MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH 2020 KELAS VII C

  KONTRAK  KULIAH

MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH

SEMESTER VII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah.

          Saya harap semua semangat!

***          

ISI KONTRAK


Pertama:

a. Nama mata kuliah: Manajemen Majalah Sekolah

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku pegangan sudah diisusun Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan  LPPBI.

*** 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Selanjutnya, guna membangkitkan semangat mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah      

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

   

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

            PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

            SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

     .       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

  KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

\

KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis. 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta  mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah 

1. Memiliki motivasi, minat, sikap,  dan gambaran jelas mengenai

    manajemen majalah sekolah

1.1 Mampu menjelaskan konsep manajemen umum dan manajeman majalah sekolah.

1.2 Mampu menjelaskan ciri, alasan pengelolaan, dan arti pentitng majalah umum dan majalah sekolah.

1.3 Mampu mengenali rubrik majalah umum dan majalah sekolah.

 

2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah

2.1 Mampu menyebutkan susunan redaksi pengelolaan majalah sekolah.

2.2 Mampu menyebutkan tugas keredaksian majalah sekolah.

2.3 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.

 

3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK)

3.1 Mampu melakukan observasi majalah sekolah SMP dan SMA.

2.1 Mampu mengidentifikasi rubrik pengisi majalah sekolah.

3.3 Mampu membuat tulisan pengisi majalah sekolah (puisi, humor, dan artikel)

 

4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.

4.1 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.  

4.2 Mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus..

4.3 Mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus

 

5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah --Papirus

5.1 Mampu menata rubrik majalah Papirus.

5.2 Mampu melayout dan mengedit draf terbitan majalah Papirus

5.3 Mampu menerbitkan majalah Papirus (berwujud soft file dan cetak).

 

C. MATERI

Materi

Pengertian manajemen secara luas dan sempit, Karakteristik manajemen   majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah

Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah

Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dyl, dan tugas redaksi

Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA

Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah, Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan

Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik

Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah

Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus

Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara

Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi

Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik

Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus

Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

 D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan MMS dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Salam. Menurut Saya CPMK yang paling cocok untuk perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah ini adalah CPMK yang keempat, karena dalam CPMK keempat tersebut mahasiswa dapat mengaplikasikan keterampilan yang diperoleh di mata kuliah ini untuk menyusun Majalah sekolah di sekolah tempat mahasiswa mengajar nanti. mahasiswa juga dapat membuat majalah sekolah dengan teman satu kelas atau satu angkatan secara bersama.

    Pengertian Manajemen
    John F. Mee dan George R. Terry (dalam Wahyudi, 2018) manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat.

    Dengan melakukan manajmen kita mampu mendapatkan hasil yang maksimal yang kita inginkan, dengan melakukan manajemen yang baik kita mampu mendapatkan kesejahteraan dan kebahagian yang maksimal, mampu memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat.

    dengan seni memimpin majalah yang baik terutama dalam manajemen majalah di sekolah di bidang publikasi makan kita sebagai pengelola akan mendaptkan hasil yang baik pula. jika kita menekuni dunia publikasi di sekolah, maka banyak orang akan merasakan kebahagiaannya. contoh jika di sekolah X memiliki majalah skeolah maka semua yang terlibat dalam majalah tersebut akan merasa bangga dan senang. Tidak hanya yang terlibat saja, tetapi seluruh bagian dari sekolah tersebut akan merasakan kebahagiaan dan kesejahteraannya. Penulis yang tulisannnya dapay publis dalam majalh tersebut juga akan merasa bangga dan senang.

    Daftar Pustaka
    Wahyudi, Agus Budi. 2018. Manajemen Majalah Sekolah. Surakarta: Bukukatta.

    BalasHapus
  2. Nama: Septian Hestining Tyas
    NIM: A310170108
    Kelas: 7C

    Bagian pertama
    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir ke-4 “Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah”, karena dengan mempelajari CPMK ke-4 mahasiswa akan mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen sekolah dengan baik.

    Bagian kedua:
    a. Menurut Wirjana dalam (Wiastra, dkk, 2015: 2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana orang-orang yang bertanggungjawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
    b. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. 2015. “Pembinan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1):1-13.
    c. Berdasarkan pendapat Wirjana tersebut dapat diartikan bahwa manajemen adalah proses kegiatan yang melibatkan banyak orang dengan suatu tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan adanya pembagian tugas dalam sebuah kelompok sehingga tujuan dapat diraih dan diselesaikan bersama dalam sebuah organisasi.
    d. Menurut saya implementasi pendapat Wirjana apabila dikaitkan dengan manajemen majalah sekolah adalah dengan menerapkan manajemen pada proses kegiatan maka kegiatan majalah sekolah yang dilaksanakan akan berjalan dengan baik, karena dalam prosesnya mengedepankan pembagian tugas dalam sebuah kelompok, dan di dalam kelompok tersebut terdapat orang yang bertanggungjawab untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Apabila majalah sekolah yang diciptakan berhasil berjalan dengan baik maka seluruh anggota kelompok telah mencapai tujuan bersamanya.

    BalasHapus
  3. Sri Budi Utami/A310170132/7 C

    Salam. Menurut Saya CPMK yang paling cocok dengan perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah adalah CPMK keempat, dijabarkan dalam poin-poin tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa diarahkan untuk membuat rencana, proses, dan hasil dari majalah sekolah –Papirus.
    a. Menurut Mary Parker Follet (2007) pengertian manajemen sebagai proses, karena dalam manajemen terdapat adanya kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan, misalnya kegiatan perencanan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.
    b. Batlajery, Semuel. 2016. PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA
    APARATUR PEMERINTAHAN KAMPUNG TAMBAT KABUPATEN MERAUKE. JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL. 7 (2):135-155.
    c. Berdasarkan pendapat Mary Parker Follet tersebut dapat diartikan bahwa manajemen sebuah proses manajemen yang dalam kegiatan tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Hal ini dilakukan untuk mencapai keterpaduan sebuah kegiatan yang akan dituju.
    d. Implementasi pendapat Mary Parker Follet dikaitkan dengan manajemen majalah sekolah yakni akan berjalan lancar. Mengingat pembelajaran manajemen majalah sekolah selalu berkaitan dengan pengelolaan sebuah majalah sekolah. Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap majalah sekolah maupun pembuatan majalan sekolah. Jadi, hal ini sangat cocok dengan CPMK poin ke-empat.

    BalasHapus
  4. Nama : Chandra Gupta Nur Kartika Sari
    NIM : A310170117
    Kelas : 7 C

    Bagian Pertama:
    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke-4 yakni mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus. Karena dalam manajemen majalah sekolah diharuskan dapat melakukan pengelolaan. Pengelolaan dilakukan dengan pembagian tugas dalam penyusunan majalah sekolah.

    Bagian Kedua:
    A.Menurut Wirjana (dalam Wiastra, dkk, 2015) manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

    B.Wiastra, I Gd. Gita, dkk. 2015. “Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.

    C.Berdasarkan pengertian manajemen yang diungkapkan oleh Wirjana dapat diartikan bahwa manajemen melibatkan banyak orang atau tidak dilakukan secara individu hal tersebut memungkinkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diperlukan. Setiap bagian memiliki tugas sendiri namun saling berkaitan guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    D.Menurut saya, pendapat yang diungkapkan oleh Wirjana sesuai untuk diimplementasikan dalam manajemen majalah sekolah karena diperlukan pembagian tugas-tugas agar prosesnya dapat berlangsung secara fektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

    BalasHapus
  5. Nama: Eko Purnomo
    NIM: A310170150
    Kelas 7C
    Salam. Menurut Saya CPMK yang paling cocok untuk perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah ini adalah CPMK yang keempat, karena dalam CPMK keempat tersebut mahasiswa dapat mengaplikasikan keterampilan yang diperoleh di mata kuliah ini untuk menyusun Majalah sekolah di sekolah tempat mahasiswa mengajar nanti. mahasiswa juga dapat membuat majalah sekolah dengan teman satu kelas atau satu angkatan secara bersama.

    Pengertian Manajemen
    John F. Mee dan George R. Terry (dalam Wahyudi, 2018) manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat.

    Dengan melakukan manajmen kita mampu mendapatkan hasil yang maksimal yang kita inginkan, dengan melakukan manajemen yang baik kita mampu mendapatkan kesejahteraan dan kebahagian yang maksimal, mampu memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat.

    dengan seni memimpin majalah yang baik terutama dalam manajemen majalah di sekolah di bidang publikasi makan kita sebagai pengelola akan mendaptkan hasil yang baik pula. jika kita menekuni dunia publikasi di sekolah, maka banyak orang akan merasakan kebahagiaannya. contoh jika di sekolah X memiliki majalah skeolah maka semua yang terlibat dalam majalah tersebut akan merasa bangga dan senang. Tidak hanya yang terlibat saja, tetapi seluruh bagian dari sekolah tersebut akan merasakan kebahagiaan dan kesejahteraannya. Penulis yang tulisannnya dapay publis dalam majalh tersebut juga akan merasa bangga dan senang.

    Daftar Pustaka
    Wahyudi, Agus Budi. 2018. Manajemen Majalah Sekolah. Surakarta: Bukukatta.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama: FEBRI SETIANI
    NIM: A310170130
    Kelas: 7C

    BAGIAN PERTAMA
    Gambaran CPMK yang cocok dengan mata kuliah ini menurut saya adalah poin ke empat yaitu “Redaksi dan Susunan redaksi majalah umum dan susuna redaksi majalah sekolah”. Karena menurut saya poin tersebut mencakup hal-hal penting atau poin dalam mata kuliah ini yang mencakup redaksi serta penyusunannya secara umum serta khusu yaitu dalam majalah sekolah.

    BAGIAN KEDUA
    A. Menurut James F. Stoner (2004) pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
    B. Sumber: Stoner, James A.F. 2004. Manajemen. Jilid 1 Edisi 6, Jakarta : Salemba Empat
    C. Penjelasan definisi: manajemen merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan suatu organisasi atau kepentingan yang telah ditentukan dengan proses merencanakan secara matang serta mengorganisasikannya dengan baik dengan menggunakan sumber dayanya agar pencapaian tujuan organisasi tercapai dengan baik dan tepat.
    D. Implementasi definisi dengan manajemen majalah sekolah menurut saya sangat penting dan berkaitan. Karena Isi majalah sekolah berkaitan dengan kepentingan komunikasi pendidikan dan pengajaran di sekolah. Sehingga agar siswa mendapat manfaat dalam majalah sekolah diperlukan perencanaan, penggunaan serta pengorganisasian sumber daya dalam sekolah dengan baik agar siswa dapat memanfaatkan majalah sekolah karena majalah sekolah tidak hanya berisi informasi pendidikan namun bisa menjadi wadah kreatifitas siswa serta bisa menumbuhkan minat baca siswa.

    BalasHapus
  8. Nama : Mia Rosalinda
    NIM: A310170124
    kelas: 7C

    Bagian pertama
    Dari CMPK tersebut gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir 4. Karena pada butir 4 mahasiswa dituntut untuk mampu menyelenggarakan pengelolahan majalah sekolah. Pada penyelenggarannya tentu ada manajemen pencapaian sasaran secara efektif antara lain mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah, mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah, dan mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah.

    Bagian kedua
    A. Menurut Wirjana (dalam Wiastra, dkk, 2015:2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertangung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
    B. B. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. (2015). “Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.
    C. Berdasarkan kutipan dari Wirjana bahwa manajemen adalah suatu proses yang bertujuan menyelesaikan tugas-tugas yang kemudian dipertanggung jawabkan oleh orang-orang didalam suatu organisasi itu sendiri, proses ini dilakukan melalui upaya-upaya orang lain namun tetap dalam satu kelompok.
    D. Menurut saya, dalam implementasinya pada manajemen majalah sekolah cocok, sebab banyak orang-orang yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini dan dapat terjalin kekompakkan satu sama lain dalam organisasi itu sendiri sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Namun orang-orang yang diberikan tugas bertanggung jawab penuh dalam tugasnya, supaya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

    BalasHapus
  9. Nama : Novita Dwi Cahyani
    NIM : A310170126
    Kelas : 7 C
    Bagian Pertama
    Menurut saya CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah CPMK butir keempat, yaitu mahasiswa mampu dalam menyelenggarakan pengelolaan majalah- Papirus. Dalam hal ini mahasiswa diharapkan mampu dalam melaksanakan kegiatan yang dimulai dari menyusun, melaksanakan tugas, dan mempersiapkan dalam penerbitan majalah sekolah-Papirus.
    Bagian Kedua
    A. Menurut George R. Terry (dalam Wahyudi, 2018) menyatakan bahwa manajemen merupakan proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula.
    B. Wahyudi, Agus Budi. Manajemen Majalah Sekolah Media Sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Berbahasa. Mojosongo : bukukatta.
    C. Berdasarkan definisi di atas bahwa manajemen merupakan proses yang khas terdiri dari tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian maupun keahlian yang dapat diikuti secara berurutan sebagai usaha untuk mencapai hasil yang telah ditetapkan.
    D. Berdasarkan definisi di atas implementasinya dengan manajemen majalah sekolah adalah dengan menerapkan beberapa proses yang khas dalam manajemen yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, dan seterusnya yang dilakukan secara berurutan maka pembelajaran manajemen majalah sekolah akan berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang telah ditentukan dari awal.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Jeni Nur Cahyati (A310170109) 7C

    Bagian Pertama
    Menurut saya, CPMK yang cocok dengan makul Manajemen Majalah Sekolah adalah CPMK yang ke-4, karena mahasiswa bisa belajar menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Hal ini dapat mengembangkan keterampilan dan kreativitas mahasiswa.

    Bagian Kedua
    1. Manajemen
    merupakan suatu proses khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan,
    pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk menentukan serta
    mencapai tujuan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya
    lainnya (Terry, 2010:16).
    2. Sitasi: Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen.
    Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
    3. Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan kegiatan yang dilakukan dalam
    upaya mencapai tujuan bersama dengan mengelola sumber daya manusia dan sumber
    daya lainnya secara optimal melalui kerjasama antaranggota organisasi.
    4. Berdasarkan definisi tersebut dapat diimplementasikan pada Manajemen Majalah Sekolah sebagai upaya untuk mengembangkan gerakan literasi sekolah. Majalah sekolah bisa menjadi wadah untuk menampung tulisan atau karya siswa. Untuk mewujudkannya, tentu diperlukan manajemen dan pengelolaan yang baik, serta kerjasama yang optimal.

    BalasHapus
  12. Erfin Nindyastuti/A310170138/7C

    Bagian pertama
    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir keempat “Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah”, karena dalam mempelaari CPMK keempat mahasiswa akan mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen sekolah dengan baik

    Bagian kedua
    a. Menurut wirjana dalam (wiastra, dkk, 2015:2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi. Menyelesaikan ugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam keiatan kelompok.
    b. Wiastra, I Gd. Gita, dkk.2015. ‘’ Pembinaan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstra Kulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja’’. E-journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.
    c. Berdasarkan Wirjana dapat diartikan bahwa manajemen tidak bisa dilakukan dengan hanya satu orang dengan tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan dalam kelompok harus bisa membagi tugas agar dapat diselesaikan bersama dengan baik dalam organisasi
    d. Menurut saya berdasarkan Wirjana sesuai untuk diimplementasikan dalam manajemen majalah sekolah karena pembagian tugas-tugas agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien dengan mencapai tujuan.

    BalasHapus
  13. Nama : Yaniar Dwi Pramesti
    NIM : A310170111
    Kelas : 7 C

    BAGIAN PERTAMA
    Menurut saya CPMK yang paling cocock untuk perkuliahan ini adalah CPMK keempat, karena mahasiswa dapat menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam mata kuliah ini, kelak pada saat mahasiswa menjadi guru di sekolah. Mahasiswa dapat menyusun tim redaksi majalah sekolah-papirus.

    BAGIAN KEDUA
    A. Menurut Laureb A.Aply seperti yang dikutip Tanthowi menerjemahkan manajemen sebagai "The Art Of Getting Done Thoug People atau seni dalam menyelesaikan pekerjaan orang lain.
    B. SUMBER: Eri, Susan. 2019. "Manajemen Sumber Daya Manusia". Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2): 952-963.
    C. Berdasarkan pengertian yang diungkapkan oleh Lauren, dalam memanajemen pekerja orang lain sama saja seperti menyelesaikan seni dalam pekerjaan orang lain.
    D. Implementasi dengan manajemen majalah sekolah menurut saya, dalam manajemen majalah sekolah berkaitan dengan menyelesaikan suatu pekerjaan. Dalam menyelesaikan majalah sekolah juga diperlukan suatu seni seperti perencanaan, dan pengorganisasian. Dalam majalah sekolah juga diperlukan seni agar bisa menarik minat siswa dalam memanfaatkan majalah sekolah dalam menuangkan ide dan kreatifitas.

    BalasHapus
  14. Nama : Annisa Wulandari
    Nim : A310170116
    Kelas : 7c

    BAGIAN PERTAMA:
    Butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir 4, pada butir 4 tersebut mahasiswa dituntut untuk dapat menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah

    BAGIAN KEDUA:
    (A) Menurut Asifudin (2016: 357) manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu.
    (B) Asifudin, Ahmad Janan. (2016). “Manajemen Pendidikan untuk Pondok
    Pesantren”. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(2): 355-366
    (C) Berdasarkan pengertian manajemen menurut Asifudin merupakan suatu kegiatan yang berodinasi dalam segala sumber daya manusia pada proses perencanaan yang disusun,pengorganisasian, lalu di dalam sebuah manajemen pada umumnya ditetapkan dalam bagian kinerja masing-masing sesuai kemampuan, lalu diberi arahan serta tetap diadakannya pengawasan guna mencapai tujuan manajemen dalam suatu kegiatan tertentu.
    (D) Menurut saya, implementasi dari definisi manajemen oleh Asifudin, dengan manajemen majalah sekolah sangat cocok. Karena menurut saya, karena menurut saya pada proses-proses yang dilakukan pada pengertian manajemen juga perlu dilakukan pada manajemen majalah sekolah. Artinya perlu adanya proses perencanaan pada awal suatu kegiatan, lalu pengorganisasian, kemudian dibagi dalam penetapan tugas/ pekerjaan sesuai kemampuan, lalu diberikan arahan dan tetap diberikan pengawasan dari awal kegiatan, saat berlangsungnya kegiatan hingga akhir kegiatan atau untuk evaluasi pada manajemen majalah sekolah, sehingga majalah sekolah dapat berjalan sesuai tujuan yang telah disepakati

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Nama: Rahma Nurmala Ainin
    NIM: A310170134
    Kelas : 7C

    Salam, menurut pendapat Saya CPMk yang cocok dan sesuai dengan kata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu CPMK yang ke-4, karena CPMK ke-4 mahasiswa dapat mengadakan pengelolaan majalah sekolah dengan menyusun,melakukan dan mempersiapkan penerbitan dalam majalah sekolah.

    Bagian Kedua:
    A.Menurut Wirjana (dalam Wiastra, dkk 2015) menyatakan manajemen adalah proses dimana orang-orang bertanggung jawab dalam suatu organisasi,mampu menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya orang lain pada kegiatan kelompok.

    B. Wiastra, I Gd.Gita,dkk.2015."Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja". E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1):1-13.

    C.Berdasarkan pengertian yang dinyatakan oleh Wirjana, bahwa manajemen menyertakan banyak orang dan tugas tidak hanya dilaksanakan secara per orangan atau individu, melainkan setiap individu memiliki tugasnya masing-masing tetapi masih saling berhubungan antar anggota organisasi lainnya sehingga tujuan pencapaian organisasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

    D.Menurut Saya, pendapat yang dinyatakan oleh Wirjana sangat sesuai untuk diimplementasikan pada Manajemen Majalah Sekolah, karena pada prosesnya terdapat pembagian tugas antar anggota organisasi yang diselesaikan tanggung jawab tugas masing-masing. Majalah sekolah menjadi sarana ekspresif,kreatif,dan produktif bagi siswa dan untuk merealisasikannya tentu didukung pengelolaan organisasi secara terencana.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama : Ninda Dwi Astuti
    Nim : A310170125
    Kelas : 7C

    BAGIAN PERTAMA
    Menurut saya gambaran CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Didalam pengelolaan tersebut mahasiswa akan menyusun, melaksanakan tugas dan mempersiapkan penerbitan majalah.

    BAGIAN KEDUA
    A. Wirjana (dalam Wiastra, dkk 2015) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

    B. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. 2015. “Pembinaan dan Manajememn Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.

    C. Berdasarkan pengertian diatas, manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses dalam suatu organisasi yang mana melibatkan banyak orang untuk mencapai suatu tujuan. Didalam pelaksanaan meyelesaikan tugas tersebut perlu adanya pembagian tugas tim sebagaimana yang sudah ditentukan bersama dalam kelompok tersebut agar tujuan tercapai secara efektif.

    D. Menurut saya, pendapat tersebut dapat diimplementasikan dalam manajemen majalah sekolah, karena dalam manajemen sekolah dibutuhkan orang-orang yang bertanggung jawab yangmana dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan baik dan dalam proses menyelesaikan tugas tersebut diperlukan pembagian tugas agar tujuan dapat tercapai secara efektif.

    BalasHapus
  19. Nama : Weni Sayekti Putri
    NIM : A310170121
    Kelas : C


    Bagian pertama
    Butir CMPK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah yaitu CMPK bagian ke empat, karena mahasiswa dapat belajar menyelenggarakan pengolahan majalah sekolah. Hal tersebut dapat mengembakan keterampilan serta kreativitas yang di miliki oleh seorang mahasiswa.

    bagian Kedua
    a. T. Hani Handoko (2000:10): “manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan”.
    b. Taufiqurokhman, T. 2019. Analisis Disiplin Kerja Pegawai Kelurahan Kemanggisan Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Public Administration Jurnal (PAJ), 1(2) 147-171.
    c. Berdasarkan pengertian di atas menurut saya, manajemen tidak dapat di lakukan oleh satu orang dan manajemen harus di lakukan dengan beberapa orang atau sekelompok orang untuk menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan dari organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi suatu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan juga pengawasan”.
    d. Menurut saya implementasi pendapat T. Hani Handoko apabila di kaitan dengan majalah sekolah yaitu dengan menerapkan manajemen di dalam suatu kegiatan maka kegiatan manajemen majalah sekolah akan berjalan dengan efektif dan efisien karena di dalam kegiatan manajemen mengedepankan adanya suatu organisai ( kelopok orang ) untuk mencapai suatu tujuan di bawah naungan seorang pemimpin.

    BalasHapus
  20. Nama: Damar Kurniawan
    NIM : A310170118
    Kelas : 7C

    Bagian pertama
    Menurut Saya CPMK yang paling tepat yaitu CPMK yang keempat, karena dalam CPMK keempat, “Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah” mahasiswa dalam pengelolaan majalah sekolah sangat berperan dalam aktivitas majalah sekolah tersebut. Dari mata kuliah MMS ini kita harus memahami fungsi MMS yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengawasan dan pengendalian majalah sekolah.

    Bagian kedua

    a. Chester I Barnard dalam bukunya "function of the executive" Mengakui bahwa manajemen merupakan "seni" dan merupakan sebuah "ilmu" demikian pula Henry Fayol, Alvin Brown, Harold Koontz, Cyril O Donnel, dan george R. Terry Beranggapan bahwa Ilmu sekaligus seni

    b.Firmansyah, Anang. 2017. _Manajemen_. Yogyakarta: Qiara Media.

    c. Manajemen sebagai Seni berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi menerangkan fenomena-fenomena (gejala-gejala), kejadian-kejadian, keadaan-
    keadaan, jadi memberikan penjelasan-penjelasan.

    d. Dari devinisi tersebut, Manajemen sebagai ilmu pelaksanaannya manajemen memiliki 4 kegiatan pokok, yaitu planning, organizing, action, dan controlling. Sedangkan manajemen sebagai senin adalah seni untuk menggerakan planning, organizing, action, dan controling melalui SDM yang ada atau daya untuk menggerakan SDM tersebut

    BalasHapus
  21. Nama : Yessy Primadani T.D
    NIM : A310170142
    Kelas : 7C

    Bagian Pertama
    Butir CPMK yang cocok untuk mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu pada butir ke-4. Mahasiswa dapat menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Dalam pengelolaan tersebut mahasiswa dapat mengembangkan kreativitasnya. Kegiatan dapat dilakukan dengan menyusun, melaksanakan tugas dan mempersiapkan penerbitan majalah.

    Bagian Kedua
    A. Menurut Wirjana dalam (Wiastra, dkk, 2015 : 2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi. Menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
    B. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. 2015. ‘’ Pembinaan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstra Kulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja’’. E-journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.
    C. Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen harus dilakukan secara bersama-sama agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dalam kelompok dilakukan pembagian tugas sehingga tujuan dapat diraih.
    D. Implementasi dengan Manajemen Majalah Sekolah adalah sesuai dengan pelaksanaan dalam organisasi sekolah. Karena dalam pelaksanaannya membutuhkan keterlibatan orang lain, antar satu orang dengan yang lain harus seirama agar tercapai suatu tujuan yang diinginkan. Setiap orang dalam kelompok diberikan tugas masing-masing dan tugas tersebut harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  22. Nama : Uswatun Khasanah
    NIM : A310170152
    Kelas : 7C
    Mata Kuliah : Manajemen Majalah Sekolah

    Bagian Pertama
    Setelah membaca dan memahami CMPK menurut saya gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah nomor empat yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen sekolah-Papirus. Karena pada poin keempat ini menunjukkan bahwa dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah dapat berjalan dengan baik apabila mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen dengan baik.
    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!
    Jawaban:
    “Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu” (Hasibuan, 2004: 54)
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Jawaban:
    Purwaningsih.2019.Implementasi Manajemen Sumber Data Manusia di SMA N 1 Kota Metro.Dewantoro.Vol VII(141)
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Jawaban:
    Berdasarkan pengertian manajemen menurut Purwaningsih tersebut, menurut saya manajemen merupakan mengatur, mengatur dalam segala hal yang dapat mencapai sebuah tujuan. Dengan contoh mengatur yaitu yang diatur itu apa, siapa yang akan diatur, tujuan mengatur hal tersebut, dan lain sebagainya. Dalam memanajemen dapat dikatakan baik apabila dalam mengatur sebuah perancangan harus dipertimbangkan dan memilih cara yang efektif dan efisien.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?
    Jawaban:
    Pengertian Purwaningsih ini dapat digunakan di mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah, karena mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan dengan baik itu harus adanya cara mengatur sesuatu hal yang berhubungan dengan manajemen sekolah dengan baik. Dalam mengatur hal yang berhubungan pengelolaan harus dilakukan secara efektif dan efisien agar apa yang diatur tersebut dapat mencapai tujuan yang diinginkan.


    BalasHapus
  23. Nama: Chindy Ajeng Permata
    Nim : A310170133
    Kelas: 7C

    Bagian pertama
    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah yaitu butir ke 4, karena mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Dengan pengelolaan tersebut mahasiswa dapat menyusun dan mempersiapkan penerbitan dalam majalah sekolah.

    Bagian kedua
    A. Menurut wirjana dalam (wiastra, dkk, 2015:2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi. Menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
    B. Wiastra, I Gd. Gita, dkk.2015. ‘’ Pembinaan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstra Kulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja’’. E-journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.
    C. Berdasarkan definisi menurut wirjana diatas dapat diartikan bahwa manajemen yaitu orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi atau kelompok untuk menyelesaikan tugas secara bersama-sama. Untuk mencapai tujuan dibutuhkan kerjasama dalam kelompok.
    D. Implementasi dari definisi dengan manajemen majalah sekolah yaitu sangatlah berkaitan. Definisi menurut wirjana jika dihubungkan dengan manajemen majalah sekolah yaitu dalam menerapkan manajemen ke dalam proses kegiatan majalah sekolah mungkin akan sangat baik dan sangat membantu. Dalam proses pengerjaan pastilah dibutuhkan kerjasama dalam kelompok. Dan pengerjaannya dapat dilakukan dengan membagi tugas dan direncanakan secara bersama-sama supaya tujuan yang akan dicapai sesuai dengan yang diharapkan.

    BalasHapus
  24. Nama: Endah Riski Kartini
    NIM: A310170128
    Kelas: 7C

    Bagian Pertama
    CPMK yang cocok mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah CPMK keempat “Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah”. Pada butir keempat berisi hal-hal penting yang akan dipelajari mahasiswa untuk menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah dengan baik, yaitu dari menyusun tim redaksi, melaksanakan tugas, dan mempersiapkan penerbitan majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    A. Menurut George R. Terry (dalam Wahyudi, 2018) manajemen adalah proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula.
    B. Wahyudi, Agus Budi. 2018. Manajemen Majalah Sekolah Media sebagai Saran Peningkatan Kemampuan Berbahasa. Solo: Bukukatta.
    C. Berdasarkan definisi di atas, manajemen dapat diartikan sebagai proses untuk mencapai suatu hasil dan tujuan tertentu yang dilakukan secara urut dimulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian maupun keahlian.
    D. Definisi di atas dapat diimplementasi dalam Manajemen Majalah Sekolah, karena untuk melakukan pengelolaan majalah sekolah dengan baik maka diperlukan proses yang khas dan berurutan agar hasil dari pengelolaan manajemen majalah sekolah dapat tercapai dengan baik dan sesuai dengan tujuan awal.

    BalasHapus
  25. Nama : Opie Octaviana Sari
    Nim : A310170127
    Kelas : 7C

    BAGIAN PERTAMA
    A. Menurut saya gambaran CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah pada poin keempat dimana pada poin tersebut mahasiswa mampu untuk menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Dalam hal ini pengelolaan yang dimaksud mahasiswa mampu menyusun, melaksanakan tugas dan mempersiapkan penerbitan majalah dengan ikut berperan aktif dalam segala aktifitas majalah sekolah.

    BAGIAN KEDUA
    A. Menurut George R. Terry (dalam Wahyudi, 2018) manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian maupun keahlian dan yang di ikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula.
    B. Wahyudi, Agus Budi. 2018. Manajemen Majalah Sekolah Media sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Berbahasa. Solo: Bukukatta.
    C. Dari definisi tersebut menurut George R. Terry (dalam Wahyudi, 2018) menajemen terdapat proses yang di dalamnya dapat berisi tindakan dalam perencanaan, perngorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang membutuhkan keahlian agar dapat mencapai usaha dan sasaran yang telah ditentukan yang sesuai dnegan tujuan yang telah ditetapkan
    D. Menurut saya, dalam pendapat yang dinyatakan oleh George R. Terry sesuai untuk digunakan dan diimplementasikan pada Manajemen Majalah Sekolah, karena dalam manajemen yang memuat hal-hal yang diperlukan dalam memanajemen majalan sekolah sesuai dengan proses yang diperlukan agar pengelolaan manajemen majalah sekolah dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    BalasHapus
  26. Nama : Niken Thalia Ayupradani
    NIM: A310170144
    Kelas: 7C


    Butir CPMK yang cocok untuk diterapkan dalam mata kuliah manajemen majalah sekolah terdapat pada butir ke sembilan yakni cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah. Karena sebagai mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memiliki kemampuan untuk menulis rubrik-rubrik tersebut sebagai isi dalam penyusunan majalah sekolah.

    A. Manajemen menurut John F Mee dan George R. Terry (dalam Wahyudi, 2018) manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal, baik bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat.

    B. Dengan adanya manajemen yang baik, kita mampu memberikan hasil yang maksimal dalam melakukan suatu kegiatan apapun. Karena dengan manajemen meskipun usaha yang kita berikan kurang maksimal, akan tetapi karena strategi manajemen kita bagus, jadi kita bisa mendapatkan hasil yang baik pula.

    C. Implementasi dalam manajemen majalah sekolah yakni dengan adanya ketrampilan manajemen yang baik dalam mengelola majalah di sekolah, maka akan tercapai hasil yang memuaskan. Contoh di sekolah ternyata banyak sekali siswa yang suka menulis konten-konten tertentu, karena kita bisa mengelola dan menyaring siswa-siswa yang mau memberikan tulisannya lalu dipublis tentu siswa tersebut akan merasa senang. Selain itu, karena pengelolaan serta konsistensi yang baik dalam mengelola majalah sekolah maka akan mengharumkan nama sekolah juga karena memiliki produk yang dikelola dengan baik.

    Sumber: Wahyudi, Agus Budi. 2018. Manajemen Majalah Sekolah. Surakarta: Bukukatta

    BalasHapus
  27. Nama : Silvania Maydyawati
    Nim : A310170115
    Kelas : 7C

    Bagian pertama
    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke 4. Karena dengan mempelajari CPMK ke-4 mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen sekolah dengan baik dan benar.

    Bagian kedua
    Bagian kedua:
    a. Menurut Wirjana dalam (Wiastra, dkk, 2015: 2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana orang-orang yang bertanggungjawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
    b. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. 2015. “Pembinan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1):1-13.
    c. Berdasarkan pendapat Wirjana tersebut dapat diartikan bahwa manajemen adalah proses kegiatan yang melibatkan banyak orang dengan suatu tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan adanya pembagian tugas dalam sebuah kelompok sehingga tujuan dapat diraih dan diselesaikan bersama dalam sebuah organisasi.
    d. Menurut saya implementasi pendapat Wirjana apabila dikaitkan dengan manajemen majalah sekolah adalah dengan menerapkan manajemen pada proses kegiatan maka kegiatan majalah sekolah yang dilaksanakan akan berjalan dengan baik, karena dalam prosesnya mengedepankan pembagian tugas dalam sebuah kelompok, dan di dalam kelompok tersebut terdapat orang yang bertanggungjawab untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Apabila majalah sekolah yang diciptakan berhasil berjalan dengan baik maka seluruh anggota kelompok telah mencapai tujuan bersaman

    BalasHapus
  28. Nama: Ridha Fitriani
    NIM: A310170122
    Kelas: 7C

    Bagian Pertama
    Menurut saya, butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir keempat, yakni diharapkan mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah dengan menyusun dan melaksanakan tugas tim redaksi kemudian mempersiapkan penerbitan majalan sekolah.
    Bagian Kedua
    A. Wirjana (dalam Wiastra, 2015:2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upayaupaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
    B. Wiastra, I Gd. Gita; I W. Rasna; I Md. Astika. 2015. Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstrakulikuler Jurnalistik DI SMA Negeri 4 Singaraja. JJPBS, 3(1):1-13.
    C. Berdasarkan definisi Wirjana manajemen adalah proses menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada orang-orang bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok, dimana setiap orang mendapat tugas masing-masing tetapi tetap untuk mencapai tujuan yang sama.
    D. Menurut saya, definisi tersebut dapat diimplementasikan dalam manejemen majalah sekolah. Karena untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dibutuhkan orang-orang bertanggung jawab dalam suatu kelompok yang dapat menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien.

    BalasHapus
  29. Nama: Meidy Agsita Putri
    NIM: A310170136
    Kelas: 7C

    Bagian Pertama

    Menurut saya, butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah CMPK keempat, karena diharapkan mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah dengan menyusun dan melaksanakan tugas tim redaksi kemudian mempersiapkan penerbitan majalan sekolah.

    Bagian Kedua

    A. Wirjana (dalam Wiastra, 2015:2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upayaupaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

    B. Wiastra, I Gd. Gita; I W. Rasna; I Md. Astika. 2015. Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstrakulikuler Jurnalistik DI SMA Negeri 4 Singaraja. JJPBS, 3(1):1-13.

    C. Berdasarkan definisi Wirjana manajemen adalah proses menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada orang-orang bertanggung jawab dalam kegiatan kelompok, dimana setiap orang mendapat tugas masing-masing tetapi tetap untuk mencapai tujuan yang sama.

    D. Menurut saya, definisi diatas dapat diimplementasikan dalam manejemen majalah sekolah. Karena agar mencapai sebuah tujuan dibutuhkan proses penyelesaian tugas yang diberikan kepada orang-orang tertentu, seperti orang yang bertanggung jawab atas tugas yang telah diberikan.

    BalasHapus
  30. Nama: Firstima Julian Sukmawati
    NIM: A310170149
    Kelas: 7C

    Bagian pertama

    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir ke-4, yaitu Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Dengan mempelajari CPMK tersebut mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Selain itu, mahasiswa juga diarahkan untuk membuat rencana bagaimana menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah, dan mengetahui bagaimana prosesnya.

    Bagian kedua

    A. Terry (dalam Ibrahim, 2016: 861) menyatakan bahwa manajemen bahwa manajemen merupakan proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan, pengorganisasian, menggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.

    B. Ibrahim, Akhmadrandy. 2016. Analisis Implementasi Manajemen Kualitas dari Kinerja Operasinal pada Industri Ekstraktif di Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 2 (4): 859-869.

    C. Berdasarkan definisi Terry manajemen adalah suatu proses yang mengedapankan tindakan untuk melakukan perencanan, pengorganisasian, gerakan, dan pengawasan agar sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia atau sumber lainnya dapat berjalan dengan baik.

    D. Menurut saya, implementasi pendapat Terry apabila dikaitkan dengan manajemen majalah sekolah adalah dengan menerapkan manajemen pada suatu proses tindakan atau perencanaan maka kegiatan majalah sekolah yang dilaksanakan akan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  31. Nama :Lovena Ayu Irianti
    NIM : A310170131

    Bagian pertama : Menurut saya bagian yang cocok pada CPMK terdapat pada no 4 cocok untuk melakukan studi Manajemen Majalah Sekolah karena disini mahasiswa diberi kebebasan untuk menyusun tim untuk melaksanakan redaksi dan juga dapat melatih kemandirian seorang siswa dan rasa tanggung jawan yang penuh serta mahasiswa dapat sepenuhnya menyelenggaraan pengelolaan majalah dan mengetahui prosesnya .

    Bagian kedua :
    1. Definisi manajemen menurut James A. F (Dalam Krisnaldy, dkk :2020) mendefinisikan manajemen sebagai peoses pengorganisasian, perencanaan, dan penggunaam SDM supaya mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan.

    2.Krisnaldy,.et al. 2020. "Efisiensi Meningkatkan Barang Habis Pakai Guna Meningkatkan dan Menajemen Keuangan yang Baik". Jurnal ABDIMAS, 1(2) : 10-15.

    3.Berdasarkan definisi James A.F manajemen adalah suatu proses yang dilakukan untuk pengorganisasian ,perencanaan dan penggunaan SDM dalam memanajemeni sesuatu agar sesuai dengan yang sudah ditetapkan

    4. Menurut saya, pendapat James apabila diimplementasikan dengan manajemen majalah sekolah sudah sesuai karena didalam sebuah manajemen harus ada pengorganidasian yang jelas agar sesuai dengan yang dicapai .

    BalasHapus
  32. Tyan Siwi Pawestri /A310170119/7C
    Bagian pertama
    Dari CPMK tersebut gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah CPMK yang keempat, karena karena dari sini mahasiswa dapat belajar menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Hal ini dapat mengembangkan keterampilan dan kekreativitasan mahasiswa dalam melakukan tugas tim.
    Bagian kedua
    a. Menurut Wirjana (dalam Wiastra, dkk, 2015) manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
    b. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. 2015. “Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13
    c. Berdasarkan pengertian manajemen oleh Wirjana dapat diartikan bahwa manajemen melibatkan banyak orang dan tidak dapat dilakukan secara individu hal tersebut memungkinkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diperlukan. Setiap bagian memiliki tugas sendiri dan saling berkaitan guna untuk mencapai tujuan. .
    d. Menurut pendapat saya, bahwa pendapat yang diungkapkan oleh Wirjana sesuai untuk diimplementasikan dalam manajemen majalah sekolah karena diperlukan pembagian tugas secara berkelompok agar prosesnya dapat berlangsung secara efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai

    BalasHapus
  33. Nama : Ifan Risky Anugera
    Nim : A310170148
    Kelas : VII C

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama
    Setelah saya memahami CPMK, menurut saya semua butir yang ada di dalam CPMK tersebut cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih sesuai adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
    Bagian Kedua
    A. Kutipan definisi manajemen yang diberikan seorang ahli:
    Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry dalam Arif, 2008:236).
    B. Sumber Sitasi
    Arif, Saiful Nur dan Iskandar Zulkarnain. (2008). Dasar-dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi. Jurnal SAINTIKOM, 5(2), 236-247.
    C. Penjelasan Definisi Manajeman Menurut George R. Terry
    Manajemen sangat penting bagi setiap aktivitas individu atau kelompok dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen berorientasi pada proses yang berarti bahwa manajemen membutuhkan sumber daya manusia, pengetahuan, dan keterampilan agar aktivitas menjadi lebih efektif atau dapat menghasilkan tindakan dalam mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu, tidak akan ada organisasi yang sukses apabila tidak menggunakan manajemen yang baik. George R. Terry membagi empat fungsi dasar manajemen, yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan/ Penggerakan), dan Controlling (Pengawasan). Keempat fungsi manajemen tersebut disingkat dengan POAC.
    D. Pendapat Mengenai Implementasi dari Definisi Manajemen Menurut George R. Terry Berkaitan Dengan Manajemen Majalah Sekolah
    Menurus saya, definisi manajemen dari George R. Terry dapat diimplementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena jika dilihat dari definisi tersebut, George R. Terry mengungkapkan bahwa manajemen itu terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan. Hal itu sesuai dengan butir-butir dalam capaian perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah. Dari capaian tersebut menunjukkan proses yang meliputi tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan yaitu mampu menerbitkan majalah sekolah –Papirus.

    BalasHapus
  34. Nama : siti wahyu caristina
    Nim : A310170113


    1)
    Menurut saya CPMK yang paling cocock untuk perkuliahan ini adalah CPMK keempat, karena mahasiswa dapat menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam mata kuliah ini, kelak pada saat mahasiswa menjadi guru di sekolah. Mahasiswa dapat menyusun tim redaksi majalah sekolah-papirus.

    2)
    A. Menurut Laureb A.Aply seperti yang dikutip Tanthowi menerjemahkan manajemen sebagai "The Art Of Getting Done Thoug People atau seni dalam menyelesaikan pekerjaan orang lain.
    B. SUMBER: Eri, Susan. 2019. "Manajemen Sumber Daya Manusia". Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2): 952-963.
    C. Berdasarkan pengertian yang diungkapkan oleh Lauren, dalam memanajemen pekerja orang lain sama saja seperti menyelesaikan seni dalam pekerjaan orang lain.
    D. Implementasi dengan manajemen majalah sekolah menurut saya, dalam manajemen majalah sekolah berkaitan dengan menyelesaikan suatu pekerjaan. Dalam menyelesaikan majalah sekolah juga diperlukan suatu seni seperti perencanaan, dan pengorganisasian. Dalam majalah sekolah juga diperlukan seni agar bisa menarik minat siswa dalam memanfaatkan majalah sekolah dalam menuangkan ide dan kreatifitas.

    BalasHapus
  35. Nama : Leliana Prihantari
    NIM : A310170112

    UMPAN BALIK
    1). Setelah saya memahami CPMK, menurut saya semua butir yang ada di dalam CPMK tersebut cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih sesuai adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus. 

    2). Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan menyatakan bahwa Manjemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain nya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu

    3). Hasibuan, Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi.Jakarta: PT Bumi Aksara. 

    4.) Menurut saya pendapat dari Malayu ntinya adalah manajemen itu merupakan sesuatu ilmu untuk memantaafkan sumber daya manusia dll, untuk mencapai suatu tujuan yang ingin di capai bersama

    5). Menurut saya, definisi diatas dapat diimplementasikan dalam manejemen majalah sekolah. untuk mencapai tujuan bersama diperlukan suatu pemanfaatan sumber daya yang efektif dan efisian jadi lebih maksimal hasilnya

    BalasHapus
  36. Nama: Prastian
    NIM : A310130150
    kelas : C
    Bagian pertama:
    Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu butir ke 4 adalah mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Dalam manajemen majalah sekolah perlu memahami bagaimana pengelolaan yang akan dilakukan demi terealisasi dengan baik pembuatan majalah sekolah tersebut.
    Bagian kedua:
    A. Menurut Handoko, manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), dan pengawasan (controlling) (Handoko,
    1999: 8).
    B. Handoko, T. Hani. 1999. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. BPFE:Yogyakarta.
    C. Berdasarkan pengertian manajemen oleh Handoko tersebut menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan dengan terstruktur untuk mencapai tujuan dengan dilaksanakan secara terstruktur yakni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, serta pengawasan yang dilakukan oleh pihak yang melakukan kegiatan tersebut
    D. D. Menurut saya, implementasi yang sesuai dengan definisi tersebut yaitu sudah pas dengan manajemen majalah sekolah. Yaitu, kegiatan yang akan dilakukan terstruktur, perlu adanya perencaaan saat awal kegiatan tersebut, pengorganisasian terhadap kegiatan yang akan dilakukan, penyusunan personalia yang akan melakukan kegiatan, melakukan pengarahan serta pengawasan supaya majalah sekolah yang akan dibuat tersebut dapat terlaksana dengan baik dan tepat.

    BalasHapus
  37. Nama : Amirul Indra Buana Akbar
    NIM : A310170135
    Kelas : 7 C

    Bagian pertama
    Salam menurut saya CPMK yang paling cocok adalah butir ke 1 yaitu “memiliki motivasi minat,sikap,dan gambaran jelas menngenai manajemen sekolah,Jadi CPMK ini menurut saya sangat lah berguna karena dapat menumbuhkan sebuah motivasi serta gambaran yang jelas dalam penyusunan majalah sekolah, sehingga siswa lebih semangat dalam penyusunannya karena memiliki motivasi dalam dirinya.

    Bagian ke dua
    Rohiat (2010:14) menyatakan “manajemen merupakan alat untuk mengelola sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan harus benar-benar dipahami oleh kepala sekolah”

    Jadi Manajemen itu sangat dibutuhkan karena merupakan sebuah alat atau cara untuk mengelelola sumber daya secara efisien dan efektif sehingga dapat tercapai tujuan yang jelas dalam melakukan sebuah pekerjaan .

    Implementasi dari manajemen menurut Rohiat (2010: 14) dalam manajemen sekolah adalah bahwa dalam melaksanakan suatu kegiatan khususnya adalah penyusunan majalah sekolah kita perlu sebuah manajemen dalam melakukannya agar situasi atau kegiatan yang kita hadapi dalam penyusunan maupun pembuatan majalah sekolah bisa teratur dan tertata dengan rapi sehingga kegiatan berjalan dengan efektif serta memiliki tujuan yang jelas.

    Daftar Pustaka :
    Nur Muhammad. (2016) Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan. Hal 93-103

    BalasHapus
  38. Nama : seto Aji Santoso
    Nim : A310170120

    Bagian Pertama
    Butir yang cocok untuk mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir 4. Mahasiswa mampu menyelanggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.

    Bagian Kedua
    Manajemen adalah melakukan pengelolaan sumberdaya yang dimiliki oleh sekolah/organisasi yang diantaranya adalah manusia, uang, metode, material, mesin, dan pemasaran yang dilakukan dengan sistematis dalam suatu proses. (Manajemen Sekolah, Rohiat, 2010 : 14)

    Bagian Ketiga
    Rahayu, S. (2019). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.

    Bagian Keempat
    Menurut saya dari definisi yang dikemukakan oleh Rohiat sangat sesuai dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena dengan melakukan sautu manajemen kita dapat mengelola sumberdaya yang dimiliki suatu sekolah/organisasi yang terdapat didalamnya ,sehingga kegiatan lebih terorganisir dengan baik serta tujuan yang akan dicapai lebih jelas

    BalasHapus
  39. Bagian pertama :
    CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah menurut saya yaitu adalah CPMK butir yang keempat, yaitu mahasiswa mampu dalam menyelenggarakan pengelolaan majalah- Papirus. Dalam CPMK yang keempat ini mahasiswa diharapkan mampu dalam melaksanakan kegiatan yang dimulai dari menyusun, melaksanakan tugas, dan mempersiapkan dalam penerbitan majalah sekolah-Papirus.

    Bagian kedua:
    a. Menurut Asifudin (2016: 357) manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu. 
    b. Asifudin, Ahmad Janan. (2016). “Manajemen Pendidikan untuk Pondok
    Pesantren”. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(2): 355-366
    c. Pengertian manajemen menurut Asifudin adalah suatu kegiatan yang berkoordinasi dalam segala sumber daya manusia pada proses perencanaan yang disusun, pengorganisasian, lalu di dalam sebuah manajemen pada umumnya ditetapkan dalam bagian kinerja masing-masing sesuai kemampuan, lalu diberi arahan serta tetap diadakannya pengawasan guna mencapai tujuan manajemen dalam suatu kegiatan tertentu.
    d. Menurut saya, dalam implementasinya pada manajemen majalah sekolah memang tepat, sebab banyak orang-orang yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini dan dapat terjalin kekompakkan satu sama lain dalam organisasi itu sendiri sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Namun orang-orang yang diberikan tugas bertanggung jawab penuh dalam tugasnya, supaya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

    BalasHapus
  40. Nama : Wan ferry fadhendra
    Nim :A310170141
    Kelas : 7c

    Bagian pertama :
    CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah menurut saya yaitu adalah CPMK butir yang keempat, yaitu mahasiswa mampu dalam menyelenggarakan pengelolaan majalah- Papirus. Dalam CPMK yang keempat ini mahasiswa diharapkan mampu dalam melaksanakan kegiatan yang dimulai dari menyusun, melaksanakan tugas, dan mempersiapkan dalam penerbitan majalah sekolah-Papirus.

    Bagian kedua:
    a. Menurut Asifudin (2016: 357) manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu.
    b. Asifudin, Ahmad Janan. (2016). “Manajemen Pendidikan untuk Pondok
    Pesantren”. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(2): 355-366
    c. Pengertian manajemen menurut Asifudin adalah suatu kegiatan yang berkoordinasi dalam segala sumber daya manusia pada proses perencanaan yang disusun, pengorganisasian, lalu di dalam sebuah manajemen pada umumnya ditetapkan dalam bagian kinerja masing-masing sesuai kemampuan, lalu diberi arahan serta tetap diadakannya pengawasan guna mencapai tujuan manajemen dalam suatu kegiatan tertentu.
    d. Menurut saya, dalam implementasinya pada manajemen majalah sekolah memang tepat, sebab banyak orang-orang yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini dan dapat terjalin kekompakkan satu sama lain dalam organisasi itu sendiri sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Namun orang-orang yang diberikan tugas bertanggung jawab penuh dalam tugasnya, supaya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

    BalasHapus
  41. Nama : Wan ferry fadhendra
    Nim :A310170141
    Kelas : 7c

    Bagian pertama :
    CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah menurut saya yaitu adalah CPMK butir yang keempat, yaitu mahasiswa mampu dalam menyelenggarakan pengelolaan majalah- Papirus. Dalam CPMK yang keempat ini mahasiswa diharapkan mampu dalam melaksanakan kegiatan yang dimulai dari menyusun, melaksanakan tugas, dan mempersiapkan dalam penerbitan majalah sekolah-Papirus.

    Bagian kedua:
    a. Menurut Asifudin (2016: 357) manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu.
    b. Asifudin, Ahmad Janan. (2016). “Manajemen Pendidikan untuk Pondok
    Pesantren”. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(2): 355-366
    c. Pengertian manajemen menurut Asifudin adalah suatu kegiatan yang berkoordinasi dalam segala sumber daya manusia pada proses perencanaan yang disusun, pengorganisasian, lalu di dalam sebuah manajemen pada umumnya ditetapkan dalam bagian kinerja masing-masing sesuai kemampuan, lalu diberi arahan serta tetap diadakannya pengawasan guna mencapai tujuan manajemen dalam suatu kegiatan tertentu.
    d. Menurut saya, dalam implementasinya pada manajemen majalah sekolah memang tepat, sebab banyak orang-orang yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini dan dapat terjalin kekompakkan satu sama lain dalam organisasi itu sendiri sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Namun orang-orang yang diberikan tugas bertanggung jawab penuh dalam tugasnya, supaya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

    BalasHapus
  42. Bagian pertama :
    CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah menurut saya yaitu adalah CPMK butir yang keempat, yaitu mahasiswa mampu dalam menyelenggarakan pengelolaan majalah- Papirus. Dalam CPMK yang keempat ini mahasiswa diharapkan mampu dalam melaksanakan kegiatan yang dimulai dari menyusun, melaksanakan tugas, dan mempersiapkan dalam penerbitan majalah sekolah-Papirus.

    Bagian kedua:
    a. Menurut Asifudin (2016: 357) manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu. 
    b. Asifudin, Ahmad Janan. (2016). “Manajemen Pendidikan untuk Pondok
    Pesantren”. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(2): 355-366
    c. Pengertian manajemen menurut Asifudin adalah suatu kegiatan yang berkoordinasi dalam segala sumber daya manusia pada proses perencanaan yang disusun, pengorganisasian, lalu di dalam sebuah manajemen pada umumnya ditetapkan dalam bagian kinerja masing-masing sesuai kemampuan, lalu diberi arahan serta tetap diadakannya pengawasan guna mencapai tujuan manajemen dalam suatu kegiatan tertentu.
    d. Menurut saya, dalam implementasinya pada manajemen majalah sekolah memang tepat, sebab banyak orang-orang yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini dan dapat terjalin kekompakkan satu sama lain dalam organisasi itu sendiri sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Namun orang-orang yang diberikan tugas bertanggung jawab penuh dalam tugasnya, supaya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

    BalasHapus
  43. Nama : Agus Setyawan
    Nim :A310170151
    Kelas : 7C

    Bagian pertama :
    CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah menurut saya CPMK butir yang keempat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah- Papirus. Dalam CPMK yang keempat ini, mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan kegiatan yang dimulai dari menyusun, melaksanakan tugas, dan mempersiapkan dalam penerbitan majalah sekolah-Papirus.

    Bagian kedua :
    a. Menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
    b. Menurut James A.F. Stoner (2006)
    c. Jadi, yang dimaksudkan Manajemen adalah terdiri dari beberapa proses mulai dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian dari sebuah anggota organisasi yang hal itu guna untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
    d. Menurut saya dalam implementasinya pada manajemen majalah sekolah sudah tepat, karena dalam sebuah organisasi diperlukan pembentukan ataupun pembagian tugas-tugas menurut keahliannya masing-masing dan juga diperlukan sebuah perencanaan agar sebuah oerganisasi dapat berjalan dengan baik dalam menyelesaikan ataupun mencapai tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

    BalasHapus
  44. Nama : Dwansa Mahardhika
    NIM : A310170139
    Kelas : 7C

    Bagian pertama

    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir ke-4, yaitu Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Dengan mempelajari CPMK tersebut mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Selain itu, mahasiswa juga diarahkan untuk membuat rencana bagaimana menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah, dan mengetahui bagaimana prosesnya.

    Bagian Kedua

    A. Terry, 2010:6. "Menejemen merupakan suatu proses khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian serta mencapai tujuan melaluai pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
    B. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. (2015). “Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.
    C. Berdasarkan kutipan dari Wirjana bahwa manajemen adalah suatu proses yang bertujuan menyelesaikan tugas-tugas yang kemudian dipertanggung jawabkan oleh orang-orang didalam suatu organisasi itu sendiri, proses ini dilakukan melalui upaya-upaya orang lain namun tetap dalam satu kelompok.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.