MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH 2020 KELAS VII B KEDUA KONSEP MANAJEMEN

 

Assalamualaikum wr. wb.

 

Alhamdulillalhi rabbillalamiin..Semoga Saudara sekaliian dalam kondisi sehat dan tetap semangatt! Kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan. Marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya waktu ini.

Apakah Anda sudah siap melanjutkan proses belajar daring? Belajar daring membutuhkan kerja sama yang baik dan kesepahaman dari kita. Pertemuan daring pertama, berhubungan dengan kontrak kuliah. Anda  setelah memahami materi mengetahui posisi yang harus dituju dalam pembelajaran ini. Ada bekal pengetahuan yang harus dipenuhi untuk menjadi guru pembina majalah sekolah. Ada keterampilan yang mendukung dalam menjalani profesi guru pembina majalah sekolah. Apabila dua hal itu terpenuhi, maka Anda bisa memiliki potensi yang besar dalam menjalankan profesi yang diemban dalam dunia pendidikan.

 

Pembina majalah sekolah diperlukan di setiap sekolah guna memberikan kondisi bagi pengembangan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh para siswa. Jadi, majalah sekolah memiliki fungsi sebagai pendukung dalam pembelaaran bahasa Indonesia di sekolah.

Perkuliahan kedua ini mengenai konsep manajemen. Mengapa konsep manajemen dipelajari? Kerja sebagai guru pembina majalah sekolah itu dapat dilakukan dengan baik diperlukan modal pengetahuan tentang manajerial. Penerbitan majalah sekolah itu bukan kerja personal, melainkan kerja organisasi.

Sebelumnya, Anda bisa memperhatikan perbedaan penataan materi antara rps dengan buku MMS yang telah Anda miliki.

Materi RPS

Materi MMS

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah


Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah



Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah


Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dan yang lain, dan tugas redaksi


Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA


Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah,

Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan


Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik


Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik,

Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah


Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus


Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik


Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus


Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

Materi perkuliahan yang terbagi dalam dua kategori yaitu kategori teori dan kategori praktik. (a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi; (b) manajemen majalah sekolah –manajemen media; (c) peran majalah sekolah bagi pengembangan kete-rampilan bahasa bagi peserta didik dan bentuk komunikasi utama, 



(d) rubrikasi dalam publikasi media. rubrikasi majalah –berita, artikel, dan hiburan; kerja redaksi: kerja jurnalis –wawancara;



(e) jenis majalah ber-dasarkan karakteristik pembaca/ khalayak;

(f) majalah satu halaman dan majalah dinding,

(g) majalah cetak sekolah;

(h) publikasi –mulai pencarian naskah, pengelolaan naskah, dan manajemen redaksi majalah cetak di sekolah;

(i) aktivitas publikasi: pembentukan tim redaksi majalah sekolah;

(j) aktivitas publikasi: perencanaan penerbitan dan sidang redaksi;

(k) aktivitas publikasi: proses cetak dan distribusi. 

Setiap akhir bab akan diberikan soal latihan secukupnya untuk membangkitkan minat, kreativitas, dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa. 



Perkuliahan kedua ini berhubungan dengan konsep manajemen!

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Peneertian manajemen

(a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi;

(b) manajemen majalah sekolah –manajemen media;


Apabila Anda perhatikan bahwa dalam kegiatan perkuliahan ini perlu dipelajari yaitu (a) konsep manajemen dan (b) manajemen umum/arti luas  dan manajemen khusus/arti sempit/majalah sekolah.

Konsep manajemen arti luas/umum berlaku bagi manajemen secara umum. Konsep manajemen secara sempit/khusus berlaku hanya untuk manajemen manajalah sekolah.



Perbandingan di atas tidak bermaksud membingungkan, tetapi perhatikan ada penataan yang lebih efektif dalamkegiatan perkuliahan. Penyajian buku dengan penyajian proses yang berbeda ini guna memudahkan dalam proses pemahaman kita..

Perhatikan kutipan-kutipan dari Konnsep manajemen yang telah Saudara temukan.

No

Pendapat

1

Menurut Lazwardi, Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


B. Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.


Ada ciri manajemen yaitu ilmu/seni.

Ada empat kegiatan manajemen:

. perencanaan/planning

2. pengorganisasian/organizing

3. pelaksanaan/actuating

4. pengendalian/controlling


2

Menurut Wirjana (2007:11) dalam Wiastra, I. G. G., dkk (2015) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

b. Wiastra, I. G. G., Rasna, I. W., & Astika, I. M. (2015). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik Di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).


Ciri manajemen yaitu proses orang-orang yang bertanggung jawab daam organisasi melakukan tugas dengan berkelompok.

Ada empat elemen: 1. proses. 2. orang-orang. 3. bertanggung jawab. 4. tugas. 5. bekerja sama

3

John F. Mee dan George R. Terry (Anoraga, 2004:109).

Management is the art of securing maximum result with minimum of efforts as to secure maximum prosperity and happiness for both employer and employee and givethe public the bes posible service. (Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal  demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik  bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat).

            Seni memimpin di bidang publikasi sekolah yang bertujuan mencapai hasil maksimal dengan sarana dan prasarana yang ada. Aktivitas pengelolaan publikasi sekolah ini  membawa kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh unsur di lembaga sekolah –kepala sekolah, para guru, para murid, pihak komite sekolah.

4

2. Management is distinct process consisting of planning, organizing, actuat-ing, controlling utilizing in each both science and art and follow in orde to accomplish predetermined objectives. (Manajemen adalah proses yang khas terdiri dari tindakan-tindakan peren-canaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu penge-tahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula).

            Pengelolaan publikasi sekolah dilakukan tindakan yang urut mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Tidak setiap orang diserahi tugas untuk itu sebab aktivitas ini memerlukan ilmu penge-tahuan dan keahlian yang khusus. seorang guru pendamping kegiatan publikasi sekolah diharapan belajar manajemen sebelum ditugaskan di setiap sekolah. 

            Usaha  untuk meraih tujuan tertentu dengan jalan menggunakan sumber daya yang tersedia dalam organisasi dengan cara yang sebaik mungkin (Anoraga, 2004:109). Usaha yang dilakukan secara berkelompok, artinya ada kerjasama dua orang atau lebih. Kadangkala manajemen diterapkan pula bagi individu yang melakukan usaha. Namun, manajemen majalah sekolah ini melibatkan usaha kelompok (organiasi).

Organisasi tentu saja berhubungan dengan orang-orang yang berkelompok. Ada seorang yang tampil sebagai manajer. Manajer inilah yang menangani organisaai pengelolaan majalah sekolah. Organisasi pengelola majalah sekolah sebagai tim yang mengatur segala aktiitas mulai dari perencanaan (planning), penorganisasian (organyzing) pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan pengevaluasian (evaluatyng). Organisasi pengelolaan majalah sekolah berisi individu-individu yang bertanggung jawab menangani urusan penerbitan majalah. 

            Setiap organisasi majalah sekolah membutuhkan ‘kompetensi dan performansi’ seorang manajer. Tercapainya tujuan organisasi majalah sekolah tergatung kemampuan manajer dalam mengorganisasi.

            Ada pendapat pakar manajemen yang dikutipkan selanjutnya. “Management is the art of securing maximum result with minimum of effort as to secure maximum porsperity and happiness for both employer and employee and give tha oublic the best posible service”.

(Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil maksimal  dengan usaha yang minimal, demikian pula pada mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik pemimpin maupun yang dipimpin serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat) (F. Mee (1962) dalam Anoraga,2004:109).

            Manajement is distinct process of planning, organizing, actuating, controling utilizing in each both science and art and follow in order to accimplish predetermined objective”. (Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri  dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka uaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula (George R. Terry (1966) dalam Anoraga, 2004:109).

            Ada yang berperan sebagai manajer  dalam  menggunakan 5M yaitu men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).             Sasaran manajemen pengelola majalah sekolah secara bertingkat sebagai berikut. Sasaran organisasi pengelola majalah sekolah.

5

Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Berdasarkan kutipan di ata, maka dapat dirumuskan bahwa.

Manajemen itu ilmu/seni dalam proses manejerial. Tujuan memperoleh hasil yang maksimal dengan pengorbanan yang minimal dan mencapai kesejahteraan orang-orang yang bekerja sama dalam organisasi.

Manajemen dibutuhkan pada setiap kerja sama yang dilaksanakan oleh orang-orang.  Konsep manajemen secara umum berlaku pada setiap organisasi. Konsep secara sempit manajemen itu bisa diterapkan dalam penerbitan majalah sekolah. Anda cari sebuah majalah yang diterbitkan oleh sekolah dan perhatikan orang-orang beserta tanggung jawab yang tersusun dalam organsisai penerbitan sekolah.

Ada kegiatan manajerial: perencanaan, organising. aktuating, controlling, dan evaluating.

Ada 5 M dalam manajemen: men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).

 

Umpan Balik:

Setelah Anda mengikuti materi perkuliahan kedua ini tentang Konsep manajemen secara umum dan konsep manajemen secara sempit, maka Anda silakan melaporkan.

Pertama, susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.

Kedua susunan rekasi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.

 

Apabila Anda diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka Anda wajib memilih posisi dalalm susunan organisasi. Menurut Anda, posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut.

 

Mengapa posisi itu paling Anda sukai?

 

Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah Anda laksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.

 

 

 

Demikianlah, kegiatan perkuliahan kedua ini. Semoga bermanfaat bagi kita. Marilah kita bersama-sama mengucapkan hamdalah.

Wassalamualaikum wr. wb.

Agus Budi Wahyudi

Komentar

  1. Nama: Demas Primada
    Nim: A310190070

    Susunan redaksi majalah gogirl
    1.Penerbit
    2. Pemimpin umum
    • Pemimpin redaksi
    A. Artistik
    B. Editor
    - Fotografer
    - Reporter
    • Pemimpin perusahaan
    A. Sirkulasi
    B. Iklan
    C. Keuangan

    Susunan redaksi sekolah
    1. Pelindung atau penanggung jawab(kepala sekolah)
    2. Pembina (guru ekstrakurikuler)
    3. Pemimpin redaksi
    4. Redaktur pelaksana
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga desain dan tata letak
    8. Bagian bisnis

    Jika disuruh memilih, saya akan menjadi seorang reporter karena saya cukup percaya diri jika harus berhadapan dengan kamera.

    Selama kuliah menduduki posisi sebagai anggota dalam organisasi. Tugas yang pernah saya jalankan adalah mencari peserta dalam sebuah seminar. Kendala yang saya hadapi adalah membuat audiens nyaman ketika saya presentasi, karena ada beberapa siswa yang tidak fokus dan asik bercanda sendiri.

    BalasHapus
  2. Nama : Yunita Mandasari
    NIM : A310170081
    • Susunan redaksi majalah wanita yang berjudul: Majalah Wanita Kartini https://issuu.com/jesslynajohan/docs/kartini_fordi_isssue
    1. Pemimpin umum/pemimpin redaksi: Bram Tuapattinaya
    2. Wakil pemimpin umum I: Eric Tuapttinaya
    3. Wakil pemimpin umum II: Hatawano
    4. Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    6. Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    7. Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    8. Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    9. Redaksi masakan: Ai Turwina
    10. Redaksi foto: Kosim Sanusi
    11. Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    12. Staf khusus
    13. Koresponded/kontributor
    14. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    15. Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    16. Wakil pemimpin perusahaan: Hendro Atmojo
    17. Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    18. Alamat redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    19. Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    20. Percetakan

    • Susunan redaksi majalah Sekolah yang berjudul: Serba-Serbi PJJ https://issuu.com/buletinoel/docs/buletin_x_juli_2020
    1. Penasehat: Sandi Rahaju
    2. Pembina: Ryan M. Chandra
    3. Pemred: Yulius A.D.B.S.
    4. Editor: RMC
    5. Layout: Yoa Marsidi
    6. Staff redaksi:
    - Panglima Polim:
    TK: Selfiana Djami Raga
    SD: Reka Meurled S., S.Kom.
    SMP: Edi Harianto Artiadi, S.Pd.
    - Pamulang
    TK: Fajar Dwi Lestari, S.E.
    SD: Hersandi Tri A., S.Pd.
    SMP: Lucia Advena Triastuti, S.Pd.
    - Bumi Serpong Damai
    TK: Indah
    SD: Debora Suranti, S.Pd.
    SMP: Stella Abriyanti, S.Pd.
    SMA: Sisillia Sri Wahyuningsih, S.Si.
    SMK:Patrisius Marianus Simanjuntak, M.Hum.


    • Posisi yang disukai dalam organisasi redaksi tersebut sebagai sekretaris redaksi.
    • Alasannya, karena menyukai bidang kesekretariatan.
    • Iya, sebagai sekretaris Umum HMP PBSI. Selama setengah periode ini, sebagai sekretaris umum mengoordinasikan sekretaris bidang HMP PBSI. Membuat mengenai administrasi, laporan pertanggungjawaban, dan sebagainya. Kesulitan yang saya alami yaitu mengenai komunikasi antar sekretaris, kurangnya pertemuan yang intensif dikarenakan jarak, dan adanya perbedaan pemahaman.

    BalasHapus
  3. Nama : Khoyiroh Novita Sari
    Nim : A310170083

    Judul Majalah Wanita
    Bi-teach Blavkberry, Magazine Edisi Oktober Minggu 3 & 4 2013

    Susunan Redaksi
    Pemimpin Umum :Yulinar Rhomadhoni, ST
    Pemimpin Redaksi : Rasyid Farchan Dhani
    Editot & Chief : Muhammad Fuadhsyah
    Format & Artistik : Nurul Fitria Rahmawati
    Staff Redaksi : M. Fudsyah, Nurul, Faizh, Dhani Yuli
    Fotografer : Farhan
    Iklan : Dhani
    Keuangan : Nur Siwuning, SE
    Personalia : Romadhoni
    Pemasaran & Promosi : Farhan
    Penerbit : PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA
    Alamat Iklan&Sirkulasi : JL. H. Karim No.19, Rt.003/005 Setu Cipayung, Jakarta Timur 13880 Phone (021) – 447.118.57
    Alamat Redaksi : JL. H. Karim No.19, Rt.003/005 Setu Cipayung, Jakarta Timur 13880 Phone (021) – 447.118.57
    Rekening PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA : Bank Pembangunan Daerah (BPD) No. Rek. 1.009.00056-9

    Sumber majalah: https://issuu.com/bitech_magazine/docs/all_magazine_edisi_6_no_compare

    Judul Majalah Sekolah
    SMK Bisa – Hebat. OPTIMALKAN KEAHLIAN SISWA SMK, Edisi ke II 2016

    Susunan Redaksi
    Pembina : Hamid Muhammad, Ph.D Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
    Pengarah : Drs.M.Mustagfirin Amin, MBA Direktur Pembinaan SMK Dr. Thamrin Kasman,M.Si Sesditjen Dikdasmen
    Pemimpin Redaksi / Penanggung Jawab : Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak Dewan Redaksi : Dr.Ir. M. Bakrun, MM Muhammad Soleh, S.P Ir. Nur Widyani, MM Ir. Sri Puji Lestari, MM Chrismi Widjajanti, SE, MBA Arfah Laidiah Razik, SH, MA
    Staf Redaksi : Dimas Raditya Trilaksono, S.T Medhi Alkibzi, S.IP Hendra Syahrial Tri Haryani, S.Pd Yana, S.Pd Lina Lisnawati Rahayu Nengsih,SE Pipin Dwi Nugraheni, SE Lilis Triana Lestari, S.T
    Desain dan Tata Letak : Muhammad Herdyka, S.T Eka Yuli Arisanti, S.ST Yuli Setiawan,SAB
    Penerbit : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud
    Alamat Redaksi & Tata Usaha : Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung E, Lantai 13 Jl. Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 021-5725477 (hunting) e-mail : program.psmk@kemdikbud.go.id
    Sumber Majalah: https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1907/majalah-smk-bisa-hebat-edisi-kedua
    Jika saya menjadi pengurus redaksi saya ingin menjadi pemimpin redaksi, alasannya saya menyukai posisi tersebut karena saya ingin membuat kualitas isi redaksi yang layak dan memberikan arahan terhadap tim redaksi serta bertanggung jawab terhadap kualitas produk yang dihasilkan.

    Saat di organisasi saya pernh menjadi sekretaris umum, ada pun tanggung jawab yang saya jalankan saat menjadi sekretaris antara lain bertanggung jawab atas pengelolaan surat masuk dan surat keluar atau administrasi organisasi, membuat semua bentuk surat-menyurat organisasi, bertanggung jawab menggantikan ketua, jika ketua berhalangan hadir. pendampingan dalam kepanitiaan dan sebagai pusat informasi organisasi. Ada pun kendala yang sering saya hadapi antara lain kurangnya kerja sama antar anggota organisasi.

    BalasHapus
  4. Nama: Shindy Tresna Vinansih
    Nim: A310170092


    1. Susunan redaksi dalam majalah umum wanita:

     Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi
     Wakil Pimpinan Umum I
     Wakil Pimpinan Umum II
     Wakil Pimpinan Redaksi
     Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional
     Dewan Redaksi
     Redaksi Aktual Eksklusif
     Redaksi Masakan
     Redaksi Foto
     Redaksi Artistik
     Staf Khusus
     Koresponden/Kontributor
     Sekretaris Redaksi
     Pimpinan Usaha

    *Berdasarkan susunan dalam majalah Wanita Kartini

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah

     Penanggung Jawab
     Pimpinan Redaksi
     Staff Redaksi
     Desain Layout
     Ilustrator
     Kontributor
     Wartawan Siswa

    *Berdasarkan susunan dalam Smart9; Majalah Kreatif dan Inovatif SMK Negeri 1 Mojongsongo

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen sekolah adalah Staff Redaksi.

    4. Karena staff redaksi memiliki kesempatan lebih besar untuk bertemu banyak orang yang menjadi narasumber, memilih serta menyusun tulisan yang akan dimasukkan dalam majalah. Selain itu staff redaksi biasanya berkaitan langsung dengan para wartawan atau reporter.

    5. Pada saat semester-semester awal, saya mengikuti organisasi jurnalistik tingkat fakultas, pada saat itu saya berada di divisi redaksi. Tugas yang saya lakukan adalah mencari berita, mewawancarai narasumber, serta menulis berita berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan narasumber. Kendala yang saya alami pada saat itu adalah kerja sama antar individu dalam mencari berita, selain itu menyesuaikan jadwal dengan narasumber juga cukup sulit, terkadang narasumber sulit untuk dihubungi padahal sudah memasuki tenggat pengumpulan berita. Maka untuk mengatasi kendala-kendala tersebut diperlukan komunikasi serta usaha bersama dalam sebuah organisasi.

    BalasHapus
  5. Nama : Vina Noviana
    NIM : A310170067

    1. pemimpin umum, penanggung jawab, pemimpin redaksi, editor, creative designer, designer staff, fotografer, pengembangan bisnis, penerjemah, penerbit

    2. pelindung, pembina, pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, repoter, editor, tenaga desain dan tata letak, bagian bisnis

    3. posisi yang saya sukai pada susunan organisasi manajemen sekolah adalah reporter

    4. Alasannya saya bisa terjun langsung ke lapangan untuk mencari informasi dan dapat berinteraksi dengan narasumber, selain itu saja juga suka menulis.

    5. belum pernah memiliki posisi di organisasi, karena selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi apapun

    BalasHapus
  6. Nama : Noor Rizza Larasati
    NIM : A310170103
    Kelas : 7 B


    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita GPriority:
    Pemimpin Umum, Penanggung Jawab, Pemimpin Redaksi, Editor, Creative Designer, Designer Staff, Fotografer, Pengembangan Bisnis, Keuangan, Account Executive, Promosi, Sirkulasi, Pelatihan, Penerjemah, Kontributor, Penerbit .
    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah :
    Pemimpin Umum, Penasihat, Pembina, Pemimpin Redaksi, Sekretaris, Bendahara, Dewan Redaksi, Distributor, Kru tambahan.
    3. Posisi yang saya sukai dalam redaksi majalah sekolah adalah sebagai penasihat dalam pembuatan majalah sekolah.
    4. Alasannya seorang penasihat bertugas untuk membimbing dalam pembuatan majalah sekolah. Penasihat akan memberikan saran dan masukan yang sesuai dengan tema majalah sekolah yang akan dibuat di sekolahan.
    5. Saya pernah menjadi Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Prodi menjabat sebagai Bendahara Bidang 1 Keislaman. Tanggung jawab yang sudah saya kerjakan adalah menyusun anggaran pemasukan dan pengeluaran dalam melaksanakan kegiatan, menyimpan dan mengeluarkan uang untuk kebutuhan organisasi, dan menyusun pembukuan dalam satu masa periode kepengurusan.
    Kendala yang sering muncul adalah ketika anggaran pengeluaran mencapai lebih dari pemasukan yang ada.

    BalasHapus
  7. Fitri wahyu ningrum
    A310170079

    1. Pertama, susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.
    Berdasarkan majalah wanita “ kartini” ED 2343 2013 , susunan majalah wanita umum adalah

    Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi
    Wakil Pimpinan Umum I
    Wakil Pimpinan Umum II
    Wakil Pimpinan Redaksi
    Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksional
    Dewan Redaksi
    Redaksi Aktual Eksklusif
    Redaksi Masakan
    Redaksi Foto
    Redaksi Artistik
    Staf Khusus
    Koresponden/Kontributor
    Sekretaris Redaksi
    Pimpinan Usaha

    2. Kedua susunan rekasi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.
    - penanggung jawab
    -pembina 1&2
    -pemimpin umum
    -pemimpin redaksi
    -redaktur pelaksanaan
    - sekertaris dan bendahara
    -penulis editing dan reportase
    -redaksi fotografi dan produksi tata letak grafis
    - ilustrator

    3. Apabila Anda diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka Anda wajib memilih posisi dalalm susunan organisasi. Menurut Anda, posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut.

    Jika saya dapat kesempatan menjadi bagian dalam pengurus redaksi , maka saya akan memilih bagian redaksi foto

    4. Mengapa posisi itu paling Anda sukai?
    Karena, Saya sangat menyukai dunia photografi, saya pikir jika saya dapat menjadi bagian redaksi foto saya bisa mengembangkan bakat saya dan minat saya dan juga tidak terlepas dari jurusan saya yang tetap berkecimpung dalam dunia majalah.

    Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah Anda laksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.

    Selama masa kuliah saya belum pernah memiliki posisi atau mengikuti sebuah organisasi. Dikarenakan keadaan dan kondisi yang tidak memungkinkan saya mengikuti organisasi. Hal ini disebabkan karena saya tidak memiliki kos atau tempat tinggal dekat dengan kampus. Saya harus melakukan perjalanan selama satu jam dari kampus ke rumah setiap harinya. Hal itulah yang menyebabkan saya tidak mengambil atau mengikuti sebuah Organisasi i

    BalasHapus
  8. Nama: Tuti Rahmawati
    Nim : A310170055
    1. Susunan Redaksi Majalah : Pemimpin Umum, Penanggung Jawab, Pemimpin Redaksi, Editor, Creative Designer, Designer Staff, Fotografer, Pengembangan Bisnis, Keuangan, Account Executive, Promosi, Sirkulasi, Pelatihan, Penerjemah, Kontributor, Penerbit
    2. susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    -Penanggung Jawab
    -Pimpinan Redaksi
    - Staff Redaksi
    - Desain Layout
    -Ilustrator
    - Kontributor
    -Wartawan Siswa
    3. Posisi yang saya sukai pada susunan organisasi manajemen sekolah adalah wartawan siswa
    4.alasan wartawan siswa mencari sebuah informasi dari siswa- siswa lain yang bisa kita gali lagi sumbernya, kita bisa menanyai apa saja yang ingin kita tanyakan sesuai dengan tema yang kita ambil.
    5.belum pernah memiliki posisi di organisasi, karena selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi di kampus

    BalasHapus
  9. Nama : Riska Komariyah
    NIM : A310170063

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah Femina adalah :
    a. Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan
    b. Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum
    c. Wakil Pemimpin Perusahaan
    d. Alamat redaksi
    e. Alamat Tata Usaha/Distribusi
    f. Pencetak
    g. Penerbit

    Susunan rekasi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk adalah:
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pimpinan redaksi (Pemred)
    d. Redaksi Pelaksana (Redpe)
    e. Reporter
    f. Editor
    f. Tenaga desain dan tata letak
    g. Bagian bisnis
     
    Jika diberi kesempatan dalam susunan pengurus redaksi, saya memilih menjadi pemimpin redaksi.
    Karena pada posisi tersebut saya bisa mengembangkan tentang kepenulisan saya serta berlatih bertanggung jawab dengan beberapa hal yang harus di lakukan sebagai seorang pemimpin redaksi.
     
    Pernah. Sebagai sekretaris bidang. Tanggung jawab sebagai seorang sekretaris adalah harus bisa menyusun proposal, surat menyurat serta laporan pertanggungjawaban untuk suatu kegiatan yang akan atau telah dilaksanakan. Dalam hal ini kendala yang dihadapi pasti ada, diantaranya yaitu surat menyurat yang terlalu mepet dalam kegiatan, proposal yang belum mendapat acc dari pihak atasan, serta komunikasi yang kurang dengan sekretaris kegiatan.

    BalasHapus
  10. Nama: nanda yulianti
    Nim: a310170074

    1. Susunan majalah wanita kover magazine edisi 104 (https://issuu.com/aldikover828/docs/edisi__104)
    a. CEO : Boydo Panjaitan
    b. Editor In Chief : Elsa Malona
    c. Managing Editor: Parada Al Muqtadir
    d. Editorial Team: Indriyana Octavia, Nursari Indah Manullang, Vicky Siregar
    e. Photographer: Mhd Fitra Afriansyah, Vicky Siregar
    f. Videographer: Aldy Reynaldy
    g. Graphic Designer: Ahmad Abror, Mhd Fitra Afriansyah
    h. Finance Manager: Ernest Reynand
    i. Admin: Aldy Reynaldi
    j. Marketing: Annette Sini Suka
    k. Distributor & Circulation: Daniel Sinaga, Faber J. Simangunsong
    l. Contributor: Adelina Savitri Lubis
    m. Legal Advistor: Trimedya Panjaitan, Sh,Mh
    n. Head Office: Koven Magazine. Jl. Iskandar Muda No.133/24 J Lantai II Medan 20154
    2. Susunana redaksi majalah sekolah SMK Negeri 3 Jombang 2nd Edition (Https://issuu.com/amirohadnan/docs/jurnal_smkn_3_jbg_2nd_ed )
    a. Pelindung: Drs. Ganis soebintang, ST.,M.Si
    b. Pembimbing: Wakasek humas, kurikulum, ketenagaan, sarana prasarana dan kesiswaan
    c. Penanggung jawab: Nurani
    d. Ketua redaksi: Edo Rahmat Hidayat
    e. Bendahara: Yasqi Ilyadiana Putrid
    f. Sekretaris: Revaldo Alif Wibisono
    g. Coordinator jurnalis: Alif Dhurrotul, Fatmawati, Agus Wijayanto, Fiki Muh. Subur, Rahmat Wahyu Jatmiko
    h. Editor: Adi Suseno, Putrid Dinda Tintawati, Anwar
    i. Sie humas: Krisna Darmawan
    j. Setting dan layout: Austin Fiscal Iskandar, M. Zainul Muttaqin, Muzaqki Vadiansah
    k. Distribusi: Anta Maulana dan M. Al-Mahdi
    l. Anggota redaksi: M. Fuad, Yessy Riyantika, Nor Afian Salafian, Wahyu Adi Wijaya, Panani Tri Setiawan, Didit Feri Fadiansah
    3. Setelah memahami susunan redaksi saya akan memilih bagian bendahara, karena saya sudah cukup memiliki pengalaman dibidang kebendaharaan. Saya pernah diamanahi di bagian kebendaharaan, karena ilmu yang didapatkankan setelah menjadi bendahara saya ingin menambah wawasan lagi mengenai kebendaharaan. Tanggung jawab yang diberikan kepada saya hampir sama dengan tanggung jwab yang lainnya. Kendala yang dihapai yaitu ketika uang yang sudah diatur ternyata kurang atau lebih biasanya hal iu terjadi karna kurang telitinya saat menghitung keseluruhan uang yang masuk maupun yang keluar, dengan adanya kendala tersebut saya lebih bisa menjadi orang yang rapih dan teliti.

    BalasHapus
  11. Nama: Devi Lestari
    NIM: A310170088

    1. Susunan redaksi majalah wanita:
    • Pemimpin Umum
    • Pemimpin Perusahaan
    • Pemimpin Redaksi
    • Redaktur Pelaksana
    • Redaksi
    • Sekretaris Redaksi
    • Redaktur Ahli
    Dalam Majalah Noor (Kamis, 6 September 2012).

    2. Susunan redaksi majalah sekolah:
    • Pelindung
    • Penanggung jawab
    • Pembina
    • Pemimpin redaksi
    • Sekretaris
    • Staf,redaktur, dan editor
    • Reporter
    • Lay-outer, desain grafis, dan artistik
    • Marketing
    Berdasarkan susunan redaksi majalah sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton.

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yaitu sebagai reporter.
    4. Karena suka kegiatan yang bersifat komunikasi, salah satunya yaitu menjadi reporter.
    5. Iya, sebagai ketua. Saya diamanahi sebagai ketua bidang selama satu tahun dan sekarang saya menjabat sebagai ketua umum di salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas. Tanggungjawab yang pernah saya laksanakan yakni memimpin anggota saya dengan baik dan menjalankan segala kewajiban saya sebagai seorang ketua. Saat ini, kendala yang saya alami yaitu kurangnya komunikasi dengan partner kerja saya akibat adanya pandemic covid-19 yang membuat kami tidak bisa bertatap muka seperti biasanya.

    BalasHapus
  12. Nama : Dwi Wulan Sari
    NIM : A310170078

    1. Susunan redaksi majalah wanita

    Pendiri : Mirta Kartohadiprodjo, Sofjan Alisjahbana,
    Pia Alisjahbana
    Direktur Utama : Svida Alisjahbana
    Direktur Editorial : Widarti Gunawan
    Direktur Komersil : Baslir Djamal
    Pemimpin Redaksi : Petty S.Fatimah
    Dewan Redaksi Femina : Argarini Devi, Yoseptin Pratiwi, Ficky
    Yusrini,Rully Larasati, Faunda
    LiswijayantiEka Januwati, Naomi
    Jayalaksana, Nur Fajriati,, Rahma
    Wulandari, Primarita S, Adinda Tri
    Wardhani, Anggia Hapsari, Mira Monika,
    Canti Sari, Ivana Sitanggang, Aulia
    Fitrisari, Deary Erstafloria, Annabella
    Siahaan, Felicia, Berlianti Savitri,
    Valentina Limbong, Aria Novitasari, Isyana
    Atnimingtias, Abdul Syukur, Suhartati
    Kontributor Tetap : Triftria S Nuragustina
    Dapur Uji : Nani Bagus
    Com. Devlop. Manager : Dewi Assad
    Koordinator Acara : Novi Susanti
    Art Director : Meylan
    Senior : Anastasia Janet Gunawan, Sielly Setiawati
    Artistik : Rizki Diani, Irna Yerminda,
    Sheila R.Nasution,Dhoni Mahardika
    Produksi : Hepta Harir, Zamroni Fahmi,
    Arie Setiawan, Dani Bardan
    Editor Foto : Wijayanti Kusumawardini, Denny
    Herliyanso,
    Honda Tranggono
    Junior Editor Foto : Dhany Indrianto
    Senior : Harry Hikmatullah, Jane Djuarahadi
    Madya : Irvan Aryawan, Dachri M.S. , Suryo
    Tenggono,Hermawan, Dennie Ramon
    Fotografer : Priscillia, Jennifer Antoinette, Budi
    Haryanto
    Koordinator : Ermina Simanjuntak
    Dokumentasi : Alfie Yulizar
    Sekertaris Redaksi : Ratnasanti Sulistyorini
    Account Director : Erlinda L.Gutami
    Senior Adver.Manager : Dian Permatasari
    Junior Adver.Manager : Inda Rizqoh
    Executive : Shendy Alifya, Okto Rohyadi, M. Ramdhan
    Kamil,Davina Pradnyasari, Dinda
    Wardhani
    Promotion Executive : Rizky Ardian
    Corporate Marketing Manager : Risang B.Dhananto
    Junior Marketing Manager : Gricia Effendi
    Riset Manager : Ella Sugianto
    Manager Kreatif : Sagita Utama
    Account Manager Kreatif : Ria Larasati
    Client Service Director : Rosa Pratiwi

    *Berdasarkan susunan dalam majalah wanita "Femina"

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah

    Penasihat Ahli : Drs. Sunarto, M.Pd. (Kepala MTsN
    Surakarta II)
    Pemimpin Umum : Hj. Suprapti, S.Pd., M.Pd.
    Wakil Pemimpin Umum : Muh. Islam, S.Ag.,M.Pd.
    Pemimpin Redaksi : Hayati Pujihastiningrum, S.Pd
    Wakil Pemimpin Redaksi : Dra. Sri Widayati
    Dewan Redaksi : 1. Susanto, S.Pd.
    Dra. Sri Mutanti
    Asmawi, S.Ag., S.PdI.
    Dra. Saptawati
    Redaksi Pelaksana : Muanas Sodiq, S.Pd.
    Staf Redaksi : 1. Sri Puji Rahayu, S.Pd.
    Roselina Fatmah, S.Pd.
    Silmi Munifatul Faizah, S.Pd.
    Siti Rofiah M.Pd.
    Joko Widiyanto, S.Kom.
    Artistik : Totok Darmanto, S.Pd.
    Litbang : TMT. Marjono, S.Ag.,M.PdI.
    Arsip dan Dokumen : H. Sulimin
    Sirkulasi : 1. Hj. Nuk Hartini, BA.
    Hj. Royani, S.Pd.

    *Berdasarkan susunan dari majalah sekolah di "MTS NEGERI SURAKARTA II PERIODE 2016/2017"

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen sekolah adalah Staff Redaksi

    4. Karena staf redaksi bisa membuat jaringan komunikasi luas kaya akan informasi yang aktual, serta mengusulkan dan menulis suatu berita dan foto yang akan dimuat untuk edisi mendatang, berkoordinasidengan fotografer dan riset foto dalam pengadaan foto untuk setiap penerbitan.

    5. Selama kuliah saya belum pernah memiliki posisi atau mengikuti sebuah organisasi karena tidak memiliki kos maka dari itu saya harus pulang pergi dari kampus ke rumah setiap hari dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam, sedangkan organisasi biasanya dilaksanakan pada sore atau malam hari, dimana membuat saya tidak bisa mengikuti sebuah organisasi.

    BalasHapus
  13. Nama : Suci Rahma Dhany
    NIM : A310170072

    1. Pertama, susunan redaksi dalam majalah umum wanita, berdasarkan Redaksi Majalah Wanita GPriority:

    Pemimpin Umum
    Penanggung Jawab
    Pemimpin Redaksi
    Editor
    Creative Designer
    Designer Staff
    Fotografer
    Pengembangan Bisnis
    Keuangan
    Account Executive
    Promosi
    Sirkulasi
    Pelatihan
    Penerjemah
    Kontributor
    Penerbit .

    2. Kedua susunan rekasi yang ada dalam majalah sekolah :
    Penanggung jawab
    Pembina 1&2
    Pemimpin umum
    Pemimpin redaksi
    Redaktur pelaksanaan
    Sekertaris dan bendahara
    Penulis editing dan reportase
    Redaksi fotografi dan produksi tata letak grafis
    Ilustrator

    3. Posisi yang saya sukai dalam redaksi majalah sekolah adalah bagian editor.

    4. Saya sangat menyukai bagian dari editor, menurut saya jika saya dapat menjadi bagian redaksi editor saya bisa mengembangkan bakat dan minat saya.

    5. Selama masa kuliah saya tidak pernah memiliki posisi dalam sebuah organisasi, karena kondisi yang tidak memungkinkan saya mengikuti organisasi. Rumah saya jauh dari kampus dan saya tidak memiliki kos, lama perjalanan yang saya tempuh untuk berangkat dan pulang adalah dua jam setiap harinya. Maka dari itu saya tidak mengikuti organisasi.

    BalasHapus
  14. Nama : Kharina Cahya Muliasari
    NIM : A310170060
    Susunan redaksi yang didalam majalah umum wanita :
    1. Pemimpin umum : Y. Irawan
    2. Penaggung jawab : Lukman A. Salendra
    3. Pemimpin Redaksi : Lukman A. Salendra
    4. Editor : Haris S, LA Aurelia Larasati, Ilham Bintang N, Dwi Atikah S, Nur Kmailah, Agung N
    5. Creative Designer : Raden Satria
    6. Designer Staff : M Iqbal R, Anisa Mayang
    7. Fotografer : Adityo Prihantono
    8. Pengembangan Bisnis : Lina Langen
    9. Keuangan : Rizky Remaldi
    10. Account Executive : Safia Riski, Riri Sitepu, Ara Dena Basgam
    11. Promosi : Dewi Sartika
    12. Sirkulasi : Rohila, Wahyudi,Ade
    13. Pelatih : Anggie
    14. Penejermah : Ben Aryo
    15. Kontributor
    16. Alamat redaksi
    17. Percetakan

    Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk :
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pedaktur Pelaksana (Redpel)
    4. Tenaga Desain Tata Letak (Layouter)
    5. Bagian Bisnis

    Posisi yang saya sukai dalam redaksi yakni redaksi foto/fotografer
    Karena saya tertarik dengan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya

    Saya selama kuliah tidak pernah memiliki posisi diorganisasi
    Karena saya belum pernah mengikuti organisasi yang terdapat dikampus

    BalasHapus
  15. Nama : Vera Jati Kusuma
    Nim : A310170062


    1. Susuunan redaksi majalah Matra

    • PEMIMPIN UMUM/PENANGGUNG JAWAB
    • PEMIMPIN REDAKSI
    • PEMIMPIN PERUSAHAAN
    • WAKIL PEMIMPIN REDAKSI
    • REDAKTUR KHUSUS
    • KORDINATOR REPORTER
    • ARTISTIK/VISUAL/IT
    • SEKRETARIAT REDAKSI
    • SIDANG REDAKSI
    • MANAGER IKLAN
    • KORDINATOR REPORTASE
    • IKLAN
    • KONTRIBUTOR
    • PENASEHAT HUKUM

    Sumber : https://matranews.id/redaksi/

    2. Susunan redaksi majalah sekolah Medikresa (Mts Negeri Karanganyar Paiton)

    • Pelindung
    • Penanggung jawab
    • Pembina
    • Pimpinan redaksi
    • Sekretaris
    • Staf, Redaktur dan Editor
    • Reporter
    • Lay-Outer, Desain Grafis dan Artistik
    • Marketing

    Sumber : http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html

    3. Jika diberi kesempatan untuk menduduki pengurus redaksi, Saya memilih pimpinan redaksi karena saya menyukai posisi di bagian redaksi. Alasan saya memilih menjadi pemimpin karena agar saya dapat mengoptimalisasi dan mengarahkan isu-isu dalam majalah, memberikan arahan kerja sama tim dan narasumber, dan kualitas isi yang sesuai dengan kode etik jurnalistik. Agar majalah yang akan diterbitkan layak untuk diterbitkan.

    4. Selama kuliah saya mengikuti organisasi pers yang terjun dalam bidang pemberitaan. Di organisasi tersebut saya di amanahi menjadi anggota redaksi dan ketua redaktur pelaksana majalah. Kendala yang saya hadapi adalah Ketika bertemu narasumber yang sulit, kerja sama tim, terkendala komunikasi yang sulit dihubungi baik dengan teman satu tim atau narasumber tetapi sudah deadline berita yang harus segera dikumpulkan.

    BalasHapus
  16. Nama : Sekaringtyas Utamayanti
    NIM : A310170065

    1. Susunan redaksi dalam majalah umum wanita :
    a) Pemimpin umum/ pemimpin redaksi
    b) Wakil pemimpin umum I
    c) Wakil pemimpin umum II
    d) Wakil pemimpin redaksi
    e) Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional
    f) Dewan redaksi
    g) Redaksi aktual eksklusif
    h) Redaksi lifestyle
    i) Redaksi masakan
    j) Redaksi foto
    k) Redaksi atistik
    l) Staf khusus
    m) Kontributor
    n) Sekretaris redaksi
    o) Pemimpin perusahaan
    p) Iklan/ promosi
    q) Alamat redaksi
    r) Klub Kartini
    s) Percetakan

    Dalam "Majalah Wanita Kartini edisi 2343 tahun 2013"

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/ SMA/ SMK :
    a) Pelindung
    b) Penanggung jawab
    c) Pembina osis
    d) Pembina sekbid
    e) Pemimpin umum
    f) Pemimpin redaksi
    g) Redaktur pelaksana
    h) Sekretaris
    i) Bendahara
    j) Redaksi staf
    k) Editor
    l) Lay out
    m) Reporter
    n) Redaktur foto
    o) Sponsor ship
    p) Redaktur produksi
    q) Redaktur distribusi

    Dalam "Majalah Aksi SMA N 3 Sukoharjo Edisi MMXVI Periode 2016/ 2017"

    3. Posisi yang saya sukai yaitu reporter. Alasan saya memilih reporter karena saya suka ketika meliput suatu berita dilapangan dan saya bisa melaporkannya kepada publik dengan tulisan saya.

    4. Selama kuliah saya tidak pernah mengikuti organisasi, sehingga saya tidak memiliki posisi di organisasi. Saya tidak mengikuti organisasi selama kuliah karena saya tidak bisa membagi waktu dengan baik.

    BalasHapus
  17. Nama : Rizqi Widya Desiana
    NIM : A310170073

    1. SUSUNAN REDAKSI MAJALAH UMUM WANITA
    SUSUNAN MAJALAH Gpriority
    a. Pemimpin Umum
    b. Penanggung Jawab
    c. Pemimpin Redaksi
    d. Editor
    e. Creative Designer
    f. Designer Staff
    g. Fotografer
    h. Pengembangan Bisnis
    i. Keuangan
    j. Account Executive
    k. Promosi
    l. Sirkulasi
    m. Pelatihan
    n. Penerjemah
    o. Kontributor
    p. Penerbit
    2. SUSUNAN REDAKSI MAJALAH SEKOLAH
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin redaksi
    d. Redaktur pelaksana
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga desain dan tata letak (Layouter)
    h. Bagian bisnis
    3. Jika disuruh memilih, saya akan lebih memilih reporter
    4. Mengapa saya lebih memilih bagian reporter, karena tuganya mencari berita yang menarik sehingga saya juga mendapat pengalaman diluar ketika sedang mencari suatu berita.
    5. Belum pernah menduduki posisi apapun di organisasi, karena selama kuliah saya tidak pernah mengikuti organisasi yang ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA : INTAN DEVITA SARI
      NIM : A310170058
      1. Susunan redaksi majalah wanita
      Majalah “Noor”
      - Pemimpin Umum
      - Pemimpin perusahaan
      - Pemimpin redaksi
      - Redaktur pelaksana
      - Redaksi
      - Sekretaris redaksi
      - Redaktur ahli
      - Kontributor
      - Artistik
      - Fotografer
      - Promosi
      2. Susunan redaksi majalah sekolah SMP/SMA/SMK
      Majalah Aksi SMAN 3 Sukoharjo
      - Pelindung
      - Penanggung Jawab
      - Pembina osis
      - Pembina sekid 6
      - Pimpinan umum
      - Pimpinan redaksi
      - Redaktur pelaksana
      - Sekretaris
      - Bendahara
      - Staf redaksi
      - Editor
      - Lay out
      - Reporter
      - Redaktur foto
      - Sponsorship
      - Redaktur produksi
      3. Posisi yang saya sukai dalam susunan redaksi adalah bagaian bendahara, karena saya menyukai tentang kebendaharaan bagaimana harus menyesuaikan pemasukan dan pengeluaran dan memanajemen keuangan.
      4. Selama kuliah saya pernah di posisi bendahara bidang. Dalam posisi ini tanggung jawab yang harus saya tanggung ialah harus bisa memanajemen keungan dengan baik, sebisa mungkin meminimalisir devisit. Kendala saat menjadi bendahara adalah saat pemasukan dan pengeluaran tidak sesuai, dan kesalahan dalam merekap data keuangan

      Hapus
  18. Nama: Awalia Nurheni
    Nim: A310170077
    Susunan redaksi majalah Femina:
    1. Pemimpin Umum
    2. Pemimpin Redaksi
    3. Editor
    4. Redaktur Pelaksana dan Madya
    5. Penerbit
    6. Pembina
    7. Direksi
    8. Alamat Redaksi
    9. Percetakan
    Susunan direksi yang ada dalam majalah sekolah:
    1. Pembina
    2. Pengarah
    3. Penanggung Jawab
    4. Staf Redaksi
    5. Desain dan tata letak
    6. Penerbit
    Jika saya diberi kesempatan dalam kepengurusan redaksi saya memilih menjadi star editor.
    Karena dengan menjadi staf redaksi saya akan mendapatkan naskah mengenai kasus-kasus yang ditemui dilapangan sehingga meningkatkan kemampuan saya dalam melakukan perbaikan atau penyuntingan naskah sebelum dipublikasikan.
    Saya tidak memiliki pengalaman organisasi di lingkungan kampus, karena saya tidak mengikuti organisasi yang ada di lingkungan kampus.

    BalasHapus
  19. Nama : miftakul putri rahayu
    Nim : A310170098
    1. Susunan redaksi majalah wanita ( https://gpriority.co.id/susunan-redaksi/ )
    - pemimpin umum
    -penanggung jawab
    - pemimpin redaksi
    -editor
    -Creative Designer
    -Designer Staff
    -Fotografer
    -Pengembangan Bisnis
    -Keuangan
    -Account Executive
    -Promosi
    -Sirkulasi
    -Pelatihan
    -Penerjemah
    -Kontributor
    2. Susunan redaksi sekolah (https://www.kompasiana.com/prasetyo_pirates/tim-redaksi-majalah-sekolah_55112d418133119a36bc785a )

    - pelindung
    -pembina
    -pemimpin redaksi
    -redaktur pelaksana
    -reporter
    -editor
    - tenaga desain dan tata letak
    -bagian bisnis

    3. Jika saya diberi kesempatan dalam kepengurusan redaksi saya memilih menjadi fotografer karena saya bisa mengembangkan minat dan bakat saya.

    4. Dalam kuliah saya belum pernah menduduki apapun di organisasi, hanya sebagai anggota saja. Disini diajarkan bagaimana menjadi pemimpin acara, sekertaris, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  20. Nama: Ayu Nur Kartika
    NIM. : A310170066

    1. Susunan redaksi dalam majalah umum wanita.
    Majalah Gpriority 
    a. Pemimpin Umum 
    b. Penanggung Jawab 
    c. Pemimpin Redaksi 
    d. Editor 
    e. Creative Designer 
    f. Designer Staff
    g. Fotografer
    h. Pengembangan Bisnis
    i. Keuangan 
    j. Account Executive
    k. Promosi
    l. Sirkulasi 
    m. Pelatihan 
    n. Penerjemah 
    o. Kontributor 
    p. Penerbit 

    2. Susunan redaksi majalah sekolah SMP/SMA/SMK
    Majalah Mts Negeri PAITON
    a. Pelindung
    b. Penanggung jawab
    c. Pembina
    d. Pemimpin redaksi
    e. Sekertaris
    f. Staf, Redaktur dan Editor
    g. Reporter
    h. Lay-Outer, Desain Grafis dan Artistik
    i. Marketing

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan redaksi majalah adalah bagain editor dan fotografer. Karena saya suka memotret dan mengedit, baik berupa gambar, video maupun tulisan. Saya menyukai detail-detail yang tidak pernah terfikirkan orang lain. Sejak sekolah menengah sering menjadi editor foto teman-teman baik berupa foto izasah, dan foto untuk mendaftar ke PTN maupun PTS, dan foto untuk melamar pekerjaan.

    4. Selama kuliah saya pernah mengikuti organisasi, tetapi saya belum pernah menduduki posisi apapun. Walaupun begitu, saya pernah diberi tanggung jawab untuk menjadi dekdok atau dokumentasi. Sejujurnya saya sedikit kurang percaya diri karena saya harus memotret sesuatu yang terencana tetapi tidak tertata. Saya lebih luwes atau percaya diri jika memotret sesuatu yang terencana dan tertata atau tidak terencana tetapi tertata. Bagi saya bagus tidaknya hasil foto bukan dari kameranya apa? Tetapi bagus tidaknya sebuah foto adalah bagaimana cara kita memotretnya?. Karena dapat dipastikan bahwa kamera yang bagus pasti hasilnya baik. Tetapi dari mengikuti organisasi dan tanggung jawab tersebut saya banyak belajar untuk keluar dari zona nyaman dan lebih percaya diri. Walaupun saya bukan termasuk mahasiswa yang aktif dalam organisasi kampus.

    BalasHapus
  21. NAMA : ANISA USWATUN QASANAH
    NIM : A310170056

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita: Tabloid Nova
    Sumber: https://nova.grid.id/
    Pemimpin Umum
    Penasehat
    Pemimpin Redaksi
    Redaktur Pelaksana
    Sekretaris
    Staf Redaksi
    Reporter
    Desain Grafis
    Fotografer
    Editor
    Koresponden
    Distributor
    Kontributor

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah: Ekstrakulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 1 Sragen
    Pelindung
    Penanggung Jawab
    Pembina
    Pemimpin Redaksi
    Sekretaris
    Star Editor
    Reporter
    Desain Grafis
    Marketing

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan redaksi majalah sekolah yaitu sebagai star editor.
    4. Karena saya bisa belajar dan mengembangkan minat dalam memeriksa, mengedit, dan menyempurnakan naskah sesuai dengan penulisan bahasa.
    5. Pada saat semester awal saya mengikuti salah satu organisasi yang ada di kampus. Tetapi saya tidak terlalu aktif hanya menjadi anggota saja walaupun begitu saya tetap membantu tugas teman-teman. Dengan begitu saya sedikit mengerti bagaimana cara menjalankan tugas-tugas yang telah diberikan tersebut.

    BalasHapus
  22. Nama : Eti Kusriyati
    NIM : A310170097
    kelas : 7 B

    1. Susunan redaksi majalah MATRA : pemimpin umum, pemimpin redaksi, pemimpin perusahaan, wakil pemimpin redaksi, redaktur khusus, kordinator reporter, artistik/visual/IT, sekretariat redaksi, sidang redaksi, manager iklan, kordinator reportase, iklan, kontributor, penasehat hukum

    2. Susunan redaksi majalah sekolah : pelindung, penanggungjawab, pembina, pemimpin redaksi, sekretaris, staf redaktur dan editor, reporter, lay-outer, desain grafis dan artistik, marketing

    3. Posisi yang saya sukai sekretaris

    5. Karena saya suka berada dalam bidang sekretariatan

    6. Saya pernah mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (HMP PBSI) namun masih menjadi anggota. Pada organisasi UKM saya pernah menjadi sekretaris bidang selama satu tahun. Sekarang di tahun 2020 diamanahi sebagai ketua bidang. Tanggungjawab yang pernah saya laksanakan selama menjadi sekretaris bidang adalah membantu dan mendampingi kefua bidang dalam mengelola bidang yang dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan administrasi. Ketika menjadi ketua bidang yakni memimpin anggota dengan baik dan menjalankan kewajiban sebagai ketua. Kendala yang dialami saat menjadi ketua bidang yaitu tidak bisa memantau anggota dengan baik, kurangnya komunikasi karena adanya Covid-19. Kegiatan yang hanya bisa dilakukan dengan daring.

    BalasHapus
  23. Nama : Dian Lestari
    NIM : A310170085

    Susunan redaksi majalah umum wanita dalam majalah kartini, yaitu :
    1. Pemimpin redaksi : Eric Tuapattinaya (pemimpin redaksi)
    2. Penanggung jawab : Eric Tuapattinaya, Heru Hartoko, Dewi Yamina, Retno satuti, dan Nurul Rahmi
    3. Redaksi Aktual : Heru Hartoko, Dewi
    4. Eksklusif : Yamina, Nurul rahmi, Galis remina, babay, Tri vany kurniasih, Ai turwina, dan risna Halidi
    5. Redaksi gaya hidup : Mia apilia, retno satuti, fahri reza, ray hafidz martino, mustiana lestari dan ditriana rahmianti.
    6. Redaksi Artistik : Daniel Donnie, anthony, Yefta kansil, sandy mardiana, risma gantini, hendra adrian
    7. Sekretaris Redaksi : Intan mahalia Rahmayati
    8. Fotografer : Kosim Sanusi
    9. Kategori : Berita, Kecantikan, Mode, Kesehatan, Keluarga, Gaya hidup dan karier
    10. Frekuensi : Dua mingguan
    11. Sirkulasi : 198.000 (2013)
    12. Penerbit : PT kartini Cahaya Lestari
    13. Pendiri : Bram Tuapattinaya (1936-2015).
    Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Majalah_Kartini

    Susunan Redaksi majalah sekolah :
    1. Pemimpin Umum (General Manager)
    2. Pemimpin Redaksi
    3. Dewan Redaksi
    4. Redaktur Pelaksana
    5. Redaktur
    6. Redaktur Pracetak
    7. Reporter
    8. Fotografer
    9. Koresponden
    10. Bidang Pendukung Redaksi
    11. Bagian Usaha ( Business Department)
    Sumber :http://mlathi-paramesthi.blogspot.com/2011/08/sruktur-organisasi-majalah.html?m=1


    Posisi yang saya sukai dalam redaksi yakni redaksi sekretaris dan fotografer yaitu alasannya karena saya suka menulis dan saya juga suka fotografer karena itu merupakan hobi saya dalam mengabadikan momen-momen.

    Saya Selama Kuliah Pernah mengikuti Organisasi kampus tapi hanya satu tahun jadi belum dibentuk susunan struktur organisasi, jadi saya belum pernah menempati kedudukan dalam struktur dalam berorganisasi.

    BalasHapus
  24. Nama : Ariyani Dwi Andhini
    Nim : A310170106

    1. Susunan redaksi majalah khusus wanita :
    Pengasuh femina, April 2008, adalah :
    1. Pemimpin redaksi: Petty S. Fatimah.
    2. Editor at Large: Dewi Dewa,
    3. Redaktur Pelaksana: Linda F Adimidjaja, Gracia Danarti,
    4. Redaktur Madya: Angela H. Wahuningsih, Naya Noveita, Veronica Wahyuningkintarsih, redaktur: Ficky Yusrini, Tari Trisulo, Niken Wastu Mahesti,
    5. Pemimpin Umum: Widarti Gunawan, Pemimpin Perusahaan: Svida Alisjahbana.
    6. Penerbit: PT Gaya Favorit Press, Pembina: Sofyan Alisjahbana, Pia Alisjahbana, 7. Direksi: Mirta Katohadiprodjo, Widarti Gunawan, Irwan SLT, Svida Alisjahbana, alamat redaksi: Jalan HR Rasuna Said, Blok B Kav.32—33, Jakarta 12910, SIUPP Nomor:033/SK/MENPEN/SIUPP/C.1/1986, pencetak: PT Grafika Multi Warna, dengan harga Rp15.000,00, tebal 130 halaman

    Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina | Ensiklopedia Sastra Indonesia - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

    2. Susunan redaksi majalah sekolah :
    1. Pemimpin umum
    2. Pemimpin redaksi
    3. Dewan redaksi
    4. Redaktur pelaksana
    5. Redaktur
    6. Redaktur pracetak
    7. Reporter
    8. Fotografer
    9. Koresponden
    10. Bidang pendukung redaksi
    11. Bagian usaha

    3. Posisi redaksi yang saya sukai yaitu editor.

    4. Alasan saya menyukai editor atau redaktur yaitu saya bisa membenarkan dan menyesuaikan tulisan ataupun kata yang benar dan tepat.

    5. Pada awal semester 2 dan 3 saya mengikuti HMP dan saya menjadi anggota tetapi saya kurang aktif dalam mengikuti rapat dan proker hal itu dikarenakan rumah saya jauh.

    BalasHapus
  25. Nama : Mia Ari Pangesti
    NIM : A310170076

    Tugas II

    1. Susunan redaksi majalah wanita
    - pemimpin umum/penanggung jawab
    - pempimpin redaksi
    - pemimpin perusahaan
    - wakil pemimpin redaksi
    - redaktur khusus
    - koordinator reporter
    - artistik/visual/IT
    - sekretariat redaksi
    - sidang redaksi
    - manajer iklan
    - koordinator reportase
    - iklan
    - kontributor
    - penasehat hukum
    2. Susunan redaksi sekolah
    - pelindung
    - penanggung jawab
    - pembina
    - pemimpin redaksi
    - sekertaris
    - staff, redaktur, dan editor
    - reporter
    - fotografer
    - lay-outer, desain grafis, dan artistik
    3. Bagian yang saya sukai dari posisi susunan redaksi ini yaitu fotografer. Karena fotografer berfungsi untuk mengumpulkan berbagai macam dokumentasi yang terkait dengan topik majalah yang di buat. Dengan begitu bisa sambil mengasah kemampuan dalam hal fotografi.
    4. Selama saya kuliah dari semester 1 sampai saat ini, saya sama sekali belum mengikuti salah satu organisasi di kampus.

    BalasHapus
  26. Nama : Dea Narasima
    NIM : A310170099

    1. Pertama
    Susunan redaksi majalah umum wanita
    1) Pemimpin Redaksi/Pengasuh;
    2) Redaktur Pelaksana;
    3) Redaktur Madya;
    4) Redaktur;
    5) Pemimpin umum;
    6) Pemimpin perusahaan;
    7) Penerbit;
    8) Pembina; dan
    9) Direksi
    Sumber:
    Ensiklopedia Sastra Indonesia, Femina
    http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    2. Kedua
    Susunan redaksi majalah sekolah
    1) Pelindung;
    2) Penanggung Jawab;
    3) Pembina;
    4) Pemimpin redaksi;
    5) Sekretaris;
    6) Staf, Redaktur dan Editor;
    7) Reporter;
    8) Lay-outer, Desain Grafis dan Artistik; dan
    9) Marketing.
    Sumber:
    Medikresa. 2016, Maret 30. Struktur Tim Redaksi Majalah Sekolah MTs Negeri Karanganyar Paiton. Diperoleh pada 18 September 2020, dari http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html

    3. Ketiga
    Posisi yang disukai
    Dari beberapa posisi tersebut, jika diminta untuk memilih, saya akan memilih menjadi reporter.
    4. Keempat
    Alasannya, karena bisa langsung terjun kelapangan langsung untuk meliput berita untuk selanjutnya dilaporkan kepada khalayak umum. Karena dengan menjadi reporter juga menambah wawasan dan keberanian berbicara didepan kamera, terlebih didepan publik.

    5. Kelima
    Saya tidak mengikuti organisasi apapun. Jadi, bisa dibilang saya tidak memiliki pengalaman apapun dalam berorganisasi, akan tetapi saya masih mau berusaha dan bia diajak untuk kerjasama.

    BalasHapus

  27. NIM: A310170107

    Nama: Muhammad Sukma Aji

    1. Struktur Organisasi Majalah Gadis

    Pemimpin Redaksi & Pemimpin Komunitas: Didin P. Ambardini

    FEATURE

    Redaktur Pelaksana: Ireda Trisnowati, Andia Kusumawardhani

    Redaktur Senior: Farick Ziat, Maharani Legita, Asri Mirza, Fatimah Ibtisam

    Redaktur Madya: Fransiska Soraya

    Redaktur: Mariska, Lescha Caesariany, Ayu Poernama

    MODE DAN KECANTIKAN

    Redaktur Senior: Lucia Leaf

    Redaktur: Leoni Sihombing

    ONLINE

    Redaktur Eksekutif: Rictiany Lauwoie

    Redaktur Madya: Muthia Nugrahani

    FIKSI: Farick Ziat

    ARTISTIK

    Koordinator: Revi Anisa

    Artistik: Pauline SalamProduksi : Erlon Rindu Siahaan (Koordinator)

    GROUP EDITORIAL HEAD: Didin P. Ambardini

    FOTOGRAFI

    Editor: M. Hasriel

    Junior Editor: Honda Tranggono

    Senior: Hari Hikmatullah

    Madya: Irvan Aryawan

    Fotografer: Priscilia

    Koordinator: Ermina Simanjutak

    DAPUR UJI: Nani Bagus (Manager Pelaksana)

    IKLAN

    Junior. Advertising Manager: Karina Wulansari

    Coorporate Marketing Manager: Risang Dhananto

    RISET

    Manager: Ella Sugiyanto.



    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk adalah: Pelindung, Pembina, Pemimpin Redaksi (Pemred), Redaktur Pelaksana (Redpel), Reporter, Editor, Desain Artistik dan Tata Letak (Layouter), dan Bagian Bisnis.



    3. Posisi yang saya akan tempati dalam struktur keredaksian di susunan majalah sekolah adalah sebagai Pemred.

    Mengapa Pemerd? Karena menjadi seorang Pemred dirinya harus mampu memanajemen keredaksian majalah termasuk awak redaksi dalam menyusun suatu produk (majalah). Selain itu, menjadi seorang Pemred dituntut mampu menguasai teknik-teknik jurnalistik mulai dari teknik reportase, menulis, foto, hingga layout untuk mengerakhan orang-orang yang ada dalam keredaksian.



    4. Saya pernah menjadi Redpel dan Pemred dalam organisasi. Sebagai redpel saya menjadi tangan kanan pemred dalam melaksanakan keredaksian. Sementara menjadi pemred saya harus memimpin sebuah keredaksian dan bekerja sama dengan semua anggota dan pengurus untuk menerbitkan suatu produk. Saya sudah tiga kali menerbitkan edisi tabloid dalam satu tahun di organisasi. Karena di organisasi semua masih belajar, kendala yang saya hadapi adalah aktivitas kuliah dan organisasi yang padat tanggung jawab pemred dalam memanajemen semua orang yang terlibat dalam penggarapan produk cukup menguras banyak waktu.

    BalasHapus
  28. NIM : A310170105

    1)Susunan Redaksi Majalah Wanita
    Susunan Redaksi Majalah Wanita “ Cosmogirl Indonesia”

    1.Direktur Utama
    2.Direktur
    3.Manajer Umum
    4.Pemimpin Redaksi
    5.Koordinator Mode & Kecantikan
    6.Koordinator Pengarah Gaya
    7.Editor Eksekutif
    8.Editor
    9.Mode & Kecantikan
    10.Senior Desainer
    11.Sekretaris Redaksi
    12.Tim Situs Web
    13.Manajer Komunikasi Pemasaran
    14.Pengelola Internet dan Layanan Seluler
    15.Desainer Web
    16.Web Programmer
    17.Copy Writer
    18.Komersial
    19.Relasi Media
    20.Iklan & Promosi
    21.Layanan Marketing
    22.Keuangan
    23.Personalia/Umum

    2)Susunan Redaksi dalam Majalah Sekolah

    1.Pelindung
    2.Penanggung Jawab
    3. Pembina
    4.Pimpinan Redaksi
    5.Staff Redaksi
    6.Redaktur
    7.Editor
    8.Reporter
    9.Lay-Outer,Desain Grafis dan Artistik
    10.Marketing

    3) Jika diminta untuk memilih posisi yang saya inginkan dalam pengurus redaksi majalah.Saya lebih suka memilih menjadi redaktur pelaksana, karena saya pernah suka dengan kegiatan yang bersifat teknis, seperti memimpin aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh reporter dan editor.

    4) Saya pernah mengikuti organisasi HMP PBSI di bidang kaderisasi yaitu bidang 5, pada saat itu ada satu program kerja yaitu LKMMD dan Sarasmaru yang kemudian saya ditunjuk sebagai ketua kegiatan tersebut, disitu saya berusaha mengorganisasi semua panitia dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, banyak hal - hal yang tidak terduga yang menjadi kendalanya akan tetapi saya berusaha mengatur semuanya dan alhamdulillah semua dapat terkondisikan dengan lancar.

    BalasHapus
  29. Nama : Putri Ayu Setyowati
    Nim : A310170096
    (1) Susunan redaksi Majalah Wanita :
    1. Pemimpin Redaksi
    2. Koordinator Mode Kecantikan
    3. Koordinator Pengarah Gaya
    4. Editor Eksekutif
    5. Feature Senior Editor
    6. commit to user Mode Kecantikan
    7. Artistik Senior Desainer
    8. Desainer
    9. Ilustrator
    10. Sekretaris Redaksi
    11.Fotografer
    12. Web Programmer
    13. Iklan Promosi
    14. Layanan Marketing
    15.Keuangan
    16 PersonaliaUmum
    Sumber :https://text-id.123dok.com/document/eqokgkx7y-susunan-redaksi-cosmogirl-indonesia-target-audiens-majalah-cosmogirl-indonesia-rubrik-majalah-cosmogirl-indonesia.html(2). Susunan majalah sekolah :
    - Pelindung
    - Penanggung jawab
    - Pembina
    - Pemimpin Redaksi
    - Sekretaris
    - Staff redaktur dan editor
    - Reporter
    - Desain
    - Marketing
    sumber :http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html
    (3) Kalau diminta memilih saya akan memilih menjadi pemimpin redaksi karena menurut saya kunci dalam keberhasilan suatu majalah akan ada pada pimpinan yang menentukan arah dan jalannya majalah yang akan mengarah ke tujuan yang ingin dicapai. Atau mungkin dalam bidang layanan marketting.
    (4) Saya memiliki pengalaman berorganisasi di kampus mengikuti HMP di bidang 4 yaitu pengabdian masyarakat dan kesejahteraan masyrakat disini saya banyak belajar terutama di bagian kesejahteraan mahasiswa yang terbiasa membagikan informasi-informasi dan mungkin itu akan berguna di bagian majalah bagian marketting.

    BalasHapus
  30. Nama : Dyah Ayu Arini
    NIM : A310170084
    Kelas : 7 B
    1. Susunan redaksi dalam majalah umum wanita “Konde.co”
    a. Pimpinan Redaksi
    b. Redaktur Pelaksana
    c. Koordinator Kampanye dan Jaringan
    d. Redaksi
    e. Kontributor
    f. Founder dan Comunity
    2. Susunan redaksi dalam majalah di SMA
    a. Pelindung (Kepala Sekolah).
    b. Pembina (Guru Ekstrakulikuler Jurnalistik).
    c. Pemimpin Redaksi
    d. Redaktur Pelaksana
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    h. Bagian Bisnis
    3. Pososi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah Tenaga Desain dan Tata Letak atau Layouter.
    4. Posisi Layouter ini saya sukai karena saya senang untuk membuat sesuatu yang baru, hal ini bisa saya tuangkan dalam posisi Layouter, karena saya bisa bereksperimen dengan desain-desain yang menarik dan tentunya baru. Jika desainnya menarik pasti akan membuat pembaca lebih senang.
    5. Dulu ketika pada awal perkuliahan saya mengikuti organisasi yakni LPM Figur. Saya diamanahi untuk menjadi divisi logistik. Akan tetapi saya juga mencari berita dan wawancara dengan narasumber juga, jadi bisa merasakan bagaimana menjadi divisi redaksi. Kendala yang saya hadapi adalah dalam pengaturan waktu. Terkadang ada narasumber yang sulit ditemui, terkadang juga partner saya mencari berita hilang tak ada kabar. Adapula partner yang sangat sibuk sehingga tugas mencari berita yang seharusnya dicari berdua menjadi saya saja yang mengerjakan.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Triyanti 
    A310170095
    1. Susunan redaksi majalah 
    a.  pemimpin umum
    b. pemimpin redaksi
    c pemimpin perusahaan
    d. wakil pemimpin redaksi
    e. redaktur khusus
    f. Kordinator reporter
    g. artistik/visual/IT
    h. Sekretariat redaksi
    I. Sidang redaksi
    J. manager iklan
    k. kordinator reportase
    L. iklan
    M. kontributor
    N. penasehat hukum
    2. Susunan majalah SMA

    A. Pelindung. (Posisi pelindung ini umumnya diisi oleh kepala sekolah)
    B. Pembina. 
    C. Pemimpin Redaksi.
    D. Redaktur Pelaksana
    E. Reporter
    F. Editor
    G.Tenaga Desain dan Tata Letak 
    H. Bagian Bisni
    3. Kalo diminta saya ingin menjadi repoter
    4. karena repoter bisa mencari sumber berita secara langsung dengan narasumber. 
    5. Saya mengikuti organisasi Menwa dimenwa saya diamanahi yang pertama asisten kesekertariatan dan yang kedua menjadi kepala kesekertariatan sampai sekarang di bidang kesekertariatan ini mengurus segala hal tentang surat menyurat.

    BalasHapus
  33. Nama : Hesti Ratnasari
    Nim : A310170094

    1. Susunan Redaksi Majalah Wanita (Berdasarkan susunan redaksi majalah gogirl) :
    1) Penerbit
    2) Pemimpin umum
    3) Pemimpin redaksi
    4) Artistik
    5) Editor
    6) Fotografer
    7) Reporter
    8) Pemimpin perusahaan
    9) Sirkulasi
    10) Iklan
    11) Keuangan

    2. Susunan Redaksi Majalah SMA (Berdasarkan susunan redaksi majalah osis SMA Negeri 1 Gondang Sragen) :
    1. Penanggung jawab
    2. Pembina kesiswaan
    3. Pembina
    4. Pembimbing
    5. Sekretaris I
    6. Sekretaris II
    7. Bendahara I
    8. Bendahara I
    9. Ketua osis
    10. Wakil ketua osis
    11. Pimpinan redaksi
    12. Wakil pimpinan redaksi
    13. Redaksi pelaksana
    14. Editor
    15. Jurnalis

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan manajemen sekolah adalah redaksi pelaksana.
    4. Saya berminat pada posisi redaksi pelaksana karena disitu saya dapat terjun langsung ke lapangan untuk mencari data.
    5. Selama saya kuliah saya belum pernah menduduki posisi apapun dikarenakan saya belum pernah mengikuti organisasi di kampus.

    BalasHapus
  34. Nama : Marisa Andriana
    NIM : A310170101
    Mata Kuliah : Manajemen Majalah Sekolah

    1. Susunan redaksi majalah umum wanita
    Judul majalah: Kartini
    Pemimin Redaksi: Bram Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum I: Erick Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Umum II: Hatawano
    Wakil Pemimpin Redaksi: Endang Werdiningsih
    Redaktur Pelaksana: Melly Trirahmi
    Dewan Redaksi: Bram, Endang, Erick, Melly, Heru, Nurul, Dewi
    Redaktur Eksekutif: Nurul, Dewi
    Redaktur Senior: Heru Hartoko
    Redaktur: Atika, Opi, Ririn Indriani
    Redaksi: Fiona, Natalia, Ayu, Daria Gumulya
    Redaksi Masakan: Ai Turwina, Mona Indriyani
    Redaksi Foto: Kosim Sanusi
    Redaksi Artistik: Daniel, Arman
    Staf Khusus: Dr Naek, dr Sumaryati, Ike Soepomo, Munir, Winarini, Yudi, Mooryati, Dian MRE
    Sekretaris Redaksi: Intan Mahalia
    Pemimpin Perusahaan: Erick Tuapattinaya
    Wakil Pemimpin Perusahaan: Hendro Atmojo
    Sirkulasi: Nur Alamsyah
    Iklan: Sally Febriola
    Keuangan: Aldi Prihardi, Rahmayati, Kusmanto
    Klub Kartini: Endang, Fauziah

    2. Judul Majalah Sekolah: SMK Bisa-Hebat
    Susunan Redaksi:
    Pembina: Hamid Muhammad, Ph.D Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
    Pengarah:Drs.M.Mustagfirin Amin, MBA Direktur Pembinaan SMKDr. Thamrin Kasman,M.SiSesditjen Dikdasmen
    Pemimpin Redaksi /Penanggung Jawab :Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak
    Dewan Redaksi :Dr.Ir. M. Bakrun, MM, Muhammad Soleh, S.PIr. Nur Widyani, MMIr. Sri Puji Lestari, MM Chrismi Widjajanti, SE, MBA Arfah Laidiah Razik, SH, MA
    Staf Redaksi :Dimas Raditya Trilaksono, S.T., Medhi Alkibzi, S.IP Hendra Syahrial Tri Haryani, S.Pd., Yana, S.Pd., Lina Lisnawati Rahayu Nengsih,SE., Pipin Dwi Nugraheni, SE., Lilis Triana Lestari, S.T
    Desain dan Tata Letak :Muhammad Herdyka, S.T., Eka Yuli Arisanti, S.ST., Yuli Setiawan,SAB
    Penerbit :Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud

    3. Posisi yang saya pilih dalam susunan redaksi majalah sekolah yaitu menjadi editor.
    4. Saya memilih menjadi editor karena tertarik dengan ranah editing atau penyuntingan. Selain itu juga bisa menjadi ruang untuk mengembangakan minat dan bakat.
    5. Iya, selama kuliah saya pernah memiliki posisi dalam sebuah organisasi. Dalam organisasi tersebut saya diamanahi menjadi ketua divisi event dan kewirausahaan selama satu periode. Tanggung jawab yang saya ampu yakni memimpin, mengkoordinasi, dan mengendalikan jalannya program kerja divisi khususnya dan program kerja organisasi pada umumnya. Kendala yang sering saya alami yakni kurangnya partisipasi dan keaktifan dari anggota divisi yang saya ampu, serta terjadinya miss komunikasi saat menjalankan program kerja.

    BalasHapus
  35. Nama : Muhammad Dwi Juliyanto
    Nim : A101370070

    1. Judul Majalah Wanita
    Magazine Bi-tech Menembus Dimensi Komunikasi dan IT

    Susunan Redaksi
    Pemimpin Umum :Yulinar Rhomadhoni, ST
    Pemimpin Redaksi : Rasyid Farchan Dhani
    Editot & Chief : Muhammad Fuadhsyah
    Format & Artistik : Nurul Fitria Rahmawati
    Staff Redaksi : M. Fudsyah, Nabila, Nurul, Anisa Nur Hayati, Faizh Airasha
    Fotografer : Farhan
    Iklan : Dhani
    Keuangan : Nur Siwuning, SE
    Personalia : Romadhoni
    Pemasaran & Promosi : Farhan
    Penerbit : PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA
    Alamat Iklan&Sirkulasi : JL. H. Karim No.19, Rt.003/005 Setu Cipayung, Jakarta Timur 13880 Phone (021) – 447.118.57
    Alamat Redaksi : JL. H. Karim No.19, Rt.003/005 Setu Cipayung, Jakarta Timur 13880 Phone (021) – 447.118.57
    Rekening PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA : Bank Pembangunan Daerah (BPD) No. Rek. 1.009.00056-9

    2. Judul Majalah Sekolah
    SMK BISA-HEBAT Lulusan SMK Didorong “Go Internasional”

    Susunan Redaksi
    Pembina : Hamid Muhammad
    Pengarah : Dr. Sutanto, S.H.,M.A & Dr. Ir. M. Bakrun, MM
    Pemimpin Redaksi / Penanggung Jawab : Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak
    Dewan Redaksi : Mochammad Widiyanto, S.Pd., M.T. Ir. Nur Widyani, MM Saryadi Guyatno, ST., M.B.A Drs. Haryono, MM. ChrismiChrismi Widjajanti, SE, MBA., Arfah Laidiah Razik, SH, MA
    Staf Redaksi : Dimas Raditya Trilaksono, S.T Medhi Alkibzi, S.IP Hendra Syahrial Tri Haryani, S.Pd Yana, S.Pd Lina Lisnawati Rahayu Nengsih,SE Pipin Dwi Nugraheni, SE Lilis Triana Lestari, S.T
    Desain dan Tata Letak : Muhammad Herdyka, S.T Eka Yuli Arisanti, Ari
    Penerbit : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Dikdasmen Kemdikbud
    Alamat Redaksi & Tata Usaha : Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung E, Lantai 13 Jl. Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 021-5725477 (hunting) e-mail : program.psmk@kemdikbud.go.id
    ISSN : 2527-9181
    3. Jika saya menjadi pengurus redaksi, saya ingin menjadi desain dan tata letak, alasannya saya menyukai posisi tersebut karena saya sudah tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan desain grafis yang digunakan di majalah-majalah.
    4. Saat di organisasi saya pernah menjadi ketua bidang di salah satu organisasi kampus. Ada pun tanggung jawab sebagai ketua antara lain, membimbing anggota saya dan bertanggung jawab atas partner dan anggota-anggota.
    Adapun kendala yang saya hadipi saat menjadi ketua antara lain kurang terjalinnya komunikasi dan rasa kekeluargaan di dalam organisasi.

    BalasHapus
  36. Nama : Diah Parmasih
    Nim : A310170102
    Kelas : 7B
    Mata Kuliah : Manajemen Majalah Sekolah

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita yaitu :
    • pemimpin redaksi
    • editor
    • redaktur pelaksana
    • redaktur madya
    • redaktur
    • pemimpin umum
    • pemimpin perusahaan
    • penerbit
    • pembina
    • direksi
    • alamat redaksi
    • pencetak
    Sumber : http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK yaitu :
    • pelindung/kepala sekolah
    • pembina/guru ekstrakurikuler jurnalistik
    • pemimpin redaksi/siswa yang menonjol dalam bidang kepenulisan
    • redaktur pelaksana/siswa yang bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi
    • reporter/siswa
    • editor
    • tenaga desain dan tata letak
    • bagian bisnis/iklan dan promosi
    Sumber : https://www.kompasiana.com/Prasetyo pirates/55112d418133119a36bc785a/tim-redaksi-majalah-sekolah

    Apabila saya diberikan kesempatan menduduki posisi pengurus redaksi, saya akan memilih menjadi editor. Karena manjadi editor menurut saya ada tantangan tersendiri. Karena saya ditantang untuk lebih kreatif dan lebih pandai mengotak atik kata dan lebih membuat kata lebih menarik lagi. Dan juga dapat melatih saya untuk lebih sering membaca tulisan di kbbi, karena editor harus memperhatikan kebenaran kata kata di kbbi.
    Selama kuliah saya hanya mengikuti 1 ukm yaitu LPM Campus yang bergerak di bidang kepenulisan dan jurnalistik. Jadi saya tidak kaget jika harus berhadapan dengan tulisan tulisan yang akan di buat berita di buat majalah ataupun yang akan di buat tulisan online.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.