MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH 2020 KELAS VII E

  KONTRAK  KULIAH

MANAJEMEN MAJALAH SEKOLAH

SEMESTER VII/2 SKS

 

Assalamualaikum wr. wb.

          Syukur kepada Allah swt.  senantiasa kita panjatkan, bahwa sampai detik ini kita diberi kesehatan dan kesempatan dalam rangka bersilaturahmi keilmuwan. Memahami secara bersama pengetahuan jurnalistik sekolah yang dikemas dalam nama mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah.

          Saya harap semua semangat!

***          

ISI KONTRAK


Pertama:

a. Nama mata kuliah: Manajemen Majalah Sekolah

b. Sks: 2 sks.

c. Kuliah prinsip diselenggarakan secara daring sesuai dengan kebijakan universitas.

d. Selanjutnya bisa ditinjau kembali sesuai dengan suasana, karena masa pandemi Covid-19.

e. Apabila kondisi memungkinkan, maka bisa dilaksanakan tatap muka dengan memenuhi protokol kesehatan.

Kedua:

Sesuaikanlah keaktivan Anda dengan kelas Anda. Apabila berhalangan dalam mengikuti kelas yang disebabkan ada aktivitas lain, maka Anda bisa konsultasi melalui wa.

Ketiga:

Setiap hasil kegiatan bisa diaktifkan melalui email, blog, wa, instagram. Presensi kehadiran daring bisa berupa komentar pendek Anda dan presensi bisa ditandatangai sesuai dengan kondisi yang berkembang.

Keempat:

Buku pegangan sudah diisusun Anda bisa memanfaatkan dengan berkordinasi dengan  LPPBI.

*** 

          Baiklah beberapa butir kontrak tersebut akan kita laksanakan secara bersama-sama sehingga tujuan yang diraih dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya, mempelajari ilmu pengetahuan tidak lepas dari capaian yang ingin diwujudkan.

 

Selanjutnya, guna membangkitkan semangat mari disimak A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah      

 

A. Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

                Berikut ini disajikan CPL PBSI yang berdasarkan kurikulum.

   

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

PROGRAM SARJANA

 

 

            PROFIL LULUSAN

1.        Pendidik pemula1 Bahasa dan Sastra Indonesia

2.        Peneliti pemula2 Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3.        Wirausahawan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya

 

            SIKAP DAN TATA NILAI

1.        Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.        Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawab kepada bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila;

4.        Menghargai keberanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5.        Memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

6.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika bermasyarakat serta mampu menjaga kesehatan lingkungan; dan

7.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

     .       PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.         Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; dan

2.         Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra dan manajemen kewirausahaan secara komprehensif.

  KETERAMPILAN UMUM

1.        Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri, bermutu, dan terukur dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;

2.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;

3.        Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja  dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah dilakukan monitoring dan evaluasi; dan

4.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; melaksanakan tugas mandiri, dan mencegah plagiasi. 

\

KETERAMPILAN KHUSUS

1.        Mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; dan

2.        Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/ sastra secara aktif dalam berbahasa/ bersastra untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis. 

 

 

CPL PBSI dapat dirumuskan ke dalam 15 (lima belas) butir sebagai berikut.

 

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

 

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

 

3. Berperan sebagai warga negara dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan bertanggung jawb terhadap bangsa dan bernegarra berdasarkan Pancasila.

 

4. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

 

5. Memiliki kepekan sosial terhadap lingkungan dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

6. Menginternalisasi nilai norma dan etika bermasyarakat, serta mmpu menjaga kesehatan lingkungan.

 

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

8. Menguasai konep dasar kebahasaan dan kesusastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra.

 

9. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi tentang teori pengembangan pembelajaran bahasa dan kewirausahaan secara komprehensif .

 

10. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, afektif, dan inovatif dalam konteks pengembangan secara mandiri pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

 

11. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan secara akurat dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi dan mengunggahna pada laman perguruan tinggi: skripsi dan laman.

 

12. Mampu menjaga dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan bertanggung jawab atas hasil yang telah dicapainya setelah monitoring dan evaluasi.

 

13. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya: melakukan tugas mandiri, dan mencegah lagiasi.

 

14. Mampu mengapresiasi dan mengekpresikan kegiatan berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis serta  mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.

 

15. Mampu menganalisis dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif tentang bahasa/sastra secara aktif dalam berbahasa untuk meningkatkan sifat afektif secara humanis.

 

B. Capaian Perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah 

1. Memiliki motivasi, minat, sikap,  dan gambaran jelas mengenai

    manajemen majalah sekolah

1.1 Mampu menjelaskan konsep manajemen umum dan manajeman majalah sekolah.

1.2 Mampu menjelaskan ciri, alasan pengelolaan, dan arti pentitng majalah umum dan majalah sekolah.

1.3 Mampu mengenali rubrik majalah umum dan majalah sekolah.

 

2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah

2.1 Mampu menyebutkan susunan redaksi pengelolaan majalah sekolah.

2.2 Mampu menyebutkan tugas keredaksian majalah sekolah.

2.3 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.

 

3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK)

3.1 Mampu melakukan observasi majalah sekolah SMP dan SMA.

2.1 Mampu mengidentifikasi rubrik pengisi majalah sekolah.

3.3 Mampu membuat tulisan pengisi majalah sekolah (puisi, humor, dan artikel)

 

4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.

4.1 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.  

4.2 Mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus..

4.3 Mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus

 

5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah --Papirus

5.1 Mampu menata rubrik majalah Papirus.

5.2 Mampu melayout dan mengedit draf terbitan majalah Papirus

5.3 Mampu menerbitkan majalah Papirus (berwujud soft file dan cetak).

 

C. MATERI

Materi

Pengertian manajemen secara luas dan sempit, Karakteristik manajemen   majalah umum dan manajemen majalah sekolah

Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah

Pengertian rubrikasi,  rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah

Redaksi dan  susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah

Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dyl, dan tugas redaksi

Susunan redaksi majalah sekolah di SMP dan SMA

Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah, Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan

Rubrik pengisi majalah sekolah, klasifikasi rubrik, dan isi rubrik

Cara menyiapkan tulisan pengisi rubrik, Tulisan pengisi rubrik puisi, humor, dan artikel dalam majalah sekolah

Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah --Papirus

Redaksi dan tugas redaksi (meliput berita) dan teknik wawancara

Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi

Kerja manajerial redaksi majalah sekolah --papirus dan persiapan penataan pengisi rubrik

Kerja manajerial reaksi majalah sekolah: penataan (layout) dan editing draf terbitan majalah sekolah --Papirus

Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

 D. UMPAN BALIK

Bagian Pertama

Setelah Anda memahami CPMK  berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah?

 

 

Bagian Kedua

 

A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!

B. Sertakanlah sumber sitasinya!

C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!

D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?

 

Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!

 

Hasil pemikiran Anda bisa dirim dalam “Komentar” sesuai dengan kelas Anda.  Kiriman Anda bisa dicadangkan ke email abw186@ums.ac.id

 

 

Demikian kontrak kuliah ini, saya harap Anda bisa berhasil mengikuti perkuliahan MMS dengan hasil yang sangat memuaskan.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum.

Komentar

  1. Nama : Candra Ristanto
    Nim : A310170232
    A. Definisi Manajemen Menurut Henry Fayol menyatakan bahwa Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
    B. Sumber : https://seputarilmu.com/2020/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html
    C. Menurut saya, Manajemen memiliki lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisasi (merupakan tahap awal pada proses manajemen), memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan (merupakan tahap pelaksanaan manajemen).
    D. Hubungan definisi Manajemen menurut Henry Fayol dengan Manajemen Majalah Sekolah yaitu Manajemen Majalah Sekolah merupakan sebuah proses perencanaan sangat penting dalam tujuan organisasi yang akan dicapai, untuk mencapai tujuan tersebut anggota di dalamnya membuat strategi seperti visi dan misi, penyusunan tim redaksi, pembagian majalah, sampai dengan pendistribusian majalah. Berkaitan dengan definisi yang disampaikan oleh Henry Fayol, Manajemen Majalah Sekolah dapat berjalan dengan baik apabila menggunakan gagasan lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Bagian pertama
      Mampu membuat mahasiswa memiliki motivasi, sikap dan gambaran jelas tentang manajemen majalah sekolah dan membuat mahasiswa mampu memahami pengelolaan manajemen majalah sekolah.

      Bagian kedua
      A. Menurut Andrew F. Sikula menyatakan bahwa Manajemen pada umum nya dikaitkan dengan kegiatan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalaian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.
      B. https://seputarilmu.com/2020/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html
      C. Dari penjelasan defini dari Andrew F. Sikula, saya dapat menyimpulkan bahwa definisi dari Manajemen adalah kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalaian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan mengembangkan sumber daya yg dimiliki oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan suatu produk yg efisien atau berguna bagi orang lain.
      D. Pengelolaan majalah sekolah merupakan salah satu implementasi dari definisi milik Andrew F. Sikula, yang artinya berkaitan dengan manajemen majalah sekolah.

      Hapus
  3. Bagian Pertama
    Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah?
    Jawab :
    2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah
    2.1 Mampu menyebutkan susunan redaksi pengelolaan majalah sekolah.
    2.2 Mampu menyebutkan tugas keredaksian majalah sekolah.
    2.3 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.

    3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK)
    3.1 Mampu melakukan observasi majalah sekolah SMP dan SMA.
    2.1 Mampu mengidentifikasi rubrik pengisi majalah sekolah.
    3.3 Mampu membuat tulisan pengisi majalah sekolah (puisi, humor, dan artikel)

    4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
    4.1 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.
    4.2 Mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus..
    4.3 Mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus

    5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah --Papirus
    5.1 Mampu menata rubrik majalah Papirus.
    5.2 Mampu melayout dan mengedit draf terbitan majalah Papirus
    5.3 Mampu menerbitkan majalah Papirus (berwujud soft file dan cetak).

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!
    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah? Umpan balik ini bisa sebagai masukan atau landasan bagi Anda mengikuti kegiatan perkuliahan selanjutnya!
    Jawab :
    A. Menurut Mary Parker Follet (2007) pengertian manajemen sebagai proses, karena dalam manajemen terdapat adanya kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan, misalnya kegiatan perencanan, pengorganisasian, pengarahan dan pengwasan.
    B. https://media.neliti.com/media/publications/163091-ID-penerapan-fungsi-fungsi-manajemen-pada-a.pdf
    C. Kegiatan-kegiatan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan harus berjalan dengan urut agar tujuan dapat tercapai sesuai harapan. Perlu adanya manajemen agar semua berjalan dengan terorganisir seingga proses mencapai tujuan tidak mengalami kendala.
    D. Menurut aya definisi ini masih bisa diangkat atau diimplementasikan ke dalam manajamen majalah sekolah.

    BalasHapus
  4. Nama : Mahendra Azis Purwanto
    NIM : A310170233
    Kelas : 7E
    A. Menurut G. R Terry menyatakan bahwa “Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain nya”.
    B.https://seputarilmu.com/2020/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html
    C.menurut saya manajemen adalah tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi manajemen George Terry berkaitan dengan manajemen sekolah, karena keduanya sama-sama melakukan tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

    BalasHapus
  5. Nama : Ferdilansa Syafiq A310180196/ 7E

    Bagian pertama
    2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan manajemen majalah sekolah

    Bagian kedua
    A. Drs.P.I Oey Liang Lee
    Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengendalian sumber daya yang ada (terutama sumber daya manusia) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dulu.
    B. http://dewivalentini.blogspot.com/2017/07/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html?m=1#:~:text=Manajemen%20adalah%20proses%20pencapaian%20tujuan,organisasi%20melalui%20kegiatan%20orang%20lain.
    C. Manajemen adalah upaya perencanaan, perancangan, dan pengkoordinasian yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi manajemen dapat berkaitan dengan manajemen majalah sekolah, keduanya memiliki kesamaan dalam perencanaan, pengorganisasian, prngarahan, pengkoordinasi untuk mencapai suatu tujuan.

    BalasHapus
  6. Nama : Fitri Radianti
    NIM : A310170227

    Bagian Pertama
    - Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai manajemen majalah sekolah
    - Mahasiswa mampu memahami pengelolaan atau manajemen majalah sekolah

    Bagian Kedua
    A. Manajemen menurut R.Terry
    Adalah suatu proses unik dan khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakan dan pengendalian yang dilakukan guna menentukan arah serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan SDM serta sumber daya lain.

    B. https://rocketmanajemen.com/pengertian-manajemen/menurut-ahli/

    C. Penjelasan dari definisi di atas bahwa majanemen merupakan suatu proses kegiatan yang unik dan khas yang melalui tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian. Tindakan ini dilakukan untuk menentukan arah dan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia dan juga sumber daya lain.

    D. Implementasi dari definisi di atas dengan Manajemen Majalah Sekolah, yaitu seperti halnya manajemen yang di sampaikan di atas berupa tindakan-tindakan perencanaan sampai dengan mencapai tujuan dapat diimplementasikan ke dalam Manajemen Majalah Sekolah yang juga memerlukan tindakan perencanaan, kemudian pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian. Kemudian digunakan untuk menentukan arah dan tujuan yang sudah ditentukan serta akan dicapai dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia dilingkungan sekolah dan Sumber Daya Lain diluar lingkungan sekolah.

    BalasHapus
  7. NAMA : NANA OKTAVIA
    NIM : A310170225
    KELAS : VII E

    Bagian Pertama
    1. Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai manajemen majalah sekolah.
    2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah.
    3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK).
    4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
    5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah.

    Semuanya cocok, karena untuk mampu menerbitkan majalah sekolah kita tentu harus memiliki motivasi untuk memahami manajemen sekolah. Maka, sangat diperlukan memahami dari pengelolaan, mengobservasi, serta memahami dalam menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah. Tentunya akan berguna untuk mahasiswa dalam menerbitkan majalah sekolah.

    Bagian Kedua

    A. Definisi Manajemen Menurut Seorang Ahli
    Mary Parker Follet mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

    B. Sumber Sitasi
    (T Hani Handoko, 1994)

    C. Definisi Manajemen
    Definisi manajemen menurut Mary Parker Follet bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan sebuah organisasi. Dalam mencapai tujuan tersebut pemimpin harus memanfaatkan beberapa fungsi yaitu: 1) Fungsi Perencanaan, 2) Fungsi Pengorganisasian, 3) Fungsi Pengarahan 4) Fungsi pengendalian. Jadi, diperlukan tujuan dan visi dalam organisasi maka sumber daya manusia harus diatur secara baik untuk mewujudkan tujuan dan visi tersebut. Pengorganisasian tersebut guna untuk meningkatkan efektivitas dan efesiesi kinerja dengan optimal. Tetapi tidak lepas dari evaluasi dan penilaian atas kinerja yang selama ini telah dilakukan dan berjalan. Fungsi pengendalian akan melihat apakah terdapat suatu hambatan atau tidak dalam proses mencapai tujuan organisasi.

    D. Pendapat Mengenai Implementasi Definisi Dalam Manajemen Majalah Sekolah
    Pendapat saya menegenai implementasi dari definisi tersebut yakni sangat cocok diterapkan dalam manajemen majalah sekolah. Karena dalam organisasi sangat diperlukannya manajemen yang baik untuk mencapai tujuannya. Sehingga dapat diambil kesimpulan apabila organisasi, manajemen dan metodenya dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terkoordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan.

    BalasHapus
  8. Nama : Nur Indah Tri Ramadhani
    NIM : A310170224
    Kelas : 7E

    Bagian Pertama :
    1.Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai manajemen majalah sekolah

    2..Mampu menjelaskan konsep manajemen umum dan manajeman majalah sekolah.

    3.Mampu menjelaskan ciri, alasan pengelolaan, dan arti pentitng majalah umum dan majalah sekolah.

    4.Mampu mengenali rubrik majalah umum dan majalah sekolah.


    Bagian Kedua :
    A.Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Doonel menyatakan bahwa Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.
    B. https://seputarilmu.com/2020/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html
    C. Menurut saya manajemen itu sendiri usaha untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang dilakukan orang lain.
    D. Menurut saya implementasi dari definisi menurut Koontz dan Cyril O’Doonel berkaitan dengan manajemen sekolah, karena keduanya berhubungan dengan mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengendalian.

    BalasHapus
  9. Nama : Diah Fitriani
    Nim : A310170210
    Kelas : 7E


    Bagian Pertama: Menurut saya setelah memahami CPMK , gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu butir 4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.

    Bagian Kedua:
    A. Definisi Manajemen menurut Seorang Ahli yaitu saya memilih menurut George Terry(1966) manajemen merupakan proses yang khas terdiri dari perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian yang dilakukan oleh sumber daya manusia agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    B. Sukoco M. Badri, 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga.
    C. Manajemen yaitu proses perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian itu merupakan fungsi umum. Perencanaan didalam tujuan organisasi yang ingindicapai, karena untuk mencapai suatu tujuan anggota harus memikirkan atau membuat strategi seperti misalnya visi dan misi. Kemudian pengendalian yaitu untuk mengevaluasi suatu keberhasilan dalam mencapai tujuan dan target yang sesuai dengan tolak ukur yang telah ditentukan. Pengendalian dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan telah direncanakan, diorganisassikan dan diterapkan dapat berjalan sesuai target. Pengorganisasian yaitu bagaimana rencana itu dapat terlaksana dengan manfaat segala fasilitas yang tersedia.
    D. Implementasi dari definisi ini terhadap Manajemen Majalah Sekolah yaitu dari pengertiannya manajemen majalah sekolah merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemetaan terhadap jalannya proses pembuatan majalah dari awal pembuatan majalah hingga pendistribusian majalah kepada sivitas akademika di sekolah. Impelentasinya yaitu yang pertama tahap perencanaan yaitu pembuatan tim redaksi, penetapan visi dan misi, penentuan segmentasi majalah, penentuan proses distribusi atau penjualan. Kemudian yang kedua tahap mengkonsep majalah, ketiga tahap pembuatan majalah, keempat tahap distribusi.

    BalasHapus
  10. Nama : Cindy Aulia Kartikasari
    NIM : A310176091

    Bagian Pertama
    Dari CMPK tersebut gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah kedua “Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah”, karena pada mata kuliah ini mahasiswa mampu menguasai dasar-dasar dalam manajemen majalah sekolah seperti menguasai redaksi pengelolaan majalah sekolah, tugas keredaksian majalah sekolah, dan mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah.

    Bagian kedua
    A. 1). Lawrance A Appley. “Manajemen adalah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilakukan dengan usaha orang yang lain."
    2). Oey Liang Lee. Arti Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan serta pengendalian (pengawasan) dari sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan."
    3). Wilson "Manajemen adalah sebagai sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Proses merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistematis.”
    B. http://nichonotes.blogspot.com/2015/02/pengertian-manajemen.html
    C. Pertama, menurut Lawrance, manajemen sebuah seni yang telah melalui berbagai proses yang dilakukan bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kedua, menurut Oey, manajemen merupakan sebuah seni yang diawali dengan merancang, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan dari berbagai sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan. Ketiga, menurut Wilson, manajemen merupakan suatu susunan yang berupa tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi untuk mencapai tujuan.
    D. Implementasi pengertian tersebut dengan Manajemen Majalah Sekolah yaitu untuk mencapai suatu tujuan harus merancang, mengorganisasikan, menyusun, mengarahkan, dan mengawasi dengan mengadakan kerja sama yang baik dan tepat sasaran dengan anggotanya.

    BalasHapus
  11. Nama : Usniatul Muna
    NIM : A310170220
    Mata Kuliah : Manajemen Majalah Sekolah

    Tugas Pertama
    Bagian Pertama
    Gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah menurut saya yaitu
    1.1 Mampu menjelaskankonsep manajemen umum dan manajemen majalah sekolah.
    1.2 Mampu menjelaskan ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah.
    2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah.
    3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah.
    4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
    5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    Berikut kutipan definisi manajemen yang diberikan seorang ahli.
    Manajemen menurut Mary Parker Follet adalah seni dalam menyelesaikan tugas melalui perantara. Dalam hal ini, manajemen dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang manager untuk mengarahkan bawahan atau orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan demi tercapainya sebuah tujuan.
    George Robert Terry mengartikan manajemen sebagai proses khas dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Seluruh tindakan tersebut bertujuan mencapai target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia.
    Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Efektif disini maksunya tujuan tercapai sesuai rencana dan efisiensi berarti bahwa manajemen dilakukan secara cermat, terorganisir dan tepat waktu.
    Menurut Lawrence A. Appley mengartikan manajemen sebagai keahlian dalam membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu. Tak harus seseorang, keahlian manajemen juga dapat dimiliki oleh organisasi maaupun kelompok.
    Hilma berpendapat bahwa manajemen merupakan fungsi untuk mencapai suatu target melalui perantara, serta melakukan pengawasan. Dengan begitu, tujuan tercapai bersama.
    Menurut Andrew F. Sikula menyatakan bahwa manajemen pada umumnya dikaitkan dengan kegiatan-kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalan, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.
    Menurut Henry Fayol menyatakan bahwa manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
    Menurut Gordon (1976) menyatakan bahwa manajemen adalah metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.
    Menurut Millet (1954) menyatakan bahwa manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.

    Sumber dari kutipan tersebut sebagai berikut.
    https://www.cermati.com/artikel/amp/manajemen-pengertian-manajemen-fungsi-dan-jenis-keilmuan-yang-harus-kamu-tahu (edited by Fiki Aiyanti, 25 Juli 2019)

    https://seputarilmu.com/2020/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html

    Berikut penjelasan definisi manajemen majalah sekolah merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemetaan terhadap jalannya proses pembuatan majalah dari awal pembuatan majalah hingga pendistribusian majalah kepada sivitas akademika di sekolah. Artinya, majalah sekolah yang dibuat tersebut dapat didistribusikan ke sekolah dengan proses awal perencanaan hingga pembuatan majalah sekolah.

    Pendapat saya mengenai implementasi dari definisi tersebut yang berkaitan dengan manajemen majalah sekolah bahwa manajemen sekolah dapat dirancang, diorganisasikan sampai pada tahap pembuatan majalah untuk di distribusikan kepada sekolah sebagai sumber belajar siswa, guru dan pihak sekolah lainnya untuk menambah reverensi dan ilmu pengetahuan sesuai dengan jenjang. Penerapan ini untuk mempermudah pengelola sekolah mendapatkan banyak reverensi sesuai jenjang sekolah.

    BalasHapus
  12. Nama : Any Novitasari
    NIM : A310170209
    Kelas : 7E
    Mata Kuliah : Manajemen Majalah Sekolah

    Bagian pertama
    Menurut saya dalam CPMK tersebut, gambaran butiran yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu: pada butir kedua “Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/ manajemen majalah sekolah” dan butir keempat “Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah”.


    Bagian kedua
    A. Menajemen Menurut Hilman
    Pengertian manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.
    B. https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-manajemen.html
    C. Manajemen merupakan suatu fungsi untuk mencapai suatu tujuan yang sama dengan menggunakan perantara kegiatan orang lain untuk mengawasi usaha-usaha yang dimiliki setiap individu.
    D. Implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah yaitu suatu fungsi dalam sebuah usaha diperlukan adanya manajemen agar segala pekerjaannya bisa berjalan dengan benar dan sistematis. Untuk mencapai suatu tujuan harus ada proses perencanaan, pengorganisasian, pemetaan dan mengawasi usaha-usaha individu guna mencapai tujuan bersama.


    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. NAMA : Annisa Tiara Kusuma
    NIM : A310170229
    KELAS : 7 E

    Bagian Pertama
    1. Memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai manajemen majalah sekolah.
    2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah.
    3. Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah (baik SMP/MTs maupun SMA/SMK).
    4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah.
    5. Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah.

    Dari kelima poin tersebut sangat keterkaitan satu dengan yang lain untuk dapat membentuk sebuah manajemen majalah sekolah yang layak dan penuh dengan makna.

    Bagian Kedua

    A. Definisi Manajemen Menurut Seorang Ahli
    Dalam perspektif lebih luas, manajemen adalah suatu proses pengaturan dan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki organisasi melalui kerjasama para anggota untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Berarti manajemen merupakan perilaku anggota dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Dengan kata lain, organisasi adalah wadah bagi operasionalisasi manajemen (Syafaruddin, 2015).
    B. Sumber Sitasi
    https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/download/2474/2304#:~:text=Menurut%20Kristiawan%20dkk%20(2017)%20manajemen,mencapai%20tujuan%20secara%20efektif%20dan
    C. Definisi Manajemen
    Definisi manajemen menurut Syafaruddin,2015 Manajemen berusaha menciptakan efektivitas setiap individu yang bekerja dalam satu organisasi. Jika efektivitas individu tercapai maka efektivitas pada unit kerja atau kelompok menjadi terwujud. Pada gilirannya, efektivitas kelompok mengantarkan organisasi pada pencapaian efektivitas kelompok. Sifat dasar manajemen adalah beragam. Manajemen berhubungan dengan semua aktivitas organisasi dan dilaksanakan pada semua level organisasi. Karena itu manajemen bukan merupakan sesuatu proses yang terpisah atau pengurangan atas fungsi dalam suatu organisasi, atau tidak hanya mengelola satu bidang saja tetapi juga sangat luas. Sebagai contoh: bidang produksi, pemasaran, keuangan, atau personil satu sama lain memiliki hubungan fungsional. Dalam hal ini manajemen suatu proses umum yang dilaksanakan terhadap semua fungsi lain yang dilaksanakan dalam organisasi. Tegasnya manajemen adalah suatu perpaduan aktivitas.
    D. Pendapat Mengenai Implementasi Definisi Dalam Manajemen Majalah Sekolah
    Pendapat menegenai implementasi dari definisi manajememen yakni sangat cocok diterapkan dalam manajemen majalah sekolah, karena majalah sekolah merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemetaan terhadap jalannya proses pembuatan majalah dari awal pembuatan majalah hingga pendistribusian majalah kepada civitas akademika di sekolah.

    BalasHapus
  15. Nama : Bingar Zullan
    Nim : A310160127
    Kelas : 7E


    Bagian Pertama: Menurut saya setelah memahami CPMK , gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu butir yang berisi tentang Kerja manajerial redaksi majalah sekolah (planing, organizing, actuating, controling, and evaluating) --papirus dan persiapan kerja redaksi

    Bagian Kedua:
    A. Definisi Manajemen menurut Seorang Ahli yaitu saya memilih menurut Renville Siagian., pengertian manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.
    B. https://www.google.com/amp/s/m.brilio.net/amp/wow/11-pengertian-manajemen-menurut-para-ahli-dan-secara-umum-200416e.html
    C. Manajemen yaitu proses perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, penggerak itu , karena untuk mencapai suatu tujuan anggota harus memikirkan atau membuat strategi seperti misalnya visi dan misi. Kemudian pengendalian yaitu untuk mengevaluasi suatu keberhasilan dalam mencapai tujuan dan target yang sesuai dengan tolak ukur yang telah ditentukan. Pengendalian dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan telah direncanakan, diorganisassikan dan diterapkan dapat berjalan sesuai target. Pengorganisasian yaitu bagaimana rencana itu dapat terlaksana dengan manfaat segala fasilitas yang tersedia.
    D. Implementasi dari definisi ini terhadap Manajemen Majalah Sekolah yaitu dari pengertiannya manajemen majalah sekolah merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pemetaan , penggerak terhadap jalannya proses pembuatan majalah kepada siswa atau mahasiswa di sekolah. Impelentasinya yaitu yang pertama tahap perencanaan yaitu pembuatan tim redaksi, penetapan visi dan misi, penentuan segmentasi majalah, penentuan proses distribusi atau penjualan. Kemudian yang kedua tahap mengkonsep majalah, ketiga tahap pembuatan majalah, serta tahapan dalam pedistribusian terhadap majalah tersebut agar berguna bagi pembacanya.

    BalasHapus
  16. Nama : Rini Nurhanifah
    NIM : A310170218

    Bagian Pertama :
    1. Pengertian manajemen secara luas dan sempit, Karakteristik manajemen majalah umum dan manajemen majalah sekolah
    2. Ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah
    3. Pengertian rubrikasi, rubrikasi majalah umum dan rubrik majalah sekolah
    4. Redaksi dan susunan redaksi majalah umum dan susunan redaksi majalah sekolah
    5. Redaksi majalah: Pimpinan redaksi, dyl, dan tugas redaksi
    6. Langkah sebelum penerbitan majalah sekolah, Laporan observasi majalah sekolah, perencanaan penerbitan
    7. Tim redaksi, penyusunan tim redaksi majalah sekolah –Papirus
    8. Hasil kerja manajerial majalah sekolah --Papirus dan wujud terbitan Papirus (soft dan cetak)

    Bagian Kedua :
    A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!
    Henry Fayol :
    Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.”

    James A.F. Stomer (2006: Organisasi.org) :
    Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

    Mulayu S. P. Hasibuan (2002 : 2)
    Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    slideshare.net

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    manajemen adalah perencanaan atau pengorganisasian dalam suatu organisasi untuk mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan agar berjalan dengan lancar sesuai manajemen yang diterapkan
    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?
    Menurut saya, implementasi ini sangat diperlukan dalam manajemen majlah sekolah karena, dalam penyusunan majalah terdapat tim redaksi penyusunan. Untuk mengatur dan tim tersebut agar efektif dalam pengerjaannya perlu adanya manajemen yang diterapkan agar tertata rapi mencapai tujuannya.



    BalasHapus
  17. Nama : Chika Octavionita
    NIM : A310170222

    Tugas Bagian Pertama :
    Setelah Anda memahami CPMK berikan gambaran butir manakah yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah?
    Menurut Saya dalam CPMK dari semua butir tersebut sangatlah cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah dikarenakan semua butir CPMK tersebut merupakan satu kesatuan yang dapat membantu untuk mahasiswa dalam mencapai materi perkuliahan. Mahasiswa akan mempelajari dari awal mengenai perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah, seperti pada butir CPMK yang pertama yaitu hal-hal pengenalan awal mengenai manajemen majalah sekolah dan kemudian dilanjut dengan memahami mengenai manajemen majalah sekolah. Dengan adanya butir-butir CPMK tersebut mahasiswa mempelajarinya secara berurutan hingga pada butir CPMK terakhir yaitu mampu menerbitkan majalah sekolah.

    Tugas Bagian Kedua :
    A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!
    George R. Terry mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain. Dan menurut Haimann mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usasa individu untuk mencapai tujuan bersama.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    Ebook : Manajemen By Drs. Ec. H. M. Anang Firmansyah, M.M.

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Dari penjelasan menurut para ahli tersebut diketahui bahwa terdapat pokok penting dalam manajemen yaitu tujuan yang ingin dicapai, tujuan dicapai dengan mempergunakan kegiatan orang-orang lain dan kegiatan tersebut harus dibimbing dan diawasi. Manajemen berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata dan mendatangkan hasil atau manfaat

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?
    Implementasi dari defisini manajemen tersebut dengan Manajemen Majalah Sekolah, menurut Saya dari definisi tersebut dapat pula diterapkan pada Manajemen Majalah Sekolah, dikarenakan Manajemen Majalah Sekolah itu sendiri merupakan suatu proses perencanaan hingga proses pembuatan majalah dari awal pembuatan hingga akhirnya mampu menerbitkan majalan. Dengan adanya manajemen tersebut terdapat kegiatan-kegiatan yang didalamnya ada beberapa orang yang menginginkan tujuan yang sama dari beberapa orang tersebut pemimpin yang akan mengawasi, dalam kegiatan tersebut pula terdapat pengawasan dalam kegiatannya karena adanya perencanaan tersebut yang mengharuskan untuk terdapat adanya penyusunan, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang diinginan bersama.

    BalasHapus
  18. Nama : Winda Islamiati Herman
    NIM : A310170211
    Kelas : 7E

    Bagian Pertama

    Setelah saya membaca dan memahami CPMK, menurut saya butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir yang ke-4 yaitu, Mahasiswa mampu menyelenggarakan Pengelolaan Manajemen Sekolah.

    Bagian Kedua

    A. Menurut Andrew F. Sikukula (Dalam Hasibun, 2009: 6), mengemukakan bahwa manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktifitas-aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan sebagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efesien.
    B. Hasibun, Malayu S.P, Manajemen. Cet III, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
    C. Berdasarkan dari pengertian Hasibun di atas di jelaskan bahwa, berdasarkan batasan manajemen tersebut, proses manajemen meliputi: Perencanaan yaitu menetapkan tujuan dan tindakan yang akan dilakukan, Pengorganisasian yaitu mengoordinasikan sumber daya manusia serta sumber daya lain yang dibutuhkan. Kepemimpinan yaitu mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin. Pengendalian yaitu memastikan pencapaian tujuan, jika tidak maka dilakukan tindakan.
    D. Menurut saya, dari penjelasan Andrew F. Sikukula (Dalam Hasibun, 2009: 6), tersebut cocok di implementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah, karena proses-proses dari Andrew F. Sikukula sudah jelas, terperinci dan sangat baik untuk diterapkan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian serta tindakan yang akan dilakukan untuk memahami atau mengolah manajemen majalah sekolah.

    BalasHapus
  19. Nama: Firman Fajar Asrori
    NIM: A310170207
    Kelas: 7E

    Bagian pertama
    Butir CPMK yang cocok dengan mata kuliah manajemen majalah sekolah adalah butir ke-4 “Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah”, karena dengan mempelajari CPMK ke-4 mahasiswa akan mampu menyelenggarakan pengelolaan manajemen sekolah dengan baik.

    Bagian kedua:
    a. Menurut Wirjana dalam (Wiastra, dkk, 2015: 2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana orang-orang yang bertanggungjawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.
    b. Wiastra, I Gd. Gita, dkk. 2015. “Pembinan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. E-Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1):1-13.
    c. Berdasarkan pendapat Wirjana tersebut dapat diartikan bahwa manajemen adalah proses kegiatan yang melibatkan banyak orang dengan suatu tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan adanya pembagian tugas dalam sebuah kelompok sehingga tujuan dapat diraih dan diselesaikan bersama dalam sebuah organisasi.
    d. Menurut saya implementasi pendapat Wirjana apabila dikaitkan dengan manajemen majalah sekolah adalah dengan menerapkan manajemen pada proses kegiatan maka kegiatan majalah sekolah yang dilaksanakan akan berjalan dengan baik, karena dalam prosesnya mengedepankan pembagian tugas dalam sebuah kelompok, dan di dalam kelompok tersebut terdapat orang yang bertanggungjawab untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Apabila majalah sekolah yang diciptakan berhasil berjalan dengan baik maka seluruh anggota kelompok telah mencapai tujuan bersamanya.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Nama : Putri Hapsari
    Nim : A310160112
    Kelas : 7E

    A) Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli !

    Jawab :
    Plunket, dkk mendefinisikan manajemen sebagai "One or more managers individually and collectively setting and achieving goals by exercising related functions (planning, organizing, staffing, leading, and controling).
    Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau lebih manajer yang secara individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dengan melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staff, pengarahan, dan pengawasan).

    B) Sertakanlah sumber sitasinya !

    Jawab :
    https://seputarilmu.com/2020/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html#:~:text=Menurut%20Drs.%20H.%20Malayu%20S.P.,untuk%20mencapai%20suatu%20tujuan%20tertentu

    C) Setelah itu jelaskan definisi tersebut !

    Jawab :
    Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen merupaka suatu bentuk kerjasama antara satu manajer dengan manajer yang lain untuk mencapai suatu keberhasilan tanpa melewatkan fungsi-fungsi yang terkait didalamnya.

    D) Bagaimana pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah ?

    Jawab :
    Implementasi definisi tersebut berkaitan erat dengan manajemen majalah sekolah, karena keduanya memiliki penjelasan dan fungsi yang sama dalam mencapai suatu keberhasilan. Fungsi tersebut antara lain : perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staff, pengarahan, dan pengawasan).

    BalasHapus
  22. Nama: RIFANDA YULIANTO
    Nim: A310170223
    Kelas: 7E

    UMPAN BALIK
    Bagian Pertama

    Setelah saya memahami CPMK, menurut saya semua butir yang ada di dalam CPMK tersebut cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah. Tetapi yang lebih sesuai adalah butir ke empat, yaitu mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah Papirus.

    Bagian Kedua

    A. Kutipan definisi manajemen yang diberikan seorang ahli:

    Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry dalam Arif, 2008236).

    B. Sumber Sitasi

    Arif, Saiful Nur dan Iskandar Zulkarnain. (2008). Dasar-dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi. Jurnal SAINTIKOM, 5(2), 236-247.

    C. Penjelasan Deflnisi Manajeman Menurut George R. Terry

    Manajemen sangat penting bagi setiap aktivitas individu atau kelompok dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen berorientasi pada proses yang berarti bahwa manajemen membutuhkan sumber daya manusia, pengetahuan, dan keterampilan agar aktivitas menjadi lebih efektif atau dapat menghasilkan tindakan dalam mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu, tidak akan ada organisasi yang sukses apabila tidak menggunakan manajemen yang baik. George R. Terry membagi empat fungsi dasar manajemen, yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan/ Penggerakan), dan Controlling (Pengawasan). Keempat fungsi manajemen tersebut disingkat dengan POAC.

    D. Pendapat Mengenai Implementasi dari Defmisi Manajemen Menurut George R. Terry Berkaitan Dengan Manajemen Majalah Sekolah

    Menurus saya, defmisi manajemen dari George R. Terry dapat diimplementasikan dalam mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah karena jika dilihat dari defmisi tersebut, George R. Terry mengungkapkan bahwa manajemen itu terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan. Hal itu sesuai dengan butir-butir dalam capaian perkuliahan Manajemen Majalah Sekolah. Dari capaian tersebut menunjukkan proses yang meliputi tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan yaitu mampu menerbitkan majalah sekolah Papirus.

    BalasHapus
  23. Nama : Ira Putri Suryaningrum
    NIM : A310170230

    Umpan Balik
    Bagian Pertama
    Menurut saya gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu : butir 1.1 Mampu menjelaskan konsep manajemen umum dan manajemen majalah sekolah, butir 1.2 Mampu menjelaskan ciri, alasan pengelolaan, dan arti penting majalah umum dan majalah sekolah, butir 2 Mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah, butir 3 Mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah, butir 4 Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah, dan butir 5 Mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah.

    Bagian Kedua
    A. Kutiplah definisi manajemen yang diberikan seorang ahli!
    1. Menurut Henry Fayol, manajemen merupakan ilmu yang mengandung gagasan atau pun ide mengenai lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasi dan juga mengendalikan.
    2. Berdasarkan George R. Terry, manajemen ialah suatu proses yang khas, yakni yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan dengan maksud menentukan dan mencapai sasaran-sasaran yang sebelumnya telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
    3. Menurut Marry Parker Follet, manajemen merupakan seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dari definisi yang ia kemukakan, dapat diketahui bahwa ada seorang yang bertugas untuk mengatur serta mengarahkan orang lain demi melakukan sesuatu yang dapat mendukung tercapainya tujuan sebuah organisasi.
    4. Menurut Eiji Ogawa, ia mendefinisikan manajemen sebagai sebuah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau pun organisasi, dan dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi atau fleksibel.
    5. Sedangkan menurut Ricky W. Griffin, manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan terhadap sumber daya untuk mencapai sasaran dengan efektif dan juga efisien.

    B. Sertakanlah sumber sitasinya!
    https://www.finansialku.com/definisi-manajemen-adalah/

    C. Setelah itu jelaskan definisi tersebut!
    Dari definisi manajemen yang disampaikan oleh para ahli, manajemen merupakan proses perencanaan, mengorganisasi, mengarahkan dan mengendalikan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan dari organisasi dengan efektif serta efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi.

    D. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan Manajemen Majalah Sekolah?
    Menurut pendapat saya mengenai implementasi dari definisi tersebut yang berkaitan dengan manajemen majalah sekolah bahwa dalam memanajemen majalah sekolah dilakukan dengan perencanaan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan suatu kegiatan sampai pada tahap pembuatan majalah untuk didistribusikan kepada sekolah sebagai bentuk suatu kegiatan untuk mencapai tujuan dari organisasi dengan efektif serta efisien yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa, guru dan pihak sekolah lainnya untuk menambah reverensi dan ilmu pengetahuan sesuai dengan jenjang. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi dalam manajemen majalah sekolah.

    BalasHapus
  24. Kresna setyawan (A310170215)

    1. Andrew F. Sikula

    Menurut Andrew menyatakan bahwa Manajemen pada umum nya dikaitkan dengan kegiatan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalaian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.

    Sumber :https://seputarilmu.com/2020/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html

    Penjelasan : bahwasanya setiap permasalahan, pasti akan ada jalan keluarnya. Sebuah permasalahan jikalau dimanajemen dengan baik tidak akan menyebabkan terlalu banyak kerugian bahkan bisa diminimalisir. Maka disinilah fungsi manajemen yang baik, sebuah manajemen tidak hanya untuk mengatur permasahap saja namun bisa juga untuk membuat peta konsep tentang cita-cita sebuah lembaga, perusahaan, atau organisasi kedepannya.


    Implementasi terhadap manajemen majalah di sekolah : membaca merupakan amunisi bagi seorang penulis, membaca merupakan budaya seorang Intelek, dengan membaca bisa menciptakan generasi emas kedepannya. Sekolah merupakan pemegang saham pertama untuk generasi masa depan itu. Maka penyediaan bahan bacaan seperti majalah, novel, buku pengetahuan sangat eprlu diadakan. Untuk memwujudkan tempat baca yang diminati oleh para siswa maka peran manajemen perlu dilaksanakan untuk kasus ini

    BalasHapus
  25. Nama : Windi Dian Safitri
    NIM : A310170219
    Kelas : 7E

    • Bagian Pertama
    Berdasarkan CPMK diatas, gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah adalah butir ke 2, 3, 4, dan 5 yakni mahasiswa mampu memahami pengelolaan/manajemen majalah sekolah, mahasiswa mampu mengobservasi majalah sekolah yang sudah diterbitkan sekolah, mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah, mahasiswa mampu menerbitkan majalah sekolah.

    • Bagian Kedua
    A. Definisi Manajemen Menurut Para Ahli
    1. Manajemen menurut Koontz dan Cryil O’donnel adalah usaha untuk mencapai atau menggapai tujuan tertentu melalui kegiatan atau usaha orang lain.
    2. Manajemen menurut R. Terry adalah suatu proses unik dan khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakan dan pengendalian yang dilakukan guna menentukan arah serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan SDM serta sumber daya lain.
    3. Manajemen menurut Lawrence A. Appley adalah seni untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan oleh orang lain atau atau usaha orang lain.
    4. Manajemen menurut Drs. Oey Liang Lee adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan terhadap SDM guna mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan.
    5. Manajemen menurut James A.F. Stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan organisasi sebelumnya.

    B. Sumber :
    https://rocketmanajemen.com/pengertian-manajemen/menurut-ahli/

    C. Menurut saya, manajemen berbasis sekolah adalah sistem yang menuntut agar sekolah dapat secara mandiri menggali, mengalokasikan, menentukan prioritas, mengendalikan dan bertanggungjawab atas pemberdayaan sumber-sumber baik kepada masyarakat maupun pemerintah.

    BalasHapus
  26. Nama : Tobi Saputra
    NIM : A310170213
    MK : MMS 7E

    • Bagian Pertama
    Menurut saya kelima butir CPMK yang sudah dijelaskan tersebut semua cocok atau selaras dengan MK Manajemen Majalah Sekolah. Namun ada satu butir yang menurut saya berkaitan erat, yaitu butir 4.
    4. Mahasiswa mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah –Papirus.
    4.1 Mampu menyusun tim redaksi majalah sekolah –Papirus.
    4.2 Mampu melaksanakan tugas tim redaksi majalah sekolah –Papirus..
    4.3 Mampu mempersiapkan penerbitan majalah sekolah --Papirus

    • Bagian Kedua
    A. Wirjana dalam Wiastra, Gita, dkk (2015: 2) menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses di mana orang-orang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi, menyelesaikan tugas-tugas melalui upaya-upaya orang lain dalam kegiatan kelompok.

    B. Wiastra, Gita, dkk. 2015. “Pembinaan Manajemen Produksi Majalah Sekolah pada Ekstrakulikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja”. JJPBS, 3(1): 1-13.

    C. Menurut Wirjana manajemen ialah suatu proses untuk menyelesaikan tugas-tugas.

    D. Berdasarkan definisi yang disampaikan oleh Wirjana, jika dikaitkan dengan konteks Majalah Sekolah. Manajemen majalah sekolah merupakan suatu proses untuk menyelenggarakan, mengelola majalah sekolah melalui upaya-upaya dalam kegiatan kelompok.

    BalasHapus
  27. Nama : Bunga Lidinta Putri
    NIM : A310170214
    Kelas : 7E
    Bagian Pertama
    Berdasarkan CPMK diatas, gambaran butir yang cocok dengan mata kuliah Manajemen Majalah Sekolah yaitu memiliki motivasi, minat, sikap, dan gambaran jelas mengenai manajemen majalah sekolah, mampu memahami pengelolaan/ manajemen majalah sekolah, mampu mengbservasi majalah sekolah yang telah diterbitkan oleh sekolah, mampu menyelenggarakan pengelolaan majalah sekolah, mampu menerbitkan majalah sekolah.
    Bagian Kedua
    A. Menurut George Robert Terry, pengertian manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan, yakni perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan.
    B. Sumber: https://www.brilio.net/wow/11-pengertian-manajemen-menurut-para-ahli-dan-secara-umum-200416e.html
    C. Definisi tersebut memiliki arti yaitu bahwa manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari beberapa tindakan yaitu perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengawasan dimana tindakan tersebut berguna untuk mencapai target yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya.
    D. Menurut saya, implementasi dari definisi tersebut berkaitan dengan manajemen majalah sekolah karena dalam manajemen majalah sekolah terdapat tindakan-tindakan didalamnya yaitu perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengawasan serta dibutuhkan sumber daya untuk mencapai sebuah tujuan yang ingin dicapai.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FONOLOGI II A, B, DAN C

fonologi II A, B, DAN C.