MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH KELAS VII B : KONTRAK KULIAH
KONTRAK KULIAH
MANAJEMEN
MAJALAH SEKOLAH
SEMESTER
VII/2 SKS
Assalamualaikum
wr. wb.
Syukur kepada Allah swt. senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik
ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan.
Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama
mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah.
Saya harap semua semangat!
***
ISI KONTRAK
Pertama:
a. Nama mata kuliah:
Manajemen Majalah Sekolah
b. Sks: 2 sks.
c. Kuliah prinsip
diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.
d. Selanjutnya bisa
ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.
e. Apabila kondisi
memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol
kesehatan.
Kedua:
Sesuaikanlah keaktivan
Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang
disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.
Ketiga:
Setiap hasil kegiatan
bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring
bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan
kondisi yang berkembang.
Keempat:
Buku pegangan
sudah diisusun Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan LPPBI.
***
Baiklah beberapa butir kontrak
tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih
dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak
lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.
Selanjutnya, guna membangkitkan semangat mari disimak A.
Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah
Sekolah
A. Capaian Pembelajaran
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan
kurikulum.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA PROGRAM SARJANA
PROFIL
LULUSAN 1.
Pendidik
pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia 2.
Peneliti
pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.
Wirausahawan
Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya SIKAP
DAN TATA NILAI 1.
Bertakwa
kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius; 2.
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan
etika; 3.
Berperan
sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan
bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila; 4.
Menghargai
keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat
atau temuan orisinal orang lain; 5.
Memiliki
kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; 6.
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan
lingkungan; dan 7.
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan
sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan. .
PENGUASAAN
PENGETAHUAN 1.
Menguasai
konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra,
pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta
penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan 2.
Menguasai
prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan
sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif. 1.
Mampu
mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan
inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur
dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara,
dan etika ilmiah; 2.
Mampu
menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan
secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam
bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi; 3.
Mampu
menjaga dan mengembangkan jaringan kerja
dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah
dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan 4. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. \ KETERAMPILAN KHUSUS 1.
Mampu
mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia
secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah
satu bahasa daerah; dan 2. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis. |
CPL
PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut. 1.
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. 2.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama,
moral, dan etika. 3.
Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat
dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.
4.
Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta
pendapat atau temuan orisinal orang lain. 5.
Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 6.
Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga
kesehatan lingkungan. 7.
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan
bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan. 8.
Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan
bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra. 9.
Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran
bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif . 10.
Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif,
dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan
sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. 11.
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia
dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data
dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi
dan laman. 12.
Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan
bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan
evaluasi. 13.
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di
bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi. 14.
Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra
Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.
15.
Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang
bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif
secara humanis. |
B. Capaian
Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah
1. Memiliki motivasi, minat, sikap,
dan gambaran jelas mengenai
manajemen majalah sekolah
1.1 Mampu menjelaskan konsep manajemen umum dan manajeman majalah sekolah.
1.2 Mampu menjelaskan ciri, alasan pengelolaan, dan arti pentitng majalah
umum dan majalah sekolah.
1.3 Mampu mengenali rubrik majalah umum dan majalah sekolah.
2.
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah
2.1 Mampu menyebutkan susunan redaksi pengelolaan majalah sekolah.
2.2 Mampu menyebutkan tugas keredaksian majalah sekolah.
2.3 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.
3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan
sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK)
3.1 Mampu melakukan observasi majalah sekolah SMP dan SMA.
2.1 Mampu mengidentifikasi rubrik pengisi majalah sekolah.
3.3 Mampu membuat tulisan pengisi majalah sekolah (puisi, humor, dan
artikel)
4.
Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
4.1 Mampu menyusun tim
redaksi majalah sekolah –Papirus.
4.2 Mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus..
4.3 Mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus
5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah --Papirus
5.1 Mampu menata rubrik majalah Papirus.
5.2 Mampu melayout dan mengedit draf terbitan majalah Papirus
5.3 Mampu menerbitkan majalah Papirus
(berwujud soft file dan cetak).
C. MATERI
Materi |
Pengertian manajemen secara luas dan sempit, Karakteristik manajemen
majalah umum dan manajemen majalah sekolah |
Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah
sekolah |
Pengertian rubrikasi, rubrikasi
majalah umum dan rubrik majalah sekolah |
Redaksi dan susunan redaksi
majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah |
Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dyl, dan tugas redaksi |
Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA |
Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah, Laporan observasi majalah
sekolah, perencanaan penerbitan |
Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik |
Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, Tulisan pengisi rubrik puisi,
humor, dan artikel dalam majalah sekolah |
Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus |
Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara |
Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating,
controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi |
Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan
pengisi rubrik |
Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing
draf terbitan majalah sekolah --Papirus |
Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan
Papirus (soft dan cetak) |
Bagian Pertama Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok
dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah? |
Bagian Kedua A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan
seorang ahli! B. Sertakanlah sumber sitasinya! C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut! D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi
dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah? Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan
bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya! Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar”
sesuai dengan kelas Anda. Kiriman Anda
bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id |
Demikian kontrak kuliah
ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan MMS dengan hasil yang
sangat memuaskan.
Wassalamualaikum wr.
wb.
Drs. Agus Budi Wahyudi,
M. Hum.
Nama: Yunita Mandasari
BalasHapusNIM: A310170081
Bagian Pertama:
Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah.
Bagian Kedua:
A. Menurut Lazwardi, Dedi (2017) Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
B. Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.
C. Berdasarkan pengertian manajemen oleh Lazwardi, D. bahwa manajemen merupakan suatu kegiatan yang terstruktur dan mencapai tujuan melalui beberapa tahapan, pertama dimulai dengan perencanaan, kedua pengorganisasian, tahapan berikutnya pelaksanaan terhadap rencana yang ada, lalu pengendalian terhadap pelaksanaan yang telah direncanakan oleh sekumpulan orang untuk mencapai tujuan yang sama.
D. Menurut saya, implementasi dari pengertian manajemen oleh Lawardi, D. dengan manajemen majalah sekolah sangat cocok. Karena menurut saya, tahapan yang dilakukan pada pengertian manajemen juga perlu dilakukan pada saat memanajemen majalah sekolah. Perlu adanya perencanaan pada tahapan awal, lalu pengorganisasian atau pembentukan suatu tugas kepada orang-orang yang ikut berperan, pelaksanaan terhadap rencana yang sudah dibuat, serta pengendalian dalam pembuatan majalah sekolah. Sehingaa, majalah sekolah dapat terealisasikan dengan baik.
Nama: Khoyiroh Novita Sari
BalasHapusNim: A310170083
Bagian Pertama
Butir yang cocok dengan mata Kuliah Manajemen Majalah Sekolah ialah butir ke4 yaitu Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
Bagian Kedua
a. Menurut Wirjana (2007:11) dalam Wiastra, I. G. G., dkk (2015) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
b. Wiastra, I. G. G., Rasna, I. W., & Astika, I. M. (2015). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik Di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
c. Penjelasan Wijana (2007:17) mengenai definisi manajemen di atas, bermaksud bahwa manajemen sebagai sumber daya yang diberikan orang-orang untuk bertanggung jawab sepenuhnya dalam mengatur dan mengarahkan suatu organisasi atau perusahaan. Sehingga dengan adanya manajemen dapat membantu penyelesaikan tugas-tugas yang diselesiakan secara berkelompok.
d. Menurut saya implementasi manajemen majalah sekolah berperan sebagai upaya mengatur segala pekerjaan yang berkaitan dengan majalah sekolah. Dengan adanya manajemen dapat membantu segala pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan sistematis.
Nama:Awalia Nurheni
BalasHapusNim: A310170077
Bagian 1
CPMK yang cocok
Pada butir ke 2 “Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah”.
Bagian 2
A.Pengerti Manajemen
Menurut Chaster Bernard
Manajemen adalah ilmu pengetahuan yang berisi ide-ide dengan lima fungsi utama, yaitu mendesain, mengatur, mengorganisir, mengendalikan, dan mengoordinasi.
B. Sumber: Zakky. 13 Juni 2018. Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Diambil kembali dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-manajemen/
C.Dari pengetian menurut Chaster Bernard sehingga dapat diartikan bahwa manajemen merupakan suatu ilmu yang berupa penguasaan cara-cara mendesain, mengatur, mengorganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi sesuatu yang digunakan untuk memperoleh suatu tujuan yang diinginkan.
D.Dari pengertian diatas menurut saya dapat diperoleh pengertian Manajemen Majalah Sekolah adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara pengelolaan dari segi mendesain sampai mengkoordinasi majalah yang ada disuatu sekolah.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama: Shindy Tresna Vinansih
BalasHapusNim: A310170092
Bagian Pertama
Menurut saya, dalam CPMK butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir 4. Karena pada butir 4 mahasiswa dituntut untuk mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Dalam pengelolaan majalah sekolah ini tentu dibutuhkan sebuah manajemen. Mahasiswa menyusun tim redaksi, melaksanakan tugas tim redaksi, serta mempersiapkan penerbitan majalah. Proses mulai dari menyusun tim redaksi hingga mempersiapkan penerbitan majalah itulah yang membutuhkan manajemen. Dengan pengelolaan majalah tersebut maka mahasiswa juga akan belajar bagaimana manajemen dalam majalah sekolah.
Bagian Kedua
A. Menurut Wirjana (dalam Wiastra, dkk, 2015:2 ) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
B. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. (2015). “Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.
C. Berdasarkan kutipan tersebut, manajemen dapat diartikan sebagai sebuah proses yang melibatkan banyak orang dan banyak unsur. Orang-orang yang terlibat dalam sebuah kegiatan ini memiliki satu tujuan yang sama. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan pembagian-pembagian tugas. Upaya pembagian tugas ini merupakan salah satu cara agar dapat menggunakan sumber daya yang ada secara efektif.
D. Menurut saya, pendapat dari Wirjana cocok untuk diimplementasikan dalam manajemen majalah sekolah. Karena dalam memanajemen majalah sekolah, banyak tugas-tugas yang harus diselesaikan, maka diperlukan juga orang-orang yang bertanggung untuk menyelasaikan tugas-tugas tersebut.
Nama : Niken Prihatini
BalasHapusNim : A310190006
Kelas : 3A
Bagian pertama
BalasHapusSetelah memahami CPMK di atas, butir yang sesuai dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir nomor 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
Bagian kedua
A. Menurut Drs. Oey Liang Lee mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusuan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
B. Sumber : Buku Manajemen sebagai Pengantar Karya Hari Sucahyowati, S.Pd., M.Si
C. Definisi manajemen dari kutipan di atas adalah manajemen merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan proses perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan tindakan atau tingkah laku manusia yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan bersama.
D. Berdasarkan definisi di atas diimplementasikan bahwa dalam manajemen majalah sekolah dapat dilakukan dengan proses pengeloaan manajemen yang baik dan teratur. Proses pengelolaan manajemen majalah sekolah harus dilaksanakan sesuai dengan urutan atau tahap-tahap berdasarkan sistematika yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama agar mencapai hasil yang maksimal.
Nama : Vina Noviana
BalasHapusNIM : A310170067
Bagian pertama :
butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir nomor 2 yaitu mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah
Butir kedua
A. George R. Terry.
Menurut George Robert Terry, pengertian manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan, yakni perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan.
Semua itu dilakukan untuk menentukan dan mencapai target atau sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
B. Henry Fayol.
Menurut Henry Fayol, pengertian manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengawasan/ kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
C. Marry Parker Follet.
Marry Parker F mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.
D. menurut saya implementasi manajemen sekolah merupakan suatu strategi perencanaan yang dibuat oleh pihak sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah serta mengoptimalkan kinerja organisasi sekolah, pengelolaan sumber daya manusia, proses belajar-mengajar dan sumber daya yang ada
Nama : Noor Rizza Larasati
BalasHapusNIM: A310170103
Bagian pertama
Setelah memahami CPMK di atas, butir yang sesuai dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir nomor 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
Bagian kedua
A. Menurut Drs. Oey Liang Lee mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusuan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
B. Sumber : Buku Manajemen sebagai Pengantar Karya Hari Sucahyowati, S.Pd., M.Si
C. Definisi manajemen dari kutipan di atas adalah manajemen merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan proses perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan tindakan atau tingkah laku manusia yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan bersama.
D. Berdasarkan definisi di atas diimplementasikan bahwa dalam manajemen majalah sekolah dapat dilakukan dengan proses pengeloaan manajemen yang baik dan teratur. Proses pengelolaan manajemen majalah sekolah harus dilaksanakan sesuai dengan urutan atau tahap-tahap berdasarkan sistematika secara efektif dan efisien yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama agar mencapai hasil yang maksimal.
Nama: Nanda Yulianti
BalasHapusNIM: A310170074
Bagian Pertama:
Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke-4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah.
Bagian Kedua:
A. Menurut George Robert Terry, pengertian manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan.
B. Terry, George R. dan Rue Liesli W. 2005. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Askara
C. Berdasarkan pengertian manajemen oleh George Robert Terry, bahwa manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan. Hasi dari pengertian tersebut dapat kita ketahui semua itu dilakukan untuk menentukan dan mencapai target atau sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
D. Menurut saya, implementasi dari pengertian manajemen oleh George Robert Terry, dengan manajemen majalah sekolah untuk menentukan dan mencapai target dengan sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan sumber daya. Dengan adanya sumber daya dan target yang ingin kita capai maka manajemen majalah sekolah akan tersusun secara sistematis dan sesuai dengan kebutuhan untukn sekolah, karena di indonesia sendiri majalah sekolah masih sangat jarang ditemui dengan adanya manajemen majalah sekolaha ini kita bisa menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah.
Nama : Riska Komariyah
BalasHapusNIM : A310170063
Bagian Pertama
Butir CPMK yang cocok untuk mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah menurut saya adalah butir ke- 2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah
Bagian Kedua
A. Wirjana (2007:11) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
B. Wirastra, Gita dkk. (2015). Pembinaan dan Manajamen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstrakulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-13.
C. Beradasarkan definisi manajemen menurut Wirjana (2007:11) bahwa manajemen adalah proses dimana media sekolah memerlukan orang-orang yang ada di dalam suatu kelompok untuk bertanggung jawab mengatur segala sesuatu tugas yang ada pada kegiatan kelompok atau pengelolahannya.
D. Menurut saya implementasi manajemen sekolah berdasarkan definisi di atas berperan agar orang-orang yang memiliki rasa tanggungjawab dalam pengelolaan di kegiatan berkelompok sebab dengan adanya manajemen dapat memberikan tambahan dalam bertanggungjawab untuk diri sendiri
Nama: Ayu Nur Kartika
BalasHapusNIM: A310170066
Bagian Pertama:
Setelah memahami CPMK di atas, dapat disimpulkan bahwa butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke-4 dimana Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah, mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah, mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah, dan mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah.
Butir kedua:
A. Kristiawan dkk (2017: 44) manajemen merupakan ilmu dan seni dalam mengatur,
mengendalikan, mengkomunikasikan dan
memanfaatkan semua sumber daya yang ada
dalam organisasi dengan memanfaatkan
fungsi-fungsi manajemen (Planing,
Organizing, Actuating, Controling) agar
organisasi dapat mencapai tujuan secara
efektif dan efesien.
B. Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43-54.
C. Berdasarkan kutipan tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah mengatur atau menkomunikasikan dengan memanfaatkan fungsi dari sumber daya sebuah organisasi agar organisasi yang mana melibatkan banyak orang dapat mencapai tujuannya.
D. Menurut saya, implementasi antara definisi di atas dan manajemen majalah sekolah yakni dalam sebuah pengelolaan selalu dibutuhkan sebuah pengaturan atau pengendalian dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, dan melibatkan banyak orang serta dilaksanakan sesuai sistematika atau runtut sehingga dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Nama : Rizqi Widya Desiana
BalasHapusNIM : A310170073
Butir Pertama
CPMK yang cocok
Butir yang cocok yaitu butir ke “3” Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/Mts maupun SMA/SMK)
Butir Kedua
A. Menurut Rohiat dalam bukunya “Manajemen Sekolah” mengemukakan bahwa manajemen adalah melakukan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah atau organisasi yang diantaranya manusia, uang, metode, material, mesin, dan pemasaran yang dilakukan dengan sistematis dalam suatu proses.
B. Rohiat, Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik Dilengkapi Dengan Contoh Rencana Strategik dan Rencana Operasional, (Bandung: PT, Refika Aditama, 2008), hlm, 14.
C. Dari pengertian diatas dapar dijelaskan bahwa manajemen merupakan sebuah sistem yang mengatur dan mengarahkan suatu sekolah atau sebuah organisasi. Sehingga dengan adanya sistem manajemen dapat membantu segala pekerjaan dan segala pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik atau tersistem.
D. Menurut saya Manajemen Majalah Sekolah adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengelola sebuah sumber daya yang dimiliki oleh suatu sekolah atau suatu organisasi.
Nama : Dwi Wulan Sari
BalasHapusNIM : A310170078
Bagian Pertama:
Menurut saya, CMPK yang sesuai dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah pada butir 4, Sebab pada butir 4 mahasiswa di dorong untuk mampu melaksanakan pengelolaan majalah sekolah. Dalam melaksanakan pengelolaa majalah sekolah perlu adanya sebuah manajemen. Dimana mahasiswa diminta untuk menyusun tim redaksi, melaksanakan tugas, dan mempersiapkan penerbitan majalah. Dengan adanya pengelolaan majalah tersebut bisa menuntut mahasiswa untuk belajar manajemen dalam majalah sekolah secara terstruktur dan benar sesuai tujuannya.
Bagian Kedua:
A. Menurut Stoner (dalam M. Ma’ruf Abdullah. 2007) menyatakan bahwa Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan
sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai
tujuan organisasi yang sudah ditetapkan.
B. M. Ma’ruf Abdullah. 2007. "Manajemen Sumber Daya Manusia. Antasari Press: Banjarmasin, h. 1.
C. Berdasarkan kutipan tersebut Manajemen dapat diartikan sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan usaha para anggotanya dimana agar dapat tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan dalam sebuah manajemen, dimana tujuanya dapat
Ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
D. Menurut saya manajemen majalah sekolah merupakan suatu proses pemetaan, proses pengorganisasian, proses perencanaan dalam proses pembuatan majalah sampai dengan pendistribusian majalah kepada civitas akademik di sekolah.
Nama: Devi Lestari
BalasHapusNIM: A310170088
Bagian pertama:
Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu butir ke 4 adalah mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Dalam manajemen majalah sekolah perlu memahami bagaimana pengelolaan yang akan dilakukan demi terealisasi dengan baik pembuatan majalah sekolah tersebut.
Bagian kedua:
A. Menurut Handoko, manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), dan pengawasan (controlling) (Handoko,
1999: 8).
B. Handoko, T. Hani. 1999. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. BPFE:Yogyakarta.
C. Berdasarkan pengertian manajemen oleh Handoko tersebut menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan dengan terstruktur untuk mencapai tujuan dengan dilaksanakan secara terstruktur yakni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, serta pengawasan yang dilakukan oleh pihak yang melakukan kegiatan tersebut.
D. Menurut saya, implementasi yang sesuai dengan definisi tersebut yaitu sangat pas dengan manajemen majalah sekolah. Yakni, kegiatan yang akan dilakukan harus terstruktur contohnya yaitu perlu adanya perencaaan saat awal kegiatan tersebut, pengorganisasian terhadap kegiatan yang akan dilakukan, penyusunan personalia yang akan melakukan kegiatan, melakukan pengarahan serta pengawasan agar majalah sekolah yang akan dibuat tersebut dapat terlaksana dengan baik dan tepat.
Nama : Ariyani Dwi Andhini
BalasHapusNim : A310170106
Bagian pertama :
Butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir nomer 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus, mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus, mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus, dan mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus. Hal tersebut sangat penting dikuasi oleh calon guru bahasa Indonesia untuk menajemen majalah sekolah.
Bagian kedua :
Pengertian manajemen menurut para ahli :
a. Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan menyatakan bahwa Manjemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain nya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
b. Menurut T. Hani Handoko (2000:10) menyatakan bahwa Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan, fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisassian, penyusunan, personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.
c. G. R. Terry menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan- tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran - sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainya.
Menurut pendapat saya pengertian dari para ahli yang sesuai dengan implementasi dengan kegiatan manajemen majalah disekolah adalah pengertian dari G. R. Terry menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan- tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran - sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainya. Karena dalam proses manajemen majalah sekolah adalah proses perencanaan dan pengarahan agar tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai.
NAMA : INTAN DEVITA SARI
BalasHapusNIM : A3120170058
KELAS : 7B
Bagian Pertama
Setelah memahami CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adaah butir 4 dan butir 5 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah dan mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah.
Bagaian kedua
a. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, terhadap usaha-usaha dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencpai tujuan organisasi yang telah ditentukan. (Stroner J.A ., RE Freman dnan DR Gilbert Jr., 1995)
b. Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta : Gramedia
c. Berdasarkan pengertian manajemen menurut Stroner dan Gilbert manajemen merupakan sebuah rencana pengorganisasian yang berupa pengawasan dan pengarahan terhadap usaha untuk mencapai tujuanyang telah ditentukan.
d. Menurut saya pengertian manajemen menurut Stroner dan Gilbert cocok diterapkan pada manajemen majalah sekolah, karena majalah sekolah apabila diproses, diarahkan dan diawasi secara maksimal maka manajemen majalah sekolah dapat tercapai dengan maksimal
NAMA : ANISA USWATUN QASANAH
BalasHapusNIM : A310170056
KELAS : 7 B
Bagian Pertama
Setelah memahami CPMK di atas, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah pada butir nomor 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
Bagian Kedua
a. Menurut Oey Liang Lee, pengertian manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
b. Sumber: Naim, Muh. Rezky. 2019. Pengantar Manajemen. Rineka Cipta
c. Berdasarkan kutipan di atas, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu yang di dalamnya ada proses perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian hasil dari kegiatan ini yaitu untuk mencapai tujuan yang sebelumnya sudah ditargetkan.
d. Menurut saya, pendapat dari Oey Liang Lee sangat tepat untuk diterapkan dalam
manajemen majalah sekolah. Karena manajemen majalah sekolah perlu proses untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ingin dicapai.
Nama : Mia Ari Pangesti
BalasHapusNIM : A310170076
Kelas : 7 B
Bagian Pertama
Setelah membaca dan memahami seluruh poin-poin CPMK, butir ke 4 dan butir ke 5 lah yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah. Dimana siswa mampu melaksanakan atau mengelola majalah sekolah serta mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah.
Bagian Kedua.
A. Manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam suatu kelompok ( Wirjana, 2007:11 )
B. Wiastra Gita, dkk. 2015. "Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstrakulikuler Jurnalistik Di SMA Negeri 4 Singaraja". Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol 03/01.
C. Menurut saya berdasarkan pengertian manajemen menurut Wirjana yaitu dimana dalam bermanajemen kita harus melibatkan kerjasama dan tanggung jawab dari masing-masing orang untuk menjalankan program dari organisasi tersebut.
D. Menurut pendapat saya pengertian dari Wirjana tersebut sangat berhubungan sekali dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah. Karena jika anggota di dalamnya dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban dan tanggung jawab yang sudah di emban oleh masing-masing anggota, maka organisasi yang di bawanya akan semakin berkembang dan tertata sesuai dengan program-program yang sudah di atur sebelumnya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Sekaringtyas Utamayanti
BalasHapusNIM : A310170065
BAGIAN PERTAMA
Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu butir ke-4 “mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.”
BAGIAN KEDUA
A. Menurut R. Terry manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia lainnya.
B. Sucahyowati, H. (2017). Pengantar manajemen. Wilis.
C. Menurut penjelasan dari R. Terry, maksud dari manajemen yaitu suatu proses yang unik atau memiliki ciri khas dari suatu tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang semua itu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan dengan memanfaatkan sumber daya manusia lainnya.
D. Menurut saya, implementasi dari pengertian manajemen yang telah dikemukakan oleh R. Terry adalah manajemen sangat dibutuhkan di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan manajemen, manusia dapat mengatur sesuatu dengan jelas dan rapi. Manajemen juga memiliki suatu tujuan yang baik agar segala sesuatu dapat tercapai dengan penuh rasa tanggung jawab.
Nama : Hesti Ratnasari
BalasHapusNim : A310170094
Bagian pertama:
Setelah membaca cpmk pada kontrak kuliah tersebut, butir yang sesuai dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir nomor 4, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
Bagian kedua:
A. Wirjana (2007:11)menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
B. Wirjana, bernardine r.. 2007. Mencapai manajemen berkualiatas: organisasi, kinerja, program. Yogyakarta: andi.
C. Manajemen menurut wirjana adalah sebuah cara seseorang yang bertanggungjawab dalam organisasi dan menyelesaikan tugas. Jika media sekolah dianalogikan sebagai makhluk hidup, maka media sekolah tumbuh, berkembang untuk mempertahankan hidupnya. Jika tidak mampu mempertahankan hidupnya media akan mati
D. Menurut saya implementasi manajemen majalah sekolah adalah suatu proses yang dilaksanakan secara sistematis yang menghasilkan majalah dalam suatu organisasi.
Nama: Muhammad Sukma Aji
BalasHapusNIM: A310170107
Bagian pertama
Setelah memahami CPMK di atas, butir yang sesuai dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir nomor 2 yaitu: Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah.
Bagian Kedua
A) Menurut T. Hani Handoko (2000:10) menyatakan bahwa Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan, fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisassian, penyusunan, personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.
B) G. R. Terry (2005. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Askara) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan- tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran - sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainya.
Menurut saya, implementasi dari pengertian manajemen sekolah oleh T. Hani Handoko meninterpretasikan bagaimana usaha sadar yang dilakukan sekelompok orang yang ada di civitas academika dalam mencapai tujuan literasi di lingkup pendidikan. Dimulai dengan tindakan, pengeloalan, pengarahan, kepemimpinan, dan menghasilkan produk baik cetak maupun online.
Nama : Dea Narasima
BalasHapusNIM: A310170099
Bagian pertama
Setelah memahami CPMK butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah ialah butir ke-4, yaitu Mahasiswa mampu menyelenggarakan Pengelolaan Manajemen sekolah.
Bagian Kedua
A. Menurut Mondy dan Premeaux (1995:6) menjelaskan pendapatnya bahwa:”management is the process of getting things done through the efforts of other perople”. Dipahami bahwa manajemen adalah proses memperoleh suatu tindakan melalui usaha orang lain”.
B. Rifa’i, M dan M, Fadhli. 2013. Manajemen Organisasi. Medan: Citapustaka
C. Menurut saya berdasarkan pengertian manajemen menurut Mondy dan Premeaux, manajemen ialah suatu tindakan/usaha yang dilakukan dengan orang lain lebih dari satu orang yang memiliki kemampuan untuk mencapai suatu tujuan.
D. Menurut saya , implementasi dari pengertian manajemen oleh Mondy dan Premeaux. Dengan majalah sekolah sangat cocok , karena menurut saya bahwa dalam manajemen majalah sekolah ialah membutuhkan sebuah tim atau kelompok sesuai dengan bidang kemampuannya seperti tim redaksi/ tim perencanaan agar tercapainya tujuan ialah majalah sekolah terlaksana dengan baik.
Nama : Suci Rahma Dhany
BalasHapusNIM : A310170072
Bagian pertama
Setelah memahami CPMK di atas, butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah pada butir nomor ke-2 yaitu Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah.
Bagian Kedua
A. Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
B. Samuel Batlajery. ( 2016 ). " Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen paada Aparatur Pemeriintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke ". Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial. 7 (2). 135-155
C. Berdasarkan penjelasan dari Ricky W.Griffin manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan yang sudah terorganisir dan dilakukan secara benar.
D. Menurut saya, implementasi dari pengertian manajemen sekolah yang dikemukakan oleh Ricky W.griffin dengan manajemen majalah sekolah cocok. Hal ini dikarenakan tahapan-tahapan yang terdapat dalam pengertian manajemen menurut Ricky W.Griffin sesuai dengan tahapan-tahapan dalam proses manajemen majalah sekolah.
Nama: Tuti Rahmawati
BalasHapusNim:A310170055
Bagian pertama :
Butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir nomer 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus, mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus, mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus, dan mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus. Hal tersebut sangat penting dikuasi oleh calon guru bahasa Indonesia untuk menajemen majalah sekolah.
A.James A.F. Stoner (2006)
Menurut James A.F. Stoner (2006) menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya
B.Menurut G. R Terry menyatakan bahwa Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain nya.
C.penjelasan menurut G.R Terry
George R. Terry,1958 dalam bukunya Principles of Management (Sukarna, 2011: 10) membagi empat fungsi dasar manajemen, yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controlling (Pengawasan). Keempat fungsi manajemen ini disingkat dengan POAC.
D.Menurut saya implementasi manajemen majalah sekolah, ilmu mengatur proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya guna mencapai hasil yang sesuai.
Nama : Miftakul Putri Rahayu
BalasHapusNIM : A310170098
Bagian pertama :
Setelah memahami CPMK diatas, butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah kuliah adalah nomer 4 yaitu mahasiswa mampu menyenggarakan pengelolaan manajemen sekolah
Bagian kedua :
A.Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta
pengendalian sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk
mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien (Jones dan
George). Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah seni mencapai
sesuatu melalui orang lain (the art of getting things done through the
others).
B. Modul : Hanafi, M. (2015). Manajemen. 1-66
C. Menurut saya, berdasarkan manajemen menurut jones george adalah manajemen suatu proses tindakan perencanaan, Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta
pengendalian sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk
mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien (Jones dan
George).
D. Menurut saya, implementasi dari jones george adalah melalui kegiatan berstruktur dari perencanaan, organisasi, pengarahan serta pengendalian sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang efektif dan efesien. Dan manajemen majalah sekolah bisa berjalan dengan bai.
Nama : Miftakul Putri Rahayu
BalasHapusNIM : A310170098
Bagian pertama :
Setelah memahami CPMK diatas, butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah kuliah adalah nomer 4 yaitu mahasiswa mampu menyenggarakan pengelolaan manajemen sekolah
Bagian kedua :
A.Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta
pengendalian sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk
mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien (Jones dan
George). Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah seni mencapai
sesuatu melalui orang lain (the art of getting things done through the
others).
B. Modul : Hanafi, M. (2015). Manajemen. 1-66
C. Menurut saya, berdasarkan manajemen menurut jones george adalah manajemen suatu proses tindakan perencanaan, Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta
pengendalian sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk
mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien (Jones dan
George).
D. Menurut saya, implementasi dari jones george adalah melalui kegiatan berstruktur dari perencanaan, organisasi, pengarahan serta pengendalian sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang efektif dan efesien. Dan manajemen majalah sekolah bisa berjalan dengan bai.
Nama : Eti Kusriyati
BalasHapusNIM : A310170097
Bagian pertama
Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah ialah butir keempat, yakni mahasiswa mampu menyelanggarakan pengelolaan majalah sekolah.
Bagian kedua
A. Menurut Wirjana (2007:11) menyatakan
bahwa manajemen adalah suatu proses di
mana orang-orang yang bertanggung
jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-
upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
B. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. (2015). “Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-13.
C. Berdasarkan pengertian di atas, definisi manajemen adalah sebagai sebuah proses yang melibatkan banyak orang untuk bertanggung jawab dalam mengordinir sebuah organisasi. Orang di dalam organisasi mempunyai tujuan yang sama. Berkelompok menjadi salah satu upaya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan banyak ide atau pikiran dari orang lain.
D. Menurut saya pendapat dari Wirjana sangat cocok diimplementasikan pada manajemen majalah sekolah. Manajemen majalah sekolah merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi. Dalam manajemen majalah sekolah banyak tugas yang harus diselesaikan dengan cara kelompok maka perlu orang-orang yang bertanggung jawab.
Fitri wahyu ningrum – A310170079
BalasHapusBagian pertama :
Setelah membaca cpmk pada kontrak kuliah tersebut, butir yang sesuai dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir nomor 4, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
1. Menurut Follet (2005) pengertian manajemen dapat dikatagorikan kedalam tiga kelompok: a.Manajemen sebagai suatu proses
1. Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan.
2. Encyclopedia of the social science: yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
3. Gerry R. Terry: yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
b.Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
Manajemen sebagai kolektivitas, yaitu: merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas/kumpulan orang-orang manajemen, penanggung jawab hingga tercapainya tujuan manajer
c.Manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art) Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip manajemen.
2. Follet, Marey Parker. 2005. Manajemen: Dasar Pengertian dan masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
3. Kesimpulan yang dapat di ambil dari tiga kelompok yang memberikan penjelasan mengenai manajemen itu dapat di tarik kesimpulan bahwa Manajemen (management): Proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang telah ditentukan.
4. Menurut saya pendapat dari Follet sejalan dengan manajemen majalah sekolah karena terdiri dari suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas/kumpulan orang-orang manajemen, penanggung jawab hingga tercapainya tujuan
Nama : Dian Lestari
BalasHapusNIM : A310170085
Bagian Utama :
Butir yang cocok dengan mata kuliah manajemen makalah sekolah (MMS) yaitu 4 butir yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah
Bagian kedua :
A.Menurut wirjana
( 2017:11)menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
B. Menurut Suharni ( 2018:28) yaitu Manajemen kurikulum adalah suatu system pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komperhensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian kurikulum.
C. Menurut penjelasan dari para pakar diatas, maksud dari manajemen yaitu suatu proses dimana orang bertanggung jawab dalam organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya kelompok maupun orang lain yang meliputi sebuah beberapa sistem untuk mewujudkan ketercapaian sebuah tujuan manajemen sekolah.
D. Menurut saya, implementasi dari Suharni ( 2018:28) melalui kegiatan suatu pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komperhensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian kurikulum. Dan manajemen sekolah bisa berjalan dengan baik dan sesuai arah.
Nama : Pangestuti Siska Dwi Putranti
BalasHapusNim : A310170082
Bagian Utama :
Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah (MMS) yaitu pada butir ke 2 yaitu Mahasiswa mampu memahami pengelolaan / Manajemen Majalah Sekolah
Bagian kedua :
- Henry Fayol menyatakan bahwa manajemen mengandung gagasan lain fungsi utama, yakni merancang, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengendalikan.
- Gordon (1976) menyatakan bahwa manajemen adalah metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.
Bagian ketiga :
Menurut penjelasan para ahli bahwa manajemen yaitu gagasan yang dapat dilakukan dalam merancang atau adminstator untuk mencapai tujuan tertentu.
Bagian ke empat :
Menurut saya, manajemen adalah gagasan / meotde yang berfungsi sebagai rancangan organisasi tertentu.
NAMA : DYAH AYU ARINI
BalasHapusNIM : A310170084
KELAS : 7 B
Bagian Pertama :
Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke-empat yakni : Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
Bagian Kedua :
A. Manajemen menurut Donnely, Gibson, dan Ivancevich dalam Hanafi, M. (2015), mencakup kegiatan yang dilakukan oleh satu atau lebih orang untuk mengoordinasikan kegiatan yang dilakukan oleh orang lainnya dan untuk mencapai tujuan yang tidak bisa dicapai oleh satu orang saja.
B. Sumber : Hanafi, M. (2015). Manajemen.
C. Menurut saya penjelasan pengertian menajemen di atas adalah kerjasama untuk mengatur sebuah kegiatan yang melibatkan banyak orang untuk mencapai suatu tujuan, dimana tujuan tersebut tidak bisa dicapai apabila hanya mengandalkan satu orang saja.
D. Menurut saya pendapat dari Donnely, Gibson, dan Ivancevich dalam Hanafi, M. (2015) cocok apabila diimpilasikan dengan Manajemen Majalah Sekolah, karena kegiatan ini tentunya membutuhkan kerjasama dari banyak orang.
Nama : Vera Jati Kusuma
BalasHapusNim : A310170062
Bagian 1
Setelah membaca CPMK. Butir yang cocok untuk mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah.
Bagian 2
1. Ricky W.Griffin (2004) mendefinisikan manajemen adalah suatu proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien.
2. Batlajery, S. (2016). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 7(2), 135-155.
3. Penjelasan Ricky W.Griffin (2004) mengenai definisi manajemen, bermaksud manajemen ialah sutu proses perencanaan dalam sebuah organisasi atau pekerjaan yang ditujukan untuk merencanakan waktu/jadwal yang dimana tugasnya agar dapat selesai sesuai target yang diharapkan.
4. Menurut saya implementasi dari pengertian Ricky W.Griffin dengan majalah di sekolah cocok dan bisa diterapkan. Karena dalam suatu organisasi/pekerjaan sangat diperlukannya perencanaan yang matang dalam kegiatan pembuatan majalah sekolah. Agar dapat berjalan sesuai target sehingga dalam pembuatan majalah sekolah dapat teralisasikan.
Nama : Putri Ayu Setyowati
BalasHapusNim : A310170096
Bagian Pertama
Pada CPMK mata kuliah Manajemen Sekolah, ada butir ke-4 yang sesuai untuk mata kuliah ini yaitu”mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah”.
Bagian Kedua
A. Manajemen adalah proses bekerja sama antara individu dan kelompok serta sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan organisasi adalah sebagai aktivitas majerial. (Manajemen Kurikulum, Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018 : 3
A. Manajemen adalah melakukan pengelolaan sumberdaya yang dimiliki oleh sekolah/organisasi yang diantaranya adalah manusia, uang, metode, material, mesin, dan pemasaran yang dilakukan dengan sistematis dalam suatu proses. (Manajemen Sekolah, Rohiat, 2010:14)
B. Rahayu, S. (2019, November 27). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31227/osf.io/76wb8
C. Jadi dapat disumpulkan dari kedua pendapat diatas manajemen merupakan suatu hal yang berkaitan dengan susunan atau struktur di suatu instansi atau sekolah yang membutuhkan kerja sama dan sumber daya berupa manusia dan pemikirannya yang luas agar tercapai tujuan yang ingin dicapai.
D. Menurut saya implementasi yang dapat diambil dari definisi diatas untuk manajemen sekolah adalah pada hal kerja sama dimana saat melakukan kegiatan manjemen harus memiliki kerja sama baik saat tugas individual atau kelompok yang baik agar dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai dengan bauk dan berjalan sesuai target.
Nama : Muhammad Dwi Juliyanto
BalasHapusNim : A310170070
Bagian Pertama
Butir yang cocok untuk mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir 4. Mahasiswa mampu menyelanggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
Bagian Kedua
Manajemen adalah melakukan pengelolaan sumberdaya yang dimiliki oleh sekolah/organisasi yang diantaranya adalah manusia, uang, metode, material, mesin, dan pemasaran yang dilakukan dengan sistematis dalam suatu proses. (Manajemen Sekolah, Rohiat, 2010 : 14)
Bagian Ketiga
Rahayu, S. (2019). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.
Bagian Keempat
Menurut saya dari definisi yang dikemukakan oleh Rohiat sangat berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah bahwa manajemen yaitu suatu pengelolaan sumberdaya yang dimiliki suatu sekolah/organisasi yang didalamnya terdapat komponen-komponen yang melengkapi suatu proses dengan terstruktur dan sistematis dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Nama : Tedi Andrianto
BalasHapusNIM : A310170105
MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH
A. Bagian Pertama
Umpan balik :
4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
4.1 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.
4.2 Mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus..
4.3 Mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus
B. Bagian Kedua
Umpan balik :
A.Menurut T. Hani Handoko (2000:10) menyatakan bahwa Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan, fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisassian, penyusunan, personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.
B. Handoko, T . Hani. Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE- Yogyakarta.
C. Manajemen merupakan ilmu dan seni dalam mengatur,
mengendalikan, mengkomunikasikan dan
memanfaatkan semua sumber daya yang ada
dalam organisasi dengan memanfaatkan
fungsi-fungsi manajemen (Planing,
Organizing, Actuating, Controling) agar
organisasi dapat mencapai tujuan secara
efektif dan efesien.
D. Penerapan manajemen berkaitan dengan Manajemen majalah sekolah merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemetaan terhadap jalannya proses pembuatan majalah dari awal pembuatan majalah hingga pendistribusian majalah kepada sivitas akademika di sekolah.
Nama: Marisa Andriana
BalasHapusNIM: A310170101
Bagian Pertama
Butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir 4 yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen majalah sekolah.
Bagian Kedua
A. Manajemen pada umumnya merupakan proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang seefesien dan seefektif mungkin (Syamsuddin, 2017:62).
B. Sumber Sitasi
Syamsuddin. 2017. “Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal Idaarah, 1(1): 60-73.
C. Maksud dari manajemen disebut sebagai proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang seefesien dan seefektif mungkin, yakni di dalam manajemen terdapat serangkaian proses pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Proses tersebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah yakni dalam mengelola Manajemen Majalah Sekolah memang diperlukan proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai. Selain itu juga perlu adanya proses pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Dengan demikian penyelenggaraan Manajemen Majalah Sekolah dapat berjalan sesuan rencana dan tujuan secara efektif dan efisien.