PERTEMUAN PERTAMA FONOLOGI SEMESTER III KELAS A 2020: KONTRAK KULIAH

 

KONTRAK  KULIAH

FONOLOGI

SEMESTERIII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Fonologi

          Saya harap semua semangat!

         

ISI KONTRAK

Pertama:

a. Nama mata kuliah: Fonologi

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku yang digunakan seperti buku pengantar linguistik dan buku fonologi yang disusun para ahli, serta buku pegangan yang baru proses penyusunan --Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan LPPBI.

 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Fonologi

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

A.      PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

B.       SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

C.       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

 

D.      KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

 

E.       KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta  mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan MK FONOLOGI

1. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.

2. Mahasiswa mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan dan semivokal. 2.1 Mahasiswa menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa. 2.2  Menentukan fonem segmental: vokal, konsonan, dan semivokal bahasa Indonesia. 2.3 Membuat deskripsi fonem bahasa Indonesia.

3. Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata. 3.1 Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata. 3. 2. Silabel/suku kata dan jenisnya dalam satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia. 3. 3 Penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kadiah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia.

5. Mahasiswa mengenal sistem tulisan. 5.1 Mengenal sistem tulisan: sejarah tulisan di dunia. 5.2 Mengenai jenis tulisan di dunia. 5.3 Sistem tulisan bahasa Indonesia: transkripsi ortografis bahasa Indonesia.

 

C. MATERI

Materi

Fonologi sebagai cabang linguistik

Definisi fonologi, fonemik, dan Penjelasannya

Fonem bahasa sebagai objek kajian fonologi

Fonem segemantl dan fonem suprasegmental dalam bahasa

Identifikasi fonem bahasa: fonem segmental bahasa Indonesia

Deskripsi fonem vokal, fonem konsonan, dan fonem semivokal bahasa Indonesia

Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata bahasa Indonesia

Suku kata, jenis suku kata dalam bahasa Indonesia

Pedoman ejaan bahasa Indonesia dan tata cara penulisan kata

Kaidah pelafalan fonem vokal bahasa Indonesia

Kaidah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia

Suku kata dan cara melafalkan

Sistem tulisan dan sejarah tulisan di dunia

Jenis tulisan di dunia

Sistem tulisan bahasa Indonesia (transkripsi ortografis)

 

 

D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!

B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan Fonologi dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Nama : Astha Anjani R. M
    NIM : A310190033
    Kelas : III A

    BalasHapus
  2. Nama : Rosita intan Safitri
    Nim : A310190037

    BalasHapus
  3. Nama : Amim Muslim
    NIM : A310190014
    Kelas : 3A

    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.
    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  4. Nama : Dani Anwar Hadi
    NIM : A310190012

    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya Dani Anwar Hadi akan berusaha berkomitmen untuk mengikuti pembelajaran daring Mata Kuliah Fonologi dengan baik, dan saya harap ilmu yang saya dapatkan dari pembelajaran ini bermanfaat dan berguna untuk diri saya sendiri dan masyarakat sekitar.
    B. Semua CPMK Fonologi merupakan satu kesatuan, maka semua butir CPMK itu sesuai dan penting, karena semua butirnya merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa ketika menempuh mata kuliah Fonologi.

    BAGIAN KEDUA
    A. fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. dari definisi di atas yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya. di dalam fonologi ada 2 kajian, yang pertama mengkaji bunyi bahasa yang disebut dengan Fonetik dan yang kedua mengkaji fonem yang disebut fonemik.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana ketika orang jawa dan orang papua bertemu dengan logat yang berbeda, maka itu akan dikaji dalam ilmu fonologi. Jadi kita tak akan lepas dari ilmu Fonologi ini, dalam perkuliahan semester sebelumnya, saya sudah menempuh MK Fonetik yang juga merupakan kajian ilmu fonologi, maka jika seseorang sudah mempelajari sedikit ilmu tentang fonologi ini bukan tidak mungkin bisa mengetahui dan mengimplementasikan ilmu yang dikaji dalam fonologi.

    BalasHapus
  5. Waalaikumsalam warahmatullahi wabaraktuh, baik pak terimakasih banyak.

    Nama : Muhammad Iqbal
    NIM : A310190041
    Kelas : A(3)

    UMPAN BALIK 1
    A. Komitmen saya mengikuti matakuliah fonologi karena saya sangat tertarik daan antusias akan mata kuliah fonologi, begitu banyak ilmu tentang kebahasaan yang belum saya ketahui dan saya mengerti, harapan saya dengan mengikuti matakuliah fonologi wawasan saya menjadi luas dan semua ilmu yang sudah pernah saya dapatkan bisa menjadi bekal di masa depan kelak.

    B. Semua CPMK Foologi sangatlah penting, karena fonologi sendiri sebagai cabang ilmu linguistik, dalam fonologi, fonologi sendiri dibagi menjadi dua, yakni fonetik dan fonemik.
    fonem bahasa sendiri sebagai objek kajian fonologi, yang mana fonem dibagi lagi menjadi dua, yakni fonem segemntal dan suprasegmental. semua butir CPMK Fonologi sangatlah penting untuk di kaji dan dipelajari.

    UMPAN BALIK 2
    A. Fonologi berasal dari kata Yunani: phone (bunyi) dan logos (ilmu), fonologi merupakan cabang ilmu linguistik yang mempelajari bunyi bahasa secara umum. dalam kehidupan sehari-hari kit tidak aan lepas dari bunyi-bunyi bahasa. sejatinya, kajain fonologi terbagi menjadi dua bagian, yaitu fonetik dan fonemik (Ria Yulianti dan Frida Unsiah)

    B. Sumber Sitasi
    Judul buku : Fonologi
    Penulis : Ria Yulianti dan Frida Unsiah
    Penerbit : UB Press
    Kota Terbit : Malang
    Tahun Terbit : Desember 2018

    C. Dari definisi yang sudah saya berikan, dapat dijelaskan bahwa kata Fonologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni phone (bunyi) dan logos (ilmu). Fonologi sendiri merupakan cabang dari ilmu linguistik yang mempelajari bunyi bahasa secara umum.
    sejatinya, kajian ilmu fonologi terbagi menjadi dua bagian yaitu, fonetik dan fonemik.

    D. Menurut pendapat saya implementasi dari definisi di atas dapat kita lihat dari misalnya dari segi logat orang Jakarta dengan orang Jawa akan sedikit berbeda dalam pelafalan Bahasa Indonesia, yang mana orang Jakarta tidak terbiasa menggunakan huruf [b], [g], [d], [s] dan semacamnya dengan pelafalan yang terdengar TEBAL, sedangkan orang jawa ketika berbicara Bahasa Indonesia akan terdengar tebal ketika mengucapkan huruf [b], [g], [d], [s] itu karena pengaruh dari logat. oleh sebab itu penting bagi kita untuk mempelajari Fonologi, karena denga belajar kita akan mengerti.

    BalasHapus
  6. Nama:Ihsan Nugroho
    NIM:A310190004
    Kelas:III A
    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi dengan baik dan berusaha memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari 
    BAGIAN DUA
    A. fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. dari definisi di atas yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya. 
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kita orang jawa dan orang batak ketika bertemu dengan logatnya masing-masing.

    BalasHapus
  7. Nama: Ari Septia Palupi
    NIM: A310190025
    Kelas: 3A
    BAGIAN PERTAMA:
    A. Saya berharap dengan mengikuti perkuliahan ini dapat melaksanakan atau memenuhi CPMK yang telah disepakati. Dengan itu saya akan berusaha hadir dalam dalam setiap kegiatan perkuliahan, berusaha untuk memahami materi yang disampaikan, dan menyerahkan tugas tepat waktu.
    B. Semua butir CPMK sesuai dengan mata kuliah fonologi, karena semua adalah capaian yang harus ditempuh mahasiswa sehingga tercapailah pembelajaran yang diinginkan.

    BAGIAN KEDUA:
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalkan, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama : Rosita intan Safitri
    Nim : A310190037

    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan saya mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal
    BAGIAN DUA
    A. fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  10. Nama : Adistya Yossi Hilda Agustine
    NIM : A310190015
    Kelas : 3A

    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat mencapai mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional.
    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah Bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata.
    B. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah gabungan kata fon yang berarti bunyi dan logi yang berarti ilmu. Sebagai sebuah ilmu, fonologi lazim diartikan sebagai bagian dari kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia (Chaer, 2009 : 1).
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  11. Nama : Irsha Oktavimadani Putri
    NIM : A310190017

    UMPAN BALIK
    Bagian Satu:

    A. Komitmen saya mengikuti perkuliahan fonologi karena ingin memahami dan menguasai materi tentang fonologi itu sendiri.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.

    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  12. Nama : Nofita Yuniar Hanifah
    NIM : A310190023
    Kelas : 3A

    Bagian Pertama :
    A) Saya harap dengan mengikuti kuliah fonologi, saya dapat memenuhi capaian Mata kuliah yang ditargetkan
    B) menurut saya semua komponen capaian perkuliahan fonologi tersebut sangat penting untuk pembelajaran agar kedepannya mahasiswa mampu melafalkan vokal dengan benar Dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

    Bagian kedua:
    A) Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B) Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C) jadi, dari definisi diatas Fonologi yaitu ilmu untuk mengklarifikasi sistem Fonetik, jumlah fonem, perubahan Fonetik, konposisi suku kata dan lain lain dalam suatu bahasa.
    D) Implementasi dari definisi tersebut yaitu Pada saat di kampus setiap mahasiswa pastilah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa lainnya. Dalam komunikasi tersebut terdapat beberapa logat, bahasa, dan bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda. Jadi, dengan adanya fonologi Kita dapat mempelajari bunyi bahasa maupun yang lainnya.

    BalasHapus
  13. Nama = Mifatahul Arifah B
    Nim = A310190013
    Fonologi
    Kelas = A

    BAGIAN SATU
    1. Siap berkomitmen mengikuti kegiatan perkuliahan fonologi dengan baik.
    2. Semua CPMK sangat cocok dalam pembelajarn fonologi. Karena, mampu memahami kita juga harus mampu mempraktekkan penggunaan bunyi bahasa secara baik dan benar.

    BAGIAN DUA
    1.Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi merupakan bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.

    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.

    3. Penjelasan fonologi dari definisi Harimurti Kridalaksana adalah Fonologi adalah cabang keilmuan dari linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa membedakan makna leksikal dalam bahasa tersebut.

    4. Menurut Saya, mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis adalah, kemampuan berbahasa yang baik harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya, agar ketika kita ingin menyampaikan informasi bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman antara penutur dan pendengar/pembaca.

    BalasHapus
  14. Nama : Dian Putri Ayuni
    Nim : A310190016
    kelas : A

    UMPAN BALIK SATU
    A. Komitmen saya mengikuti perkuliahan fonologi ada supaya dapat mengetahui lebih dalam lagi mata kuliah fonologi, karena fonolofi salah satu cabang ilmu linguistik yang sangat penting untuk dipelajari sebagai calon guru Bahasa Indonesia.

    B. Menurut saya semua CPMK Mata kuliah Fonologi penting guna dipelajari supaya mahasiswa mengetahui lebih dalam lagi mengenai mata kuliah fonologi

    UMPAN BALIK DUA

    A.Menurut (Chaer, 2012:102) Fonologi adalah bidang linguistuk yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa, yang secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi, dan logi yaitu ilmu.

    B. Chaer, Abdul. 2012. Lingistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

    C. Dari definisi tersebut fonologi ilmu yang secara luas mempelajari berbagai macam runtutan bunyi serta menganalisis bunyi tersebut.
    Fonologi juga dibedakan menjadi fonetik dan fonemik.

    D. Implementasi dari definisi fonologi mungkin ketika dalam kehidupan sehari-hari masih banyak masyarakat yang memakai bahasa Indonesia tetapi tuturan atau ucapan daerahnya yang berbeda-beda terbawa ke dalam tuturan bahasa Indonesia. Tidak sedikit seseorang yang berbicara dalam bahasa Indonesia, tetapi dengan lafal atau intonasi Jawa, Batak, Bugis, Sunda dan lain-lain. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar bangsa Indonesia memposisikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Sedangkan bahasa pertamanya adalah bahasa daerah masing-masing

    BalasHapus
  15. Nama : Mahadhika Wipradharma
    NIM : A310190020
    Kelas : 3A
    Bagian Pertama
    A. Saya berharap dengan mengikuti perkuliahan ini dapat berjalan dengan lancar sehingga memenuhi CPMK yang telah disepakati.saya Ilmu yang saya dapatkan semoga dapat bermanfaat.
    B. Semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting, karena semua butirnya merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai.
    Bagian Kedua
    A. Berdasarkan etimologi “fonologi” terbentuk dari kata “fon” yang berarti “bunyi” dan “logi” berarti sebagai “ilmu”. Maka, umumnya bisa di bilang Fonologi memiliki arti Ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang di pakai oleh manusia.
    B. Sumber: Abdul Chaer. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
    C. Fonologi merupakan kajian bahasa yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. Implementasi dari definisi tersebut yaitu seperti halnya orang yang bertempat tinggal di luar jawa akan kesulitan berbicara dengan berbahasa jawa dan sebaliknya. Karena itu kita mempelajari Fonologi, karena denga belajar kita akan mengerti.

    BalasHapus
  16. Nama : Rezyta Ariraga Ayu Prasetya
    NIM : A310190044
    Kelas : 3A

    Bagian Pertama
    A. Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan. Oleh karena itu, saya akan berusaha hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan agar saya dapat memahami materi yang disampaikan, dan saya akan berusaha menyerahkan tugas tepat waktu.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting, karena semua adalah capaian yang harus ditempuh mahasiswa sehingga tercapailah pembelajaran yang diinginkan.

    Bagian Kedua
    A. Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan cabang keilmuan dari linguistik yang khusus mempelajari pengenalan bunyi bahasa dan fungsi dari tiap bunyi bahasa.
    D. Implementasinya yaitu dengan mempelajari bunyi bahasa,memahami dan selalu memperhatikan makna bunyi bahasa agar dalam melakukan suatu komunikasi dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tertulis.

    BalasHapus
  17. NAMA : Febriyanto Arif Nugroho
    NIM : A310190007

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    1. Saya berharap dalam mempelajari fonologi diharapkan saya dapat memenuhi CPMK Fonologi yang diharapkan. Serta, ilmu yang saya dapatkan dari mempelajari Fonologi dapat berguna bagi diri saya pribadi dan orang lain yang ada disekitar saya.
    2. Seluruh CPMK menurut saya sama pentingnya antar opsi atau komponennya. Karena pada dasarnya CPMK itu sejatinya tiap-tiap komponennya tentu baik serta berisikan harapan setelah mempelajari mata kuliah ini dan semoga saya pribadi tetap konsisten dalam menjalani kuliah Fonologi ini.

    Bagian Kedua

    1. Fonologi merupakan sebuah bidang ilmu yang mengkaji mengenai bunyi Bahasa (Pramu Tri Kurniawan, 2013)
    2. Pramu Tri Kurniawan. 2013. “Analisis Fonologi dan Leksikologi Bahasa Jawa di Desa Pakem Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo”. Vol, 2. No, 04. Hal, 73
    3. Dari definisi Fonologi diatas dapat saya simpulkan bahwa fonologi merupakan bagian dari linguistic . Fonologi adalah sebuah ilmu tentang bunyi. Dalam hal ini fonologi mempelajari tentang bunyi-bunyi Bahasa. Pada hal ini, fonologi menganalisis, mengkaji dan membicarakan tentang ilmu bunyi Bahasa.
    4. Dalam pengimplementasian mengenai fonologi itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari berkaitan tentang penghasilan bunyi Bahasa misalnya pada beberapa kata contohnya kata “Lagu” dan “Laga”. Pada dua kata tersebut terdapat perbedaan fon “u” dan “a” serta maknanya pun akan jelas berbeda antara dua kata tersebut.

    BalasHapus
  18. Nama: Umi Fadillah
    NIM: A310190039
    Kelas: 3A

    Bagian Pertama
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi dengan baik, berusaha hadir dalam setiap perkuliahan, memahami materi yang sudah diberikan dan mengumpulkan tugas tepat waktu.
    B. Semua CPMK sudah sesuai dengan mata kuliah fonologi. Karena butir 1 sampai 4 ini sangat diperlukan sebagai fondasi utama untuk mempelajari tata bahasa. Selain itu mampu melatih mahasiswa dalam pelatihan vokal dalam kehidupan sehari-hari.


    Bagian kedua
    1. Menurut Alwasilah (1983) fonologi adalah salah satu bidang tatabahasa yang membahas tentang bunyi-bunyi bahasa tertentu, misalnya bahasa Indonesia dalam rangka mempelajari bunyi-bunyi untuk membedakan atau mengidentifikasi kata-kata tertentu. Fonologi merupakan cabang ilmu linguistik yang mengkaji/membahas bunyi bahasa yang digunakan dalam komunikasi dengan lawan tutur atau audiens. Bunyi bahasa yang dimaksud adalah bunyi yang dihasilkan oleh alat-alat bicara manusia (organ of speech) baik bunyi vokal, konsonan, maupun bunyi diftong. Bunyi vokal misalnya “a”, konsonan misalnya “m”, dan bunyi diftong misalnya “au”.
    2. Alwasilah, A.Chaedar. 1983. Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Penerbit Angkasa.
    3. Fonologi merupakan cabang ilmu linguistik yang membahas tentang bunyi-bunyi. Bunyi yang dimaksud adalah bunyi yang dihasilkan oleh alat-alat bicara manusia baik bunyi vokal, konsonan, maupun bunyi diftong.
    4. Implementasi dari definisi yaitu pada saat dikampus/dalam kehidupan sehari-hari pasti ada berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dalam komunikasi itu terdapat logat, bahasa, bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda. Jadi, dengan adanya fonologi kita dapat mempelajari bunyi bahasa ataupun yang lainnya.

    BalasHapus
  19. Nama : Afifah Mufidah M
    NIM : A310190001
    Kelas : 3A

    Bagian Pertama.
    A. Karena Fonologi merupakan sah satu pondasi utama dalam mempelajari linguistik atau tata bahasa,juga untuk meningkatkan pemahaman bunyi bahasa supaya nanti kita bisa menerapkan klasifikasi bunyi bahasa secara praktis dan benar dalam proses belajar mengajar di lapangan.
    B. Menurut saya butir yang cocok dengan mata kuliah Fonologi adalah semua nomor. Karena bagi pengguna bahasa, pengetahuan dan penjelasan butir 1 sampai 4 ini sangat diperlukan sebagai fondasi utama dalam mempelajari tata bahasa. Selain itu mampu melatih mahasiswa dalam pelatihan vokal dalam kehidupan sehari-hari.

    Bagian Kedua.
    1. Menurut Kridalaksana
    (2002) dalam kamus linguistik, fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    2. Kridalaksana. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
    3. Jadi, definisi fonologi di atas dapat dikatalan bahwa fonologi yaitu bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    4. Implementasi dari definisi tersebut yaitu pada saat dikampus/dalam kehidupan sehari-hari pasti ada yang berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dalam komunikasi itu terdapat logat, bahasa, bunyi vokal maupun konsonan yang berbeda. Jadi, dengan adanya fonologi kita dapat mempelajari bunyi bahasa ataupun yang lainnya.

    BalasHapus
  20. Nama : Tyas Wahyuningsih
    NIM: A310190002
    Kelas: 3A

    BAGIAN PERTAMA

    A) Dengan mengikuti perkuliahan fonologi ini, saya berharap mampu mengikuti dengan baik untuk memenuhi capaian yang telah ditargetkan.
    B) Menurut saya, semua butir CPMK cocok dengan mata kuliah fonologi. Karena, semuanya penting sebagai rangkaian pembelajaran dan harus dicapai mahasiswa untuk mata kuliah fonologi.

    BAGIAN KEDUA

    A) Menurut (Chaer, 2014:102) Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
    B) Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
    C) Berdasarkan definisi fonologi oleh Chaer menunjukkan bahwa fonologi merupakan ilmu yang secara luas mempelajari berbagai runtutan bunyi serta menganalisis bunyi tersebut.
    D) Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalkan, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  21. Nama : Meylana Salsabillah Atarini.
    NIM : A310190042
    Matkul : Fonologi
    Kelas : A ( Smt 3 PBSI )

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama :
    A. Dalam perkuliahan Fonologi ini saya mengikuti ini dengan komitmen agar saya dapat memahami dan mengerti mengenai pembahasan mata kuliah ini dan juga dapat berkomitmen penuh dengan apa yang sudah saya pelajari. Dengan begitu saya dapat mengaplikasikan ilmu yang saya dapat ini dengan benar baik kepada yang lainnya.
    B. Menurut saya, setelah saya membaca dan memahami CPMK ini butir dan gambaran yang cocok menurut saya adalah semua pencapaian komponen dalam perkuliahan Fonologi. Karena, dengan kita memahami semua inti maupun butir ini kita dapat belajar mengenal, memahami, dan dapat pula mengolah kembali apa yang sudah kita dapat sebelumnya.

    Bagian Kedua :
    A. Menurut Muslich(2009:2), fonologi yang memandang bunyi-bunyi ujar itu sebagai bagian dari sistem bahasa lazim disebut fonemik.
    B. Muslich,Masnur. 2012. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta:Bumi Aksara.
    C. Dalam fonemik ini merupakan bagian dari fonologi yang bercabang mengenai ilmu linguistik tentang pengucapan bunyi-bunyi ujar itu sendiri dengan sangat memperhatikan dalam makna bunyi ujar tersebut. Meskipun dalam pengartian ini terdapat dua pembeda pandangan yaitu fonetik dan fonemik namun dalam penjelasan penjabaran ini lebih mengarah terhadap fonemiknya yang lebih memperhatikan makna dan juga fungsi dari bunyi ujar.
    D. Menurut saya, dalam hal implementasi dari defini yang sudah dijelaskan tersebut mengenai kemampuan berbahasa lisan dan tulisnya. Disini memang sangat berpengaruh namun dalam bunyi bahasa ini sudah tidak akan diragukan lagi karena baik lisan maupun tulis memiliki makna nya senddiri-sendiri. Vokal dan suara di berbagai budaya, suku, dan ras memang sangat berpengaruh dan melekat dalam setiap orangnya yang memakai pengucapan lisannya namun itu dapat seimbang.

    BalasHapus
  22. Nama: Arif Tri Purnomo
    NIM: A310130086
    Kelas: 3A

    BalasHapus
  23. Nama : Fariska Indah N.S
    Nim : A310190029
    Kelas : 3A
    Bagian Satu
    a. Saya harap dengan saya mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat menambah ilmu serta wawasan dan saya berharap dapat bermanfaat juga untuk orang-orang disekitar saya.
    b. Menurut saya semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional dalam hal pelafalan lokal.Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja. Karena komponen tersebut akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

    Bagian Kedua
    a.Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya (Kridalaksana : 2002)
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    C. Fonologi adalah salah satu bidang linguistik yang memperlajari bunyi bahasa yang dihasilkan oleh manusia.
    d. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika di kampus. Semisal anak A berasal dari daerah Jawa sedangkan anak B berasal dari daerah Sunda Dalam pelafalan akan telihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  24. Nama : Enggar Sujagad YK
    Nim : A310190022
    Kelas : 3A

    Umpan balik
    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya akan berusaha berkomitmen untuk mengikuti pembelajaran daring Mata Kuliah Fonologi dengan baik dan sungguh sungguh, dan saya berharap agar ilmu yang saya dapatkan dari pembelajaran ini bermanfaat dan berguna untuk diri saya dan masyarakat.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.
    BAGIAN KEDUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C) jadi, dari definisi diatas Fonologi yaitu ilmu untuk mengklarifikasi sistem Fonetik, jumlah fonem, perubahan Fonetik, konposisi suku kata dan lain lain dalam suatu bahasa.
    D) Implementasi dari definisi tersebut yaitu Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  25. Nama : Ade erna diyah ayu pitaloka
    Nim : A310190036
    Kelas : 3A

    Umpan balik
    Bagian pertama
    A. Saya berharap dengan mengikuti perkuliahan fonologi saya dapat memenuhi yang sudah ditentukan dan bisa memahami materi yang disampaikan.

    B. Semua butir cpmk cocok dengan fonologi karena penting untuk pembelajaran yang harus dicapai mahasiswa.

    Umpan balik
    Bagian kedua
    A. Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.

    B. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.

    C. definisi fonologi di atas dapat dikatalan bahwa fonologi yaitu bidang dalam linguistik yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

    D. Implementasinya yaitu dengan mempelajari bunyi bahasa,memahami dan selalu memperhatikan makna bunyi bahasa agar dalam melakukan suatu komunikasi dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tertulis.

    BalasHapus
  26. Nama: Dhimas Arsyad Arrajiv
    Nim: A310190009
    Kelas: 3A

    Bagian Pertama
    A. Komitmen saya dalam mengikuti kelas Fonologi “Saya berjanji untuk mengikuti kuliah fonolgi dengan bersungguh-sungguh, dengan segenap hati saya dan dengan rasa Bahagia tanpa beban”, karena ilmu Fonologi ini sangat membantu dalam kehidupan terutama pada bidang profesi tertentu seperti pengajar Bahasa Indonesia.
    B. Semua CPMK yang tertera diatas sangat cocok dengan mata kuliah Fonologi, karena fonologi sendiri adalah ilmu tentang perbendaharaan bunyi-bunyi (fonem) bahasa dan distribusinya dan CPMK di atas telah memenuhi unsur tentang Fonologi maka dari itu semua CPMK sangat cocok dengan mata kuliah Fonologi.

    Bagian kedua
    A. Menurut Kamal (dalam Batmang, 2013:5), fonologi merupakan bagian dari ilmu linguistik umum dan dianggap penting dalam belajar berbicara, yang mengkhusus kan pada tiga aspek yaitu:
    1) Mempelajari tentang ilmu suara yang dikeluarkan lewat lidah bibir dan bagaimana cara menggunakannya dalam berbicara meletup-tertahan dengan memilki jelas-kabur/samar dan jenisnya secara mulut,hidung dan sebagainya.
    2) Cara pembentukan suara dan bagian yang digunakan
    3) Fungsi suara yang diucapkan/dikatakan.

    B. Batmang. 2013. “Kesalahan Fonologis Dalam Berbicara Bahasa Arab Pada Mahasiswa Matrikulasi Stain Kendari”. Al-Izzah. Vol. 8 No. 1.

    C. Berdasarkan pengertian Fonologi menurut Kamal, dijelaskan bahwa fonologi adalah bagian dari ilmu linguistik umum dan penting dalam belajar berbicara terkhusus pada 3 aspek: 1. Mempelajari ilmu suara yang dikeluarkan lewat bibir dan bagaimana menggunakanya dalam berbicara jelas tidaknya pelan kerasnya, 2. Cara pembentukan suara dan bagian yang digunakanya dan 3. Fungsi suara yang diucapkan atau dikatakan. Dengan sederhana fonologi adalah kajian bahasa yang mempelajari tentang bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia.

    D. Implementasi dari definisi diatas ialah ketika 2 orang dari daerah yang berbeda yang bertemu dang berbicara kedua orang ini memiliki ciri khas dalam berbicara atau logat, seperti orang yang berasal dari daerah A saat berbicara banyak menggunakan bunyi vokal O, sedangkan dari daerah B berbicara dengan menggunakan bunyi vokal U. Jadi, saat berbicara orang dari daerah A mengatakan kata “koler” maka akan terlihat perbedaan pengucapan dari orang yang berasal dari B yang biasa menyebut kata “kulir” meskipun pengucapannya berbeda, tetapi orang tersebut memiliki arti pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  27. Nama : Dina Uswatun Nisak
    NIM : A310190038
    Kelas : 3A

    UMPAN BALIK
    Bagian pertama :
    A. Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional.

    Bagian kedua :
    A. fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. dari definisi di atas yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kita orang jawa dan orang batak ketika bertemu dengan logatnya masing-masing.

    BalasHapus
  28. Nama : Dian Rahmawati
    Nim : A310190027
    kelas : A

    UMPAN BALIK BAGIAN PETAMA
    A. Komitmen saya mengikuti perkuliahan fonologi ada supaya dapat mengetahui lebih dalam lagi mata kuliah fonologi, karena fonolofi salah satu cabang ilmu linguistik yang sangat penting untuk dipelajari sebagai calon guru Bahasa Indonesia.
    B. Menurut saya semua CPMK Mata kuliah Fonologi penting guna dipelajari supaya mahasiswa mengetahui lebih dalam lagi mengenai mata kuliah fonologi
    UMPAN BALIK BAGIAN KE DUA
    A. Menurut (Chaer, 2012:102) Fonologi adalah bidang linguistuk yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa, yang secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi, dan logi yaitu ilmu.
    B. Chaer, Abdul. 2012. Lingistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
    C. Dari definisi tersebut fonologi ilmu yang secara luas mempelajari berbagai macam runtutan bunyi serta menganalisis bunyi tersebut.
    Fonologi juga dibedakan menjadi fonetik dan fonemik.
    D. Implementasi dari definisi fonologi mungkin ketika dalam kehidupan sehari-hari masih banyak masyarakat yang memakai bahasa Indonesia tetapi tuturan atau ucapan daerahnya yang berbeda-beda terbawa ke dalam tuturan bahasa Indonesia. Tidak sedikit seseorang yang berbicara dalam bahasa Indonesia, tetapi dengan lafal atau intonasi Jawa, Batak, Bugis, Sunda dan lain-lain. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar bangsa Indonesia memposisikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Sedangkan bahasa pertamanya adalah bahasa daerah masing-masing.

    BalasHapus
  29. Nama : Sri Wahyuningsih
    Nim : A310190003
    Kelas : A

    LBagian Pertama
    Butir yang cocok dengan mata Kuliah Manajemen Majalah Sekolah ialah butir ke4 yaitu Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
    Bagian Kedua
    a. Menurut Wirjana (2007:11) dalam Wiastra, I. G. G., dkk (2015) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

    b. Wiastra, I. G. G., Rasna, I. W., & Astika, I. M. (2015). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik Di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

    c. Penjelasan Wijana (2007:17) mengenai definisi manajemen di atas, bermaksud bahwa manajemen sebagai sumber daya yang diberikan orang-orang untuk bertanggung jawab sepenuhnya dalam mengatur dan mengarahkan suatu organisasi atau perusahaan. Sehingga dengan adanya manajemen dapat membantu penyelesaikan tugas-tugas yang diselesiakan secara berkelompok.

    d. Menurut saya implementasi manajemen majalah sekolah berperan sebagai upaya mengatur segala pekerjaan yang berkaitan dengan majalah sekolah. Dengan adanya manajemen dapat membantu segala pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan sistematis.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Nama : Beta Januar Maimun Dasri
    NIM : A310190043
    Kelas :A
    BAGIAN SATU
    a. saya akan mengikuti mata kuliah fonologi dengan tertib dan sungguh-sungguh dengan ini dapat membantu saya dalam memenuhi capaian mata kuliah yang sudah di tentukan. dan mampu memberikan saya ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat.
    b. semua CPMK fonologi sangat penting

    BAGIAN KEDUA
    a. Fonologi berarti Ilmu yang mempelajari tentang Bunyi suara, khususnya terkiat dengan sejarah dan teori perubahan bunyi.
    b. Kamus Besar Bahasa Indonesia
    c. Bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    d. Implementasi pembelajaran fonologi bagi mahasiswa Penyelidikan bunyi-bunyi bahasa suatu bahasa mempunyai fungsi yang besar dalam hal menciptakan tanda-tanda/lambang-lambang yang menyatakan bunyi ujaran. Lambang-lambang bunyi ujaran itu disebut huruf, sedangkan aturan penulisan huruf itu disebut ejaan.

    BalasHapus
  32. Nama: Verli Putri Puspitasari
    NIM: A310190019
    Kelas: 3A


    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.
    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  33. Nama : Fairly Fabiola H.F
    NIM : A310190028
    Kelas : 3A

    UMPAN BALIK

    BAGIAN PERTAMA
    A. Saya berharap dengan mengikuti mata kuliah Fonologi ini, saya bisa memahami ilmu-ilmu yang ada didalam mata kuliah ini dan disini saya bukan hanya sekedar paham saja, tapi saya juga bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari dan di masa yang akan mendatang. Dan tentunya ilmu ini juga bisa sangat bermanfaat bagi saya maupun orang lain.
    B. Menurut saya butir-butir CPMK dalam mata kuliah Fonologi ini sangatlah penting semua, tidak ada yang diunggulkan maupun di pandang sebelah mata, karena butir CPMK ini dibuat guna untuk melengkapi butir CPMK satu dengan butir CPMK lainnya. Dan pastinya dengan adanya butir CPMK yang dibuat maka akan mempermudah mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran mata kuliah ini dengan lancar.

    BAGIAN KEDUA
    A. Saussure (1959:122)dalam Yendra, mendefinisikan bahwa fonologi sebagai studi tentang bunyi-bunyi bahasa manusia, bunyi bahasa yang dimaksud adalah bunyi yang terdengar berbeda oleh telinga dan yang mampu menghasilkan satuan-satuan akustik yang tidak terbatas dalam rangka ujaran bahasa.
    B. Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Lingustik). Yogyakarta: Deepublish
    C. Menurut definisi diatas Fonologi adalah studi tentang bunyi-bunyi bahasa manusia, bunyi bahasa yang dimaksud adalah bunyi yang terdengar berbeda oleh telinga dan yang mampu menghasilkan satuan-satuan akustik yang tidak terbatas dalam rangka ujaran bahasa. Misalnya, Bunyi yang terdengar di daerah A oleh terasa asing di telinga penduduk B begitupun sebaliknya, sehingga kalimat yang terdengar oleh telinga pertama kalinya membuat bunyi seperti keunikan tersendiri.
    D. Menurut saya mengimplementasian dari definisi tersebut dalam kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis yaitu Fonologi itu sangatlah penting dan berpengaruh dalam penggunaan suatu bahasa. Dan bunyi bahasa di setiap daerah juga berbeda-beda karena di setiap daerah memiliki karakter cara berbahasa yang beraneka ragam, maka dari itu dengan adanya fonologi juga bisa memudahkan orang untuk memahami bunyi bahasa yang berbeda tersebut.

    BalasHapus
  34. Nama : Monika nurcahyani
    Nim: A310190011
    Kelas: 3 A
    Matkul: fonologi

    Umpan Balik

    Bagian pertama
    A.saya berharap dengan mengikuti perkuliahan fonologi saya bisa mengetahui komponen-komponen yang ada di dalam fonologi,dan juga menambah pengetahuan tentang fonologi.
    B.menurut saya cpmk fonologi sangat lah penting bagi mahasiswa karna di dalam nya terdapat komponen komponen. Dari setiap komponen satu dengan lain berkesinambungan antara lain ,oleh karena itu sangat lah amat penting.

    Bagian kedua
    A.fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari , menganalisis,dan membicarakan runtutan bunyi- bunyi bahasa ,yang secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu (Abdul chaer,1994:102)
    B.Chaer.abdul.1994. fonologi bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka cipta
    C.dari definisi diatas yang saya pahami tentang fonologi . Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari , menganalisis,dan membicarakan runtutan bunyi bahasa
    D. implementasi dari definisi tersebut dalam kemampuan berbahasa ,baik lisan maupun tulis adalah ketika bertemu dengan orang yang berasal dari provinsi lain atau suku lain disitulah logat berbicara dan berbahasa sangatlah berbeda .dengan pengucapan bunyi bahasa yang berbeda .

    BalasHapus
  35. Nama : Oktaviandra Osa Madani
    Nim : A310190010
    Kelas : 3A

    UMPAN BALIK.

    Bagian Pertama
    1. Komitmen dan harapan saya mengikuti perkuliahan fonologi adalah tidak hanya mengetahui mata kuliah ini saja namun juga dapat memahaminya. , karena fonolofi salah satu cabang ilmu linguistik yang penting untuk dipelajari bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa indonesia dan sastra sekaligus bekal untuk calon guru bahasa indonesia.
    2. Semua CMPK yang telah tercantum cocok untuk mata kuliah fonologi juga mempermudah mahasiswa dalam belajar setiap bagain-bagian dari mata kuliah fonologi.

    Bagian Kedua.
    1. Fonologi ialah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya(1995 : 57).
    2. jadi, fonologi ialah bidang linguisik atau ilmu bahasa yang menyelidiki, mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia berserta fungsinya.
    3. Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
    4. dengan mempelajari fonologi di harapakan dapat mengimplementasikan dengan baik dalam ke hidupan sehari-hari, bagi pengguna bahasa yang belum bisa melafalkan dan menuliskan bunyi-bunyi bahasa tertentu sesuai pelafalan dan penulisan yang seharusnya, maka disarankan untuk mempelajari dan menganalisisnya agar tidak salah dalam penggunaan bahasa dan juga pelafalan bunyinya.

    BalasHapus
  36. Nama :rizka ayu kirnawati
    Nim : A310190024
    Kelas :3a

    Bagian pertama
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, untuk kedepannya apabila ada materi yang belum dipahami maka saya akan bertanya, dan ilmu saya semoga bermanfaat untuk semua orang.
    B. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah semua komponen. Karena komponen tersebut bisa membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal. Hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.

    Bagian kedua
    A.Fonologi merupakan cabang ilmu linguistik yang mempelajari bunyi bahasa secara umum.
    B. Ria Yulianti dan Frida Unssiah, 2018:3.
    Daftar pustaka:
    Unsyiah, Frida dan Ria Yulianti. 2018. Fonologi. Yogyakarta:UB press.
    C. Dari definisi tersebut yang saya pahami tentang fonologi merupakan cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji, mempelajari, dan menganalisis runtutan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, antara orang jawa dengan orang sunda ketika mereka bertemu maka cara pelafalan setiap katanya akan berbeda-beda, mereka akan berbicara sesuai dengan logatnya masing-masing. Maka dengan adanya sub-disipliner linguistik di bidang fonologi kita dapat memahami bagaimana cara mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.