan perkuliahan kedua ini. Semoga bermanfaat bagi kita. Marilah kita bersama-sama mengucapkan hamdalah.

Wassalamualaikum wr. wb.

Agus Budi Wahyudi 

Komentar

  1. Nama :Arini Wihdatul Ummah
    NIM : A310170158

     Pertama
    Susunan redaksi majalah umum wanita
    1) Pemimpin Redaksi/Pengasuh;
    2) Redaktur Pelaksana;
    3) Redaktur Madya;
    4) Redaktur;
    5) Pemimpin umum;
    6) Pemimpin perusahaan;
    7) Penerbit;
    8) Pembina; dan
    9) Direksi
    Sumber:
    Ensiklopedia Sastra Indonesia, Femina
    http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

     Kedua
    Susunan redaksi majalah sekolah
    1) Pelindung;
    2) Penanggung Jawab;
    3) Pembina;
    4) Pemimpin redaksi;
    5) Sekretaris;
    6) Staf, Redaktur dan Editor;
    7) Reporter;
    8) Lay-outer, Desain Grafis dan Artistik; dan
    9) Marketing.
    Sumber:
    Medikresa. 2016, Maret 30. Struktur Tim Redaksi Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton. Diperoleh pada 18 September 2020, dari http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html

     Ketiga
    Posisi yang disukai
    Dari beberapa posisi tersebut, jika diminta untuk memilih, saya akan memilih menjadi reporter.
     Keempat
    Alasannya, karena bisa langsung terjun kelapangan langsung untuk meliput berita untuk selanjutnya dilaporkan kepada khalayak umum. Karena dengan menjadi reporter juga menambah wawasan dan keberanian berbicara didepan kamera, terlebih didepan publik.

     Kelima
    Saya tidak mengikuti organisasi apapun. Jadi, bisa dibilang saya tidak memiliki pengalaman apapun dalam berorganisasi, akan tetapi saya masih mau berusaha dan bia diajak untuk kerjasama.

    BalasHapus
  2. Nama : Alda Dwi Nanda
    NIM : A310170200
    Kelas : D

    Majalah Wanita
    WANITA INDONESIA

    PENERBIT: PT Citra Media Persada

    DEWAN PEMBINA
    Ibu Hj. Siti Hardiyanti Rukmana
    Muhammad Ali Reza
    Danty Rukmana
    DEWAN EKSEKUTIF
    KOMISARIS UTAMA: Leo Pramuka
    KOMISARIS: Donna Sita Indria
    DIREKTUR UTAMA: Anis Wuryaningsih
    DIREKTUR: Anindita Shintawardani I. N
    DIREKTUR: Zulkarnain Sani

    PEMIMPIN REDAKSI / PENANGGUNG JAWAB
    Anindita Shintawardani I. N

    TABLOID WANITA Indonesia
    REDAKTUR PELAKSANA
    Karin Yunia
    REPORTER SENIOR
    Arimbi Tyastuti
    REPORTER
    Dessy Anugranov
    Eva Aulia Rahmawati
    ARTISTIK
    KOORDINATOR : Arif Dahlan AM
    Taufik Fahrudin, Wina A. Ramdini
    FOTOGRAFI
    FOTOGRAFER : Zulham

    WANITA INDONESIA DIGITAL
    MEDIA SOSIAL
    Debby Rahmanti
    IT
    Ahmad Zakaria

    IKLAN & PROMOSI
    MARKETING MANAGER: Jessica Indra
    EVENT & PROMOSI: Frist Febriyanti
    SALES GROUP HEAD : Ratih Siskarini
    ACCOUNT EXECUTIVE: Rona Juwita
    SEKRETARIS IKLAN&PROMOSI: Rizka Agustina

    SDM
    Syahri

    FINANCE
    Sarwo Sadarum

    PEMASARAN
    Agung Suseno


    Majalah Sekolah

    SMK BISA-HEBAT
    Siap Kerja-Santun-Mandiri-Kreatif

    Pembina
    Hamid Muhammad, Ph.D
    Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah

    Pengarah
    Drs. M. Mustagfirin Amin, MBA
    Direktur Pembinaan SMK
    Dr. Thamrin Kasman, M.Si
    Sesditjen Dikdasmen

    Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab
    Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak
    Dewan Redaksi Dr. Ir. M. Bakrun, MM
    Muhammad Soleh, S.P
    Ir. Nur Widyani, MM
    Ir. Sri Puji Lestari, MM
    Chrismi Widjajanti, SE, MBA
    Arfah Laidiah Razik, SH, MA

    Staf Redaksi
    Dimas Raditya Trilaksona, S.T
    Medhi Alkibzi, S.IP
    Hendra Syahrial
    Tri Haryani, S.Pd
    Yana, S.Pd
    Lina Lisnawati
    Rahayu Nengsih, SE
    Pipin Dwi Nugraheni, SE
    Lilis Triana Lestari, S.T

    Desain dan Tata Letak
    Muhammad Herdyka, S.T
    Eka Yuli Arisant, S.ST
    Yuli Sefawan, SAB

    Penerbit
    Direktorat Pembinaan SMK
    Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud

    Alamat Redaksi & Tata Usaha
    Komplek Kementerian Pendidikan dan
    Kebudayaan, Gedung E, Lantai 13
    JI. Jend Sudirman, Senayan,
    Jakarta 10270
    021-5725477 (hun ting)
    e-mail: program.psmk @kemdikbud.go.jd


    - Posisi yang saya sukai didalam susunan organisasi manajemen majalah ialah sebagai Fotografi.

    - Karena manajemen majalah termasuk salah satu seni yang tersusun. Mengapa saya memilih fotografi? karena menurut saya didalam fotografi banyak seni dan termasuk salah satu bagian penting. Didalam majalah lebih baik dan bagus jika selalu terdapat gambar didalamnya. Gambar-gambar didalam majalah dan lainnya diperoleh dari fotografi. Ketertarikan pembaca terhadap majalah dikarenakan adanya gambar-gambar/objek yang menarik yang memberikan kesan tidak bosan terhadap majalah tersebut.

    - Iya, didalam kuliah saya pernah mengikuti organisasi HMP dan masuk kedalam divisi 5 sebagai anggota. Tanggung jawab yang sudah dilaksanakan yaitu menjalankan program tahunan bagian divisi 5 seperti Sarasmaru. Setiap anggota dan lainnya menjalankan tugas masing-masing yang sudah ditentukan. Kendala didalamnya hanya kendala-kendala kecil seperti halnya kurang maksimal dalam pembagian waktu dan kedisiplinan lainnya.

    BalasHapus
  3. Nama: Dini Melyanti
    Nim: A310170204
    Kelas: 7D

    Susunan Redaksi Majalah Femina
    1. Pengasuh
    2. Pemimpin Redaksi
    3. Editor at Large
    4. Redaktur Pelaksana
    5. Redaktur Madya
    6. Redaktur
    7. Pemimpin Umum
    8. Pemimpin Perusahaan
    9. Penerbit
    10. Pembina
    11. Direksi

    Susunan Redaksi Majalah Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Barat
    1. Penanggung Jawab
    2. Pembimbing
    3. Pemimpin Redaksi
    4. Wartawan
    5. Content Writer
    6. Graphic Designer
    7. Photographer

    3. Saya akan memilih posisi menjadi photographer.

    Alasannya, karena saya suka mengambil gambar. Selain itu, juga dapat terjun langsung ke lingkungan masyarakat dimana terjadinya peristiwa dan event-event yang ingin di liput. Menjadi photographer juga dapat melatih kemampuan mengambil gambar dengan baik dan juga menarik.

    4. Saya mengikuti organisasi HMP PBSI dan menjabat sebagai sekretaris Devisi PKM. Saya bertanggungjawab membantu ketua Devisi PKM dalam membuat penelitian. Kendala yang terjadi yaitu terjadinya miskomunikasi dengan ketua Devisi PKM sehingga menyebabkan pekerjaan sedikit terganggu.

    BalasHapus
  4. Nama : Nadia Fauziah Pratiwi
    Nim : A310170162


    1) Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita terdiri dari:

    a. Pimpinan umum
    b. Pimpinan redaksi,
    c. Sekertaris redaksi
    d. Redaktur pelaksana
    e. Koodinator peliputan
    f. Manajer produksi,
    g. Koordinator peliputan.
    h. Redaktur foto.
    i. Redaktur artistik.
    j. Redaktur bidang.
    k. Reporter.

    2) Susunan redaksi dalam majalah sekolah smp/sma/smk terdiri dari:

    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin redaksi
    d. Redaktur pelaksana
    e. Reporter editor
    f. Tenaga desain dan tata letak
    g. Bagian bisnis

    3) Apabila diberi kesempatan saya ingin berada di posisi manajemen produksi.

    4) Karena pada posisi tersebut saya bisa merasakan bagaimana inti dalam pembuatan suatu majalah hingga majalah tersebut siap untuk di nikmati oleh pembaca.

    5) Tidak, selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi apapun.



    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama: Danu Denri S
    Nim: A310170172
    Kelas: D

    1) Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita terdiri dari:

    a. Pimpinan umum
    b. Pimpinan redaksi,
    c. Sekertaris redaksi
    d. Redaktur pelaksana
    e. Koodinator peliputan
    f. Manajer produksi,
    g. Koordinator peliputan.
    h. Redaktur foto.
    i. Redaktur artistik.
    j. Redaktur bidang.
    k. Reporter.

    2) Susunan redaksi dalam majalah sekolah smp/sma/smk terdiri dari:

    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin redaksi
    d. Redaktur pelaksana
    e. Reporter editor
    f. Tenaga desain dan tata letak
    g. Bagian bisnis

    3) Apabila diberi kesempatan saya ingin berada di posisi pimpinan produksi.

    4) Karena pada posisi tersebut memiliki tanggungjawab yang besar atas semua redaksi sehingga saya merasa tertantang untuk menjadi pemimpin redaksi. Pemimpin redaksi juga akan mendapatkan relasi banyak untuk mempermudah dalam pekerjaanya.

    5) Selama kuliah mengikuti organisasi HMP PBSI yang berada di lingkup prodi. Pada periode 2018/19 saya diamanah sebagai ketua bidang 1 keislaman. Dalam menjalankan amanah tersebut pada awalnya kesulitan, karena saya belum ada pengalaman. Tetapi berjalannya waktu saya dapat menyesuaikan keadaan dan saya bisa menjalankan amanah tersebut dan menyukseskan proker dari bidang 1 keislaman. Selama menjabat kabid saya tidak bisa membagi waktu saya, sehingga saya sering absen saat perkulihan. Pada periode 2019/2020 saya diamanahi sebagai ketua umum HMP PBSI. Amanah yang yang lebih berat dibandingkan menjadi kabid, karena bertanggungjawab semua yang di HMP PBSI. Pada periode ini bnyak hal yang berubah yang dulunya kita rapat bertatap muka secara lngsung, mengadakan proker dengan canda dan tawa sekarang kita hanya dapat rapat secara daring, proker daring. Tetapi saya berusaha untuk bertanggungjawab memimpin dan alhamdulillah untuk proker dan koordinasi antara kabid dan anggota berjalan dengan baik. Banyak pengalaman yang saya dapat saat mengikuti HMP PBSI pertama saya memdapat banyak relasi, kedua saya lebih perccaya diri, ketiga saya mendapatkan bnyak ilmu surat menyurat, mendesain, bagaimna cara membuat acara, dll.

    BalasHapus
  7. Nama : Amy Rachmawati Sukma
    NIM : A310170160

    • Pertama
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    1. Pemimpin umum / pemimpin wanita
    2. Wakil pemimpin umum I
    3. Wakil pemimpin umum II
    4. Wakil pemimpin redaksi
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional
    6. Dewan redaksi
    7. Redaksi aktual ekslusif
    8. Redaksi masakan
    9. Redaksi foto
    10. Redaksi artistic
    11. Staf khusus
    12. Kontributor
    13. Sekretaris redaksi
    14. Pemimpin perusahaan
    15. Wakil pemimpin perusahaan
    16. Iklan
    17. Percetakan

    • Kedua
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah:
    1. Pelindung,
    2. Pembina,
    3. Pemimpin redaksi (pemred)
    4. Redaktur pelaksana (redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga desain dan tata letak (layouter)
    8. Bagian bisnis

    • Ketiga
    Posisi yang saya sukai jika diberi kesempatan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, saya akan memilih menjadi editor.

    • Keempat
    Alasannya, karena saya ingin memanfaatkan ilmu yang sudah saya dapatkan selama penyuntingan di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam penulisan majalah dan mudah dipahami dan dibaca dengan jelas oleh pembaca.

    • Kelima
    Selama saya kuliah tidak mengikuti organisasi.

    BalasHapus
  8. Nama: SITI NUR ARIFAH
    KELAS: 7D
    NIM: A310170202
    ----------------------------------------------
    1. Susunan redaksi majalah umum wanita
    a. Pemimpin Redaksi/Pengasuh
    b. Redaktur Pelaksana
    c. Redaktur Madya
    d. Redaktur
    e. Pemimpin umum
    f. Pemimpin perusahaan;
    g. Penerbit
    h. Pembina
    i. Direksi
    Majalah Wanita Nova (Sahabat Wanita Inspirasi Keluarga)
    NOVA.id I NOVA Edisi 1697/ XXXIII Terbit 31 Agustus 2020
    Grup director
    Deputy Group Director
    Group Editorial Director
    Editor in Chief
    Managing Editor, print
    Editors
    Repoters
    Visual Editor
    Graphic Designer
    Photo Editor
    Video Editor
    Video Production
    Social Media
    Editorial Secretary
    Markating Director
    Marketing Manager
    Marketing Communication Director
    Marketing Communication Manager
    Marketing Communication Executive
    Community Officer

    -----------------------------------------------
    1. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    a. Pelindung
    b. Pembimbig
    c. Penanggung jawab
    d. Ketua redaksi
    e. Sekretaris
    f. Bendahara
    g. kooordinator jurnalis
    h. Ediitor
    i. Sie Humas
    j. Setting dan Layout
    k. Distribusi
    l. Anggota Redaksi

    SMKN 3 JOMBANG
    Dewan Redaksi
    Pelindung: Drs Ganis Soebintang, ST.,M.Si
    Pembimbing: Waksek Humas, Kurikulum, Ketenangan, Sarana dan Prasarana dan Kesiswaan
    Penanggung Jawab: Nurani
    Ketua Redaksi: Edo Rahmat Hidayat
    Bendahara: Yasqi Ilyadiana Putri
    Sekretaris: Revaldo Alif Wibisono
    Koordinator Jurnalis: Alif Dhurrotul, Fatmawati, Agus Wijayanto, Fiki Muh.Subur, Rahmat Wahyu Jamiko
    Editor: Adi Suseno, Putri Dinda Tintawati, Anwar
    Sie Humas: Krisna Darmawan
    Setting dan Layout: Austin Fascal Iskandar, M.Zainul Muttawin, Muzaqki Vadiansah
    Distribusi: Anta Maulana dan M.Al-Mahdi
    Anggota Redaksi: M.Fuad, Yessy Riyantika, Noor Afian SALAFIN, Wahyu Adi Wijaya Pnani Tri Setiawan, Didit Feri Fadiansa.

    -------------------------------------------------------------

    Jika saya diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka posisi yang saya pilih dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut adalah Graphic Designer karena saya suka dengan mendesain ilustrasi atau kegiatan mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu media dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.
    --------------------------------------------------------------
    Dari awal saya masuk kuliah tahun 2017 sampai saat ini saya mengkuti organisasi unit kegiatan mahasiswa (UKM) Marching Band UMS. Posisi yang pernah saya dapat yaitu sebagai Keseretariatan dalam kegiatan Penerimaan Anggota Baru (PAB 2017), Sekretaris dalam kegiatan acara Penerimaan Anggota Baru (PAB 2018), Keseretariatan dalam kegiatan Penerimaan Anggota Baru (PAB 2019), Sekretaris dalam kegiatan acara KTDB ( Kejuaraan Terbuka Drumband 2019) dan Sekarang menjabat sebagai CO.Teknis bidang Pendidikan dan Lathan (DIKLAT).
    Sekretaris: Bertanggung atas administrasi proposal dan surat-surat yang dibuat atau diterima selama kegiatan berlangsung.
    Kesekretariatan: Bertanggung jawab atas pembuatan sertifikat dan berkoordinasi dengan sekretaris untuk absen serta bertanggung jawab terhadap materi yang akan disampaikan dalam kegiatan tersbut.
    CO. Teknis Dikat : Bertanggung jawab terhadap inventaris partitur lagu, Pelatihan personal ability, Pelatihan Field Comander (FC), Pembentukan tim teknis latihan, dan Bertanggung jawab terhadap pencatatan perkembangan teknik player musik.
    Kendala yang dihadapi : tidak ada

    BalasHapus
  9. Nama : Murni Cahyati
    NIM : A310170161
    Kelas : 7 D
    1. Susunan redaksi yang ada pada majalah umum wanita
    • Pemimpn redaksi
    • Editor at large
    • Redaktur pelaksana
    • Redaktur madya
    • Redaktur
    • Pemimpin umum
    • Pemimpin perusahaan
    • Penerbit
    • Pembina
    • Direksi
    http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina
    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah
    • Pelindung
    • Pembina
    • Pemimpin redaksi (pemred)
    • Redaktur pelaksana (redpel)
    • Reporter
    • Editor
    • Tenaga desain dan tata letak (layouter)
    • Bagian bisnis
    https://www.kompasiana.com/prasetyo_pirates/55112d418133119a36bc785a/tim-redaksi-majalah-sekolah
    3. Apabila saya diberi kesempatan untuk menduduki posisi redaksi, posisi yang akan saya pilih yaitu sebagai reporter dan editor.
    4. Alasan saya memilih sebagai reporter, sebab bisa terjun langsung kelapangan dan mengetahui banyak fakta mengenai berbagai macam hal yang akan diliput, dan alasan saya juga memilih editor sebab saya ingin meperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dalam berita yang akan diterbitkan dimajalah, agar majalah tersebut memiliki kata-kata yang kaya akan makna.
    5. Selama tiga tahun kuliah saya tidak mengikuti organisasi apapun.

    BalasHapus
  10. Nama: Swara Gema Ramadhan
    NIM: A310170192
    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita
    Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi
    Wakil Pemimpin Umum i
    Wakil Pemimpin Umum ii
    Wakil Pemimpin Redaksi
    Penanggug Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional
    Dewan Redaksi
    Redaksi Aktual Eksklusif
    Redaksi Lifestyle
    Redaksi Masakan
    Redaksi Foto
    Redaksi Artistik
    Staf Khusus
    Koresponden/ Kontributor
    Sekretaris Redaksi
    Pemimpin Perusahaan
    Iklas/ Promosi
    Klub Kartini

    Sumber: https://images.app.goo.gl/zpLiFz836RNswTht5
    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah SMKN 1 Kawunganten
    Penasehat

    Pemimpin Umum

    Pemimpin Perusahaan

    Pemimpin Redaksi

    Redaktur Berita

    Redaktur Pendidikan

    Redaktur Wisata

    Redaktur Foto

    IT Specialist

    Marketing dan Iklan


    Sumber: https://www.autosakanet.xyz/p/redaksi.html?m=1


    3. Apabila diberi kesempatan, saya akan memilih menjadi redaksi foto dan IT specialist karena saya memiliki ketertarikan pada fotografi dan ilmu teknologi terutaa pada bidang desain grafis. Dengan berada pada posisi itu aya dapaat mengaasah kemampuan saya dan menambah ilmu sesuai kebutuhan dalam proses produksi majalah.
    4. Selama kuliah ini saya hanya mengikuti organisasi HMP PBSI 2019/2020 dan diamanhi sebagai ketua bidang 3. Tugas dari bidang 3 sendiri adalah melaksanakan program kerja yang berkaitan dengan bidang seni dan olahraga guna menampung dan mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa PBSI.

    BalasHapus
  11. Nama : Putri Malaysi Rahmawati
    NIM : A310170178
    Kelas : 7D

    Majalah Wanita
    WANITA INDONESIA
    PENERBIT: PT Citra Media Persada
    DEWAN PEMBINA
    Ibu Hj. Siti Hardiyanti Rukmana
    M. Ali Reza, M. Yaman,
    M. Djaelani, Dadi Parmadi
    DEWAN EKSEKUTIF
    DIREKTUR UTAMA: Danty I, Purnamasari
    WAKIL DIREKTUR UTAMA : Taufik Sumawinata
    DIREKTUR OPERASIONAL: Donna Sita Indria
    DIREKTUR KEUANGAN&SDM: Fatona Oesman
    GENERAL MANAGER: Anis Wuyaningsih
    Website:www.wanitaIndonesia.co.id
    Facebook Fanpage: wanita Indonesia
    T@tabloidwi Ftabloidwi
    PEMIMPIN REDAKSI
    Donna Sita Indira
    FEATURE
    REDAKSI PELAKSANA : Hanik Purwanto
    REDAKTUR : Kristina Rahayu Lestari
    REPORTER SENIOR: Dei Muchtar
    REPORTER: Arimbi Tyastuti
    MODE&KECANTIKAN
    REDAKTUR PELAKSANA: Karin Yunia
    GAYA HIDUP & BOGA
    REDAKTUR PELAKSANA: Anindita Nasution
    REDAKTUR BOGA: Budi Hartono
    REPORTER SENIOR: Ri zkita Haryani Lubis
    REPORTER: Fauziah Purwanti
    ARTISTIK
    KOORDINATOR: Debby Rahmanti
    ARTISTIK: Wina A. Ramdini
    DIGITAL IMAGING & PRE PRESS
    Taufik Fahrudin
    FOTOGRAFI
    KOORDINATOR: Muchamad Nur Ridho
    FOTOGRAFER: Zulham
    WEBSITE DESAIN
    Ahmad Zakaria
    SEKRETARIS REDAKSI
    Zaskia Salsabila
    IKLAN & PROMOSI
    SALES GROUP HRAD: Wuri Hadiati
    PROMOTION EXECUTIVE: Reylando Eka Putra
    SEKRETARIS IKLAN&PROMOSI: Rizka Agustina
    PEMASARAN
    MANAJER PEMASARAN: Bambang irawan
    STAF PEMASARAN: Syahri, Agung Suseno



    Majalah Sekolah
    SMA MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA
    BELAJAR DARI RUMAH
    Media Komunikasi Membangun dan Memajukan SMA
    Pengarah
    Purwadi Sutanto
    Pemimpin Redaksi
    Winner Jihad Akbar
    Dewan Redaksi
    Dhany Hamidan Khoir,
    Juandanilsyah, Hatuti
    Mustikaingsih, Ekawati
    Redaktur Ahli
    Agus Salim, Augustin
    Wardhani.
    Redaktur Pelaksana
    Jim Bar Pen
    Redaksi
    Nurul Mahfudi, Uce
    Veriyanti, Wiwiet
    Heriyanto, Aam Masroni,
    Erik Herdian Karsana,
    Umi Wahyuningtisih, Joni
    Faisal.
    Desain dan Layout
    Wahyu Akbar
    Sekretariat Redaksi
    Wiwit Widya Henriani
    Direktorat SMA
    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jl. RS Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan.

    - Bagian posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yakni bagian Fotografi.
    - Posisi Fotografi paling saya sukai karena, saya sangat senang menfoto, dan suka dengan kegiatan perfotoan.
    - Selama saya kuliah, saya pernah berada di posisi sebagai sekretaris untuk kegiatan suatu acara perteateran.
    Saya menjali profesi sebagai sekretaris tidak maksimal dan masih jauh dari kata baik, mungkin hal ini disebabkan karena saya tidak menyukai posisi tersebut. Banyak kendala yang saya rasakan, menjadi sekretaris adalah hal yang ribet menurut saya, itu sebabnya saya tidak menjalankan tugas itu dengan sepenuh hati saya.

    BalasHapus
  12. Nama: Desy Anggraini
    Nim: A310170199
    Kelas: 7D

    • Susunan Redaksi dalam Majalah Wanita
    Susunan Redaksi dalam Majalah Noor
    1. Pemimpin Umum: Sri Artaria
    2. Pemimpin Perusahaan: MarioAlisjahbana
    3. Pemimpin Redaksi: Jetti R. Hadi
    4. Redaktur Pelaksana: Roos Ferieanna Rowi dan Gita Wirasti
    5. Redaksi: Yudiana Tirta, Ade Nur Sa’adah, dan Putri Wulan M.
    6. Sekretaris Redaksi: Riri
    7. Redaktur Ahli: Ratih Sanggarwati, Badriyah Fayumi, dan Aju Isni Karim
    8. Kontributor: Amelia Prihanto dan Ade Aprilia
    9. Artistik: Mardi Santoso dan Panca Akbari
    10. Fotografer: Ramsy
    11. Promosi: Osep Rahmat
    Sumber: https://text-id.123dok.com/document/myj7pjr2y-struktur-redaksi-majalah-noor.html

    • Susunan Redaksi dalam Majalah Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah Mutiara Bangsa SMP N 4 Sukoharjo
    1. Penasehat: Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kab. Sukoharjo
    2. Penanggung jawab: Bambang Eko Putro SN, S.Pd.
    3. Pembimbing: EkoSusanto, S.Pd., Sunarni, S.Pd., Sri Sugiyarti, S.Pd., dan Sugiyatmi, S.Pd.
    4. Pimpinan Redaksi: Muhammad Doni Raharjo
    5. Wakil Pimpinan Redaksi: Muhamad Farhan
    6. Bendahara: Ratih Kusuma Wardani
    7. Sie Artikel: Nurul Azizah Tiara, Yusuf Risma Ramadhoni, Dyah Ayu Nur Aini, Garnisa Panca K., Sabryna Wulandari, Alda Fitriani
    8. Reporter: Anggun Frita Dewi, Mellis Vera, dan Muhammad Yusuf
    9. Design Layout: Putri Indriani, Mila Maharani, dan Anastasya Nadia K.
    10. Editor: Lyanita, Dinda Eka, Andika Novriza, dan Novelia Astrid Damayanti
    Sumber: Mutiara Bangsa (Majalah SMP Negeri 4 Sukoharjo) tahun 2019

    • Posisi yang disukai
    Posisi yang saya sukai dari beberapa susunan tersebut saya memilih menjadi reporter. Alasannya, karena saya suka dengan kegiatan yang turun langsung dengan masyarakat, selain itu saya juga bisa berlatih berbicara dengan baik dan tentunya pengalaman saya akan lebih banyak.

    • Pengalaman organisasi
    Selama kuliah saya mengikuti organisasi HMP PBSI FKIP UMS. Pada periode 2018/ 2019 saya diamanahi sebagai bendahara bidang 5 (Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi), tugas saya sebagai bendahara bidang 5 yaitu mengatur pemasukan dan pengeluaran pada program kerja dari bidang 5 , selain itu sebagai bidang 5 juga bertugas untuk membekali kader-kader untuk periode selanjutnya dan merangkul semua anggota maupun pengurus harian. Kendala saya menjadi bendahara bidang 5, yaitu kami sebagai bidang 5 belum berhasil untuk merangkul anggota HMP PBSI, sehingga saat akhir periode anggota HMP PBSI berkuran. Pada periode 2019/2020 saya diamanahi menjadi bendahara umum HMP PBSI FKIP UMS. Tugas saya sebagai bendahara umum memang tidak jauh beda saat menjadi bendahara bidang 5, tetapi tugas bendahara umum ini mengatur seluruh pengeluaran dan pemasukan HMP PBSI, dari bidang 1 hingga bidang 5. Tetapi disini saya tidak sendiri karena dibantu oleh bendaraha-bendahara bidang. Kendala saya menjadi bendahara umum yaitu sulitnya koordinasi bersama bendahara bidang maupun pengurus lainnya karena keadaan yang seperti sekarang ini membuat kami susah untuk bertemu, tetapi kami berusaha semaksimal mungkin untuk tetap bisa berkoordinasi. Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama dua periode ini, mulai dari cara membagi waktu, menurunkan ego, menghargai pendapat orang lain, sabar, dan selalu percaya setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan.

    BalasHapus
  13. Nama: Siti Aulia Umami
    Nim: A310170185
    Kelas: 7D

    Struktur Redaksi Majalah Wanita

    Pimpinan Umum
    A. Dewan Redaksi
    1. Pimpinan Redaksi (Pemred)
    2. Wakil Pimpinan Redaksi (Wapemred)
    3. Redaktur Pelaksana
    - Fotografer
    - Reporter
    - Redaktur/Editor
    - Kontributor
    - Koresponden
    B. Perusahaan
    1. Pimpinan Perusahaan
    2. Manager Sirkulasi
    3. Manager Promosu
    4. Manager Iklan

    Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    1. Pelindung
    2. Penanggung Jawab
    3. Pembina
    4. Pimpinan Redaksi
    5. Sekertaris
    6. Staf Redaktur dan Editor
    7. Reporter
    8. Lay-Outer, Desain Grafis, dan Artistik
    9. Marketing

    Jika saya diberi kesempatan saya akan memilih untuk menjadi reporter.

    Alasan saya memilih posisi reporter karena dulu saya pernah menjadi reporter majalah saat sma. Dan saat kuliah saya juga menjadi reporter di koran kampus. Selain itu saya juga lebih menyukai pekerjaan di lapangan, suka menulis berita, dan suka saat mewawancarai narasumber.

    4. Iya, selama kuliah saya mengikuti beberapa organisasi dan memiliki posisi di organisasi tersebut.
    - Organisasi IMM Komisariat saya menjabat sebagai Sekertaris Lembaga Hubungan Internasional. Saat di IMM saya pernah menjadi ketua sie acara Semnas banyak kendala yang saya hadapi, untuk mengatasi kendala tersebut saya dan ketua panitia melakukan rapat terbuka dan mengevaluasi panitia.
    - LPM Pabelan sebagai anggota Manajer Penelitian. Di LPM pabelan saya diberi tanggung jawab menjadi reporter koran dan mewawancarai narasumber. Kendala yang saya hadapi adalah saat akan melakukan wawancara, biasanya waktu berteu narasumber bertabrakan dengan jam perkuliahan. Solusinya, saya mengikuti kelas berbeda dengan pelajaran yang sama dan dosen yang sama.
    - ISO (International Student Organization) Pesma UMS sebagai Anggota Departemen Pengajaran. Kendala yang saya hadapi adalah saat mengarahkan mahasantri untuk mengikuti kelas. Solusinya saya bekerjasama dengan departemen keamanan untuk mengarahkan santriwati.

    BalasHapus
  14. Nama : Ludiya Yayang Mirana
    Kelas : 7D
    NIM : A310170170

    1. Susunan redaksi majalah umum wanita :
    a. Pemimpin redaksi/Pengasuh
    b. Pimpinan redaksi
    c. Sekertaris redaksi
    d. Koordinator peliputan
    e. Manajer produksi
    f. Redaktur foto
    g. Redaktur artistik
    h. Redaktur bidang
    I. Reporter

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK :
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin Redaksi
    d. Redaktur Pelaksana
    e. Reporter Editor
    f. Tenaga desain dan tata letak
    g. Bagian bisnis

    3. Apabila diberi kesempatan saya ingin berada di posisi sebagai Reporter.

    4. Karena menurut saya posisi tersebut dirasa cocok bagi saya, dan mungkin saya akan menekuninya untuk kesempatan kedepan.

    5. sebenarnya, selama kuliah saya pernah mengikuti organisasi HMP. tetapi hanya di awal semester saja, setelah itu saya keluar dan tidak mengikuti organisasi manapun.

    BalasHapus
  15. NAMA : TINA INDRI ASTUTI
    NIM : A310170195
    KELAS : 7D

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita adalah Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi, Wakil Pemimpin Umum I, Wakil Pemimpin Umum II, Wakil Pemimpin Redaksi, Penanggung jawab dan Wakil Penanggung jawab Redaksional, Dewan Redaksi, Redaksi Aktual Eksklusif, Redaksi Lifestyle, Redaksi Masakan, Redaksi Foto, Redaksi Artistik, Staf Khusus, Koresponden/ Kontributor, Sekretaris Redaksi, dan Pemimpin Perusahaan.
    Sumber: Majalah Wanita Kartini (07-21 Maret 2013)

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk adalah Penanggung jawab, Penasehat, Ketua Tim Dewan Pembina, Anggota Dewan Pembina, Pimpinan Redaksi, Wakil Pimpinan Redaksi, Sekretaris, Redaktur Pelaksana, Staf Redaksi, Reporter, Kameramen, Layout.
    Sumber: Majalah Eksis (Ekspresi Siswa) SMAN 1 Karangmojo (Edisi X Desember 2011)

    Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah reporter, karena dengan menjadi seorang reporter saya dapat terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan berita yang menarik, dan saya juga bisa mewawancarai narasumber, dengan begitu akan menambah pengalaman saya dan melatih keterampilan berbicara. Selain itu dengan menjadi seorang reporter dapat menjalin lobi dengan sumber-sumber penting di berbagai instansi.

    Selama saya kuliah, saya tidak memiliki posisi di organisasi. Tetapi saya memiliki posisi dalam organisasi masyarakat, jadi meskipun tidak memiliki organisasi di kuliah, saja bisa bertanggung jawab atas segala sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawab saya dan tentunya saya bisa diajak bekerja sama dalam tim.


    BalasHapus

  16. Nama: Melisa Sheila
    Nim: A31017018
    Kelas: 7D

    Pertama
    Susunlah redaksi majalah wanita
    a. Pengasuh
    b. Pemimpin redaksi
    c. Wakil Redaksi
    d. Redaktur Pelaksana
    e. Redaktur Madya
    f. Redaktur
    g. Pemimpin Umum
    h. Pemimpin Perusahaan
    i. Pembina
    j. Direksi
    Kedua
    Susunlah redaksi majalah sekolah SMP/SMA/SMK.

    a. Pelindung
    b. Penanggung Jawab
    c. Pembina
    d. Redaktur Pelaksana
    e. Reporter
    f. Photographer
    g. Editor
    h. Lay-Outer, Desain Grafis dan Artistik
    i. Bagian Bisnis (Marketing)

    Apabila diberi kesempatan saya akan memilih reporter.

    Alasanya, karena reporter bisa terjun laangsung kelapangan dan meliput secara langsung apa yang sedang terjadi, selain itu menjadi reporter bisa mengasah kemampuan public speaking dan bisa memperluas wawasan dan pengalaman.

    Tidak pernah , tetapi selama kuliah pernah mengikuti organisasi HMP divisi 3 (minat dan bakat) sebagai anggota ,tanggung jawab yang sudah dilaksanakan, yaitu ikut serta membantu program tahunan HMP. Selain dikampus saya juga mempunyai organisasi daerah, yaitu IKPMRS (ikatan keluarga pelajar mahasiswa Riau-Surakarta) sebagai anggota sanggar tari dan bertanggung jawab atas acara tari yang ada.

    BalasHapus
  17. NAMA : DEVI KURNIA KHIKMAWATI
    NIM : A310170191
    KELAS :7D

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita adalah Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Redaktur Madya, Redaktur, Pemimpin Umum, Pemimpin Perusahaan, Penerbit, Pembina, Direksi, Alamat Redaksi, dan Pencetak.
    Sumber: Majalah “Femina” Edisi April 2008.
    http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    Susunan redaksi yang terdapat dalam majalah sekolah “Majesty” SMA NEGERI 1 PURI adalah Penanggung Jawab, Wakil Penanggung Jawab, Pembina, Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara, Editor, Redaksi, Layout, Reporter, dan Distributor.
    Sumber: Majalah “Majesty” Edisi Desember 2014.

    Jika diberi kesempatan untuk menduduki pengurus redaksi, posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah reporter, karena saya menyukai travelling dan hal-hal yang baru dan/atau sedang digemari orang lain. Selain itu, saya juga menyukai kegiatan yang mengharuskan untuk terjun langsung dalam rangka mencari berita menarik yang terkait dengan sekolah dan mewawancarai narasumber tertentu.

    Selama saya kuliah, saya tidak memiliki posisi di organisasi. Tetapi saya memiliki posisi dalam organisasi pengabdian masyarakat. Meskipun demikian, saya dapat bekerja sama dalam tim sesuai dengan tanggung jawab yang sudah diberikan kepada saya.


    BalasHapus
  18. Nama : Asti Mrihatini
    NIM : A310170194
    Kelas : 7D

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    1. Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan
    2. Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum
    3. Wakil Pemimpin Perusahaan
    4. Alamat Redaksi
    5. Alamat Tata Usaha/Distribusi
    6. Pencetak
    7. Penerbit
    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina | Ensiklopedia Sastra Indonesia - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    4. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    8. Bagian Bisnis
    Sumber: Prasetyo, Eko. 2012. Tim Redaksi Majalah Sekolah. http://mustprast.wordpress.com. Diakses pada 18 September 2020 pukul 17.00.

    Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah Fotografi, karena selain menjadi kesenangan, fotografi juga alat dimana saya dapat mengembangkan tatanan konsep dalam berekspresi dan bercerita dalam bahasa visual.

    Selama kuliah saya tidak memiliki posisi di organisasi. Meskipun tidak memiliki posisi di organisasi kampus saya tetap mau berusaha dan bekerja sama dalam sebuah tim

    BalasHapus
  19. Nama: Ani Rufiah
    NIM: A310170179
    Kelas: 7 D

    -> Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan, Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum, Wakil Pemimpin Perusahaan, Alamat redaksi, Alamat Tata Usaha/Distribusi, Pencetak, dan Penerbit.

    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina | Ensiklopedia Sastra Indonesia - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

    -> Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    Pelindung, Pembina, Pemimpin Redaksi (Pemred), Redaktur Pelaksana (Redpel), Reporter, Editor, Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter), dan Bagian Bisnis.

    Sumber: https://www.kompasiana.com/prasetyo_pirates/55112d418133119a36bc785a/tim-redaksi-majalah-sekolah

    -> Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah dewan redaksi.

    -> Alasan
    karena dapat menyebar/menulis berita yang sesuai-tidaknya berita yang sesuai dengan visi dan misi yang disepakati agar tidak menimbulkan hoaks.

    -> Selama kuliah saya memiliki pengalaman organisasi yaitu HMP. di HMP saya sebagai anggota bidang 2. Tanggung jawab sebagai anggota saling membantu dengan bidang lainnya jika ada kegiatan/proker. Banyak kendala dalam menjadi anggota. Oleh karena itu, tetap semangat, saling membantu, dan berkomunikasi.

    BalasHapus
  20. Nama : Savina Rachmah
    Nim : A310170165
    Kelas : 7D

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    Pelindung, Penasehat, Pemimpin Umum, Pemimpin Perusahaan, Pemimpin Redaksi, Anggota Redaksi, Editor, Periklanan dan Pemasaran, Layout dan Ilustrator, Reporter.
    Sumber: Majalah Wanita Al-Mar'ah Sholihah dan Cerdas (No. 05/ XI Edisi Desember 2013/ 1435 H)

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    Pelindung, Pembimbing, Penanggung Jawab, Pimpinan Redaksi, Sekretaris, Bendahara, Dewan Redaksi, Reporter, Editor, Ilustrator, Fotografer, Distributor.
    Sumber: Majalah GEMA (always better than before) SMA MTA Surakarta (Edisi 51 September 2015)

    Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah editor, karena dengan menjadi seorang editor saya ingin memanfaatkan ilmu yang sudah saya dapatkan selama kuliah dan saya merasa saya memiliki kemampuan menulis dan mengedit yang baik. Selain itu, saya juga bisa berlatih dalam memahami hal-hal yang detail, serta tentunya memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas.

    Selama saya kuliah, saya pernah mengikuti organisasi dan memiliki posisi di organisasi tersebut yaitu organisasi LPM Figur sebagai anggota devisi Litbang. Tugasnya membantu dalam mendokumentasikan data, mengolah data-data yang ada, melakukan penelitian, dan memberi masukan pada jajaran redaksi terkait trend pembaca, situasi pasar, dan sebagainya.Tetapi saya mengikuti organisasi hanya sampai semester 4 saja, kemudian saya keluar dari organisasi tersebut. Meskipun saya keluar dari organisasi, saya masih memiliki tanggung jawab dan bisa diajak bekerja sama dengan tim.

    BalasHapus
  21. Nama : Khafidah Anggraeni
    Nim : A310170203
    Kelas : 7D

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.
    1. Pemimpin umum/pemimpin redaksi
    2. Wakil umum 1
    3. Wakil umum 2
    4. Wakil pemimpin redaksi
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksi
    6. Dewan redaksi
    7. Redaksi aktual ekslusif
    8. Redaksi lifestyle
    9. Redaksi masakan
    10. Redaksi foto
    11. Redaksi artistik
    12. Staf khusus
    13. Koresponden
    14. Sekretaris redaksi dan pemimpin perusahaan
    Sumber : majalah wanita Kartini (07-21 Maret 2013).

    Susunan redaksi majalah sekolah.
    1. Pelindung
    2. Penanggung jawab
    3. Pembinaa
    4. Pemimpin redaksi
    5. Sekretaris
    6. Staf redaktur dan editoe
    7. Reporter
    8. Lay-outer , desain grafis, dan artistik
    9. Marketing

    Jika saya diberi kesempatan saya akan memilih menjadi reporter.

    Alasannya menjadi reporter adalah sebuah cara untuk memperluas wawasan dan pengalaman, dengan menjadi reporter saya akan lebih bisa menggalih kemampuan yang saya miliki.

    Tidak pernah, tetapi selama kuliah saya pernah mengikuti organisasi HMP PBSI ( bidang pengabdian masyarakat) selama menjadi anggota HMP saya selalu berusaha bertanggung jawab dengan apapun yang telah diamanahkan kepada saya, dan ikut serta membantu kegiatan tahunan HMP.

    BalasHapus
  22. Nama: Fransisca Nanda Arintowati
    NIM: A310170171
    Kelas: 7D

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.
    1. Pemimpin Redaksi
    2. Editor at Large
    3. Redaktur Pelaksana
    4. Redaktur Madya
    5. Redaktur
    6. Pemimpin Umum
    7. Pemimpin Perusahaan
    8. Penerbit
    9. Direksi

    Sumber: http//ensiklopedia.kemendikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    Susunan redaksi majalah sekolah.
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin Redaksi (Permed)
    4. Redaktur Pelaksana (Radpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    8. Bagian Bisnis

    Sumber: http://kompasiana.com/amp/prasetyo_pirates/tim-redaksi-majalah-sekolah_551112d418133119a36bc785a

    Posisi yang akan saya pilih dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah bagian editor dan juga fotografer.

    Alasan saya memilih bidang editor dan juga fotografer yaitu karena saya lebih paham dalam bidang pereditoran dan juga fotografer. Tanggung jawab dari kedua bidang tersebut tidak terlalu besar kalau bagi saya yang pengalamannya kurang.

    Selama saya kuliah saya tidak memiliki posisi dalam organisasi apapun. Tetapi apabila diajak kerjasama saya pasti tetap mampunyai tanggung jawab yang besar dan bisa diajak kerjasama dengan tim.

    BalasHapus
  23. Nama : Aisyah Rahmawati
    NIM : A310170183
    Kelas : 7D

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    1. Pimpinan umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Sekertaris redaksi
    4. Redaktur pelaksanaan
    5. Koordinator peliputan
    6. Manajer produksi
    7. Koordinator peliputan
    8. Redaktur foto
    9. Redaktur artistik
    10. Redaktur bidang
    11. Reporter

    Susunan redaksi dalam majalah sekolah smp/sma/smk:
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin redaksi
    4. Redaktur pelaksana
    5. Reporter editor
    6. Tenaga desain dan tata letak
    7. Bagian bisnis

    Apabila saya diberi kesempatan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka posisi yang akan saya pilih yaitu bagian sekertaris redaksi.

    Alasan saya memilih posisi tersebut karena saya mempunyai pengalaman dalam bidang sekertaris jadi sudah paham tugas dan tanggung jawab menjadi sekertaris.

    Tidak pernah, tetapi waktu sekolah di smp maupun sma saya pernah mengikuti organisasi Palang Merah Remaja (PMR) di organisasi tersebut saya mendapatkan amanah sebagai sekertaris. Saya selalu bertanggung jawab atas amanah yang sudah diberikan kepada saya.

    BalasHapus
  24. Nama : Fatahillah Ichwanudin
    NIM : A310170197

    1. Susunan tim
    Majalah wanita yaitu Kartini
    Pemimpin Redaksi
    Eric Tuapattinaya (Pemimpin Redaksi)
    Penanggung Jawab
    Eric Tuapattinaya, Heru Hartoko, Dewi Yamina, Retno Satuti, dan Nurul Rahmi
    Redaksi Aktual Eksklusif
    Heru Hartoko, Dewi Yamina, Nurul Rahmi, Galis Remina, Babay, Tri Vany Kurniasih, Ai Turwina, dan Risna Halidi
    Redaksi Gaya hidup
    Mia Apilia, Retno Satuti, Fahri Reza, Ray Hafidz Martino, Mustiana Lestari dan Ditriana Rahmianti
    Redaksi Artistik
    Daniel Donnie Anthony, Yefta Kansil, Sandy Mardiana, Risma Gantini, Hendra Adrian
    Sekretaris Redaksi
    Intan Mahalia, Rahmayati
    Fotografer
    Kosim Sanusi


    2. Susunan tim mading disekolah :
    Penanggung jawab *): wali kelas masing-masing
    Pemimpin redaksi *)
    Penyusun naskah
    Grafis dan ilustrasi
    Dekorasi dan artistik
    Keuangan *)
    Perlengkapan
    Keterangan: yang bertanda *) adalah posisi yang harus ada.


    3. Saya akan memilih posisi sebagai fotografer karena itu hal yang mengasyikan bisa berseni dengan mengambil foto dari sudut yang pas untuk hasil yang bagus.


    4. Saya pernah menjadi anggota HMP dan pernah mendapat tugas menjadi ketua panitia pelaksanaan acara pkm karena saya dibidang 2 yaitu penalaran.
    Menjadi ketua panitia sebenarnya saya ditunjuk tetapi itu suatu pengalaman buat saya dan tidak terlupakan.

    BalasHapus
  25. Nama : Mia Nur Insani
    NIM : A310170176

    Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita
    a. Komisaris
    b. Direktur utama
    c. Pemimpin Redaksi
    d. Editor
    e. Reporter
    f. Fotografer
    g. Desainer Aristik
    h. Iklan
    i. Sirkulasi
    Sumber : Majalah Natasha Edisi 1 2016

    Susunan Rekasi Yang Ada dalam Majalah Sekolah
    a. Pimpinan Redaksi
    b. Wakil Pimpinan Redaksi
    c. Sekretaris
    d. Bendahara
    e. Dewan Redaksi
    f. News Hunter
    g. Tim Kreatif dan Penyunting
    h. Reporter
    i. Fotografer
    Sumber : Majalah Hackes Edisi XXV SMA N 1 Kartasura

    Jika diberi kesempatan saya memilih menjadi editor
    Alasan: karena saya mengambil mata kuliah pilihan yang berkaitan dengan penyuntingan dan memanfaatkan ilmu yang telah didapat selama belajar penyuntingan

    Selama kuliah saya mengikuti organisasi Prisma UMS dan LDM-PM UMS. Tahun 2018/2019 saya menjadi anggota. Di tahun berikutnya di Prisma saya menjadi Staff Divisi Riset dan Pemberdayaan Masyarakat sedangkan di LDM-PM saya menjadi anggota Departemen Kaderisasi. Dalam manajemen organisasi di tahun kedua ini posisi saya disebut dengan middle management. Menurut saya posisi ini paling sibuk karena harus mengawasi penyelesaian pekerjaan secara langsung dan memberikan laporan kepada orang yang berada di top management. Kendala yang sering muncul adalah terjadinya miskomunikasi. Untuk mengatasinya biasanya dalam mengadakan acara setiap panitia didampingi oleh anggota lama yang sudah berpengalaman dan menyusun timeline dengan tepat.

    BalasHapus
  26. Nama : Fransiska Alisia Putri Yousiskasari
    NIM : A310170174
    Kelas : 7 D

    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita
    a. Pemimpin Redaksi
    b. Pemimpin Komunitas
    c. Redaktur Pelaksana
    d. Redaktur Senior
    e. Redaktur Madya
    f. Redaktur
    g. Redaktur Eksekutif
    h. Koordinator
    i. Artistik
    j. Produksi
    k. Editor
    l. Fotografer
    m. Manajer Periklanan
    n. Manajer Promosi
    o. Manajer Pemasaran
    Sumber : Majalah Gadis Edisi 2019

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    a. Pemimpin Umum
    b. Pemimpin Redaksi
    c. Dewan Redaksi
    d. Redaktur
    e. Kontributor
    f. Sekretaris
    g. Reporter
    h. Editor
    i. Artistik
    j. Distributor
    k. Promosi
    Sumber : Majalah Muhamka Edisi 2018 SMA Muhammadiyah Kajen

    3. Posisi yang saya sukai adalah editor.
    Alasannya karena mengedit adalah hobi saya, apalagi jika mengedit sebuah foto dan video. Tetapi mengedit dalam hal ini adalah mengedit mengenai hal-hal yang berkaitan dengan majalah, misalnya berupa tulisan maupun cover. Materi mengenai pengeditan sudah diberikan pada mata kuliah penyuntingan. Dengan bekal pengetahuan dari materi penyuntingan tersebut, saya dapat mengedit tulisan/bacaan yang tidak sesuai menjadi sesuai dengan PUEBI. Sehingga pembaca dapat memahaminya dengan baik.

    4. Pada waktu semester 1 sampai semester 3, saya pernah mengikuti organisasi HMP PBSI Bidang 1 Keislaman sebagai anggota. Tanggung jawab yang saya lakukan ketika menjadi anggota adalah dapat bekerja sama secara baik dengan ketua, bendara, sekretaris, maupun anggota bidang 1 lainnya. Selain itu juga dapat bekerja sama dengan bidang lainnya. Tetapi setelah masuk semester 4 saya keluar dari organisasi tersebut karena ingin fokus kuliah sambil jualan online dan mengurusi pesanan dari pembeli, sehingga waktu ada rapat ataupun kegiatan di HMP saya tidak bisa mengikuti. Meskipun sudah keluar dari organisasi, tetapi saya masih bisa diajak bekerja sama dengan baik.

    BalasHapus
  27. Nama : Neneng Wicayanti
    NIM : A310170157
    Kelas : 7D

    • Pertama
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita :
    1. Pemimpin umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Redaktur pelaksana
    4. Redaktur rubrik
    5. Reporter
    6. Fotografer
    7. Pemimpin perusahaan
    8. Manager SDM
    9. Manager keuangan
    10. Manager periklanan
    11. Manager produksi

    •Kedua
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah
    1. Pelindung
    2. Penasehat
    3. Pembina
    4. Pemimpin redaksi (PemRed)
    5. Sekretaris
    6. Dewan redaksi
    7. Reporter
    8. Editor
    9. Distributor

    • Ketiga
    Posisi yang saya sukai jika diberi kesempatan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, saya akan memilih menjadi fotografer

    • keempat
    Alasanya, karena saya suka pada bidang pengambilan objek gambar atau foto yang menarik dan unik itu akan mrmbuat saya tertantang pada saat melakukan tugas tersebut

    • Kelima
    Selama saya kuliah tidak mengikuti organisasi

    BalasHapus
  28. Nama : Dika Ukhti Rahmawati
    Nim : A310170201
    Kelas : 7D
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita :
    1. Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi,
    2. Wakil Pemimpin Umum I,
    3. Wakil Pemimpin Umum II,
    4. Wakil Pemimpin Redaksi,
    5. Penanggung jawab
    6. Wakil Penanggung jawab,
    7. Redaksional (Dewan Redaksi, Redaksi Aktual Eksklusif, Redaksi Lifestyle, Redaksi Masakan, Redaksi Foto, Redaksi Artistik)
    8. Staf Khusus,
    9. Koresponden/ Kontributor,
    10. Sekretaris Redaksi, dan
    11. Pemimpin Perusahaan.
    Sumber: Majalah Wanita Kartini
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk :
    a. Penanggung jawab,
    b. Penasehat,
    c. Ketua Tim Dewan Pembina,
    d. Anggota Dewan Pembina,
    e. Pimpinan Redaksi,
    f. Wakil Pimpinan Redaksi,
    g. Sekretaris,
    h. Redaktur Pelaksana,
    i. Staf Redaksi,
    j. Reporter,
    k. Kameramen,
    l. Layout.
    Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah Ketua Tim Dewan Pembina. Karena saya memiliki jiwa pemimpin. Dan saya juga di beri kepercayaan untuk menjadi ketua di organisasi pemudi.
    Selama saya kuliah, saya tidak memiliki posisi di organisasi. Tetapi saya memiliki posisi dalam organisasi masyarakat, jadi meskipun tidak memiliki organisasi di kuliah, saja bisa bertanggung jawab atas segala sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawab saya dan tentunya saya bisa diajak bekerja sama dalam tim.

    BalasHapus
  29. Nama : Dinar Febrianti
    NIM : A310170182
    Kelas : 7 D
    1. Susunan redaksi majalah umum wanita
    a. Pemimpin Redaksi/ Pengasuh
    b. Redaktur Pelaksana
    c. Redaktur Madya
    d. Redaktur
    e. Pemimpin umum
    f. Pemimpin perusahaan
    g. Penerbit
    h. Pembina
    i. Direksi
    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina
    2. Susunan redaksi majalah sekolah
    a. Izin Publikasi
    b. Pelindung
    c. Pembina
    d. Pemimpin redaksi
    e. Sekretaris
    f. Bendahara
    g. Editor
    h. Reporter
    i. Lay-outer, Desain Grafis dan Artistik
    j. Fotografi.
    Sumber: Shine Minigazine #AfterSHSStories SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun 2015.
    3. Apabila Anda diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka Anda wajib memilih posisi dalalm susunan organisasi. Menurut Anda, posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut.
    Jawab:
    Dari beberapa posisi tersebut, jika diminta untuk memilih, saya akan memilih menjadi reporter.
    4. Mengapa posisi itu paling Anda sukai?
    Jawab:
    Alasan saya memilih reporter adalah karena saya dapat melatih kemampuan berbicara didepan media maupun masyarakat, terjun langsung ke lapangan, menggali sebuah informasi atau berita, dan mendapatkan pengalaman.
    5. Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah Anda laksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.
    Jawab:
    Selama kuliah ini saya hanya mengikuti salah satu organisasi di Prodi yaitu HMP PBSI. Namun beberapa bulan kemudian saya memutuskan keluar dari organisasi tersebut karena ingin fokus kuliah. Hingga saat ini saya tidak mengikuti organisasi manapun. Saya masuk di Bidang 2 HMP PBSI mengenai Penalaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Saya pernah mengikuti salah satu kegiatannya yaitu Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PPKM) dan Soft Skill sebagai penanggung jawab dokumentasi. Saya mengakui banyak kekurangan dalam mengatur dan mengarahkan. Bahkan komunikasi antar anggota kurang sehingga terjadi misskomunikasi. Disini saya belajar betapa pentingnya kerja sama dan komunikasi antar satu sama lain.

    BalasHapus
  30. Nama : Vitria Indriyani Setyaningsih
    NIM : A310170167

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita

    1 ) Pemimpin Redaksi:
    Didik Supriyanto
    2) Redaktur Eksekutif:
    Titis Widyatmoko
    3) Koordinator:
    Harfrida Vindy
    4) Staf Editor:
    Agatha Yunita, Wenny Sri Widowati, Gilang Ayu Anggraini
    5) Reporter:
    Diyang Renatia
    6) Programmer:
    Endah Sulistyowati
    Sumber : Majalah Wanita Indonesia Vimale.id

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Penerbit : SLB Negeri 2 Yogyakarta
    Pemimpin Umum :
    Kepala SLB Negeri 2 Yogyakarta
    Sri Muji Rahayu, M.Pd
    Pemimpin Redaksi :
    Agus Winarto, S.Sn
    Editor :
    Andriyatni,S.Pd
    Drs. Wahyu Widarto
    Layout :
    Eko Ariyanto, S.Pd. T., M.Eng.
    Ilustrator :
    Nurul Hudha Bellina, S.Pd
    Fotografer :
    Eko Ariyanto, S.Pd. T., M.Eng.
    Wisnu Satria Ghautama, S.Pd.Jas., M.Pd
    Staff Redaksi :
    Muh. Safi’i, S.Ag
    Sukarminingsih, S.Pd.Si
    Sunarminingsih, S.Pd
    Dra. Muyassaroh
    Bendahara :
    Dra. Nanik Hidayati
    Sumber : Majalah sekolah GITA

    3. Posisi yang diminati
    Melihat susunan redaksi tersebut, saya akan memilih posisi sebagai Reporter
    Alasan
    Saya ingin menjadi seorang reporter karena, selain posisi tersebut dapat melatih tingkat skill komunikasi, posisi reporter juga terjun langsung ke lapangan mengenai apa yang akan diliput untuk diinformasikan secara mendalam dan melatih diri menjadi seorang jurnalis yang andal.

    4. awal semester kuliah saya pernah mengikuti organisasi HMP dan hanya menjadi anggota Bidang 3 ( Minat Bakat ) dan sempat bertanggung jawab mengikuti dan melancarkan jalannya kegiatan HMP kala itu.

    BalasHapus
  31. Nama : Inneke Dyah Anggraini
    NIM   : A310170193

    1.Susunan redaksi majalah umum wanita
    a.Pemimpin Redaksi/ Pengasuh
    b.Redaktur Pelaksana
    c.Redaktur Madya
    d.Redaktur
    e.Pemimpin umum
    f.Pemimpin perusahaan
    g.Penerbit
    h.Pembina
    i.Direksi
    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    2.Susunan redaksi majalah sekolah
    a.Penanggung Jawab
    b.Pembina
    c.Pimpinan umum
    d.Pemimpin redaksi
    e.    Wapim Redaksi
    f.Sekretaris
    g.Bendahara
    h.    Redaktur Artikel : Bagian umum, bagian Editor, Redaktur Cerita, Reporter, Fotografer.
    Sumber: Krismatig #03 Edition 2015
    SMA Negeri 3 Sragen Tahun 2015.

    3.Dari beberapa posisi tersebut, jika diminta untuk memilih, saya akan memilih menjadi fotografer.

    4.Alasan saya memilih fotografer adalah karena saya menyukai tentang fotografi, dan saya juga dapat mengembangkan teknik dan cara konsep dalam berekspresi melalui fotrografi.

    5.Selama kuliah ini saya pernah mengikuti organisasi yaitu di Prodi yaitu HMP PBSI. Namun saya tidak melanjutkan nya karena pembagian waktu yang membuat saya tidak bisa mengikuti organisasi tersebut dan saya lebih memilih fokus dengan kuliah saya. Di organisasi ini saya masuk dalam bidang 2, tapi saya sama sekali belum mengikuti kegiatan apapun. Jadi, walaupun saya belum mempunyai pengalaman dalam organisasi yang pernah saya ikuti, saya tetap masih bisa dan berusaha yang terbaik bekerja dalam sebuah tim.

    BalasHapus

  32. Susunan redaksi majalah umum wanita:
    1. Pemimpin redaksi
    2. Editor at Large
    3.Redaktur Pelaksana
    4. Redaktur Madya
    5.Redaktur
    6.Pemimpin Umum
    7. Pemimpin Perusahaan
    8. penerbit
    9. Pembina
    10.Direksi
    Sumber : majalah umum wanita femina
    Susunan redaksi majalah sekolah
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin redaksi
    4. Redaktur pelaksana
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga desain dan tata letak
    8. Bagian bisnis

    Posisi yang diminati
    Dari beberapa posisi tersebut, jika diminta untuk memilih, saya akan memilih menjadi fotografer.

    Alasan saya memilih fotografer adalah karena saya menyukai tentang fotografi.

    Selama kuliah saya belum pernah mengikuti organisasi apapun, jadi saya belum banyak mempunyai pengalaman dalam berorganisasi.





    BalasHapus
  33. Nama : Nurul Aisah
    NIM : A310170163

    Susunan redaksi majalah umum wanita:
    1. Pemimpin redaksi
    2. Editor at Large
    3.Redaktur Pelaksana
    4. Redaktur Madya
    5.Redaktur
    6.Pemimpin Umum
    7. Pemimpin Perusahaan
    8. penerbit
    9. Pembina
    10.Direksi
    Sumber : majalah umum wanita femina
    Susunan redaksi majalah sekolah
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin redaksi
    4. Redaktur pelaksana
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga desain dan tata letak
    8. Bagian bisnis

    Posisi yang diminati
    Dari beberapa posisi tersebut, jika diminta untuk memilih, saya akan memilih menjadi fotografer.

    Alasan saya memilih fotografer adalah karena saya menyukai tentang fotografi.

    Selama kuliah saya belum pernah mengikuti organisasi apapun, jadi saya belum banyak mempunyai pengalaman dalam berorganisasi.





    BalasHapus
  34. Nama : Astria Yuli Rahmawati
    NIM : A310170175

    Susunan redaksi majalah umum wanita:
    1. Pemimpin redaksi
    2. Editor at Large
    3.Redaktur Pelaksana
    4. Redaktur Madya
    5.Redaktur
    6.Pemimpin Umum
    7. Pemimpin Perusahaan
    8. penerbit
    9. Pembina
    10.Direksi
    Sumber : majalah umum wanita femina
    Susunan redaksi majalah sekolah
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin redaksi
    4. Redaktur pelaksana
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga desain dan tata letak
    8. Bagian bisnis

    Posisi yang diminati
    Dari beberapa posisi tersebut, jika diminta untuk memilih, saya akan memilih menjadi editor.

    Alasan saya memilih fotografer karena saya berminat dan menyukai segala hal tentang dunia editor

    Selama kuliah saya belum pernah mengikuti organisasi apapun, jadi masih banyak pengalaman yang belum saya miliki.

    BalasHapus
  35. Nama : Salma Fitriyani
    NIM : A310170166
    Kelas : 6D

    Susunna redaksi yang ada dalam majalah umum wanita

    Gogirl! Magazine
    1. Penerbit
    2. Pemimpin Umum
    3. Pemimpin Redaksi .
    4. Artistik
    5. Editor
    6. Fotografer
    7. Reporter
    8. Pemimpin Perusahaan
    9. Sirkulasi
    10. Iklan
    11. Keuangan

    Sumber : https://prezi.com/wofv8stmfabm/gogirl-magazine/

    Redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    Struktur Team Redaksi Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton

    1. Pelindung
    2. Penanggung Jawab
    3. Pembina
    4. Pemimpin Redaksi
    5. Sekretaris
    6. Staf, Redaktur dan Editor
    7. Reporter
    8. Lay-Outer, Desain Grafis dan Artistik
    9. Marketing

    Sumber:
    http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html?m=1

    Apabila saya diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, saya akan memilih posisi menjadi reporter.

    Alasannya yaitu saya bisa mencari informasi mengenai berita secara langsung kepada sumbernya dan bisa mewawancarainya. Sehingga mendapatkan berita berdasarkan fakta dan hal tersebut akan menambah ilmu dan dan wawasan untuk saya, selain itu saya juga mendapat pengalaman baru untuk menjadi seorang reporter.

    Tidak, saya tidak mengikuti organisasi apapun selama saya kuliah.

    BalasHapus
  36. Nama : Oldri Permata Sari
    NIM : A310170180
    Kelas : 7D

    PERTAMA
    Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Pemimpin Redaksi
    Pemimpin Redaksi
    Penanggung Jawab
    Redaksi Aktual Eksklusif
    Redaksi Gaya hidup
    Redaksi Artistik
    Sekretaris Redaksi
    Fotografer

    KEDUA
    Susunan Redaksi Majalah Sekolah
    Susunan Redaksi Majalah KIBAR SMAN 1 Parengan
    Pelindung
    Penanggung Jawab
    Pembina
    Jurnalis
    Dewan Redaksi
    Editor

    KETIGA
    Jika diberi kesempatan saya ingin ada di posisi reporter.

    KEEMPAT
    Alasanya karena menjadi reporter kita bisa terjun langsung ke lapangan, jadi kita bisa belajar berkomunikasi dengan baik dan bisa mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi.

    KELIMA
    Dalam perkuliahan Saya pernah mengikuti organisasi HMP PBSI bidang 5(kaderisasi dan pengembangan organisasi) sebagai anggota. Tanggung jawab yang sudah dilakukan dengan menjalankan serta mengikuti kegiatan yang diadakan HMP. Mengenai Kendala yang dialami biasanya disebabkan adanya miskomunikasi anyar anggota satu dengan yang lain.

    BalasHapus
  37. Nama : Ratna Wulansari
    NIM : A310170159

    • Pertama
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    1. Pemimpin umum / pemimpin wanita
    2. Wakil pemimpin umum I
    3. Wakil pemimpin umum II
    4. Wakil pemimpin redaksi
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional
    6. Dewan redaksi
    7. Redaksi aktual ekslusif
    8. Redaksi masakan
    9. Redaksi foto
    10. Redaksi artistic
    11. Staf khusus
    12. Kontributor
    13. Sekretaris redaksi
    14. Pemimpin perusahaan
    15. Wakil pemimpin perusahaan
    16. Iklan
    17. Percetakan

    • Kedua
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah:
    1. Pelindung,
    2. Pembina,
    3. Pemimpin redaksi (pemred)
    4. Redaktur pelaksana (redpel)
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga desain dan tata letak (layouter)
    8. Bagian bisnis

    • Ketiga
    Posisi yang saya sukai jika diberi kesempatan untuk menduduki posisi pimpinan produksi.
    • Keempat
    Karena saya lebih condong pada hal perencanaan dan mengkoordinasi tim dalam suatu tim produksi.

    • Kelima
    Saya mengikuti organisasi Djazman Karsa yaitu organisasi daerah yang berisikan mahasiswa Klaten yang berkuliah di UMS.
    Selama 2 Periode saya menjabat sebagai Ketua Bidang Senbud. Saat di posisi Kabid saya memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengkoordinasi tentang proker yang berhubungan seni dan budaya khas Klaten khususnya. Proker yang saya jalankan yaitu Tari, latiahan musik, kunjungan budaya, diskusi budaya, dll. Kendala yang saya alami yaitu pengurus yang tidak aktif dalam kegiatan dan susahnya menarik antusias anggota untuk ikut dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya melalui proker yang ada.
    Selama 1 perode saya menjadi Pimpinan Angkatan di dalam organisasi yaitu memliki tugas mengawasi jalannya kepengurusan dan mengkoordinasi alumni. Pimpinan Angkatan sama halnya dengan ketua dari ikatan alumni yang menjalin hubungan antar alumni organisasi dan mengawasi jalannya kepengurusan yang berjalan. Pimpinan Angkatan dan Alumni akan menyidang kepengurusan pada akhir periode melalui Musyawarah Umum yang berupa Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum. Kendala yang dihadapi saat saya menjabat yaitu kepengurusan yang tidak berjalan dengan baik karena tidak adanya regenerasi yang bagus. Saat kepengurusan tersebut hanya diisi oleh Angkatan 2018 saja, jadi mereka mengalami banyak kendala. Untuk koordinasi ke alumni saya tidak mengalami kesulitan.

    BalasHapus
  38. Nama : Muhammad Anthori
    NIM : A310170164
    Kelas : 7D

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita adalah Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Redaktur Madya, Redaktur, Pemimpin Umum, Pemimpin Perusahaan, Penerbit, Pembina, Direksi, Alamat Redaksi, dan Pencetak.
    Sumber: Majalah “Femina” Edisi April 2008.
    (Sumber : http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina)

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah :
    • Pelindung
    • Pembina
    • Pemimpin redaksi (pemred)
    • Redaktur pelaksana (redpel)
    • Reporter
    • Editor
    • Tenaga desain dan tata letak (layouter)
    • Bagian bisnis

    (Sumber : https://www.kompasiana.com/prasetyo_pirates/55112d418133119a36bc785a/tim-redaksi-majalah-sekolah)

    3. Apabila saya diberi kesempatan untuk menduduki posisi Redaktur.

    4. Alasan saya memilih sebagai Redaktur, ingin memanfaatkan ilmu dan pengetahuan saya dari mata kuliah Profesi Penyuntingan sebagai bekal seorang penyunting untuk memperbaiki naskah.

    5. Saya hanya mengikuti organisasi HMP bidang 2, tapi di paruh waktu, saya tidak mengikuti dan menjadi anggota pasif.

    BalasHapus
  39. 1. Susunan redaksi dalam majalah wanita Gpriority
    Pemimpin Umum
    Penanggung Jawab
    Pemimpin redaksi
    Editor
    Creative Designer
    Designer staff
    Fotografer
    Pengembangan Bisnis
    Keuangan
    Account Executive
    Sirkulasi
    Pelatihan
    Penerjemah
    Kontributor
    Penerbit
    Sumber: https://gpriority.co.id/susunan-redaksi/
    Copyright © GPriority Media 2016
    Thursday, September 24, 2020

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah
    Pelindung
    Pembina
    Pemimpin redaksi (Pemred)
    Redaktur Pelaksana (Redpel)
    Reporter
    Editor
    Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    Bagian Bisnis
    Sumber http://mustprast.wordpress.com
    https://www.kompasiana.com/prasetyo_pirates/55112d418133119a36bc785a/tim-redaksi-majalah-sekolah

    3. Saya lebih menyukai bagian reporter.
    4. Karena pada posisi reporter, berita dapat dikatakan menarik atau tidak sesuai dengan kinerja lapangan reporter. Reporter terjun langsung kepada narasumber/ sumber berita yang ada, sehingga akan banyak pengalaman langsung yang didapat serta akan membengaruhi kosakata dan kemampuan berbahasa saya akan diuji di sana.
    5. Ya, saya memiliki posisi di organisasi. Tahun 2018 saya menjadi anggota BPIK (Bidang Penelitian, Informasi, dan Komunikasi), Tahun 2019 saya menjadi ketua bidang PIK, Tahun 2020 saya menjadi Pemangku Aday Nyi di UKM Racana Ki/Nyi Ahmad Dahlan. Tahun 2019 saya menjadi anggota Departemen Al Islam dan Kemuhammadiyahan di UKM Tapak Suci Unit 003. Selama mengemban amanah dalam organisasi tersebut, tentunya memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan. Sewaktu berada di BPIK, saya memiluki tanggung jawab untuk menyelesaikan progek selama satu periode dengan sebaik mungkin dan melakukan inovasi terkait pelaksanaan proker supaya relevan dengan keadaan pada saat itu, misalnya dalam proker di acara EXPO UKM Univ 2018 dan 2019, Masta PMB, mengelola media IT Racana, melakukan penelitian sesuai dengan kondisi yang ada. Pada saat menjadi Pemangku Adat, saya memiliki amanah dan tanggung jawab yang lebih besar dan berhubungan langsung dengan anggota RAD beserta purnaracana, salah satunya mengayomi meluruh keluarga dalam racana. Pada saat menjadi anggota Departemen AIK di Tapak Suci, kami membantu meneyelesaikan proker bersama-sama yaitu meningkatkan wawasan dan kerohanian keislaman dan kemuhammadiyahan anggota TSPM UMS sebisa dan semaksimal mungkin.
    Terkait dengan kendala, masing-masing di posisi tersebut tentunya memiliki kendala yang bermacam-macam. Secara umum kendala yang sering dialami meskipun sudah diantisipasi ialah kendala dalam berkomunikasi dan membantu mengayomi anggota masing-masing.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.