PERTEMUAN PERTAMA FONOLOGI SEMESTER III KELAS B 2020: KONTRAK KULIAH

 

KONTRAK  KULIAH

FONOLOGI

SEMESTERIII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Fonologi

          Saya harap semua semangat!

         

ISI KONTRAK

Pertama:

a. Nama mata kuliah: Fonologi

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku yang digunakan seperti buku pengantar linguistik dan buku fonologi yang disusun para ahli, serta buku pegangan yang baru proses penyusunan --Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan LPPBI.

 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Fonologi

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

A.      PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

B.       SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

C.       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

 

D.      KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

 

E.       KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta  mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan MK FONOLOGI

1. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.

2. Mahasiswa mampu memahami fonem bahasa Indonesia: fonem vokal, konsonan dan semivokal. 2.1 Mahasiswa menjelaskan fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa. 2.2  Menentukan fonem segmental: vokal, konsonan, dan semivokal bahasa Indonesia. 2.3 Membuat deskripsi fonem bahasa Indonesia.

3. Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata. 3.1 Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata. 3. 2. Silabel/suku kata dan jenisnya dalam satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia. 3. 3 Penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

4. Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kadiah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia.

5. Mahasiswa mengenal sistem tulisan. 5.1 Mengenal sistem tulisan: sejarah tulisan di dunia. 5.2 Mengenai jenis tulisan di dunia. 5.3 Sistem tulisan bahasa Indonesia: transkripsi ortografis bahasa Indonesia.

 

C. MATERI

Materi

Fonologi sebagai cabang linguistik

Definisi fonologi, fonemik, dan Penjelasannya

Fonem bahasa sebagai objek kajian fonologi

Fonem segemantl dan fonem suprasegmental dalam bahasa

Identifikasi fonem bahasa: fonem segmental bahasa Indonesia

Deskripsi fonem vokal, fonem konsonan, dan fonem semivokal bahasa Indonesia

Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata bahasa Indonesia

Suku kata, jenis suku kata dalam bahasa Indonesia

Pedoman ejaan bahasa Indonesia dan tata cara penulisan kata

Kaidah pelafalan fonem vokal bahasa Indonesia

Kaidah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia

Suku kata dan cara melafalkan

Sistem tulisan dan sejarah tulisan di dunia

Jenis tulisan di dunia

Sistem tulisan bahasa Indonesia (transkripsi ortografis)

 

 

D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

A. Tulislah satu pernyataan tentang komiten Anda mengikuti perkuliahan Fonologi!

B. Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Fonologi?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi fonologi yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan Fonologi dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Waalaikumsalam wr wb, baik pak terima kasih

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih

    BalasHapus
  3. Waalaikumsalam wr.wb baik pak terimakasih

    BalasHapus
  4. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih

    BalasHapus
  5. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih

    BalasHapus
  6. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih

    BalasHapus
  7. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih

    BalasHapus
  8. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih.

    BalasHapus
  9. Waalaikumsalam warahmatullahi wabaraktuh, baik pak, terimakasih banyak.

    BalasHapus
  10. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih.

    BalasHapus
  11. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terimakasih

    BalasHapus
  12. Waallaikumsalam, baik pak terimakasih

    BalasHapus
  13. Nama: Demas Primada
    NIM: A310190070
    Bagian Pertama
    1. Komitmen saya mengikuti kuliah fonologi "Saya berjanji mengikuti kuliah fonologi ini dengan sungguh-sungguh, karena mata kuliah ini ikut berperan dalam kehidupan saya ketika sudah menjadi tenaga pengajar".
    2. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kadiah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. Karena pengaplikasian materi terkait fonologi adalah bentuk pelestarian kebudayaan dalam bidang sastra Indonesia juga sebagai tujuan akademis yang diajarkan pada peserta didik.

    Bagian kedua
    1.Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3. Penjelasan fonologi dari definisi Harimurti Kridalaksana adalah Fonologi ialah cabang keilmuan dari linguistik yang khusus mempelajari mengenal bunyi bahasa dan fungsi dari tiap bunyi bahasa.
    4. Kemampuan berbahasa yang baik harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya, agar informasi yang ingin disampaikan bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman.

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terima kasih

    BalasHapus
  15. Walaukumsalam wr.wb, baik pak terimakasih

    BalasHapus
  16. Wa'alaikumsalam wr.wb, baik pak terimakasih

    BalasHapus
  17. Wa'alaikumsalam wr.wb, baik pak terimakasih

    BalasHapus
  18. Wa'alaikumsalam wr,wb. baik pak terimakasih

    BalasHapus
  19. Nama : Aisah Nurul Khotimah
    NIM : A310190061
    Kelas : 3B

    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.
    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  20. waalaikumsala.wr.wb, baik pak terimakasih

    BalasHapus
  21. A310190083_NITA AWALIA ASTUTI FATIMAH

    BAGIAN 1
    A. Saya akan mengikuti perkuliahan fonologi sebaik mungkin, dan ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat
    B. Menurut saya dari CPMK di atas yang paling cocok dengan MK fonologi adalah butir nomer 1, karena di dalamnya menjelaskan definisi, konsep, perbedaan, serta mengambarkan dan mengenalkan fonologi lebih detail.

    BAGIAN 2
    A. Fonologi adalah bagian dari tatanan Bahasa yang mempelajari dari bunyi-bunyi Bahasa (Keraf, 1984:30)
    B. Keraf, Gorys. 1994. Tata Bahasa Indonesia. Ende Flores: Nusa Indah.
    C. Jadi fonologi adalah ilmu kebahasaan yang menganalisis bunyi-bunyi Bahasa yang dihasilkan dari alat ucap manusia menurut fungsinya.
    D. Berkesinambungan, karena bunyi-bunyi Bahasa dapat di tuangkan secara lisan maupun tertulis

    BalasHapus
  22. Nama: Haryani
    Nim:A310190051
    Kelas:3B

    UMPAN BALIK
    Bagian Satu:

    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.
    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  23. Nama : Risqina Aprilia N F
    NIM : A310190074

    BAGIAN SATU
    a. saya akan mengikuti mata kuliah fonologi dengan tertib dan sungguh-sungguh dengan ini dapat membantu saya dalam memenuhi capaian mata kuliah yang sudah di tentukan. dan mampu memberikan saya ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat.
    b. semua CPMK fonologi sangat penting

    BAGIAN KEDUA
    a. Fonologi berarti Ilmu yang mempelajari tentang Bunyi suara, khususnya terkiat dengan sejarah dan teori perubahan bunyi.
    b. Kamus Besar Bahasa Indonesia
    c. Bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    d. Implementasi pembelajaran fonologi bagi mahasiswa Penyelidikan bunyi-bunyi bahasa suatu bahasa mempunyai fungsi yang besar dalam hal menciptakan tanda-tanda/lambang-lambang yang menyatakan bunyi ujaran. Lambang-lambang bunyi ujaran itu disebut huruf, sedangkan aturan penulisan huruf itu disebut ejaan.

    BalasHapus
  24. Nama : Reftin Bintari widyaningrum
    Kelas : 3B
    Nim : A310190072

    Umpan balik
    Bagian pertama
    A. Komitmen saya untuk MK fonologi yaitu semoga saya bisa mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan bisa memenuhi mata kuliah fonologi, mengerjakan semua tugas yang diberikan,mendapatkan ilmu dari mata kuliah fonologi ini serta bisa berguna utk kehidupan individu dan bermasyarakat.

    B. Semua cpmk sangat berguna untuk mempelajari/menempuh MK.fonologi ini,mungkin bisa difokuskan di point' nomor 1.

    Bagian kedua
    A. Fonologi dapat diartikan bagian dari tatanan bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa

    B. Keraf, gorys. 1994. Tata Bahasa Indonesia. Ende Flores : Nusa Indah

    C. Definisinya yaitu fonologi bidang linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa membedakan makna leksikal dalam bahasa tersebut.

    D. Menurut saya implementasi tersebut yaitu dengan mempelajari bunyi(bahasa),memahami dan selalu memperhatikan makna bunyi bahasa agar dalam melakukan suatu komunikasi bisa berjalan dengan baik dan benar tanpa adanya mis komunikasi.

    BalasHapus
  25. Nama : Lalu Muhammad ilham Fajri
    NIM : A310190078
    Kelas : 3 B
    1. Bismillah, saya siap berkomitmen mengikuti kegiatan perkuliahan fonologi dengan baik.
    2. Kelima CPMK sangaty cocok dalam pembelajarn fonologi. Sebab, selain mampu memahami kita juga harus mampu mempraktekkan penggunaan bunyi bahasa secara baik dan benar.
    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    1. Istilah fonologi berasal dari kata Yunani phone (bunyi) dan logos (ilmu). Fonologi merupakan cabang ilmu linguistik yang mempelajarai bunyi bahasa secara umum. Sejatinya, kajian fonologi terbagi menjadi dua bagian yakni fonetik dan fonemik. Fonetik merupakan cabang fonologi yang mempelajari bunyi bahasa tanpa mengaitkannya sebagai pembeda makna. Sedangkan fonemik merupakan cabang fonologi yang mempelajari bunyi bahasa dan kaitannya sebagai pembeda makna. ( 2018: 3)
    2. Yuliati, ria dan Frida Unsiah. 2018. Fonologi. Malang : UB Press.
    3. Dari definisi menurut Yuliati dan Unsiah (2018;3) di atas, dapat saya jelaskan bahawasannya Bunyi sebagai tubuh mula bahasa, sangat penting dikaji dalam ilmu bahasa (linguistik). Sebab, bunyi dalam hal kebahasaan akan sangat mempengaruhi fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Komunikasi akan berlangsung dengan baik apabila bunyi bahasa yang digunakan dalam komunikasi sudah tepat. Maka dari itu diperlukan kejian linguistik lebih khusus pada bidang bunyi bahasa yakni fonologi.Fonologi adalah salah satu cabang dari ilmu bahasa yang berkaitan dengan bunyi bahasa secara umum. Selanjtnya secara lebih khusus Fonologi dikategorikan kembali menjadi dua cabang berdasarkan keterkaitan bunyi bahasa dengan dunia makna. Keduanya yakni Fonetik yang mempelajari bunyi bahasa tanpa mengaitkannya dengan makna yang menyertainya. Sedangkan fonemik adalah cabang fonologi yang mempelajari bahasa serta kaitannya dengan makna yang dihasilkan dari bunyi tersebut.
    4. Penguasaan terhadap fonologi sangat berperan penting dalam implementasi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, baik secara lisan maupun tulisan. Secara lisan, fonologi berguna sebagai petunjuk dalam aktivitas berbicara kepada orang lain supaya apa yang ingin kita komunikasikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara. Begitu pula ketika kita menjadi pendengar, dengan memahami fonologi kita tidak akan salah paham dalam menerima informasi yang diberikan oleh pembicara. Sebab, bunyi bahasa baik segmental maupun suprasegmental sangat mempengaruhi makna dan kesan saat berkomunikasi. Begitu pula dalam kegiatan membaca dan menulis (tulisan). Dalam tulisan Bunyi bahasa digantikan oleh gambar-gambar yang kita sebut sebagai huruf dan tanda baca. Penggunaan huruf dan tanda baca yang tepat, dipengaruhi oleh kemampuan menguasai ilmu fonologi. Begitu pula ketika kita membaca, sebuah tulisan akan dapat kita baca dan pahami secara baik apabila kita paham mengenai bunyi bahasa.

    BalasHapus
  26. Nama : Inka Harminliany Mauluvista
    Nim : A310190056

    Bagian 1
    A. Komitmen saya mengikuti perkuliahan Fonologi karena untuk meningkatkan cara saya berkomunikasi dengan baik.
    Serta mengikuti mata kuliah Fonologi dengan sesuai capaian mata kuliah yang ada.
    B. Semua CPMK

    Bagian kedua
    A. Fonologi menurut Keraf ( 1984:30) Fonologi dapat diartikan bagian dari tataman bahasa yang mempelajari bunyi bahasa.
    B. Sumber : Weschool.ID
    C. Fonologi itu ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh laat ucap manusia.
    D. Implementasinya saat kita berkomunikasi dengan seseorang baik lisan maupun tulisan tentu akan menggunakan sistem atau aturan fonologi yang menyangkut bunyi-bunyi bahasa sehingga mudah untuk kita berkomunikasi.

    BalasHapus
  27. Nama:Rafigar Eka Susianto Putro
    NIM:A310190082
    Kelas:III B
    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi dengan baik dan berusaha memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan. Dengan itu saya akan berusaha hadir dalam dalam setiap kegiatan perkuliahan, berusaha untuk memahami materi yang disampaikan, dan menyerahkan tugas tepat waktu.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut merupakan rangkaian pembelajaran mata kuliah Fonologi yang harus dicapai mahasiswa ketika menempuh mata kuliah Fonologi.
    BAGIAN DUA
    A. fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. dari definisi di atas yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kita orang jawa dan orang batak ketika bertemu dengan logatnya masing-masing.

    BalasHapus
  28. Waalaikumsalam wr.wb, baik pak terimakasih.

    BalasHapus
  29. Waalaikumsalam wr wb, baik pak terima kasih

    BalasHapus
  30. Nama : Yulina Puspitasari
    NIM : A310190077
    Kelas : 3B

    ■ UMPAN BALIK
    - BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.

    - BAGIAN DUA
    A. Fonologi berarti Ilmu yang mempelajari tentang Bunyi suara, khususnya terkiat dengan sejarah dan teori perubahan bunyi.
    B. Kamus Besar Bahasa Indonesia
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.Yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah madura. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama.Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  31. Nama : Dian Pratiwi
    Kelas : 3B
    NIM : A310190059
    BAGIAN PERTAMA:
    A. Saya berharap dengan mengikuti perkuliahan ini dapat melaksanakan atau memenuhi CPMK yang telah disepakati. Dengan itu saya akan berusaha hadir dalam dalam setiap kegiatan perkuliahan, berusaha untuk memahami materi yang disampaikan, dan menyerahkan tugas tepat waktu.
    B. Semua butir CPMK sesuai dengan mata kuliah fonologi, karena semua adalah capaian yang harus ditempuh mahasiswa sehingga tercapailah pembelajaran yang diinginkan.

    BAGIAN KEDUA:
    A. Menurut Kridalaksana H.(2009: 63) Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta:Gramedia Pustaka.
    C. Berdasarkan pengertian fonologi oleh Kridalaksana H. bahwa fonologi adalah bidang atau kajian yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa sesuai dengan fungsi penggunaannya.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut adalah mengkaji bahasa dengan perbedaan yang ada. Misalkan, dalam sebuah kota memiliki satu kata yang sama dalam pelafalalnya tetapi berbeda pengertian atau maksud dari kata tersebut. Sehingga dengan ini fonologi mengkaji lagi bunyi bahasa sesuai fungsinya untuk mempermudah masyarakat memahami bunyi bahasa tersebut.

    BalasHapus
  32. Nama : Alfina wulan primastura
    Nim : A310190085
    1. Komitmen saya mengikuti mata kuliah fenologi " saya berjanji akan belajar dan mengikuti mata kuliah fenologi dengan sebaik-baiknya"
    2. Menurut saya CPMK yang sesuai adalah
    Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.Mahasiswa mampu memahami struktur fonem: silabel/suku kata, pemenggalan kata, dan penulisan kata. 3.1 Analisis struktur fonem dalam satuan lingual kata. 3. 2. Silabel/suku kata dan jenisnya dalam satuan lingual kata dalam bahasa Indonesia. 3. 3 Penulisan kata dalam bahasa Indonesia.

    Bagian kedua
    A. Fonologi adalah Bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata.
    B. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah gabungan kata fon yang berarti bunyi dan logi yang berarti ilmu. Sebagai sebuah ilmu, fonologi lazim diartikan sebagai bagian dari kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia
    (Chaer, 2009 : 1).
    D.Menurut definisi diatas dapat disimpulkan dalam sebuah ruang lingkup kelas memiliki perbedaan lafal atau logat bahasa yang berbeda disetiap daerah, meskipun berbeda tetapi memiliki mereka memiliki pemikiran yang sama.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Nama : Rahmadani Indria Fatikhasari
    Nim : A310190088
    Kelas : 3B

    UMPAN BALIK

    BAGIAN SATU :
    A. Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat mencapai mata kuliah yang diinginkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna untuk diri saya dan masyarakat lainnya.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih memahami apa yang akan dipelajari.

    BAGIAN DUA :
    A. Fonologi adalah Bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata.
    B. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah gabungan kata fon yang berarti bunyi dan logi yang berarti ilmu. Sebagai sebuah ilmu, fonologi lazim diartikan sebagai bagian dari kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia (Chaer, 2009 : 1).
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa dan perubahannya

    BalasHapus
  35. Nama: Maylana Nur Latifah
    Nim : A310190055
    Kelas : 3B
    Umpan Balik
    Bagian Satu
    A. Saya berharap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan.Dengan demikian saya akan berusaha hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan.
    B. Menurut saya semua komponen capaian mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal.

    Bagian Dua
    A. Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. Berdasarkan definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika ditempat kerja. Anak A berasal dari daerah papua dan anak B berasal dari daerah jawa. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  36. Nama: Devi Luluk Andriani
    NIM: A310190065
    Kelas: 3B

    UMPAN BALIK
    Bagian satu:

    A. Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi dapat memberikan saya wawasan dan manfaat yang baik tentanf apa itu fonologi.
    B. Menurut saya CPMK diatas cocok semua. Karena mahasiswa dapat mempelajari CPMK diatas yang bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari hari.

    BAGAIAN DUA
    A. Fonologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari bidang khusus linguistik yang meneliti suatu bunyi bahasa tertentu yang sesuai dengan fungsinya bertujuan menjadi pembeda antara makna leksikal dalam suatu bahasa. Verhaar (1984:36)
    B. Verhaar 1984 pembeda makna leksikal dalam suatu bahasa. Ende flores: nusa indah.
    C. Jadi menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah ilmu yang meneliti suatu bunyi bahasa tertentu.
    D. Saling berkaitan. Karena bunyi bahasa bisa dikatakan dengan lisan maupun tertulis yang akan mengkaji bunyi bahasa dan terbentuknya.

    BalasHapus
  37. Nama: Fitria Wulandari
    NIM: A310190084

    BAGIAN PERTAMA
    A) Saya berkomitmen untuk belajar fonologi lebih baik agar dapat memahami materi dalam makul fonologi dengan maksimal dan sesuai aturan dan seluruh capaian dalam makul fonologi.
    B) Seluruh CPMK.

    BAGIAN KEDUA
    A) Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B) Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C) Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D) Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  38. Nama: Hanifah Rizki Ardiani
    NIM: A310190086

    Bagian Pertama
    1. Komitmen saya mengikuti kuliah fonologi, saya akan mengikuti mata kuliah ini dengan sungguh - sungguh dan penuh semangat meskipun dalam keadaan daring seperti ini, karena mata kuliah ini sangat penting untuk saya kedepannya dalam kehidupan kerja bahkan kehidupan sehari - hari.
    2. Menurut saya semua butir yang ada di CPMK cocok untuk makul fonologi ini, namun lebih difokuskan di butir satu.

    Bagian kedua.
    1.Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi merupakan bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3. Penjelasan fonologi dari definisi Harimurti Kridalaksana adalah Fonologi adalah cabang keilmuan dari linguistik yang mempelajari, mengkaji, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa membedakan makna leksikal dalam bahasa tersebut.
    4. pendapat saya mengenai implementasi dari definisi tersebut  berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulis adalah, kemampuan berbahasa yang baik harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya, agar ketika kita ingin menyampaikan informasi bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman antara penutur dan pendengar/pembaca.

    BalasHapus
  39. Nama : Abdurrozzak Qosim
    NIM : A310190046
    Kelas : 3B

    UMPAN BALIK
    -BAGIAN SATU

    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memperoleh ilmu lebih dan mendalami tentang apa itu fonologi sehingga ilmu yang saya dapatkan dapat bermanfaat untuk saya pribadi dan masyarakat umum

    B. Menurut saya semua aspek komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting dan bermanfaat karena bersinggungan ataupun membahas tentang vokal,yang kita gunakan dalam kehidupan sehari hari terutama pada kegiatan belajar mengajar,sangatt membutuhkan ilmu fonologi,karena modal utama guru adalah berbicara

    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).

    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.

    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika kita berada dikampus. Teman kita berasal dari daerah jawa tengah(solo) dan berasal dari jawa tengah (ngapak) . Dalam pelafalan ataupun logatnya akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya. Serta dapat melihat contah dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus



  41. Nama : Dinda Putri Nindyawati
    NIM : A310190090
    Kelas : 3B

    - BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.

    - BAGIAN DUA
    A. Fonologi berarti Ilmu yang mempelajari tentang Bunyi suara, khususnya terkiat dengan sejarah dan teori perubahan bunyi.
    B. Kamus Besar Bahasa Indonesia
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.Yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah madura. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.


    BalasHapus
  42. Nama : Hilmi An Naufal
    NIM : A310190052
    Kelas : 3 B
    Matkul : Fonologi

    *BAGIAN SATU*
    A. Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi dengan sebaik mungkin dan memenuhi capaian mata kuliah yang di targetkan.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal, karena itu sangat berguna dalam implementasi dikehidupan sehari- hari.

    *BAGIAN DUA*
    A. fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka: 
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. Dari definisi di atas yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.
    D. Implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kita orang jawa dan orang sunda ketika bertemu dengan logatnya masing-masing.


    BalasHapus
  43. Nama : Tutut dewi wulan sari
    NIM : A310190062
    Kelas : 3B

    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat mencapai mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional.
    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah Bunyi-bunyi bahasa sebagai satuan terkecil dari ujaran beserta dengan "gabungan" antar bunyi yang membentuk silabel atau suku kata.
    B. Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah gabungan kata fon yang berarti bunyi dan logi yang berarti ilmu. Sebagai sebuah ilmu, fonologi lazim diartikan sebagai bagian dari kajian linguistik yang mempelajari, membahas, membicarakan, dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia (Chaer, 2009 : 1).
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  44. Nama : Niken Aprilyana
    Nim : A310190089
    Kelas : 3B

    #Umpan pertama
    1. Bismilah saya siap untuk berkomitmen dalam mengikuti perkuliahan fonologi dengan baik, dan mampu mengerjakan soal dengan tepat waktu.
    2. Gambaran yang cocok dari CPMK terhadap materi fonologi sebenernya dari semua CPMK memang cocok tapi menurut saya point terpenting nya terdapat pada point 2, 3 dan 4.
    # Umpan kedua
    1. Chaer (2003 : 102)
    Menyatakan bahwa fonologi ialah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi – bunyi bahasa.
    2. Yendra, S.S., M.Hum. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.
    3. Dari definisi tersebut bahwa fonologi ini mempelajari tentang bunyi suatu bahasa dapat dianalisa dan membicarakan runtutan bunyi bahasa dari satuan terkecil dengan gabungan bunyi membentuk suatu suku kata.
    4. Pendapat saya dari definisi tersebut menjadikan sebuah bahasa direalisasikan dan dilafalkan secara berkesinambungan. Agar apa yang disampaikan tidak terjadi kesalahpahaman.

    BalasHapus
  45. Nama: Tsaniyah Ila S.
    Nim: A310190048
    Kelas: 3 B

    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat mencapai mata kuliah yang ditargetkan walaupun keadaan daring seperti saat ini, dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional.

    BAGIAN KEDUA
    A) Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B) Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C) Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D) Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  46. Nama : Satria Alamsyah Hidayatulloh
    Nim : A310190068
    Kelas : 3B

    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya berharap dalam mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapat dalam mata kuliah ini bisa dipergunakan untuk praktek mengajar saya secara langsung.

    B. Menurut saya komponen capaian perkuliahan mata kuliah fonologi penting untuk mengasah kemampuan dalam pelafalan vokal dalam berkomunikasi.

    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang dari linguistik atau ilmu bahasa yang mengkaji bunyi di dalam bahasa tertentu (Heriyadi, 2016: 6).

    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.

    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  47. Nama : Ghalib Muhammad Nashr
    Nim : A310190060
    Kelas : 3B

    Umpan Balik
    Bagian pertama
    1. Komitmen saya dalam mengikuti perkuliahan fonologi ini yaitu saya akan mengikutinya dengan fokus dan bersunguh2 karena Fonologi sangat berguna nantinya jika saya menjadi seorang pengajar
    2. Menurut saya seluruh capaian sangat penting dan cocok dengan mata kuliah fonologi karena dalam capaian matkul tersebut kita dituntut fokus dan sungguh-sungguh mempelajari fonologi.

    Bagian kedua
    1. Menurut Tajul dikutip dari buku Asas Linguistik Fonologi ialah kajian tentang pertuturan bunyi-bunyi bahasa manusia di dunia secara abstrak.
    2. Suraiya Chapakiya.2014. Asas Linguistik.Slangor:PTS akademia
    3. Bisa kita pahami dari penjelasan diatas bahwa fonologi merupakan suatu studi yang berfokus menganalisa bunyi ucap bahasa manusia yang dituturkan menggunakan alat ucap manusia dan menganalisa pelafalanya yang kurang jelas sehingga membuat perbedaan antara bunyi satu dengan lainya.
    4. Implementasi dalam penjelasan diatas sangatlah baik,karena bagaimanapun berbahasa yang baik harus memperhatikan bunyi pelafalan bahasa serta fungsinya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam menyampaikan informasi

    BalasHapus
  48. A310190067_Nadia Aprillia Kartikasari Putri_3B
    Umpan Balik Bagian Pertama
    1. Komitmen saya ketika mengikuti mata kuliah Fonologi “ insyaAllah saya akan bersungguh-sungguh aktif mengikuti perkuliahan sehingga mampu memenui CPMK yang telah ditentukan, sehingga dapat mendukung ketika saya sudah menjadi tenaga pengajar”
    2. Menurut saya CPMK yang termasuk dalam Mata Kuliah Fonologi ini 2 diantara 4 pilihan diatas yakni :
    A. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebagai cabang linguistik. 1.1 Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai fonologi. 1.2 Menemukan, mengutip, dan menjelaskan definisi fonologi. 1.3 Mengenali fonem sebagai objek kajiian fonologi dan membedakan fonem bahasa dengan bunyi bahasa.
    B. Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia.

    Umpan Balik Bagian Kedua
    1. Menurut Kridalaksana yang di kutip dari Kamus Linguistik, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia
    3. Implementasi dari definisi Kridalaksana tersebut sangat berkaitan dengan keterampilan berbahasa seseorang baik lisan maupun tulisan misalnya : ketika terdapat orang Jawa yang mengucapkan kata loro yang berarti angka 2, namun dalam keadaan tertentu orang jawa tersebut mengucapkan kata loro yang berarti sakit , kata “loro” tersebut mempunyai tulisan yang sama namun dalam pengucapannya berbeda sehingga mempunyai arti yang berbeda atau memiliki fungsinya masing-masing oleh karena itu dapat dikatakan bahwa sebenarnya ilmu fonologi ini sangat berperan dalam aktivitas kehidupan manusia dalam berkomunikasi dengan manusia lain dan dalam pemanfaatan harus memerhatikan fungsinya masing-masing agar informasi yang ingin disampaikan bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman.

    BalasHapus
  49. Nama: Fauzan Akhmat
    NIM: A310190050
    Kelas: 3B

    Bagian Pertama
    A. Sebagai mahasiswa maka perlu memahami kewajiban dasarnya yaitu sebagai pelajar, begitu juga dengan mata kuliah Fonologi. Dalam menempuh mata kuliah Fonologi saya berkomitmen untuk mengikuti perkuliahan sesuai jadwal, mengerjakan tugas yang diberikan, dan mengerjakan tugas dengan semaksimal mungkin. Dengan komitmen ini, diharapkan dapat menjadi semnagat dalam menjalani perkuliahan.
    B. Mata kuliah Fonologi merupakan bidang linguisik atau ilmu bahasa yang mengenal, mempelajari, menganalisis, dan melafalkan runtutan bunyi-bunyi bahasa. Selain itu juga mengenal, mempelajarai, menganalisis mengenai sistem tulisan bahasa Indonesia dan juga mengenai jenis tulisan di dunia.

    Bagian Kedua
    A. Fonologi adalah subdisiplin linguistik yang mengkaji bunyi bahasa, yaitu tentang fungsi, perlakuan dan organisasi bunyi sebagai ilmu linguistik.
    B. Zahid Indirawati dan Omar Mardian S. 2012. Fonetik dan Fonologi Siri Pengajaran dan Pembeajaran. Selangor: PTS. Akademia.
    C. Dengan itu fonologi merupakan uraian tentang sistem, struktur yang berkaitan dengan pola bunyi yang signifikan dalam suatu bahasa.
    D. Fonologi saling berkaitan dengan kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulisan, karena fonologi merupakan subdisiplin dalam mengkaji bunyi bahasa. Apabila kita dapat mengimplementasikan fonologi maka kita dapat melafalkan bahasa secara baik dan benar, seperti halnya orang yang berbeda daerah, maka memiliki lafal/logat yang berbeda.

    BalasHapus
  50. Nama: Muhammad Zulfa Irfansyah
    Nim:A310190079
    Kelas:3B

    UMPAN BALIK
    Bagian Satu:

    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional.

    Bagian kedua
    A. fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
    B. Kridalaksana (dalam Yendra, 2018:64)
    Daftar pustaka:
    Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish
    C. dari definisi di atas yang saya pahami tentang fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.
    D. implementasi dalam definisi tersebut adalah ketika kita berusaha melafalkan bunyi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kita orang jawa dan orang batak ketika bertemu dengan logatnya masing-masing.

    BalasHapus
  51. Nama : Desi fitri ayu paradila
    NIM : A310190063
    Kelas : 3B

    UMPAN BALIK
    BAGIAN SATU
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi saya dapat memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan dan ilmu yang saya dapatkan akan berguna di masyarakat untuk diri saya pribadi dan untuk orang lain.
    B. Menurut saya semua komponen capaian perkuliah mata kuliah fonologi sangatlah penting karena semua komponen tersebut mampu membuat mahasiswa lebih profesional terutama dalam hal pelafalan vokal karena hal itu akan sangat berguna didalam kehidupan sehari hari maupun dalam dunia kerja.
    BAGIAN DUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
    C. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B beraal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahaa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  52. A310190049_Dina Silviani

    BAGIAN 1
    A) Saya harap dengan mengikuti perkuliahan fonologi saya bisa mendapatkan lebih banyak ilmu tentang fonologi yang saya kurang pahami dan saya akan sebaik mungkin mengikuti perkuliahan fonologi untuk mencapai target agar ilmu yang saya dapatkan akan berguna untuk diri saya pribadi dan orang lain disekitar

    B)menurut saya semua cpmk sangat pentinglah penting yang berguna untuk mempelajari tentang perkuliahan fonologi

    BAGIAN 2
    A) Fonologi dapat diartikan juga sebagai bagian dari tatanan bahasa yang mempelajari jenis-jenis bunyi bahasa.

    B) Pada buku Fonologi bahasa Indonesia karya Abdul Chaer (2003:102). Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

    C) Dari penjelasan diatas, menurut saya bahwa fonologi merupakan suatu ilmu yang memperlajari dan mengkaji, semua hal yang berkaitan dengan bunyi menurut dan fungsi bunyi tersebut ( dengan cara membedakan atau dari mana bunyi tersebut dihasilkan)

    D) implementasi yang ada di dalam definisi tersebut merupakan ketika seseorang akan mengokomunikasikan gagasan dan pikirannya kepada orang lain. Dan, jika kita ingin mengungkapkan berbagai pemikiran dengan baik, maka seseorang harus menguasai bahasa dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  53. Nama : Ahnaf Osama Oksianto
    NIM : A310190066
    Kelas : 3B

    -Bagian Pertama
    A. Saya akan berusaha mengikuti mata kuliah fonologi dengan sebaik mungkin.

    B. Mahasiswa mampu memahami konsep fonologi sebegai cabang linguistik.

    -Bagian Kedua

    A.Verhaar (1984:36)
    menjelaskan bahwasanya fonologi mempunyai pengertian yang signifikan yang mana sebuah Ilmu yang memperlajari tentang bidang khusus pada linguistik yang meneliti bunyi suatu bahasa tertentu yang sesuai dengan fungsinya bertujuan menjadi pembeda antara makna leksikal suatu bahasa.

    B. Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

    C. Bidang yang khusus mempelajari dam meneliti suatu bahasa tertentu yang digunakan untuk mengetahui perbedaan makna suatu bahasa.

    D. Sangat berguna untuk membedakan makna leksikal suatu bahasa

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Nama: Farent Aldava
    NIM: A310190071
    Kelas: B
    UMPAN BALIK
    BAGIAN PERTAMA
    A.Saya harap dengan mengikuti mata kuliah fonologi dengan baik dan berusaha memenuhi capaian mata kuliah yang ditargetkan. Dengan itu saya akan berusaha hadir dalam dalam setiap kegiatan perkuliahan, berusaha untuk memahami materi yang disampaikan.
    B. Menurut saya seluruh capaian sangat penting dan cocok dengan mata kuliah fonologi karena dalam capaian matkul tersebut kita dituntut fokus dan sungguh-sungguh mempelajari fonologi.
    .
    BAGIAN KEDUA
    A. Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya (Yendra,2016:64).
    B. Jadi, menurut definisi diatas dapat dikatakan bahwa fonologi adalah satu sub disiplin linguistik yang membicarakan tentang bunyi bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta teori perubahannya.
    C. Menurut saya implementasi dari definisi tersebut sama halnya seperti ketika dikampus. Anak A berasal dari daerah jawa dan anak B berasal dari daerah sunda. Dalam pelafalan akan terlihat sedikit berbeda meskipun dalam diri mereka memiliki pemikiran yang sama. Jadi dengan adanya ilmu fonologi ini akan mengkaji bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya.

    BalasHapus
  56. Nama: Demas Primada
    NIM: A310190070
    Kelas:3B
    Bagian Pertama
    1. Komitmen saya mengikuti kuliah fonologi "Saya berjanji mengikuti kuliah fonologi ini dengan sungguh-sungguh, karena mata kuliah ini ikut berperan dalam kehidupan saya ketika sudah menjadi tenaga pengajar".
    2. Menurut saya CPMK yang sesuai dengan mata kuliah fonologi adalah Mahasiswa mampu melafalkan fonem bahasa Indonesia. 4.1 Melafalkan fonem vokal dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. 4.2 Melafalkan fonem konsonan dalam bahasa Indonesia sesuai kadiah pelafalan fonem konsonan bahasa Indonesia. 4.3 Melafalkan suku kata dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah pelafalan fonem bahasa Indonesia. Karena pengaplikasian materi terkait fonologi adalah bentuk pelestarian kebudayaan dalam bidang sastra Indonesia juga sebagai tujuan akademis yang diajarkan pada peserta didik.

    Bagian kedua
    1.Menurut Kridalaksana yang di kutip dari kamus linguistik, fonologi mempunyai arti bidang pada linguistik yang mempelajari tentang berbagai bunyi bahasa berdasarkan fungsinya.
    2.Kridalaksana, Harimurti. 2002. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.
    3. Penjelasan fonologi dari definisi Harimurti Kridalaksana adalah Fonologi ialah cabang keilmuan dari linguistik yang khusus mempelajari mengenal bunyi bahasa dan fungsi dari tiap bunyi bahasa.
    4. Kemampuan berbahasa yang baik harus memperhatikan beragam bunyi bahasa serta fungsinya, agar informasi yang ingin disampaikan bisa komunikatif dan tidak terjadi kesalahpahaman.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.