MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH 2020 KELAS VII A KEDUA KONSEP MANAJEMEN

  

Assalamualaikum wr. wb.

 

Alhamdulillalhi rabbillalamiin..Semoga Saudara sekaliian dalam kondisi sehat dan tetap semangatt! Kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan. Marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya waktu ini.

Apakah Anda sudah siap melanjutkan proses belajar daring? Belajar daring membutuhkan kerja sama yang baik dan kesepahaman dari kita. Pertemuan daring pertama, berhubungan dengan kontrak kuliah. Anda  setelah memahami materi mengetahui posisi yang harus dituju dalam pembelajaran ini. Ada bekal pengetahuan yang harus dipenuhi untuk menjadi guru pembina majalah sekolah. Ada keterampilan yang mendukung dalam menjalani profesi guru pembina majalah sekolah. Apabila dua hal itu terpenuhi, maka Anda bisa memiliki potensi yang besar dalam menjalankan profesi yang diemban dalam dunia pendidikan.

 

Pembina majalah sekolah diperlukan di setiap sekolah guna memberikan kondisi bagi pengembangan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh para siswa. Jadi, majalah sekolah memiliki fungsi sebagai pendukung dalam pembelaaran bahasa Indonesia di sekolah.

Perkuliahan kedua ini mengenai konsep manajemen. Mengapa konsep manajemen dipelajari? Kerja sebagai guru pembina majalah sekolah itu dapat dilakukan dengan baik diperlukan modal pengetahuan tentang manajerial. Penerbitan majalah sekolah itu bukan kerja personal, melainkan kerja organisasi.

Sebelumnya, Anda bisa memperhatikan perbedaan penataan materi antara rps dengan buku MMS yang telah Anda miliki.

Materi RPS

Materi MMS

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah


Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah



Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah


Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dan yang lain, dan tugas redaksi


Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA


Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah,

Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan


Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik


Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, 

Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah


Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus


Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi


Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik


Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus


Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

Materi perkuliahan yang terbagi dalam dua kategori yaitu kategori teori dan kategori praktik. (a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi; (b) manajemen majalah sekolah –manajemen media; (c) peran majalah sekolah bagi pengembangan kete-rampilan bahasa bagi peserta didik dan bentuk komunikasi utama, 



(d) rubrikasi dalam publikasi media. rubrikasi majalah –berita, artikel, dan hiburan; kerja redaksi: kerja jurnalis –wawancara;



(e) jenis majalah ber-dasarkan karakteristik pembaca/ khalayak;

(f) majalah satu halaman dan majalah dinding,

(g) majalah cetak sekolah;

(h) publikasi –mulai pencarian naskah, pengelolaan naskah, dan manajemen redaksi majalah cetak di sekolah;

(i) aktivitas publikasi: pembentukan tim redaksi majalah sekolah;

(j) aktivitas publikasi: perencanaan penerbitan dan sidang redaksi;

(k) aktivitas publikasi: proses cetak dan distribusi. 

Setiap akhir bab akan diberikan soal latihan secukupnya untuk membangkitkan minat, kreativitas, dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa. 



Perkuliahan kedua ini berhubungan dengan konsep manajemen!

Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah Pengertian manajemen secara luas dan sempit,

Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Peneertian manajemen

(a) manajemen secara umum –fungsi perencanaan, organisasi, aktualisasi, pengawasan, dan evaluasi;

(b) manajemen majalah sekolah –manajemen media;


Apabila Anda perhatikan bahwa dalam kegiatan perkuliahan ini perlu dipelajari yaitu (a) konsep manajemen dan (b) manajemen umum/arti luas  dan manajemen khusus/arti sempit/majalah sekolah.

Konsep manajemen arti luas/umum berlaku bagi manajemen secara umum. Konsep manajemen secara sempit/khusus berlaku hanya untuk manajemen manajalah sekolah.



Perbandingan di atas tidak bermaksud membingungkan, tetapi perhatikan ada penataan yang lebih efektif dalamkegiatan perkuliahan. Penyajian buku dengan penyajian proses yang berbeda ini guna memudahkan dalam proses pemahaman kita..

Perhatikan kutipan-kutipan dari Konnsep manajemen yang telah Saudara temukan.

No

Pendapat

1

Menurut Lazwardi, Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


B. Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.


Ada ciri manajemen yaitu ilmu/seni.

Ada empat kegiatan manajemen:

. perencanaan/planning

2. pengorganisasian/organizing

3. pelaksanaan/actuating

4. pengendalian/controlling


2

Menurut Wirjana (2007:11) dalam Wiastra, I. G. G., dkk (2015) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

b. Wiastra, I. G. G., Rasna, I. W., & Astika, I. M. (2015). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik Di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).


Ciri manajemen yaitu proses orang-orang yang bertanggung jawab daam organisasi melakukan tugas dengan berkelompok.

Ada empat elemen: 1. proses. 2. orang-orang. 3. bertanggung jawab. 4. tugas. 5. bekerja sama

3

John F. Mee dan George R. Terry (Anoraga, 2004:109).

Management is the art of securing maximum result with minimum of efforts as to secure maximum prosperity and happiness for both employer and employee and givethe public the bes posible service. (Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal  demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik  bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat).

            Seni memimpin di bidang publikasi sekolah yang bertujuan mencapai hasil maksimal dengan sarana dan prasarana yang ada. Aktivitas pengelolaan publikasi sekolah ini  membawa kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh unsur di lembaga sekolah –kepala sekolah, para guru, para murid, pihak komite sekolah.

4

2. Management is distinct process consisting of planning, organizing, actuat-ing, controlling utilizing in each both science and art and follow in orde to accomplish predetermined objectives. (Manajemen adalah proses yang khas terdiri dari tindakan-tindakan peren-canaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu penge-tahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula).

            Pengelolaan publikasi sekolah dilakukan tindakan yang urut mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Tidak setiap orang diserahi tugas untuk itu sebab aktivitas ini memerlukan ilmu penge-tahuan dan keahlian yang khusus. seorang guru pendamping kegiatan publikasi sekolah diharapan belajar manajemen sebelum ditugaskan di setiap sekolah. 

            Usaha  untuk meraih tujuan tertentu dengan jalan menggunakan sumber daya yang tersedia dalam organisasi dengan cara yang sebaik mungkin (Anoraga, 2004:109). Usaha yang dilakukan secara berkelompok, artinya ada kerjasama dua orang atau lebih. Kadangkala manajemen diterapkan pula bagi individu yang melakukan usaha. Namun, manajemen majalah sekolah ini melibatkan usaha kelompok (organiasi).

Organisasi tentu saja berhubungan dengan orang-orang yang berkelompok. Ada seorang yang tampil sebagai manajer. Manajer inilah yang menangani organisaai pengelolaan majalah sekolah. Organisasi pengelola majalah sekolah sebagai tim yang mengatur segala aktiitas mulai dari perencanaan (planning), penorganisasian (organyzing) pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan pengevaluasian (evaluatyng). Organisasi pengelolaan majalah sekolah berisi individu-individu yang bertanggung jawab menangani urusan penerbitan majalah. 

            Setiap organisasi majalah sekolah membutuhkan ‘kompetensi dan performansi’ seorang manajer. Tercapainya tujuan organisasi majalah sekolah tergatung kemampuan manajer dalam mengorganisasi.

            Ada pendapat pakar manajemen yang dikutipkan selanjutnya. “Management is the art of securing maximum result with minimum of effort as to secure maximum porsperity and happiness for both employer and employee and give tha oublic the best posible service”.

(Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil maksimal  dengan usaha yang minimal, demikian pula pada mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik pemimpin maupun yang dipimpin serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat) (F. Mee (1962) dalam Anoraga,2004:109).

            Manajement is distinct process of planning, organizing, actuating, controling utilizing in each both science and art and follow in order to accimplish predetermined objective”. (Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri  dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka uaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula (George R. Terry (1966) dalam Anoraga, 2004:109).

            Ada yang berperan sebagai manajer  dalam  menggunakan 5M yaitu men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).             Sasaran manajemen pengelola majalah sekolah secara bertingkat sebagai berikut. Sasaran organisasi pengelola majalah sekolah.

5

Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Berdasarkan kutipan di ata, maka dapat dirumuskan bahwa.

Manajemen itu ilmu/seni dalam proses manejerial. Tujuan memperoleh hasil yang maksimal dengan pengorbanan yang minimal dan mencapai kesejahteraan orang-orang yang bekerja sama dalam organisasi.

Manajemen dibutuhkan pada setiap kerja sama yang dilaksanakan oleh orang-orang.  Konsep manajemen secara umum berlaku pada setiap organisasi. Konsep secara sempit manajemen itu bisa diterapkan dalam penerbitan majalah sekolah. Anda cari sebuah majalah yang diterbitkan oleh sekolah dan perhatikan orang-orang beserta tanggung jawab yang tersusun dalam organsisai penerbitan sekolah.

Ada kegiatan manajerial: perencanaan, organising. aktuating, controlling, dan evaluating.

Ada 5 M dalam manajemen: men (manusia), materials (materi), machines (mesin-mesin), methods (metode), dan money (uang).

 

Umpan Balik:

Setelah Anda mengikuti materi perkuliahan kedua ini tentang Konsep manajemen secara umum dan konsep manajemen secara sempit, maka Anda silakan melaporkan.

Pertama, susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.

Kedua susunan rekasi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.

 

Apabila Anda diberi kesempaan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka Anda wajib memilih posisi dalalm susunan organisasi. Menurut Anda, posisi manakah yang Anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut.

 

Mengapa posisi itu paling Anda sukai?

 

Apakah selama kuliah memiliki posisi di organisasi? Sebutkan! Berikanlah uraian mengenai tanggung jawab yang sudah pernah Anda laksanakan! Apabila ada kendala, maka berikan uraian kendala dalam mengelola organisasi yang Anda duduki.

 

 

 

Demikianlah, kegiatan perkuliahan kedua ini. Semoga bermanfaat bagi kita. Marilah kita bersama-sama mengucapkan hamdalah.

Wassalamualaikum wr. wb.

Agus Budi Wahyudi

Komentar

  1. Nama : Anggisya Wulan Febrianti
    Kelas 7A
    NIM : A310170004

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah wanita
    Umpan balik :
    Susunan redaksi majalah umum wanita :
    1. Penerbit
    2. Surat ijin terbit / rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10. Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK
    Umpan balik :
    Susunan redaksi majalah sekolah :
    1. Pimpinan umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Redaktur pelaksana
    4. Sekretaris redaksi
    5. Kontributor
    6. Keuangan
    7. Cover
    8. Setting dan layout
    9. Litbang
    10. Pengembangan
    11. Sirkulasi
    12. Publik relations
    13. Web master
    14. Iklan dan produksi

    3. Umpan balik :
    Sekretaris Redaksi
    4. Umpan balik :
    Alasan : karena pemimpin yang menerima dikte, menyiapkan korespondensi, menerima tamu, memeriksa, atau mengingatkan kepemimpinannya akan kewajiban atau perjanjian resminya dan melakukan banyak kewajiban lainnya terkait untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan terkait dengan kewajiban terkait lainnya untuk meningkatkan efektivitas pemimpin . Seorang sekretaris adalah seseorang yang membantu para pemimpin, baik organisasi maupun perusahaan,
    terutama dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan masalah administrasi yang mendukung kegiatan para pemimpin atau operasi perusahaan.

    5. Umpan balik :
    Selama kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi

    BalasHapus
  2. Nama : Niken Setyorini
    Nim : A310170002
    Kelas : 7A

    1. Susunan redaksi majalah sekolah :
    1. Pimpinan umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Redaktur pelaksana
    4. Sekretaris redaksi
    5. Kontributor
    6. Keuangan
    7. Cover
    8. Setting dan layout
    9. Litbang
    10. Pengembangan
    11. Sirkulasi
    12. Publik relations
    13. Web master
    14. Iklan dan produksi

    2. Susunan redaksi majalah umum wanita :
    1. Penerbit
    2. Surat ijin terbit / rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10. Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email

    3. Sekretaris

    4. Karena harus memahami bagaimana sirkulasi berita, baik media cetak dan siaran. Sekretaris redaksi bertugas memperbanyak dokumen yang dibutuhkan reporter dan redaktur. Melayani panggilan telepon dan melakukan hubungan langsung ke narasumber untuk kepentingan wawancara atas permintaan reporter dan redaktur.

    5. Selama kuliah blm pernah memiliki posisi di organisasi

    BalasHapus
  3. Malisa Putri Utami
    A310170005
    7A

    Pertama,
    Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita
    - Penerbit
    - Surat ijin terbit/ rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Ketua redaksi
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor pemasaran
    - Alamat email

    Kedua,
    Susunan redaksi dalam majalah sekolah
    - Pimpinan umum
    - Pimpinan redaksi
    - Redaktur pelaksana
    - Sekretaris redaksi
    - Kontributor
    - Keungan
    - Cover
    - Setting dan layout
    - Litbang
    - Pengembangan
    - Sirkulasi
    - Publik relations
    - Web master
    - Iklan dan produksi

    Ketiga,
    Menurut saya, posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah bagian keungan.
    Mengapa?
    Selain karena waktu SMA pernah membuat majalah sekolah dan diberi tugas menjadi bendahara, tugas bagian keungan benar-benar membutuhkan ketelitian tersendiri. Pada bagian ini juga selalu dicari oleh tim lain dan harus handal dalam mengambil keputusan dalam hal pengeluaran keuangan. Setiap pengeluaran keungan yang dibutuhkan untuk kebutuhan majalah harus menggunakan perincian yang jelas, agar ditahap akhir dapat dipertanggung jawabkan sebaik-baiknya. Maka perlu adanya sifat kehati-hatian serta rasa terbuka agar proses untuk mencapai tujuan dapat berjalan dengan baik.

    Keempat,
    Selama kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anas Puspitasari Dewi A310170007

      1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita:
      - Penerbit
      - Surat izin/ rekomendasi
      - Pimpinan umum
      - Sidang redaksi
      - Produksi
      - Tata letak
      - Desain cover
      - Pemasaran
      - Keuangan
      - Alamat redaksi
      - Kantor pemasaran
      - Alamat email

      2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
      - Pimpinan umum
      - Pimpinan redaksi
      - Redaktur pelaksana
      - Sekretaris redaksi
      - Kontributor
      - Keuangan
      - Cover
      - Setting & layout
      - Litbang
      - Pengembangan
      - Sirkulasi
      - Publik relations
      - Web master
      - Iklan & produksi

      3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yakni posisi “desain cover”

      4. Mengapa “desain cover”, karena saya menyukai pada bidang editing dan ingin membuat sesuatu menjadi lebih menarik untuk dipandang.

      5. Organisasi dikampus menjadi anggota HMP PBSI UMS 2017 bidang 5 “Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi”. Saya pernah menjadi sekretaris LKMMD, konsumsi, humas in dalam beberapa proker yang dilaksanakan. Kendala yang saya alami dahulu pernah sedikit kesulitan dalam pembuatan surat izin untuk berbagai pihak yang terkait.

      Hapus
  5. Nama : Nurin Nurfikawati
    Nim : A310170014
    Kelas : 7A

    Pertama,
    Susunan redaksi majalah umum wanita
    1. Penerbit 
    2. Surat ijin terbit/ rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10.Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email

    Kedua, 
    Susunan redaksi dalam majalah sekolah
    1.Pimpinan umum
    2.Pimpinan redaksi
    3.Redaktur pelaksana
    4.Sekretaris redaksi
    5.Kontributor
    6.Keungan
    7.Cover
    8.Setting dan layout
    9. Litbang
    10. Pengembangan
    11. Sirkulasi
    12.Publik relations
    13.Web master
    14.Iklan dan produksi

    Ketiga, 
    Menurut saya, posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yakni editing dan layout. Karena sebelumnya saya sudah suka editing foto ataupun video dengan posisi tersebur saya bisa mengetahui kesalahan apa saja yang terdapat dalam susunan majalah sekolah tersebut.

    Keempat,
    Selama kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama : Risma Almia
    NIM : A310180170
    Kelas : 7A

    Umpan balik
    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita sebagai berikut:
    a. Penerbit
    b. Surat ijin
    c. terbit/rekomendasi
    d. Pimpinan umum
    e. Ketua redaksi
    f. Sidang redaksi
    g. Produksi
    h. Tata letak
    i. Desain cover
    j. Pe,masaran
    k. Keuangan
    l. Alamat redaksi
    m. Kantor pemasaran
    n. Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah
    a. Pimpinan umum
    b. Pimpinan redaksi
    c. Redaktur pelaksana
    d. Sekretaris redaksi
    e. Kontributor
    f. Keuangan
    g. Cover
    h. Setting dan layout
    i. Litbang
    j. Pengembangan
    k. Sirkulasi
    l. Publik relations
    m. Web master
    n. Iklan dan produksi
    3. Keuangan, karena pada posisi organisasi ini dapat melatih bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik dan benar, selain itu juga bisa meelatih untuk meminimalisir uang yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan.
    4. selama kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi

    BalasHapus
  8. Nama : Dyah Indah Saladu
    Nim : A310170015
    Kelas : 7A

    1. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita
    Penerbit
     Surat ijin terbit/ rekomendasi
     Pimpinan umum
     Ketua redaksi
     Sidang redaksi
     Produksi
     Tata letak
     Desain cover
     Pemasaran
     Keuangan
     Alamat redaksi
     Kantor pemasaran
     Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.
     Pelindung
     Pembina
     Pemimpin redaksi (pemred)
     Redaktur pelaksana (redpel)
     Reporter
     Editor
     Tenaga desain dan Tata letak (Layout)
     Bagian bisnis

    3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi dalam manajemen majalah sekolah
    Menempati posisi editor
    4. Alasan karena mampu mengembangkan kemampuan tulis- menulis suatu ide gagasan yang dimiliki, dan mampu memupuk jiwa bertanggung jawab yang tinggi dalam sebuah artikel yang akan dipublikasi.

    5. Selama berkuliah saya pernah mengikuti organisasi HMP , saya menempati posisi sebagai anggota dari Bidang 4. Dalam sebuah acara “Cafe Masta” saya menjadi sie konsumsi , dan dalam sie konsumsi tersebut saya mensuplai makanan yang akan diperjual belikan dalam sebuah acara tersebut. Kendalanya waktu acara tersebut diberi sebuah box yang berisi minuman yang akan diperjual belikan dan dalam mengambil box tersebut sedikit ber-rebut untuk mendapatkan es batu yang akan digunakan.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Nama : Luthfi Anugerah Wijayanti
    NIM : A310170016
    Kelas : 7A
    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita :
    - pemimpin umum/pemimpin redaksi
    - Wakil pemimpin umum I
    - Wakil pemimpin umum II
    - Wakil pemimpin redaksi
    - Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional
    - Dewan redaksi
    - Redaksi aktual ekslusif
    - Redaksi masakan
    - Redaksi foto
    - Redaksi artistic
    - Staf khusus
    - Kontributor
    - Sekretaris redaksi
    - Pemimpin perusahaan
    - Wakil pemimpin perusahaan
    - Iklan
    - Percetakan
    2. Susunan redaksi majalah sekolah :
    - Pelindung
    - Pembina
    - Pemimpin redaksi (pemred)
    - Redaktur pelaksana (redpel)
    - Reporter
    - Editor
    - Tenaga desain dan tata letak (layouter)
    - Bagian bisnis
    3. Jika diminta memilih posisi yang saya inginkan dalam majalah, saya lebih memilih posisi sebagai editor.
    4. Karena tugas editor adalah mengurangi kesalahan dalam hal ejaan. Editor juga memiliki kualifikasi menulis yang baik dan paham tata bahasa Indonesia.
    5. Selama kuliah saya tidak pernah mengikuti organisasi.

    BalasHapus
  11. Nama : Henika Sari Widyastuti
    Nim. : A310170049

    1. Susunan redaksi majalah wanita

    -Pendiri : Mirta Kartohadiprodjo, Sofjan Alisjahbana,
    Pia Alisjahbana
    -Direktur Utama : Svida Alisjahbana
    -Direktur Editorial : Widarti Gunawan
    -Direktur Komersil : Baslir Djamal
    -Pemimpin Redaksi : Petty S.Fatimah
    -Dewan Redaksi Femina : Argarini Devi, Yoseptin Pratiwi, Ficky Yusrini,Rully Larasati, Faunda
    LiswijayantiEka Januwati, Naomi Jayalaksana, Nur Fajriati,, Rahma Wulandari, Primarita S, Adinda Tri
    Wardhani, Anggia Hapsari, Mira Monika, Canti Sari, Ivana Sitanggang, Aulia Fitrisari, Deary Erstafloria, Annabella Siahaan, Felicia, Berlianti Savitri,
    Valentina Limbong, Aria Novitasari, Isyana Atnimingtias, Abdul Syukur, Suhartati
    -Kontributor Tetap : Triftria S Nuragustina
    -Dapur Uji : Nani Bagus
    -Com. Devlop. Manager : Dewi Assad
    -Koordinator Acara : Novi Susanti
    -Art Director : Meylan
    -Senior : Anastasia Janet Gunawan, Sielly Setiawati
    -Artistik : Rizki Diani, Irna Yerminda, Sheila R.Nasution,Dhoni Mahardika
    -Produksi : Hepta Harir, Zamroni Fahmi,
    Arie Setiawan, Dani Bardan
    -Editor Foto : Wijayanti Kusumawardini, Denny
    Herliyanso,Honda Tranggono
    -Junior Editor Foto : Dhany Indrianto
    -Senior : Harry Hikmatullah, Jane Djuarahadi
    -Madya : Irvan Aryawan, Dachri M.S. , Suryo
    Tenggono,Hermawan, Dennie Ramon
    -Fotografer : Priscillia, Jennifer Antoinette, Budi
    Haryanto
    -Koordinator : Ermina Simanjuntak
    -Dokumentasi : Alfie Yulizar
    -Sekertaris Redaksi : Ratnasanti Sulistyorini
    -Account Director : Erlinda L.Gutami
    -Senior Adver.Manager : Dian Permatasari
    -Junior Adver.Manager : Inda Rizqoh
    -Executive : Shendy Alifya, Okto Rohyadi, M. Ramdhan Kamil,Davina Pradnyasari, Dinda
    Wardhani
    -Promotion Executive : Rizky Ardian
    -Corporate Marketing Manager : Risang B.Dhananto
    -Junior Marketing Manager : Gricia Effendi
    -Riset Manager : Ella Sugianto
    -Manager Kreatif : Sagita Utama
    -Account Manager Kreatif : Ria Larasati
    -Client Service Director : Rosa Pratiwi

    *Berdasarkan susunan dalam majalah wanita "Femina"

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah

    -Penasihat Ahli : Drs. Sunarto, M.Pd. (Kepala MTsN
    Surakarta II)
    -Pemimpin Umum : Hj. Suprapti, S.Pd., M.Pd.
    -Wakil Pemimpin Umum : Muh. Islam, S.Ag.,M.Pd.
    -Pemimpin Redaksi : Hayati Pujihastiningrum, S.Pd
    -Wakil Pemimpin Redaksi : Dra. Sri Widayati
    -Dewan Redaksi : 1. Susanto, S.Pd.
    Dra. Sri Mutanti Asmawi, S.Ag., S.PdI.
    Dra. Saptawati
    -Redaksi Pelaksana : Muanas Sodiq, S.Pd.
    -Staf Redaksi : 1. Sri Puji Rahayu, S.Pd.
    Roselina Fatmah, S.Pd.Silmi Munifatul Faizah, S.Pd.
    Siti Rofiah M.Pd.Joko Widiyanto, S.Kom.
    -Artistik : Totok Darmanto, S.Pd.
    -Litbang : TMT. Marjono, S.Ag.,M.PdI.
    -Arsip dan Dokumen : H. Sulimin
    -Sirkulasi : 1. Hj. Nuk Hartini, BA.
    Hj. Royani, S.Pd.

    *Berdasarkan susunan dari majalah sekolah di "MTS NEGERI SURAKARTA II PERIODE 2016/2017"

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen sekolah adalah bagian redaksi foto/Fotografer.

    4. Mengapa posisi itu paling Anda sukai?
    Karena, Saya sangat menyukai dunia photografi, menurut saya jika saya dapat menjadi bagian redaksi foto saya bisa mengembangkan bakat saya dan minat saya dan juga tidak terlepas dari jurusan saya yang tetap berkecimpung dalam dunia majalah.

    5. Selama kuliah saya belum pernah memiliki posisi atau mengikuti sebuah organisasi karena saya tidak memiliki kos maka dari itu waktu saya sudah habis dalam perjalanan setiap hari dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam, sedangkan organisasi biasanya dilaksanakan pada sore atau malam hari, dimana membuat saya tidak bisa mengikuti sebuah organisasi.

    BalasHapus
  12. Nama : Ermira Nilansari Putri
    NIM : A310180136
    Kelas : 7A

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah wanita:
    A. Penerbit,
    B. Surat ijin terbit atau rekomendasi,
    C. Pimpinan umum,
    D. Ketua redaksi,
    E. Sidang redaksi,
    F. Produksi,
    G. Tata letak,
    H. Desain cover,
    I. Pemasaran,
    J. Keuangan,
    K. Alamat redaksi,
    L. Kantor pemasaran,
    M. Alamat email.

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    Umpan balik:
    A. Pimpinan umum,
    B. Pimpinan redaksi,
    C. Redaktur pelaksana,
    D. Sekretaris redaksi,
    E. Kontributor,
    F. Keuangan,
    G. Cover,
    H. Setting dan layout,
    I. Litbang,
    J. Pengembangan,
    K. Sirkulasi,
    L. Publik relations,
    M. Web master,
    N. Iklan dan produksi.

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah pada bagian “desain cover”.
    4. Posisi tersebut paling saya sukai, karena pada dasarnya dalam proses “desain cover” akan membuat majalah tampil dengan gaya dan visual menarik untuk dilihat.
    5. Selama kuliah, saya belum pernah memiliki posisi di organisasi.


    BalasHapus
  13. Nama : Rinda Vera Mudyasari
    NIM : A310170009
    Kelas : A

    1. Pertama, susunan redaksi majalah umum wanita
    ● pemimpin redaksi/pengasuh
    ● redaktur pelaksana
    ● redaktur madya
    ● redaktur
    ● pemimpin umum
    ● pemimpin perusahaan
    ● penerbit
    ● pembina
    ● direksi
    Sumber : http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    2. Kedua, susunan redaksi majalah sekolah.

    ●Pelindung
    ● pembina
    ●pemimpin redaksi
    ● redaktur pelaksana
    ● reporter
    ●editor
    ●layouter
    ●bagian bisnis
    Sumber : https://www.kompasiana.com/prasetyo_pirates/55112d418133119a36bc785a/tim-redaksi-majalah-sekolah

    3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manejemen majalah
    ● Reporter

    4. Alasan menyukai posisi sebagai Reporter
    ● Karena peran sebagai reporter dapat menambah berbagai wawasan serta ilmu ketika terjun di lapangan. Ada banyak hal baru yang dapat dipelajari serta dapat melatih keterampilan menulis yang lebih baik.

    5. Selama kuliah saya tidak mengikuti kegiatan organisasi

    BalasHapus
  14. Nama : Nur Lailatul Hibatullah T.
    Nim : A310170030
    Kelas : 7.A

    1. Susuunan Redaksi Majalah Matra
     PEMIMPIN UMUM/PENANGGUNG JAWAB
     PEMIMPIN REDAKSI
     PEMIMPIN PERUSAHAAN
     WAKIL PEMIMPIN REDAKSI
     REDAKTUR KHUSUS
     KORDINATOR REPORTER
     ARTISTIK/VISUAL/IT
     SEKRETARIAT REDAKSI
     SIDANG REDAKSI
     MANAGER IKLAN
     KORDINATOR REPORTASE
     IKLAN
     KONTRIBUTOR
     PENASEHAT HUKUM

    Sumber : https://matranews.id/redaksi/ (Diakses 18 september 2020)

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah Medikresa (Mts Negeri Karanganyar Paiton)

    o Pelindung
    o Penanggung jawab
    o Pembina
    o Pimpinan redaksi
    o Sekretaris
    o Staf, Redaktur dan Editor
    o Reporter
    o Lay-Outer, Desain Grafis dan Artistik
    o Marketing

    Sumber : http://medikresa2016.blogspot.com/2016/03/struktur-team-redaksi-majalah-sekolah.html

    3. Jika disuruh memilih, saya akan lebih memilih menjadi Reporter.
    4. Mengapa saya lebih memilih bagian reporter, karena tuganya mencari berita yang menarik sehingga saya juga akan mendapat pengalaman diluar ketika sedang mencari suatu berita.
    5. Selama kuliah saya tidak pernah mengikuti organisasi, sehingga saya tidak memiliki posisi di organisasi. Saya tidak mengikuti organisasi selama kuliah karena saya tidak bisa membagi waktu dengan baik.

    BalasHapus
  15. Annisa Fisabilla
    A310170040
    7A

    1. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita
    Penerbit
    A. Surat ijin terbit/ rekomendasi
    B. Pimpinan umum
    C. Ketua redaksi
    D. Sidang redaksi
    E. Produksi
    F. Tata letak
    G. Desain cover
    H. Pemasaran
    I. Keuangan
    J. Alamat redaksi
    K. Kantor pemasaran
    L. Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.
    A. Pelindung
    B. Pembina
    C. Pemimpin redaksi (pemred)
    D. Redaktur pelaksana (redpel)
    E. Reporter
    F. Editor
    G. Tenaga desain dan Tata letak (Layout)
    H. Bagian bisnis

    Ketiga,
    Editor. Sebab sejak dulu saya ingin sekali menjadi seorang editor baik buku maupun majalah dan saya ingin berkontribusi dalam menyunting buku atau majalah agar memenuhi kriteria layak dan siap untuk diterbitkan.

    Keempat,
    Selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi

    BalasHapus
  16. Nama : Nur Hidayah
    NIM : A310170023
    Kelas : 7A

    1. Pertama, susunan redaksi majalah umum wanita
    -pemimpin redaksi/pengasuh
    -redaktur pelaksana
    -redaktur madya
    -redaktur
    -pemimpin umum
    -pemimpin perusahaan
    -penerbit
    -pembina
    -direksi
    2. Kedua, Susunan redaksi majalah sekolah SMP, SMA/SMK
    - Pelindung
    - pembina
    - pemimpin redaksi
    - redaktur pelaksana
    - reporter
    - editor
    - layouter
    - bagian bisnis
    3.Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manejemen majalah adalah bagian bisnis
    4. alasan
    karena saya suka kegiatan yang terjun langsung ke lapangan
    5. Selama kuliah saya tidak mengikuti kegiatan organisasi

    BalasHapus
  17. Nama : Dwi Anita Sari
    Nim : A310170034
    Kelas : 7A

    Umpan Balik
    1. Susunan redaksi majalah umum wanita
    • Pimpinan Redaksi
    • Penanggung Jawab
    • Redaksi Aktual Eksklusif
    • Redaksi Gaya Hidup
    • Seketaris Redaksi
    • Fotografer
    • Kategori
    • Frekuensi
    • Penerbit
    • Pendiri
    • Perusahaan
    • Alamat Redaksi
    2. Susunan redaksi majalah sekolah
    • Pemimpin Umum
    • Wakil Pemimpin Umum
    • Pemimpin Perusahaan
    • Pemimpin Redaksi
    • Manager Advertising Advertorial & Even Organizer
    • Redaktur Pelaksana
    • Konsultan IT dan jurnalistik
    • Wartawan
    • Staf Iklan
    • Distribusi
    • Alamat Redaksi
    3. Apabila diberi kesempatan menduduki posisi saya ingin menjadi bagian “redaksi gaya hidup”.
    4. Karena jika dibagian redaksi gaya hidup kita bisa menambah wawasan dalam bidang tren dan gaya hidup masa kini dan masa yang akan datang. Jadi menurut saya posisi ini menarik.
    5. Selama perkuliahan saya belum mengikuti organisasi dikampus.

    BalasHapus
  18. Nama : Irma Eka Ariyani
    Nim : A310170028
    Kelas : 7A

    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita
    • Penerbit
    • Surat ijin terbit/ rekomendasi
    • Pimpinan umum
    • Ketua redaksi
    • Sidang redaksi
    • Produksi
    • Tata letak
    • Desain cover
    • Pemasaran
    • Keuangan
    • Alamat redaksi
    • Kantor pemasaran
    • Alamat email

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah
    • Pimpinan umum
    • Pimpinan redaksi
    • Redaktur pelaksana
    • Sekretaris redaksi
    • Kontributor
    • Keungan
    • Cover
    • Setting dan layout
    • Litbang
    • Pengembangan
    • Sirkulasi
    • Publik relations
    • Web master
    • Iklan dan produksi

    3. Saya ingin menduduki posisi sekretasi redaksi.

    4. Karena saya lulusan SMK jurusan sekretaris, sehingga saya memahami kegiatan apa saja yang dilakukan oleh seorang sekretaris, seperti ; menyediakan peralatan kerja redaksi, mengatur jadwal pertemuan, rapat perencanaan, rapat cheking, dan rapat final.

    5. Selama kuliah saya belum pernah mengikuti organisasi dan belum pernah menduduki posisi apapun.

    BalasHapus
  19. NAMA: FERRYDIANA CANDRA PATIRANE
    NIM: A310170001
    KELAS: VII A
    MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    a. Pemimpin umum / pemimpin wanita
    b. Wakil pemimpin umum I
    c. Wakil pemimpin umum II
    d. Wakil pemimpin redaksi
    e. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional
    f. Dewan redaksi
    g. Redaksi aktual ekslusif
    h. Redaksi masakan
    i. Redaksi foto
    j. Redaksi artistic
    k. Staf khusus
    l. Kontributor
    m. Sekretaris redaksi
    n. Pemimpin perusahaan
    o. Wakil pemimpin perusahaan
    p. Iklan
    q. Percetakan

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah:
    ~ Pelindung,
    ~ Pembina,
    ~ Pemimpin redaksi (pemred)
    ~ Redaktur pelaksana (redpel)
    ~ Reporter
    ~ Editor
    ~ Tenaga desain dan tata letak (layouter)
    ~ Bagian bisnis

    3. Jika saya diberi kesempatan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, saya memilih menjadi reporter.

    4. Saya menyukai posisi menjadi reporter karena saya ingin meliput berita (news gathering) dan melaporkannya kepada publik terlebih melalui media elektronik yaitu radio.

    5. Selama saya kuliah tidak mengikuti organisasi.

    BalasHapus
  20. 1. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita
    - Penerbit
    - Surat ijin terbit/ rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Ketua redaksi
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor pemasaran
    Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK.
    - Pelindung
    - Pembina
    - Pemimpin redaksi (pemred)
    - Redaktur pelaksana (redpel)
    - Reporter
    - Editor
    - Tenaga desain dan Tata letak (Layout)
    - Bagian bisnis

    3. Saya ingin menduduki posisi desain cover. Alasan memilih posisi desain cover karena kegiatan mendesain itu sangat asik. Selain itu, bisa mengembangkan kreativitas yang saya miliki. Menurut saya, desain cover buku/majalah sangat penting dalam menentukan ketertarikan dari calon pembaca atau pembeli buku/majalah tersebut.

    4. Selama kuliah saya belum pernah memiliki posisi di organisasi

    BalasHapus
  21. Nama : Januar Ahmad Fauzi
    Nim : A310170011
    Kelas : 7A
    1. Susunan redaksi majalah umum wanita :
    1. Penerbit
    2. Surat ijin terbit / rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10. Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email
    2. Susuan redaksi majalah sekolah
    1. Pelindung
    2. Penanggung jawab
    3. Pembina
    4. Pimpinan redaksi
    5. Sekertaris
    6. Staf, redaktur, editor
    7. Reporter
    8. Lay Outer, desain grafis, dan artistik
    9. Marketing
    3. Desain grafis
    4. Karena bisa mendesain majalah dengan semenarik mungkin. Untuk menarik minat bagi pembaca
    5. Selama berada dalam lingkungan belum pernah mengikuti sebuah organisasi di Kampus

    BalasHapus
  22. Nama : Ariani Dwi Rusdina
    NIM : A310170045
    Kelas : 7A

    1. Susunan redaksi majalah wanita :
    -Surat izin terbit
    -Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan
    -Pemimpin Redaksi/Wakil Pemimpin Umum
    -Wakil Pemimpin Perusahaan
    -Alamat redaksi
    -Alamat Tata Usaha/Distribusi Pencetak
    -Penerbit

    2. Susunan redaksi majalah sekolah SMP/SMA/SMK
    -Pelindung/Kepala Sekolah
    -Pembina
    -Pemimpin redaksi
    -Redaktur pelaksana
    -Reporter
    -Editor
    -Tenaga desain dan tata letak
    -Bagian bisnis

    3. Editor, karena saya memiliki bakat dalam mengedit, baik mengedit foto maupun video. Dalam dunia editing pasti kita di tuntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide-ide yang bagus, itu menjadi tantangan tersendiri untuk saya.

    4. Selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi apapun.

    BalasHapus
  23. Nama : Resti Rendiro Handani
    NIM : A310170008
    Kelas : 7A

    1.susunan redaksi majalah sekolah:
    1.pimpinan umum
    2.pimpinan redaksi
    3.pelaksana
    4.sekertaris
    5.kontributor
    6.keuangan
    7.cover
    8.setting dan layout
    9.Litbang
    10.pengembangan
    11.sirkulasi
    12.publik relations
    13.web master
    14.iklan dan produksi

    2.Susunan redaksi majalah umum wanita:
    1.penerbit
    2.surat ijin terbit
    3.pimpinan umum
    4.ketua redaksi
    5.sidang redaksi
    6.produksi
    7.tata letak
    8.desain cover
    9.pemasaran
    10.keuangan
    11.alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13.alamat email

    3.sekertaris

    4.karena harus bisa memahami berita dalam bentuk cetak maupun siaran sehingga sekertaris bertugas untuk mengumpulkan dokumen guna membantu mempermudah dalam wawancara antara narasumber,redaktur dan reporter.

    5. Selama kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi.

    BalasHapus
  24. Nama : Dewi Andala Sari
    NIM : A310170010
    Kelas : 7A
    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita :
    * pemimpin umum/pemimpin redaksi
    *Wakil pemimpin umum I
    *Wakil pemimpin umum II
    *Wakil pemimpin redaksi
    *Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional
    *Dewan redaksi
    *Redaksi aktual ekslusif
    *Redaksi masakan
    *Redaksi foto
    *Redaksi artistic
    *Staf khusus
    *Kontributor
    *Sekretaris redaksi
    *Pemimpin perusahaan
    *Wakil pemimpin perusahaan
    *Iklan
    *Percetakan
    2. Susunan redaksi majalah sekolah :
    *Pelindung
    *Pembina
    *Pemimpin redaksi (pemred)
    *Redaktur pelaksana (redpel)
    *Reporter
    *Editor
    *Tenaga desain dan tata letak (layouter)
    *Bagian bisnis
    3. Saya lebih memilih berada di posisi editor
    4. Karena editor sangat berperan penting di dalam pembuatan naskah dalam majalah
    5. Belum ikut organisasi

    BalasHapus
  25. Nama: Aisyah Jayanti
    NIM: A310180174
    KELAS: 7A
    Umpan Balik:
    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah wanita:
    A. Penerbit,
    B. Surat ijin terbit atau rekomendasi,
    C. Pimpinan umum,
    D. Ketua redaksi,
    E. Sidang redaksi,
    F. Produksi,
    G. Tata letak,
    H. Desain cover,
    I. Pemasaran,
    J. Keuangan,
    K. Alamat redaksi,
    L. Kantor pemasaran,
    M. Alamat email.
    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah
    a. Pimpinan umum
    b. Pimpinan redaksi
    c. Redaktur pelaksana
    d. Sekretaris redaksi
    e. Kontributor
    f. Keuangan
    g. Cover
    h. Setting dan layout
    i. Litbang
    j. Pengembangan
    k. Sirkulasi
    l. Publik relations
    m. Web master
    n. Iklan dan produksi
    3. Apabila saya diberi kesempatan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka saya memilih posisi sebagai Sekretaris Redaksi.
    4. Posisi tersebut saya minati karena, sebelumnya saya sudah pernah memiliki pengalaman di bagian kesekretariatan, jadi saya sedikit tahu bagaimana cara mengatur kegiatan, mengatur jadwal rpaat, dan rapat perencanaan.
    5. Selama kuliah, saya belum pernah memiliki posisi di organisasi.

    BalasHapus
  26. Nama : Rizka Nurul Wahidah
    Nim : A310170044
    Kelas : 7A
    Mata Kuliah : Manajemen Majalah Sekolah

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita yaitu :
    • pemimpin redaksi
    • editor
    • redaktur pelaksana
    • redaktur madya
    • redaktur
    • pemimpin umum
    • pemimpin perusahaan
    • penerbit
    • pembina
    • direksi
    • alamat redaksi
    • pencetak
    Sumber : http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK yaitu :
    • pelindung/kepala sekolah
    • pembina/guru ekstrakurikuler jurnalistik
    • pemimpin redaksi/siswa yang menonjol dalam bidang kepenulisan
    • redaktur pelaksana/siswa yang bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi
    • reporter/siswa
    • editor
    • tenaga desain dan tata letak
    • bagian bisnis/iklan dan promosi
    Sumber : https://www.kompasiana.com/Prasetyo pirates/55112d418133119a36bc785a/tim-redaksi-majalah-sekolah

    Apabila saya diberikan kesempatan menduduki posisi pengurus redaksi, saya akan memilih menjadi reporter. Karena manjadi reporter menurut saya ada tantangan tersendiri. Misalnya bagaiamana saya harus melek dengan keadaan dan lingkungan sekitar yang dapat diliput untuk dijadikan berita yang manarik dan bagaimana saya mencari sumber informasi tersebut agar liputan saya sesuai dengan fakta yang ada (tidak hoax) dan secara tidak langsung menjadi reporter menurut saya dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya karena reporter lah yang menjadi orang pertama mengetahui suatu informasi dan kondisi.

    Selama kuliah, saya mengikuti tiga organisasi. Yang saya ikuti yaitu hmp, teater wejang, dan prisma
    Di organisasi hmp saya tidak memiliki kedudukan penting. Saya hanya sebagia anggota saja dan setelah satu periode kdepan saya menjadi anggota pasif
    Yang kedua yaitu teater wejang. Diorganisasi tersebut saya menjadi anggota dan itu hanya berjalan satu periode saja.
    Organisasi yang ketiga yaitu prisma (pengembangan riset dan prestasi mahasiswa) saya mengikuti selama dua periode. Pada peride yang pertama saya hanya menjadi anggota dan pada periode kedua saya menjadi staff di bidang kepenulisan dan kompetisi.

    BalasHapus
  27. Nama: Vina Adi Tama
    NIM: A310170047
    Kelas: 7A

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita.
    a. Penerbit
    b. Surat Izin/Rekomendasi
    c. Pimpinan Umum
    d. Sidang Redaksi
    e. Produksi
    f. Tata Letak
    g. Desain Cover
    h. Pemasaran
    i. Keuangan
    j. Alamat Redaksi
    k. Kantor Pemasaran
    l. Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK.
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    d. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    h. Bagian Bisnis

    3. Menurut anda, posisi manakah yang anda sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah tersebut.
    Bagian keuangan.

    4. Mengapa posisi itu paling anda sukai?
    Karena, pada bagian keuangan harus mempunyai ketelitian tersendiri. Pada bagian ini juga berhati-hati dalam perhitungan. Pada bagian ini membuat saya belajar dalam kedisiplinan mengenai keuangan.

    5. Selama kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi.

    BalasHapus
  28. Nama : Yustika Indrijati
    Nim : A310170033
    Kelas : 7A

    1. Susunan redaksi majalah sekolah :
    1. Pimpinan umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Redaktur pelaksana
    4. Sekretaris redaksi
    5. Kontributor
    6. Keuangan
    7. Cover
    8. Setting dan layout
    9. Litbang
    10. Pengembangan
    11. Sirkulasi
    12. Publik relations
    13. Web master
    14. Iklan dan produksi

    2. Susunan redaksi majalah umum wanita :
    1. Penerbit
    2. Surat ijin terbit / rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10. Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email

    3.Sekertaris
    4.Karena sebagai sekertaris redaksi harus pandai Menata keperluan keuangan redaksi: uang perjalanan, uang saku, uang rapat.
    Mengatur jadwal rapat redaksi: rapat perencanaan, rapat cheking, rapat final karena itu jika saya menjadi sekertaris redaksi saya harus menjadi seseorang yg lebih rajin dan bertanggung jawab tinggi.

    BalasHapus
  29. Nama: Yunia Nuring Arida Sujarwo
    Nim: A310170024
    Kelas: 7A

    1. Susunan redaksi majalah umum wanita
    ● pemimpin redaksi/pengasuh:
    ● redaktur pelaksana
    ● redaktur madya
    ● redaktur
    ● pemimpin umum
    ● pemimpin perusahaan
    ● penerbit
    ● pembina
    ● direksi
    Sumber : http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Femina

    2. Susunan redaksi majalah sekolah:
    ●Pelindung
    ● pembina
    ●pemimpin redaksi
    ● redaktur pelaksana
    ● reporter
    ●editor
    ●layouter
    ●bagian bisnis
    Sumber : https://www.kompasiana.com/prasetyo_pirates/55112d418133119a36bc785a/tim-redaksi-majalah-sekolah

    3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yakni editor.

    4. Mengapa saya memilih editor karena
    seseorang yang mampu membuat sebuah produk menjadi lebih baik untuk dipublikasikan. Karena itu saya ingin menjadi seorang editor, bukan karena tujuan editor yang tadi telah saya jabarkan. 
    Menurut saya, tingkat minat seseorang menjadi editor di Indonesia masih kecil. Di Indonesia, pekerjaan menjadi editor jarang ada peminatnya, sehingga lapangan pekerjaan bagi editor-editor muda masih sangat luas. Itulah alasan saya ingin menjadi seorang editor. Dan saya ingin menjadi seorang editor buku karena menurut saya editor pekerjaan yang masih belum banyak orang yang tahu. Masih sering tidak dianggap keberadaannya, padahal memiliki peran penting dalam proses penerbitan buku. Kemudian saya ingin berkontribusi dalam menyunting buku agar memenuhi kriteria untuk diterbitkan.

    5. Selama kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi.

    BalasHapus
  30. NAMA: NURUL HIDAYAT
    NIM: A310170019
    KELAS: 7A
    MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH
    1. Susunan Redaksi Majalah Umum Wanita:
    - Penerbit
    - Surat izin/ rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor pemasaran
    - Alamat email

    2. Susunan Redaksi Majalah Sekolah:
    - Pimpinan umum
    - Pimpinan redaksi
    - Redaktur pelaksana
    - Sekretaris redaksi
    - Kontributor
    - Keuangan
    - Cover
    - Setting & layout
    - Litbang
    - Pengembangan
    - Sirkulasi
    - Publik relations
    - Web master
    - Iklan & produksi

    3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yakni posisi “desain cover”

    4. Mengapa “desain cover”, karena saya menyukai pada bidang editing dan ingin membuat sesuatu menjadi lebih menarik untuk dipandang.
    5. Organisasi kampus yang pernah saya ikuti yaitu HMP Pendidikan Bahasa Indonesia dan BEM FKIP UMS.

    BalasHapus
  31. Nama : Yuliana Nuur Hayati
    NIM : A310170041
    Kelas : 7A

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita :
    a. Penerbit
    b. Surat ijin terbit/ rekomendasi
    c. Pimpinan umum
    d. Ketua redaksi
    e. Sidang redaksi
    f. Produksi
    g. Tata letak
    h. Desain cover
    i. Pemasaran
    j. Keuangan
    k. Alamat redaksi
    l. Kantor pemasaran
    m. Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK :
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin redaksi (Pemred)
    d. Redaktur pelaksana (Redpel)
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga desain dan Tata letak (Layout)
    h. Bagian bisnis

    3. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yakni editor.

    4. Karena dapat meningkatkan kemampuan dalam memperbaiki dan menyunting kesalahan penulisan ejaan pada naskah buku atau majalah sebelum diterbitkan.

    5. Selama kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi.

    BalasHapus
  32. Nama : Rindita Wahyuning Tiyas
    NIM : A310170020
    Kelas : 7A
    MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH

    1.Susunan redaksi majalah umum wanita yaitu :
    a. Penerbit
    b. Surat ijin terbit / rekomendasi
    c. Pimpinan umum
    d. Ketua redaksi
    e. Sidang redaksi
    f. Produksi
    g. Tata letak
    h. Desain cover
    i. Pemasaran
    j. Keuangan
    k. Alamat redaksi
    l. Kantor pemasaran
    m. Alamat email

    2. Susuan redaksi majalah sekolah yaitu :

    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pimpinan redaksi
    d. Redaktur pelaksana ( Redpel)
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    h. Bagian bisnis

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah yaitu Redaktur
    Pelaksana ( Redpel)

    4. Karena dengan menjadi redaktur pelaksana saya bisa menyalurkan insiprasi dan gagasan
    saya secara luas dalam pembuatan perencanaan isi dalam sebuah penerbitan majalah.

    5. Saya selama kuliah ttidak mengikuti organisasi kampus jadi saya juga tidak memiliki
    posisi di organisasi.

    BalasHapus
  33. Nama : Martha Ayu Nugraheni
    NIM: A310170031
    Kelas: 7A
    1. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita:
    -Penerbit
    -Surat izin terbit/rekomendasi
    -Pimpinan umum
    -Ketua redaksi
    -Sidang redaksi
    -Produksi
    -Tata letak
    -Desain cover
    -Pemasaran
    -Keuangan
    -Alamat redaksi
    -Kantor Pemasaran
    -Alamat email

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin redaksi
    -Redaktur pelaksana
    -Reporter
    -Editor
    -Tenaga desain dan tata letak
    -Bagian bisnis

    3. Jika diminta untuk memilih, Saya memilih untuk menjadi editor, karena saya ingin memanfaatkan ilmu yang sudah saya dapatkan selama kuliah jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam jurusan tersebut juga sudah banyak diajarkan untuk menggunakan kata, frasa, klausa, kalimat bahkan sampai tanda baca yang tepat. Saya juga sudah beberapa kali diminta untuk membantu mengedit tugas teman dari jurusan lain.

    4. Selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi.

    BalasHapus
  34. NAMA: NURUL HIDAYAT
    NIM: A310170019
    KELAS: A
    MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH

    1. Susunan redaksi majalah wanita
    Susunan redaksi majalah wanita yang berjudul: Majalah Wanita Kartini
    1. Pemimpin umum/pemimpin redaksi: Bram Tuapattinaya
    2. Wakil pemimpin umum I: Eric Tuapttinaya
    3. Wakil pemimpin umum II: Hatawano
    4. Wakil pemimpin redaksi: Endang Wediningsih
    5. Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab redaksional: Bram Tuapattinaya-Endang Werdiningsih
    6. Dewan redaksi: Bram Tuapattinaya, Eric Endang Werdiningsih, Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina
    7. Redaksi aktual ekslusif: Melly Trirahmi, Heru Hartoko, Nurul Rahmi, Dewi Yamina, Opi Yunari, Sitti Rahmani Alwan
    8. Redaksi lifestyle: Wiwit Sabrina Tristi, Dian M.O.
    9. Redaksi masakan: Ai Turwina
    10. Redaksi foto: Kosim Sanusi
    11. Redaksi artistic: Arman Tri Jatmiko, Mahendra Rahmat, Riza Adam Buchori
    12. Staf khusus
    13. Koresponded/kontributor
    14. Sekretaris redaksi: Intan Mahalia
    15. Pemimpin perusahaan: Eric Tuapattinaya
    16. Wakil pemimpin perusahaan: Hendro Atmojo
    17. Iklan/promosi: Kurniawati Restu Wardani, Hana Nurrodiah
    18. Alamat redaksi: Jl. Garuda No. 80A, Jakarta Pusat
    19. Klub kartini: Endang Werdiningsih, Fauziah
    20. Percetakan
    Kurang lebih contoh redaksi dalam majalah wanita seperti itu, bisa ditambah lagi dengan rubrik yang berhubungan dengan wanita misalnya ditambah rubrik tentang masakan atau cara mengatur ekonomi keluarga dan sebagainya.



    2. Susunan redaksi dalam majalah Hackes SMA Kartasura
    1. Pimpinan Umum: Bima Maulana
    2. Pimpinan Redaksi: Iramadya Dyah
    3. Dewan Redaksi: Ardyagarini Intan
    4. Sekretaris: Pebriana Puji
    5. Bendahara: Berlian Dwi Okta
    6. Reporter: Haviana Dewi dan Putri Oktiva
    7. Editor: Fenty Purwaningsih
    8. Sponsorship: Surya Mas Solo Tour
    9. Fotografer: Dheka Lesmana
    10. Design: Muhammad Feri
    11. Kontributor:

    3. Susunan redaksi yang saya pilih yaitu reporter, menurut saya menjadi reporter adalah kegiatan yang menyenangkan.
    4. Saya memiliki dua organisasi selama kuliah ini yaitu HMP Pendidikan Bahasa Indonesia dan BEM FKIP UMS. Selama menjadi anggota dan pengurus, saya pernah menjadi ketua panitia maupun CO kegiatan. Saya sangat senang mengikuti organisasi, selain bisa mengembangkan soft skill juga bisa memperbanyak relasi.

    BalasHapus
  35. Nama : Hizbi Naufal Azis
    NIM : A310170018
    Kelas : VII A

    1. Susunan Redaksi dalam Majalah umum wanita
    a. Perintis
    b. Pemimpin
    c. Ketua
    d. Kepala Pengarang
    e. Pembantu Kepala Pengarang
    f. Bagian Redaksi
    g. Administrasi
    h. Penerbit
    i. Bendahara

    2. Susunan Redaksi dalam Majalah Sekolah
    a. Pelindung
    b. Pembina
    c. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    d. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    e. Reporter
    f. Editor
    g. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    h. Bagian Bisnis
    Susunan tim redaksi tidak mutlak seperti disebutkan di atas. Biasanya, ada juga posisi wakil pemred, sekretaris redaksi, dan bagian lain seperti humas. Hal ini bergantung pada kebijakan tim redaksi dalam membuat susunan kepengurusan.

    3. Menurut saya, posisi yang saya sukai dalam organisasi manajemen majalah yaitu editor. Karena saya mengambil profesi penyuntingan dan dalam menyunting naskah yang ditulis oleh wartawan meminimalisasikan kesalahan dalam ejaan. Dan diharapkan redaksi tertentu lebih mudah dibaca dan dipahami.

    4. Organisasi yang pernah saya ikuti selama kuliah yaitu HMP sebagai anggota bidang satu (Keislaman). Kesulitan yang saya alami adalah mengkondisikan diri sendiri di organisasi

    BalasHapus
  36. Nama: Muhammad Anas Firdaus
    NIM: A310170046
    Kelas: 7 A

    A. Redaksi yang ada dalam majalah wanita:
    1. Penerbit
    2. Surat izin/rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Sidang redaksi
    5. Produksi
    6. Tata letak
    7. Desain cover
    8. Pemasaran
    9. Keuangan
    10. Alamat redaksi
    11. Kantor pemasaran
    12. Alamat email

    B. Redaksi yang ada dalam majalah sekolah:
    1. Pelindung
    2. Penanggung jawab
    3. Pembina
    4. Pimpinan redaksi
    5. Sekertaris
    6. Staf, Redaktur, dan Editor
    7. Reporter
    8. Lay-Outer, Desain grafis, dan Artistik
    9. Marketing

    C. Posisi yang disukai dalam susunan organisasi:
    Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi adalah bagian sekertaris redaksi. Karena jika diamanahi posisi tersebut maka salah satu tugas yang harus dapat saya laksanakan adalah menyediakan alat kerja redaksi, mengatur jadwal rapat redaksi, rapat perencanaan, rapat checking, dan rapat final. Dengan demikian secara otomatis tingkat kedisiplinan dan ketepatan pribadi saya akan terlatih. Karena merasa diamanahi tugas yang sentral, maka sebaik mungkin pembagian jadwal rapat dan penyediaan alat dapat saya laksanakan dengan maksimal. Selain itu, saya juga sangat senang jika diamanahi tugas untuk mengatur waktu kegiatan, sehingga posisi sekertaris redaksi saya rasa sesuai dengan pribadi saya.

    D. Posisi di organisasi selama kuliah:
    Selama kuliah saya belum pernah memiliki posisi di organisasi.

    BalasHapus
  37. Nama : Afifah Eska Laila
    NIM: A310170022
    Kelas: 7A

    A. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita:
    - Penerbit
    - Surat izin terbit/rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Ketua redaksi
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor Pemasaran
    - Alamat email

    B. Susunan redaksi dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    - Pelindung
    - Pembina
    - Pemimpin redaksi
    - Redaktur pelaksana
    - Reporter
    - Editor
    - Tenaga desain dan tata letak
    - Bagian bisnis

    C. Jika diminta untuk memilih, Saya memilih untuk menjadi editor, karena saya ingin memanfaatkan ilmu yang sudah saya dapatkan selama kuliah jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam jurusan tersebut juga sudah banyak diajarkan untuk menggunakan kata, frasa, klausa, kalimat bahkan sampai tanda baca yang tepat. Saya juga sudah beberapa kali diminta untuk membantu mengedit tugas teman dari jurusan lain.

    D. Selama kuliah saya tidak mengikuti organisasi.

    BalasHapus
  38. Nama : Eza Rizky Mulyana
    Kelas : 7A
    NIM : A310170051

    A. Susunan redaksi majalah wanita
    1. Pemimpin umum
    2. Wakil pemimpin umum 1
    3. Wakil pemimpin 2
    4. Wakil pimpinan redaksi
    5. Redaktur pelaksana
    6. Dewan redaksi
    7. Eksekutif
    8. Redaktur senior
    9. Redaktur madya
    10. Asisten redaktur
    11. Redaksi
    12. Redaksi masakan
    13. Redaksi mode dan kecantikan
    14. Redaksi foto
    15. Redaksi artistik
    16. Staf khusus
    17. Korespondensi
    18. Sekretaris redaksi
    19. Pimpinan perusahaan
    20. Promosi
    21. Iklan
    22. Keuangan
    23. Tata usaha
    24. Percetakan
    B. Susunna redaksi majalah sekolah
    1. Pelindung
    2. Pembina
    3. Pemimpin redaksi
    4. Redaktur pelaksana
    5. Reporter
    6. Editor
    7. Tenaga desain
    8. Bagian bisnis
    C. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi adalah redaksi foto, karena memfoto suatu objek adalah hobi saya dan itu sangat menyenangkan bagi saya dapat menghilangkan kejenuhan.
    D. Organisasi dikampus adalah HMP PBSI bidang 4 yaitu Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat. Saya pernah menjadi bendahara salah satu proker yaitu baksos. Kendala yang saya alami adalah sedikit kesulitan dalam mengelola uang yang begitu banyak dan mengeluarkan uang yang banyak juga untuk baksos.

    BalasHapus
  39. NAMA : Tri Haryono
    NIM : A310170042
    KELAS : 7A
    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah wanita:
    A. Penerbit,
    B. Surat ijin terbit atau rekomendasi,
    C. Pimpinan umum,
    D. Ketua redaksi,
    E. Sidang redaksi,
    F. Produksi,
    G. Tata letak,
    H. Desain cover,
    I. Pemasaran,
    J. Keuangan,
    K. Alamat redaksi,
    L. Kantor pemasaran,
    M. Alamat email.

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    Umpan balik:
    A. Pimpinan umum,
    B. Pimpinan redaksi,
    C. Redaktur pelaksana,
    D. Sekretaris redaksi,
    E. Kontributor,
    F. Keuangan,
    G. Cover,
    H. Setting dan layout,
    I. Litbang,
    J. Pengembangan,
    K. Sirkulasi,
    L. Publik relations,
    M. Web master,
    N. Iklan dan produksi.

    3. Posisi yang saya sukai dalam susunan organisasi manajemen majalah adalah pada bagian “desain cover”.
    4. Posisi tersebut paling saya sukai, karena pada dasarnya dalam proses “desain cover” akan membuat majalah tampil dengan gaya dan visual menarik untuk dilihat.
    5. Selama kuliah, saya belum pernah memiliki posisi di organisasi.

    BalasHapus
  40. Nama : Eka Putri Nurhamidah
    NIM : (A310170036)
    Kelas : 7A

    1. Susunan redaksi majalah wanita

    -Pendiri : Mirta Kartohadiprodjo, Sofjan Alisjahbana,
    Pia Alisjahbana
    -Direktur Utama : Svida Alisjahbana
    -Direktur Editorial : Widarti Gunawan
    -Direktur Komersil : Baslir Djamal
    -Pemimpin Redaksi : Petty S.Fatimah
    -Dewan Redaksi Femina : Argarini Devi, Yoseptin Pratiwi, Ficky Yusrini,Rully Larasati, Faunda
    LiswijayantiEka Januwati, Naomi Jayalaksana, Nur Fajriati,, Rahma Wulandari, Primarita S, Adinda Tri
    Wardhani, Anggia Hapsari, Mira Monika, Canti Sari, Ivana Sitanggang, Aulia Fitrisari, Deary Erstafloria, Annabella Siahaan, Felicia, Berlianti Savitri,
    Valentina Limbong, Aria Novitasari, Isyana Atnimingtias, Abdul Syukur, Suhartati
    -Kontributor Tetap : Triftria S Nuragustina
    -Dapur Uji : Nani Bagus
    -Com. Devlop. Manager : Dewi Assad
    -Koordinator Acara : Novi Susanti
    -Art Director : Meylan
    -Senior : Anastasia Janet Gunawan, Sielly Setiawati
    -Artistik : Rizki Diani, Irna Yerminda, Sheila R.Nasution,Dhoni Mahardika
    -Produksi : Hepta Harir, Zamroni Fahmi,
    Arie Setiawan, Dani Bardan
    -Editor Foto : Wijayanti Kusumawardini, Denny
    Herliyanso,Honda Tranggono
    -Junior Editor Foto : Dhany Indrianto
    -Senior : Harry Hikmatullah, Jane Djuarahadi
    -Madya : Irvan Aryawan, Dachri M.S. , Suryo
    Tenggono,Hermawan, Dennie Ramon
    -Fotografer : Priscillia, Jennifer Antoinette, Budi
    Haryanto
    -Koordinator : Ermina Simanjuntak
    -Dokumentasi : Alfie Yulizar
    -Sekertaris Redaksi : Ratnasanti Sulistyorini
    -Account Director : Erlinda L.Gutami
    -Senior Adver.Manager : Dian Permatasari
    -Junior Adver.Manager : Inda Rizqoh
    -Executive : Shendy Alifya, Okto Rohyadi, M. Ramdhan Kamil,Davina Pradnyasari, Dinda
    Wardhani
    -Promotion Executive : Rizky Ardian
    -Corporate Marketing Manager : Risang B.Dhananto
    -Junior Marketing Manager : Gricia Effendi
    -Riset Manager : Ella Sugianto
    -Manager Kreatif : Sagita Utama
    -Account Manager Kreatif : Ria Larasati
    -Client Service Director : Rosa Pratiwi

    *Berdasarkan susunan dalam majalah wanita "Femina"

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin redaksi
    -Redaktur pelaksana
    -Reporter
    -Editor
    -Tenaga desain dan tata letak
    -Bagian bisnis

    3. Saya memilih menjadi editor.

    4. alasan saya karena dulu ketika memulai usaha jualbeli online sudah belajar sedikit mengenai cara mengedit video ataupun foto produk-produk jualan saya. jadi saya lebih suka mengedit karena asik dan kreatif

    5. selama kuliah, saya belum pernah memiliki posisi didalam organisasi

    BalasHapus
  41. Nama : Carolina Eka Vera D
    Nim : A310170012
    Kelas: VII A

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita yaitu:
    - Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi
    - Wakil Pemimpin Umum I
    - Wakil Pemimpin Umum II
    - Wakil Pemimpin Redaksi
    - Penanggung Jawab dan Wakil Penanggung Jawab Redaksi
    - Dewan Redaksi
    - Redaksi Aktual
    - Redaksi Aktual Eksklusif
    - Redaksi Lifestyle
    - Redaksi Masakan
    - Redaksi Foto
    - Redaksi Artistik
    - Staff Khusus
    - Kontributor
    - Sekretaris Redaksi
    - Pemimpin Perusahaan
    - Iklan/Promosi
    - Alamat Redaksi

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK yaitu.
    a. Pelindung
    Posisi pelindung ini umumnya diisi oleh kepala sekolah. Ia akan menjadi penanggung jawab penerbitan majalah sekolah karena media tersebut berada di bawah naungan lembaganya. Jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan media tersebut, tim redaksi bisa dibantu oleh kepala sekolah selaku pelindung.
    b. Pembina
    Pembina majalah sekolah adalah guru ekstrakurikuler jurnalistik atau guru yang ditunjuk untuk membidani penerbitan majalah sekolah. Fungsinya, memberikan motivasi dan masukan-masukan kepada tim redaksi yang diisi oleh para siswa sekolah bersangkutan.
    c. Pemimpin Redaksi (Pemred)
    Jabatan pemred bisa diisi oleh siswa yang menonjol dalam bidang kepenulisan. Siswa tersebut dapat dipilih atau ditunjuk oleh pembina berdasar penilaian kelayakan untuk mengisi posisi pemred. Ia bertanggung jawab penuh mulai proses pembuatan, rubrikasi, pencarian berita, artikel, dan narasumber, hingga majalah cetak.
    d. Redaktur Pelaksana (Redpel)
    Siswa yang menjadi redpel bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi. Ia membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan, mengatur dengan baik ritme kerja di bawahnya, yakni para reporter sekolah yang bertugas untuk mencari berita dan narasumber, dan mengoordinasikan alur perjalanan naskah dari reporter sampai ke tata letak (lay out).
    e. Reporter
    Tugas mereka di antaranya adalah mencari berita menarik yang terkait dengan sekolah dan mewawancarai narasumber tertentu. Misalnya, siswa dan guru berprestasi atau alumni yang sukses. Atau kiprah sekolah dalam mengikuti ajang tertentu seperti olimpiade sains dan kejuaraan lain.
    f. Editor
    Tugasnya menyunting naskah yang ditulis oleh wartawan sekolah untuk meminimalkan kesalahan dalam hal ejaan. Ia juga memiliki kualifikasi menulis yang baik dan paham tata bahasa Indonesia. Dengan demikian, diharapkan berita, artikel, ataupun rubrik tertentu menjadi lebih enak dibaca dan mudah dipahami.
    g. Tenaga Desain dan Tata Letak (Layouter)
    Siswa yang menjadi tenaga tata letak (layouter) harus memiliki kualifikasi tertentu. Terutama bisa menggambar dan menguasai desain grafis. Di antaranya, mampu menjalankan program Adobe Photoshop, Adobe Indesign, Corel Draw, ataupun Pagemaker. Tata letak ini menentukan keindahan atau estetika suatu majalah sekolah. Bisa dikatakan, tata letak memegang peran penting dalam menjaga mutu atau kualitas majalah sekolah.
    h. Bagian Bisnis
    Para murid yang bertugas di divisi ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan roda iklan, promosi, pemasaran, dan sirkulasi. Keberlangsungan sebuah penerbitan majalah sekolah juga berada pada sukses atau tidaknya tim bagian/divisi bisnis dalam menjalankan tugasnya. Misalnya, mereka bisa menjaring iklan dari sponsor tertentu atau alumni dan dananya bisa dipakai untuk biaya penerbitan sekolah.
    3. Posisi yang saya sukai editor
    4. Karena saya suka mengedit gambar
    5. Selama kuliah saya mengerjakan tugas video/ gambar yang saya edit sendiri tanpa bantuan atau membayyar orang

    BalasHapus
  42. Nama : Nabila Resha Rahmadani
    Nim : A310170032
    Kelas : 7A

    JAWAB

    1. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita
    - Penerbit
    - Surat ijin terbit/ rekomendasi
    - Pimpinan umum
    - Ketua redaksi
    - Sidang redaksi
    - Produksi
    - Tata letak
    - Desain cover
    - Pemasaran
    - Keuangan
    - Alamat redaksi
    - Kantor pemasaran
    - Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah smp/sma/smk.
    - Pelindung
    - Pembina
    - Pemimpin redaksi
    - Redaktur pelaksana
    - Reporter
    - Editor
    - Tenaga desain dan Tata letak (Layout)
    - Bagian bisnis

    3. Saya ingin sekali menjadi creative, editor, photographer dan penulis majalah.

    4. Karena dari SMP saya sangat suka hal-hal yang berbau dengan seni seperti menggambar dan fotografi. Saya juga sempat menulis cerita di aplikasi novel online jadi saya ingin mencoba mengembangkan hobi saya karena semenjak kuliah saya sudah jarang melakukan hobi saya itu.

    5. Selama kuliah saya tidak pernah ikut organisasi apapun.

    BalasHapus
  43. Nama : Arum Diyah Ayu Istiwomah
    NIM: A310170038
    Kelas: 7A

    1. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita:
    -Penerbit
    -Surat izin terbit/rekomendasi
    -Pimpinan umum
    -Ketua redaksi
    -Sidang redaksi
    -Produksi
    -Tata letak
    -Desain cover
    -Pemasaran
    -Keuangan
    -Alamat redaksi
    -Kantor Pemasaran
    -Alamat email

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin redaksi
    -Redaktur pelaksana
    -Reporter
    -Editor
    -Tenaga desain dan tata letak
    -Bagian bisnis

    3. Jika diminta untuk memilih, Saya memilih untuk menjadi editor, karena saya ingin memanfaatkan ilmu yang sudah saya dapatkan selama kuliah jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam jurusan tersebut juga sudah banyak diajarkan untuk menggunakan kata, frasa, klausa, kalimat bahkan sampai tanda baca yang tepat. Saya juga sudah beberapa kali diminta untuk membantu mengedit tugas teman dari jurusan lain. Saya juga belajar menjadi editor pada mata kuliah profesi dan teknik penyintingan

    4. Selama kuliah saya mengikuti dua organisasi, yaitu HMP PBSI FKIP UMS sebagai bendagara bidang 3 minat bakat dan UBB (Unit Bola Basket) UMS sebagai anggota serta pernah menjadi bendahara dalam event kejuaraan basket tingkat provinsi jateng-DIY

    BalasHapus
  44. Nama : Arum Diyah Ayu Istiqomah
    NIM: A310170038
    Kelas: 7A

    1. Susunan redaksi yang ada di majalah umum wanita:
    -Penerbit
    -Surat izin terbit/rekomendasi
    -Pimpinan umum
    -Ketua redaksi
    -Sidang redaksi
    -Produksi
    -Tata letak
    -Desain cover
    -Pemasaran
    -Keuangan
    -Alamat redaksi
    -Kantor Pemasaran
    -Alamat email

    2. Susunan redaksi dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK:
    -Pelindung
    -Pembina
    -Pemimpin redaksi
    -Redaktur pelaksana
    -Reporter
    -Editor
    -Tenaga desain dan tata letak
    -Bagian bisnis

    3. Jika diminta untuk memilih, Saya memilih untuk menjadi editor, karena saya ingin memanfaatkan ilmu yang sudah saya dapatkan selama kuliah jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam jurusan tersebut juga sudah banyak diajarkan untuk menggunakan kata, frasa, klausa, kalimat bahkan sampai tanda baca yang tepat. Saya juga sudah beberapa kali diminta untuk membantu mengedit tugas teman dari jurusan lain. Saya juga belajar menjadi editor pada mata kuliah profesi dan teknik penyintingan

    4. Selama kuliah saya mengikuti dua organisasi, yaitu HMP PBSI FKIP UMS sebagai bendagara bidang 3 minat bakat dan UBB (Unit Bola Basket) UMS sebagai anggota serta pernah menjadi bendahara dalam event kejuaraan basket tingkat provinsi jateng-DIY

    BalasHapus
  45. Nama: Rika purwanti
    Nim: A310170053
    Kelas: 7A
    A. Redaksi majalah wanita " ummi"
    1. Terbit: Sejak April 1989
    2. Penerbit: PT Insan Media Pratama
    3. SIUPP: No 558/SK/Menpen/SIUPP/1998 Tanggal 25 September 1998
    4. anggota SPS Pusat : No 152/1989/11/D/2020
    5. Pimpinan umum/Penangung Jawab
    6. Pemimpin redaksi
    7. Reduktur pelaksanaan
    8. Dewan redaksi
    9.Reporter
    10. Sekertaris redaksi
    11. Kontributor
    12. Artistik
    13. Marketing
    14. Keuangan
    15. Distributor
    16. SDM dan umum
    17. Yayasan INsan Media peduli: BCA no rex xxxxxxxxxx

    B. Redaksi majalah sekolah (SDIT Insan Kamil)
    1. Pimpinan umum
    2. Penangung jawab
    3. Pimpinan redaksi
    4. Keuangan
    5. Reduktor
    6. Editor
    7. Desain layout
    8. Produksi
    9. Kontributor

    C. Sayang memilih "keuangan"

    D. Alasan: Karena saya pernah memiliki pengalaman menjadi bendahara kelas dari SMP- SMA, sehingga saya pernah terjun langsung mengenai keuangan kelas mulai dari pemasukan, pengeluaran, dan pembagian. Sebab itu saya tertarik dalam bidang keuangan (Bendahara)

    E. Di kampus, saya tidak mengikuti organisasi sehingga tidak memiliki posisi dlm sebuah organisasi.

    BalasHapus
  46. A. Susunan redaksi majalah umum wanita yaitu :
    1. Penerbit
    2. Surat ijin terbit/ rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10.Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email

    B. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK
    Umpan balik :
    Susunan redaksi majalah sekolah :
    1. Pimpinan umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Redaktur pelaksana
    4. Sekretaris redaksi
    5. Kontributor
    6. Keuangan
    7. Cover
    8. Setting dan layout
    9. Litbang
    10. Pengembangan
    11. Sirkulasi
    12. Publik relations
    13. Web master
    14. Iklan dan produksi

    C. Pimpinan redaksi, sebab dalam organisasi yang saya ikuti kebetulan saya yang menjadi pimpinan redaksi. Kendalanya adalah banyak tanggung jawab yang harus saya laksanakan dan terapkan namun saya sendiri belum terlalu menguasai mengenai majalah. Jika berdasarkan pengalaman paling berkesan saya lebih suka menjadi reporter, sebab banyak ilmu dan informasi yang saya dapatkan jika menjadi reporter.

    BalasHapus
  47. 1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah wanita
    Umpan balik :
    Susunan redaksi majalah umum wanita :
    1. Penerbit
    2. Surat ijin terbit / rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10. Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK
    Umpan balik :
    Susunan redaksi majalah sekolah :
    1. Pimpinan umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Redaktur pelaksana
    4. Sekretaris redaksi
    5. Kontributor
    6. Keuangan
    7. Cover
    8. Setting dan layout
    9. Litbang
    10. Pengembangan
    11. Sirkulasi
    12. Publik relations
    13. Web master
    14. Iklan dan produksi

    3. Umpan balik :
    Pada bagian editor. Karena saya suka memperbaiki kesalahan-kesalahan. Dan suka mengedit-edit foto meletakkannya dengan keren.

    4. Umpan balik :
    Alasan : karena pemimpin yang menerima dikte, menyiapkan korespondensi, menerima tamu, memeriksa, atau mengingatkan kepemimpinannya akan kewajiban atau perjanjian resminya dan melakukan banyak kewajiban lainnya terkait untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan terkait dengan kewajiban terkait lainnya untuk meningkatkan efektivitas pemimpin . Seorang sekretaris adalah seseorang yang membantu para pemimpin, baik organisasi maupun perusahaan,
    terutama dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan masalah administrasi yang mendukung kegiatan para pemimpin atau operasi perusahaan.

    5. Umpan balik :
    Selama saya kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi

    BalasHapus
  48. Nama : Wiwin Winarsih
    NIM : A310170027 (7A)

    1. Susunan redaksi yang ada dalam majalah wanita
    Umpan balik :
    Susunan redaksi majalah umum wanita :
    1. Penerbit
    2. Surat ijin terbit / rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10. Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email

    2. Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP/SMA/SMK
    Umpan balik :
    Susunan redaksi majalah sekolah :
    1. Pimpinan umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Redaktur pelaksana
    4. Sekretaris redaksi
    5. Kontributor
    6. Keuangan
    7. Cover
    8. Setting dan layout
    9. Litbang
    10. Pengembangan
    11. Sirkulasi
    12. Publik relations
    13. Web master
    14. Iklan dan produksi

    3. Umpan balik :
    Pada bagian editor. Karena saya suka memperbaiki kesalahan-kesalahan. Dan suka mengedit-edit foto meletakkannya dengan keren.

    4. Umpan balik :
    Alasan : karena pemimpin yang menerima dikte, menyiapkan korespondensi, menerima tamu, memeriksa, atau mengingatkan kepemimpinannya akan kewajiban atau perjanjian resminya dan melakukan banyak kewajiban lainnya terkait untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan terkait dengan kewajiban terkait lainnya untuk meningkatkan efektivitas pemimpin . Seorang sekretaris adalah seseorang yang membantu para pemimpin, baik organisasi maupun perusahaan,
    terutama dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan masalah administrasi yang mendukung kegiatan para pemimpin atau operasi perusahaan.

    5. Umpan balik :
    Selama saya kuliah belum pernah memiliki posisi di organisasi

    BalasHapus
  49. Nama : Dyah Pratiwi
    NIM : A310180144
    Kelas : 7A
    Umpan Balik:
    1.Susunan redaksi yang ada dalam majalah umum wanita:
    Pembina majalah umum wanita berhak mengatur dan menempatkan siapa-siapa saja dalam susunan keredaksian dan semua anggotanya wanita. Berikut susunan redaksi dalam majalah umum wanita:
    1. Penerbit
    2. Surat ijin terbit / rekomendasi
    3. Pimpinan umum
    4. Ketua redaksi
    5. Sidang redaksi
    6. Produksi
    7. Tata letak
    8. Desain cover
    9. Pemasaran
    10. Keuangan
    11. Alamat redaksi
    12. Kantor pemasaran
    13. Alamat email

    2.Susunan redaksi yang ada dalam majalah sekolah SMP:
    1. Pimpinan umum
    2. Pimpinan redaksi
    3. Redaktur pelaksana
    4. Sekretaris redaksi
    5. Kontributor
    6. Keuangan
    7. Cover
    8. Setting dan layout
    9. Litbang
    10. Pengembangan
    11. Sirkulasi
    12. Publik relations
    13. Web master
    14. Iklan dan produksi

    3.Apabila saya diberi kesempatan untuk menduduki posisi pengurus redaksi, maka saya memilih posisi sebagai redaktur pelaksana bagian reporter.
    4.Posisi reporter sangat saya sukai karena dengan menjadi reporter saya dapat berinteraksi dengan lebih banyak orang sehingga dapat menambah banyak kenalan atau koneksi dalam lingkungan sosial, menjadi lebih pandai dalam berkomunikasi karena dengan menjadi reporter dituntut untuk berinteraksi dengan berbagai karakter individu, menjadi lebih up to date atau mengetahui berita terbaru dengan cepat, serta bisa bertemu dengan orang-orang penting.
    5.Selama kuliah, saya belum pernah mengikuti organisasi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.